1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2023)

Permasalahan jerawat mungkin sering membuat Anda merasa kurang percaya diri. Namun, masalah ini dapat diatasi dengan melakukan perawatan yang teratur dan menggunakan produk kecantikan yang bagus untuk kulit berjerawat. Selain itu, produk dengan formula efektif yang dapat memutihkan kulit atau menghilangkan bekas jerawat juga penting untuk perawatan lanjutan.


Wardah merupakan merek yang memiliki seri Acnederm yang dikhususkan untuk perawatan kulit berjerawat. Namun, Wardah juga menawarkan produk lainnya yang dapat digunakan oleh Anda dengan masalah kulit berjerawat. Kami akan mengulasnya lebih lanjut dan merekomendasikan produk terbaiknya. Simak pembahasannya sampai habis, ya!

Diperbaharui 11-01-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Laila

Laila lulusan dari Program Studi Sastra Jepang, Universitas Brawijaya pada tahun 2013. Tugas akhir Laila saat menyelesaikan jenjang sarjananya berkaitan dengan dunia wanita. Oleh sebab itu, saat menyelesaikan magisternya dari Universitas Airlangga pada tahun 2017, ia juga melakukan penelitian mengenai wanita. Ketertarikannya untuk melakukan riset tentang hobi dan dunia wanita makin diperdalam sejak bergabung dengan mybest Indonesia. Untuk itu, wanita yang juga hobi memasak ini banyak membahas topik seputar perawatan tubuh dan kecantikan.

Profil Laila
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa yang menyebabkan jerawat?

Apa yang menyebabkan jerawat?

Banyak hal yang dapat menyebabkan kulit wajah mudah berjerawat, salah satunya produksi sebum berlebihan. Produksi sebum yang berlebih dapat membuat pori-pori tersumbat dan akhirnya menyebabkan jerawat. Padahal, sebum dalam jumlah yang tepat dapat bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan fleksibilitas kulit. Selain itu, sebum juga berguna untuk melindungi kulit dari bakteri.


Produksi sebum yang berlebihan dapat terjadi karena beberapa hal, misalnya terlalu sering mencuci muka. Jika Anda sering mencuci muka secara berlebihan, minyak alami kulit bisa berkurang secara signifikan. Kulit pun akan bereaksi dengan memproduksi lebih banyak minyak.


Selain itu, penggunaan makeup yang berlebihan juga bisa menyebabkan munculnya jerawat. Makeup yang terlalu tebal atau sisa makeup yang tidak dibersihkan dengan baik bisa menyumbat pori-pori wajah. Stres, terlalu banyak makan makanan yang manis, serta faktor hormon juga merupakan penyebab munculnya jerawat.

Cara memilih produk Wardah untuk kulit berjerawat

Berikut ini akan kami paparkan hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih produk Wardah untuk kulit berjerawat. Anda bisa menyesuaikan produk yang diinginkan dengan kebutuhan pemakaian, baik untuk skincare maupun makeup.

① Temukan varian produk Wardah yang dibutuhkan kulit berjerawat

Wardah menyediakan satu seri yang diklaim mengandung formula yang baik untuk kulit berjerawat, yaitu Acnederm. Namun, varian produk Wardah manakah yang cocok Anda gunakan? Simak penjelasan kami berikut ini.

Toner, menyeimbangkan pH kulit sehabis mencuci muka

Toner berguna untuk menyeimbangkan kembali pH kulit sehabis mencuci wajah. Dengan begitu, wajah akan lebih siap untuk menerima rangkaian skincare lanjutan dan jadi lebih mudah menyerap produk. Toner khusus untuk kulit berjerawat dari Wardah ini juga berguna untuk memperkecil tampilan pori-pori.

Serum, tekstur ringan sangat pas digunakan pada kulit berjerawat

Salah satu jenis skincare yang dibutuhkan kulit berjerawat adalah serum. Ada sederet manfaat yang bisa Anda rasakan bila mengaplikasikan serum pada kulit berjerawat. Wardah juga menawarkan serum dari seri Acnederm yang memiliki lima manfaat, yaitu: 

  • Mengontrol produksi minyak berlebih
  • Membantu menenangkan kulit yang kemerahan
  • Merawat kulit yang berjerawat
  • Membantu menyamarkan bekas jerawat
  • Membantu mencerahkan kulit

Selain itu, ada juga serum ampoule dari Lightening Series yang memiliki konsentrasi lebih tinggi dibandingkan serum. Oleh sebab itu, ampoule biasanya digunakan sebagai booster dengan penggunaan yang cukup singkat sampai masalah kulit teratasi. Ia akan bekerja memaksimalkan skincare Acnederm yang sedang Anda gunakan dan memudarkan bekas jerawat.

Moisturizer, membantu menjaga kelembapan dan kesehatan kulit

Varian skincare selanjutnya yang ditawarkan oleh Wardah adalah moisturizer atau pelembap. Moisturizer yang baik untuk kulit berjerawat adalah produk yang mampu melembapkan kulit. Ada beberapa produk moisturizer Wardah yang cocok untuk kulit berjerawat, yaitu:

  • Acnederm Day Moisturizer
  • Acnederm Night Treatment Moisturizer
  • Wardah Renew You Day Cream

② Pastikan memilih produk yang non-comedogenic untuk produk makeup

Ketika kulit Anda berjerawat, sebaiknya hindari makeup yang bersifat comedogenic agar kondisi jerawat tidak makin parah. Sama seperti pemilihan skincare, makeup water base lebih direkomendasikan untuk kulit berjerawat. 


Berikut adalah tips yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih makeup.

  • Alas makeupTerdapat dua jenis alas makeup yang ditawarkan Wardah, yaitu foundation dan cushion. Alas makeup yang ideal digunakan pada kulit berjerawat adalah yang berbentuk cair dan memiliki hasil semi-matte. Dengan begitu, jerawat bisa tertutup dengan baik. Hindari alas bedak berbentuk cream dan memiliki hasil matte yang bisa membuat jerawat tampak lebih mencolok. 

  • Bedak: Carilah produk yang memiliki butiran halus agar tidak menyumbat pori-pori. Dengan begitu, produksi minyak di wajah bisa lebih terkontrol. Jenis bedak tabur adalah pilihan yang terbaik untuk kulit berjerawat.

Beberapa produk makeup Wardah yang diklaim memiliki formula non-comedogenic, antara lain:

  • Wardah Colorfit Cushion
  • Exclusive Flawless Cover Cushion
  • Luminous Face Powder

③ Pastikan kandungannya aman untuk kulit berjerawat

Pada dasarnya, Wardah memiliki satu seri yang khusus untuk kulit berjerawat. Akan tetapi, Anda tetap harus memastikan kandungannya supaya tetap aman untuk kulit. Berikut beberapa kandungan yang bisa ditemukan pada produk Wardah.

Azeclair: Formula terbaik untuk mengontrol sebum

Azeclair: Formula terbaik untuk mengontrol sebum

Azeclair merupakan kandungan bahan yang bekerja dengan mengontrol produksi sebum. Manfaat kandungan bahan ini adalah mencegah minyak berlebih di kulit wajah. Namun, Anda tidak perlu khawatir kulit akan menjadi lebih kering karena azeclair membuat kulit tetap terhidrasi dan lebih halus. Wardah juga memiliki kandungan ini yang tertulis Azeclair™ dalam komposisinya.

Salicylic acid: Mampu mencegah munculnya komedo dan mengatasi jerawat

Salicylic acid: Mampu mencegah munculnya komedo dan mengatasi jerawat

Salicylic acid merupakan kandungan yang harus ada bila Anda memiliki masalah komedo dan blackhead. Tak hanya itu, kandungan ini cocok untuk meredakan peradangan pada jerawat. Pasalnya, kandungan ini bersifat anti-inflamasi.

Tea tree oil: Bantu mengurangi jerawat dan memperkecil tampilan pori-pori

Tea tree oil: Bantu mengurangi jerawat dan memperkecil tampilan pori-pori

Tea tree oil merupakan bahan alami yang bersifat anti-inflamasi dan antimikroba. Hal itulah yang membuat tea tree oil banyak digunakan pada produk perawatan untuk kulit berjerawat. Penggunaan tea tree oil secara teratur dapat membantu mengurangi jerawat dan memperkecil tampilan pori-pori.

Allantoin, bersifat menenangkan dan dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit mati

Allantoin, bersifat menenangkan dan dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit mati

Allantoin merupakan zat yang berfungsi sebagai emolien. Oleh sebab itu, allantoin biasanya digunakan untuk mencegah kulit menjadi kering, kasar, dan sejenisnya. Tak hanya itu, allantoin dipercaya mampu membuat kulit menjadi lebih tenang dan lembap. Oleh sebab itu, allantoin juga digunakan dalam seri acne


Selain allantoin, Wardah juga menggunakan beberapa bahan lainnya, seperti: 

  • Willowherb extract, digunakan untuk melindungi kulit dari bakteri-bakteri penyebab jerawat 
  • Witch hazel extract, dipercaya mampu menghilangkan kotoran dari pori-pori

10 Rekomendasi produk Wardah terbaik untuk kulit berjerawat

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk Wardah terbaik untuk kulit berjerawat yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Wardah

Acnederm Pure Refining Toner

Wardah Acnederm Pure Refining Toner 1枚目

Bantu serum dan pelembap terserap dengan maksimal

2

Wardah

Acnederm Acne Spot Treatment Gel

Wardah Acnederm Acne Spot Treatment Gel 1枚目

Dengan ekstrak herbal dan berbagai tumbuhan untuk mengobati jerawat yang meradang

3

Wardah

Acnederm Night Treatment Moisturizer

Wardah Acnederm Night Treatment Moisturizer 1枚目

Mengandung tujuh ekstrak tanaman yang ampuh basmi jerawat

4

Wardah

Renew You Anti Aging Day Cream

Wardah Renew You Anti Aging Day Cream 1枚目

Formulanya aktif menjaga elastisitas dan kekencangan kulit Anda

5

Wardah

Lightening Liquid Concealer

Wardah Lightening Liquid Concealer 1枚目

Tidak hanya menutupi, tetapi juga membantu memudarkan bekas jerawat

6

Wardah

Acnederm Face Powder

Wardah Acnederm Face Powder 1枚目

Tekstur ringan, tidak menyumbat pori-pori, aman untuk kulit berminyak

7

Wardah

Lightening Oil-Infused Micellar Water

Wardah Lightening Oil-Infused Micellar Water 1枚目

Praktis untuk membersihkan makeup waterproof dengan lembut

8

Wardah

C-Defense DD Cream

Wardah C-Defense DD Cream 1枚目

Alas bedak untuk warna kulit yang lebih merata

9

Wardah

Acnederm Acne Care Serum

Wardah Acnederm Acne Care Serum 1枚目

Multifungsi, diformulasikan untuk mengatasi masalah kulit berjerawat Anda

10

Wardah

Exclusive Flawless Cover Cushion

Wardah  Exclusive Flawless Cover Cushion 1枚目

Coverage tinggi untuk hasil riasan yang natural

Perincian produk
Close
No.1

WardahAcnederm Pure Refining Toner

Mulai dari Rp32.000,00

Bantu serum dan pelembap terserap dengan maksimal

Kelebihan: 

  • Perpaduan komposisinya diklaim mampu meringkas pori-pori kulit

Kekurangan:

  • Menurut ulasan beberapa pengguna, terdapat sensasi kurang nyaman setelah diaplikasikan

Toner yang satu ini diformulasi dengan bahan aktif terpilih yang mampu membantu menenangkan kulit akibat iritasi. Di dalamnya juga terdapat witch hazel extract yang baik untuk merawat kulit berjerawat. Dengan penggunaan toner, serum dan pelembap yang Anda gunakan akan terserap dengan maksimal di kulit.


Dilengkapi berbagai bahan yang dapat membantu mengontrol minyak berlebih, produk ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Kelembapan kulit pun akan tetap terjaga berkat kandungan Aloe vera yang dimilikinya.

No.2

WardahAcnederm Acne Spot Treatment Gel

Mulai dari Rp27.000,00

Dengan ekstrak herbal dan berbagai tumbuhan untuk mengobati jerawat yang meradang

Kelebihan:

  • Teksturnya gel dan mudah menyerap

Kekurangan:

  • Menurut beberapa ulasan pengguna, membutuhkan waktu sampai hasilnya terlihat  

Treatment gel ini akan membantu Anda mengatasi jerawat yang muncul tanpa permisi di wajah. Dilengkapi dengan berbagai ekstrak herbal, produk ini mampu mengatasi jerawat secara alami! Selain itu, gel ini mengandung Centella asiatica dan BHA yang bisa membantu menghilangkan noda hitam dan blemish


Kandungan berbagai ekstrak tanamannya juga akan membantu menenangkan dan mengobati jerawat Anda. Oleh sebab itu, produk ini sangat sesuai untuk Anda yang memiliki masalah jerawat meradang.

No.3

WardahAcnederm Night Treatment Moisturizer

Mulai dari Rp38.500,00

Mengandung tujuh ekstrak tanaman yang ampuh basmi jerawat

Kelebihan: 

  • Memiliki manfaat antibakteri yang membuat jerawat dan komedo menghilang

Kekurangan:

  • Ada pengguna yang mengatakan kulitnya menjadi lebih berminyak setelah penggunaan produk ini

Terdiri dari tujuh ekstrak tanaman, night treatment ini akan sangat membantu Anda yang memiliki permasalahan jerawat yang cukup parah. Di antara tujuh ekstrak tanaman tersebut terdapat Cantella asiatica yang ampuh menyamarkan noda hitam dan mencegah jerawat muncul kembali.


Selain itu, kandungan tea tree pada produk ini memiliki manfaat antibakteri yang membantu menghilangkan jerawat dan komedo. Ekstrak tanaman lainnya pada moisturizer ini juga sangat ampuh untuk mengatasi permasalahan jerawat.

No.4

WardahRenew You Anti Aging Day Cream

Mulai dari Rp107.000,00

Formulanya aktif menjaga elastisitas dan kekencangan kulit Anda

Kelebihan: 

  • Mengandung SPF 35 PA+++, bantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Kekurangan: 

  • Beberapa pengguna mengeluhkan kulit menjadi terlihat kusam setelah penggunaan selama beberapa waktu

Apakah Anda mencari krim pagi yang dapat menyamarkan tanda-tanda penuaan sekaligus tidak menyebabkan munculnya jerawat akibat pori-pori tersumbat? Jika iya, day cream dari seri Renew You ini bisa melengkapi rangkaian skincare Anda. Pasalnya, produk ini diklaim menggunakan bahan-bahan yang non-comedogenic dan juga bebas alkohol. 


Menariknya, produk ini dibekali dengan SPF yang cukup tinggi sehingga membuat kulit Anda tetap aman di bawah sinar ultraviolet. Selain berfungsi sebagai antiacne, kandungan niacinamide-nya juga diklaim mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit.

No.5

WardahLightening Liquid Concealer

Mulai dari Rp42.000,00

Tidak hanya menutupi, tetapi juga membantu memudarkan bekas jerawat

Kelebihan: 

  • Mampu menyamarkan bekas jerawat
  • Mengandung formula yang diklaim dapat mencerahkan kulit

Kekurangan: 

  • Ada pengguna yang mengalami crack setelah penggunaan selama beberapa waktu tertentu dan mudah luntur

Concealer dengan formula non-comedogenic dari Wardah ini mengandung niacinamide yang dapat mencerahkan kulit. Bekas jerawat pun dapat memudar secara perlahan karenanya. Selain itu, kandungan allantoin di dalamnya juga akan membantu meredakan iritasi jerawat. Jika Anda memiliki bekas jerawat yang susah ditutupi, jangan ragu menggunakan produk ini!

No.6

WardahAcnederm Face Powder

Mulai dari Rp48.000,00

Tekstur ringan, tidak menyumbat pori-pori, aman untuk kulit berminyak

Kelebihan:

  • Memadukan BHA, allantoin, dan kaolin yang baik untuk kulit berminyak

Kekurangan:

  • Produk ini diklaim translucent, tetapi menurut pengguna, produk ini masih berwarna cokelat dan meninggalkan bekas di masker

Bedak tabur ini dilengkapi dengan BHA, allantoin, dan kaolin yang sangat disarankan untuk kulit berminyak. Selain itu, kandungan BHA juga dapat membantu memerangi jerawat. Jadi, bedak tabur ini sangat pas untuk kulit berminyak dan cenderung mudah berjerawat. Menariknya, produk ini diformulasi khusus agar tidak menyumbat pori-pori kulit dan memberikan hasil riasan yang bebas kilap. 

No.7

WardahLightening Oil-Infused Micellar Water

Mulai dari Rp37.000,00

Praktis untuk membersihkan makeup waterproof dengan lembut

Kelebihan: 

  • Tidak mengandung bahan pewangi
  • Terdapat kemasan kecil yang cocok untuk dibawa bepergian

Kekurangan: 

  • Ada pengguna yang merasakan sedikit perih saat menggunakannya 
  • Ada juga pengguna yang mengalami beruntusan dan muncul jerawat kecil setelah penggunaan produk ini

 

Lightening Oil-Infused Micellar Water merupakan pembersih makeup dan sisa kotoran yang dibekali empat mineral oil untuk menutrisi kulit. Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan makeup tentunya cocok menggunakan produk ini. 


Terlebih, produk ini mengandung allantoin yang memiliki peran sebagai anti-iritan sekaligus melembapkan kulit. Allantoin juga mendorong regenerasi kulit baru sehingga bekas jerawat dan noda hitam perlahan akan menghilang.

No.8

Alas bedak untuk warna kulit yang lebih merata

Kelebihan: 

  • Mengandung SPF 30 
  • Memadukan vitamin C, vitamin B3, dan vitamin E

Kekurangan: 

  • Menurut beberapa pengguna, DD cream ini sulit di-blend

DD cream bisa dijadikan salah satu pengganti foundation ketika Anda ingin bepergian keluar. Tidak hanya menjadi base sebelum mengaplikasikan bedak, DD cream ini juga dapat berfungsi sebagai color corrector. Rona kulit wajah pun jadi lebih merata dan tampak lebih halus.


Mengaplikasikan produk ini sebelum memakai bedak dapat membantu Anda menyamarkan jerawat di wajah. Selain sebagai alas bedak, produk dari Wardah ini juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang akan membantu mencerahkan wajah Anda.

No.9

WardahAcnederm Acne Care Serum

Mulai dari Rp68.000,00

Multifungsi, diformulasikan untuk mengatasi masalah kulit berjerawat Anda

Kelebihan: 

  • Menurut ulasan pengguna, tekstur serum cukup kental, tetapi cepat meresap 

Kekurangan: 

  • Ada pengguna yang mengalami kulit menjadi kering dan beruntusan

Apakah Anda sedang mencari serum yang dibuat khusus untuk mengatasi masalah jerawat? Jika iya, Anda dapat mempertimbangkan serum dari seri Acnederm yang satu ini. Pasalnya, serum ini menggabungkan bahan aktif Azeclair™, salicylic acid, dan tea tree oil. Ketiga bahan ini merupakan kombinasi yang sayang untuk dilewatkan!

No.10

Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion

Mulai dari Rp141.000,00

Coverage tinggi untuk hasil riasan yang natural

Kelebihan:

  • Mengandung SPF 30 PA+++, bantu lindungi kulit dari sinar matahari

Kekurangan: 

  • Menurut beberapa pengguna, daya coverage-nya tidak dapat bertahan lama seperti klaim produk
  • Ada pengguna yang riasannya mengalami cakey

Cushion yang satu ini memiliki formula non-comedogenic sehingga aman untuk kulit yang mudah berjerawat. Dengan kandungan minyak nabati di dalamnya, Anda tidak perlu khawatir munculnya jerawat di wajah. Teksturnya juga efektif menutupi pori-pori dan bekas jerawat dengan sempurna. Kemasannya yang compact juga menjadikan produk ini makin sempurna untuk Anda yang mobile.

Baca juga rekomendasi skincare lainnya untuk kulit berjerawat di sini

Kesimpulan

Kami sudah memberikan beberapa rekomendasi produk Wardah untuk kulit berjerawat. Apakah Anda sudah menemukan produk yang diinginkan? Selain memiliki sertifikasi halal, Wardah juga merupakan produk yang banyak menggunakan bahan alami.


Anda dapat memilih produk untuk kulit berjerawat berdasarkan kandungan bahannya, manfaat yang dimiliki, dan juga kebutuhan pemakaian. Jangan lupa untuk menghindari produk kecantikan yang menggunakan bahan minyak sebagai bahan baku utamanya.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer