• 10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Gitar Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)

Gitar merupakan alat musik yang menarik untuk dipelajari. Suaranya yang merdu dapat menjadi melodi utama sampai melodi pengisi dalam sebuah lagu. Di antara banyaknya merek gitar, Yamaha menjadi pilihan top of mind bagi konsumen. Gitar Yamaha original memiliki berbagai jenis serta seri gitar untuk kebutuhan Anda.


Kami akan berbagi tips memilih gitar dari Yamaha. Simak juga daftar rekomendasi gitar Yamaha yang bagus sebagai referensi Anda. Gitar Yamaha C315, Yamaha F310, dan Yamaha APX600 ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Adriano Pandapotan
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Gitaris, Adriano Pandapotan

Profil pakar: Gitaris, Adriano Pandapotan
Adriano Pandapotan
Gitaris
Adriano Pandapotan

Adriano belajar gitar sejak usia 6 tahun dan sempat mengajar gitar di Yamaha. Ia memiliki berbagai pengalaman di bidang musik. Beberapa di antaranya seperti menjadi additional player gitaris untuk band tingkat sekolah serta mengiringi band gereja. Pria yang pernah mengiringi acara di kampus ini juga turut serta mengisi gitar di beberapa lagu band temannya.

Yamaha, terus berinovasi untuk gitar terbaiknya

Saat berbicara tentang merek alat musik, Yamaha merupakan merek yang tidak boleh dilewatkan. Sejarah Yamaha dimulai pada tahun 1887. Sang pendiri Yamaha, Torakusu Yamaha, saat itu berhasil memperbaiki reed organ dan mulai membangun perusahaan. Gitar Yamaha baru dibuat pada 1940 dan mulai mengekspor gitar mereka ke luar negeri pada 1966.


Gitar pertama dari Yamaha adalah seri FG180 yang merupakan folk guitar. Setelah itu, Yamaha tak berhenti begitu saja dalam memproduksi gitar. Yamaha terus berinovasi untuk memberikan produk gitar terbaik bagi para konsumen.


Gitar Yamaha sudah digunakan oleh berbagai musisi ternama. Tak salah jika Anda memilih gitar Yamaha sebagai gitar favorit Anda. Produknya tersedia dan cocok bagi pemula sampai musisi profesional.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gitar Yamaha

Sebenarnya memilih gitar Yamaha sama saja seperti memilih gitar pada umumnya. Namun, ada beberapa poin yang penting untuk diperhatikan. Simak poin-poin berikut ini agar Anda tak salah memilih gitar Yamaha.

Pilih berdasarkan jenis dan seri gitar

Pertama-tama, perhatikan jenis gitar yang Anda butuhkan. Yamaha memiliki gitar klasik, gitar akustik, gitar elektrik, gitar bass, dan silent guitar. Setiap jenis gitar juga memiliki seri yang khas. Kami akan memperkenalkan tiap-tiap jenis gitar tersebut.

Gitar klasik, favorit untuk dimainkan kapan saja dan di mana saja

Gitar klasik merupakan gitar dengan senar berbahan nilon. Gitar klasik memiliki suara yang lembut. Anda dapat memainkannya di mana saja dan kapan saja.


Yamaha memiliki berbagai gitar klasik, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Ukurannya beragam mulai dari 1/2, 3/4, dan 4/4. Anda dapat menemukannya dalam seri CGS yang merupakan school guitar.


Ukuran 1/2, 3/4, dan 4/4 adalah ukuran pada umumnya. Selain itu, masih ada ukuran 1/8, 1/4, dan 7/8. Ada juga Guitalele yang merupakan perpaduan gitar dan ukulele. Panjangnya hanya 433 mm saja. Anda dapat dengan mudah membawanya ke mana saja.


Di antara banyaknya seri gitar klasik dari Yamaha, seri Yamaha C315 merupakan gitar yang banyak diminati. Yamaha C315 merupakan gitar klasik Yamaha dengan harga yang terjangkau dan dapat digunakan untuk belajar sampai profesional.

Gitar akustik, gitar klasik dalam balutan alat musik modern

Gitar akustik memiliki bentuk yang cukup mirip dengan gitar klasik. Berbeda dengan gitar klasik, gitar akustik dapat Anda colokan ke amplifier. Bahan senarnya pun berbeda dengan gitar klasik.


Yamaha memiliki beberapa seri untuk gitar akustik, seperti seri L, seri A, FG/FGX, F/FX, APX, dan CPX. Bagi Anda yang masih belajar, Anda dapat memilih seri F/FX.


Gitar akustik Yamaha yang paling banyak diminati datang dari seri APX 500 atau APX 500II. Harganya cukup bersahabat di kantong sebagai gitar akustik. Namun, sekarang APX 500 sudah digantikan dengan APX 600 dengan fitur yang lebih baik.


Seri L merupakan seri gitar favorit untuk para pemain gitar konvensional. Modelnya sangat tradisional dan suaranya begitu merdu. Seri L menawarkan tiga ukuran untuk gitar akustik, LS ukuran kecil, LL ukuran jumbo orisinal, dan LJ ukuran jumbo sedang. Anda dapat memilihnya sesuai kenyamanan Anda dalam bermain gitar.


LL merupakan gitar akustik dengan ukuran orisinal dari Yamaha. Rentang nadanya cukup dinamis dan lebar dengan volume suara yang kaya. Jika Anda mencari gitar yang lebih besar, Anda dapat memilih seri LJ. Ukuran besar lebih pas untuk Anda yang bermain gitar dengan posisi duduk. Apabila Anda sering melakukan fingerstyle, pilihlah ukuran LS untuk kenyamanan penggunaan.

Gitar elektrik, memberikan suara yang lebih nyaring

Gitar elektrik memiliki bentuk yang berbeda dari gitar klasik dan akustik. Bobotnya pun lebih berat serta suaranya lebih nyaring. Agar suaranya terdengar, sambungkanlah ke amplifier. Gitar elektrik biasanya dipakai dalam musik pop, jazz, sampai rock.


Seri Revstar, Pacifica, dan RGX merupakan seri gitar elektrik dari Yamaha. Ketiganya memiliki desain berbeda. Revstar terinspirasi dari motor custom dengan menonjolkan sentuhan gaya Jepang. 


Di pihak lain, Pacifica dikembangkan oleh Yamaha bersama dengan custom shop di Los Angeles. Seri Pacifica memiliki suara yang lebih serbaguna untuk berbagai jenis musik. Nah, untuk Anda pemain gitar yang agresif, pilihlah seri RGX. Bagian leher yang lebih tipis membuat Anda nyaman memainkannya.

Gitar bass, gitar dengan suara rendah

Gitar bass memang memiliki suara yang spesial. Anda dapat mengenalinya dengan suara rendah berkat senarnya yang tebal. Bentuknya memang sedikit mirip dengan gitar elektrik, tetapi memiliki suara yang berbeda. Gitar bass hanya memiliki empat senar sedangkan gitar biasa memiliki enam senar karena fungsinya yang berbeda.


Untuk gitar bass, Anda dapat menemukan seri BB dan TRBX. Seri BB merupakan gitar bass klasik dari Yamaha yang sudah digunakan oleh banyak bassist dunia. Menariknya, seri BB memiliki body dengan multilaminasi. Konstruksinya terbuat dari tiga lapisan, kayu alder, maple, dan alder lagi. 


Jika seri BB memiliki body dari tiga lapis bahan, seri TRBX hanya terdiri dari dua lapisan maple dan adler saja. Bobotnya lebih ringan dibandingkan seri BB. Jadi, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya.

Silent guitar, suaranya hanya terdengar jika terhubung dengan output

Silent guitar merupakan gitar spesial dari Yamaha. Jika dilihat dari body-nya, gitar ini begitu unik tanpa kotak resonansi. Suaranya hanya dapat Anda dengar jika terhubung dengan headphone atau amplifier. Anda dapat memilihnya untuk latihan sampai rekaman.


Tidak adanya kotak resonansi berfungsi untuk meminimalkan noise setinggi mungkin. Silent guitar adalah gitar yang mudah dirawat. Body-nya sangat tipis karena mementingkan kemudahan saat dimainkan.


Apabila Anda ingin berlatih tanpa mengganggu sekitar dengan suara gitar, Anda dapat memilih jenis silent guitar. Ada Yamaha SLG200S, Yamaha SLG200N, dan Yamaha SLG200NW. Ketiganya memiliki perbedaan dalam lebar nut atau bagian pada neck gitar.

Apabila Anda mencari gitar berukuran pas untuk anak-anak, pilih seri school guitar

Apabila Anda mencari gitar berukuran pas untuk anak-anak, pilih seri school guitar

Anda dapat menemukan berbagai ukuran gitar, seperti 1/4, 1/2, 3/4, dan 4/4. Anda dapat menyesuaikan ukuran gitar dengan usia dan tinggi badan penggunanya, terutama untuk anak-anak. Jadi, sesuaikanlah ukuran gitar dengan ukuran tubuh si kecil.


Gitar berukuran 1/4 pas untuk anak berusia 5–6 tahun dengan tinggi kurang lebih 110 cm. Untuk anak usia 6–8 tahun dengan tinggi kurang lebih 125 cm, Anda dapat memberikan gitar ukuran 1/2. Berikutnya, gitar ukuran 3/4 lebih pas untuk anak berusia 8–10 tahun dengan tinggi kurang lebih 140 cm. Terakhir, ada gitar ukuran 4/4 lebih pas untuk anak remaja sampai orang dewasa dengan tinggi lebih dari 150 cm.


Yamaha hanya memiliki tiga ukuran gitar saja, yaitu 1/2, 3/4, dan 4/4. Anda dapat memilih gitar untuk anak dari Yamaha CGSI02, Yamaha CGSI03, Yamaha CGSI04, dan Yamaha CS 40.

Pilih gitar Yamaha original

Banyaknya peminat gitar Yamaha juga diiringi dengan munculnya gitar tiruan berlabel Yamaha. Soal kualitas, tentunya sangat beda jauh antara gitar Yamaha asli dengan tiruannya. Jangan sampai Anda membeli gitar Yamaha palsu.


Salah satu tips untuk mendapatkan gitar Yamaha asli adalah membeli dari distributor resmi Yamaha. Barang-barang dari distributor resmi Yamaha sudah pasti barang asli. Anda sudah pasti akan mendapatkan barang-barang berkualitas.


Setiap gitar Yamaha dilengkapi dengan kode unik di dalam gitarnya. Kode unik tersebut melambangkan hari, bulan, gitar ke berapa yang diproduksi, hingga tahun produksi gitar tersebut. Dengan adanya kode unik ini, Anda bisa memastikan bahwa gitar yang akan dibeli adalah orisinal.


Jika dilihat dari detail finishing, gitar Yamaha memiliki finishing yang mulus. Kualitas suaranya juga sangat baik dan tak dapat ditiru oleh barang palsu. Hal lainnya yang penting untuk Anda perhatikan adalah label dari Yamaha. Labelnya tercetak dengan baik dan autentik.


Jika Anda memutuskan membeli dari e-commerce, pastikan Anda membeli dari toko yang tepercaya. Sekarang ini sudah ada beberapa official store yang menjual gitar Yamaha.

10 Rekomendasi gitar Yamaha terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gitar Yamaha terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adriano Pandapotan.

10

YamahaGitar Akustik

APX700II-12

Mulai dari Rp 9.000.000,00

JenisGitar akustik
Material bodySolid spruce dan nato
Material neckNato
Material fretboardRosewood
9
JenisSilent guitar
Material bodyMahogany
Material neckMahogany
Material fretboardRosewood
8
JenisGitar bass
Material bodyAlder/maple/adler
Material neckMaple/mahogany 5pcs
Material fretboardRosewood
7
JenisGitar elektrik
Material bodyAlder
Material neckMaple
Material fretboardRosewood
6
JenisGitar bass
Material bodyMahogany
Material neckMaple/Mahogany 5-Piece
Material fretboardRosewood
5

YamahaGitar Elektrik

PACIFICA112J

Mulai dari Rp 2.125.000,00

JenisGitar elektrik
Material bodyAlder
Material neckMaple
Material fretboardRosewood
4
JenisGitar klasik
Material bodyMeranti
Material neckNato
Material fretboardRosewood
3
JenisGitar akustik
Material bodySpruce
Material neckTonewood
Material fretboardRosewood
2
JenisGitar akustik
Material bodySpruce
Material neckTonewood
Material fretboardRosewood
1
JenisGitar klasik
Material bodySpruce
Material neckNato
Material fretboardNato

Tabel perbandingan produk gitar Yamaha terbaik

Gambar produk
1
Yamaha Gitar Klasik 1

Yamaha

2
Yamaha Gitar Akustik 1

Yamaha

3
Yamaha Gitar Akustik 1

Yamaha

4
Yamaha Gitar Klasik 1

Yamaha

5
Yamaha Gitar Elektrik 1

Yamaha

6
Yamaha Gitar Bass 1

Yamaha

7
Yamaha Gitar Elektrik 1

Yamaha

8
Yamaha Gitar Bass 1

Yamaha

9
Yamaha Silent Guitar 1

Yamaha

10
Yamaha Gitar Akustik 1

Yamaha

Nama produk

Gitar Klasik

Gitar Akustik

Gitar Akustik

Gitar Klasik

Gitar Elektrik

Gitar Bass

Gitar Elektrik

Gitar Bass

Silent Guitar

Gitar Akustik

Keunggulan

Seri gitar klasik favorit banyak konsumen

Gitar akustik model folk yang nyaman dimainkan

Anti-feedback demi tingkatkan kualitas perform

Berikan hadiah terbaik kepada si kecil tersayang

Gitar elektrik yang super-ramah di kantong

Memainkan rambut bernada rendah jadi tak masalah

Tak khawatir untuk tempo cepat saat di atas panggung

Lebih banyak fitur untuk hasilkan beragam efek suara

Tampilan estetis, lebih gaya di atas panggung

Suara supermerdu berkat dua belas senarnya

Harga mulai dariRp 849.000,00Rp 989.000,00Rp 3.140.000,00Rp 979.000,00Rp 2.125.000,00Rp 5.000.000,00Rp 2.500.000,00Rp 6.700.000,00Rp 8.000.000,00Rp 9.000.000,00
JenisGitar klasikGitar akustikGitar akustikGitar klasikGitar elektrikGitar bassGitar elektrikGitar bassSilent guitarGitar akustik
Material bodySpruceSpruceSpruceMerantiAlderMahoganyAlderAlder/maple/adlerMahoganySolid spruce dan nato
Material neckNatoTonewoodTonewoodNatoMapleMaple/Mahogany 5-PieceMapleMaple/mahogany 5pcsMahoganyNato
Material fretboardNatoRosewoodRosewoodRosewoodRosewoodRosewoodRosewoodRosewoodRosewoodRosewood
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar gitar Yamaha

Pertanyaan umum seputar gitar Yamaha

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar gitar Yamaha. Jika Anda masih penasaran dengan gitar Yamaha, simak jawabannya di bawah ini!

Gitar apa yang cocok untuk pemula?

Menurut pakar kami, Adriano, Yamaha C40 cocok untuk pemula. Meskipun gitar ini sedikit lebih mahal untuk pemula, kualitas suaranya terbaik di kelas pemula.

Apa perbedaan gitar akustik dan gitar klasik?

Perbedaan paling umum terlihat dari senar yang digunakan. Senar gitar akustik berbahan kawat sedangkan senar gitar klasik berbahan nilon. Senar berbahan nilon tersebut menghasilkan suara yang berbeda.


Perbedaan lainnya dilihat dari body-nya. Gitar akustik biasanya lebih besar daripada gitar klasik. Dari segi harga pun gitar akustik lebih mahal dibandingkan gitar klasik.

Baca juga rekomendasi berbagai perlengkapan gitar di sini

Saat memilih gitar sebagai alat musik, Anda mungkin membutuhkan perlengkapan lainnya. Tas gitar, senar, pick, amplifier, tuner, dan stand gitar menjadi perlengkapan yang tak dapat Anda lewatkan. Ketahui berbagai perlengkapan gitar dari tautan berikut ini. Temukan perlengkapan gitar yang paling Anda butuhkan.

Kesimpulan

Yamaha memang telah menjadi produsen alat musik terbaik dari Jepang. Gitar menjadi alat musik yang banyak dicari dari Yamaha. Yamaha menawarkan berbagai macam gitar untuk kebutuhan Anda. Kualitasnya pun tak perlu Anda ragukan.


Sekian rekomendasi kami kali ini tentang gitar Yamaha. Perhatikan jenis gitar serta seri yang ditawarkan oleh Yamaha. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan gitar yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat berkarya dengan Yamaha!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2022)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Tipe ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merk terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk terbaik, ya!
    Musik
  • 10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    Terdapat beberapa merek gitar listrik yang bagus di pasaran, seperti Ibanez, Yamaha, Fender, CORT, dan lainnya. Tergantung pada merek dan kualitasnya, harga gitar listrik yang ori ini bervariasi, mulai dari yang murah hingga mahal.Anda sedang mencari gitar listrik? Untuk seorang pemula, memilih gitar listrik yang tepat tentu sedikit membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih gitar listrik. Kami juga memberikan sederet produk rekomendasi. Jadikanlah artikel ini sebagai panduan sebelum Anda membeli. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto.
    Musik
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Biola adalah alat musik gesek dengan suara yang cukup nyaring. Apakah Anda berminat untuk berlatih biola dari awal? Ada banyak pilihan biola untuk pemula yang dapat Anda pilih. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Semua tergantung pada kualitas kayunya.Skylark, Cremona, dan Pearl River adalah beberapa merek biola yang bagus untuk para pemula. Sebelum membeli biola, simak dahulu tips dari kami, ya. Kami akan berbagi tips memilih biola yang tepat untuk para pemula. Selain harga, masih ada poin penting yang harus Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Microphone Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microphone Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Karaoke merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Bukan hanya  di tempat hiburan atau studio musik saja, kini Anda pun dapat karaoke di rumah. Agar suara Anda terdengar makin keras dan bagus, siapkanlah microphone karaoke.Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih microphone karaoke yang bagus dari berbagai merk. Kami juga akan memberikan rekomendasi microphone karaoke mulai dari tipe wireless, Bluetooth, kabel, dan tipe kids atau anak. Microphone karaoke buatan Behringer, Sennheiser, dan SHURE pun akan Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2022)
    Selain piano, pilihan alat musik yang paling banyak diminati saat ini adalah keyboard. Alat musik ini menggabungkan model permainan piano dengan teknologi. Yamaha merupakan merek alat musik top of mind ketika Anda mencari keyboard. Anda mungkin bingung memilihnya dari segi style, fitur, dan harga.Oleh karena itu, kami akan memberikan poin-poin cara memilih keyboard Yamaha. Simak rekomendasi keyboard Yamaha yang bagus sebagai referensi Anda. Berbagai keyboard Yamaha dari seri PSR-E, PSR-SX, dan Genios juga ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh music composer kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Amplifier Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Amplifier Gitar Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Penting halnya untuk memiliki amplifier gitar jika Anda bercita-cita menjadi seorang musisi, terutama gitaris. Amplifier akan memperkuat sinyal sehingga hasil suara gitar jadi lebih baik dan lebih keras. Produknya dibutuhkan untuk memperkuat suara gitar akustik, gitar listrik, ataupun gitar bass. Amplifier gitar mini untuk penggunaan di rumah juga sudah tersedia.Kali ini kami akan memberikan tips memilih amplifier gitar terbaik untuk Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari berbagai merek yang bagus, seperti Yamaha, Marshall, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh gitaris kami, Adriano Pandapotan. Yuk, dimulai saja!
    Musik
  • 10 MIDI Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 MIDI Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Musical instrument digital interface keyboard atau MIDI keyboard atau MIDI controller berguna apabila Anda ingin memproduksi musik secara digital. Adanya MDI keyboard membantu Anda menghasilkan musik melalui PC, tablet, ataupun smartphone. Beberapa merek MIDI keyboard, antara lain, adalah Novation, Akai Professional, M-Audio, dan Yamaha.Kami akan membagikan tips memilih MIDI keyboard dan merekomendasikan beberapa produk yang bagus untuk Anda. Anda juga akan menemukan MIDI keyboard murah di bawah satu juta. Kami berkolaborasi dengan sound engineer Dennis Novriandi dalam artikel ini. Jadikan artikel ini sebagai referensi Anda saat memilih produk!
    Musik
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori