• 10 Rekomendasi Helm Retro Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Helm Retro Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Helm Retro Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Helm Retro Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Helm Retro Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Helm Retro Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Helm retro kerap disebut sebagai helm bogo atau helm klasik. Selain melindungi kepala, helm retro mampu menunjang penampilan Anda saat berkendara. Modelnya yang relatif lebih bulat memberi tampilan jadul yang justru kembali digemari sekarang, termasuk di Indonesia.


Beragam produk helm retro bisa Anda temukan di pasaran, seperti merek Bell, Cargloss, Zeus, dan lainnya. Merek-merek tersebut menawarkan helm retro dengan beragam tipe, mulai dari shorty, open face, hingga full face. Supaya Anda tidak bingung saat membeli, kami telah menyiapkan tips memilihnya. Simaklah dengan saksama agar Anda mendapatkan tampilan klasik yang timeless!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Susie Ncuss
  • Pembaharuan terakhir: 08 Januari 2021
  • 12.874 Views
Daftar isi

Cara memilih helm retro

Helm retro memang sudah memiliki ciri tersendiri. Namun, produknya terdiri dari beragam tipe, serta dibuat dari material yang berbeda-beda. Di bawah ini, kami akan menjelaskannya secara lebih detail.

Tentukan tipe helm retro yang Anda inginkan

Seperti helm pada umumnya, helm retro juga tersedia dalam beragam tipe. Anda bisa memilihnya sesuai dengan gaya Anda saat berkendara.

Tipe shorty atau cetok, helm klasik yang tak lekang oleh waktu

Tipe shorty atau cetok, helm klasik yang tak lekang oleh waktu

Bila Anda menyukai sensasi penuh saat berkendara, tipe shorty adalah yang paling cocok. Helm ini hanya menutupi setengah bagian kepala. Jadi, Anda bisa dengan jernih mendengar deru motor dan suara lain di lingkungan sekitar saat berkendara. Di Indonesia, tipe ini juga dikenal sebagai helm chips atau chip.


Tipe ini dahulu banyak digunakan pengendara motor bebek. Di samping itu, ada juga pengendara motor gede (moge) yang lebih suka memakai helm shorty.


Akan tetapi, helm tipe ini sekarang tidak mendapat label Standar Nasional Indonesia (SNI). Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menyesuaikan waktu dan tujuan berkendara lebih dahulu saat akan mengenakan helm shorty. Jangan sampai keselamatan Anda sendiri malah jadi terancam karena memakai helm shorty pada situasi yang tidak tepat.

Tipe open face, bisa dikustomisasi sesuka hati

Tipe open face, bisa dikustomisasi sesuka hati

Di antara berbagai tipe helm retro, tipe open face termasuk yang banyak digemari. Tipe ini memberi kenyamanan sekaligus keamanan. Helm open face menutupi seluruh bagian kepala kecuali wajah. Dengan begitu, Anda tetap akan mendapat sirkulasi udara yang lancar saat mengenakan helm ini. Nah, bagian wajah yang terbuka tersebut dapat diatur sesuka Anda demi mempercantik helm.


Jika Anda menginginkan keamanan yang lebih, Anda bisa menggunakan visor atau kaca. Namun, bagi Anda yang butuh perlindungan dari sinar matahari, Anda bisa menambahkan pet saja. Apabila Anda ingin melindungi mata dari debu sekaligus menikmati udara luar, kacamata goggle akan menjadi solusinya.

Tipe full face, bergaya retro dengan tingkat keamanan tinggi

Tipe full face, bergaya retro dengan tingkat keamanan tinggi

Soal keamanan, tipe full face tentu paling dapat Anda andalkan. Tipe ini menutupi hampir seluruh bagian kepala. Oleh sebab itu, bagian kepala akan terhindar dari cedera berat saat terjadi benturan. 


Namun, Anda mungkin perlu membiasakan diri terlebih dahulu sebelum bisa nyaman mengenakan helm ini saat berkendara. Sirkulasi udaranya tidak selancar tipe lain karena cangkangnya menutupi hampir seluruh bagian kepala.


Jika belum terbiasa, Anda bisa merasa sumpek. Karena itu, banyak helm full face yang disertakan ventilasi sebagai lubang perputaran udara. Berbagai teknologi juga terus dikembangkan agar tipe ini memiliki sirkulasi udara yang lancar saat dikenakan. 


Untungnya, helm retro memberikan opsi bagi Anda yang tidak terbiasa dengan tipe ini. Anda bisa mengganti visor-nya dengan kacamata goggle supaya bagian wajah tetap mendapat angin segar dari luar.

Pilih berdasarkan material yang digunakan

Bagian terluar helm atau cangkang bisa dibuat dari beragam material. Bahan yang umum digunakan adalah ABS (acrylonitrile butadiene styrene), tri-fiber composite, atau full carbon. Di bawah ini, kami akan menjelaskan perbedaannya.

ABS, ekonomis dan tahan lama

ABS merupakan material yang berasal dari plastik. Material ini kerap digunakan untuk membuat bodi motor. Helm yang terbuat dari ABS biasanya diproduksi secara massal dengan menggunakan mesin. Hal tersebut tentu menekan ongkos produksi sehingga harga jualnya pun relatif lebih ekonomis dibandingkan material lain. Meski demikian, material ABS kuat dan tahan lama. 


Material yang satu ini memang akan mengalami perubahan bentuk pada suhu 150 derajat Celsius ke atas. Namun, angka tersebut masih tergolong aman menurut standar SNI. Oleh karena itu, banyak helm retro yang dijual di Indonesia yang terbuat dari ABS.

Tri-fiber composite, kombinasi dari tiga material

Tri-fiber composite tersusun dari tiga material berbeda. Fiber, kevlar, dan karbon dibuat menjadi formula untuk menyusun cangkang helm. Produk yang menggunakan material ini bobotnya lebih ringan dibandingkan helm dari ABS. Perbedaan bobotnya dapat mencapai 150 gram. 


Perbedaannya memang tidak terlalu signifikan saat Anda mengangkat produknya dengan tangan. Namun, ceritanya akan berbeda saat helm tersebut Anda pakai untuk berkendara. Selain lebih ringan dari ABS, helm dengan material ini juga lebih baik dalam menahan benturan.

Full carbon, kuat sekaligus ringan

Tri-fiber composite memang lebih ringan dari ABS. Namun, masih ada material lain yang lebih ringan yaitu full carbon. Cangkang helm dengan material ini tersusun dari serat karbon seluruhnya. Oleh sebab itu, bobot helm full carbon menjadi yang paling ringan di antara material lain.


Tidak hanya ringan, full carbon juga sudah diuji keamanannya untuk meredam benturan. Material ini umum digunakan untuk helm yang beredar di Eropa dan Amerika Serikat. Karena kualitasnya sangat tepercaya, helm dengan material ini memiliki harga yang relatif lebih tinggi.

Kenali karakteristik beberapa merek helm retro

Kepopuleran helm retro membuat banyak produsen helm berlomba menawarkan produknya. Setiap merek memiliki keunggulan tersendiri. Berikutnya, kami akan menjelaskan tentang beberapa merek helm retro yang dijual di Indonesia. 

Cargloss: Mudah divariasikan dengan aksesori yang tersedia

Sebagai salah satu brand helm retro lokal, produk-produk dari Cargloss cukup digandrungi di Indonesia. Merek ini memproduksi helmnya di dalam negeri, lho. Selain memiliki harga yang terjangkau, produk Cargloss juga kompatibel dengan berbagai aksesori helm yang beredar di e-commerce Indonesia.


Meskipun bukan buatan Cargloss, berbagai aksesori tersebut justru dibuat untuk produknya. Anda bisa menemukan visor, pet, kacamata goggle, hingga masker yang kompatibel dengan merek ini. Bila Anda ingin mempercantik helm retro dalam berbagai gaya, produk Cargloss adalah solusinya.

Zeus Helmets: Helm retro dengan beragam standar keamanan

Meskipun berbasis di Taiwan, Zeus Helmets memiliki cabang di berbagai negara. Oleh sebab itu, banyak produknya yang telah memenuhi lebih dari satu standar keamanan, termasuk SNI. Jadi, soal tingkat keamanan, Anda tak perlu meragukan helm retro produksi Zeus Helmets.


Sebenarnya, Zeus Helmets menyediakan lebih dari sepuluh macam helm retro yang bisa Anda pilih. Akan tetapi, hanya empat di antaranya yang didistribusikan oleh Zeus Helmets Indonesia. Walau begitu, Anda masih bisa menemukan produk lainnya di e-commerce lokal.

Bell Helmets: Pilihan modelnya beragam

Bell Helmets merupakan salah satu produsen helm tertua di dunia. Bahkan, produk helmnya pernah dinilai sebagai helm klasik terbaik. Tidak heran apabila saat ini Bell Helmets memiliki produk helm retro yang tidak sedikit.


Brand helm yang berasal di California ini memproduksi helm retro tipe shorty, open face, dan full face. Bila Anda ingin memilih helm retro dalam berbagai model, Bell Helmets menyediakannya.

Ketahui beberapa standar keamanan produk helm

Standar keamanan helm bisa didapatkan dari berbagai lembaga. SNI sendiri cenderung lebih fokus ke material helmnya. Menurut standar SNI, helm tidak boleh mengalami perubahan bentuk pada suhu 0–55 derajat Celcius selama setidaknya 4 jam. Selain itu, materialnya tidak boleh menyebabkan kulit mengalami gangguan kesehatan.


Lain cerita dengan standar DOT (Department of Transportation) yang merupakan lisensi untuk helm yang beredar di Amerika Serikat. Lisensi ini lebih menekankan pada penggunaan tali dengan sistem double d-ring. Tali pengikat helm dengan lisensi DOT memiliki kunci ganda.


Selanjutnya, ada ECE yang juga digunakan sebagai standar keamanan helm untuk ajang balap. Lisensi ini umum digunakan di negara-negara Eropa. Silakan pertimbangkan helm yang mendapatkan lisensi dari berbagai lembaga sekaligus agar makin yakin dengan tingkat keamanannya.

Pastikan busanya bisa dilepas agar mudah dibersihkan

Pastikan busanya bisa dilepas agar mudah dibersihkan

Busa terdapat di bagian dalam helm. Fungsinya sebagai bantalan untuk kepala Anda. Karena letaknya tersebut, busa helm rentan menjadi bau apek. Bahkan, bakteri dan jamur bisa bersarang di busa apabila tidak rutin dibersihkan. 


Membersihkan busa yang masih menempel dengan helm tentunya akan sangat merepotkan. Untuk itu, pastikan busanya bisa dilepas dan dipasang kembali agar Anda dapat mencucinya secara terpisah. Selain busa yang kembali bersih, bagian dalam helm yang harum akan membuat Anda makin nyaman saat berkendara

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

BayklasikHelm Bogo Cream Kulit Cokelat Tua

Mulai dari Rp 185.000,00

10 Rekomendasi helm retro terbaik

Setelah memahami cara memilih helm retro terbaik, Anda bisa mempertimbangkan produk yang kami rekomendasikan berikut ini. Silakan pilih yang sesuai dengan gaya berkendara Anda! 

10
TipeShorty
BahanTidak tercantum
Standar keamananX
Busa bisa dilepasTidak tercantum
9
TipeFull face
BahanTri-fiber composite
Standar keamananX
Busa bisa dilepasTidak tercantum
8
TipeOpen face
BahanABS
Standar keamananSNI
Busa bisa dilepasYa
7
TipeOpen face
BahanABS
Standar keamananSNI
Busa bisa dilepasYa
6

CarglossDevil Classic SP. Whity White

Mulai dari Rp 600.000,00

TipeOpen face
BahanABS
Standar keamananSNI
Busa bisa dilepasYa
5
TipeFull face
BahanABS
Standar keamananJIS, NBR, SNI
Busa bisa dilepasYa
4
TipeShorty
BahanTri-fiber composite
Standar keamananDOT
Busa bisa dilepasYa
3
TipeOpen face
BahanFull carbon
Standar keamananECE, DOT, JIS, CNS, SNI
Busa bisa dilepasYa
2

JPX HelmetJP Retro Signature Solid

Mulai dari Rp 630.000,00

TipeFull face
BahanABS
Standar keamananSNI
Busa bisa dilepasYa
1

Bell HelmetsCustom 500 Carbon RSD Checkmate Matte/Gloss Black/Gold

Mulai dari Rp 7.700.000,00

TipeOpen face
BahanFull carbon
Standar keamananDOT
Busa bisa dilepasYa

Tabel perbandingan produk helm retro terbaik

Gambar produk
1
Bell Helmets Custom 500 Carbon RSD Checkmate Matte/Gloss Black/Gold 1

Bell Helmets

2
JPX Helmet JP Retro Signature Solid 1

JPX Helmet

3
Zeus Helmets ZS-386 1

Zeus Helmets

4
Bell Helmets Recon 1

Bell Helmets

5
Zeus Helmets ZS-816C 1

Zeus Helmets

6
Cargloss Devil Classic SP. Whity White 1

Cargloss

7
Cargloss CF Retro Black Doff 1

Cargloss

8
RIMC Sada Rosa 1

RIMC

9
Bullitt Bubble Visor 1

10
JPN Helm Chips Hitam Doff 1

JPN

Nama produk

Custom 500 Carbon RSD Checkmate Matte/Gloss Black/Gold

JP Retro Signature Solid

ZS-386

Recon

ZS-816C

Devil Classic SP. Whity White

CF Retro Black Doff

Sada Rosa

Bullitt Bubble Visor

Helm Chips Hitam Doff

Keunggulan

Interiornya semewah material dan desain cangkangnya

Siap menemani Anda city ride atau touring!

Bobotnya ringan, tidak bikin leher cepat pegal-pegal

Teknologi tinggi yang dibalut tampilan minimalis

Helm retro yang akan menjaga kenyamanan berkendara

Pasangan kece untuk motor klasik Anda

Banyak aksesorinya, bisa divariasi sesuka hati

Warnanya yang manis akan membuat Anda jatuh cinta

Bisa diberikan sentuhan modern, tetapi tetap klasik

Helm chips yang akan menunjang penampilan Anda di atas scooter

Harga mulai dariRp 7.700.000,00Rp 630.000,00Rp 2.400.000,00Rp 3.300.000,00Rp 700.000,00Rp 600.000,00Rp 250.000,00Rp 385.000,00Rp 499.000,00Rp 135.000,00
TipeOpen faceFull faceOpen faceShortyFull faceOpen faceOpen faceOpen faceFull faceShorty
BahanFull carbonABSFull carbonTri-fiber compositeABSABSABSABSTri-fiber compositeTidak tercantum
Standar keamananDOTSNIECE, DOT, JIS, CNS, SNIDOTJIS, NBR, SNISNISNISNIXX
Busa bisa dilepasYaYaYaYaYaYaYaYaTidak tercantumTidak tercantum
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk aksesori motor lainnya di sini

Selain helm retro, masih banyak helm lain yang dapat Anda pertimbangkan untuk dipakai saat berkendara. Di samping itu, ada juga perlengkapan lainnya yang mungkin Anda butuhkan, seperti jas hujan, sarung jangan motor, dan lainnya. Untuk mendapatkan informasi mendalam, silakna Anda baca artikelnya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Anda sudah menemukan helm retro yang pas di hati? Berbagai merek menawarkan produk dengan model dan keunggulan berbeda-beda. Pastikan Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan budget Anda juga, ya.


Helm retro yang tepat  tidak hanya dapat berfungsi sebagai pelindung, tetapi juga menunjang penampilan Anda. Yuk, pilih helm retro favorit Anda agar makin percaya diri saat berkendara!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat memilih helm, sesuaikanlah jenis helm dengan jenis motor yang dikendarai. Hal ini karena banyak varian helm terbaru yang didesain berdasarkan jenis motornya. Ada helm untuk pengguna motor matic, motor sport, motor gede, motor cross, hingga motor trail. Kali ini, kami mengulas mengenai poin-poin yang harus Anda ketahui sebelum membeli helm motor. Kami juga memberikan sederet rekomendasi merk helm yang bagus, seperti KYT, INK, dan lainnya. Harga helm motor ini bervariasi, tergantung kualitas dari helm itu sendiri. Pahamilah setiap poinnya agar Anda dapat menemukan helm motor yang pas dengan kebutuhan.
    Aksesori motor
    139.713 Views
  • 10 Rekomendasi Helm Full Face Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Helm Full Face Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat Anda bepergian menggunakan sepeda motor, helm menjadi perlengkapan wajib yang harus dikenakan. Selain dapat melindungi kepala dari benturan, helm juga berfungsi untuk melindungi mata dari debu dan kotoran. Untuk itu, helm yang sesuai dengan standar keselamatan haruslah dilengkapi dengan kaca atau visor. Salah satu jenis helm yang cukup digemari banyak pengguna sepeda motor adalah jenis full face. Merek seperti KYT, INK, dan MDS adalah beberapa contoh yang sering dijumpai di pasaran. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan tips memilih helm full face terbaik. Simak sampai tuntas, ya!
    Aksesori motor
    38.877 Views
  • 10 Rekomendasi Velg Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Velg Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi pencinta motor, Anda pasti paham kalau pemilihan velg tidak bisa sembarangan. Di samping untuk estetika, velg motor yang tepat mampu memberikan performa serta keamanan ekstra untuk Anda. Kebutuhan velg masing-masing motor, seperti motor matic, bebek, dan racing juga berbeda.Di pasaran, ada begitu banyak pilihan velg tergantung jenis, ukuran, dan materialnya. Anda akan mendapati velg ring 14 dan 17 di artikel ini. Sebelumnya, kami akan berbagi tips memilih velg motor yang tepat untuk Anda. Simak juga rekomendasi beragam merk velg motor yang bagus, misalnya TDR dan Equinox. Selamat membaca!
    Aksesori motor
    15.945 Views
  • 10 Rekomendasi Helm Half Face Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Helm Half Face Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Helm wajib dikenakan setiap pengguna sepeda motor. Kini, helm bukan hanya untuk melindungi kepala saja, melainkan juga untuk menunjang penampilan saat berkendara. Salah satu jenis helm yang paling diminati adalah helm half face. Di pasaran sendiri, terdapat banyak merk helm half face yang bagus dan menawarkan kualitas terbaik. Harga helm half face pun bervariasi tergantung merek dan jenis materialnya. Kali ini, kami akan menjelaskan tips memilih helm half face terbaik untuk Anda. Temukan juga rekomendasi helm half face merk NHK, INK, Zeus, Cargloss, Nolan, dan lainnya dalam artikel ini. 
    Aksesori motor
    7.389 Views
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sarung tangan motor menjadi barang penting saat berkendaraan karena dapat melindungi tangan jika terjadi kecelakaan. Banyak produk berbahan kulit dan polyester yang bisa Anda temukan di pasaran. Ada juga tipe full cover dan half cover yang bisa Anda pilih.Anda tidak perlu bingung dengan ragam sarung tangan yang ada di pasaran. Kami akan membantu Anda dengan merekomendasikan produk dari merek sarung tangan motor terbaik, seperti Eiger, Respiro, dan Northy. Simak tips cara memilih untuk mengetahui tipe yang bagus untuk Anda. Bacalah artikel sampai selesai dan temukan sarung tangan terbaik Anda!
    Aksesori motor
    34.597 Views
  • 10 Rekomendasi Helm KYT Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Helm KYT Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Helm merupakan perlengkapan yang wajib digunakan oleh setiap pengguna sepeda motor. Adapun fungsi utama penggunaan helm adalah untuk menjamin keselamatan pengendara bermotor. Berbagai merek helm pun dapat dengan mudah ditemukan di pasaran, salah satunya adalah KYT. Melalui artikel ini, kami akan membagikan informasi mengenai cara memilih helm KYT sesuai dengan tipe dan tujuan penggunaannya. Model seperti KYT NX Race, KYT Cougar, dan KYT Convair juga ada di dalam salah satu produk rekomendasi kami. Untuk itu, simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Aksesori motor
    9.727 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori