• 10 Rekomendasi Lada Hitam Terbaik  (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Lada Hitam Terbaik  (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Lada Hitam Terbaik  (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Lada Hitam Terbaik  (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Lada Hitam Terbaik  (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Lada Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Masakan Indonesia terkenal kaya akan rempah-rempah. Salah satu rempah yang sering dipakai dalam memasak adalah lada hitam. Lada hitam memiliki rasa yang hangat, sedikit pahit, dan pedas. Saat ini, lada hitam bisa diperoleh dengan mudah di toko, supermarket terdekat, maupun di e-commerce


Anda bisa memilih lada hitam berdasarkan bentuk dan kemasannya. Kali ini, kami telah menyediakan ulasan cara memilih lada hitam yang tepat. Tidak lupa kami juga menyediakan referensi lada hitam dari merek Lemonilo, RASA, Jay's, dan yang lainnya. Simak ulasan lengkapnya berikut ini, yuk!

  • Pembaharuan terakhir: 19 Oktober 2021
Daftar isi

Apa perbedaan lada hitam dengan lada putih?

Apa perbedaan lada hitam dengan lada putih?

Lada hitam dan lada putih merupakan rempah yang umum digunakan pada masakan Indonesia. Baik lada hitam maupun putih, keduanya dipetik dari pohon yang sama. Lalu, apa perbedaan lada hitam dan lada putih?


Perbedaan pertama, terletak pada proses pengolahannya. Lada hitam diolah dari lada hitam yang belum benar-benar matang. Dibandingkan dengan lada putih, lada hitam memiliki rasa pedas yang lebih kuat. Selain itu, lada hitam juga punya aroma yang lebih tajam.


Lada hitam sering dijumpai pada masakan ala barat, sedangkan lada putih banyak ditambahkan pada masakan Asia. Dari tingkat keawetan, lada hitam lebih tahan lama dan tidak mudah menguap aromanya jika dibandingkan dengan lada putih. Hal ini dikarenakan cara pengolahan lada hitam yang lebih sederhana daripada lada putih yang telah melewati banyak proses.

Cara memilih lada hitam

Setelah memahami perbedaan lada hitam dan lada putih, mari beranjak ke cara memilih lada hitam yang tepat. Yuk, simak tips kami sampai habis.

Pilih berdasarkan jenisnya

Lada hitam yang beredar di pasaran tersedia dalam dua jenis, yaitu butir dan bubuk. Baca ulasan berikut ini untuk mengetahui kelebihan tiap-tiap jenis!

Lada hitam butir, rasa dan aroma lebih kuat

Lada hitam butir, rasa dan aroma lebih kuat

Lada hitam yang baik memiliki tekstur yang keriput dan kasar. Tekstur ini diperoleh dari proses pengeringan yang sempurna. Saat memilih lada hitam kemasan, hindari memilih lada hitam yang banyak remah-remahnya, ya.


Remah-remah ini menandakan lada hitam yang sudah disimpan terlalu lama sehingga kulit arinya menjadi debu. Lada hitam yang terlalu lama disimpan ini biasanya sudah tidak segar dan berbau apek.


Selain itu, perhatikan juga warna lada hitam tersebut. Lada hitam segar memiliki warna hitam yang segar pula. Hindari memilih lada hitam yang warnanya keabu-abuan dan pudar.

Lada hitam bubuk, mudah dibubuhkan ke berbagai masakan

Lada hitam bubuk, mudah dibubuhkan ke berbagai masakan

Memilih lada hitam bubuk juga tidak jauh berbeda dari lada hitam butir. Anda bisa memperhatikan dari segi warna serta aroma lada hitam tersebut. Dari segi warna, pilih lada hitam bubuk yang berwarna hitam segar dan bukanlah abu-abu pudar. Dari sisi aromanya, pilihlah lada bubuk dengan aroma yang masih kuat dan tercium segar. 


Keunggulan dari lada hitam bubuk adalah kepraktisannya dibubuhkan pada berbagai masakan. Karena berbentuk bubuk, Anda tidak perlu repot-repot menggerus lada hitam jenis ini agar tercampur sempurna ke dalam masakan Anda. 

Utamakan yang tanpa pengawet dan bahan tambahan

Utamakan yang tanpa pengawet dan bahan tambahan

Selanjutnya, pastikan Anda memilih lada hitam kemasan yang bebas dari pengawet dan bahan tambahan lainnya. Luangkan waktu untuk mencermati label informasi pada kemasan lada hitam yang Anda pilih. 


Bahan pengawet berfungsi untuk mencegah tumbuhnya mikroorganisme penyebab makanan mudah busuk. Namun, tidak semua bahan pengawet aman bagi tubuh. Agar lebih aman, pilihlah lada hitam tanpa tambahan pengawet, ya.

Pilih kemasan sesuai kebutuhan

Setiap bumbu masakan memiliki masa simpan yang berbeda-beda. Ada baiknya, Anda menyesuaikan kebutuhan Anda dahulu sebelum membeli bumbu dapur, ya. Di bawah ini, kami punya pilihan kemasan lada hitam untuk Anda.

Kemasan saset, harga ekonomis untuk sekali masak

Kemasan saset, harga ekonomis untuk sekali masak

Kemasan saset adalah kemasan paling kecil dan praktis. Kemasan saset ideal untuk kebutuhan sekali masak. Dengan kemasan saset, Anda tidak perlu menyimpan lada hitam terlalu banyak di dapur.


Kemasan sekali pakai ini juga bisa menjaga kesegaran rasa lada hitam. Dengan begitu, kualitas rasa masakannya Anda tetap terjaga.

Pepper grinder, kemasan praktis untuk menggiling lada segar

Pepper grinder, kemasan praktis untuk menggiling lada segar

Beberapa menu masakan lebih cocok dengan sajian lada hitam yang bertekstur kasar. Sebut saja, seperti burger, steak, atau tumisan daging yang tersaji dengan taburan lada hitam kasar di atasnya.


Lada hitam yang disimpan dan digiling dengan pepper grinder memang punya tekstur yang kasar. Namun, lada hitam yang digerus mendadak ini punya rasa dan aroma yang lebih fresh, lho.

Botol, mudah disimpan dan menuang lada bubuk

Botol, mudah disimpan dan menuang lada bubuk

Kemasan yang umum ditemui pada lada hitam adalah kemasan botol. Umumnya kemasan ini dilengkapi dengan sekat berlubang di bagian dalam.


Kemasan seperti ini memudahkan Anda untuk menyimpan lada hitam dalam jumlah yang cukup banyak. Keberadaan sekat berlubangnya akan memudahkan Anda dalam menuangkan lada hitam. Ditambah lagi, apabila wadahnya tidak sengaja terjatuh, lada hitam tidak akan tumpah berlebihan.

Kenali merek rempah tepercaya

Kenali merek rempah tepercaya

Lada hitam berkualitas juga bisa Anda cermati dari mereknya. Merek bumbu ternama umumnya mencantumkan informasi bahan baku, nilai gizi, saran penyajian, dan nomor registrasi produk. 


Pengemasan dari lada hitam merek ternama umumnya sangat aman sehingga kualitasnya terjaga dengan baik. Selain itu, produk dari merek ternama juga dapat dijumpai dengan mudah di toko maupun supermarket besar. 

Pastikan sudah memiliki izin edar

Pastikan sudah memiliki izin edar

Penting bagi Anda mengecek dua hal ini. Adanya nomor izin edar menjamin bahwa produk Anda telah terdaftar dan aman untuk dikonsumsi.


Untuk produk yang telah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Anda dapat mengeceknya pada kemasan produk. Untuk Anda yang concern dengan kehalalan suatu produk, pastikan Anda menemukan label halal pada produk pilihan Anda. Biasanya, label halal terletak pada bagian bawah tabel informasi nilai gizi.

Selain informasi gizi dan izin edar, cermati pula tanggal kedaluwarsa yang tertera. Meskipun lada hitam merupakan rempah kering, setiap produsen tetap memberikan tanggal kedaluwarsa untuk menjamin kualitas produk mereka. Umumnya, tanggal kedaluwarsa terletak pada bagian bawah botol, tutup, atau di dekat tabel informasi. 

10 Rekomendasi lada hitam terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lada hitam terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10

Global Muda TridharmaFarjava Black Pepper Whole

Mulai dari Rp 62.400,00

TipeLada hitam butir
Berat60 g
KemasanBotol kaca
Umur simpan3 Bulan
Sertifikasi100% Lada hitam, halal MUI, dan berizin PIRT
9

Java SpicesBlack Pepper Whole

Mulai dari Rp 33.810,00

TipeLada hitam butir
Berat58 g
KemasanBotol plastik
Umur simpan8 Bulan
Sertifikasi100% Natural dan berizin PIRT
8
TipeLada hitam bubuk
Berat55 g
KemasanBotol plastik
Umur simpan20 Bulan
Sertifikasi100% Lada murni dan halal
7
TipeLada hitam bubuk
Berat50 g
KemasanBotol plastik
Umur simpan7 Bulan
Sertifikasi100% Lada hitam, halal MUI, dan berasal dari petani lokal
6
TipeLada hitam butir
Berat100 g
KemasanBotol plastik
Umur simpan12 Bulan
Sertifikasi100% Lada hitam organik
5
TipeLada hitam bubuk
Berat50 g
KemasanBotol plastik
Umur simpan7 Bulan
Sertifikasi100% Organik, nonMSG, nonpengawet, nonpewarna buatan, berizin PIRT, dan halal MUI
4

East Java & Co Organic Whole Black Pepper Mill

F-EJ-146

Mulai dari Rp 45.600,00

TipeLada hitam butir
Berat46 gr
KemasanBotol grinder
Umur simpan4 Tahun
Sertifikasi100% Natural, organik USDA, EU, JAS, dan vegetarian
3

Rasa Rempah Nusantara Table Ground Black Pepper

Mulai dari Rp 24.100,00

TipeLada hitam remah
Berat55 g
KemasanBotol plastik
Umur simpan18 Bulan
SertifikasiBerizin BPOM
2
TipeLada hitam rempah
Berat60 g
KemasanBotol plastik
Umur simpan24 Bulan
SertifikasiNatural, halal, dan non-MSG
1

POHON MANGGABubuk Lada Hitam Cap Pohon Mangga

Mulai dari Rp 12.000,00

TipeLada hitam bubuk
Berat6 g × 6 pcs
KemasanSaset
Umur simpan6 Bulan
SertifikasiHalal

Tabel perbandingan produk lada hitam terbaik

Gambar produk
1
POHON MANGGA Bubuk Lada Hitam Cap Pohon Mangga 1

POHON MANGGA

2
Jay's Kitchen Crushed Black Pepper 1

Jay's Kitchen

3
Rasa Rempah Nusantara  Table Ground Black Pepper 1

Rasa Rempah Nusantara

4
 East Java & Co  Organic Whole Black Pepper Mill 1

East Java & Co

5
Organic Center Black Pepper 1

Organic Center

6
Lingkar Organik Lada Hitam 1

Lingkar Organik

7
Lemonilo Rempah Bubuk Lada Hitam 1

Lemonilo

8
Bumbu Kitchen Black Pepper Powder 1

Bumbu Kitchen

9
Java Spices Black Pepper Whole 1

Java Spices

10
Global Muda Tridharma Farjava Black Pepper Whole 1

Global Muda Tridharma

Nama produk

Bubuk Lada Hitam Cap Pohon Mangga

Crushed Black Pepper

Table Ground Black Pepper

Organic Whole Black Pepper Mill

Black Pepper

Lada Hitam

Rempah Bubuk Lada Hitam

Black Pepper Powder

Black Pepper Whole

Farjava Black Pepper Whole

Keunggulan

Stok bumbu dapur tetap fresh berkat kemasan saset berukuran kecil

Lada hitam remah siap untuk taburan

Aroma yang kuat untuk segala masakan Anda

Kemasan grinder yang praktis dan masa simpan ekstra lama

Hati tenang berkat jaminan produk yang aman

Hidup yang lebih baik dengan bumbu organik

Hasil panen lada hitam petani lokal

Lebih hemat karena masa simpan yang lebih lama

Lada hitam butir dengan kemasan lebih kecil

Kualitas kesegaran yang terjaga berkat kemasan kaca

Harga mulai dariRp 12.000,00Rp 29.900,00Rp 24.100,00Rp 45.600,00Rp 20.000,00Rp 52.500,00Rp 20.000,00Rp 21.000,00Rp 33.810,00Rp 62.400,00
TipeLada hitam bubukLada hitam rempahLada hitam remahLada hitam butirLada hitam bubukLada hitam butirLada hitam bubukLada hitam bubukLada hitam butirLada hitam butir
Berat6 g × 6 pcs60 g55 g46 gr50 g100 g50 g55 g58 g60 g
KemasanSasetBotol plastikBotol plastikBotol grinderBotol plastikBotol plastikBotol plastikBotol plastikBotol plastikBotol kaca
Umur simpan6 Bulan24 Bulan18 Bulan4 Tahun7 Bulan12 Bulan7 Bulan20 Bulan8 Bulan3 Bulan
SertifikasiHalalNatural, halal, dan non-MSGBerizin BPOM100% Natural, organik USDA, EU, JAS, dan vegetarian100% Organik, nonMSG, nonpengawet, nonpewarna buatan, berizin PIRT, dan halal MUI100% Lada hitam organik100% Lada hitam, halal MUI, dan berasal dari petani lokal100% Lada murni dan halal100% Natural dan berizin PIRT100% Lada hitam, halal MUI, dan berizin PIRT
Tautan produk

Tips menyimpan lada hitam agar awet

Tips menyimpan lada hitam agar awet

Bumbu dapur harus disimpan dengan tepat agar kualitasnya terjaga. Penyimpanan lada hitam yang kurang baik dapat mengubah rasa dan aromanya. Kami punya beberapa tips menyimpan lada hitam yang tepat.


Lada hitam yang fresh punya rasa yang baik dan aroma yang tajam. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak menyimpan lada hitam terlalu lama. Anda dapat membeli lada hitam sesuai kebutuhan memasak saja.


Untuk mencegah penggumpalan, simpanlah lada bubuk dalam wadah yang tertutup rapat. Tempatkan wadah tersebut pada area yang kering dan terhindar dari sinar matahari. 


Akan lebih baik jika Anda menyimpan lada hitam pada stoples kaca. Hal ini dikarenakan, zat kimia pada wadah plastik rawan terurai pada suhu panas. Zat yang terurai ini dikhawatirkan akan memengaruhi kualitas dari lada hitam itu sendiri.

Baca juga rekomendasi produk bumbu dapur lainnya di sini!

Selain lada hitam, kami juga punya ulasan bumbu dapur menarik lainnya. Apa saja bumbu dapur yang bisa Anda coba? Klik link di bawah ini, yuk!

Kesimpulan

Menambahkan lada hitam pada masakan tidak hanya membuat cita rasa masakan menjadi lebih sedap. Lada hitam juga memiliki manfaat untuk kesehatan, lho.


Saat ini, lada hitam tersedia dalam berbagai pilihan merek dengan keunggulan masing-masing. Untuk memilih lada hitam terbaik, silakan gunakan referensi dari kami. Mari temukan produk terbaik bersama kami!

Artikel terkait

  • 6 Rekomendasi Saus Tabasco Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    6 Rekomendasi Saus Tabasco Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tabasco adalah bumbu yang sering digunakan untuk menambahkan rasa pedas pada piza, pasta, atau olahan makanan lainnya. Jika Anda pergi ke restoran, biasanya saus Tabasco memiliki kemasan botol berwarna merah atau hijau. Selain kemasan botol, saus Tabasco memiliki variasi rasa, mulai dari yang pedas hingga tidak terlalu pedas.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan mengulas enam varian saus Tabasco yang dapat Anda pilih. Yuk, simak sampai akhir untuk menemukan varian saus Tabasco untuk menambah cita rasa santapan Anda sehari-hari. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gula sering digunakan dalam masakan, camilan, teh, dan kopi sebagai penambah rasa manis. Meskipun akhir-akhir ini banyak ditemukan pemanis tanpa kalori, hanya gula yang bisa memberikan rasa manis yang kuat. Anda mungkin sering melihat berbagai jenis gula, seperti gula pasir, gula merah, gula rendah kalori, dan lain-lain.Pada artikel ini, kami akan membantu Anda dalam menemukan produk gula yang bagus. Kami tidak hanya memberitahu cara memilihnya, tetapi juga merekomendasikan produk dari berbagai merk, seperti Tropicana Slim, GULAKU, ataupun Ricoman. Temukan gula dengan rasa dan karakteristik yang cocok dengan selera Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Kentang Terbaik  - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Tepung Kentang Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021)
    Penggunaan tepung kentang dapat memberikan tekstur crunchy pada makanan yang digoreng. Selain itu, tepung kentang banyak dipakai untuk aneka masakan Jepang, China, dan Western food. Namun, karena tepung kentang pada umumnya sama-sama berwarna putih, banyak orang yang mengalami kesulitan untuk memilihnya.Pada artikel ini, kami akan membantu Anda memilih tepung kentang yang bagus. Anda juga akan mendapat rekomendasi tepung kentang terbaik, seperti merek tepung kentang Knorr, Lentera Naga, Mr. Food, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Yuk, disimak sampai selesai!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Saus Lada Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Saus Lada Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak orang yang menyukai makanan dengan sensasi pedas khas lada hitam. Pada beragam masakan, Anda bisa memberikan sentuhan cita rasa tersebut dengan menggunakan saus lada hitam. Anda akan menemukan beragam saus lada hitam yang berbeda volume, kandungan, dan sebagainya di pasaran.Menemukan saus lada hitam sesuai selera akan lebih mudah dilakukan bila Anda mengetahui cara memilihnya. Anda bisa membaca tips cara memilih dan rekomendasi saus lada hitam terbaik pada pembahasan kali ini. Pilih saus lada hitam enak keluaran Asian Organics, Pronas, Saori, dan sebagainya di artikel ini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Bumbu Rawon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bumbu Rawon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Rawon adalah makanan khas Jawa Timur, tepatnya Surabaya dan Malang, yang menggunakan keluak sebagai bumbu utamanya. Secara sederhana, rawon disebut sebagai sup sapi karena menggunakan daging sapi dalam pembuatannya. Akan tetapi, saat ini ada juga yang menggunakan daging ayam sebagai alternatif. Untuk mempermudah pembuatan rawon, saat ini sudah banyak tersedia bumbu rawon instan. Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih bumbu rawon sekaligus merekomendasikan produk terbaik. Beberapa di antaranya adalah bumbu rawon merek Bamboe, Indofood, dan Bango. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Bumbu Ayam Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Bumbu Ayam Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ayam adalah menu masakan yang tidak pernah salah disajikan karena kebanyakan orang pasti menyukainya. Namun, menyiapkan ayam dengan berbagai jenis sajian pasti akan merepotkan. Anda membutuhkan bermacam jenis bumbu supaya masakan lebih sempurna. Kini ada bumbu ayam instan yang akan mempermudah Anda menyiapkan berbagai jenis masakan olahan ayam. Untuk Anda yang mencari bumbu instan ayam goreng, ayam bakar, atau ayam ungkep, kami telah mengulasnya. Merek-merek, seperti Indofood, Kobe, dan Bamboe, semua menyediakan bumbu ayam instan yang enak. Jangan lupa, cek juga informasi tambahan dari cooking influencer kami, Inov Pelawi!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Garam Masala Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Garam Masala Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Garam masala merupakan racikan rempah yang mampu melezatkan dan mengharumkan berbagai hidangan khas India. Aromanya yang kuat, serta cita rasanya yang pekat membuat bumbu ini kian digemari masyarakat Indonesia. Terlebih, sekarang sudah banyak garam masala siap pakai yang lebih praktis. Banyaknya produk garam masala terkadang membuat Anda susah dalam memilih.Untuk itu, kali ini kami akan memberikan tips memilih garam masala yang tepat untuk Anda. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produk garam masala yang bagus, seperti merk MDH, Everest Spices, dan Cairo Food. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Tepung Bakso Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tepung Bakso Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menyantap bakso kuah yang hangat atau bakso goreng yang renyah pasti jadi kenikmatan tersendiri. Jika Anda tiba-tiba ingin menikmati bakso Kota Cak Man atau bakso Solo Samrat, Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar rumah. Berkat tepung bakso, Anda bisa membuat bakso kenyal sendiri di rumah.Saat ini banyak merek tepung bakso yang dijual di pasaran. Anda akan menemukan tepung bakso MamaSuka, tepung bakso goreng Sasa, hingga tepung bakso Raja Sapi. Tidak perlu bingung memilihnya karena kami akan mengulasnya. Di akhir artikel, bacalah juga tips membuat bakso yang kenyal dan enak.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Bumbu Tomyam Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Bumbu Tomyam Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tom yam adalah sup khas Thailand yang memiliki kekhasan rasa asam, manis, dan segar. Biasanya, tom yam berisi seafood, ikan, ayam, dan sayuran. Rasa tom yam yang lezat membuatnya disukai banyak orang dari berbagai negara. Dengan banyaknya pilihan bumbu instan, kini Anda bisa membuat tom yam sendiri di rumah tanpa perlu jauh-jauh ke Thailand.Kali ini, kami akan membahas rekomendasi bumbu tom yam instan dari berbagai merek, seperti Bamboe, Munik, dan Perencah. Semuanya enak dan menarik untuk dicoba! Yuk, gunakan bumbu pilihan kami untuk membuat tom yam rumahan sendiri.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Ketumbar Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Ketumbar Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ketumbar adalah salah satu rempah yang dapat memperkaya rasa dan aroma masakan. Rempah ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mampu meningkatkan imunitas tubuh. Kini telah banyak beredar produk ketumbar dalam bentuk bubuk di pasaran, seperti merek Desaku, Koepoe Koepoe, hingga Lemonilo.Namun, manakah yang terbaik? Untuk mencegah kebingungan, kali ini kami akan menjelaskan tips memilih ketumbar bubuk yang bagus. Kami juga akan memberi sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda beli di toko dan e-commerce. Selain harga, kemasannya pun bervariasi, mulai dari sachet, botol, hingga plastik 1 kg. Yuk, dimulai!
    Bumbu & bahan masakan
  • Artikel populer

  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar bolu, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, salted butter dan unsalted butter.Kali ini kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Simak terus artikel ini dan temukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?   Artikel kali ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik yang dijual di pasaran. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Produk seperti kaldu non MSG Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, simak sampai tuntas, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Minyak Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Minyak Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Terlihat dari namanya, jelas bahwa minyak jagung merupakan jenis minyak yang diperoleh dari ekstrak biji jagung. Jenis minyak yang satu ini banyak dipilih karena dianggap lebih sehat dan banyak manfaat. Misalnya, untuk meningkatkan kesehatan kulit dan membantu menjaga kesehatan jantung.Di pasaran ada berbagai merek minyak jagung yang bagus, seperti Tropicana Slim, Mazola, dan Golden Bridge. Kira-kira produk mana yang sebaiknya Anda pilih? Untuk memudahkan Anda dalam memilih produk minyak jagung terbaik, simak tips memilih serta rekomendasi produk berikut ini.
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori