• 10 Filter Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Filter Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Filter Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Filter Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Filter Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Filter Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022)

Filter berperan krusial bagi kelangsungan hidup ekosistem akuarium sehingga Anda perlu berhati-hati dalam memilihnya. Filter akuarium memiliki banyak variasi, seperti gantung, eksternal, serta tipe undergravel. Ditambah lagi, berbagai merek mulai dari JEBO, AMARA, Atman, dan Nikita Star juga tersedia. Tak heran jika Anda merasa kebingungan saat memilih filter yang bagus.


Kali ini kami akan membantu Anda dengan menjabarkan cara memilih filter akuarium terbaik. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk filter akuarium untuk Anda pertimbangkan. Artikel ini juga telah ditinjau oleh aquascaper kami, Alfitrah Hanif Saragih. Marilah simak lebih lanjut!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Alfitrah Hanif S.
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 21 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Aquascaper, Alfitrah Hanif Saragih

Profil pakar: Aquascaper, Alfitrah Hanif Saragih
Alfitrah Hanif S.
Aquascaper, gardener, dan entrepreneur
Alfitrah Hanif S.

Alfitrah adalah seorang Sarjana Perikanan yang telah menggeluti usaha perikanan sejak kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri. Kecintaannya terhadap dunia perikanan dan wirausaha membuatnya memutuskan untuk mengembangkan potensi perikanan di Indonesia.


Alfitrah mendapatkan beberapa prestasi di bidang perikanan dan wirausaha. Salah satunya adalah menjadi juara 1 lomba aquascape tingkat nasional antar Universitas se-Indonesia. Selain itu, ia juga mendapatkan honorable mention pada IndoAquascape Contest dan masih banyak lagi.

Pentingnya memahami struktur filter aquarium

Pentingnya memahami struktur filter aquarium

Apakah Anda berpikir bahwa tidak masalah menggunakan filter apa pun di akuarium? Pertimbangkan ulang pemikiran tersebut. Filter akuarium yang bagus akan berdampak baik terhadap kualitas air di akuarium. Lantas, bagaimana memilih filter akuarium yang bagus dan tepat?


Sebelum memilih, penting untuk memahami struktur filter akuarium. Struktur filter perlu dipahami karena merupakan bagian penting dari proses penyaringan air dalam akuarium. Secara umum, filter akuarium bekerja untuk membersihkan air dengan tiga proses filtrasi. 


  • Proses pertama adalah filtrasi mekanis yang berfungsi menyaring sisa kotoran atau makanan yang terlihat secara fisik. 
  • Proses kedua adalah filtrasi biologis oleh bakteri-bakteri pengurai. 
  • Proses terakhir adalah filtrasi kimiawi yang berfungsi untuk menghilangkan bau ataupun zat beracun yang ada dalam air. 

Dengan menyelaraskan proses ketiga filtrasi ini, air akuarium akan menjadi bersih. Namun, setiap produk filter akuarium memiliki struktur dan jenis bahan yang berbeda sehingga akan memengaruhi proses filtrasi. Karena itu, Anda perlu mengidentifikasi filter yang Anda butuhkan dengan cermat.

Pemilihan dan penggunaan filter secara tepat akan mengurangi frekuensi pergantian air dan pembersihan filter. Pemilihan filter akuarium juga bergantung dari hewan yang tinggal di dalamnya. Jadi, sesuaikan dengan baik kebutuhan hewan peliharaan Anda dengan filter yang akan dipilih.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih filter aquarium

Anda sudah mengetahui pentingnya filter akuarium dengan uraian di atas. Selanjutnya, mari simak cara memilih filter akuarium berikut ini agar tidak salah pilih!

Pilihlah filter all-in-one jika ingin menyelaraskan tiga proses filtrasi dalam satu unit

Jenis filter all-in-one akan menyelaraskan filtrasi mekanis, filtrasi biologis, dan filtrasi kimia dalam satu unit. Hanya dengan satu unit filter, Anda akan mendapatkan kinerja filtrasi yang memadai untuk ekosistem akuarium Anda. Bila Anda ingin memakai jenis filter ini, pilihlah salah satu dari tiga model berikut ini.

Top filter: Kapasitas dan efisiensi filtrasinya sangat baik, perawatannya pun mudah

Top filter: Kapasitas dan efisiensi filtrasinya sangat baik, perawatannya pun mudah

Filter tipe atas atau top filter cocok bagi pemula karena perawatannya mudah dan kapasitas penyaringannya tinggi. Selain itu, tipe filter ini sesuai untuk semua jenis organisme. Umumnya, filter akuarium tipe ini digunakan pada akuarium berukuran kecil. Boks filter yang diletakkan di atas akuarium akan menyaring air dan mengalirkannya kembali ke dalam akuarium. 


Top filter akan memudahkan Anda untuk memeriksa tangki filter guna mengetahui waktu penggantian bahan filter. Namun, Anda harus rutin membersihkan alat filter untuk menghindari air luber jika boks terlalu kotor. Tak jarang, top filter yang kotor juga mengeluarkan bau menyengat yang kurang sedap.

External filter: Nyaman dipandang dan kapasitas filtrasinya tinggi

External filter: Nyaman dipandang dan kapasitas filtrasinya tinggi

External filter atau filter eksternal adalah salah satu yang paling diminati para pencinta akuarium. Hal ini karena filter eksternal bisa menjaga keindahan penampilan akuarium. Filter ini memiliki tabung yang terpasang di luar akuarium sehingga tidak mengganggu penampilan dalamnya. Hanya pipa resapan dan pengairan yang perlu dipasang di dalam akuarium. 


Filter ini terletak terpisah dari akuarium dan biasanya diletakkan di dalam kabinet atau di bawah akuarium. Filter eksternal juga bisa mencakup keseluruhan fungsi filter, mulai dari fungsi mekanis, biologis, dan kimiawi. Keuntungan lainnya, Anda jadi lebih leluasa untuk memasang penerangan dan memelihara tanaman air. Sayangnya, harga filter ini terkadang kurang sesuai dengan isi kantong.

Cartridge filter: Dapat digunakan sebagai aerasi, harganya juga lebih terjangkau

Cartridge filter: Dapat digunakan sebagai aerasi, harganya juga lebih terjangkau

Anda dapat menggunakan jenis filter ini untuk mendapatkan filtrasi dan aerasi sekaligus. Cartridge filter tersedia dalam berbagai ukuran dan harganya juga tergolong bersahabat. Pemasangannya pun mudah dan tidak membutuhkan banyak pengeluaran lainnya. 


Filter ini sebaiknya digunakan di akuarium berukuran nano (kecil) karena hanya bisa melakukan fungsi filter mekanis dan biologis. Bila digunakan pada akuarium yang besar, sebaiknya digunakan sebagai filter tambahan saja. Hal ini karena volume medianya kecil sehingga mudah kotor. Jadi, filter ini akan sering membutuhkan pembersihan atau penggantian.

Gunakan filter kombinasi jika ingin dipasang di akuarium kecil

Filter kombinasi adalah filter yang cocok untuk akuarium berukuran kecil. Filter ini hanya memiliki peran filtrasi mekanis dan biologis. Karena itu, Anda perlu sering mengganti air akuarium untuk menjaga kebersihan airnya. Namun, jangan khawatir, hal ini cukup mudah untuk dilakukan apabila ukuran akuarium Anda kecil.

Sponge filter, tidak memakan tempat

Sponge filter, tidak memakan tempat

Sponge filter merupakan filter kombinasi yang cukup mudah dipasang di sudut akuarium. Power head (mesin filter) dan spons menyatu dalam satu kesatuan sehingga penempatannya mudah dan tidak memakan tempat. Bakteri dalam spons akan memberikan efek filtrasi biologis. Pori-pori yang halus pada filter spons bisa dimanfaatkan pada pembibitan benih udang.


Anda perlu berhati-hati saat membersihkan filter jenis ini agar kotoran yang menumpuk tidak terjatuh kembali ke dalam akuarium. Filter spons juga bersuara bising ketika beroperasi. Jadi, filter ini sebaiknya digunakan untuk akuarium yang diletakkan di ruang depan atau ruang tamu.

Hanging filter, pemasangannya mudah

Hanging filter, pemasangannya mudah

Hanging filter juga disebut filter tipe gantung karena digunakan dengan cara mengaitkannya di tepi atas akuarium. Pemasangannya tergolong mudah dan praktis dengan mengalirkan air dari atas dan menghasilkan udara di permukaan air. Tipe ini juga berperan sebagai aerasi. Hanya saja, sebaiknya Anda menambahkan bahan ring filter untuk meningkatkan kinerja filtrasi.


Tipe eksternal akan membuat aliran air lebih kuat. Karena itu, pilihlah produk yang memiliki fitur kontrol aliran air. Jadi, Anda bisa menyesuaikan kekuatan aliran air dengan organisme yang ada di akuarium. Filter gantung tersedia dalam berbagai ukuran. Makin besar ukuran filter, makin lengkap fungsi komponen yang ada di dalam media filter. Harga filter gantung juga tergolong cukup terjangkau.

Undergravel filter, menjaga keindahan tampilan aquarium

Undergravel filter, menjaga keindahan tampilan aquarium

Tipe undergravel direkomendasikan untuk Anda yang ingin menjaga keindahan pemandangan akuarium. Undergravel filter membuat aquascape terlihat lebih indah karena cukup diletakkan di dasar akuarium dan dilapisi kerikil pada bagian atas. Tipe undergravel juga akan memberikan filtrasi yang tinggi.


Selain tidak memerlukan biaya yang besar untuk perawatannya, tipe ini juga tidak mengeluarkan bunyi yang bising. Hanya saja, Anda perlu rajin membersihkannya agar kotoran tidak menumpuk di dasar akuarium.

Sesuaikan ukuran filter dengan ukuran aquarium

Sesuaikan ukuran filter dengan ukuran aquarium

Setiap filter memiliki kapasitas kinerja yang perlu disesuaikan dengan ukuran akuarium. Bila Anda memilih kapasitas yang tepat, kinerja filter menjadi optimal dan aliran air tidak akan berlebihan. Filter akuarium seharusnya berbanding lurus dengan besar akuarium. Makin besar akuarium, makin besar pula kebutuhan filter dan aliran airnya.


Apabila ukuran filter terlalu kecil atau besar dibandingkan ukuran akuarium, filter berisiko tidak dapat dipasang. Selain itu, aliran air pun bisa menjadi terlalu kuat atau lemah sehingga mengancam kehidupan ekosistem. Jadi, sebaiknya Anda mencermati ukuran akuarium ketika memilih filter.

Pastikan media filter sudah tepat agar mendapatkan filtrasi yang optimal

Pastikan media filter sudah tepat agar mendapatkan filtrasi yang optimal

Agar filter berfungsi maksimal, perhatikanlah kelengkapan fungsi mekanis, biologis, dan kimiawi. 

  • Jenis media pertama adalah media filter mekanis (busa, kapas, spons). 
  • Media kedua adalah filter biologis seperti bio ball, crystal bio, dan ceramic ring
  • Ketiga adalah media filter kimiawi (zeolit dan karbon aktif). 

Bagi pemula, sebaiknya memilih salah satu dahulu media yang dapat digunakan dalam ketiga proses filtrasi. Apabila Anda mengubah jenis dan bahan media, Anda mungkin bisa mengurangi intensitas pemeliharaan filter. 


Namun, Anda juga perlu menyesuaikan pH air dan hal ini umumnya sulit untuk dilakukan oleh pemula. Karena itu, gunakan material yang berisikan tiga jenis media terlebih dahulu dan menggantinya di kemudian hari.

Ketahui fitur lain yang bisa memudahkan penggunaan filter

Saat memilih filter akuarium, pilihlah yang memiliki fitur kontrol aliran air dan priming otomatis. Fitur ini akan membuat Anda lebih nyaman dan mudah dalam menggunakan filter.

Fitur kontrol aliran air: Aliran air dapat disesuaikan dengan organisme di aquarium

Fitur kontrol aliran air: Aliran air dapat disesuaikan dengan organisme di aquarium

Dengan fitur kontrol aliran air, Anda bisa menyesuaikan kekuatan aliran air sesuai organisme dalam akuarium. Menyesuaikan arus aliran air dengan kebutuhan organisme yang hidup di dalam akuarium adalah keharusan. Sebagai contoh, dengan arus aliran air yang lemah Anda bisa mengembangbiakkan ikan koki atau udang. Fitur ini juga diperlukan ketika Anda memelihara ikan yang tidak pandai berenang. 

Fitur self-priming: Memudahkan pemasangan awal dan pemeliharaan aquarium

Fitur self-priming: Memudahkan pemasangan awal dan pemeliharaan aquarium

Fitur ini akan membantu Anda menambahkan dan mengurangi air dalam pompa air. Umumnya, fitur ini tersedia pada hanging filter dan filter tipe eksternal yang memerlukan proses penyedotan air dari selang


Tanpa fitur ini, Anda harus menuangkan air secara manual ke dalam tangki pompa filter. Selain merepotkan dan menambah pekerjaan, hal ini tidak mudah bagi seorang pemula. Jadi, sebisa mungkin pilihlah filter dengan fitur self-priming ini.

Cek kompatibilitas filter dengan jenis air yang digunakan (air tawar atau asin)

Cek kompatibilitas filter dengan jenis air yang digunakan (air tawar atau asin)

Pemilihan filter air laut dan air tawar sebetulnya tidak berbeda jauh. Namun, pastikan Anda memilih filter yang kompatibel dengan air laut ketika Anda memelihara ikan air asin. Produk filter air asin sudah disesuaikan dengan kandungan garam pada air laut. Filter air tawar akan mudah rusak oleh kandungan garam yang terdapat pada air asin.


Selain itu, perawatan akuarium juga akan lebih sulit jika filter tidak kompatibel dengan air asin. Jadi, jika Anda memelihara organisme laut, pastikan produk yang Anda gunakan juga kompatibel dengan air asin, ya.

Utamakan produk yang tidak berisik

Utamakan produk yang tidak berisik

Karena filter bekerja terus-menerus selama 24 jam, Anda perlu memperhatikan kebisingan filter. Suara bising mungkin tidak mengganggu ketika siang hari, tetapi berbeda halnya ketika malam hari.


Desain filter yang senyap akan mengurangi kebisingan motor ataupun getaran mesin sehingga lebih memberikan ketenangan. Bila Anda memiliki akuarium di kamar tidur, sebaiknya pilihlah filter dengan desain senyap.

Carilah produk yang perawatannya juga mudah

Carilah produk yang perawatannya juga mudah

Agar bisa dilakukan dengan rutin, kemudahan perawatan filter juga penting untuk diperhatikan. Pastikan selang filter pilihan Anda mudah dilepas atau dilengkapi tuas untuk membuka dan menutupnya. Dengan begitu, Anda akan lebih praktis mengganti filter. 


Kemudian, kotoran dalam akuarium akan menumpuk pada media filter selama digunakan. Karena itu, media filter perlu diganti secara berkala. Untuk memudahkannya, carilah filter dengan wadah media yang mudah dilepas pasang. Anda juga bisa melihat review produk untuk mengetahui filter yang direkomendasikan oleh penjual dan hobbyist.

10 Rekomendasi filter aquarium terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk filter aquarium terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Alfitrah Hanif Saragih.

10

RESUNCyclone External Filter

CY20

Mulai dari Rp 221.000,00

Tipe filterExternal filter
Kapasitas aquariumMax 60 liter
Media filterMekanis, biologis, kimiawi
Fitur lainnyaFlow air maksimal 200 liter/jam
Kompatibel dengan air asinTidak tercantum
AntibisingTidak tercantum
Kemudahan perawatanYa
9
Tipe filterHanging filter
Kapasitas aquariumTidak tercantum
Media filterFilter bio-chemical berlapis
Fitur lainnyaFlow air maksimal 650 liter/jam
Kompatibel dengan air asinYa
AntibisingYa
Kemudahan perawatanYa
8
Tipe filterSponge filter
Kapasitas aquariumTidak tercantum
Media filterMekanis dan biologis
Fitur lainnyaPosisi tabung dan spons dapat diatur
Kompatibel dengan air asinTidak tercantum
AntibisingTidak tercantum
Kemudahan perawatanYa
7

JEBOExternal Bio-Chemical Filter

225

Mulai dari Rp 218.000,00

Tipe filterEksternal
Kapasitas aquarium30–60 cm (max 80 liter air)
Media filterMekanis, biologis, kimiawi
Fitur lainnyaFlow air maksimal 420 liter/jam
Kompatibel dengan air asinYa
AntibisingYa
Kemudahan perawatanTidak tercantum
6
Tipe filterUndergravel filter
Kapasitas aquarium60 cm
Media filterMekanis, biologis
Fitur lainnyaMedia pernafasan dari bakteri penunjang siklus nitrogen yang hidup pada graveled scape.
Kompatibel dengan air asinTidak tercantum
AntibisingTidak tercantum
Kemudahan perawatanTidak
5

RECENTAquarium Filter Cartridge

AA2803F

Mulai dari Rp 16.900,00

Tipe filterCartridge
Kapasitas aquarium30–60 cm
Media filterBiologis dan kimiawi (spons, karbon aktif)
Fitur lainnyaTidak ada
Kompatibel dengan air asinTidak tercantum
AntibisingTidak tercantum
Kemudahan perawatanTidak tercantum
4

ARMADAAquarium Top Filter

AR-900

Mulai dari Rp 51.000,00

Tipe filterTop filter
Kapasitas aquarium60–150 cm
Media filterMekanis, biologis, kimiawi
Fitur lainnyaTidak tercantum
Kompatibel dengan air asinTidak tercantum
AntibisingTidak tercantum
Kemudahan perawatanYa
3

AMARAAquarium Hanging Filter

AA-501

Mulai dari Rp 48.500,00

Tipe filterHanging filter
Kapasitas aquarium20–40 cm
Media filterKarbon aktif
Fitur lainnyaFlow air maksimal 280 liter/jam
Kompatibel dengan air asinTidak tercantum
AntibisingTidak tercantum
Kemudahan perawatanTidak tercantum
2

Crown 58Bio Foam Aquarium Filter S

Mulai dari Rp 11.200,00

Tipe filterSponge filter
Kapasitas aquariumTidak tercantum
Media filterBio-foam
Fitur lainnyaTidak tercantum
Kompatibel dengan air asinTidak tercantum
AntibisingYa
Kemudahan perawatanYa
1

Nikita StarTop Filter Aquarium 3 in 1

NS-333

Mulai dari Rp 32.500,00

Tipe filterTop filter
Kapasitas aquarium40-50 cm
Media filterSpons atau kapas
Fitur lainnyaFlow air maksimal 850 liter/jam
Kompatibel dengan air asinYa
AntibisingTidak tercantum
Kemudahan perawatanTidak tercantum

Tabel perbandingan produk filter aquarium terbaik

Gambar produk
1
Nikita Star Top Filter Aquarium 3 in 1 1

Nikita Star

2
Crown 58 Bio Foam Aquarium Filter S 1

Crown 58

3
AMARA Aquarium Hanging Filter  1

AMARA

4
ARMADA Aquarium Top Filter  1

ARMADA

5
RECENT Aquarium Filter Cartridge 1

RECENT

6
Hikari Undergravel Filter  1

Hikari

7
JEBO External Bio-Chemical Filter  1

JEBO

8
SAKKAI PRO Bio Sponge Filter 1

SAKKAI PRO

9
Atman  Hang-On Filter  1

Atman

10
RESUN Cyclone External Filter  1

RESUN

Nama produk

Top Filter Aquarium 3 in 1

Bio Foam Aquarium Filter S

Aquarium Hanging Filter

Aquarium Top Filter

Aquarium Filter Cartridge

Undergravel Filter

External Bio-Chemical Filter

Bio Sponge Filter

Hang-On Filter

Cyclone External Filter

Keunggulan

3 in 1, sudah lengkap dengan pompa celup!

Harga superterjangkau, simpel dan praktis digunakan

Filter gantung untuk aquarium kecil Anda

Top filter yang tidak mudah meluap ketika kotor

Berikan fungsi aerasi dan filtrasi sekaligus, ukurannya pas untuk aquarium mini

Sempurnakan keindahan akuarium, pas untuk pencinta aquascape

Filter tahan banting untuk air laut dan tawar

Filter yang cocok untuk jenis ikan air tawar, spons-nya pun awet!

Mudah dipasang, cocok untuk pemula

Mendapatkan filtrasi optimal dengan daya kecil

Harga mulai dariRp 32.500,00Rp 11.200,00Rp 48.500,00Rp 51.000,00Rp 16.900,00Rp 25.500,00Rp 218.000,00Rp 32.500,00Rp 160.000,00Rp 221.000,00
Tipe filterTop filterSponge filterHanging filterTop filterCartridgeUndergravel filterEksternalSponge filterHanging filterExternal filter
Kapasitas aquarium40-50 cmTidak tercantum20–40 cm60–150 cm30–60 cm60 cm30–60 cm (max 80 liter air)Tidak tercantumTidak tercantumMax 60 liter
Media filterSpons atau kapasBio-foamKarbon aktifMekanis, biologis, kimiawiBiologis dan kimiawi (spons, karbon aktif)Mekanis, biologisMekanis, biologis, kimiawiMekanis dan biologisFilter bio-chemical berlapisMekanis, biologis, kimiawi
Fitur lainnyaFlow air maksimal 850 liter/jamTidak tercantumFlow air maksimal 280 liter/jamTidak tercantumTidak adaMedia pernafasan dari bakteri penunjang siklus nitrogen yang hidup pada graveled scape.Flow air maksimal 420 liter/jamPosisi tabung dan spons dapat diaturFlow air maksimal 650 liter/jamFlow air maksimal 200 liter/jam
Kompatibel dengan air asinYaTidak tercantumTidak tercantumTidak tercantumTidak tercantumTidak tercantumYaTidak tercantumYaTidak tercantum
AntibisingTidak tercantumYaTidak tercantumTidak tercantumTidak tercantumTidak tercantumYaTidak tercantumYaTidak tercantum
Kemudahan perawatanTidak tercantumYaTidak tercantumYaTidak tercantumTidakTidak tercantumYaYaYa
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar filter dan kebersihan akuarium

Pertanyaan umum seputar filter dan kebersihan akuarium

Setelah ini, kami akan menjawab dua pertanyaan yang sering diajukan pembaca seputar filter dan kebersihan akuarium. Semoga jawaban kami bisa menambah pengetahuan Anda seputar akuarium!

Kapan dan seberapa sering filter harus diganti?

Salah satu tanda bahwa Anda perlu melakukan perawatan pada filter akuarium adalah adanya kerusakan. Apabila ditemukan kerusakan yang mengurangi kinerja filtrasi, segeralah mengganti seluruh media filter. Sebab, kerusakan tersebut akan berdampak pada pH air yang tidak mendukung kehidupan organisme. Jika dibiarkan, ikan peliharaan Anda bisa mati.


Untuk frekuensi penggantian media filter, kami sarankan untuk mengacu pada waktu yang tertera pada kemasan produk. Ingatlah, perawatan yang baik akan mendukung kelestarian ekosistem akuarium Anda.

Adakah tips untuk menjaga kebersihan akuarium?

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kebersihan akuarium Anda:

  1. Membersihkan dan mengganti air akuarium secara berkala
  2. Pelihara biota jenis pemakan lumut dan pembersih kotoran di dasar seperti brushmouth
  3. Membasmi alga
  4. Membersihkan peralatan pendukung

Baca juga rekomendasi produk perawatan ikan lainnya di sini

Anda pemula dalam memelihara organisme di akuarium? Ketahui pompa akuarium yang tepat dan hiasan yang dapat memperindah akuarium. Selain itu, jika ruangan Anda terbatas, mungkin Anda dapat menggunakan akuarium yang berukuran kecil. Simak tautan di bawah ini jika ingin tahu lebih jauh, ya!

Kesimpulan

Kehidupan ekosistem akuarium sangat dipengaruhi oleh filter yang Anda gunakan. Bahkan, filter juga akan memengaruhi keindahan akuarium Anda. Maka dari itu, Anda bisa menjadikan penjelasan di atas sebagai acuan.


Tentu, filter yang tepat akan mengurangi frekuensi perawatan filter. Selain itu, akuarium juga tetap indah, airnya bersih, dan kelangsungan hidup peliharaan Anda lebih terjaga. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan filter akuarium yang tepat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Pompa Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pompa Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2022)
    Pompa akuarium berfungsi untuk mensirkulasikan air dalam akuarium melalui filter agar kebersihannya selalu terjaga. Keberadaan pompa akuarium sangat diperlukan, terutama bila Anda berencana untuk memelihara ikan hias. Pompa akuarium adalah salah satu alat yang penting bagi keberlangsungan hidup ikan hias.Kami akan menjelaskan tips memilih pompa akuarium serta mengulas beberapa rekomendasi merek pompa akuarium terbaik. Temukan berbagai produk pompa akuarium yang bagus dan berkualitas, seperti merek Eheim, Resun, dan Hidom dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh pebisnis ikan cupang kami, Fauzi Nasution. Simak informasinya sampai akhir, ya!
    Perawatan ikan
  • 10 Pasir Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasir Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    Pasir aquarium adalah salah satu substrate dalam seni menghias aquarium atau aquascape. Pasir berfungsi sebagai media untuk menumbuhkan tanaman dan menjernihkan air. Pasir juga dinilai sebagai media yang paling murah untuk mendekorasi aquarium dibanding tanah, kayu, dan batu.Di artikel ini, kami akan memaparkan cara memilih pasir aquarium yang bagus untuk Anda. Berbagai jenis pasir terbaik seperti pasir Malang, pasir Bali, dan pasir yamaya muncul dalam rekomendasi kami. Artikel ini juga telah ditinjau oleh aquarist kami, Albert Deil. Simak sampai habis, yuk!
    Perawatan ikan
  • 10 Lampu Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lampu Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    Aquascape merupakan karya menyusun hiasan dalam akuarium agar ikan merasa seperti berada dalam habitat aslinya. Selain bebatuan alam dan koral, salah satu pelengkap yang tak boleh dilewatkan untuk membuat aquascape adalah lampu. Di pasaran, lampu aquascape tersedia dalam beragam jenis dan ukuran sesuai kebutuhan.Pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai cara memilih lampu aquascape yang bagus. Kami juga akan mengulas sepuluh produk dari merek terbaik, seperti Emico, Chihiros, Kiyosaki, dan sebagainya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh aquarist kami, Albert Deil. Mari baca informasi selengkapnya!
    Perawatan ikan
  • 10 Batu Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Batu Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    Aquascape adalah seni menghias aquarium menggunakan tanaman air, kayu, dan batu sehingga tercipta pemandangan bawah air yang indah. Batu merupakan salah satu part penting dalam aquascape. Karena itu, kami akan merekomendasikan batu aquascape terbaik di artikel ini. Batu seiryu hitam, dragon stone, serta batu besi merupakan beberapa jenis batu aquascape yang muncul di rekomendasi produk. Batu-batu tersebut memiliki keunikan tersendiri. Batu jenis apa yang sebaiknya dipilih? Untuk membantu Anda menemukan batu aquascape yang bagus, kami telah mengumpulkan informasi yang sebaiknya diperhatikan. Artikel ini sudah ditinjau oleh aquarist kami, Albert Deil.
    Perawatan ikan
  • 10 Hiasan Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Hiasan Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    Akuarium indah dengan ikan yang sehat bisa menjadi terapi mata yang menyenangkan. Hal ini dipercaya bisa membuat Anda merasa lebih relaks. Selain itu, akuarium juga bisa difungsikan sebagai dekorasi ruangan. Dengan manfaat di atas, banyak orang ingin memiliki akuarium dengan hiasan yang cantik.Namun, sebagian orang masih kesulitan memilih hiasan yang sesuai untuk akuariumnya. Mari simak tips menata akuarium yang telah kami siapkan. Artikel ini juga telah ditinjau oleh aquarist kami, Albert Deil. Beberapa tanaman hias seperti Java moss, Lilaeopsis brasiliensis, serta hiasan rumah nanas SpongeBob akan diulas lengkap!
    Perawatan ikan
  • 10 Rekomendasi Kipas Aquascape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kipas Aquascape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Aquascape merupakan seni menghadirkan ekosistem air tawar seperti habitat asli di dalam sebuah akuarium. Beberapa pelengkap digunakan, antara lain tanaman, batu, dan kayu. Nah, pelengkap lain yang tak boleh ketinggalan adalah kipas aquascape. Kipas ini bermanfaat untuk menurunkan suhu di dalam air sehingga pertumbuhan biota dapat berjalan dengan baik.Kali ini, kami akan memberikan tips cara memilih kipas aquascape yang bagus. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk berbagai merek dengan jumlah kipas yang beragam. Ada kipas yang memiliki single fan, double fan, dan lainnya. Mari simak terus selengkapnya!
    Perawatan ikan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori