1. TOP
  2. >
  3. Elektronik rumah tangga
  4. >
  5. Elektronik dapur
  6. >
  7. 10 Stand Mixer Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Stand Mixer Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Stand Mixer Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Stand Mixer Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Stand Mixer Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Stand Mixer Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Stand Mixer Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2023)

Membuat roti dan kue memang membutuhkan pengadonan. Anda dapat memilih stand mixer yang dapat membantu Anda mengadon tanpa repot memegang mixer. Produk stand mixer heavy duty berkapasitas 5 L atau jumbo ada di pasaran. Ditilik dari daya listriknya, ada pula stand mixer low watt yang murah dan berkualitas.


Di artikel ini kami akan berbagi tips memilih stand mixer terbaik. Selain itu, ada juga rekomendasi stand mixer yang bagus dari merek Ecohome, MitoPhilips, Ravelle dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta. Simak sampai habis, ya!

Diperbaharui 11-24-2022
Pakar
Professional baker
Tata Violeta

Tata adalah seorang home baker sekaligus founder dari tatabakes (online cakery) yang berdiri sejak 2018. Tata menyelesaikan pendidikan jurusan Culinary Arts selama dua tahun di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2018. Wanita yang senang berinteraksi dengan customer lewat Instagram-nya ini memanfaatkan hasil pengalamannya untuk membuka online cakery sampai saat ini. Selain itu, Tata juga pernah mengajar di salah satu kampus di kota tempat tinggalnya.

Profil Tata Violeta
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Stand mixer, investasi di dunia baking

Stand mixer, investasi di dunia baking

Mixer merupakan peralatan dapur yang dapat dipilih untuk memudahkan pengadonan. Pada umumnya, ada dua jenis mixer, yaitu hand mixer dan stand mixer. Lalu, apa perbedaan dari kedua jenis tersebut?


  • Hand mixer

Seperti namanya, hand mixer merupakan mixer yang Anda operasikan dengan tangan. Jenis ini sangat cocok untuk pemula atau yang baru belajar kuliner, terutama tata boga. Hand mixer pun memiliki harga yang lebih terjangkau.


  • Stand mixer

Berbeda dengan jenis sebelumnya, stand mixer memiliki dudukan. Jadi, Anda tak perlu merasa pegal saat menggunakan stand mixer berkat dudukannya. Saat membeli stand mixer, Anda juga akan mendapatkan beater dan bowl-nya sekaligus.


Untuk Anda yang hobi baking, stand mixer akan memudahkan pekerjaan Anda. Lebih dari sekadar memudahkan pekerjaan, stand mixer akan menjadi investasi terbaik bagi seorang baker. Nah, apabila Anda memiliki usaha kue dan roti, stand mixer selayaknya Anda miliki.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih stand mixer

Stand mixer hadir dalam berbagai kapasitas, harga, dan kelebihan lainnya yang patut Anda pertimbangkan. Kami akan membagikan tips untuk memilih stand mixer yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Poin-poin di bawah ini dapat Anda jadikan pertimbangan saat memilih stand mixer terbaik.

① Perhatikan kapasitas stand mixer

Perhatikan kapasitas stand mixer

Stand mixer memiliki berbagai kapasitas bowl untuk adonan, mulai dari 2 L sampai lebih dari 6,5 L. Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan banyaknya adonan dengan kapasitas bowl yang ditawarkan. Simak poin-poin berikut ini untuk mengetahui kapasitas yang cocok untuk Anda, ya.


  • Bagi Anda yang masih belajar memasak, Anda dapat memilih kapasitas 3 L atau kurang. Kapasitas yang tidak terlalu besar ini juga cocok untuk Anda yang membuat kue atau roti dalam jumlah sedikit.

  • Untuk Anda yang ingin membuat adonan dalam jumlah besar, stand mixer berkapasitas lebih dari 5 L patut dipertimbangkan. Kapasitas yang cukup besar membantu Anda untuk mengerjakan adonan sekali saja.

  • Jika Anda akan membuat roti, selain memperhatikan kapasitasnya, Anda juga bisa memilih tipe heavy duty. Stand mixer heavy duty dikenal lebih cocok dan kuat untuk membuat adonan roti.

Kebanyakan produsen stand mixer juga memberikan informasi tentang seberapa berat adonan yang dapat dikerjakan. Selain itu, ada juga yang memberikan informasi tentang banyaknya telur yang dapat diaduk. Hal ini dapat membantu Anda memperkirakan kapasitas stand mixer yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

② Kenali kelebihan yang ditawarkan

Nah, kelebihan yang ditawarkan sebuah produk stand mixer juga tak boleh Anda lewatkan. Keunggulan yang ditawarkan oleh stand mixer dapat membantu Anda dalam mengadon. Kami akan memperkenalkan beberapa kelebihan tambahan yang umum dalam sebuah produk stand mixer.

Tingkat kecepatan pengadukan: Agar dapat disesuaikan dengan jenis makanan yang Anda buat

Stand mixer memang menawarkan beberapa tingkat kecepatan pengadukan. Tingkat kecepatan pengadukan dapat disesuaikan dengan jenis makanan yang Anda buat. Ada beberapa makanan yang perlu pengadukan berkecepatan tinggi agar dapat mengembang.


Rata-rata stand mixer memiliki lima kecepatan pengadukan. Jika Anda membutuhkan produk dengan kecepatan lebih, Anda dapat mempertimbangkan stand mixer dengan lebih dari lima kecepatan pengadukan.

Motor yang dapat dilepas: Untuk fungsi ganda sebagai stand mixer dan hand mixer

Motor yang dapat dilepas: Untuk fungsi ganda sebagai stand mixer dan hand mixer

Anda dapat menemukan stand mixer dengan motor yang dapat dilepaskan. Produk seperti ini sangat fleksibel untuk digunakan. Anda dapat menggunakannya sebagai stand mixer dan hand mixer. Stand mixer dengan motor yang dapat dilepaskan biasanya memiliki kapasitas yang tak terlalu besar.


Stand mixer jenis ini sangat cocok untuk pemula yang akan memulai usaha atau untuk yang memiliki hobi baking. Selain tidak terlalu berat, stand mixer dengan motor yang dapat dilepaskan juga harganya terjangkau.

Timer dan auto shut off: Menjadikan penggunaan mixer lebih praktis dan aman

Keunggulan yang satu ini hanya dapat Anda temukan pada stand mixer top class. Beberapa merek, seperti Bosch dan Kitchenaid, memiliki stand mixer dengan timer dan auto shut off.


Adanya timer memudahkan Anda mengadon sambil mengerjakan pekerjaan lainnya. Tak perlu khawatir terlalu lama atau terlalu cepat mengadon. Anda juga tak perlu khawatir jika terjadi korsleting berkat adanya auto shut offAuto shut off ini bekerja saat mesin terlalu panas atau ada gangguan lainnya.


Timer dan auto shut off sangat membantu, khususnya saat Anda bekerja sendiri. Dengan keunggulan tersebut, Anda bisa lebih leluasa pada saat melakukan hal lainnya atau multitasking. Dengan demikian, waktu produksi pun menjadi lebih efektif.

Penutup bowl: Lebih aman digunakan bersama anak-anak dan mencegah tumpahnya bahan-bahan

Penutup bowl: Lebih aman digunakan bersama anak-anak dan mencegah tumpahnya bahan-bahan
Sumber: miyako.co.id

Memasak bersama si kecil memang jadi aktivitas yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Keamanan merupakan hal yang utama jika Anda memasak bersama si kecil. Beberapa stand mixer dilengkapi dengan penutup untuk bagian bowl. Pilihlah produk seperti ini untuk keamanan penggunaan bersama anak.


Adanya penutup bowl mencegah si kecil memasukkan tangannya ke dalam bowl saat mixer menyala. Anda pun akan merasa lebih tenang dengan adanya penutup tersebut. Selain melindungi si kecil, bagian penutup juga mencegah tumpahnya bahan-bahan saat proses pengadonan.

③ Pilih stand mixer yang mudah dibersihkan

Kebersihan peralatan masak adalah hal yang perlu Anda perhatikan. Jangan sampai peralatan masak Anda kotor karena dapat memengaruhi kualitas hasil masakan Anda. Saat memilih stand mixer, pastikan produk yang Anda pilih mudah dibersihkan. Agar tidak bingung, perhatikan poin-poin berikut ini, yuk!


  • Bagian motor yang dapat diangkat. Bagian motor yang dapat diangkat membantu Anda membersihkan mixer dari cipratan adonan.

  • Bagian pengaduk atau beater-nya mudah untuk dilepaskan. Beater dapat dilepaskan, baik secara manual maupun dengan bantuan tombol pada motornya. Beater yang dapat dilepaskan memudahkan Anda dalam mencucinya.

Jangan lupa untuk membersihkan seluruh bagian stand mixer setelah dipakai, ya. Membersihkan stand mixer secara menyeluruh akan membuat stand mixer lebih awet. Bersihkan mixer dengan lap basah, kemudian dengan tisu kering untuk menghindari kerak-kerak adonan dan bau tidak sedap.

④ Periksa konsumsi daya yang dibutuhkan stand mixer

Stand mixer termasuk peralatan elektronik yang membutuhkan daya listrik. Karena itu, perhatikan kebutuhan daya listrik dari stand mixer sesuai dengan daya listrik di rumah Anda. Untuk Anda yang cukup sering menggunakan stand mixer, pilihlah stand mixer yang hemat energi. Stand mixer ini tak memerlukan terlalu banyak daya listrik sehingga Anda bisa lebih berhemat.


Jika Anda seorang professional baker, sebaiknya Anda benar-benar research tentang produk yang hendak dibeli, khususnya sebelum membuka usaha. Hal ini disebabkan oleh ragam pilihan stand mixer yang berkapasitas sama, tetapi memiliki daya yang sangat berbeda. Stand mixer sendiri termasuk modal utama bagi para pemula usaha dalam bidang kuliner, khususnya tata boga.

10 Rekomendasi stand mixer terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk stand mixer terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Tata Violeta.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Philips

Daily Collection Mixer

Philips Daily Collection Mixer  1枚目

Ingin hemat listrik? Pilih stand mixer watt kecil dari Philips!

2

Miyako

Stand Mixer

Miyako Stand Mixer 1枚目

Motor hanya dapat bekerja setelah bunyi "klik", lebih ramah anak-anak

3

Cosmos

Stand Mixer

Cosmos Stand Mixer 1枚目

Harganya ekonomis sebagai pelengkap peralatan masak di dapur

4

Mito

Stand Mixer

Mito Stand Mixer 1枚目

Stand mixer kapasitas 5 liter, penuhi kebutuhan keluarga Anda

5

Ecohome

Stand Mixer Ecohome Noble Series

Ecohome Stand Mixer Ecohome Noble Series 1枚目

Si mewah agar dapur tampak lebih elegan

6

Oxone

Standing Mixer With Stainless Steel Rotating Bowl

Oxone Standing Mixer With Stainless Steel Rotating Bowl 1枚目

Starter pack bagi Anda yang baru menekuni dunia baking

7

Kirin

Stand Mixer

Kirin Stand Mixer 1枚目

Bisa jadi hand mixer juga, bebas dipakai sesuka hati

8

Oxynic

OPTIMUS II Standing Mixer

Oxynic OPTIMUS II Standing Mixer 1枚目

Heavy duty dan kapasitas besar, ideal untuk usaha makanan rumahan

9

Ravelle

Stand Mixer 4.5L

Ravelle Stand Mixer 4.5L 1枚目

Lebih nyaman dengan stand mixer yang punya sistem keamanan lengkap

10

Bosch

Stand Mixer

Bosch Stand Mixer 1枚目

Lebih bertenaga, menambah efisiensi waktu dalam memasak

Perincian produk
Close
No.1

PhilipsDaily Collection Mixer HR1559

Mulai dari Rp682.500,00

Ingin hemat listrik? Pilih stand mixer watt kecil dari Philips!

Kelebihan:

  • Dayanya hanya 170 watt, dapat hemat listrik
  • Kaki-kakinya dilengkapi pengisap, stand mixer dapat berdiri lebih stabil
  • Bowl dapat berputar otomatis, memudahkan untuk meratakan adonan

Kekurangan:

  • Bowl-nya tidak dilengkapi dengan tutup
  • Setnya hanya dilengkapi dengan 2 jenis pengaduk

Stand mixer dari Philips merupakan salah satu incaran banyak orang. Pengoperasian simpel dengan lima level kecepatan dan bowl yang dapat berputar otomatis akan memudahkan pekerjaan Anda. Lalu, kaki-kaki yang dilengkapi pengisap akan lebih menjamin kestabilannya saat digunakan.


Soal biaya listrik, Anda tak perlu khawatir karena konsumsi daya stand mixer ini terbilang rendah. Selain itu, kapasitas bowl-nya yang tidak terlalu besar membuat produk ini pas digunakan oleh para pemula.

No.2

MiyakoStand MixerSM-625

Mulai dari Rp330.735,00

Motor hanya dapat bekerja setelah bunyi "klik", lebih ramah anak-anak

Kelebihan:

  • Dayanya hanya 190 watt, dapat hemat listrik
  • Ada safety lock, motor hanya dapat bekerja setelah semua bagian terpasang dengan benar
  • Bowl dapat berputar otomatis, memudahkan untuk meratakan adonan

Kekurangan:

  • Setnya hanya dilengkapi dengan 2 jenis pengaduk
  • Penutup bowl-nya tidak memiliki lubang pengisi, agak merepotkan saat harus adjusting bahan-bahan

Bekerja di dapur sembari menjaga buah hati yang masih kecil memang tantangan tersendiri. Rasa ingin tahu yang besar terkadang membuat anak-anak ingin mengulik berbagai perlatan dapur. Untuk mengurangi kerepotan Anda, Miyako punya stand mixer dengan teknologi safety lock.


Adanya safety lock membuat motor hanya akan bekerja setelah Anda menyusun part-nya dengan benar. Indikasi terpasang dengan benar adalah terdengar bunyi 'klik'. Jadi, risiko terjadinya hal-hal yang tak diinginkan ketika si kecil berada di dapur bersama Anda pun bisa dipangkas.

No.3

CosmosStand MixerCM-1689

Mulai dari Rp296.000,00

Harganya ekonomis sebagai pelengkap peralatan masak di dapur

Kelebihan:

  • Dayanya hanya 200 watt, dapat hemat listrik
  • Dilengkapi thermostat agar motor tidak rusak karena kepanasan
  • Bowl dapat berputar otomatis, memudahkan untuk meratakan adonan

Kekurangan:

  • Bowl-nya tidak dilengkapi dengan tutup
  • Setnya hanya dilengkapi dengan 2 jenis pengaduk

Mencari stand mixer untuk melengkapi peralatan di dapur Anda, tetapi bujet terbatas? Tenang saja karena ada Cosmos Stand Mixer yang harganya ekonomis ini! Selain terjangkau, produk ini pun termasuk dalam jajaran stand mixer watt kecil karena dayanya hanya 200 watt.


Meski watt kecil, produk ini sudah dilengkapi tombol turbo untuk mengaduk dua kali lebih cepat. Ketika adonan terasa agak alot, Anda bisa memanfaatkan tombol reject untuk mengerem putaran supaya pengaduk tidak terlepas.

No.4

MitoStand MixerMX500

Mulai dari Rp1.999.000,00

Stand mixer kapasitas 5 liter, penuhi kebutuhan keluarga Anda

Kelebihan:

  • Terdapat fitur thermostat sehingga mencegah motor rusak karena kepanasan
  • Punya 12 level kecepatan, dapat memilih kecepatan mengaduk dengan detail
  • Penutup bowl-nya transparan dan ada lubang pengisi, memudahkan dalam proses mixing

Kekurangan:

  • Sebagian pengguna menerima produk yang memiliki cacat produksi, terutama pada bagian motor

Siapa yang suka membuat kue atau roti sendiri untuk konsumsi keluarga di rumah? Bila Anda salah satunya, Mito Stand Mixer berkapasitas 5 liter ini adalah pilihan ideal bagi kebutuhan rumahan. Pengaduk stand mixer ini pun mudah dilepas-pasang. Pemula pun cocok untuk memiliki produk ini! Lalu, bowl-nya antilengket sehingga Anda tak akan repot membersihkannya seusai penggunaan.

No.5

EcohomeStand Mixer Ecohome Noble SeriesESM 999

Mulai dari Rp2.699.000,00

Si mewah agar dapur tampak lebih elegan

Kelebihan:

  • Dilengkapi Unique Heat Removal System agar motor tidak cepat panas
  • Bodinya diselimuti 3 layer crystal coating sehingga tampak mewah
  • Bowl-nya terbuat dari #304 stainless steel yang diklaim antilengket

Kekurangan:

  • Bowl berkapasitas cukup besar, butuh space penyimpanan yang luas
  • Penutup bowl-nya tidak memiliki lubang pengisi, agak merepotkan saat harus adjusting bahan-bahan

Stand mixer Ecohome yang satu ini adalah pilihan bagi Anda, penyuka peralatan dapur bernuansa mewah. Bodi mixer ini berlapis 3 layer crystal coating sehingga tampak cantik. Tidak hanya membawa rupa, produk ini juga mumpuni dalam bekerja. 


Motornya yang diklaim low noise didukung dengan sistem pendingin yang membuatnya tidak cepat panas. Bowl-nya yang antilengket pun memudahkan Anda dalam membersihkannya seusai digunakan. Selain berguna, produk ini pasti akan membuat dapur Anda tampak lebih elegan.

No.6

OxoneStanding Mixer With Stainless Steel Rotating BowlOX-833S

Mulai dari Rp790.000,00

Starter pack bagi Anda yang baru menekuni dunia baking

Kelebihan:

  • Pengaduk berlapis chrome, lebih awet dan antikarat
  • Dudukan dapat menempel di meja, penggunaan jadi lebih stabil
  • Bowl dapat berputar otomatis, memudahkan untuk meratakan adonan

Kekurangan:

  • Kapasitas bowl hanya 2 liter, penggunaannya terbatas untuk dapur rumahan
  • Setnya hanya dilengkapi dengan 2 jenis pengaduk

Anda yang sudah bertekad bulat untuk menekuni baking sebagai hobi, tentu membutuhkan gear berkualitas yang cocok untuk pemula. Kalau begitu, pilih saja stand mixer dari Oxone! Dengan kapasitas bowl 2 liter, produk ini sudah cukup menemani Anda mengulik resep-resep kue terbaru.


Terlebih lagi, bowl-nya dapat berputar otomatis sehingga adonan bisa cepat teraduk rata. Anda pun dapat menghemat waktu dan tenaga saat baking.

No.7

KirinStand MixerKSM-391S

Mulai dari Rp1.040.000,00

Bisa jadi hand mixer juga, bebas dipakai sesuka hati

Kelebihan:

  • Dayanya hanya 200 watt, dapat hemat listrik
  • Bowl dapat berputar otomatis, memudahkan untuk meratakan adonan

Kekurangan:

  • Bowl-nya tidak dilengkapi dengan tutup
  • Tombol Speed Turbo harus selalu ditekan agar bekerja, mungkin bikin jari lelah

Kirin merupakan merek perlengkapan dapur yang cukup populer di Indonesia. Salah satu produk dari Kirin adalah stand mixer. Stand mixer ini dapat dilepaskan motornya dan digunakan sebagai hand mixer. Dengan pegangan mixer yang berdesain ergonomis, mengaduk bahan makanan apa saja jadi lebih nyaman dan mudah. 


Lalu, Anda pun tak akan khawatir boros karena daya listriknya cukup rendah, hanya 200 watt. Anda yang tak hanya gemar membuat kue, tetapi juga kerap perlu mengaduk bahan makanan lain menggunakan mixer, pilih produk ini.

No.8

OxynicOPTIMUS II Standing Mixer

Mulai dari Rp3.160.000,00

Heavy duty dan kapasitas besar, ideal untuk usaha makanan rumahan

Kelebihan:

  • Kapasitas jumbo dan heavy duty, cocok untuk usaha makanan rumahan
  • Motornya diklaim berputaran kuat, stabil, antipanas, dan antimati
  • Motornya less vibration dan dilengkapi antiselip, stand mixer dapat stabil berdiri

Kekurangan:

  • Bowl berkapasitas cukup besar, butuh space penyimpanan yang luas
  • Menurut review, getaran motor menjadi kasar bila rasio adonan dan kecepatan motor tidak tepat

Bila Anda menjalankan usaha makanan di rumah, pilih mixer ini sebagai salah satu gear Anda. Terdapat 10 level pengaturan kecepatan sehingga putaran yang diinginkan dapat dipilih dengan lebih presisi. Lalu, dengan kapasitas bowl mencapai 7 liter, Anda bisa mengaduk cukup banyak bahan sekaligus.


Meski begitu, Anda perlu memperhatikan rasio kuantitas bahan yang diaduk dan kecepatan motornya, ya. Usahakan menggunakan kecepatan level rendah ketika bowl diisi penuh sesuai kapasitas.

No.9

RavelleStand Mixer 4.5L

Mulai dari Rp1.499.000,00

Lebih nyaman dengan stand mixer yang punya sistem keamanan lengkap

Kelebihan:

  • Sistem keamanan cukup lengkap, mulai dari kaki antiselip hingga thermostat
  • Motornya diklaim low noise sehingga tidak bising
  • Pilihan warna yang tersedia chic dan menarik

Kekurangan:

  • Penutup bowl-nya tidak memiliki lubang pengisi, agak merepotkan saat harus adjusting bahan-bahan

Pada sebagian orang, sekeras apa pun berusaha, ada kalanya keteledoran tak terhindarkan dalam situasi tertentu. Nah, inilah salah satu pilihan tepat bagi Anda yang kerap teledor di dapur. Ravelle Stand Mixer 4.5L dilengkapi dengan kaki-kaki antiselip yang membuatnya tetap aman meski tersenggol.


Bowl-nya yang dilengkapi handel akan memudahkan Anda memindahkan adonan. Lalu, adanya thermostat akan mencegah motornya overheat sehingga meminimalkan risiko kerusakan. Tak hanya itu, motornya yang low noise pun tidak bikin bising telinga.

No.10

BoschStand MixerMUM54A00

Mulai dari Rp5.319.000,00

Lebih bertenaga, menambah efisiensi waktu dalam memasak

Kelebihan:

  • Perpaduan daya motor kuat dan fitur 3D PlanetaryMixing, mempercepat proses pengadukan
  • Disertai tas patisserie set dan tempat penyimpanan kabel, mixer jadi mudah disimpan
  • Penutup bowl-nya transparan dan ada lubang pengisi, memudahkan dalam proses mixing

Kekurangan:

  • Dayanya mencapai 900 watt, cukup boros listrik
  • Menurut review, bowl-nya tidak antilengket

Bila mixer yang Anda gunakan saat ini kurang bertenaga dalam proses pengadukan, beralihlah ke Bosch Stand Mixer ini. Dibekali motor berdaya 900 watt, stand mixer ini kuat dan cepat dalam urusan meratakan adonan.


Kekuatan tersebut masih didukung dengan 3D PlanetaryMixing yang membuat produk ini dapat mengaduk menyeluruh ke segala arah. Alhasil, Anda dapat meningkatkan efisiensi waktu dalam menyelesaikan pekerjaan di dapur.

Pertanyaan umum seputar stand mixer

Pertanyaan umum seputar stand mixer

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar stand mixer. Jika Anda masih penasaran dengan stand mixer, simak jawabannya di bawah ini!

Lebih baik hand mixer atau stand mixer?

Stand mixer dan hand mixer memiliki keunggulannya masing-masing berdasarkan siapa yang menggunakannya. Jika Anda seorang professional baker, pengusaha, atau hobi baking, Anda dapat memutuskan untuk memiliki stand mixer.


Namun, jika Anda masih baru ingin belajar atau seorang pemula, Anda dapat memulai dengan hand mixer. Keduanya sama-sama memiliki peran penting. Oleh karena itu, pemilihannya dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga rekomendasi perlengkapan baking lainnya di sini

Untuk menghasilkan kue yang lezat dan sempurna, Anda tak hanya membutuhkan mixer. Anda perlu menyiapkan peralatan lainnya, seperti whisk, oven, dan timbangan kue. Jika ingin mendapatkan produk terbaiknya, langsung klik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Memiliki stand mixer sebagai peralatan memasak tentu dapat mengurangi beban kerja Anda. Stand mixer juga sangat memudahkan Anda saat perlu membuat adonan dalam jumlah besar. Sebelum membeli, perhatikan kapasitas serta kelebihan lainnya dalam sebuah stand mixer.


Agar stand mixer lebih awet, selalu jaga kebersihannya. Usahakan memberi jeda saat menggunakan stand mixer agar tidak terlalu panas. Semoga informasi dari kami bermanfaat untuk Anda. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer