1. TOP
  2. >
  3. Otomotif
  4. >
  5. Aksesori motor
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Helm Retro Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Helm Retro Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Helm Retro Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Helm Retro Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Helm Retro Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Helm Retro Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Helm Retro Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Helm retro atau helm bogo populer di kalangan pengendara motor. Banyak yang menggunakan helm retro untuk melindungi kepala sekaligus menunjang penampilan saat berkendara. Model helm ini bulat sehingga memberikan kesan klasik dan jadul.

Anda akan menemukan merek helm bogo terbaik, seperti Cargloss, Zeus, dan JPX. Anda pun akan menjumpai berbagai desain helm retro yang bagus. Agar tidak salah pilih, simak cara memilih yang kami bahas. Kemudian, temukan helm yang paling pas. Anda pun bisa memilih helm retro lokal yang tidak kalah kualitasnya.
Diperbaharui 11-19-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa itu helm retro?

Apa itu helm retro?

Helm retro adalah istilah yang digunakan untuk menyebut helm dengan tampilan klasik. Kesan klasik pada helm retro tecermin dari bentuknya yang bulat. Helm retro sering disebut dengan helm bogo. Padahal, Bogo adalah merek visor helm. Helm retro sering disebut helm bogo karena visor yang digunakan pada helm retro umumnya dari merek Bogo.


Di sisi lain, ada juga sebagian masyarakat yang membedakan helm retro dengan helm bogo. Helm retro lebih umum digunakan untuk menyebut helm klasik tanpa visor. Sementara itu, helm bogo digunakan untuk menyebut helm klasik dengan visor, baik datar maupun cembung.

Cara memilih helm retro

Ciri khas helm retro membuat banyak orang tertarik untuk mengenakannya. Perhatikan cara memilih helm retro berikut agar Anda mendapatkan produk yang tepat

① Tentukan tipe helm retro yang Anda inginkan

Helm retro dibedakan menjadi tiga tipe, yaitu shorty, open face, dan full face. Kenalilah setiap tipe helm retro sebelum memutuskan untuk membelinya.

Tipe shorty atau cetok, helm klasik yang tak lekang oleh waktu

Tipe shorty atau cetok, helm klasik yang tak lekang oleh waktu

Helm retro tipe shorty atau cetok hanya menutupi setengah bagian kepala. Dengan begitu, Anda bisa mendengar deru motor dan suara lain di lingkungan sekitar saat berkendara. Helm bernama lain helm chips atau chip ini sering dikenakan oleh pengendara motor bebek dan motor gede (moge).


Namun, tipe helm retro yang satu ini kini tidak lagi mendapat label Standar Nasional Indonesia (SNI). Jadi, Anda bisa menyesuaikan waktu dan tujuan berkendara jika hendak menggunakan helm tipe ini. Sebaiknya kenakan helm ini jika Anda sekadar berkeliling desa dengan kecepatan rendah sehingga tidak berbahaya.

Tipe open face, bisa dikustomisasi sesuka hati

Tipe open face, bisa dikustomisasi sesuka hati

Tipe open face menjadi helm retro yang banyak digemari. Selain nyaman digunakan, helm retro tipe ini juga lebih aman. Pasalnya, helm open face dapat menutupi seluruh bagi kepala kecuali wajah. Dengan begitu, sirkulasi udara tetap lancar saat mengenakan helm ini.


Anda bisa juga menambahkan visor atau kaca untuk menambah keamanan saat berkendara. Selain itu, Anda yang sekadar ingin mendapat perlindungan dari sinar matahari bisa menambahkan pet. Namun, jika Anda ingin melindungi mata dari debu sekaligus menikmati udara luar, kenakanlah kacamata goggle.

Tipe full face, bergaya retro dengan tingkat keamanan tinggi

Tipe full face, bergaya retro dengan tingkat keamanan tinggi

Tipe full face menjadi helm retro tingkat keamanan paling baik. Hal ini karena helm tipe full face dapat menutupi hampir seluruh bagian kepala. Dengan begitu, kepala akan terhindar dari cedera berat jika terjadi benturan.


Anda tidak mendapatkan sirkulasi udara yang baik ketika mengenakan helm ini. Jika belum terbiasa, Anda mungkin akan merasakan sumpek. Namun, kini beberapa produk helm retro full face sudah dilengkapi ventilasi sebagai tempat pertukaran udara. Untuk meningkatkan rasa nyaman, gantilah visor dengan kacamata goggle.

② Pilih berdasarkan material yang digunakan

Bagian terluar helm atau cangkang bisa dibuat dari beragam material. Bahan yang umum digunakan adalah ABS (acrylonitrile butadiene styrene), tri-fiber composite, atau full carbon. Di bawah ini kami akan menjelaskan perbedaannya.

ABS, ekonomis dan tahan lama

ABS merupakan material yang berasal dari plastik. Material ini kerap digunakan untuk membuat bodi motor. Helm yang terbuat dari ABS biasanya diproduksi secara massal dengan menggunakan mesin. Hal tersebut tentu menekan ongkos produksi sehingga harga jualnya pun relatif lebih ekonomis dibandingkan material lain. Meski demikian, material ABS kuat dan tahan lama.


Material yang satu ini memang akan mengalami perubahan bentuk pada suhu 150 ℃ ke atas. Namun, angka tersebut masih tergolong aman menurut standar SNI. Oleh karena itu, banyak helm retro yang dijual di Indonesia yang terbuat dari ABS.

Tri-fiber composite, kombinasi dari tiga material

Tri-fiber composite, kombinasi dari tiga material

Tri-fiber composite tersusun dari tiga material, yaitu fiber, kevlar, dan karbon. Ketiga bahan tersebut diformulasikan untuk membuat cangkang helm. Kelebihan dari helm berbahan tri-fiber composite adalah berbobot ringan.


Helm tri-fiber composite terasa lebih ringan daripada helm ABS dengan selisih mencapai 150 gram. Perbedaan bobot kedua helm tersebut memang tidak terasa ketika diangkat dengan tangan. Namun, ketika Anda mengenakannya saat berkendara, perbedaannya akan terasa. Selain bobot yang lebih ringan, helm dengan material ini juga lebih kuat dalam menahan benturan.

Full carbon, kuat sekaligus ringan

Cangkang helm yang terbuat dari material full carbon juga memiliki bobot yang ringan. Tidak hanya ringan, full carbon juga sudah diuji keamanannya untuk meredam benturan. Material ini umum digunakan untuk helm yang beredar di Eropa dan Amerika Serikat. Karena kualitasnya sangat tepercaya, helm dengan material ini memiliki harga yang relatif lebih tinggi.

③ Kenali karakteristik beberapa merek helm retro

Kepopuleran helm retro membuat banyak produsen helm berlomba menawarkan produknya. Setiap merek memiliki keunggulan tersendiri. Kami akan menjelaskan tentang beberapa merek helm retro yang dijual di Indonesia.

Cargloss: Mudah divariasikan dengan aksesori yang tersedia

Sebagai salah satu brand helm retro lokal, produk-produk dari Cargloss cukup digandrungi di Indonesia. Merek ini memproduksi helmnya di dalam negeri. Selain memiliki harga yang terjangkau, helm Cargloss juga kompatibel dengan berbagai aksesori helm yang beredar di e-commerce Indonesia.


Meskipun bukan buatan Cargloss, berbagai aksesori tersebut justru dibuat untuk produknya. Anda bisa menemukan visor, pet, kacamata goggle, hingga masker yang kompatibel dengan merek ini. Bila Anda ingin mempercantik helm retro dalam berbagai gaya, produk Cargloss adalah solusinya.

Zeus Helmets: Helm retro dengan beragam standar keamanan

Meskipun berbasis di Taiwan, Zeus Helmets memiliki cabang di berbagai negara. Oleh sebab itu, banyak produknya yang telah memenuhi lebih dari satu standar keamanan, termasuk SNI. Jadi, soal tingkat keamanan, Anda tak perlu meragukan helm retro produksi Zeus Helmets.


Sebenarnya, Zeus Helmets menyediakan lebih dari sepuluh macam helm retro yang bisa Anda pilih. Akan tetapi, hanya empat di antaranya yang didistribusikan oleh Zeus Helmets Indonesia. Walau begitu, Anda masih bisa menemukan produk lainnya di e-commerce lokal.

JPX Helmet: Desain keren yang jadikan penampilan berbeda

JPX Helmet: Desain keren yang jadikan penampilan berbeda
Sumber: jphelmet.net


JPX Helmet merupakan salah satu brand keluaran dari JP Industries. Meski baru muncul pada 2012, JPX Helmet sudah merilis beragam helm retro. Karakteristik helm retro dari brand yang satu ini adalah desain eksentrik sehingga cocok untuk Anda yang ingin tampil berbeda.


Kesan eksentrik dari helm retro JPX terlihat dari warna dasarnya. Selain itu, beberapa produk helm memiliki desain gambar yang unik atau cukup menyeramkan seperti monster. Di sisi lain, JPX Helmet telah mengantongi standar SNI dan ECE dari Eropa sehingga keamanannya terjamin.

④ Ketahui beberapa standar keamanan produk helm

Dalam memilih helm retro, Anda perlu juga mengetahui apakah produk sudah sesuai dengan standar keamanan atau belum. Standar keamanan tersebut dapat Anda periksa di bagian samping atau belakang helm.


Adapun standar keamanan yang dapat Anda temukan dalam helm adalah sebagai berikut.

  • SNI: Standar Nasional Indonesia (SNI) berfokus pada material helm. Menurut standar SNI, helm tidak boleh mengalami perubahan bentuk pada suhu 0–55 ℃ selama 4 jam. Selain itu, material helm tidak boleh menyebabkan kulit mengalami gangguan kesehatan.

  • DOT: Department of Transportation (DOT) adalah lisensi helm yang dikeluarkan oleh Amerika Serikat. Lisensi ini menekankan pada penggunaan tali dengan sistem double D-ring. Oleh karena itu, helm berstandar DOT memiliki tali dengan kunci ganda.

  • ECE: Economic Commission for Europe (ECE) merupakan standar keamanan yang diterapkan oleh negara-negara Eropa. Umumnya lisensi ECE menempel pada helm yang digunakan dalam ajang balap.

⑤ Pastikan busanya bisa dilepas agar mudah dibersihkan

Pastikan busanya bisa dilepas agar mudah dibersihkan

Busa pada bagian dalam helm yang berfungsi sebagai bantalan kepala rentan bau apak. Bahkan, busa tersebut dapat menjadi sarang bakteri dan jamur. Oleh karena itu, sebaiknya busa helm dicuci secara berkala. Untuk memudahkan pencuciannya, Anda sebaiknya memilih helm dengan busa yang dapat dilepas dan dipasang kembali.

10 Rekomendasi helm retro terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk helm retro terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Cargloss

CFM

Cargloss CFM 1枚目

Helm retro lokal yang populer dan mudah ditemukan

2

LGN x Marzano

Helm Retro

LGN x Marzano  Helm Retro 1枚目

Fitur microclick lock memastikan helm terkunci dengan baik

3

GPRO

Helm Bogo Retro Classic

GPRO  Helm Bogo Retro Classic 1枚目

Helm retro dengan harga terjangkau dan banyak pilihan warna

4

Epic Veil

Helm Half Face

Epic Veil  Helm Half Face 1枚目

Kenakan helm dengan tingkat keamanan tinggi berkat tali double D-ring

5

Zeus Helmet

Helm Vintage Open-Face

Zeus Helmet Helm Vintage Open-Face  1枚目

Dengan kain jaring yang menyerap kelembapan untuk cegah bau apak

6

JPX Helmet

JP Retro Signature

JPX Helmet JP Retro Signature  1枚目

Cocok bagi yang hobi touring dan motorcross, tampil garang saat naik motor

7

Astra Honda

Fabulous Retro Classic Helmet

Astra Honda  Fabulous Retro Classic Helmet 1枚目

Aksesori untuk pengendara motor matic keluaran Honda

8

KYT

Elsico

KYT  Elsico 1枚目

Cegah terjadinya pencurian helm berkat adanya fitur anti theft system

9

BIP Plast

Helm Bogo Retro Flame

BIP Plast  Helm Bogo Retro Flame 1枚目

Tetap trendi dengan helm motif yang di-finishing dengan cat berkualitas

10

INK

Troper

INK  Troper 1枚目

Berikan pengalaman berkendara yang nyaman dan penuh gaya

Perincian produk
Close
No.1

Helm retro lokal yang populer dan mudah ditemukan

Kelebihan:

  • Fitur knockdown memudahkan pencucian bungkus kepala dan bantalan pipi
  • Dilengkapi sistem pengait untuk memberikan keamanan saat berkendara

Kekurangan:

  • Menurut pengalaman beberapa pengguna, diketahui bahwa helm mudah lecet

Produk dari Cargloss menjadi helm retro lokal yang populer dan mudah ditemukan. Helm retro ini disukai banyak orang karena ada beragam pilihan warna. Selain itu, helm ini dilengkapi dengan quick release buckle yang memberikan jaminan keamanan berkendara. Jadi, bagi Anda yang ingin tampil keren tanpa khawatir tentang keamanan, helm ini adalah solusinya.

No.2

LGN x Marzano Helm Retro

Mulai dari Rp317.000,00

Fitur microclick lock memastikan helm terkunci dengan baik

Kelebihan:

  • Dengan fitur microclick lock, helm dalam terkunci dengan baik ketika dikenakan
  • Busa bantalan dapat dilepas sehingga memudahkan ketika dicuci

Kekurangan:

  • Belum dilengkapi visor sehingga perlu membelinya secara terpisah

Berkolaborasi dengan LGN, Marzano merilis helm retro dalam dua varian warna. Produk ini sudah disertai dengan fitur microclock lock yang membuatnya dapat terkunci dengan baik sehingga helm tidak mudah terlepas. Tali helmnya pun terbuat dari kulit asli sehingga kuat dan terlihat eksklusif. Kenakanlah helm ini untuk menambah kepercayaan diri Anda saat mengendarai motor.

No.3

GPRO Helm Bogo Retro Classic

Mulai dari Rp88.000,00

Helm retro dengan harga terjangkau dan banyak pilihan warna

Kelebihan:

  • Memiliki banyak varian warna
  • Harga cukup terjangkau dibandingkan helm retro merek lain

Kekurangan:

  • Cangkang helm agak tipis sehingga tingkat keamanan cukup rendah

Anda mencari helm retro dengan harga terjangkau? GPRO menyediakan produk helm retro yang terbilang murah. Meskipun murah, Anda bisa memilih helm sesuai dengan warna kesukaan. Pasalnya, produk ini tersedia dalam banyak varian warna. Di sisi lain, Anda bisa memilih jenis visor yang hendak dipasang di helm, baik visor datar maupun cembung.

No.4

Epic Veil Helm Half Face

Mulai dari Rp475.000,00

Kenakan helm dengan tingkat keamanan tinggi berkat tali double D-ring

Kelebihan:

  • Tali helm menggunakan double D-ring sehingga memiliki tingkat keamanan yang tinggi
  • Bagian dalam dilapisi kulit sintetis yang nyaman di kepala

Kekurangan:

  • Logo Epic Veil hanyalah stiker sehingga mudah mengelupas

Tali double D-ring merupakan tali helm yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Anda akan mendapatinya pada produk helm retro tipe half face dari Epic Veil. Oleh karena itu, helm ini cocok digunakan untuk Anda yang hobi berkendara jarak jauh. Anda juga akan tetap merasa nyaman menggunakannya karena bagian dalam helm dilapisi kulit sintetis.

No.5

Zeus HelmetHelm Vintage Open-Face ZS-385C

Mulai dari Rp330.000,00

Dengan kain jaring yang menyerap kelembapan untuk cegah bau apak

Kelebihan:

  • Terdapat tiga kancing yang dapat dipasangi visor
  • Busa dapat dilepas dan dicuci sehingga tidak bau
  • Dilapisi kain jaring yang membantu menyerap dan membuang kelembapan sehingga terhindar dari apak

Kekurangan:

  • Belum dilengkapi dengan visor sehingga muka tidak terlindungi

Helm yang digunakan selama seharian tentu akan menimbulkan bau apak. Hal ini dapat dihindari jika Anda memilih helm retro keluar Zeus Helmet. Pasalnya, helm retro yang apik ini dilapisi kain jaring di bagian dalamnya untuk menyerap kelembapan. Alhasil, helm pun akan terhindar dari bau apak yang mengganggu.

No.6

JPX HelmetJP Retro Signature SGN - 06

Mulai dari Rp705.000,00

Cocok bagi yang hobi touring dan motorcross, tampil garang saat naik motor

Kelebihan:

  • Didesain dengan gambar monster untuk memberikan kesan garang
  • Memiliki inner visor yang dapat melindungi dari sinar UV dan debu
  • Busa bagian dalam tebal dan empuk sehingga helm nyaman ketika dikenakan

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengatakan bahwa ukuran helm terlalu pas di kepala sehingga agak terasa sumpek

Bagi Anda yang memiliki hobi touring atau motocross, gunakanlah helm full face dari JPX Helmet ini. Selain menjaga keamanan kepala, helm ini juga akan membuat penampilan Anda terkesan garang. Hal ini berkat desain monster pada cangkang helm. Helm ini juga dilengkapi visor yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar UV serta debu dan asap.

No.7

Astra Honda Fabulous Retro Classic Helmet

Mulai dari Rp267.000,00

Aksesori untuk pengendara motor matic keluaran Honda

Kelebihan:

  • Memiliki visor berbentuk cembung yang mampu menahan paparan sinar UV
  • Busa bagian dalam dapat dilepas sehingga dapat dicuci

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengeluhkan jika ukuran XL masih terlalu kecil ketika dikenakan

Anda memiliki motor matic dari Honda? Ada baiknya Anda melengkapinya dengan Fabulous Retro Classic Helmet. Helm ini memiliki visor berbentuk cembung yang mampu menahan paparan sinar matahari. Anda pun bisa berkendara dengan santai karena akan terhalau dari silaunya matahari. Busa bagian dalam helm juga dapat dilepas sehingga Anda bisa mencucinya dengan mudah.

No.8

Cegah terjadinya pencurian helm berkat adanya fitur anti theft system

Kelebihan:

  • Dengan fitur anti theft system yang dapat mencegah pencurian
  • Dilengkapi sistem ventilasi yang dapat mengalirkan udara masuk ke dalam helm sehingga pemakai merasa nyaman
  • Busa bagian dalam mudah dilepaskan untuk dicuci

Kekurangan:

  • Ventilasi udara di bagian atas helm susah untuk digeser menurut beberapa pengguna

Anda merasa khawatir kehilangan helm ketika sedang berada di tempat parkir umum? Pilihlah helm Elsico dari KYT yang dilengkapi dengan fitur anti theft system yang mencegah terjadinya pencurian helm. Fitur tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal dengan menambahkan gembok kawat yang dililitkan. Helm ini juga dilengkapi ventilasi sehingga sirkulasi udara berjalan dengan baik.

No.9

BIP Plast Helm Bogo Retro Flame

Mulai dari Rp185.000,00

Tetap trendi dengan helm motif yang di-finishing dengan cat berkualitas

Kelebihan:

  • Helm dirancang dapat digunakan dengan kacamata goggle atau visor
  • Bagian dalam helm dilapisi kain quilted yang halus sehingga nyaman di kepala
  • Desain helm kekinian yang diwarnai dengan cat berkualitas sehingga tidak mudah luntur

Kekurangan:

  • Cat pada helm baru agak berbau, sebaiknya diangin-anginkan terlebih dahulu sebelum dipakai

Helm retro kini hadir dengan desain yang beragam. Anda bisa tampil kekinian dengan menggunakan helm dari BIP Plast. Helm ini memiliki motif kekinian yang di-finishing dengan cat berkualitas. Alhasil, motif tidak mudah luntur bila terkena panas matahari atau hujan. Selain itu, bagian dalam helm dilapisi kain quilted yang halus sehingga terasa nyaman di kepala.

No.10

Berikan pengalaman berkendara yang nyaman dan penuh gaya

Kelebihan:

  • Sudah dilengkapi dengan kacamata yang bisa dipasang dan dilepas
  • Bantalan bagian dalam dapat dilepas untuk memudahkan saat membersihkannya

Kekurangan:

  • Dari review pengguna diketahui bahwa busa bagian dalam mudah lepas

Jika penampilan sangat penting bagi Anda, pilihlah helm Troper keluaran INK. Helm retro ini memiliki desain modern look sehingga meninggalkan kesan kekinian. Tidak sekadar membuat Anda tampil penuh gaya, Anda juga akan merasa nyaman berkat lapisan kulit yang lembut. Anda bisa memilih helm dengan warna solid atau yang bermotif.

Baca juga rekomendasi aksesori motor lainnya di sini

Helm retro tidak sekadar melindungi kepala Anda saat berkendara. Namun, helm retro juga akan membuat penampilan Anda lebih keren saat mengendarai motor. Agar makin keren, silakan gunakan aksesori motor lainnya yang bisa Anda cek di tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan helm retro yang pas di hati? Helm retro atau helm bogo dapat menjadi pelindung kepala sekaligus penunjang penampilan. Anda bisa mempertimbangkan berbagai model serta keunggulan dari setiap merek helm retro.


Pastikan Anda memilih helm yang sesuai dengan kebutuhan serta budget Anda. Yuk, pilih helm retro favorit Anda agar makin percaya diri saat berkendara!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer