• 10 Skincare Korea Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Skincare Korea Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Skincare Korea Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Skincare Korea Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Skincare Korea Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Skincare Korea Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Saat ini, skincare Korea kian diminati di Indonesia lantaran memiliki formula yang gentle sehingga meminimalkan iritasi. Ada cukup banyak jenis produk yang ditawarkan. Fungsinya pun beragam, mulai dari untuk mencerahkan kulit hingga menyamarkan flek hitam.


Agar Anda mudah menentukan pilihan, kami akan membahas tips memilih skincare Korea yang bagus. Kami juga akan melengkapinya dengan mengulas beberapa rekomendasi skincare Korea terbaik. Anda dapat menemukan ulasan produk dari berbagai merek, seperti Laneige, Innisfree, dan NACIFIC. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Putu Ayu Elvina
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 21 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK
dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK adalah seorang dermatovenereologist atau dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Udayana Denpasar. Dokter yang dikenal dengan panggilan dr. Elvina ini tergabung dalam Kelompok Studi Dermatologi Laser Indonesia.

Saat ini dr. Elvina berpraktek di klinik Zap Premiere Bali & Miracle Aesthetic Clinic Renon. Anda bisa mengenal dr. Elvina lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih skincare Korea

Sebenarnya, poin-poin penting yang harus diperhatikan dalam memilih skincare Korea tidak jauh berbeda dengan skincare lainnya. Langkah pertama adalah mengenali jenis dan kebutuhan kulit Anda. Setelah itu, Anda bisa memilih jenis skincare yang Anda butuhkan seperti informasi yang akan kami bagi berikut ini.

Pilih berdasarkan jenisnya

Dalam skincare step ala Korea, umumnya digunakan enam jenis skincare, yaitu pembersih, toner, essence, serum, pelembap, dan suncreen. Lalu, apa saja peran dari tiap jenis skincare tersebut? Kami akan membahasnya satu per satu di bawah ini.

Pembersih, menyingkirkan kotoran di kulit sebelum step selanjutnya

Pembersih, menyingkirkan kotoran di kulit sebelum step selanjutnya

Setelah seharian beraktivitas, kulit wajah menjadi tempat menempelnya kotoran, sebum, dan sisa-sisa makeup. Kulit yang kotor dapat menjadi awal timbulnya masalah kulit. Karena itu, pembersih wajah menjadi produk pertama yang harus Anda gunakan sebelum menggunakan skincare lainnya.


Untuk hasil cleansing yang maksimal, Anda dapat melakukan double cleansing yang meliputi:


  • Langkah pertama
Membersihkan wajah dengan pembersih tanpa bilas yang dapat mengangkat minyak. Langkah awal ini dapat Anda lakukan dengan bantuan micellar water, oil cleanser, dan milk cleanser.


  • Langkah kedua
Membersihkan wajah dengan pembersih yang perlu dibilas dengan air. Pembersih ini mampu membersihkan sampai ke pori-pori. Anda bisa menggunakan facial wash, cleansing gel, dan facial foam untuk melakukannya.

Proses double cleansing sangat dianjurkan, terutama untuk kulit yang selalu tertutup makeup. Selain itu, Anda dapat memprioritaskan pembersih wajah yang dilengkapi kandungan pelembap. Hal tersebut akan mencegah kulit menjadi kering setelah mencuci wajah.

Toner, menyeimbangkan pH kulit

Toner, menyeimbangkan pH kulit

Proses mencuci wajah dapat meningkatkan pH kulit sehingga kulit terasa lebih kering. Nah, penggunaan toner dapat membantu menyeimbangkan pH kulit. pH kulit yang seimbang akan menghindarkan Anda dari berbagai masalah kulit, seperti jerawat, kerutan, peradangan, dan kulit sensitif.


Di samping itu, penggunaan toner dapat mengangkat kotoran yang mungkin masih menempel setelah proses cleansing. Toner akan membersihkan hingga ke dalam pori-pori sekaligus mengencangkannya. Kulit yang benar-benar bersih akan membuat manfaat tahapan skincare selanjutnya lebih optimal. Agar Anda tak salah dalam menggunakannya, kenali dahulu jenis-jenis toner berikut ini.


  • Exfoliating toner

Exfoliating toner merupakan toner yang digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dan melepas jaringan kulit terluar pada wajah. Toner ini memiliki kandungan utama berupa senyawa asam. Beberapa jenis kandungannya adalah beta hydroxy acid (BHA), alpha hydroxy acid (AHA), dan polyhydroxy acid (PHA).


AHA digunakan untuk mengatasi pori-pori besar, kerutan, dan warna kulit yang tidak merata. BHA cocok untuk mengatasi pori-pori besar, komedo, dan jerawat. Terakhir, PHA menjadi pilihan ideal untuk kulit normal, kombinasi, bahkan sensitif.


  • Hydrating toner

Toner jenis ini memiliki fungsi melembapkan kulit wajah. Hydrating toner biasanya memiliki bahan dasar hyaluronic acid, vitamin E, dan lidah buaya. Anda juga dapat menemukan hydrating toner dengan kandungan nutrisi buah-buahan, ekstrak bunga, atau asam amino.

Essence, membantu penyerapan skincare

Essence, membantu penyerapan skincare

Essence merupakan tahapan pengaplikasian skincare routine yang tidak boleh dilewatkan. Hal ini karena essence akan membantu agar skincare Anda selanjutnya terserap dengan maksimal.


Beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan dari essence adalah:

  • Memperbaiki skin barrier
  • Mengembalikan keseimbangan pH kulit
  • Membuat lapisan epidermis menjadi lebih halus

Ingin mengetahui lebih jauh seputar essence Korea? Yuk, simak artikel berikut ini!

Serum, bekerja hingga ke lapisan kulit terdalam

Serum, bekerja hingga ke lapisan kulit terdalam

Anda dapat menemukan berbagai jenis serum dengan kandungan yang berbeda-beda tergantung pada manfaat yang ditawarkan. Dibandingkan jenis skincare lain, serum memiliki konsentrasi kandungan bahan aktif lebih tinggi sehingga harganya pun lebih mahal.


Partikel-partikel serum berukuran kecil sehingga mampu bekerja hingga ke lapisan kulit yang terdalam. Serum juga merupakan jenis skincare yang memberikan efek paling terlihat.


Namun, serum memiliki tingkat kekentalan yang berbeda-beda. Makin kering kulit, makin kental atau padat tekstur serum yang diperlukan. Sementara itu, kulit yang tidak begitu kering bisa memilih serum yang lebih cair atau ringan. Jadi, pahami kebutuhan kulit dengan baik agar efek yang diberikan serum sesuai dengan harapan Anda.

Pelembap, mengunci kadar air di dalam kulit

Pelembap, mengunci kadar air di dalam kulit

Fungsi utama pelembap adalah mengunci kelembapan agar kulit terhindar dari kekeringan. Mungkin terlihat sederhana, tetapi kulit kering dapat memicu munculnya masalah kulit, seperti tanda-tanda penuaan. 


Bahkan, kulit berminyak juga tetap membutuhkan pelembap untuk membantu mengontrol produksi sebum. Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, Anda dapat mencari pelembap bertekstur ringan, seperti gel dan lotion. Dengan begitu, Anda akan tetap merasa nyaman dan kulit tidak terasa lengket.

Sunscreen, melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV

Sunscreen, melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV

Meskipun berada pada tahap terakhir dalam skincare routine, pemberian sunscreen tidak boleh dilewatkan. Pemberian sunscreen sangat berguna untuk mencegah wajah dari paparan buruk sinar UV, flek hitam, bahkan kanker kulit.


Tidak hanya itu, sunscreen akan membuat makeup Anda lebih menyatu dan tampak glowing. Untuk perlindungan optimal, pilihlah sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30, ya.

Sesuaikan kandungan dengan kondisi kulit Anda

Setiap kandungan skincare memiliki peran masing-masing untuk mengatasi masalah kulit. Jika Anda ingin tahu kandungan yang tepat untuk masalah kulit Anda, jangan lewatkan poin ini!

Centella asiatica: Dapat menenangkan kulit meradang

Centella asiatica: Dapat menenangkan kulit meradang

Kandungan Centella asiatica dapat dijadikan pilihan bagi masalah kulit meradang akibat jerawat atau efek radiasi UV. Kandungan ini meningkatkan produksi kolagen sehingga mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit. Selain Centella asiatica, kandungan lain, seperti green tea dan Aloe vera juga memiliki manfaat untuk menenangkan kulit.

Niacinamide: Efektif menyamarkan flek hitam

Niacinamide: Efektif menyamarkan flek hitam

Flek hitam atau noda bekas jerawat di wajah dapat membuat kepercayaan diri menurun. Kalau Anda sedang mengalaminya, skincare dengan kandungan niacinamide dapat menjadi solusi.


Kandungan niacinamide dapat mencerahkan kulit sehingga warna kulit tampak lebih merata. Jika digunakan secara rutin, flek hitam pun akan tersamarkan.


Niacinamide juga merupakan pilihan yang baik untuk tipe kulit berjerawat. Alasannya, niacinamide dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak wajah dan mencegah munculnya jerawat.

Snail extract: Meratakan tekstur dan warna kulit

Snail extract: Meratakan tekstur dan warna kulit

Snail extract mengandung copper peptides yang berfungsi meningkatkan produksi kolagen guna mempercepat regenerasi kulit. Bahan ini juga mengandung glycolic acid yang akan mengangkat sel kulit mati sehingga tekstur dan warna kulit lebih merata.


Tak ketinggalan, ada pula hyaluronic acid yang bekerja sebagai penjaga kelembapan kulit. Di samping snail extract, kandungan AHA, BHA, dan PHA dalam skincare juga mampu memperbaiki tekstur kulit.

Pilih berdasarkan mereknya

Merek-merek skincare Korea di bawah ini mungkin sudah tidak asing di telinga Anda. Nah, kami akan membahasnya secara singkat agar Anda tahu karakter dari tiap-tiap merek tersebut.

Laneige: Menyelesaikan masalah kulit dengan memberi kelembapan

Hadir pada 1994, Laneige fokus pada menjaga kelembapan dengan keyakinan bahwa kelembapan adalah dasar penyelesaian semua masalah kulit. Laneige bekerja dengan cara menghidrasi, mengunci kelembapan, serta memurnikan kulit. Semua itu dilakukan beriringan sambil terus berinovasi untuk menghadirkan produk yang mengoptimalkan kecantikan kulit.

Innisfree: Memanfaatkan bahan alami dari Pulau Jeju

Innisfree menggunakan bahan-bahan alami asli Pulau Jeju di Korea untuk produk skincare-nya. Pulau Jeju dipilih karena bahan-bahan yang berasal dari sana bersih, murni, dan berkualitas. Dengan produk berbahan alami, Innisfree ingin memberikan kecantikan yang sehat kepada para konsumennya. Hal ini sesuai dengan konsep naturalisme yang diusungnya sejak 2010.

Some By Mi: Sentuhan keajaiban untuk kulit Anda

Some By Mi yang berasal dari kata 'Something' dan 'By a Miracle' ini hadir pada 2017. Merek yang sebelumnya bernama ifactory ini berharap produk-produknya dapat membawa keajaiban untuk kulit Anda. Some By Mi menyadari bahwa kulit dapat menjadi lebih sensitif akibat faktor lingkungan. Karena itu, produknya dibuat dari bahan-bahan natural dengan konsentrasi ringan untuk mencegah iritasi.


Selain merek yang kami sebutkan, masih banyak merek skincare asal Korea yang populer di Indonesia. Tidak hanya terkenal, merek-merek tersebut menghadirkan produk-produk berkualitas yang patut dicoba. Produk-produknya bisa Anda lihat dalam rekomendasi kami.

10 Rekomendasi skincare Korea terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk skincare Korea terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 30 Agustus 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa NATURE REPUBLIC Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, SOME BY MI Snail Truecica Miracle Repair Serum yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 5 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Putu Ayu Elvina.

Gambar produk
1
NATURE REPUBLIC Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel 1

NATURE REPUBLIC

2
COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner 1

COSRX

3
COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+/PA+++  1

COSRX

4
NACIFIC Phyto Niacin Whitening Essence 1

NACIFIC

5
SOME BY MI Snail Truecica Miracle Repair Serum 1

SOME BY MI

6
SOME BY MI AHA-BHA-PHA 30Days Miracle Toner 1

SOME BY MI

7
AXIS-Y Dark Spot Correcting Glow Serum 1

AXIS-Y

8
AmorePacific Laneige Water Sleeping Mask_EX 1

AmorePacific

9
Innisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam EX 1

Innisfree

10
SKIN1004  Madagascar Centella Cream 1

SKIN1004

Nama produk

Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel

AHA/BHA Clarifying Treatment Toner

Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+/PA+++

Phyto Niacin Whitening Essence

Snail Truecica Miracle Repair Serum

AHA-BHA-PHA 30Days Miracle Toner

Dark Spot Correcting Glow Serum

Laneige Water Sleeping Mask_EX

Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam EX

Madagascar Centella Cream

Keunggulan

Si multifungsi, bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit

Skincare Korea untuk memperbaiki tekstur kulit

Kulit tetap aman meski harus berkegiatan di bawah terik matahari

Kombinasi niacinamide dan vitamin C-nya ampuh untuk mencerahkan kulit wajah

Menenangkan dan memperbaiki tekstur kulit dengan kandungan snail extract

Rasakan manfaat AHA, BHA, dan PHA dalam satu produk!

Dapatkan warna kulit merata yang bebas dari flek hitam!

Meremajakan kulit selama Anda tidur, ampuh untuk membuat wajah glowing

Menyerap minyak berlebih dan membersihkan kotoran hingga ke pori-pori

Skin barrier terjaga bahkan saat terpapar polusi dan radikal bebas

Harga mulai dariRp 98.000,00Rp 200.000,00Rp 199.900,00Rp 369.000,00Rp 494.643,00Rp 168.393,00Rp 200.000,00Rp 470.000,00Rp 122.000,00Rp 679.467,00
JenisPelembapToner eksfoliasiSunscreenEssenceSerumTonerSerumPelembapPembersihPelembap
KegunaanMelembapkan, melembutkanMengangkat sel-sel kulit mati, mengurangi komedo, mengatasi kusam, melembapkan kulit wajahMelindungi dari sinar UV, melembapkan, dan menutrisi kulitMencerahkan, melembapkanMenenangkan, melindungi, dan memperbaiki tekstur kulitMengangkat sel kulit mati, melembapkan dan menenangkan kulitMenyamarkan flek hitam, melembapkan, memperbaiki tekstur, meratakan warna kulitMelembapkan dan meremajakan kulitMembersihkan kulit dan mengontrol produksi sebumMelembapkan, menenangkan, dan mencerahkan kulit
Kandungan utamaAloe veraAHA, BHA, willow bark water, apple fruit waterAloe vera extractNiacinamide, vitamin C, Bambusa vulgaris extract, hyaluronic acidSnail secretion filtrate, Centella asiatica extract, green tea leaf extract, niaciamide, yam root extract, tea tree leaf extractAHA, BHA, PHA, tea tree leaf extract, niacinamide, salicylic acidSqualane, papaya, sea buckthorn, rice bran, allantoin, calendula, niacinamideOenothera biennis root extract, apricot fruit extract, beta-glucan, Chenopodium quinoa seed extractHydrated silica, Jeju volcanic scoriaCentella asiatica extract, niacinamide, squalane, ceramide, Macadamia ternifolia seed oil, Chamomilla recutita flower extract
Tautan produk
10

SKIN1004 Madagascar Centella Cream

Mulai dari Rp 679.467,00

JenisPelembap
KegunaanMelembapkan, menenangkan, dan mencerahkan kulit
Kandungan utamaCentella asiatica extract, niacinamide, squalane, ceramide, Macadamia ternifolia seed oil, Chamomilla recutita flower extract
9

InnisfreeJeju Volcanic Pore Cleansing Foam EX

Mulai dari Rp 122.000,00

JenisPembersih
KegunaanMembersihkan kulit dan mengontrol produksi sebum
Kandungan utamaHydrated silica, Jeju volcanic scoria
8

AmorePacificLaneige Water Sleeping Mask_EX

Mulai dari Rp 470.000,00

JenisPelembap
KegunaanMelembapkan dan meremajakan kulit
Kandungan utamaOenothera biennis root extract, apricot fruit extract, beta-glucan, Chenopodium quinoa seed extract
7

AXIS-YDark Spot Correcting Glow Serum

Mulai dari Rp 200.000,00

JenisSerum
KegunaanMenyamarkan flek hitam, melembapkan, memperbaiki tekstur, meratakan warna kulit
Kandungan utamaSqualane, papaya, sea buckthorn, rice bran, allantoin, calendula, niacinamide
6

SOME BY MIAHA-BHA-PHA 30Days Miracle Toner

Mulai dari Rp 168.393,00

JenisToner
KegunaanMengangkat sel kulit mati, melembapkan dan menenangkan kulit
Kandungan utamaAHA, BHA, PHA, tea tree leaf extract, niacinamide, salicylic acid
5

SOME BY MISnail Truecica Miracle Repair Serum

Mulai dari Rp 494.643,00

JenisSerum
KegunaanMenenangkan, melindungi, dan memperbaiki tekstur kulit
Kandungan utamaSnail secretion filtrate, Centella asiatica extract, green tea leaf extract, niaciamide, yam root extract, tea tree leaf extract
4

NACIFICPhyto Niacin Whitening Essence

Mulai dari Rp 369.000,00

JenisEssence
KegunaanMencerahkan, melembapkan
Kandungan utamaNiacinamide, vitamin C, Bambusa vulgaris extract, hyaluronic acid
3

COSRXAloe Soothing Sun Cream SPF 50+/PA+++

Mulai dari Rp 199.900,00

JenisSunscreen
KegunaanMelindungi dari sinar UV, melembapkan, dan menutrisi kulit
Kandungan utamaAloe vera extract
2

COSRXAHA/BHA Clarifying Treatment Toner

Mulai dari Rp 200.000,00

JenisToner eksfoliasi
KegunaanMengangkat sel-sel kulit mati, mengurangi komedo, mengatasi kusam, melembapkan kulit wajah
Kandungan utamaAHA, BHA, willow bark water, apple fruit water
1

NATURE REPUBLICSoothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel

Mulai dari Rp 98.000,00

JenisPelembap
KegunaanMelembapkan, melembutkan
Kandungan utamaAloe vera

Pertanyaan umum seputar skincare Korea

Pertanyaan umum seputar skincare Korea

Selain menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan produk, kami juga sudah mengumpulkan pertanyaan populer mengenai skincare Korea. Simak jawaban selengkapnya di bawah ini, ya!

Manakah yang lebih bagus, skincare Korea atau skincare lokal?

Skincare dari negara yang berbeda memiliki karakteristik yang berbeda pula. Skincare Korea menitikberatkan pada bahan alami dengan fungsi hidrasi dan mencerahkan untuk mendapatkan kulit yang glowing dan sehat.


Kelebihan skincare Korea terletak pada sifatnya yang ringan, bahan aktif yang beragam, dan varian yang lengkap. Skincare Korea terkenal mampu memenuhi beragam kebutuhan kulit.


Sementara itu, skincare lokal fokus pada fungsi mencerahkan, menghilangkan noda dan jerawat untuk mendapatkan kulit yang putih. Skincare lokal mengenal baik kondisi dan lingkungan Indonesia sehingga menghasilkan produk yang tepat sesuai masalah yang sering dihadapi.


Selain itu, skincare lokal dikenal memiliki harga yang relatif terjangkau serta banyak menyediakan produk dengan label halal. Keduanya dapat memberikan hasil yang baik bila digunakan secara tepat.

Baca juga rekomendasi skincare Korea lainnya di sini

Setelah membaca tips memilih dan rekomendasi skincare Korea di atas, mungkin Anda tertarik untuk mencari tahu produk lainnya. Nah, artikel-artikel terkait produk skincare Korea dapat Anda baca dengan mengeklik link di bawah ini!

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan skincare Korea yang sesuai dengan kebutuhan? Kami harap pembahasan di atas dapat membantu Anda menentukan produk yang tepat, ya.


Walaupun skincare Korea terkenal dengan penggunaan bahan-bahan natural, hentikanlah pemakaian jika timbul efek negatif pada kulit. Selalu ingat bahwa skincare yang cocok bagi orang lain belum tentu berjodoh dengan kulit Anda. Yuk, selektif dalam memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat, terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi, dari yang mahal hingga harga kurang dari 100 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek serum retinol yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Azarine. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus, seperti merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop.Kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, kulit kering, dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Skincare Emina Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skincare Emina Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kombinasi mempunyai kebutuhan yang berbeda dengan kondisi kulit lainnya. Agar kulit kombinasi senantiasa sehat, tentunya Anda memerlukan skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Nah, kali ini secara spesial kami akan mengulas skincare merek Emina yang bagus untuk digunakan pemilik kulit kombinasi.Rangkaian produk Emina untuk kulit kombinasi, mulai dari face wash, toner, pelembap, dan sunscreen akan kami ulas secara lengkap. Tidak ketinggalan, review serum Emina terbaru juga ada di sini! Kami juga telah menyediakan tips memilih skincare Emina untuk kulit kombinasi. Penasaran dengan ulasan kami? Yuk, simak sampai habis!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori