• 10 Merk Garam Himalaya Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Merk Garam Himalaya Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Merk Garam Himalaya Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Merk Garam Himalaya Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Merk Garam Himalaya Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Merk Garam Himalaya Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Saat ini keberadaan garam Himalaya makin digemari oleh berbagai kalangan. Banyak orang beralih ke garam Himalaya karena manfaat kesehatan yang ditawarkan. Garam ini diyakini baik untuk diet dan masalah asam lambung. Jenis garam Himalaya yang beredar di pasaran pun cukup beragam. Ada yang butirannya halus, ada yang kasar.


Banyaknya pilihan seperti itu mungkin akan sangat membingungkan. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih garam Himalaya. Tentu kami juga akan memberi sepuluh rekomendasi garam Himalaya terbaik, seperti merek Ibnu Sina, Cairo Food, dan lainnya. Yuk, kita mulai!

  • Pembaharuan terakhir: 12 September 2021
Daftar isi

Manfaat garam Himalaya

Manfaat garam Himalaya

Garam Himalaya berasal dari area penambangan garam terbesar kedua di dunia yang lokasinya di Khewra Salt Mine, Pakistan. Garam ini disebut sebagai salah satu garam paling murni di dunia. Lokasi penambangan yang terkubur selama ribuan tahun di kaki pegunungan menjadikan garam Himalaya terlindungi dari polusi lingkungan


Garam Himalaya juga tidak melewati banyak proses pengolahan sehingga warna dan kandungan mineral di dalamnya terjaga tetap alami. Hal ini tentu sangat berbeda dengan garam biasa yang telah mengalami proses pengolahan yang panjang.


Ciri khas dari garam Himalaya adalah warna pink yang didapat dari tingginya kandungan zat besi dan mineral. Tidak heran, selain tampilannya menarik, garam Himalaya dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.


Salah satu manfaat garam Himalaya adalah dapat membantu mengatasi masalah asam lambung. Selain itu, kandungan natrium yang lebih rendah membuat garam Himalaya mampu mengontrol tekanan darah


Tidak hanya sampai di situ, garam Himalaya dapat membantu menurunkan lemak dalam tubuh. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalani diet. Namun, Anda tetap tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan, ya.


Garam Himalaya juga mengandung antimikroba sehingga efektif untuk meningkatkan sistem imun dan melawan infeksi pada tubuh. Jika Anda menggunakannya untuk mandi, sifat antimikroba ini dapat mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri pada kulit.


Dengan segudang manfaat yang dimiliki, kira-kira garam Himalaya seperti apa yang cocok untuk Anda? Mari ikuti terus artikel ini.

Cara memilih garam Himalaya

Jika dilihat hanya sekilas, semua garam Himalaya mungkin tampak sama. Namun, bila diperhatikan secara saksama, terdapat perbedaan pada masing-masing produk. Untuk menghindari kekecewaan saat membeli garam Himalaya, sebaiknya Anda memahami tiga poin penting dalam memilihnya. Mari disimak!

Perhatikan jenis butirannya, lalu pilih yang sesuai kebutuhan

Secara umum, ada dua jenis butiran garam Himalaya yang dijual di pasaran. Anda bisa dengan mudah menemukan garam Himalaya, baik yang butirannya halus maupun kasar. Tiap-tiap jenis butiran memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Berikut akan kami jelaskan dengan lebih terperinci.

Butiran kasar: Paling pas untuk perawatan kecantikan

Butiran kasar: Paling pas untuk perawatan kecantikan

Bisa dibilang garam Himalaya dengan butiran kasar merupakan jenis garam yang serbaguna. Selain menambah rasa masakan, garam Himalaya dengan jenis butiran seperti ini dapat digunakan untuk perawatan kecantikan. Anda dapat menggunakannya untuk berendam, sebagai scrub, hingga memberi pijatan pada telapak kaki. Teksturnya yang tidak merata akan memberi sensasi relaksasi saat menyentuh kulit.


Meski tampak sempurna, bukan berarti garam Himalaya dengan butiran kasar tidak memiliki kelemahan. Ukuran butiran yang besar membuat garam Himalaya ini lebih sulit larut saat digunakan untuk memasak. Anda bahkan harus memiliki grinder agar dapat menghasilkan tekstur garam yang halus. 


Apabila ingin langsung menggunakannya, Anda akan kesulitan menakar jumlah garam yang dibutuhkan. Anda tentu tidak ingin hidangan yang disajikan terlalu asin, bukan? Jadi, silakan pertimbangkan mengenai hal ini.

Butiran halus: Mudah digunakan dan disimpan

Butiran halus: Mudah digunakan dan disimpan

Garam Himalaya dengan jenis butiran yang halus tampak seperti garam dapur pada umumnya. Jadi, Anda tidak akan merasa kesulitan menentukan takaran pemakaian jika hendak menaburkannya pada masakan. Saat digunakan, garam Himalaya dengan butiran halus juga lebih cepat larut


Di samping itu, garam Himalaya dengan tekstur halus seperti ini lebih mudah disimpan. Apabila Anda membeli garam Himalaya dalam kemasan isi ulang, Anda tak perlu khawatir kemasannya rusak akibat tekstur garam.

Cari informasi mengenai kandungan mineralnya

Cari informasi mengenai kandungan mineralnya

Pada dasarnya, semua garam Himalaya memiliki kandungan mineral dan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan garam biasa. Namun ternyata, kandungan mineral dan zat besi di setiap produk garam Himalaya tidaklah sama. Ada garam Himalaya yang memiliki lebih banyak kandungan mineral dan zat besi, ada pula yang lebih sedikit. Hal ini sangat bergantung pada produsennya.


Akan tetapi, tidak mudah untuk mengetahui secara pasti mengenai kandungan mineral di garam Himalaya. Anda hanya bisa mengetahui dengan cara membaca informasi yang diberikan oleh produsen. Umumnya, produsen menuliskan keterangan tentang hal ini di website resmi atau e-commerce. Sayangnya, tidak banyak produsen garam Himalaya yang mencantumkan keterangan seperti ini.

Pilih berdasarkan kemasannya

Kemasan garam Himalaya penting untuk menjadi pertimbangan karena berkaitan dengan kemudahan penggunaan dan penyimpanan. Saat menggunakan garam Himalaya, tentu Anda tidak berencana menghabiskannya sekaligus, bukan? Agar Anda tidak salah pilih, perhatikan baik-baik poin ini, ya.

Kemasan plastik: Tidak membutuhkan banyak ruang penyimpanan

Kemasan plastik: Tidak membutuhkan banyak ruang penyimpanan

Jika Anda membutuhkan garam Himalaya dalam jumlah besar, kami sarankan untuk memilih kemasan plastik. Biasanya, garam Himalaya dalam kemasan plastik memiliki isi lebih banyak dan ukuran yang lebih beragam. Anda juga bisa memilih ukuran produk yang sesuai kebutuhan sehingga tak perlu berulang kali membeli garam Himalaya. 


Selain itu, garam Himalaya dalam kemasan plastik lebih mudah disimpan karena tidak memakan banyak tempat. Namun, Anda harus selalu memastikan bahwa kemasan plastiknya tidak berlubang. Ingat juga untuk selalu menutupnya dengan rapat setelah menggunakannya. Hal tersebut bertujuan agar udara tidak masuk dan merusak kualitas garam Himalaya.

Kemasan botol: Lebih rapi dan tahan lama

Kemasan botol: Lebih rapi dan tahan lama

Keunggulan dari garam Himalaya dengan kemasan botol adalah kualitasnya lebih terjaga. Anda hanya perlu menutup rapat tutup botolnya agar garam tidak terekspos udara luar. Tampilan kemasan botol juga tampak lebih rapi saat diletakkan di meja makan atau dapur. Selain itu, penggunaan botol sebagai tempat penyimpanan dapat mencegah kebocoran yang sering terjadi pada kemasan plastik.

10 Rekomendasi garam Himalaya terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk garam Himalaya terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10

Cairo FoodGaram Himalaya Pink

Mulai dari Rp 12.000,00

Jenis butiranKasar
KemasanPlastik
Isi100 g, 1 kg
9

Uncle Ram'sHimalayan Rock Salt Grinder

Mulai dari Rp 80.000,00

Jenis butiranKasar
KemasanBotol
Isi110 g
8
Jenis butiranHalus
KemasanPlastik
Isi250 g, 500 g
7

Nature QuestHimalayan Rock Salt Coarse

Mulai dari Rp 45.000,00

Jenis butiranKasar
KemasanPlastik
Isi500 g
6

Industri Jamu BorobudurFootis Food Salt Pink

Mulai dari Rp 40.000,00

Jenis butiranKasar
KemasanPlastik, botol
Isi300 g, 500 g, 1 kg
5
Jenis butiranHalus
KemasanBotol
Isi120 g, 250 g
4
Jenis butiranHalus
KemasanPlastik
Isi200 g
3
Jenis butiranHalus
KemasanBotol
Isi110 g, 320 g
2
Jenis butiranHalus
KemasanPlastik
Isi500 g
1
Jenis butiranHalus
KemasanPlastik
Isi500 g, 1 kg

Tabel perbandingan produk garam Himalaya terbaik

Gambar produk
1
Ibnu Sina Garam Himalaya 1

Ibnu Sina

2
CED Natural Himalayan Pink Rock Salt 1

CED

3
Beorganik Himalayan Salt 1

Beorganik

4
MHS Garam Himalayan 1

MHS

5
Sanfood Himalayan Pink Salt 1

Sanfood

6
Industri Jamu Borobudur Footis Food Salt Pink 1

Industri Jamu Borobudur

7
Nature Quest Himalayan Rock Salt Coarse 1

Nature Quest

8
Pura Himalayan Salt 1

Pura

9
Uncle Ram's Himalayan Rock Salt Grinder 1

Uncle Ram's

10
Cairo Food Garam Himalaya Pink 1

Cairo Food

Nama produk

Garam Himalaya

Natural Himalayan Pink Rock Salt

Himalayan Salt

Garam Himalayan

Himalayan Pink Salt

Footis Food Salt Pink

Himalayan Rock Salt Coarse

Himalayan Salt

Himalayan Rock Salt Grinder

Garam Himalaya Pink

Keunggulan

Tingkatkan kesehatan saluran pernapasan

Siap mendukung usaha kuliner Anda

Botol uniknya akan mempercantik ruangan

Kado kesehatan untuk orang terdekat

Penambah rasa dan gizi pada makanan si kecil

Angkat rasa lelah setelah bekerja seharian

Hasilkan pijatan maksimal dengan butiran besar

Kandungan mineral tertinggi untuk kualitas terbaik

Paling praktis disajikan di mana pun

Berkat kemasan kecilnya, Anda tak perlu ragu untuk mencoba

Harga mulai dariRp 90.000,00Rp 20.000,00Rp 13.000,00Rp 32.500,00Rp 23.600,00Rp 40.000,00Rp 45.000,00Rp 95.000,00Rp 80.000,00Rp 12.000,00
Jenis butiranHalusHalusHalusHalusHalusKasarKasarHalusKasarKasar
KemasanPlastikPlastikBotolPlastikBotolPlastik, botolPlastikPlastikBotolPlastik
Isi500 g, 1 kg500 g110 g, 320 g200 g120 g, 250 g300 g, 500 g, 1 kg500 g250 g, 500 g110 g100 g, 1 kg
Tautan produk

Baca juga rekomendasi bumbu dapur lainnya di sini

Tidak hanya garam Himalaya. Anda juga membutuhkan bumbu dapur lain, seperti gula, bubuk cabai, kayu manis, dan garlic powder. Dengan bumbu-bumbu tersebut, Anda bisa menciptakan rasa masakan yang lezat. Apabila Anda ingin membaca lebih banyak informasi tentang bumbu dapur lainnya, silakan cek artikel kami di bawah ini.

Kesimpulan

Garam Himalaya memiliki kandungan mineral dan zat besi yang tinggi. Hal ini tentu memberi pengaruh baik pada tubuh saat dikonsumsi. Oleh karena itu, tidak heran jika kini masyarakat mulai beralih ke garam Himalaya. Ditambah, warnanya juga sangat menarik. 


Semoga setelah membaca artikel ini Anda jadi makin paham tentang cara memilih garam Himalaya yang tepat. Mari dapatkan tubuh yang lebih sehat dengan mengonsumsi garam Himalaya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar bolu, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, salted butter dan unsalted butter.Kali ini kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Simak terus artikel ini dan temukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?   Artikel kali ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik yang dijual di pasaran. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Produk seperti kaldu non MSG Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, simak sampai tuntas, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Quinoa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Quinoa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan membuat banyak orang berusaha mengurangi konsumsi nasi. Salah satu bahan makanan yang layak untuk dipertimbangkan sebagai pengganti nasi adalah quinoa. Quinoa merupakan superfood berbentuk biji-bijian yang kaya nutrisi. Kalorinya pun lebih rendah daripada nasi. Tekstur quinoa yang unik bahkan membuatnya cocok digunakan sebagai campuran salad.Jika Anda kurang mengenal quinoa, jangan khawatir! Kali ini kami akan membahas manfaatnya sekaligus memberi tips memilih quinoa yang bagus. Sepuluh produk dari merek terbaik juga telah disiapkan, seperti Nature's Energy, Ecozest, hingga Granology. Harganya pun bervariasi. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori