1. TOP
  2. >
  3. Kamera
  4. >
  5. Lensa & aksesori
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Teropong malam atau teropong night vision adalah sebuah alat yang membantu Anda untuk melihat di lingkungan yang gelap. Night vision memiliki beragam aplikasi dari pengamatan satwa liar hingga aktivitas berburu. Kini telah hadir banyak teropong malam yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Namun, manakah yang cocok untuk kebutuhan Anda?

Kami akan mengulas cara memilih teropong malam untuk berbagai kegiatan Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk teropong malam terbaik dari Bushnell, YUKON, PARD, dan PULSAR. Perhatikan spesifikasi dari masing-masing produk dan pilihlah yang paling sesuai!

Diperbaharui 04-28-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih teropong malam / night vision

Kami akan membahas beberapa poin yang perlu Anda pertimbangkan saat membeli teropong malam. Simak penjelasan berikut ini, ya!

① Kenali setiap generasi dari teropong malam

Teropong malam dapat dibagi menjadi empat generasi berdasarkan cara kerja dan performanya. Silakan baca perbedaannya di bawah ini.

Generasi 0, memerlukan sinar inframerah

Generasi 0, memerlukan sinar inframerah

Teropong malam generasi 0 merupakan alat night vision pertama yang digunakan sekitar tahun 1930. Teropong ini dioperasikan dengan IR illuminator atau alat sinar inframerah.


Sinar inframerah akan dipancarkan oleh illuminator. Lalu, obyek yang terkena sinar akan memantulkan kembali sinar tersebut. Teropong akan menangkap pantulan sinar ini dan mengubahnya menjadi sebuah gambar di layar. Dengan ini, Anda dapat melihat lingkungan sekitar Anda meskipun gelap gulita.


Kelemahan dari teropong generasi ini adalah area yang tidak dikenai sinar inframerah tidak akan tampak. Oleh karena itu, generasi ini paling cocok untuk digunakan di dalam ruangan yang remang-remang. Sayangnya, teropong malam generasi 0 sudah jarang dijual di pasaran.

Generasi 1, untuk pemantauan satwa liar

Generasi 1, untuk pemantauan satwa liar

Teropong malam generasi 1 bekerja dengan mengamplifikasi cahaya dari bulan dan bintang sebanyak 1000 kali. Hasilnya, Anda bisa melihat sejauh 100 meter asal teropong tidak digunakan di tempat yang benar-benar gelap. Jadi, pastikan cuaca tidak mendung saat membawa teropong ke luar ruangan. Generasi ini paling cocok untuk memantau satwa liar.


Beberapa teropong malam masuk dalam golongan generasi 1+. Ini berarti teropong tersebut menggunakan teknologi generasi 1, tetapi gambar yang dihasilkan seperti dari teropong generasi 2. Demikian pula untuk teropong generasi 2+ dan 3+. 

Generasi 2, untuk berburu

Generasi 2, untuk berburu

Jika Anda ingin melihat lebih jauh dari 100 meter, pilihlah teropong malam generasi 2. Walaupun cara kerjanya mirip dengan teropong generasi 1, tingkat amplifikasi cahayanya sebanyak 20.000 kali. Teropong akan menampilkan gambar berwarna hijau karena warna ini paling mudah untuk dikenali oleh mata manusia. Produk ini adalah yang paling tepat untuk aktivitas berburu.

Generasi 3, memiliki performa kelas militer

Generasi 3, memiliki performa kelas militer

Teropong malam generasi 3 memiliki kualitas dan performa yang terbaik dari semua generasi. Teropong ini sering digunakan oleh petugas militer dan penegak hukum. Namun, karena harganya cenderung tinggi, kami merekomendasikan teropong generasi 1 dan 2 untuk kebutuhan Anda. Sayangnya, tidak banyak seller dan produsen yang mencantumkan informasi generasi produknya.

② Pilihlah teropong malam yang dilengkapi IR illuminator

Pilihlah teropong malam yang dilengkapi IR illuminator

Teropong malam generasi 1 dan 2 mengamplifikasi cahaya dari bulan, bintang, atau cahaya alami. Cahaya tersebut lalu berubah menjadi listrik untuk menghasilkan gambar di layar teropong. Jika cahaya alami kurang memadai atau cuaca sedang mendung, teropong tidak akan berfungsi.


Untuk mencegah permasalahan ini, pilihlah teropong dengan IR illuminator. Illuminator akan menerangi lingkungan Anda dengan sinar inframerah agar teropong bisa menghasilkan gambar yang lebih jelas.

③ Untuk penggunaan selama 24 jam, pilihlah teropong malam dengan pencitraan termal

Untuk penggunaan selama 24 jam, pilihlah teropong malam dengan pencitraan termal

Teropong malam dengan pencitraan termal tidak menggunakan cahaya alami, melainkan tanda panas untuk membantu Anda melihat. Teropong akan menangkap energi inframerah yang dikeluarkan oleh setiap benda (tanda panas). Lalu, energi ini akan diubah menjadi listrik untuk membuat gambar di layar teropong.


Benda-benda yang tampil di layar dapat dibedakan berdasarkan intensitas warnanya. Benda hidup akan mengeluarkan energi yang lebih besar. Makin banyak energi yang dikeluarkan, makin kuat intensitas warnanya. Alhasil, Anda akan langsung tahu jika ada orang ataupun hewan di sekitar Anda. Karena tidak bergantung pada cahaya, teropong malam dengan pencitraan termal bisa digunakan baik siang maupun malam hari.

④ Bagikan cerita perjalanan Anda dengan teropong malam digital

Bagikan cerita perjalanan Anda dengan teropong malam digital

Apakah Anda ingin membagi perjalanan Anda dengan keluarga yang sedang di rumah? Jangan khawatir karena teropong malam digital bisa menyiarkannya secara langsung! Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengambil gambar dan merekam setiap pengalaman outdoor Anda.


Cara kerja teropong malam digital sedikit berbeda dengan teropong malam pada umumnya. Alhasil, teropong jenis ini tidak bisa dikategorikan secara generasi. Namun, keunggulan dari produk ini adalah bisa digunakan di siang hari.

⑤ Sesuaikan bentuk teropong dengan kegiatan Anda

Teropong malam tersedia dalam berbagai bentuk dari monocular hingga lingkup senapan. Untuk mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan Anda, simaklah poin-poin berikut.

Jika Anda ingin produk yang portabel, pilihlah teropong malam monocular

Jika Anda ingin produk yang portabel, pilihlah teropong malam monocular

Karena teropong malam monocular hanya memiliki satu lensa, bobotnya cenderung ringan dan harganya terjangkau. Ukurannya yang kecil juga memudahkannya untuk dibawa ke mana saja. Selain itu, monocular bisa dipasangkan ke helm ataupun senapan untuk penggunaan hands-free.


Namun, melihat dengan satu mata akan berdampak pada persepsi kedalaman Anda. Gambar akan terlihat datar dan akan sulit bagi Anda untuk menebak jarak dengan tepat. Oleh karena ini, kami merekomendasikan monocular untuk mengamati satwa liar di malam hari atau saat berkemah.

Bermain dengan teman lebih menyenangkan dengan kacamata night vision

Bermain dengan teman lebih menyenangkan dengan kacamata night vision

Apakah Anda suka bermain survival game dengan teman-teman Anda? Jika iya, pilihlah kacamata night vision! Kacamata ini berupa satu atau sepasang monocular yang disangkutkan ke helm untuk penggunaan hands-free.


Kacamata night vision biasa memiliki magnifikasi 1X, berarti Anda tidak bisa memperbesar gambar yang Anda lihat. Harganya pun cenderung tinggi, tetapi Anda juga bisa menggunakan monocular generasi 1 yang murah. Pilihlah sesuai anggaran dan kebutuhan Anda!

Untuk berburu, gunakanlah lingkup senapan night vision

Untuk berburu, gunakanlah lingkup senapan night vision

Lingkup senapan night vision merupakan sebuah monocular yang dipasangkan ke senapan. Monocular ini dirancang khusus untuk tahan terhadap beragam kondisi cuaca, seperti hujan, salju, debu, dan angin kencang. Beberapa produk juga dilengkapi IR illuminator untuk menghasilkan gambar yang lebih jelas.


Saat memilih lingkup night vision, pastikan terlebih dahulu kekuatan recoil senapan Anda. Tidak semua lingkup bisa digunakan untuk senapan dengan recoil tinggi, seperti beberapa jenis senapan angin. Jika Anda suka berburu baik di lanskap terbuka maupun tertutup, pilihlah lingkup dengan magnifikasi yang dapat diubah.

Pilihlah teropong malam binokular untuk mengintai pergerakan hewan

Pilihlah teropong malam binokular untuk mengintai pergerakan hewan

Produk yang satu ini kami rekomendasikan untuk para pemburu dan pengamat burung. Teropong malam binokular dilengkapi dua lensa untuk meningkatkan persepsi kedalaman Anda. Anda dapat mengestimasi jarak dengan tepat dan mata Anda tidak akan mudah lelah. Ini akan berguna saat Anda sedang memantau pergerakan hewan. Namun, binokular cenderung lebih mahal dan berat dibandingkan monocular

⑥ Untuk mengamati hewan dari jauh, pilihlah teropong malam dengan magnifikasi tinggi

Untuk mengamati hewan dari jauh, pilihlah teropong malam dengan magnifikasi tinggi

Hewan-hewan liar sangat sensitif terhadap suara asing dan pergerakan yang mendadak. Agar mereka tidak takut dan untuk perlindungan Anda, amatilah satwa liar dari jauh. Jika Anda menggunakan teropong dengan magnifikasi yang rendah, hewan tidak akan terlihat. Oleh karena itu, Anda memerlukan teropong dengan magnifikasi yang tinggi.


Lensa optik yang digunakan binokular dan monocular biasa memiliki magnifikasi sebesar 2X sampai dengan 5X. Namun, beberapa teropong yang kini tersedia di pasaran bahkan memiliki magnifikasi lebih dari 6X. Makin besar magnifikasi dari teropong malam Anda, makin jauh Anda dapat melihat.


Teropong malam digital unik karena selain magnifikasi dari lensa optik, mereka juga memiliki fitur digital zoom. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memperbesar gambar yang telah Anda ambil. Namun, jangan zoom terlalu banyak karena ini akan berdampak pada resolusi gambar Anda!

⑦ Cek diameter lensa pada teropong malam

Cek diameter lensa pada teropong malam

Untuk mendapatkan gambar yang jernih, pilihlah teropong dengan diameter lensa yang luas. Makin luas diameter lensanya, makin banyak cahaya yang akan masuk ke dalam teropong. Lensa yang besar juga akan lebih tahan terhadap recoil senapan. Di sisi lain, lensa yang besar akan membuat teropong menjadi lebih berat.


Teropong malam dengan diameter lensa kurang dari 25 mm akan menghasilkan gambar yang sedikit buram. Namun, teropong akan berukuran kecil dan mudah untuk dibawa. Walaupun berat, teropong dengan diameter lensa lebih dari 50 mm adalah yang terbaik untuk melihat jarak jauh.

⑧ Perhatikan bidang pandang dari teropong malam

Perhatikan bidang pandang dari teropong malam

Setiap teropong memiliki bidang pandang atau field of view (FOV) yang berbeda. Bidang pandang dibagi menjadi dua jenis, yaitu bidang pandang sebenarnya (real FOV) dan bidang pandang jelas (apparent FOV).

Real FOV merupakan luas area yang bisa Anda lihat saat menggunakan teropong tanpa magnifikasi. Jika Anda menggunakan magnifikasi, luas area yang bisa Anda lihat disebut sebagai apparent FOV. Real FOV akan berdampak pada apparent FOV. Jika real FOV-nya kecil, Anda tidak akan bisa melihat area yang luas walaupun Anda memperbesar gambar dengan magnifikasi.


Oleh karena ini, jangan lupa untuk mengecek bidang pandang sebelum memilih teropong malam. Pilihlah produk dengan real FOV yang besar, apalagi jika Anda akan menggunakannya untuk memantau pergerakan hewan.    

10 Rekomendasi teropong malam / night vision terbaik

Berikutnya, kami akan merekomendasikan teropong malam atau night vision yang terbaik untuk segala aktivitas Anda. Bandingkanlah fitur-fitur dari setiap produk dan pilihlah yang paling sesuai!
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

PULSAR

Accolade LRF XQ38 Thermal Binocular

PULSAR Accolade LRF XQ38 Thermal Binocular 1枚目

Nyaman dipakai dengan jarak pandang tak terkalahkan!

2

Bestguarder

WG-80 4X50mm HD Digital Night Vision Binocular

Bestguarder WG-80 4X50mm HD Digital Night Vision Binocular 1枚目

Dilengkapi fitur timelapse untuk pengamatan jangka panjang

3

YUKON

NVMT Spartan 3x42

YUKON NVMT Spartan 3x42 1枚目

Night vision generasi 1 yang multifungsi dan mudah untuk dimodifikasi

4

Bushnell

Stealthview II 3x32 Digital Night Vision

Bushnell Stealthview II 3x32 Digital Night Vision 1枚目

Compact, ringan, dan siap untuk menemani kegiatan outdoor Anda

5

BOBLOV

Night Vision Monocular 5 x 40

BOBLOV Night Vision Monocular 5 x 40 1枚目

Jarak pandang yang jauh untuk mencari urban wildlife

6

PULSAR

Challenger GS 1x20

PULSAR Challenger GS 1x20 1枚目

Teropong malam yang tangguh untuk para pejuang!

7

FLIR

Scout TK

FLIR Scout TK 1枚目

Tak ada maling yang tak terdeteksi dengan teropong malam ini!

8

PARD

Night Vision Scope NV008

PARD Night Vision Scope NV008 1枚目

Lingkup night vision yang tahan air untuk berburu kapan saja

9

ATN

X-Sight 4K Pro 5-20X

ATN X-Sight 4K Pro 5-20X 1枚目

Banyak fitur canggih untuk menangkap hewan besar dari jarak jauh

10

PARD

SA 19 Thermal Rifle Scope

PARD SA 19 Thermal Rifle Scope 1枚目

Lingkup termal yang praktis untuk pemula night hunting

Perincian produk
Close
No.1

PULSARAccolade LRF XQ38 Thermal Binocular

Mulai dari Rp77.976.000,00

Nyaman dipakai dengan jarak pandang tak terkalahkan!

Untuk pengalaman berburu yang optimal, teropong malam ini adalah pilihan tepat untuk Anda. Teropong Pulsar Accolade menggunakan teknologi pencitraan termal untuk mendeteksi tanda panas dari jarak 1.350 meter. Dengan daya tahan baterai selama delapan jam, Anda bisa menggunakan produk ini untuk hampir semalam penuh.


Teropong ini menyediakan delapan tampilan dengan kombinasi warna berbeda untuk memudahkan identifikasi hewan. Selain itu, binokular tidak akan membuat mata cepat lelah seperti teropong monocular. Produk ini juga dirancang untuk tahan terhadap kondisi cuaca yang ekstrem. Tunggu apa lagi? Pilihlah teropong PULSAR Accolade untuk perjalanan Anda selanjutnya!

No.2

BestguarderWG-80 4X50mm HD Digital Night Vision Binocular

Mulai dari Rp9.100.000,00

Dilengkapi fitur timelapse untuk pengamatan jangka panjang

Produk Bestguarder ini adalah salah satu teropong malam yang dilengkapi fitur timelapse. Dengan ini, Anda bisa memantau satwa liar tanpa henti! Teropong akan mengambil gambar atau video di waktu yang sudah ditentukan. Anda juga bisa melihat siaran lansung dari teropong.


Teropong ini bisa mendeteksi hewan hingga jarak 300 meter. Berkat lensa dan digital zoom-nya yang besar, setiap gambar yang dihasilkan tajam. Selain itu, baterai teropong bisa diisi dengan power bank

No.3

YUKONNVMT Spartan 3x42

Mulai dari Rp3.950.000,00

Night vision generasi 1 yang multifungsi dan mudah untuk dimodifikasi

Jika Anda mencari teropong malam untuk segala aktivitas, pilihlah YUKON Spartan! Teropong ini memiliki jarak pandang sejauh 250 meter dan bisa dipasangkan ke senapan untuk berburu. Selain bidang pandang yang luas, produk generasi 1 ini dilengkapi lensa yang besar untuk memudahkan identifikasi target.


Ketika dipasangkan ke helm, teropong bisa digunakan sebagai kacamata night vision untuk permainan survival. Tentu saja, Anda bisa menggunakannya sebagai monocular biasa untuk melihat lingkungan sekitar. Teropong ini tak memiliki kemampuan digital, tetapi bisa dipasangi peralatan tambahan untuk mengambil gambar dan video.

No.4

BushnellStealthview II 3x32 Digital Night Vision

Mulai dari Rp5.100.000,00

Compact, ringan, dan siap untuk menemani kegiatan outdoor Anda

Teropong malam Bushnell ini kami rekomendasikan untuk aktivitas outdoor seperti berkemah dan mendaki gunung. Produk ini tahan air dan memiliki bobot ringan yang membuatnya cocok untuk penggunaan di alam bebas. Teropong ini juga dilengkapi IR illuminator untuk melihat sejauh 100 meter di malam hari. Lensanya pun besar untuk menghasilkan gambar yang jernih. 

No.5

BOBLOVNight Vision Monocular 5 x 40

Mulai dari Rp2.732.000,00

Jarak pandang yang jauh untuk mencari urban wildlife

Apakah anak Anda memiliki cita-cita untuk menjadi seperti Dora the Explorer? Jika ya, ajaklah mereka untuk mengamati satwa di hutan beton dengan teropong BOBLOV! Dengan lensanya yang besar, Anda bisa mendeteksi hewan kecil seperti kucing atau kelelawar dari jarak 200 meter. Produk ini juga memiliki jarak pandang hingga 20 meter dalam kondisi gelap total.


Agar anak Anda tidak lelah, pasang teropong pada tripod untuk merekam pergerakan hewan yang Anda temukan. Produk ini memiliki daya tahan baterai selama dua jam dan bobotnya sedikit berat. Jadi, gunakanlah teropong ini di sekitar rumah, ya!

No.6

PULSARChallenger GS 1x20

Mulai dari Rp1.100.000,00

Teropong malam yang tangguh untuk para pejuang!

Bagi Anda yang suka permainan survival seperti paintball dan airsoft, Anda bisa pertimbangkan teropong yang satu ini! Produk generasi 1+ ini tahan terhadap benturan keras, kelembaban, dan debu. 


Setelah memasang produk ke helm atau senapan, teropong dan sinar inframerah bisa diaktifkan dengan satu sentuhan saja. Selain itu, Anda dapat melihat sejauh 90 meter dalam kondisi gelap. Tim lawan tidak akan siap untuk penyergapan Anda!

No.7

Tak ada maling yang tak terdeteksi dengan teropong malam ini!

Anda penasaran dengan suara-suara di malam hari? Temukan sumbernya dengan teropong malam ini! Dengan teknologi pencitraan termal, Anda bisa melihat sejauh 90 meter tanpa memerlukan cahaya apa pun. Produk ini juga bisa mengambil gambar dan video, lho!


Selain memiliki daya tahan baterai yang lama (5 jam), teropong ini juga mempunyai desain yang compact dan ringan. Jika Anda ingin meningkatkan sistem keamanan rumah Anda, FLIR Scout TK adalah solusinya!

No.8

PARDNight Vision Scope NV008

Mulai dari Rp5.890.500,00

Lingkup night vision yang tahan air untuk berburu kapan saja

Bagi para pemburu yang ingin membawa pulang hewan besar seperti babi hutan, produk ini tepat untuk Anda. NV008 memiliki bidang pandang yang luas agar Anda bisa memantau pergerakan target Anda, bahkan sejauh 200 meter. Produk ini juga dilengkapi rangefinder untuk menembak target dengan tepat.


Takut teropong akan rusak bila tiba-tiba hujan? Anda tidak perlu khawatir karena produk ini tahan air. Magnifikasi teropong juga bisa Anda sesuaikan untuk lanskap tertutup maupun untuk lanskap terbuka. Selamat berburu dengan PARD NV008!

No.9

ATNX-Sight 4K Pro 5-20X

Mulai dari Rp17.100.000,00

Banyak fitur canggih untuk menangkap hewan besar dari jarak jauh

Lingkup night vision ini menawarkan teknologi tercanggih untuk berburu hewan besar dari jarak jauh. Magnifikasi teropong bisa Anda sesuaikan untuk berbagai lanskap seperti hutan dan lapangan terbuka. Produk ini dirancang untuk senapan dengan recoil tinggi seperti beberapa model senapan angin. Selain tahan air, lingkup ini bisa beroperasi selama 18 jam!


Teropong ini bisa menyiarkan langsung tampilan layar Anda sambil menyimpannya di kartu SD. Setiap video dan gambar dihasilkan dengan kualitas high definition. Teropong juga dilengkapi ballistic calculator untuk mengetahui kondisi cuaca saat berburu agar Anda bisa mengenai target dengan akurat. Ini adalah lingkup yang terbaik untuk pemburu modern!

No.10

PARDSA 19 Thermal Rifle Scope

Mulai dari Rp31.500.000,00

Lingkup termal yang praktis untuk pemula night hunting

Jika Anda mencari lingkup senapan untuk aktivitas night hunting pertama Anda, Anda bisa mempertimbangkan produk ini. Teropong ini memiliki lensa kecil yang cocok untuk penembakan jarak dekat. Magnifikasi teropong ini kecil karena akan berguna saat memburu hewan kecil seperti kelinci di hutan. Teropong ini juga cocok digunakan untuk latihan menembak dengan pencitraan termal. 


Produk ini dilengkapi fitur e-compass untuk memudahkan estimasi jarak dari target. Anda juga bisa memilih dari lima kombinasi warna untuk tampilan layar Anda. Teropong ini bisa digunakan di siang hari dan akan beroperasi selama 8 jam. Jadi, Anda tidak perlu khawatir baterai akan habis di tengah perjalanan Anda!

Baca juga rekomendasi perlengkapan outdoor lainnya di sini!

Kesimpulan

Teropong malam memiliki berbagai fungsi dari permainan dan pengamanan rumah hingga pemantauan satwa liar. Untuk keperluan outdoor, pilihlah teropong yang portabel, memiliki magnifikasi tinggi dan dilengkapi IR illuminator. Untuk penggunaan selama 24 jam, pilihlah produk digital atau yang menggunakan pencitraan termal.


Apakah Anda sudah memilih produk yang Anda butuhkan? Selamat menikmati pemandangan malam dengan teropong malam pilihan Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer