1. TOP
  2. >
  3. Komputer & laptop
  4. >
  5. Laptop
  6. >
  7. 10 Laptop Core i7 Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Laptop Core i7 Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Laptop Core i7 Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Laptop Core i7 Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Laptop Core i7 Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Laptop Core i7 Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Laptop Core i7 Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023)

Untuk menjalankan aplikasi yang berat, dibutuhkan laptop dengan prosesor tinggi. Karena itu, tidak heran jika spesifikasi prosesor menjadi hal yang sangat diutamakan. Core i7 merupakan prosesor kelas tinggi yang diproduksi Intel saat ini. Di pasaran cukup banyak merek laptop yang didukung prosesor Intel Core i7, misalnya ASUS, MSI, Acer, dan Lenovo.


Melalui artikel ini kami akan mengulas tips memilih laptop Core i7 terbaik. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk laptop Intel Core i7 yang bagus dan terbaru. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Selamat membaca!

Diperbaharui 08-31-2022
Pakar
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016. Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Profil Yosua Surojo
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Keistimewaan laptop Core i7

Keistimewaan laptop Core i7

Core i7 merupakan prosesor yang diproduksi oleh Intel dan cukup populer digunakan oleh pekerja profesional. Prosesor memiliki peran yang sangat penting dalam mengolah dan menjalankan perintah. Makin banyak jumlah core pada prosesor, proses kerja laptop pun menjadi lebih ringan.


Saat ini prosesor Intel Core sudah memasuki generasi ke-12. Artinya, generasi ini punya kemampuan yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Misalnya saja, konektivitas yang lebih cepat, kemampuan overclocking yang lebih baik, dan lebih stabil saat memainkan game.


Mungkin Anda bertanya-tanya, apa saja keunggulan dari laptop Intel Core i7? Simak penjelasannya berikut!


  • Adanya fitur Hyper-Threading. Artinya, laptop dapat digunakan untuk pekerjaan multitasking tanpa hambatan.

  • Core i7 memiliki cache yang lebih besar. Dengan begitu, proses loading data jadi lebih cepat. Begitu juga saat Anda mengakses internet melalui aplikasi browser.

  • Dilengkapi Intel Turbo Boost Technology. Hal ini membuat laptop i7 memiliki proses kerja yang lebih cepat.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih laptop Core i7

Laptop Intel Core i7 merupakan jenis laptop premium dengan prosesor terbaik saat ini. Mengingat harganya cukup tinggi, Anda harus hati-hati saat memilihnya. Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih laptop Core i7 terbaik yang dapat dibeli secara online.

① Ketahui merek laptop yang akan dipilih

Ketahui merek laptop yang akan dipilih

Saat Anda membeli barang elektronik, merek selalu menjadi poin yang paling diperhatikan. Tak dapat dipungkiri, memang cukup banyak merek laptop yang beredar di pasaran. Namun, tidak semua merek laptop memiliki kualitas yang bagus.


Jika sebelumnya Anda sudah pernah menggunakan laptop, tentu Anda tidak akan kesulitan saat membeli laptop i7. Sebaliknya, Anda harus banyak mencari referensi mengenai produk yang akan dibeli bila baru pertama kali membeli laptop.


  • Untuk bermain game, gunakan Asus dan MSI.

  • Penggunaan harian, pertimbangkan laptop merek Lenovo.

  • Jika Anda mengutamakan style dan desain yang ramping, pilih HP dan Acer.

Selain merek laptop yang telah disebutkan di atas, ada juga merek lain yang patut Anda pertimbangkan. Sebut saja laptop Infinix sebagai pendatang baru yang memiliki desain mewah dan tipis.

② Pastikan ukuran layarnya sesuai dengan kebutuhan Anda

Ukuran layar laptop merupakan salah satu hal yang memberikan pengaruh terhadap kenyamanan penggunaan. Nah, berikut adalah pilihan ukuran laptop Core i7 yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Laptop 11–13 inci, untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi

Laptop 11–13 inci, untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi

Jika Anda menginginkan produk yang ringan dibawa, laptop berukuran kecil adalah pilihan yang tepat. Umumnya laptop kecil memiliki ukuran layar 11–13 inci. Dengan dimensinya yang kecil, Anda bisa membawanya langsung di tangan tanpa harus menggunakan tas. Anda juga tidak perlu repot memilih tas karena ukuran laptop ini dapat masuk ke backpack, tote bag, ataupun sling bag.


Laptop yang kecil juga akan menguntungkan Anda saat bepergian karena biasanya bobotnya lebih ringan. Jadi, pundak Anda tidak akan cepat pegal meski membawa laptop seharian. Meski lebih mudah dibawa, ukuran laptop 11–13 tentu saja memiliki kekurangan. Misalnya saja, experience yang diberikan bisa terasa kurang maksimal saat digunakan bermain game atau menonton film akibat layar kecil.

Laptop 14 inci, nyaman untuk penggunaan harian

Laptop 14 inci, nyaman untuk penggunaan harian

Anda dapat memilih laptop 14 inci jika memiliki mobilitas padat, tetapi kurang puas dengan ukuran layar 11–13 inci. Laptop dengan ukuran layar 14 inci juga memiliki fungsi yang seimbang, baik untuk kebutuhan menonton maupun bekerja.


Bobot dari laptop berukuran 14 inci pun cukup beragam tergantung merek dan desain casing yang digunakan. Jadi, laptop 14 inci merupakan ukuran yang ideal karena tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Laptop 15 inci, sempurna untuk fungsi multimedia dan gaming

Laptop 15 inci, sempurna untuk fungsi multimedia dan gaming

Bagi seorang gamer atau content creator, menggunakan laptop dengan spesifikasi tinggi tidaklah cukup. Pengalaman dalam bermain game akan lebih memuaskan jika menggunakan laptop dengan layar yang besar.


Sementara itu, laptop ini akan menampilkan jendela program yang luas bagi Anda yang aktif mengoperasikan software multimedia. Untuk itu, disarankan memilih laptop dengan ukuran minimal 15 inci.


Bagi sebagian orang, laptop 15 inci juga lebih nyaman digunakan karena ukuran keyboard-nya lebih besar. Namun, makin besar layar pada laptop Anda akan makin berat pula bobotnya. Di samping itu, Anda harus mencari tas yang dapat memuat laptop berukuran minimal 15 inci.

③ Perhatikan resolusi layarnya

Perhatikan resolusi layarnya

Jika Anda aktif bermain game, menonton film, dan mengedit gambar, tentunya Anda membutuhkan laptop dengan graphics yang tajam. Jadi, pastikan Anda mengecek resolusi layar pada laptop yang akan Anda gunakan. Makin besar resolusinya, maka makin tajam dan detail pula gambar yang ditampilkan.


Beberapa merek laptop Core i7 telah dibekali layar dengan resolusi standar, yaitu HD (1280 x 720). Resolusi HD tentunya sudah cukup pas untuk digunakan sehari-hari. Namun, tidak ada salahnya juga bila Anda memilih laptop dengan resolusi layar FHD (1920 x 1080) agar visual lebih tajam. Menonton film, memainkan game, serta mengedit gambar ataupun video tentu lebih nyaman dan memuaskan.

④ Cek besar RAM dan jenis GPU-nya

Cek besar RAM dan jenis GPU-nya

RAM merupakan perangkat keras pada laptop yang berfungsi sebagai penyimpanan data sementara. Makin besar nilai RAM-nya, laptop tersebut makin support dan ringan digunakan multitasking. Jika Anda ingin mendapatkan performa yang lebih baik, pertimbangkan memilih laptop dengan RAM 16 GB.


Selain itu, jangan lupa untuk mengecek GPU atau graphics processing unit. GPU sendiri berfungsi untuk mengelola video atau graphics. Di pasaran terdapat GPU yang support untuk game berat, seperti NVIDIA GeForce, NVIDIA Quadro, NVIDIA GeForce, dan Intel Iris. Selain cocok untuk gaming, GPU ini dapat diandalkan untuk mendesain dalam bentuk 2D, 3D, hingga rendering.

⑤ Cek kapasitas dan jenis media penyimpanannya

Cek kapasitas dan jenis media penyimpanannya

Umumnya terdapat dua jenis media penyimpanan, yaitu HDD (hard disk drive) dan SSD (solid state drive). Kedua media penyimpanan ini menawarkan performa yang berbeda. Nah, produk laptop i7 keluaran terbaru saat ini rata-rata sudah menggunakan SSD sebagai media penyimpanannya.


Bagi Anda yang mengutamakan kecepatan, memilih laptop dengan media penyimpanan SSD adalah pilihan yang tepat. Dengan media penyimpanan tipe SSD, proses booting windows dan loading aplikasi dapat berjalan dengan lebih cepat. Struktur dari SSD juga lebih andal dan tahan terhadap guncangan saat dibawa bepergian. Tak heran jika harga media penyimpanan SSD cukup mahal.


Jika kapasitas SSD pada laptop tidak mencukupi, membeli HDD eksternal berkapasitas besar dapat menjadi solusinya. Dengan HDD eksternal, Anda bisa lebih banyak menyimpan data-data yang jarang diakses. Alhasil, Anda dapat menginstal program ataupun game pada SSD tanpa harus kehabisan ruang penyimpanan.

10 Rekomendasi laptop Core i7 terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh laptop Core i7 terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

ASUS

Vivobook

ASUS Vivobook 1枚目

Display terlihat jelas dengan ukuran layar besar

2

ASUS

TUF Gaming F15

ASUS TUF Gaming F15 1枚目

Laptop gaming tahan banting yang awet

3

HP

Pavilion

HP Pavilion 1枚目

Data makin aman berkat pengunci fingerprint reader

4

Infinix

INBook X1Pro

Infinix INBook X1Pro 1枚目

Perspektif lebih luas berkat layar 180 derajat

5

Acer

Swift 3 Infinity 4 Ultrathin

Acer Swift 3 Infinity 4 Ultrathin 1枚目

Bodi ramping untuk menemani mobilitas Anda

6

HP

Laptop

HP Laptop 1枚目

Panggilan video jernih berkat webcam resolusi tinggi

7

MSI

GF65 Thin

MSI GF65 Thin 1枚目

Laptop gaming yang ringan dengan desain futuristik

8

Lenovo

IdeaPad Slim 5i

Lenovo IdeaPad Slim 5i 1枚目

Baterai tahan lama, pengisian dayanya cepat

9

Lenovo

Legion 5i

Lenovo  Legion 5i 1枚目

Teknologi mutakhir untuk memenuhi kebutuhan kreator

10

Acer

Nitro 5

Acer Nitro 5  1枚目

Desain keren dengan kinerja jempolan untuk gaming

Perincian produk
Close
No.1

ASUSVivobookX515EA

Mulai dari Rp10.599.000,00

Display terlihat jelas dengan ukuran layar besar

Kelebihan:

  • Keyboard dilengkapi numpad sehingga memudahkan untuk kebutuhan komputasi

Kekurangan:

  • Daya tahan baterai kurang dari 7 jam sehingga belum cukup mendukung mobilitas padat

Jika dilihat dari bobotnya yang lumayan berat, laptop ini sebaiknya digunakan untuk menunjang aktivitas rumahan. Bagi Anda yang gemar menonton film melalui laptop, cobalah untuk melirik produk ini. Ukuran layar yang besar tentu akan membuat Anda makin puas menikmati me time bersama tayangan favorit.


Dilengkapi RAM 16 GB, laptop ini dapat beroperasi dengan lancar dan minim lemot. Slot penyimpanannya sendiri mencapai 1 TB yang cukup besar untuk menyimpan banyak file, termasuk video atau film. Graphics-nya juga sudah menggunakan Intel Iris Xe yang membuat tampilan makin tajam dan halus.

No.2

ASUSTUF Gaming F15FX506HCB

Mulai dari Rp15.699.000,00

Laptop gaming tahan banting yang awet

Kelebihan:

  • Untuk penggunaan ringan, baterai dapat bertahan hingga 12,5 jam
  • Didukung teknologi speaker yang bertenaga sehingga pengalaman bermain game lebih maksimal

Kekurangan:

  • Bobot cukup berat sehingga tidak cocok untuk Anda yang sering bepergian

Laptop gaming dari ASUS ini sudah memenuhi standar MIL-STD-810H. Artinya, laptop lebih tahan terhadap benturan atau saat tidak sengaja terjatuh. Di samping itu, proses upgrade RAM dan SSD-nya sangat mudah. Anda cukup melepaskan sekrup bagian bawah rangka untuk melakukan penggantian atau menambah kapasitas memori.


Anda yang gemar main game online dengan kapasitas memori besar bisa memilih produk ini. Dukungan panel tingkat IPS dengan refresh rate hingga 144 Hz membuat pemutaran game super cepat tanpa terputus-putus. Port HDMI 2.0 bahkan mendukung kualitas 4K sehingga tampilan game makin jernih dan memuaskan.

No.3

HPPavilion14-dv0516TX

Mulai dari Rp15.299.000,00

Data makin aman berkat pengunci fingerprint reader

Kelebihan:

  • Bezel-nya tipis sehingga layar terlihat luas

Kekurangan:

  • Pilihan warna yang terbatas dan mudah kotor

Laptop ini hadir dengan spek dewa atau berspesifikasi tinggi, salah satunya ialah adanya fitur fingerprint reader. Dengan fitur tersebut, Anda dapat mengunci dan membuka layar menggunakan deteksi sidik jari. Bagi Anda yang mementingkan keamanan data di dalam laptop agar tidak bocor, pilihlah produk ini.


Variasi warna yang dapat dipilih cukup menarik, yakni Natural Silver dan Gold yang tampil elegan. Untuk jaminan perlindungan pada kerusakan, Anda dapat memanfaatkan kelengkapan Accidental Damage Protection. Sementara itu, RAM bawaannya cukup besar sehingga dapat diandalkan untuk membuka software berat.

No.4

Perspektif lebih luas berkat layar 180 derajat

Kelebihan:

  • Terdapat tombol switch khusus di sebelah port USB-C untuk menonaktifkan kamera sehingga lebih simpel

Kekurangan:

  • RAM tidak bisa di-upgrade

Produk ini tersedia dalam beberapa pilihan warna cantik bernuansa keindahan langit malam Norwegia. Salah satu fitur menarik yang dimiliki ialah tombol fisik webcam shutdown untuk mematikan kamera secara praktis. Laptop ini juga dilengkapi banyak port untuk USB, micro SD, dan port lain demi memenuhi kebutuhan Anda.


Bagi Anda yang bekerja dalam tim kecil, produk ini tentu sangat pas untuk dipilih. Anda tak perlu repot memutar bodi laptop karena layar laptop dapat dimiringkan hingga maksimal 180 derajat. Jadi, lawan bicara Anda juga dapat melihat tampilan layar dengan jelas meskipun duduk berhadapan.

No.5

AcerSwift 3 Infinity 4 UltrathinSF314-511

Mulai dari Rp18.009.000,00

Bodi ramping untuk menemani mobilitas Anda

Kelebihan:

  • Bobot ringan, casing terbuat dari metal sehingga cukup kokoh

Kekurangan:

  • Jumlah port USB hanya satu
  • Tidak menyediakan slot untuk SD card

Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi, produk ini patut untuk dipertimbangkan. Selain memiliki bodi yang ramping dengan ketebalan 1,95 mm, bobotnya juga ringan sehingga nyaman dibawa dalam tas. Salah satu fitur menarik yang dimiliki produk ini ialah elevated hinge design pada bagian engsel antara layar dan keyboard.


Saat laptop terbuka, engsel akan mengangkat bodi laptop yang menciptakan sudut nyaman saat mengoperasikan keyboard. Sistem pendinginan juga dapat bekerja lebih baik berkat adanya rongga antara meja dan bodi laptop.

No.6

HPLaptop14s-dq5002TU

Mulai dari Rp13.899.000,00

Panggilan video jernih berkat webcam resolusi tinggi

Kelebihan:

  • Backlit pada keyboard nyaman digunakan saat kondisi gelap
  • Performa memadai untuk software berat

Kekurangan:

  • Desain kurang modern dan cenderung kaku

Bagi Anda yang membutuhkan laptop terbaik untuk bekerja ataupun berkuliah dari rumah, laptop HP Core i7 ini solusinya. Laptop ini dibekali webcam 720 piksel berteknologi HP True Vision dengan kualitas gambar yang jelas. Tambahan lagi, layarnya bebas kedip sehingga nyaman untuk mata saat harus menatap laptop dalam waktu lama.


Dengan baterainya yang dapat stand by selama 7 jam dan 45 menit, Anda tak perlu sering melakukan pengisian daya. Saat malam hari atau di tempat minim cahaya, Anda tetap bisa menggunakan laptop dengan nyaman. Hal tersebut karena bagian keyboard-nya dilengkapi backlit atau lampu latar sehingga tak perlu bingung saat menekan keypad.

No.7

Laptop gaming yang ringan dengan desain futuristik

Kelebihan:

  • Refresh rate 144 Hz membuat graphics lebih smooth

Kekurangan:

  • RAM bawaan hanya 8 GB sehingga Anda perlu upgrade agar lebih optimal

Bagi Anda yang menggemari game MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena, pilihlah produk ini. Sistem pendingin Cooler Boost 5 bekerja mengurangi panas dengan memaksimalkan aliran udara. Jadi, Anda tak perlu khawatir meski bermain game dalam waktu lama.


Dari segi desain, laptop ini sangat merepresentasikan seorang gamer sejati. Bagian penutup layar tampil dengan warna metal beserta keyboard yang futuristik. Jadi, Anda dapat bermain game di mana saja dengan percaya diri. Dibanding dengan laptop gaming lainnya, produk MSI ini lebih ringan bobotnya sehingga tak merepotkan saat dibawa bepergian.

No.8

LenovoIdeaPad Slim 5i

Mulai dari Rp16.499.000,00

Baterai tahan lama, pengisian dayanya cepat

Kelebihan:

  • Layar dilengkapi Anti-Glare sehingga tetap nyaman digunakan saat siang hari

Kekurangan:

  • Tidak tersedia slot SSD M.2 ataupun SSD SATA ekstra sehingga tidak bisa menambahkan kapasitas memori penyimpanan

Laptop Lenovo Core i7 ini cukup ringkas karena memiliki dimensi tipis dan bobot lumayan ringan. Dengan integrated graphics iRis Xe, laptop dapat melakukan streaming video tanpa perlu bekerja terlalu keras. Menggunakan GPU tersebut, laptop ini masih aman digunakan untuk bermain game dengan intensitas rendah.


Bagi Anda yang membutuhkan laptop dengan daya baterai kuat, produk ini dapat dijadikan pilihan. Baterainya dapat bertahan 12–13 jam dan memiliki fitur Quick Charge 2.0 untuk pengisian daya 15 menit lebih cepat. Conservation Mode juga dapat dioptimalkan agar baterai selalu terjaga dalam kisaran 55–60% saat sedang di-charge sehingga lebih awet.

No.9

Teknologi mutakhir untuk memenuhi kebutuhan kreator

Kelebihan:

  • Performa kencang dan didukung sistem pendingin yang dapat bekerja dengan baik

Kekurangan:

  • Belum dilengkapi slot untuk kartu SD card

Jika melihat spesifikasinya, laptop ini termasuk ke dalam kategori laptop gaming. Namun, performanya dapat diandalkan juga untuk pembuatan konten dengan teknologi yang dimiliki. Produk ini dapat dijadikan opsi bagi Anda yang sering menggunakan Adobe Indesign, Autocad, serta aplikasi multimedia dan desain lainnya.


Selain SSD sebesar 512 GB, Anda juga mendapatkan tambahan memori HDD sebesar 1 TB. Dengan teknologi layar sentuh, Anda dapat melakukan editing video dengan lebih mudah. Teknologi 2W Harman Kardon speaker system dan Dolby Atmos Headphone Support pun akan menghantarkan efek audio yang nyata.

No.10

AcerNitro 5 AN515-57-71CV

Mulai dari Rp17.199.000,00

Desain keren dengan kinerja jempolan untuk gaming

Kelebihan:

  • Desain garang dan memiliki dimensi layar yang lebar

Kekurangan:

  • Kurang mulus untuk mengoperasikan game klasifikasi AAA

Laptop gaming Intel Core i7 ini hadir dengan empat zona RGB keyboard yang membuatnya tampil keren. Aksen warna merah pada bagian ventilasi dan garis-garis pada penutup layar menghadirkan image seorang gamer sejati. Laptop ini dibekali Acer CoolBoost atau quad exhaust fan yang membuat airflow 25% lebih baik sehingga mesin tak cepat panas.


Dengan refresh rate sebesar 60 Hz, Anda akan memperoleh display yang halus dan tajam tanpa nge-lag. Hal itu didukung dengan grafik NVIDIA yang mampu menampilkan gambar 3D secara menakjubkan. Untuk itu, kami rekomendasikan produk ini kepada Anda yang melakukan perekaman sembari bermain game.

Baca juga rekomendasi laptop lainnya di sini

Laptop Core i7 merupakan produk premium dengan spesifikasi tinggi yang harganya cukup mahal. Maka dari itu, kami juga telah menyiapkan rekomendasi produknya jika Anda membutuhkan laptop untuk keperluan khusus. Silakan dibaca di tautan berikut!

Kesimpulan

Kami telah mengulas cara memilih laptop dengan prosesor Intel Core i7. Kami juga telah memberikan rekomendasi laptop Core i7 terbaik yang dapat Anda pertimbangkan. Apakah ulasan ini memudahkan Anda dalam menemukan produk laptop yang tepat?


Laptop dengan prosesor Intel Core i7 bagus untuk multitasking. Anda dapat bermain game, mengoperasikan software berat, dan membuka browser secara bersamaan. Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan penjelasan cara memilih yang sudah kami bahas, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer