• 10 Rekomendasi Filter Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Filter Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Filter Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Filter Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Filter Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Filter Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Filter memiliki peran krusial bagi kelangsungan hidup ekosistem akuarium sehingga Anda perlu berhati-hati dalam memilihnya. Dengan berbagai tipe dan merek filter akuarium yang ada, mungkin Anda akan bingung harus memilih yang mana. Ada tipe atas, gantung, eksternal, serta tipe undergravel. Ditambah lagi, berbagai merek mulai dari Resun, JEBO, AMARA, dan Atman juga tersedia.


Nah, kali ini kami akan membantu Anda dengan menjabarkan cara memilih filter akuarium berdasarkan jenis dan tujuannya. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk filter akuarium terbaik untuk Anda pertimbangkan. Marilah simak lebih lanjut!

  • Pembaharuan terakhir: 04 Januari 2021
  • 15.336 Views
Daftar isi

Pentingnya memahami struktur filter aquarium

Pentingnya memahami struktur filter aquarium

Anda berpikir bahwa tidak masalah menggunakan filter apa pun di akuarium? Mungkin Anda harus mempertimbangkan ulang pemikiran tersebut. Kenyataannya, pemilihan filter akuarium juga bergantung dari hewan yang tinggal di dalamnya. Jadi, mari sesuaikan dengan baik kebutuhan hewan peliharaan Anda dengan filter yang akan dipilih. 


Secara umum, filter akuarium bekerja untuk membersihkan air dengan tiga proses filtrasi. Proses pertama adalah filtrasi mekanis yang berfungsi menyaring sisa kotoran atau makanan yang terlihat secara fisik. Proses kedua adalah filtrasi biologis oleh bakteri-bakteri pengurai. Proses terakhir adalah filtrasi kimiawi yang berfungsi untuk menghilangkan bau ataupun zat beracun yang ada dalam air. Dengan menyelaraskan proses ketiga filtrasi ini, air akuarium akan menjadi bersih.


Namun, setiap produk filter akuarium memiliki struktur dan jenis bahan yang berbeda sehingga akan memengaruhi proses filtrasi. Karena itu, Anda perlu mengidentifikasikan filter yang Anda butuhkan dengan cermat. Pemilihan dan penggunaan filter secara tepat akan mengurangi frekuensi pergantian air dan pembersihan filter.

Cara memilih filter aquarium

Anda sudah mengetahui pentingnya filter akuarium dengan uraian di atas. Selanjutnya, mari simak cara memilih filter akuarium berikut ini agar tidak salah pilih!

Pilihlah filter all-in-one jika ingin menyelaraskan tiga proses filtrasi dalam satu unit

Jenis filter all-in-one akan menyelaraskan filtrasi mekanis, filtrasi biologis, dan filtrasi kimia dalam satu unit. Hanya dengan satu unit filter, Anda akan mendapatkan kinerja filtrasi yang memadai untuk ekosistem akuarium Anda. Bila Anda ingin memakai jenis filter ini, pilihlah salah satu dari tiga model berikut ini.

Tipe atas: Kapasitas dan efisiensi filtrasinya sangat baik, perawatannya pun mudah

Tipe atas: Kapasitas dan efisiensi filtrasinya sangat baik, perawatannya pun mudah

Filter tipe atas cocok bagi Anda yang pemula karena perawatannya mudah dan kapasitas penyaringannya  tinggi. Selain itu, efisiensi filtrasinya tinggi dan sesuai untuk semua jenis organisme.


Anda juga mudah untuk memeriksa tangki filternya untuk mengetahui waktu penggantian bahan filter. Hanya saja, filter tipe atas tidak dapat digunakan pada semua ukuran aquarium. Selain itu, ketika filter sudah kotor, baunya akan mudah tercium dari luar.

Tipe eksternal: Nyaman dipandang dan kapasitas filtrasinya tinggi

Tipe eksternal: Nyaman dipandang dan kapasitas filtrasinya tinggi

Filter eksternal dapat Anda pilih untuk menjaga keindahan penampilan akuarium. Ini karena filter eksternal memiliki tabung yang terpasang di luar akuarium sehingga tidak mengganggu penampilan dalamnya. Hanya pipa resapan dan pengairan yang perlu dipasang di dalam akuarium.


Keuntungan lainnya, Anda juga menjadi lebih leluasa untuk memasang cahaya penerangan dan memelihara tanaman air. Hanya saja, Anda perlu menyiapkan ruang di sekitar akuarium untuk memasang filter ini.

Tipe lempar: Dapat digunakan sebagai aerasi, harganya juga lebih terjangkau

Tipe lempar: Dapat digunakan sebagai aerasi, harganya juga lebih terjangkau

Anda dapat menggunakan jenis filter ini untuk mendapatkan filtrasi dan aerasi sekaligus. Filter ini tersedia dalam berbagai ukuran dan harganya juga tergolong bersahabat. Pemasangannya pun mudah dan tidak membutuhkan banyak pengeluaran lainnya. 


Filter ini sebaiknya digunakan untuk akuarium yang berukuran kecil. Bila digunakan pada akuarium yang besar, sebaiknya digunakan sebagai filter tambahan saja. Ini karena volume medianya kecil sehingga mudah kotor. Jadi, filter ini akan sering membutuhkan pembersihan atau penggantian.

Gunakan filter kombinasi jika ingin dipasang di akuarium kecil

Filter kombinasi adalah filter yang cocok untuk akuarium yang berukuran kecil. Filter ini hanya memiliki peran filtrasi mekanis dan biologis. Karena itu, Anda perlu sering mengganti air akuarium untuk menjaga kebersihan airnya. Namun, jangan khawatir, hal ini cukup mudah untuk dilakukan apabila ukuran akuarium Anda kecil.

Tipe spons: Tidak memakan tempat

Tipe spons: Tidak memakan tempat

Tipe spons merupakan filter kombinasi yang cukup mudah dipasang di sudut akuarium. Bakteri dalam spons akan memberikan efek filtrasi biologis. Pori-pori yang halus pada filter spons dapat dimanfaatkan pada pembibitan benih udang.


Kekurangan dari filter spons adalah suara yang bising ketika beroperasi. Karena itu, filter ini sebaiknya digunakan untuk akuarium yang diletakkan di ruang depan atau ruang tamu.

Tipe gantung: Pemasangannya mudah

Tipe gantung: Pemasangannya mudah

Tipe ini disebut tipe gantung karena digunakan dengan mengaitkannya di tepi atas akuarium. Pemasangannya tergolong mudah dan praktis. Karena mengalirkan air dari atas dan menghasilkan udara di permukaan air, tipe ini juga berperan sebagai aerasi. Hanya saja, sebaiknya Anda menambahkan bahan ring filter untuk meningkatkan kinerja filtrasi.


Namun, tipe eksternal akan membuat aliran air lebih kuat. Karena itu, sebaiknya Anda memilih produk yang memiliki fitur kontrol aliran air. Jadi, Anda bisa menyesuaikan kekuatan aliran air dengan organisme yang ada di akuarium.

Tipe undergravel: Menjaga keindahan tampilan aquarium

Tipe undergravel: Menjaga keindahan tampilan aquarium

Tipe undergravel direkomendasikan untuk Anda yang ingin menjaga keindahan pemandangan akuarium Ini karena filter cukup diletakkan di dasar akuarium dan di atasnya bisa diletakkan kerikil. Tipe undergravel juga akan memberikan filtrasi yang tinggi.


Selain tidak memerlukan biaya yang besar untuk perawatannya, tipe ini juga tidak mengeluarkan bunyi yang bising. Hanya saja, Anda perlu rajin membersihkannya. 

Sesuaikan ukuran filter dengan ukuran aquarium

Sesuaikan ukuran filter dengan ukuran aquarium

Setiap filter memiliki kapasitas kinerja yang perlu disesuaikan dengan ukuran akuarium. Bila Anda memilih kapasitas yang tepat, kinerja filter menjadi optimal dan aliran air tidak akan berlebihan.


Bila ukuran filter terlalu kecil atau besar dibandingkan dari ukuran akuarium filter berisiko tidak dapat dipasang. Selain itu, aliran air pun bisa menjadi terlalu kuat atau lemah sehingga mengancam kehidupan ekosistem. Karena itu, sebaiknya Anda mencermati ukuran akuarium ketika memilih filter.

Pastikan media filter sudah tepat agar mendapatkan filtrasi yang optimal

Pastikan media filter sudah tepat agar mendapatkan filtrasi yang optimal

Performa filtrasi dipengaruhi jumlah, jenis, dan distribusi media yang digunakan. Jenis media yang pertama adalah media filter mekanis (busa, kapas, spons). Media kedua adalah media filter biologis yang terbuat dari bahan keramik, kaca, dan plastik (bio ball, crystal bio, ceramic ring). Media yang ketiga adalah media filter kimiawi (zeolit dan karbon aktif). Bagi pemula, sebaiknya memilih salah satu dahulu media yang dapat digunakan dalam ketiga proses filtrasi.


Bila Anda mengubah jenis dan bahan media, Anda mungkin bisa mengurangi intensitas pemeliharaan filter. Namun, Anda juga perlu menyesuaikan pH air dan hal ini umumnya sulit untuk dilakukan oleh pemula. Karena itu, gunakan material yang berisikan tiga jenis media terlebih dahulu dan menggantinya di kemudian hari.

Ketahui fitur lain yang bisa memudahkan penggunaan filter

Saat memilih filter akuarium, pilihlah yang memiliki fitur kontrol aliran air dan priming otomatis. Fitur ini akan membuat Anda lebih nyaman dan mudah dalam menggunakan filter.

Fitur kontrol aliran air: Aliran air dapat disesuaikan dengan organisme di aquarium

Fitur kontrol aliran air: Aliran air dapat disesuaikan dengan organisme di aquarium

Dengan fitur kontrol aliran air, Anda bisa menyesuaikan kekuatan aliran air sesuai organisme dalam akuarium. Anda bisa mengembangbiakkan ikan koki, udang, atau organisme lainnya yang memerlukan aliran air lemah. Fitur ini juga diperlukan ketika Anda memelihara ikan yang tidak pandai berenang. 

Fitur self-priming: Memudahkan pemasangan awal dan pemeliharaan aquarium

Fitur self-priming: Memudahkan pemasangan awal dan pemeliharaan aquarium

Fitur ini akan sangat membantu Anda dalam menyelesaikan proses priming filter. Umumnya, fitur ini tersedia pada filter tipe eksternal dan tipe gantung yang memerlukan proses penyedotan air dari selang. 


Tanpa fitur ini, Anda harus menuangkan air secara manual ke dalam tangki pompa filter. Selain merepotkan dan menambah pekerjaan, hal ini tidak mudah bagi seorang pemula. Jadi, sebisa mungkin pilihlah filter dengan fitur self-priming ini.

Sesuaikan dengan jenis air yang digunakan (air tawar atau asin)

Sesuaikan dengan jenis air yang digunakan (air tawar atau asin)

Pilihlah produk yang kompatibel dengan air laut ketika Anda memelihara ikan air asin. Produk filter air asin sudah disesuaikan dengan kandungan garam pada air laut. Filter air tawar akan mudah rusak karena kandungan garam yang ada.


Selain itu, perawatan akuarium juga akan lebih sulit jika filter tidak kompatibel dengan air asin. Karena itu, pastikan produk yang Anda gunakan juga kompatibel dengan air asin, ya.

Pilih produk yang tidak berisik

Pilih produk yang tidak berisik

Karena filter bekerja terus-menerus selama 24 jam, Anda perlu memperhatikan kebisingan filter. Suara bising mungkin tidak mengganggu ketika siang hari, tetapi berbeda halnya ketika malam hari. Desain filter yang senyap akan mengurangi kebisingan motor ataupun getaran mesin sehingga lebih memberikan ketenangan. Bila Anda memiliki akuarium di kamar tidur, sebaiknya pilihlah filter dengan desain senyap.

Pastikan perawatannya juga mudah

Pastikan perawatannya juga mudah

Kemudahan perawatan filter juga penting untuk diperhatikan. Pastikan selang filter pilihan Anda mudah dilepas atau dilengkapi tuas untuk membuka dan menutupnya. Dengan begitu, Anda akan lebih praktis mengganti filter. 


Kemudian, kotoran dalam akuarium akan menumpuk pada media filter selama digunakan. Karena itu, media filter perlu diganti secara berkala. Untuk memudahkannya, carilah filter dengan wadah media yang mudah dilepas pasang.

10 Rekomendasi filter aquarium terbaik

Sekarang, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi filter akuarium terbaik untuk Anda pertimbangkan. Pilihlah filter yang sesuai dengan kebutuhan akuarium Anda.

10

RECENTAquarium Filter Cartridge

AA2803F

Mulai dari Rp 17.500,00

Tipe filterLempar
Kapasitas aquarium30–60 cm
Media filterSpons, karbon aktif
Fitur lainnyaTidak ada
Kompatibel dengan air asinTidak tercantum
AntibisingTidak tercantum
Kemudahan perawatanTidak tercantum
9

AMARAAquarium Hanging Filter

AA-501

Mulai dari Rp 45.000,00

Tipe filterGantung
Kapasitas aquarium20–40 cm
Media filterKarbon aktif
Fitur lainnyaFlow air maksimal 280 liter/jam
Kompatibel dengan air asinTidak tercantum
AntibisingTidak tercantum
Kemudahan perawatanTidak tercantum
8
Tipe filterAtas
Kapasitas aquarium60–150 cm
Media filterMekanis, biologis, kimiawi
Fitur lainnyaTidak tercantum
Kompatibel dengan air asinTidak tercantum
AntibisingTidak tercantum
Kemudahan perawatanYa
7
Tipe filterGantung
Kapasitas aquariumTidak tercantum
Media filterFilter bio-chemical berlapis
Fitur lainnyaFlow air maksimal 650 liter/jam
Kompatibel dengan air asinYa
AntibisingYa
Kemudahan perawatanYa
6
Tipe filterGantung
Kapasitas aquariumMax 60 liter
Media filterMekanis, biologis, kimiawi
Fitur lainnyaFlow air maksimal 200 liter/jam
Kompatibel dengan air asinYa
AntibisingTidak tercantum
Kemudahan perawatanYa
5
Tipe filterUndergravel
Kapasitas aquarium75 cm
Media filterMekanis, biologis
Fitur lainnyaMedia pernapasan dan bakteri penunjang siklus nitrogen dari graveled scape
Kompatibel dengan air asinTidak tercantum
AntibisingTidak tercantum
Kemudahan perawatanTidak
4

JEBO503 Waterfall Style Bio-Filter

Mulai dari Rp 120.000,00

Tipe filterGantung
Kapasitas aquariumTidak tercantum
Media filterBio-chemical berlapis
Fitur lainnyaFlow air maksimal 580 liter/jam
Kompatibel dengan air asinYa
AntibisingYa
Kemudahan perawatanYa
3

RESUNCyclone External Filter

CY20

Mulai dari Rp 302.000,00

Tipe filterTipe eksternal
Kapasitas aquariumMax 60 liter
Media filterMekanis, biologis, kimiawi
Fitur lainnyaFlow air maksimal 200 liter/jam
Kompatibel dengan air asinTidak tercantum
AntibisingTidak tercantum
Kemudahan perawatanYa
2

JEBOExternal Bio-Chemical Filter

225

Mulai dari Rp 240.000,00

Tipe filterEksternal
Kapasitas aquarium30–60 cm (max 80 liter air)
Media filterMekanis, biologis, kimiawi
Fitur lainnyaFlow air maksimal 420 liter/jam
Kompatibel dengan air asinYa
AntibisingYa
Kemudahan perawatanTidak tercantum
1

AtmanNew External Filter

AT-3335S

Mulai dari Rp 848.300,00

Tipe filterEksternal
Kapasitas aquarium40–80 cm
Media filterMekanis, biologis, kimiawi
Fitur lainnyaFlow air maksimal 760 liter/jam
Kompatibel dengan air asinYa
AntibisingYa
Kemudahan perawatanYa

Tabel perbandingan produk filter aquarium terbaik

Gambar produk
1
Atman New External Filter  1

Atman

2
JEBO External Bio-Chemical Filter  1

JEBO

3
RESUN Cyclone External Filter  1

RESUN

4
JEBO 503 Waterfall Style Bio-Filter 1

JEBO

5
ORCA Undergravel Filter 75 1

ORCA

6
RESUN Magi Internal Filter 1

RESUN

7
Atman  Hang-On Filter  1

Atman

8
ARMADA Aquarium Top Filter  1

ARMADA

9
AMARA Aquarium Hanging Filter  1

AMARA

10
RECENT Aquarium Filter Cartridge 1

RECENT

Nama produk

New External Filter

External Bio-Chemical Filter

Cyclone External Filter

503 Waterfall Style Bio-Filter

Undergravel Filter 75

Magi Internal Filter

Hang-On Filter

Aquarium Top Filter

Aquarium Hanging Filter

Aquarium Filter Cartridge

Keunggulan

Filter eksternal untuk filtrasi yang superior

Filter tahan banting untuk air laut dan tawar

Tipe eksternal dengan hemat daya untuk mendapatkan filtrasi optimal

Desain minimalis serta mudah dibersihkan

Menyempurnakan keindahan aquascape Anda

Mudah dibersihkan dan dilengkapi tiga jenis filtrasi

Berfitur antibising, tidak mengganggu di malam hari

Tipe atas yang tidak mudah meluap ketika kotor

Filter gantung untuk aquarium kecil Anda

Ukurannya kecil, pas untuk aquarium berukuran mini

Harga mulai dariRp 848.300,00Rp 240.000,00Rp 302.000,00Rp 120.000,00Rp 40.000,00Rp 79.000,00Rp 145.000,00Rp 53.000,00Rp 45.000,00Rp 17.500,00
Tipe filterEksternalEksternalTipe eksternalGantungUndergravelGantungGantungAtasGantungLempar
Kapasitas aquarium40–80 cm30–60 cm (max 80 liter air)Max 60 literTidak tercantum75 cmMax 60 literTidak tercantum60–150 cm20–40 cm30–60 cm
Media filterMekanis, biologis, kimiawiMekanis, biologis, kimiawiMekanis, biologis, kimiawiBio-chemical berlapisMekanis, biologisMekanis, biologis, kimiawiFilter bio-chemical berlapisMekanis, biologis, kimiawiKarbon aktifSpons, karbon aktif
Fitur lainnyaFlow air maksimal 760 liter/jamFlow air maksimal 420 liter/jamFlow air maksimal 200 liter/jamFlow air maksimal 580 liter/jamMedia pernapasan dan bakteri penunjang siklus nitrogen dari graveled scapeFlow air maksimal 200 liter/jamFlow air maksimal 650 liter/jamTidak tercantumFlow air maksimal 280 liter/jamTidak ada
Kompatibel dengan air asinYaYaTidak tercantumYaTidak tercantumYaYaTidak tercantumTidak tercantumTidak tercantum
AntibisingYaYaTidak tercantumYaTidak tercantumTidak tercantumYaTidak tercantumTidak tercantumTidak tercantum
Kemudahan perawatanYaTidak tercantumYaYaTidakYaYaYaTidak tercantumTidak tercantum
Tautan produk

Kapan dan seberapa sering filter harus diganti?

Kapan dan seberapa sering filter harus diganti?

Lupa mengganti filter berisiko menimbulkan hambatan pada aliran air sehingga zat berbahaya akan mengendap di dalam akuarium. Jika dibiarkan terus-menerus, peliharaan Anda akan terancam mati. Untuk menghindari hal tersebut, gantilah media filter akuarium dengan baik dan benar.


Salah satu tanda waktunya Anda perlu melakukan perawatan adalah adanya kerusakan pada media filter. Tanda lainnya, adanya kerusakan yang mengurangi kinerja filtrasi dan pH air yang tidak mendukung kehidupan organisme. Jika Anda melihat tanda-tanda tersebut, segeralah mengganti seluruh media filter.


Untuk frekuensi penggantian media filter, kami sarankan untuk mengacu pada waktu yang tertera pada kemasan produk. Ingatlah, perawatan yang baik akan mendukung kelestarian ekosistem akuarium Anda.

Baca juga rekomendasi produk perawatan ikan lainnya di sini

Anda pemula dalam memelihara organisme di akuarium? Ketahui pompa akuarium yang tepat dan hiasan yang dapat memperindah akuarium. Selain itu, jika ruangan Anda terbatas, mungkin Anda dapat menggunakan akuarium yang berukuran kecil. Simak artikel rekomendasi pompa akuarium, hiasan akuarium, dan akuarium kecil terbaik di bawah ini!

Kesimpulan

Kehidupan ekosistem akuarium sangat dipengaruhi oleh filter yang Anda gunakan. Bahkan, filter juga akan memengaruhi keindahan akuarium. Tentu, filter yang tepat akan mengurangi frekuensi perawatan filter. Selain itu, akuarium juga tetap indah, airnya bersih, dan kelangsungan hidup peliharaan Anda lebih terjaga. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan filter akuarium yang tepat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pompa aquarium berfungi untuk mengalirkan air dan memastikan suhu aquarium tetap terjaga. Terlebih lagi bila Anda memelihara ikan tropis, keberadaan pompa aquarium sangatlah penting. Ada 3 tipe pompa aquarium, yakni yang dapat Anda letakkan di dalam air, di luar aquarium, dan jenis amfibi sehingga Anda mungkin bingung saat hendak membelinya.Kali ini, kami akan menjelaskan tips memilih pompa aquarium dan menyajikan 10 rekomendasi pompa aquarium terbaik. Terdapat berbagai jenis pompa aquarium berkualitas dengan merek Eheim, Resun, atau Hidom dalam daftar rekomendasi ini yang berbeda spesifikasi, ukuran, dan fitur. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Perawatan ikan
    181.505 Views
  • 10 Rekomendasi Aquarium Cupang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Aquarium Cupang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Baru-baru ini, ikan cupang makin viral di Indonesia. Mulai dari cupang hias sampai cupang aduan, semuanya banyak diperbincangkan. Ikan cupang adalah ikan yang kuat serta perawatannya tidak merepotkan. Untuk merawat ikan yang cukup agresif ini, tentu saja dibutuhkan aquarium. Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih aquarium ikan cupang yang bagus. Tak lupa kami juga akan memberikan rekomendasi produk akuarium dari berbagai macam merk plus tips merawat ikan cupang. Anda dapat membeli aquarium ikan cupang dengan mudah melalui Shopee, Tokopedia, dan lain sebagainya. Selamat berbelanja!
    Perawatan ikan
    98 Views
  • 10 Rekomendasi Vitamin Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Vitamin Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan penambah nafsu makan. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin merk apa yang bagus?Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda. Kali ini kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, dan VITA-GEL. Jangan lupa, baca juga komentar dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, di artikel ini!
    Perawatan kucing
    206.725 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kucing, seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merk banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merk tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
    372.417 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2021)
    Sedikit berbeda dengan tipe kering, makanan kucing tipe basah/wet food digilai oleh para kucing karena memiliki tekstur lembut, berair, mudah dimakan, dan mengandung potongan daging. Beberapa merek pun all out memakai bahan utama yang berkelas dan grain-free.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami merekomendasikan sepuluh makanan kucing terbaik tipe basah, seperti Royal Canin, Whiskas, Friskies, dan Fancy Feast! Silakan memilih makanan kucing tipe basah yang sesuai dengan kriteria di bawah ini!
    Makanan hewan
    178.316 Views
  • 10 Rekomendasi Sisir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sisir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kucing yang sehat dan berbulu lebat memang terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, bulu yang lebat dan tak terawat dapat membuat kucing tidak nyaman, bahkan menimbulkan masalah kesehatan. Karena itu, sisir kucing merupakan alat perawatan yang wajib Anda miliki.Terdapat beragam tipe sisir kucing di pasaran. Kali ini, kami akan berbagi tips bagaimana cara memilih sisir kucing yang baik. Selain itu, sepuluh produk sisir kucing berbagai merek juga akan kami rekomendasikan untuk Anda. Mungkin Anda pernah mendengar merek Furminator? Tetaplah membaca dan ketahuilah sisir apa yang terbaik untuk si fluffy!
    Grooming hewan
    15.909 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori