• 10 Rekomendasi Samsak Tinju Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Samsak Tinju Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Samsak Tinju Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Samsak Tinju Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Samsak Tinju Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Samsak Tinju Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Memiliki samsak tinju pribadi tentu membuat Anda lebih fleksibel saat ingin melatih fisik. Tergantung pada produknya, samsak dapat membantu Anda melatih kekuatan atau kecepatan. Anda bisa memilih samsak tinju standing/berdiri, gantung, kecil, atau yang aman untuk anak.


Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih samsak tinju terbaik dengan membandingkan harga dan fiturnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus untuk Anda. Ada produk dari merek lokal, seperti Rounin Fightware, atau luar seperti Fairtex. Simaklah hingga selesai agar Anda mendapatkan produk yang aman untuk latihan.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Abdul Malik
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih samsak tinju

Tidak semua produk samsak tinju berfungsi untuk melatih kekuatan tangan saja. Samsak tinju dibuat dalam berbagai bobot, bentuk, material, dan isi untuk disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Sesuaikan berat samsak dengan tujuan penggunaan

Sesuaikan berat samsak dengan tujuan penggunaan

Berat samsak tinju akan menentukan fungsinya. Perhitungannya dapat diukur berdasarkan berat badan Anda. Apakah Anda ingin melatih kekuatan atau kecepatan? Tentukan latihan yang Anda butuhkan dan simak panduannya dari kami berikut ini.


  • Bila Anda membutuhkan samsak untuk latihan tinju, pilih yang bobotnya setengah dari berat badan Anda. Samsak tersebut akan sedikit berayun saat dipukul sehingga Anda bisa sekaligus melatih gerakan kaki. Sebagai contoh, apabila Anda memiliki berat badan 60 kg, gunakan samsak dengan bobot 30 kg.
  • Samsak yang beratnya lebih dari setengah berat badan Anda lebih cocok untuk melatih kekuatan tangan dan kaki. Samsak seperti itu tidak akan banyak bergerak saat Anda memukul atau menendangnya kuat-kuat. 
  • Bila bobot samsak jauh lebih kecil dari setengah berat badan Anda, produknya akan banyak berayun saat dihantam. Karena itu, samsak tersebut lebih cocok untuk latihan kecepatan, akurasi, atau koordinasi tangan.

Ketahui jenis-jenis samsak tinju

Tergantung pada jenisnya, samsak bisa membantu Anda melatih bagian tubuh selain tangan. Bahkan, terdapat produk yang bisa digunakan untuk melatih beberapa teknik sekaligus. Berikut ini kami akan menjelaskan jenis-jenis samsak tinju yang beredar di pasaran.

Heavy bag, samsak gantung yang meningkatkan kekuatan otot

Heavy bag, samsak gantung yang meningkatkan kekuatan otot

Jenis samsak tinju ini menjadi yang paling populer karena fleksibilitasnya. Jika dilihat berdasarkan bobotnya, Anda bisa mengatur kegunaan samsak ini. Namun, secara umum, samsak ini dimanfaatkan untuk meningkatkan kekuatan dan membentuk otot. Produknya memiliki ukuran panjang 100–120 cm.


Salah satu varian dari heavy bag adalah banana bag. Samsak tersebut digunakan dalam latihan Muay Thai. Produknya lebih panjang dari heavy bag sehingga cocok digunakan untuk melatih kekuatan kaki sekaligus tangan. Ukuran panjang produknya dapat mencapai 180–200 cm.


Cara memasang samsak ini adalah dengan digantung sehingga juga dikenal dengan samsak gantung. Anda memerlukan bracket untuk menggunakannya. Bracket samsak ini dapat dibuat sendiri di rumah atau Anda beli di marketplace.

Freestanding, samsak berdiri yang mudah dipindahkan

Freestanding, samsak berdiri yang mudah dipindahkan

Jika Anda mencari produk yang portabel, jenis samsak tinju ini adalah solusinya. Samsak freestanding tidak digantung seperti samsak pada umumnya, tetapi berdiri di atas lantai. Karena portabilitasnya, samsak ini memiliki rata-rata bobot di bawah heavy bag sehingga cocok untuk latihan akurasi dan kecepatan.


Namun, terdapat varian dari jenis ini yang bobotnya hampir setara dengan heavy bag. Varian tersebut dikenal sebagai freestanding heavy bag. Dengan varian ini, Anda mendapatkan samsak berdiri yang bisa digunakan untuk latihan fisik. 

Uppercut bag, untuk latihan berbagai teknik

Uppercut bag, untuk latihan berbagai teknik

Sesuai namanya, jenis samsak tinju ini digunakan khususnya untuk melatih teknik uppercut. Teknik tersebut umum digunakan dalam tinju, Muay Thai, dan kickboxing. Metode instalasinya sama dengan heavy bag, tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil. Bentuknya juga lebih beragam, ada yang bulat dan horizontal.


Terdapat beberapa varian dari uppercut bag yang menawarkan fungsi ekstra lainnya. Angle bag dapat Anda gunakan untuk melatih teknik hook. Sementara itu, bowling pin bag bisa dimanfaatkan untuk melatih teknik knee strike. Sesuaikan saja dengan teknik yang ingin Anda kuasai.

Speed bag, samsak kecil untuk melatih kecepatan dan koordinasi tangan

Speed bag, samsak kecil untuk melatih kecepatan dan koordinasi tangan

Speed bag biasanya digunakan untuk melatih kecepatan, akurasi, atau koordinasi tangan. Jenis samsak tinju ini memiliki bobot yang ringan sehingga akan banyak berayun saat dipukul. Samsak ini juga dikenal sebagai speed ball atau speed ball bag


Samsak ini bisa Anda temukan dalam bentuk berdiri atau gantung. Pada umumnya, produk speed bag berdiri sudah sepaket dengan tiang penyangganya. Sementara itu, produk speed bag gantung memerlukan bracket seperti halnya heavy bag.

Periksa material samsak tinju

Tingkat latihan Anda akan menentukan material samsak tinju yang dibutuhkan. Anda dapat memilih kulit sintetis untuk latihan berat. Sebaliknya, untuk latihan ringan, gunakan samsak yang terbuat dari PVC.

Kulit sintetis: Tahan menerima hantaman keras

Kulit sintetis: Tahan menerima hantaman keras

Material ini memang menjadi alternatif pengganti kulit asli. Tampilan dan performanya serupa, tetapi harganya lebih terjangkau sehingga menekan ongkos produksi. Samsak dengan material kulit sintetis juga tahan banting dan dapat Anda gunakan untuk latihan berat.


Produk yang menggunakan material kulit sintetis bisa seawet kulit asli apabila Anda merawatnya dengan baik. Bersihkan samsak secara rutin untuk menghindari jamur yang dapat tumbuh pada permukaannya. Selain itu, gunakan sarung saat menghantam samsak demi menghindari terjadinya robekan, baik di tubuh Anda maupun produknya.

PVC: Aman untuk digunakan anak-anak

PVC: Aman untuk digunakan anak-anak

Meskipun harganya lebih terjangkau dari kulit sintetis, material PVC mampu bertahan lebih baik pada kondisi lembap. Material tersebut tidak mudah ditumbuhi jamur, serta gampang dibersihkan. Akan tetapi, PVC tidak sekukuh kulit sintetis. Samsak dengan material ini sudah cocok untuk Anda yang ingin latihan ringan.


Keunggulan lainnya, PVC memiliki permukaan yang lebih halus daripada kulit sintetis sehingga aman digunakan anak-anak. Namun, untuk menghindari cedera, sebaiknya anak selalu menggunakan sarung tangan dan kaki saat berlatih dengan samsak.

Perhatikan isi samsak tinju pilihan Anda

Perhatikan isi samsak tinju pilihan Anda

Samsak tinju bisa diisi dengan pasir, air, atau bahkan angin untuk mulai bisa digunakan. Namun, isian yang umum digunakan di pasaran adalah kain perca dan karet vulkanisir. Isi samsak yang bagus bergantung pada kebutuhan Anda. 


Simaklah panduannya dari kami di bawah ini.

  • Agar samsak terasa empuk saat dihantam, pilihlah produk dengan isi kain perca, busa, angin, atau air. Samsak yang empuk tidak akan membuat Anda mudah cedera sehingga cocok untuk pemula.
  • Samsak dengan isi pasir, serbuk kayu, atau karet akan terasa keras saat dihantam. Karet vulkanisir secara khusus memberikan efek samsak yang keras, tetapi membal. Samsak keras kurang dianjurkan untuk pemula.

Anda juga akan menemukan produk dengan isi kain perca dan karet vulkanisir agar manfaatnya seimbang. Selain itu, ada samsak tinju yang belum memiliki isi. Produk yang demikian tentu mempermudah proses pengiriman. Anda juga jadi bebas memilih isian yang sesuai dengan kebutuhan.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Jawara Body King Samsak Gantung

Mulai dari Rp 429.000,00

10 Rekomendasi samsak tinju terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk samsak tinju terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

LiveproBoxing Sandbag

LP8602

Mulai dari Rp 3.085.000,00

TipeHeavy bag
Berat45 kg
MaterialPVC
IsiCotton rubber
9
TipeAngle bag
Berat± 67 kg (setelah terisi)
MaterialKulit sintetis
IsiTidak tersedia
8

RichterBoxing Tube-Trainer

PA-2168S

Mulai dari Rp 3.940.000,00

TipeFreestanding heavy bag
Berat7,5 kg
MaterialKulit sintetis
IsiBusa
7
TipeSpeed bag
BeratTidak tercantum
MaterialKulit sintetis
IsiAngin
6
TipeSpeed bag
BobotTidak tercantum
MaterialTidak tercantum
IsiTidak tercantum
5

Hook Fight GearStrive Banana Heavy Bag

Mulai dari Rp 1.312.000,00

TipeBanana bag
Berat± 60 kg (setelah terisi)
MaterialKulit sintetis
IsiTidak tersedia
4

Rounin FightwareBowling Pin Heavy Bag Tanpa Isi

Mulai dari Rp 775.000,00

TipeBowling pin bag
Berat± 30 kg (setelah terisi)
MaterialKulit sintetis
IsiTidak tersedia
3

Rounin FightwareHeavy Bag 1,8 M Tanpa Isi

Mulai dari Rp 950.000,00

TipeBanana bag
Berat± 70 kg (setelah diisi)
MaterialKulit sintetis
IsiTidak tersedia
2

KRBPROSamsak Tinju Gorilla Plus Isi

Mulai dari Rp 400.000,00

TipeHeavy bag
Berat35 kg
MaterialKulit sintetis
IsiKaret vulkanisir
1
TipeFreestanding
Bobot± 0,9 kg
MaterialPVC
IsiAngin

Tabel perbandingan produk samsak tinju terbaik

Gambar produk
1
Samsak Berdiri 1,6 M 1

2
KRBPRO Samsak Tinju Gorilla Plus Isi 1

KRBPRO

3
Rounin Fightware Heavy Bag 1,8 M Tanpa Isi 1

Rounin Fightware

4
Rounin Fightware Bowling Pin Heavy Bag Tanpa Isi 1

Rounin Fightware

5
Hook Fight Gear Strive Banana Heavy Bag 1

Hook Fight Gear

6
Berwyn Samsak Tinju Hitam 1

Berwyn

7
MaxxMMA Speed Ball 1

MaxxMMA

8
Richter Boxing Tube-Trainer 1

Richter

9
Fairtex Angle Heavy Bag - Unfilled 1

Fairtex

10
Livepro Boxing Sandbag 1

Livepro

Nama produk

Samsak Berdiri 1,6 M

Samsak Tinju Gorilla Plus Isi

Heavy Bag 1,8 M Tanpa Isi

Bowling Pin Heavy Bag Tanpa Isi

Strive Banana Heavy Bag

Samsak Tinju Hitam

Speed Ball

Boxing Tube-Trainer

Angle Heavy Bag - Unfilled

Boxing Sandbag

Keunggulan

Berisi angin dan berlapis PVC, aman digunakan anak

Miliki heavy bag berisi karet vulkanisir tanpa menguras kantong

Kualitasnya seperti yang digunakan di berbagai gym

Kekuatan lutut Anda akan meningkat berkali lipat!

Samsak latihan atlet MMA profesional

Meningkatkan akurasi sambil mengasah ketangkasan

Sudah termasuk pompanya, tinggal digantung saja

Bisa latihan fisik di mana pun Anda mau

Satu samsak untuk melatih berbagai gerakan

Kuat sekaligus mudah dirawat. Paket yang lengkap!

Harga mulai dariRp 171.600,00Rp 400.000,00Rp 950.000,00Rp 775.000,00Rp 1.312.000,00Rp 1.099.000,00Rp 499.000,00Rp 3.940.000,00Rp 2.149.000,00Rp 3.085.000,00
TipeFreestandingHeavy bagBanana bagBowling pin bagBanana bagSpeed bagSpeed bagFreestanding heavy bagAngle bagHeavy bag
Bobot± 0,9 kg35 kg± 70 kg (setelah diisi)± 30 kg (setelah terisi)± 60 kg (setelah terisi)Tidak tercantumTidak tercantum7,5 kg± 67 kg (setelah terisi)45 kg
MaterialPVCKulit sintetisKulit sintetisKulit sintetisKulit sintetisTidak tercantumKulit sintetisKulit sintetisKulit sintetisPVC
IsiAnginKaret vulkanisirTidak tersediaTidak tersediaTidak tersediaTidak tercantumAnginBusaTidak tersediaCotton rubber
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk latihan bela diri di sini

Samsak tinju bisa digunakan untuk melatih otot dan kecepatan. Namun, jangan lupakan produk yang bisa menghindarkan Anda dari cedera. Berikut ini kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda. Yuk, dibaca agar sesi latihan Anda makin aman!

Kesimpulan

Sudah menemukan samsak tinju yang terbaik bagi Anda? Produknya sangat beragam sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Selain melatih otot tangan, terdapat produk yang bisa meningkatkan kekuatan tendangan, kecepatan, dan akurasi.


Dengan memiliki samsak tinju di rumah, Anda bisa berlatih kapan pun Anda mau. Perhatikan juga aturan penggunaannya agar Anda dapat memanfaatkan produknya dengan maksimal, ya. Jangan sampai samsak tinju justru mencederai Anda akibat penggunaan yang kurang tepat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lari merupakan salah satu olahraga cardio yang banyak digemari. Apabila ingin menekuni olahraga ini, gunakanlah peralatan yang menunjang. Salah satu peralatan yang perlu dipertimbangkan adalah jam tangan lari atau running watch. Pastikan fitur-fitur yang ada pada running watch mendukung kegiatan berlari Anda, misalnya GPS yang akurat dan pemutar musik. Untuk membantu Anda, kali ini kami akan memberikan tips memilih running watch. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek running watch yang bagus, seperti Garmin, SUUNTO, dan Polar. Temukan produk yang paling sesuai untuk menemani kegiatan jogging rutin ataupun profesional Anda!
    Gym & fitness
  • 10 Matras Yoga Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Matras Yoga Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Saat akan memulai berlatih yoga, hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah matras yoga atau yoga mat. Merek peralatan olahraga ternama, seperti Berwyn dari Ace Hardware, Kettler, Miniso, dan Adidas telah memproduksi matras yoga andalan mereka. Bahkan, sekarang sudah banyak produsen yang menjual matras yoga dengan harga murah.Kami akan memperkenalkan cara memilih matras yoga bagi pemula dan memberikan rekomendasi matras yoga yang bagus dan tebal. Artikel ini sudah ditinjau oleh yoga instructor kami, Kalyana. Silakan gunakan artikel ini sebagai referensi dalam memilih matras yoga yang paling nyaman bagi Anda!
    Gym & fitness
  • 10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    Anda ingin bugar atau mungkin ingin menurunkan berat badan? Kalau begitu, coba lakukan olahraga jalan cepat, lari, atau jogging dengan treadmill. Dengan memiliki treadmill, Anda dapat berolahraga kapan pun tanpa harus ke gym. Apabila Anda tertarik untuk membeli treadmill, kami akan membagikan cara memilih treadmill yang bagus.Rekomendasi merek treadmill terbaik, seperti Jaco, Total Fitness, dan Xiaomi akan Anda temukan, lengkap dengan harganya. Beberapa treadmill murah, tetapi tidak murahan akan Anda temukan juga. Selain itu, simak juga komentar dari ahli injury and rehabilitation kami, Dr. Andy, untuk menambah wawasan Anda.
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Fitness merupakan gaya hidup sehat dengan menjadikan olahraga sebagai salah satu faktor utamanya. Selain sebagai lifestyle, banyak wanita melakukannya untuk menjaga tubuh agar tetap ideal. Karena itu, kini banyak sekali sepatu fitness untuk wanita yang bisa Anda temukan di pasaran. Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih sepatu fitness yang bagus untuk wanita. Kami juga menyediakan sepuluh rekomendasi sepatu fitness terbaik dari sejumlah merek, seperti adidas, Nike, dan Puma. Jika Anda sedang mencari sepatu fitness yang tepat, bacalah dahulu ulasan dari kami!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam memilih sepatu fitness? Berbagai merek terkenal, seperti ASICS, PUMA, atau Nike memang bisa membuat Anda bingung ketika memilihnya. Ditambah lagi, ada banyak produk dengan desain dan warna menarik yang mudah Anda jumpai di berbagai gerai online.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih sepatu fitness yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Kami juga akan memperkenalkan rekomendasi sepatu fitness yang bagus dan berkolaborasi dengan fitness coach kami, Akbar Kharisma. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Gym & fitness
  • 10 Matras Yoga Terbaik - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Matras Yoga Terbaik - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Yoga adalah salah satu olahraga gerak badan yang menggabungkan latihan pernapasan dan pikiran. Salah satu perlengkapan yang tak boleh Anda lewatkan saat melakukan yoga adalah matras. Matras yoga sangat dibutuhkan, baik oleh pemula maupun yogi profesional. Anda bisa memilihnya berdasarkan ketebalan, bahan, serta ukuran.Anda dapat menemukan berbagai merek matras yoga yang bagus, seperti Lululemon, Alo Yoga, dan Manduka. Kettler dan Miniso juga masuk dalam rekomendasi kami. Sebelumnya, kami akan memberikan tips memilih matras yoga yang nyaman digunakan. Artikel ini sudah ditinjau oleh yoga instructor kami, Kalyana. Selamat membaca!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Dumbbell Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dumbbell Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dumbbell memiliki banyak manfaat untuk digunakan sebagai rekan workout Anda. Anda bisa memakainya untuk membentuk otot abdomen serta back, diet, dan bahkan olahraga bagi lansia. Namun, banyaknya varian produk yang beredar mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih dumbbell yang bagus dan dapat digunakan oleh pemula hingga ahli. Di antara banyaknya produk dumbbell, kami pun akan memperkenalkan produk merk Reebok, KETTLER, Speeds, dan sebagainya. Ada komentar dari fitness coach kami, Akbar Kharisma juga, lho! Tak perlu menunggu lama, silakan disimak ulasan berikut ini!
    Gym & fitness
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori