• 10 Vitamin Mata Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)  1
  • 10 Vitamin Mata Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)  2
  • 10 Vitamin Mata Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)  3
  • 10 Vitamin Mata Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)  4
  • 10 Vitamin Mata Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)  5

10 Vitamin Mata Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)

Mata merupakan organ kompleks yang membutuhkan vitamin mata dan nutrisi agar dapat berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan tambahan suplemen mata untuk memastikan mata memperoleh asupan vitamin. Di pasaran tersedia berbagai merek vitamin mata, seperti Eyevit, Blackmores, dan Sidomuncul. 


Untuk memudahkan Anda memilih, berikut ini kami berikan tips memilih vitamin mata yang bagus untuk Anda. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk vitamin mata yang bisa Anda pilih. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima. Mari simak artikel ini sampai selesai dan temukan produk terbaiknya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Prima Dimalouw
  • Pembaharuan terakhir: 15 November 2021
  • 16.752 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw
dr. Prima Dimalouw
Dokter umum
dr. Prima Dimalouw

dr. Prima adalah dokter umum lulusan Universitas Gadjah Mada 2015. Pria yang lulus dengan predikat Cum Laude ini telah berpraktik selama 6 tahun. Beliau memiliki pengalaman kerja di berbagai klinik dan rumah sakit di kota Manokwari, Papua Barat.

Saat ini, dr. Prima mengabdi sebagai dokter di garis depan dalam penanganan COVID-19. Beliau sedang mengabdi di RS Darurat Covid-19, RSUD Provinsi Papua Barat.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih vitamin mata

Pilihan produk vitamin mata yang sangat beragam mungkin membuat Anda kesulitan saat memilihnya. Oleh sebab itu, kami akan akan memberikan beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan di bawah ini. 

Sesuaikan kandungannya dengan kebutuhan Anda

Supaya tetap berfungsi baik, mata membutuhkan vitamin. Sehubungan dengan itu, ada gangguan medis pada mata yang pemulihannya dapat dibantu dengan asupan vitamin. Meskipun demikian, tidak semua masalah mata dapat teratasi dengan pemberian vitamin. Maka dari itu, Anda perlu menyesuaikan kandungan vitamin mata yang dikonsumsi dengan kebutuhan Anda. 

Lutein, untuk memperlambat rabun dekat dan membantu menyaring cahaya

Lutein, untuk memperlambat rabun dekat dan membantu menyaring cahaya

Di mata bagian belakang terdapat macula yang merupakan bagian dari retina. Meskipun kecil, tetapi bagian ini sangat berperan penting bagi penglihatan kita. Macula inilah yang menjadikan gambar dan warna yang kita lihat tampak jelas.


Rabun dekat (hipermetropia) adalah gejala yang timbul dari sebuah proses penyakit dan penyebabnya bukan hanya degenerasi macula. Rabun dekat dapat juga disebabkan oleh penuaan lensa, glaukoma, dan lain-lain. Rabun dekat membutuhkan terapi berbeda sesuai kausa sehingga perlu dikonsultasikan ke dokter agar mendapat terapi yang tepat.


Seseorang yang mengalami rabun dekat akan kesulitan melihat objek yang ada di dekatnya. Sebaliknya, objek dengan jarak relatif jauh tetap dapat terlihat jelas. Kondisi medis ini hampir pasti terjadi pada orang lanjut usia. 


Walaupun tidak dapat dihindari, prosesnya dapat Anda perlambat dengan rutin mengonsumsi vitamin mata yang mengandung luteinSelain berguna memperlambat munculnya rabun dekat, lutein juga dapat membantu menyaring cahaya yang masuk ke mata. Sebagai contoh, vitamin ini menyaring blue light dari gadget yang dapat merusak retina. 

Zeaxanthin, untuk mencegah pembentukan katarak

Zeaxanthin, untuk mencegah pembentukan katarak

Sebelumnya, kita telah membahas blue light yang mengganggu retina serta gangguan lainnya pada retina yaitu rabun dekat. Di samping retina, bagian lensa mata juga dapat mengalami gangguan. Salah satu gangguan yang umum terjadi adalah lensa mata menjadi berkabut atau disebut katarak


Meskipun katarak kerap menyerang orang lanjut usia, tetapi gangguan ini juga bisa terjadi pada usia lebih muda. Nah, jika Anda perlu mencegah atau memperlambat pembentukan katarak, konsumsilah vitamin yang mengandung zeaxanthin.


Kadar zeaxanthin yang tinggi pada lensa memiliki efek protektif terhadap light-induced damage dari sinar UV. Selain itu, zeaxanthin juga memiliki efek antioksidan yang kuat untuk melawan radikal bebas yang poten dalam proses pembentukan katarak. Efek zeaxanthin sangat prominen dalam mencegah pembentukan katarak nuklear, tetapi kurang poten pada katarak kortikal dan subskapular.

Vitamin A, untuk memelihara ketajaman penglihatan

Vitamin A, untuk memelihara ketajaman penglihatan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa vitamin A merupakan vitamin yang penting bagi mata. Vitamin yang satu ini berperan untuk melindungi kornea dan menjaga ketajaman penglihatan, terutama pada situasi minim cahaya


Penglihatan malam hari atau situasi minim cahaya dipengaruhi oleh kinerja sel batang. Sel batang merupakan salah satu sel fotoreseptor, yaitu sel pada retina yang berfungsi menangkap cahaya. Vitamin A memainkan peran penting pada sel batang. 

 
Vitamin A bertransformasi menjadi protein rhodopsin yang seterusnya menstimulasi jalur protein tertentu. Jalur protein tersebut memungkinkan Ion Na masuk ke dalam sel batang. Proses tersebut menghasilkan hiperpolarisasi yang kemudian memberikan sinyal ke otak. 


Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa secara tidak langsung vitamin A dibutuhkan supaya penglihatan Anda tetap jelas. Kekurangan vitamin A yang parah juga dapat mengakibatkan kebutaan.

Antioksidan, untuk melindungi mata dari radikal bebas

Antioksidan, untuk melindungi mata dari radikal bebas

Anda mungkin sudah familier dengan bahaya radikal bebas, tidak terkecuali untuk mata. Oleh karena itu, mata juga membutuhkan antioksidan untuk melindungi dari radikal bebas seperti bagian tubuh lainnya. Jenis antioksidan yang sangat bermanfaat bagi mata antara lain vitamin C dan vitamin B2


Kedua vitamin tersebut dapat melindungi mata dari radikal bebas. Meskipun demikian, masing-masing vitamin memiliki manfaat tambahan. Misalnya, vitamin C berperan dalam pembentukan kolagen yang membangun struktur mata, khususnya kornea dan sklera. Sementara itu, vitamin B2 turut berperan dalam mencegah pembentukan katarak.


Selain kedua vitamin tersebut, lutein dan zeaxanthin adalah antioksidan yang sangat poten untuk menjaga kesehatan mata.

Pilih berdasarkan usia pengguna

Pilih berdasarkan usia pengguna

Berbicara mengenai vitamin mata, baik orang dewasa maupun anak-anak tentu membutuhkannya. Namun, tidak semua produk vitamin mata yang beredar di pasaran sesuai untuk segala usia. Oleh sebab itu, Anda perlu memastikan kesesuaian produk vitamin mata dengan usia pengguna sebelum membelinya. Setelah itu, pastikan pula dosis penggunaannya, terutama jika Anda memberikan vitamin mata untuk anak-anak.


Berikut ini dosis-dosis yang disarankan dalam mengonsumsi beberapa vitamin mata yang mengandung kadar tertentu:


  • Dosis lutein ideal untuk pencegahan degenerasi makula adalah 20 mg/hari selama 6 bulan.
  • Dosis zeaxanthin untuk pencegahan katarak adalah lebih dari 6 mg/hari.
  • Dosis vitamin A sesuai rekomendasi WHO untuk anak umur 6–11 bulan adalah 100.000 IU. Untuk anak umur 12–59 bulan adalah 200.000 IU tiap 4–6 bulan. Tidak ada rekomendasi untuk orang dewasa karena mudah didapat dari makanan sehari-hari. Namun, untuk wanita hamil di area yang banyak mengalami rabun ayam (buta malam) yaitu 10.000 IU/hari atau 25.000 IU/minggu.

10 Rekomendasi vitamin mata terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk vitamin mata terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Prima.

10

Nature's Way Blue Light Eye Defence

Mulai dari Rp 514.000,00

Bahan kandungan Lutein, zeaxanthin
Usia penggunaDewasa
Isi60 tablet
Dosis 1 tablet per hari
9

Nature's WayKids Smart Vita Gummies Omega-3 DHA Fish Oil

Mulai dari Rp 205.000,00

Bahan kandungan Natural fish oil, DHA, EPA
Usia penggunaAnak di atas 2 tahun
Isi60 kapsul
Dosis 3 kapsul per hari
8

VitabioticsVisionace Vitamin Kesehatan Mata

Mulai dari Rp 388.000,00

Bahan kandungan Bilberry extract, vitamin A, vitamin B2, copper, selenium, dan lainnya
Usia penggunaDewasa
Isi30 tablet
Dosis 1 tablet per hari
7
Bahan kandungan Bilberry, grape seed, vitamin C, vitamin E, lutein, dan lainnya
Usia penggunaDewasa
Isi30 tablet
Dosis 1 tablet per hari
6

Kalbe FarmaBlackmores Lutein Vision

Mulai dari Rp 525.000,00

Bahan kandungan Lutein, selenium, vitamin E
Usia penggunaDewasa
Isi60 kapsul
Dosis 1 kapsul per hari
5
Bahan kandungan Bilberry, retinol, betakaroten, vitamin E, selenium, zinc
Usia penggunaDewasa, anak
Isi60 ml
Dosis Dewasa: 2–3 kali, 1 sendok teh per hari・Anak: 1 kali, 1 sendok teh per hari
4
Bahan kandungan Vitamin C, vitamin B2, bilberry, beta-carotene
Usia penggunaDewasa
Isi10 kapsul
Dosis 1 kapsul per hari
3
Bahan kandungan Lutein, zeaxanthin
Usia penggunaDewasa
Isi60 softgel
Dosis 1 softgel per hari
2
Bahan kandungan Bilberry, betacaroten, retinol, vitamin E, lutein, zeaxanthin, selenium, zinc
Usia penggunaDewasa
Isi6 tablet
Dosis 2–3 kali, 1 tablet per hari
1
Bahan kandungan Bilberry, wortel, vitamin C, vitamin B2
Usia penggunaDewasa
Isi30 kapsul
Dosis 1 kapsul per hari

Tabel perbandingan produk vitamin mata terbaik

Gambar produk
1
Sidomuncul  Bilberry Carrot  1

Sidomuncul

2
Lapi Laboratories Eyevit Tablet  1

Lapi Laboratories

3
Puritan's Pride  Lutigold Lutein 20 mg  1

Puritan's Pride

4
Indofarma Biovision  1

Indofarma

5
Lapi Laboratories Eyevit Syrup  1

Lapi Laboratories

6
Kalbe Farma Blackmores Lutein Vision  1

Kalbe Farma

7
Natural Nutrindo  Wellness Ocucare 1

Natural Nutrindo

8
Vitabiotics Visionace Vitamin Kesehatan Mata 1

Vitabiotics

9
Nature's Way Kids Smart Vita Gummies Omega-3 DHA Fish Oil 1

Nature's Way

10
Nature's Way  Blue Light Eye Defence  1

Nature's Way

Nama produk

Bilberry Carrot

Eyevit Tablet

Lutigold Lutein 20 mg

Biovision

Eyevit Syrup

Blackmores Lutein Vision

Wellness Ocucare

Visionace Vitamin Kesehatan Mata

Kids Smart Vita Gummies Omega-3 DHA Fish Oil

Blue Light Eye Defence

Keunggulan

Kebaikan alam untuk menjaga kesehatan mata Anda

Mengandung zeaxanthin, bantu mencegah pembentukan katarak

Melindungi jaringan mata dari kerusakan akibat sinar matahari

Lindungi mata Anda dari efek buruk radikal bebas

Vitamin sirup yang ampuh menjaga kesehatan mata si kecil

Perlambat munculnya rabun dekat dengan lutein

Mencegah retinopati diabetik berkat kandungan bilberry

Menjaga kesehatan mata sekaligus daya tahan tubuh Anda

Dengan DHA dan EPA, merawat kesehatan mata dan menutrisi otak

Membantu melindungi mata Anda dari blue light

Harga mulai dariRp 120.000,00Rp 35.000,00Rp 285.000,00Rp 28.900,00Rp 70.000,00Rp 525.000,00Rp 280.000,00Rp 388.000,00Rp 205.000,00Rp 514.000,00
Bahan kandungan Bilberry, wortel, vitamin C, vitamin B2Bilberry, betacaroten, retinol, vitamin E, lutein, zeaxanthin, selenium, zincLutein, zeaxanthin Vitamin C, vitamin B2, bilberry, beta-caroteneBilberry, retinol, betakaroten, vitamin E, selenium, zincLutein, selenium, vitamin EBilberry, grape seed, vitamin C, vitamin E, lutein, dan lainnya Bilberry extract, vitamin A, vitamin B2, copper, selenium, dan lainnyaNatural fish oil, DHA, EPALutein, zeaxanthin
Usia penggunaDewasaDewasaDewasaDewasaDewasa, anak DewasaDewasaDewasaAnak di atas 2 tahun Dewasa
Isi30 kapsul 6 tablet60 softgel10 kapsul 60 ml 60 kapsul 30 tablet30 tablet60 kapsul 60 tablet
Dosis 1 kapsul per hari 2–3 kali, 1 tablet per hari1 softgel per hari 1 kapsul per hari Dewasa: 2–3 kali, 1 sendok teh per hari・Anak: 1 kali, 1 sendok teh per hari 1 kapsul per hari 1 tablet per hari 1 tablet per hari 3 kapsul per hari 1 tablet per hari
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar vitamin mata

Pertanyaan umum seputar vitamin mata

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar vitamin mata. Jika Anda masih penasaran dengan vitamin mata, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah benar wortel baik untuk mata?

Benar. Wortel bagus untuk mata karena mengandung betakaroten (sebuah produk provitamin A). Namun, kandungan ini bukan sumber terbaik vitamin A. Sumber terbaik adalah dalam bentuk preformed vitamin A yang terdapat dalam hati, minyak ikan, produk sapi (susu, mentega, dan keju), dan kuning telur.


Provitamin A (seperti betakaroten) harus melalui banyak proses kimiawi dalam tubuh sebelum dapat digunakan. Dengan demikian, bioavailability-nya dalam tubuh berkurang (hanya 33–88%) dan butuh konsumsi lebih banyak untuk mencapai kadar ideal. Sementara itu, preformed vitamin A memiliki bioavailability sebesar 70–90%.

Sebenarnya, apa penyebab kerusakan mata?

Potensi kerusakan mata di era modern yang paling utama adalah pada pemakaian gadget dalam jangka panjang. Layar gadget yang menghasilkan blue light meningkatkan risiko kerusakan retina. Selain itu, nutrisi yang tidak seimbang, polusi, dan stress juga meningkatkan risiko pembentukan pro-oksidan dalam tubuh. Pro-oksidan berpotensi untuk merusak fungsi organ, termasuk mata.

Untuk anak kecil, sebaiknya baru boleh diberi vitamin dari umur berapa?

Untuk anak menyusui (< 6 bulan), vitamin A berasal dari ASI sang ibu yang kebutuhan vitamin A-nya terpenuhi. Untuk anak umur 6–11 bulan, vitamin A 100.000 IU dosis tunggal. Sementara itu, untuk anak umur 12–59 bulan, vitamin A 200.000 IU setiap 4–6 bulan.

Baca juga rekomendasi produk untuk mata lainnya di sini

Selain vitamin mata, terdapat berbagai produk untuk mata yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Bagi Anda yang membutuhkan rekomendasi produknya, berikut ini adalah link artikel yang dapat Anda baca. Langsung saja klik link di bawah ini dan temukan produk yang Anda butuhkan!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda sudah menemukan vitamin mata yang paling sesuai? Semoga Anda sudah menemukannya sebab vitamin mata diperlukan agar kesehatan mata Anda selalu terjaga. 


Pastikan Anda mempertimbangkan poin-poin cara memilih di atas sebelum membeli produk vitamin mata. Baca juga petunjuk pada kemasan untuk memastikan kesesuaian vitamin mata tersebut dengan kondisi Anda. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    Otak merupakan organ tubuh paling kompleks dengan fungsi yang vital. Otak terdiri dari miliaran sel dan jaringan yang saling terhubung. Oleh karena itu, konsumsi suplemen otak sangat disarankan bagi anak ataupun orang dewasa. Saat ini, banyak dijual berbagai merek suplemen otak yang bagus, seperti Blackmores, Wellness, Konimex, dan Appeton. Supaya Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih suplemen otak terbaik. Di bawah ini, kami telah merangkum beragam rekomendasi vitamin untuk kecerdasan otak dan vitamin penambah daya ingat. Penasaran dengan ulasan kami? Simak terus artikel berikut sampai habis, ya!
    Vitamin & suplemen
    135.373 Views
  • 10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini. 
    Vitamin & suplemen
    166.603 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, manusia juga membutuhkan kolagen untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring dengan bertambahnya usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen bila ingin kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merk suplemen collagen terbaik, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood bisa menjadi pilihan. Namun, suplemen kolagen seperti apakah yang bagus untuk Anda? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk suplemen kolagen yang akan kami ulas berikut ini.
    Vitamin & suplemen
    350.215 Views
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran, ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
    149.763 Views
  • 10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti Evolene, Optimum Nutrition, hingga VectorLabs, juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk program Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Beberapa di antaranya juga telah banyak direkomendasikan oleh fitness influencers. Jangan sampai terlewat, ya!
    Vitamin & suplemen
    141.332 Views
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Anak-anak, khususnya anak 1 tahun, sering mengalami fase susah makan sehingga membuat orang tua khawatir mengenai tumbuh kembangnya. Namun, terlalu memaksakan anak untuk makan juga berisiko membuatnya makin enggan makan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin untuk anak yang susah makan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Scott's Emulsion, Fitkom, Blackmores, dan lainnya. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Vitamin & suplemen
    77.957 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Royal Jelly Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Royal Jelly Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Royal jelly adalah makanan langka yang dihasilkan oleh madu dan dikhususkan untuk ratu lebah. Royal jelly ini memiliki banyak nutrisi dan baik untuk kesehatan manusia. Berlimpahnya khasiat dari royal jelly membuatnya sering dijadikan suplemen. Ada yang berbentuk cair maupun seperti kapsul.Suplemen royal jelly dengan merek seperti HDI Origins™, Manuka Health, dan Puritan’s Pride banyak dijual di pasaran. Jika Anda bingung saat memilihnya, tenang saja! Kali ini, selain membahas khasiatnya, kami akan membahas tips memilih produk royal jelly yang tepat. Kami juga akan merekomendasikan produk terbaik untuk Anda. Selamat membaca!
    Vitamin & suplemen
    13.281 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori