• 10 Stand Mixer Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Stand Mixer Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Stand Mixer Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Stand Mixer Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Stand Mixer Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Stand Mixer Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2021)

Beberapa makanan, seperti roti dan kue, memang membutuhkan pengadonan. Anda dapat memilih stand mixer yang dapat membantu Anda mengadon tanpa repot memegang mixer. Stand mixer merupakan mixer dengan dudukan dan lengkap dengan bowl serta beater.


Di artikel ini kami akan berbagi tips memilih stand mixer. Selain itu, ada juga rekomendasi stand mixer yang bagus sebagai referensi untuk Anda. Stand mixer dari merek Oxone, Philips, Cosmos, Miyako, sampai Kitchenaid ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta. Jadi, simak artikel ini sampai habis, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Tata Violeta
  • Pembaharuan terakhir: 02 Desember 2021
Daftar isi

Profil pakar: Professional baker, Tata Violeta

Profil pakar: Professional baker, Tata Violeta
Tata Violeta
Professional baker
Tata Violeta

Tata adalah seorang home baker sekaligus founder dari tatabakes (online cakery) yang berdiri sejak 2018. Tata menyelesaikan pendidikan jurusan Culinary Arts selama dua tahun di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2018.


Wanita yang senang berinteraksi dengan customer lewat Instagram-nya ini memanfaatkan hasil pengalamannya untuk membuka online cakery sampai saat ini. Selain itu, Tata juga pernah mengajar di salah satu kampus di kota tempat tinggalnya.

Stand mixer, investasi di dunia baking

Mixer merupakan peralatan dapur yang dapat dipilih untuk memudahkan pengadonan. Ada dua jenis mixer, yaitu hand mixer dan stand mixer.


Hand mixer merupakan mixer yang Anda operasikan dengan tangan, sedangkan stand mixer memiliki dudukan. Dengan demikian, Anda tak perlu merasa pegal saat menggunakan stand mixer berkat dudukannya. Saat membeli stand mixer, Anda juga akan mendapatkan motor mixer, beater, dan bowl.


Stand mixer memang terlihat lebih unggul daripada hand mixer. Akan tetapi, hand mixer cocok untuk pemula atau yang baru belajar kuliner, terutama tata boga. Hand mixer cocok untuk pemula karena harganya yang lebih terjangkau atau ekonomis.


Untuk Anda yang memang hobi baking, stand mixer akan memudahkan pekerjaan Anda. Lebih dari sekadar memudahkan pekerjaan baking, stand mixer dapat menjadi investasi terbaik. Apabila Anda memiliki usaha kue dan roti, stand mixer memang wajib Anda miliki.


Apakah Anda berencana untuk membeli stand mixer? Nah, simak dahulu tips dalam memilih produk stand mixer yang sesuai kebutuhan Anda. Jangan lewatkan juga rekomendasi produk stand mixer terbaik dari kami untuk menjadi referensi bagi Anda.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih stand mixer

Stand mixer hadir dalam berbagai kapasitas, harga, dan fitur lainnya yang patut Anda pertimbangkan. Kami akan membagikan tips untuk memilih stand mixer yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Poin-poin di bawah ini dapat Anda jadikan pertimbangan saat memilih stand mixer terbaik.

Perhatikan kapasitas stand mixer

Stand mixer memiliki berbagai kapasitas bowl untuk adonan, mulai dari 2 L sampai lebih dari 6 L. Anda perlu menyesuaikan banyaknya adonan dengan kapasitas bowl yang ditawarkan.


Untuk Anda yang masih belajar memasak, Anda dapat memilih kapasitas 3 L atau kurang. Kapasitas yang tidak terlalu besar ini juga cocok untuk Anda yang membuat kue atau roti dalam jumlah sedikit.


Berbeda lagi untuk Anda yang membuat adonan dalam jumlah besar. Pertimbangkan untuk memilih stand mixer dengan kapasitas lebih dari 5 L. Kapasitas yang cukup besar membantu Anda untuk mengerjakan adonan sekali saja.


Selain memperhatikan kapasitasnya, perhatikan juga kegunaannya terutama bagi yang ingin membuat roti sebelum memilih stand mixer. Lebih baik memilih stand mixer dengan tipe heavy duty. Stand mixer heavy duty dikenal lebih cocok dan kuat untuk membuat adonan roti.


Kebanyakan produsen stand mixer juga memberikan informasi tentang seberapa berat adonan yang dapat dikerjakan. Selain itu, ada juga yang memberikan informasi tentang banyaknya telur yang dapat diaduk. Hal ini dapat membantu Anda memperkirakan kapasitas stand mixer yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kenali fitur-fitur yang ditawarkan

Nah, fitur-fitur yang ditawarkan sebuah produk stand mixer juga tak boleh Anda lewatkan. Fitur-fitur yang ditawarkan dapat membantu Anda dalam mengadon. Kami akan memperkenalkan beberapa fitur yang umum dalam sebuah produk stand mixer.

Berbagai tingkat kecepatan pengadukan

Stand mixer memang menawarkan beberapa tingkat kecepatan pengadukan. Tingkat kecepatan pengadukan dapat disesuaikan dengan jenis makanan yang Anda buat. Ada beberapa makanan yang perlu pengadukan berkecepatan tinggi agar dapat mengembang.


Biasanya stand mixer memiliki lima kecepatan pengadukan. Jika Anda membutuhkan produk dengan kecepatan lebih, Anda dapat mempertimbangkan stand mixer dengan lebih dari lima kecepatan pengadukan.

Motor yang dapat dilepaskan untuk fungsi yang fleksibel

Motor yang dapat dilepaskan untuk fungsi yang fleksibel

Anda dapat menemukan stand mixer dengan motor yang dapat dilepaskan. Produk seperti ini sangat fleksibel untuk digunakan. Anda dapat menggunakannya sebagai stand mixer dan hand mixer. Stand mixer dengan motor yang dapat dilepaskan biasanya memiliki kapasitas yang tak terlalu besar.


Stand mixer jenis ini sangat cocok untuk pemula yang akan memulai usaha atau untuk yang memiliki hobi baking. Selain tidak terlalu berat, stand mixer dengan motor yang dapat dilepaskan juga harganya terjangkau.

Timer dan auto shut off untuk penggunaan yang lebih praktis dan aman

Fitur yang satu ini hanya dapat Anda temukan pada stand mixer top class. Beberapa merek, seperti Bosch dan Kitchenaid, memiliki stand mixer dengan timer dan auto shut off.


Fitur timer memudahkan Anda mengadon sambil mengerjakan pekerjaan lainnya. Tak perlu khawatir terlalu lama atau terlalu cepat mengadon. Anda juga tak perlu khawatir jika terjadi korsleting berkat adanya auto shut off. Fitur ini bekerja saat mesin terlalu panas atau ada gangguan lainnya.


Fitur timer dan auto shut off sangat membantu, khususnya di saat Anda bekerja sendiri. Dengan fitur tersebut, Anda bisa nyaman dan leluasa pada saat melakukan hal lainnya atau multitasking. Dengan demikian, waktu produksi menjadi lebih efektif.

Tambahan penutup bowl untuk keamanan penggunaan bersama anak

Memasak bersama si kecil memang jadi aktivitas yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Keamanan merupakan hal yang utama jika Anda memasak bersama si kecil. Beberapa stand mixer dilengkapi dengan penutup untuk bagian bowl. Pilihlah produk seperti ini untuk keamanan penggunaan bersama anak.


Adanya penutup bowl mencegah si kecil memasukkan tangannya ke dalam bowl saat mixer menyala. Anda pun akan merasa lebih tenang dengan adanya penutup tersebut. Selain melindungi si kecil, bagian penutup juga mencegah tumpahnya bahan-bahan saat proses pengadonan.

Pilih stand mixer yang mudah dibersihkan

Kebersihan peralatan masak adalah hal yang perlu Anda perhatikan. Jangan sampai peralatan masak Anda kotor karena dapat memengaruhi kualitas hasil masakan Anda.


Saat memilih stand mixer, pastikan produk yang Anda pilih mudah dibersihkan. Anda dapat mengangkat bagian motornya. Bagian motor yang dapat diangkat membantu Anda membersihkan mixer dari cipratan adonan.


Pastikan juga bagian pengaduknya atau beater mudah untuk dilepaskan. Beater dapat dilepaskan, baik secara manual maupun dengan bantuan tombol pada motornya. Beater yang dapat dilepaskan memudahkan Anda dalam mencucinya.


Jangan lupa untuk membersihkan seluruh bagian stand mixer setelah dipakai, ya. Membersihkan stand mixer secara menyeluruh akan membuat stand mixer lebih awet.


Anda bisa membersihkan mixer dengan lap basah kemudian dengan tisu kering untuk menghindari kerak-kerak adonan dan bau tidak sedap. Selain itu, ketika membersihkan, Anda dapat memastikan bahwa alat benar-benar bersih dan layak untuk dipakai.

Periksa konsumsi daya yang dibutuhkan stand mixer

Stand mixer termasuk peralatan elektronik yang membutuhkan daya listrik. Karena itu, perhatikan kebutuhan daya listrik dari stand mixer sesuai dengan daya listrik di rumah Anda.


Mungkin Anda tak terlalu sering menggunakan stand mixer. Namun, tetap saja stand mixer memakan daya listrik saat dinyalakan. Tak ada salahnya juga memilih stand mixer yang sesuai dengan daya listrik di rumah Anda.


Untuk Anda yang cukup sering menggunakan stand mixer, pilihlah stand mixer yang hemat energi. Stand mixer ini tak memerlukan terlalu banyak daya listrik sehingga Anda bisa lebih berhemat.


Jika Anda seorang professional baker, sebaiknya Anda benar-benar research tentang stand mixer yang hendak dibeli, khususnya sebelum membuka usaha. Hal ini disebabkan oleh ragam pilihan stand mixer yang berkapasitas sama, tetapi memiliki daya yang sangat berbeda. Stand mixer sendiri termasuk modal utama bagi para pemula usaha dalam bidang kuliner, khususnya tata boga.

10 Rekomendasi stand mixer terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk stand mixer terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Tata Violeta.

10

ElectroluxAssistent Kitchen Machine

EKM5570

Mulai dari Rp 8.404.000,00

Kapasitas2,9 L dan 4,8 L
Daya1.200 watt
Dimensi36 cm x 21 cm x 37 cm
Fitur10 level kecepatan, 2 kapasitas bowl
9

Kitchenaid6.9 L Professional Bowl Lift Stand Mixer

5KSM7990XEWH / 5KSM7990EER

Mulai dari Rp 19.949.000,00

Kapasitas6,9 L
Daya325 watt
DimensiTidak disebutkan
Fitur7 level kecepatan, wire guard, stop switch, speed control, protection
8

OxoneMixer Signature Series 1200W Classy, Elegant

OX-859

Mulai dari Rp 4.590.000,00

Kapasitas5 L
Daya1.200 watt
Dimensi35 cm x 40 cm x 35 cm
Fitur9 level kecepatan
7
Kapasitas1,7 L
Daya180 watt
Dimensi18 cm x 27,5 cm x 9 cm
Fitur7 level kecepatan, 2 mode penggunaan
6
Kapasitas3,9 L
Daya900 watt
DimensiTidak disebutkan
Fitur7 level kecepatan, burst, lampu LED, tutup bowl dengan corong
5
Kapasitas5 L
Daya350 watt
DimensiTidak disebutkan
Fitur12 level kecepatan
4
Kapasitas2,3 L
Daya80–200 watt
DimensiTidak disebutkan
Fitur5 level kecepatan, turbo, thermostat overheat protection
3
Kapasitas3,5 L
Daya190 watt
Dimensi33 cm x 22 cm x 24 cm
Fitur5 level kecepatan, penutup bowl, auto spin bowl, safety lock
2
Kapasitas4 L
Daya300 watt
Dimensi35 cm x 40 cm x 25 cm
Fitur6 level kecepatan, corong bowl
1

PhilipsDaily Collection Mixer

HR1559

Mulai dari Rp 600.000,00

Kapasitas2 L
Daya170 watt
DimensiTidak disebutkan
Fitur5 level kecepatan, fungsi turbo, auto spin bowl

Tabel perbandingan produk stand mixer terbaik

Gambar produk
1
Philips Daily Collection Mixer  1

Philips

2
Oxone Master Stand Mixer 1

Oxone

3
Miyako Stand Mixer 1

Miyako

4
Cosmos Stand Mixer 1

Cosmos

5
Mito Mixer 1

Mito

6
Bosch Stand Mixer 1

Bosch

7
Han River Stand Mixer 1

Han River

8
Oxone Mixer Signature Series 1200W Classy, Elegant 1

Oxone

9
Kitchenaid 6.9 L Professional Bowl Lift Stand Mixer 1

Kitchenaid

10
Electrolux Assistent Kitchen Machine 1

Electrolux

Nama produk

Daily Collection Mixer

Master Stand Mixer

Stand Mixer

Stand Mixer

Mixer

Stand Mixer

Stand Mixer

Mixer Signature Series 1200W Classy, Elegant

6.9 L Professional Bowl Lift Stand Mixer

Assistent Kitchen Machine

Keunggulan

Stand mixer hemat listrik, tak bikin kantong jebol

Body tangguh dan telah tersertifikasi oleh Master Chef Indonesia

Aman digunakan dengan tambahan penutup

Harganya lebih bersahabat di kantong!

Lebih slim, lebih hemat tempat penyimpanan

Desainnya unik sekaligus stylish

Bisa jadi hand mixer juga, bebas dipakai sesuka hati

Empat jenis beater, adonan apa saja tak usah ragu

Stand mixer kelas atas dengan performa maksimal

Dua kapasitas bowl berbeda hanya dari Electrolux

Harga mulai dariRp 600.000,00Rp 2.900.000,00Rp 309.900,00Rp 361.000,00Rp 1.790.000,00Rp 5.000.000,00Rp 439.000,00Rp 4.590.000,00Rp 19.949.000,00Rp 8.404.000,00
Kapasitas2 L4 L3,5 L2,3 L5 L3,9 L1,7 L5 L6,9 L2,9 L dan 4,8 L
Daya170 watt300 watt190 watt80–200 watt350 watt900 watt180 watt1.200 watt325 watt1.200 watt
DimensiTidak disebutkan35 cm x 40 cm x 25 cm33 cm x 22 cm x 24 cmTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan18 cm x 27,5 cm x 9 cm35 cm x 40 cm x 35 cmTidak disebutkan36 cm x 21 cm x 37 cm
Fitur5 level kecepatan, fungsi turbo, auto spin bowl6 level kecepatan, corong bowl5 level kecepatan, penutup bowl, auto spin bowl, safety lock5 level kecepatan, turbo, thermostat overheat protection12 level kecepatan7 level kecepatan, burst, lampu LED, tutup bowl dengan corong7 level kecepatan, 2 mode penggunaan9 level kecepatan7 level kecepatan, wire guard, stop switch, speed control, protection10 level kecepatan, 2 kapasitas bowl
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar stand mixer

Pertanyaan umum seputar stand mixer

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar stand mixer. Jika Anda masih penasaran dengan stand mixer, simak jawabannya di bawah ini!

Lebih baik hand mixer atau stand mixer?

Stand mixer dan hand mixer memiliki keunggulannya masing-masing berdasarkan siapa yang menggunakannya. Jika Anda seorang professional baker, pengusaha, atau hobi baking, Anda dapat memutuskan untuk memiliki stand mixer.


Namun, jika Anda masih baru ingin belajar atau seorang pemula, Anda dapat memulai dengan hand mixer. Keduanya sama-sama memiliki peran penting. Oleh karena itu, pemilihannya dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga rekomendasi mixer lainnya di sini

Untuk menghasilkan adonan yang sempurna, Anda memang membutuhkan mixer. Ada mixer yang menggunakan listrik dan ada juga mixer manual. Yuk, cari tahu lebih banyak tentang mixer lainnya melalui tautan di bawah ini. Temukan mixer yang paling pas untuk Anda gunakan.

Kesimpulan

Memiliki stand mixer sebagai peralatan memasak tentu dapat mengurangi beban kerja Anda. Stand mixer juga sangat memudahkan Anda saat perlu membuat adonan dalam jumlah besar. Sebelum membeli, perhatikan kapasitas serta fitur-fitur lainnya dalam sebuah stand mixer.


Agar stand mixer lebih awet, selalu jaga kebersihannya. Usahakan memberi jeda saat menggunakan stand mixer agar tidak terlalu panas. Semoga informasi dari kami bermanfaat untuk Anda. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai tempat untuk menyimpan makanan agar tahan lama, penggunaan kulkas sangatlah penting. Salah satu model kulkas yang cukup banyak diminati masyarakat adalah kulkas 2 pintu. Setiap merk kulkas, seperti Panasonic, Sharp, Samsung, Polytron, dan LG tentunya memiliki kualitas yang berbeda-beda.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih kulkas 2 pintu terbaik untuk Anda. Berbagai pertimbangan, seperti harga, ukuran, fitur, beserta konsumsi listriknya akan kami jelaskan secara detail untuk memudahkan Anda. Yuk, simak terus artikel ini!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Diet low carbo atau rendah karbohidrat diperlukan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengontrol gula darah. Di lain sisi, nasi memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Padahal, nasi adalah makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Nah, sekarang sudah ada teknologi baru, yaitu rice cooker low carbo.Berkat rice cooker ini, Anda bisa menanak nasi rendah karbohidrat sehingga kesehatan senantiasa terjaga. Di artikel ini, kami akan mengulas rekomendasi rice cooker low carbo yang bagus dari berbagai merek, seperti Signora, LocknLock, dan Ecohome. Bacalah hingga selesai dan dapatkan produk terbaik Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Microwave oven merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat hamburger hingga memanggang kentang. Ada banyak model microwave oven yang dijual di pasaran mulai dari merek , Panasonic, Modena, Sharp, dan Hitachi. Masing-masing produk dilengkapi dengan fitur khusus, baik fitur yang sederhana hingga yang lengkap.Banyaknya model yang dijual mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Untuk mempermudah, kami akan memberikan tips memilih microwave oven yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak hanya itu, kami juga memberikan sepuluh rekomendasi microwave oven terbaik yang dapat Anda bandingkan berdasarkan kualitas, model, dan harganya. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kulkas merupakan alat rumah tangga yang selalu dinyalakan 24 jam setiap hari. Dengan demikian, penggunaan listriknya perlu Anda perhitungkan. Tak perlu khawatir, saat ini sudah banyak produk kulkas hemat listrik bermunculan di pasaran. Dengan menggunakan kulkas yang kebutuhan listriknya kecil, Anda bisa mengurangi biaya pemakaian listrik.Jika Anda sedang beralih memilih kulkas hemat listrik, simaklah tips dari kami. Kami juga akan memberikan berbagai rekomendasi produk kulkas hemat listrik, seperti merek LG, Samsung, Sharp, Electrolux, dan lainnya. Selamat membaca! Jangan sampai ada yang terlewat, ya!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Berfungsi untuk menjaga kesegaran makanan, kulkas menjadi perlengkapan elektronik rumah tangga yang wajib dimiliki. Ada banyak merk kulkas bagus yang saat ini mendomasi pasaran, seperti Samsung, LG, Polytron, dan Sharp. Mereka memproduksi aneka kulkas dengan fitur canggih, mulai dari kulkas mini, kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu, hingga kulkas besar.Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan beberapa produk kulkas terbaik untuk Anda. Anda bisa memilih kulkas berdasarkan kapasitas, dimensi, merek, dan fiturnya. Mari simak artikel ini sampai akhir dan temukan kulkas yang tepat untuk kebutuhan Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Siapa yang tidak tahu dispenser? Peralatan dapur yang satu ini sangat berguna menyediakan air panas dan dingin di rumah. Dengan adanya dispenser, Anda tak perlu repot-repot memasak air panas menggunakan kompor. Seiring perkembangan teknologi, dispenser tipe galon bawah yang lebih praktis pemasangan airnya pun sudah banyak dijual di pasaran.Kali ini, kami akan membahas tips memilih dispenser galon bawah beserta sepuluh rekomendasi terbaiknya. Temukanlah produk andalan dari berbagai merek terkenal, seperti SHARP, Polytron, dan Electrolux. Anda sedang mencari dispenser baru untuk di rumah? Baca artikel ini sampai habis!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Tiger Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Tiger Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Rice cooker buatan Jepang terkenal untuk teknologi penanak nasinya yang canggih. Salah satu brand rice cooker ternama dari Negeri Sakura adalah Tiger. Rice cooker Tiger tidak hanya membuat nasi yang pulen dan lezat, tetapi juga aneka macam hidangan lainnya. Dari nasi kuning hingga kue, segala masakan bisa Anda buat dengan produk ini.Rice cooker merk Tiger hadir dalam beragam model dan fitur. Agar Anda tidak bingung, kami akan me-review cara memilih rice cooker Tiger yang bagus serta rekomendasinya. Simak artikel ini sampai akhir untuk menemukan yang pas untuk Anda!
    Elektronik dapur
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori