• 9 Rekomendasi Kopi Luwak Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 9 Rekomendasi Kopi Luwak Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 9 Rekomendasi Kopi Luwak Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 9 Rekomendasi Kopi Luwak Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 9 Rekomendasi Kopi Luwak Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

9 Rekomendasi Kopi Luwak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Ketika mendengar kopi luwak, pasti Anda langsung terpikirkan bahwa kopi ini diambil dari sisa kotoran luwak, bukan? Siapa sangka kopi dengan proses pembuatannya yang unik tersebut menjadikannya salah satu kopi termahal di dunia. Sekian banyaknya produk kopi luwak di pasaran mungkin membuat Anda bingung memilih.

Karena itu, kami akan memberikan tips untuk Anda memilih kopi luwak yang bagus. Berbagai merk kopi luwak, seperti Arutala Coffee, WoCA, dan Kapal Api masuk dalam daftar produk terbaik rekomendasi kami. Jadi, simak terus dan temukan kopi luwak terbaik Anda!

  • Pembaharuan terakhir: 15 Oktober 2021
  • 2.368 Views
Daftar isi

Cara memilih kopi luwak

Kopi luwak dan kopi biasa sebenarnya menggunakan jenis kopi yang sama. Hal yang berbeda adalah proses pemilihan dan proses fermentasinya. Biji kopi luwak dipilih sendiri oleh hewan luwak dan dianggap berkualitas karena menggunakan insting hewan tersebut. Proses fermentasi kopi luwak cukup berbeda karena dilakukan di dalam perut luwak. 


Kopi luwak kini banyak dijual secara online sehingga bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertama-tama, kami akan membagikan tips-tips memilih kopi luwak agar Anda dapat menjadikannya sebagai acuan saat akan membeli. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Pilih kopi luwak berdasarkan bentuknya

Umumnya kopi luwak yang dijual di pasaran berbentuk bubuk dan biji kopi utuh. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Apa saja kelebihannya? Yuk, baca penjelasan di bawah ini.

Bubuk, penyajian mudah dan praktis

Bubuk, penyajian mudah dan praktis

Jika Anda ingin kopi luwak yang praktis dan mudah penyajiannya, pilih kopi yang berbentuk bubuk. Kopi bubuk berasal dari biji kopi yang telah dihaluskan. Anda dapat langsung menyeduhnya ketika ingin menikmati secangkir kopi. Kopi luwak bubuk murni tanpa tambahan apa pun lebih tinggi kafein serta bebas kandungan gula.


Sementara itu, kopi luwak bubuk instan juga sudah ada yang ditambahkan dengan gula, susu, krim atau lainnya. Campuran bahan ini akan membuat kopi memiliki cita rasa yang lebih bervariasi. Sayangnya kopi luwak berbentuk bubuk memiliki masa simpan yang cukup singkat. Jadi, saat memilih kopi luwak bubuk, periksa juga tanggal kedaluwarsanya, ya.

Biji kopi, cocok untuk yang memiliki alat penggiling kopi

Biji kopi, cocok untuk yang memiliki alat penggiling kopi

Apabila Anda ingin membeli kopi luwak berbentuk biji kopi, pastikan Anda memiliki alat penggiling kopi. Anda bisa menyesuaikan tingkat ukuran gilingan kopi sesuai dengan selera Anda. 


Mungkin terasa merepotkan karena harus menggiling biji kopi terlebih dahulu ketika ingin menikmati kopi. Namun, aroma dan rasa kopi lebih terasa nikmat dibandingkan kopi bubuk. Hal ini karena kopi yang telah dihaluskan dan disimpan dalam wadah dapat berubah rasa dan aromanya. Jika Anda mementingkan rasa, tidak ada salahnya memilih kopi luwak berbentuk biji kopi.

Periksa daerah penghasil kopinya

Periksa daerah penghasil kopinya

Poin berikutnya adalah memperhatikan dari mana daerah penghasil kopi luwak tersebut. Beda daerah penghasil kopi, berbeda pula rasa kopinya. Anda bisa memilih kopi dari daerah yang Anda sukai. 


Kopi luwak berasal dari beberapa daerah di Indonesia. Di Pulau Sumatra sendiri kopi luwak dihasilkan di beberapa daerah, salah satunya Gayo, Provinsi Aceh. Gayo terkenal sebagai daerah penghasil kopi yang enak. Daerah lain penghasil kopi luwak berkualitas terbaik di Sumatra adalah Lampung, Sidikalang, Mandailing, dan lainnya. 


Penghasil kopi luwak terkenal lainnya di Pulau Jawa adalah daerah Priangan, Ambarawa, dan Bondowoso. Kopi luwak dari Priangan bercita rasa kuat, sedangkan kopi luwak dari Bondowoso memiliki cita rasa unik. Selain itu, Bali juga merupakan daerah penghasil kopi luwak. Sebelum Anda membeli, kami sarankan Anda membaca review dari konsumen di internet agar dapat mengetahui rasa dari kopi luwak tersebut.

Perhatikan jenis kopinya

Kopi luwak menggunakan jenis kopi arabica, robusta, dan white cofee. Kopi tersebut kemudian dimakan musang dan difermentasi di dalam perutnya. Bagi Anda yang awam dengan jenis kopi, mungkin membingungkan mendengar kopi arabica dan robusta. Ketiga jenis kopi ini memiliki cita rasa yang berbeda. Berikut ini perbedaan masing-masing jenis kopi luwak.

Robusta, kandungan kafein lebih tinggi

Robusta, kandungan kafein lebih tinggi

Jenis kopi robusta kami rekomendasikan untuk Anda yang mementingkan kandungan kafein dalam kopi. Kopi robusta memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi dibandingkan kopi arabica. Kafein sendiri jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup bermanfaat untuk kesehatan salah satunya adalah mengurangi risiko diabetes. 


Selain itu, dari segi rasa pun kopi robusta juga lebih pahit. Namun, Anda memang harus mencobanya secara langsung untuk mengetahui rasanya. Harga kopi robusta di pasaran termasuk murah karena biaya produksinya yang juga murah. Jadi, jika Anda menyukai kopi luwak dengan rasa yang pahit serta kandungan kafein tinggi, pilihlah kopi luwak jenis robusta.

Arabica, memiliki rasa manis dan beraroma kuat

Arabica, memiliki rasa manis dan beraroma kuat

Kopi arabica dinilai lebih unggul dibandingkan kopi robusta. Jenis kopi ini lebih diminati pencinta kopi di dunia. Hal ini karena kopi arabica memiliki cita rasa yang manis serta aromanya yang kuat. Harga kopi arabica termasuk mahal karena kopi ini tumbuh di dataran tinggi serta rentan hama. 


Pohon kopi jenis ini membutuhkan perhatian ekstra yang membuat harga kopi jadi mahal. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kopi luwak jenis arabica lebih baik kualitasnya dibandingkan kopi robusta. Jika Anda mencari kopi luwak dengan rasa manis dan aroma yang nikmat, pilih jenis kopi arabica.

White coffee, aman untuk lambung

White coffee, aman untuk lambung

Seperti namanya, white coffee tidak berwarna hitam seperti jenis kopi lainnya, tetapi berwarna putih kecokelatan. Kopi luwak jenis white coffee memiliki kandungan kafein yang tidak terlalu tinggi. Oleh karena itu, kopi ini cocok untuk Anda dengan kondisi lambung yang tidak bisa mentolerir kafein tinggi. 


Pilihlah juga kopi luwak jenis ini untuk Anda yang memiliki masalah pencernaan. Rasa kopi ini enak dengan aroma yang juga harum. Ketika diseduh, kopi akan terasa seperti susu. Kopi luwak jenis white coffee kini juga mulai digemari. Anda bisa dengan mudah membeli kopi luwak jenis ini. 

Pilih berdasarkan kemasannya

Kopi luwak umumnya dijual dalam dua jenis kemasan, yakni kemasan sachet dan pouch. Sesuaikan jenis kemasan tersebut dengan kebutuhan Anda. 

Sachet, praktis dan tinggal seduh

Sachet, praktis dan tinggal seduh

Kopi luwak dalam kemasan sachet sangat praktis dan tinggal seduh. Ketika ingin menikmati kopi, Anda cukup menuang kopi ke dalam cangkir, kemudian menyiramnya dengan air panas. Kopi luwak dalam kemasan ini dijual dengan jumlah isi untuk sekali minum. 


Kopi luwak dalam sachet berbentuk bubuk instan biasanya sudah ditambahkan dengan gula, susu, atau krim. Jadi, Anda pun tak perlu repot harus menambahkan bahan lain. Kemasannya bisa langsung dibuang ketika kopi sudah dituang. Anda bisa membawanya bepergian atau sebagai persediaan untuk minum kopi di kantor. 

Pouch, lebih ekonomis

Pouch, lebih ekonomis

Harga kopi luwak dalam kemasan pouch lebih ekonomis. Karena isinya banyak, Anda dapat menyimpan kopi untuk minum beberapa hari. Jika dihitung, membeli kopi dalam kemasan pouch lebih hemat dibandingkan kemasan sachet dalam satuan. Kemasannya bisa ditutup kembali setelah Anda mengambil kopi sesuai kebutuhan. 


Kopi luwak dalam kemasan ini cocok digunakan di rumah atau diminum dengan anggota keluarga lain. Jangan membawa kopi dalam pouch ketika bepergian. Selain berat, dikhawatirkan kopi akan tumpah dan mengotori tas dan bawaan Anda.

9 Rekomendasi kopi luwak terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sembilan produk kopi luwak terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

9

Maharaja CoffeeBanmala Fresh Roast Kopi Luwak Malaka Vintage Robusta

Mulai dari Rp 89.000,00

BentukBubuk/Biji
Daerah penghasil kopiMalaka, Sumatra
Jenis kopiRobusta
KemasanPouch
Berat200 gram
8

Kapal Api Excelso Luwak Toraja Bubuk

Mulai dari Rp 245.000,00

BentukBubuk
Daerah penghasil kopiToraja
Jenis kopiArabica
KemasanPouch
Berat200 gram
7

Erefindo Artcofie Kopi Luwak Arabica Tin Box Ground

Mulai dari Rp 319.000,00

BentukBubuk
Daerah penghasil kopiJawa Timur
Jenis kopiArabica
KemasanTin Box
Berat100 gram
6
BentukBiji kopi/bubuk
Daerah penghasil kopiMandailing
Jenis kopiArabica
KemasanPouch
Berat150 gram
5

Java Prima AbadiLuwak Plus Gula Tebu Black Coffee Bag

Mulai dari Rp 11.100,00

BentukBubuk
Daerah penghasil kopiSumatra, Jawa
Jenis kopiTidak ada keterangan
KemasanSachet
Berat10 coffee bag x 25 gram
4
BentukBiji kopi
Daerah penghasil kopiLumajang, Jawa Timur
Jenis kopiRobusta
KemasanKaleng
Berat250 gram
3

Arutala CoffeeKopi Luwak Gayo Wild Civet Coffee

Mulai dari Rp 200.000,00

BentukBiji kopi/Bubuk
Daerah penghasil kopiGayo
Jenis kopiArabica
KemasanPouch
Berat200 gram
2

Santos Jaya AbadiKapal Api Drip Luwak (Dus)

Mulai dari Rp 33.320,00

BentukBubuk
Daerah penghasil kopiTana Toraja
Jenis kopiTidak ada keterangan
KemasanDrip bag
Berat5 coffee bag x 10 gram
1
BentukBiji kopi/Bubuk
Daerah penghasil kopiSumatra Selatan
Jenis kopiRobusta
KemasanPouch
Berat150 gram

Tabel perbandingan produk kopi luwak terbaik

Gambar produk
1
WoCA Kopi Luwak Robusta 1

WoCA

2
Santos Jaya Abadi Kapal Api Drip Luwak (Dus) 1

Santos Jaya Abadi

3
Arutala Coffee Kopi Luwak Gayo Wild Civet Coffee 1

Arutala Coffee

4
Kompeni Coffee Kopi Luwak Robusta 1

Kompeni Coffee

5
Java Prima Abadi Luwak Plus Gula Tebu Black Coffee Bag  1

Java Prima Abadi

6
WoCA Kopi Luwak Arabika Mandailing 1

WoCA

7
Erefindo  Artcofie Kopi Luwak Arabica Tin Box Ground 1

Erefindo

8
Kapal Api  Excelso Luwak Toraja Bubuk 1

Kapal Api

9
Maharaja Coffee Banmala Fresh Roast Kopi Luwak Malaka Vintage Robusta  1

Maharaja Coffee

Nama produk

Kopi Luwak Robusta

Kapal Api Drip Luwak (Dus)

Kopi Luwak Gayo Wild Civet Coffee

Kopi Luwak Robusta

Luwak Plus Gula Tebu Black Coffee Bag

Kopi Luwak Arabika Mandailing

Artcofie Kopi Luwak Arabica Tin Box Ground

Excelso Luwak Toraja Bubuk

Banmala Fresh Roast Kopi Luwak Malaka Vintage Robusta

Keunggulan

Kopi yang di-roasting oleh ahlinya, terjamin rasa dan kualitasnya!

Dikemas dalam drig bag, bebas ampas!

Kopi luwak Gayo dengan rasa earthy yang sedap!

Aman, tidak bikin asam lambung

Pakai gula tebu yang alami dengan sensasi legit berbeda

Yuk, cicipi rasa manis segar dari kopi luwak asal Mandailing!

Jadikan kopi dalam tin box mewah untuk kado orang terkasih

Dilengkapi aroma lock, kesegaran rasa kopi terjaga!

Kopi robusta liar dengan harga ekonomis

Harga mulai dariRp 70.000,00Rp 33.320,00Rp 200.000,00Rp 260.000,00Rp 11.100,00Rp 140.000,00Rp 319.000,00Rp 245.000,00Rp 89.000,00
BentukBiji kopi/BubukBubuk Biji kopi/BubukBiji kopiBubukBiji kopi/bubukBubukBubukBubuk/Biji
Daerah penghasil kopiSumatra SelatanTana TorajaGayoLumajang, Jawa TimurSumatra, JawaMandailingJawa TimurTorajaMalaka, Sumatra
Jenis kopiRobustaTidak ada keteranganArabicaRobustaTidak ada keteranganArabicaArabicaArabicaRobusta
KemasanPouchDrip bagPouchKalengSachetPouchTin BoxPouchPouch
Berat150 gram5 coffee bag x 10 gram200 gram250 gram10 coffee bag x 25 gram150 gram100 gram200 gram200 gram
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk kopi lainnya di sini

Selain kopi luwak, kami juga sudah mengulas produk kopi lain dari merek populer, seperti Kapal Api, JJ Royal, dan Indocafe. Selain itu, produk kopi sachet, kopi drip, kopi organik, hingga kopi siap minum juga ada dalam ulasan kami. Pilihlah kopi-kopi tersebut untuk dinikmati sendiri atau bersama keluarga. Buat Anda yang tertarik dan juga untuk Anda pencinta kopi, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Nah, apakah Anda sudah memutuskan akan membeli produk yang mana? Salah satu jenis kopi termahal di dunia ini kini mudah didapatkan. Anda bisa memilih kopi luwak yang berbentuk bubuk atau biji kopi. Daerah penghasil kopi luwak juga akan memengaruhi kualitas dan rasanya.


Arabica, robusta, dan white coffee adalah tiga jenis kopi yang umum digunakan untuk memproduksi kopi luwak. Pilihlah jenis kopi yang sesuai dengan selera Anda. Selamat menikmati kopi luwak!

Artikel terkait

  • 10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran dengan beragam rasa dan aroma. Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile.Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin bingung memilih produk yang enak. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih teh chamomile dan menjelaskan manfaatnya. Kami juga akan mengulas sepuluh produk teh chamomile dari merk Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selain itu, cek juga komentar tea specialist, Neysa Valeria di artikel ini, ya!
    Teh & kopi
    83.711 Views
  • 10 Merk Fruit Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Fruit Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Fruit tea adalah teh yang terbuat dari ekstrak buah kering atau campuran buah dan rempah. Minuman ini mirip dengan teh herbal, hanya saja fruit tea dibuat dari buah-buahan. Teh buah tak hanya nikmat, tetapi juga kaya manfaat.Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi teh rasa buah terbaik yang bagus untuk kesehatan Anda. Anda akan temukan merek ternama, seperti Dilmah, Twinnings, dan Orizen. Ada fruit tea blackcurrant, fruit tea apel, fruit tea lemon, dan masih banyak lagi. Selain itu, kami akan membahas khasiat fruit tea serta cara memilihnya. Simak terus, yuk!
    Teh & kopi
    12.849 Views
  • 10 Rekomendasi Teh Darjeeling Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teh Darjeeling Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh Darjeeling merupakan teh yang memiliki rasa lembut dan enak tanpa perlu tambahan apa pun. Salah satu keunikan teh ini terletak pada perbedaan rasa dan aroma yang dihasilkan berdasarkan masa panennya. Untungnya, saat ini telah banyak teh Darjeeling yang dijual di pasaran sehingga Anda dapat menikmatinya dengan mudah.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih teh Darjeeling. Kami juga bakal mengulas produk rekomendasi yang bisa Anda temukan di berbagai e-commerce. Terdapat berbagai merek, seperti Twinnings, TWG Tea, Dilmah, dan lainnya, dalam daftar rekomendasi kami. Silakan baca hingga selesai, ya!
    Teh & kopi
    2.700 Views
  • 10 Rekomendasi Teh Apel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teh Apel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh apel atau apple tea terkenal karena aroma, rasa, dan manfaatnya bagi tubuh. Banyak orang menganggap teh apel hanya menggunakan teh biasa. Namun, ternyata ada berbagai jenis teh yang digunakan sebagai campuran teh apel. Sebut saja teh hitam, teh herbal, teh hijau, dan lainnya. Nah, bagaimana menentukan campuran teh yang terbaik, ya?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih teh apel. Kami juga akan merekomendasikan produk teh apel dari berbagai merek, seperti Yogi, Ahmad Tea, hingga Twinings. Silakan baca dengan saksama dan dapatkan perpaduan teh rasa apel favorit Anda!
    Teh & kopi
    1.996 Views
  • 10 Rekomendasi Teh Rooibos Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teh Rooibos Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh rooibos terkenal berkat khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan. Anda bisa mengonsumsinya untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, serta menambah nutrisi bagi ibu hamil. Karena itu, tidak heran jika sekarang makin banyak orang yang mengonsumsi teh rooibos. Di Indonesia sendiri telah banyak produsen yang menjual teh rooibos, seperti K-Link, Dilmah, Yogi, dan lainnya.Supaya Anda tidak bingung, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih teh rooibos. Sepuluh produk teh rooibos terbaik pun telah kami ulas khusus untuk Anda. Plus, kami bakal memberikan tips dalam menikmati teh rooibos. Yuk, disimak!
    Teh & kopi
    4.225 Views
  • 10 Teh Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Agenda afternoon tea dijamin makin berkesan dengan adanya teh bunga beraneka warna. Siapa sangka bunga juga dapat diseduh dan dikonsumsi selayaknya teh biasa. Teh bunga yang bagus tidak hanya memiliki aroma harum dan tampilan yang memanjakan mata. Namun, teh ini juga memiliki segudang khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk membantu Anda, kami bekerja sama dengan tea specialist, Bambang Laresolo untuk membahas tips memilih teh bunga terbaik. Beberapa merk yang terkenal di online shop, seperti Dilmah, Sonnentor, dan Javara juga masuk ke dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    2.353 Views
  • 10 Kopi Arabika Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kopi Arabika Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    Belakangan ini, menikmati kopi bukan hanya soal memberi suplai kafein bagi tubuh, melainkan juga tentang gaya hidup. Jenis kopi hingga cara menikmatinya pun sudah berkembang sedemikian rupa. Banyak penikmat kopi yang menggemari kopi arabika untuk diseduh di rumah, biasanya dengan metode manual brewing.Terdapat berbagai merk kopi arabika di pasaran, seperti Otten, Excelso, Starbucks, Anomali, atau Tanamera Coffee. Di antaranya ada kopi arabika dengan rasa manis ataupun tidak asam. Simak rekomendasi kopi arabika yang enak serta tips memilihnya di sini. Ada komentar dari coffee consultant, Deni Dermanto, juga, lho!
    Teh & kopi
    3.968 Views
  • 10 Merk Kopi Sidikalang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kopi Sidikalang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kopi Sidikalang adalah salah satu kopi kebanggaan masyarakat Medan, Sumatera Utara. Karakter kopi Sidikalang yang cenderung asam dan tidak begitu pahit membuatnya bisa dinikmati berbagai kalangan. Sering kali, kopi Sidikalang menjadi solusi bagi penderita mag yang tetap ingin menikmati kopi. Popularitas kopi Sidikalang mungkin tidak setenar zaman dahulu, tetapi kopi ini tetap dicari-cari oleh penikmatnya, terutama varian arabika premiumnya.Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih kopi Sidikalang paling enak dengan harga yang bersahabat. Merk terkenal seperti Cap King Kong Dunia, Tanpak Sidikalang, atau Tagetto akan kami rekomendasikan untuk Anda. 
    Teh & kopi
    1.875 Views
  • 10 Teh Merk Tong Tji Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Merk Tong Tji Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi pencinta teh, tentu sudah tak asing lagi dengan merk Tong Tji. Rasa tehnya yang nikmat membuat banyak orang menyimpan beberapa stok teh Tong Tji di rumah. Dengan begitu, teh tersebut pun bisa langsung dinikmati ketika me time atau saat kumpul dengan orang-orang tersayang.Karena cukup banyak macamnya, wajar apabila Anda bingung untuk memilihnya. Namun, jangan khawatir, karena kami akan membagikan tips memilih produk yang enak. Ada sepuluh rekomendasi produk terbaik yang akan kami ulas, seperti Teh Tong Tji dengan rasa melati, original, dan lemongrass. Untuk itu, simaklah sampai tuntas!
    Teh & kopi
    720 Views
  • 10 Merk Hojicha Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Hojicha Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Hojicha merupakan jenis teh hijau Jepang yang dipanggang sehingga menghasilkan rasa smoky yang khas. Karena aroma dan rasanya yang unik, banyak makanan dan minuman menggunakan hojicha sebagai bahan utamanya. Di pasaran, Anda bisa menemukan hojicha dari merek-merek ternama, seperti Otten, Homelab, dan Matchamu.Selain merek-merek tersebut, ada banyak merek hojicha lainnya dengan cita rasa yang enak. Apa saja merek yang dimaksud? Silakan simak review lengkap tentang hojicha dalam artikel ini. Selain ada sepuluh merek hojicha ternama, kami juga akan membahas manfaat serta cara memilih hojicha terenak. Selamat membaca artikelnya.
    Teh & kopi
    85 Views
  • Artikel populer

  • 10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Biji dan bubuk kopi berkualitas adalah faktor utama yang menentukan kenikmatan kopi yang Anda seduh. Anda bisa memilih kopi yang paling disukai, mulai dari kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas. Bagi yang baru mendalami dunia kopi, mungkin memilih biji dan bubuk kopi yang bagus bisa menjadi kesulitan tersendiri.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi merk kopi terbaik, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, Kapal Api, hingga Otten akan turut kami ulas. Silakan baca terus artikel ini!
    Teh & kopi
    100.925 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Sayangnya, kandungan kafeina di dalam kopi memberi efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaf, kopi dengan kadar kafeina yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaf, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi kopi decaf terbaik. Nescafé, Illy, dan berbagai merek kopi lokal ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi menarik tentang kopi decaf.
    Teh & kopi
    16.354 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Kapal Api Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Kapal Api Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kopi Kapal Api telah lama menemani masyarakat Indonesia dengan aroma dan rasanya yang memikat. Merk ini merupakan produk dari Santos Jaya Abadi. Komitmennya adalah untuk memberikan kopi spesial bagi para konsumen. Ada banyak varian dari Kapal Api, yaitu kopi hitam kopi bubuk, kopi premium, kopi instan, dan kopi siap minum.Agar Anda tidak bingung dalam memilih produk kopi Kapal Api, kami akan memberikan tipsnya untuk Anda. Setelahnya, ada juga rekomendasi produk terbaiknya. Kapal Api Special, Kapal Api Signature, dan Kapal Api Easy Drip ada dalam rekomendasi kami. Mari kita mulai!
    Teh & kopi
    7.802 Views
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai pelengkap agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam brand, seperti Nestle, Coffindo, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyaknya krimer di pasaran, manakah yang paling pas sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
    79.084 Views
  • 10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran dengan beragam rasa dan aroma. Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile.Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin bingung memilih produk yang enak. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih teh chamomile dan menjelaskan manfaatnya. Kami juga akan mengulas sepuluh produk teh chamomile dari merk Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selain itu, cek juga komentar tea specialist, Neysa Valeria di artikel ini, ya!
    Teh & kopi
    83.711 Views
  • 10 Kopi Robusta Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kopi Robusta Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meskipun jenis kopi telah berkembang, sebagian pencinta kopi tetap setia dengan rasa khas kopi robusta. Seperti yang telah diketahui, perbedaan kopi robusta dan arabika terletak pada rasanya. Kopi robusta menyuguhkan rasa yang cenderung pahit, sedangkan kopi arabika lebih didominasi rasa asam.Di pasaran terdapat berbagai merk yang menyediakan kopi robusta, seperti Otten Coffee, Nescafe, dan Space Roastery. Pemilihan kopi tentu disesuaikan dengan selera Anda. Namun, poin-poin di bawah ini dapat menjadi pertimbangan jika Anda memerlukan tips memilih kopi terbaik versi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya di akhir artikel.
    Teh & kopi
    5.272 Views
  • 10 Merk Kopi Toraja Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kopi Toraja Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kopi Toraja adalah kopi terbaik dari dataran tinggi Sulawesi Selatan. Kopi tersebut kaya rasa, memiliki fruity aftertaste, dan tingkat keasaman yang memanjakan lidah. Biji kopi Toraja pun menjadi rebutan penikmat kopi dari berbagai negara.Meskipun membahas kenikmatan kopi Toraja tidak akan ada habisnya, kami akan mengulasnya untuk Anda. Sejarah kopi Toraja, ciri khas atau karakteristiknya, hingga beberapa jenis terbaik, seperti Toraja Sapan atau Kalosi, ada di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan kopi Toraja asli dari merk terkenal seperti Excelso, Top Coffee, dan Tanamera. 
    Teh & kopi
    3.035 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori