• 10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Teropong malam atau teropong night vision adalah sebuah alat yang membantu Anda untuk melihat di lingkungan yang gelap. Night vision memiliki beragam aplikasi dari pengamatan satwa liar hingga aktivitas berburu. Kini telah hadir banyak teropong malam yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Namun, manakah yang cocok untuk kebutuhan Anda?

Kami akan mengulas cara memilih teropong malam untuk berbagai kegiatan Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk teropong malam terbaik dari Bushnell, YUKON, PARD, dan PULSAR. Perhatikan spesifikasi dari masing-masing produk dan pilihlah yang paling sesuai!

  • Pembaharuan terakhir: 05 Januari 2021
  • 114 Views
Daftar isi

Cara memilih teropong malam / night vision

Kami akan membahas beberapa poin yang perlu Anda pertimbangkan saat membeli teropong malam. Simak penjelasan berikut ini, ya!

Kenali setiap generasi dari teropong malam

Teropong malam dapat dibagi menjadi empat generasi berdasarkan cara kerja dan performanya. Silakan baca perbedaannya di bawah ini.

Generasi 0, memerlukan sinar inframerah

Generasi 0, memerlukan sinar inframerah

Teropong malam generasi 0 merupakan alat night vision pertama yang digunakan sekitar tahun 1930. Teropong ini dioperasikan dengan IR illuminator atau alat sinar inframerah.


Sinar inframerah akan dipancarkan oleh illuminator. Lalu, obyek yang terkena sinar akan memantulkan kembali sinar tersebut. Teropong akan menangkap pantulan sinar ini dan mengubahnya menjadi sebuah gambar di layar. Dengan ini, Anda dapat melihat lingkungan sekitar Anda meskipun gelap gulita.


Kelemahan dari teropong generasi ini adalah area yang tidak dikenai sinar inframerah tidak akan tampak. Oleh karena itu, generasi ini paling cocok untuk digunakan di dalam ruangan yang remang-remang. Sayangnya, teropong malam generasi 0 sudah jarang dijual di pasaran.

Generasi 1, untuk pemantauan satwa liar

Generasi 1, untuk pemantauan satwa liar

Teropong malam generasi 1 bekerja dengan mengamplifikasi cahaya dari bulan dan bintang sebanyak 1000 kali. Hasilnya, Anda bisa melihat sejauh 100 meter asal teropong tidak digunakan di tempat yang benar-benar gelap. Jadi, pastikan cuaca tidak mendung saat membawa teropong ke luar ruangan. Generasi ini paling cocok untuk memantau satwa liar.


Beberapa teropong malam masuk dalam golongan generasi 1+. Ini berarti teropong tersebut menggunakan teknologi generasi 1, tetapi gambar yang dihasilkan seperti dari teropong generasi 2. Demikian pula untuk teropong generasi 2+ dan 3+. 

Generasi 2, untuk berburu

Generasi 2, untuk berburu

Jika Anda ingin melihat lebih jauh dari 100 meter, pilihlah teropong malam generasi 2. Walaupun cara kerjanya mirip dengan teropong generasi 1, tingkat amplifikasi cahayanya sebanyak 20.000 kali. Teropong akan menampilkan gambar berwarna hijau karena warna ini paling mudah untuk dikenali oleh mata manusia. Produk ini adalah yang paling tepat untuk aktivitas berburu.

Generasi 3, memiliki performa kelas militer

Generasi 3, memiliki performa kelas militer

Teropong malam generasi 3 memiliki kualitas dan performa yang terbaik dari semua generasi. Teropong ini sering digunakan oleh petugas militer dan penegak hukum. Namun, karena harganya cenderung tinggi, kami merekomendasikan teropong generasi 1 dan 2 untuk kebutuhan Anda. Sayangnya, tidak banyak seller dan produsen yang mencantumkan informasi generasi produknya.

Pilihlah teropong malam yang dilengkapi IR illuminator

Pilihlah teropong malam yang dilengkapi IR illuminator

Teropong malam generasi 1 dan 2 mengamplifikasi cahaya dari bulan, bintang, atau cahaya alami. Cahaya tersebut lalu berubah menjadi listrik untuk menghasilkan gambar di layar teropong. Jika cahaya alami kurang memadai atau cuaca sedang mendung, teropong tidak akan berfungsi.


Untuk mencegah permasalahan ini, pilihlah teropong dengan IR illuminator. Illuminator akan menerangi lingkungan Anda dengan sinar inframerah agar teropong bisa menghasilkan gambar yang lebih jelas.

Untuk penggunaan selama 24 jam, pilihlah teropong malam dengan pencitraan termal

Untuk penggunaan selama 24 jam, pilihlah teropong malam dengan pencitraan termal

Teropong malam dengan pencitraan termal tidak menggunakan cahaya alami, melainkan tanda panas untuk membantu Anda melihat. Teropong akan menangkap energi inframerah yang dikeluarkan oleh setiap benda (tanda panas). Lalu, energi ini akan diubah menjadi listrik untuk membuat gambar di layar teropong.


Benda-benda yang tampil di layar dapat dibedakan berdasarkan intensitas warnanya. Benda hidup akan mengeluarkan energi yang lebih besar. Makin banyak energi yang dikeluarkan, makin kuat intensitas warnanya. Alhasil, Anda akan langsung tahu jika ada orang ataupun hewan di sekitar Anda. Karena tidak bergantung pada cahaya, teropong malam dengan pencitraan termal bisa digunakan baik siang maupun malam hari.

Bagikan cerita perjalanan Anda dengan teropong malam digital

Bagikan cerita perjalanan Anda dengan teropong malam digital

Apakah Anda ingin membagi perjalanan Anda dengan keluarga yang sedang di rumah? Jangan khawatir karena teropong malam digital bisa menyiarkannya secara langsung! Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengambil gambar dan merekam setiap pengalaman outdoor Anda.


Cara kerja teropong malam digital sedikit berbeda dengan teropong malam pada umumnya. Alhasil, teropong jenis ini tidak bisa dikategorikan secara generasi. Namun, keunggulan dari produk ini adalah bisa digunakan di siang hari.

Sesuaikan bentuk teropong dengan kegiatan Anda

Teropong malam tersedia dalam berbagai bentuk dari monocular hingga lingkup senapan. Untuk mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan Anda, simaklah poin-poin berikut.

Jika Anda ingin produk yang portabel, pilihlah teropong malam monocular

Jika Anda ingin produk yang portabel, pilihlah teropong malam monocular

Karena teropong malam monocular hanya memiliki satu lensa, bobotnya cenderung ringan dan harganya terjangkau. Ukurannya yang kecil juga memudahkannya untuk dibawa ke mana saja. Selain itu, monocular bisa dipasangkan ke helm ataupun senapan untuk penggunaan hands-free.


Namun, melihat dengan satu mata akan berdampak pada persepsi kedalaman Anda. Gambar akan terlihat datar dan akan sulit bagi Anda untuk menebak jarak dengan tepat. Oleh karena ini, kami merekomendasikan monocular untuk mengamati satwa liar di malam hari atau saat berkemah.

Bermain dengan teman lebih menyenangkan dengan kacamata night vision

Bermain dengan teman lebih menyenangkan dengan kacamata night vision

Apakah Anda suka bermain survival game dengan teman-teman Anda? Jika iya, pilihlah kacamata night vision! Kacamata ini berupa satu atau sepasang monocular yang disangkutkan ke helm untuk penggunaan hands-free.


Kacamata night vision biasa memiliki magnifikasi 1X, berarti Anda tidak bisa memperbesar gambar yang Anda lihat. Harganya pun cenderung tinggi, tetapi Anda juga bisa menggunakan monocular generasi 1 yang murah. Pilihlah sesuai anggaran dan kebutuhan Anda!

Untuk berburu, gunakanlah lingkup senapan night vision

Untuk berburu, gunakanlah lingkup senapan night vision

Lingkup senapan night vision merupakan sebuah monocular yang dipasangkan ke senapan. Monocular ini dirancang khusus untuk tahan terhadap beragam kondisi cuaca, seperti hujan, salju, debu, dan angin kencang. Beberapa produk juga dilengkapi IR illuminator untuk menghasilkan gambar yang lebih jelas.


Saat memilih lingkup night vision, pastikan terlebih dahulu kekuatan recoil senapan Anda. Tidak semua lingkup bisa digunakan untuk senapan dengan recoil tinggi, seperti beberapa jenis senapan angin. Jika Anda suka berburu baik di lanskap terbuka maupun tertutup, pilihlah lingkup dengan magnifikasi yang dapat diubah.

Pilihlah teropong malam binokular untuk mengintai pergerakan hewan

Pilihlah teropong malam binokular untuk mengintai pergerakan hewan

Produk yang satu ini kami rekomendasikan untuk para pemburu dan pengamat burung. Teropong malam binokular dilengkapi dua lensa untuk meningkatkan persepsi kedalaman Anda. Anda dapat mengestimasi jarak dengan tepat dan mata Anda tidak akan mudah lelah. Ini akan berguna saat Anda sedang memantau pergerakan hewan. Namun, binokular cenderung lebih mahal dan berat dibandingkan monocular

Untuk mengamati hewan dari jauh, pilihlah teropong malam dengan magnifikasi tinggi

Untuk mengamati hewan dari jauh, pilihlah teropong malam dengan magnifikasi tinggi

Hewan-hewan liar sangat sensitif terhadap suara asing dan pergerakan yang mendadak. Agar mereka tidak takut dan untuk perlindungan Anda, amatilah satwa liar dari jauh. Jika Anda menggunakan teropong dengan magnifikasi yang rendah, hewan tidak akan terlihat. Oleh karena itu, Anda memerlukan teropong dengan magnifikasi yang tinggi.


Lensa optik yang digunakan binokular dan monocular biasa memiliki magnifikasi sebesar 2X sampai dengan 5X. Namun, beberapa teropong yang kini tersedia di pasaran bahkan memiliki magnifikasi lebih dari 6X. Makin besar magnifikasi dari teropong malam Anda, makin jauh Anda dapat melihat.


Teropong malam digital unik karena selain magnifikasi dari lensa optik, mereka juga memiliki fitur digital zoom. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memperbesar gambar yang telah Anda ambil. Namun, jangan zoom terlalu banyak karena ini akan berdampak pada resolusi gambar Anda!

Cek diameter lensa pada teropong malam

Cek diameter lensa pada teropong malam

Untuk mendapatkan gambar yang jernih, pilihlah teropong dengan diameter lensa yang luas. Makin luas diameter lensanya, makin banyak cahaya yang akan masuk ke dalam teropong. Lensa yang besar juga akan lebih tahan terhadap recoil senapan. Di sisi lain, lensa yang besar akan membuat teropong menjadi lebih berat.


Teropong malam dengan diameter lensa kurang dari 25 mm akan menghasilkan gambar yang sedikit buram. Namun, teropong akan berukuran kecil dan mudah untuk dibawa. Walaupun berat, teropong dengan diameter lensa lebih dari 50 mm adalah yang terbaik untuk melihat jarak jauh.

Perhatikan bidang pandang dari teropong malam

Perhatikan bidang pandang dari teropong malam

Setiap teropong memiliki bidang pandang atau field of view (FOV) yang berbeda. Bidang pandang dibagi menjadi dua jenis, yaitu bidang pandang sebenarnya (real FOV) dan bidang pandang jelas (apparent FOV).

Real FOV merupakan luas area yang bisa Anda lihat saat menggunakan teropong tanpa magnifikasi. Jika Anda menggunakan magnifikasi, luas area yang bisa Anda lihat disebut sebagai apparent FOV. Real FOV akan berdampak pada apparent FOV. Jika real FOV-nya kecil, Anda tidak akan bisa melihat area yang luas walaupun Anda memperbesar gambar dengan magnifikasi.


Oleh karena ini, jangan lupa untuk mengecek bidang pandang sebelum memilih teropong malam. Pilihlah produk dengan real FOV yang besar, apalagi jika Anda akan menggunakannya untuk memantau pergerakan hewan.    

10 Rekomendasi teropong malam / night vision terbaik

Berikutnya, kami akan merekomendasikan teropong malam atau night vision yang terbaik untuk segala aktivitas Anda. Bandingkanlah fitur-fitur dari setiap produk dan pilihlah yang paling sesuai!

10

PARDSA 19 Thermal Rifle Scope

Rp 31.500.000,00

JenisLingkup digital dengan pencitraan termal
Bobot330 g
Dimensi147 mm x 51 mm x 65,5 mm
Diameter lensa19 mm
Magnifikasi1,6–6X
Bidang pandang19,5° x 14,7°
Alat sinar inframerahTidak ada
9
JenisLingkup digital
Bobot1.010 g
Dimensi379 mm x 76 mm x 76 mm
Diameter lensaTidak disebutkan
Magnifikasi5–20X
Bidang pandang
Alat sinar inframerahAda
8
JenisLingkup digital
Bobot450 g
Dimensi162 mm x 54 mm x 69 mm
Diameter lensaTidak disebutkan
Magnifikasi6,5–13X (digital zoom 2X)
Bidang pandang40°
Alat sinar inframerahAda
7
JenisMonocular digital dengan pencitraan termal
Bobot170 g
Dimensi101 mm x 38 mm x 38 mm
Diameter lensaTidak disebutkan
Magnifikasi1X
Bidang pandang20° x 16°
Alat sinar inframerahTidak ada
6
JenisKacamata dan lingkup night vision
Bobot300 g
Dimensi163 mm x 79 mm x 57 mm
Diameter lensa20 mm
Magnifikasi1X
Bidang pandang36°
Alat sinar inframerahAda
5

BOBLOVNight Vision Monocular 5 x 40

Rp 2.732.000,00

JenisMonocular digital
Bobot820 g
Dimensi226 mm x 126 mm x 106 mm
Diameter lensa40 mm
Magnifikasi5X
Bidang pandang5° x 3,75°
Alat sinar inframerahAda
4

BushnellStealthview II 3x32 Digital Night Vision

Rp 5.100.000,00

JenisMonocular digital
Bobot380 g
Dimensi150 mm x 95 mm x 51 mm
Diameter lensa32 mm
Magnifikasi3X
Bidang pandang23 m@1000 m
Alat sinar inframerahAda
3
JenisMonocular, lingkup, dan kacamata night vision
Bobot500 g
Dimensi162 mm x 82 mm x 60 mm
Diameter lensa42 mm
Magnifikasi3X
Bidang pandang20°
Alat sinar inframerahAda
2

BestguarderWG-80 4X50mm HD Digital Night Vision Binocular

Rp 9.100.000,00

JenisBinokular digital
Bobot440 g
Dimensi200 mm x 170 mm x 80 mm
Diameter lensa50 mm
Magnifikasi4X (digital zoom 2–5X)
Bidang pandang
Alat sinar inframerahAda
1

PULSARAccolade LRF XQ38 Thermal Binocular

Rp 77.976.000,00

JenisBinokular digital dengan pencitraan termal
Bobot600 g
Dimensi162 mm x 130 mm x 64 mm
Diameter lensa38 mm
Magnifikasi3,1–12,4X
Bidang pandang9,8°
Alat sinar inframerahTidak ada

Tabel perbandingan produk teropong malam / night vision terbaik

Gambar produk
1
PULSAR Accolade LRF XQ38 Thermal Binocular 1

PULSAR

2
Bestguarder WG-80 4X50mm HD Digital Night Vision Binocular 1

Bestguarder

3
YUKON NVMT Spartan 3x42 1

YUKON

4
Bushnell Stealthview II 3x32 Digital Night Vision 1

Bushnell

5
BOBLOV Night Vision Monocular 5 x 40 1

BOBLOV

6
PULSAR Challenger GS 1x20 1

PULSAR

7
FLIR Scout TK 1

FLIR

8
PARD Night Vision Scope NV008 1

PARD

9
ATN X-Sight 4K Pro 5-20X 1

ATN

10
PARD SA 19 Thermal Rifle Scope 1

PARD

Nama produk

Accolade LRF XQ38 Thermal Binocular

WG-80 4X50mm HD Digital Night Vision Binocular

NVMT Spartan 3x42

Stealthview II 3x32 Digital Night Vision

Night Vision Monocular 5 x 40

Challenger GS 1x20

Scout TK

Night Vision Scope NV008

X-Sight 4K Pro 5-20X

SA 19 Thermal Rifle Scope

Keunggulan

Nyaman dipakai dengan jarak pandang tak terkalahkan!

Dilengkapi fitur timelapse untuk pengamatan jangka panjang

Night vision generasi 1 yang multifungsi dan mudah untuk dimodifikasi

Compact, ringan, dan siap untuk menemani kegiatan outdoor Anda

Jarak pandang yang jauh untuk mencari urban wildlife

Teropong malam yang tangguh untuk para pejuang!

Tak ada maling yang tak terdeteksi dengan teropong malam ini!

Lingkup night vision yang tahan air untuk berburu kapan saja

Banyak fitur canggih untuk menangkap hewan besar dari jarak jauh

Lingkup termal yang praktis untuk pemula night hunting

HargaRp 77.976.000,00Rp 9.100.000,00Rp 3.950.000,00Rp 5.100.000,00Rp 2.732.000,00Rp 1.100.000,00Rp 12.000.000,00Rp 5.890.500,00Rp 17.100.000,00Rp 31.500.000,00
JenisBinokular digital dengan pencitraan termalBinokular digitalMonocular, lingkup, dan kacamata night visionMonocular digitalMonocular digitalKacamata dan lingkup night visionMonocular digital dengan pencitraan termalLingkup digitalLingkup digitalLingkup digital dengan pencitraan termal
Bobot600 g440 g500 g380 g820 g300 g170 g450 g1.010 g330 g
Dimensi162 mm x 130 mm x 64 mm200 mm x 170 mm x 80 mm162 mm x 82 mm x 60 mm150 mm x 95 mm x 51 mm226 mm x 126 mm x 106 mm163 mm x 79 mm x 57 mm101 mm x 38 mm x 38 mm162 mm x 54 mm x 69 mm379 mm x 76 mm x 76 mm147 mm x 51 mm x 65,5 mm
Diameter lensa38 mm50 mm42 mm32 mm40 mm20 mmTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan19 mm
Magnifikasi3,1–12,4X4X (digital zoom 2–5X)3X3X5X1X1X6,5–13X (digital zoom 2X)5–20X1,6–6X
Bidang pandang9,8°20°23 m@1000 m5° x 3,75°36°20° x 16°40°19,5° x 14,7°
Alat sinar inframerahTidak adaAdaAdaAdaAdaAdaTidak adaAdaAdaTidak ada
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan outdoor lainnya di sini!

Alam adalah tempat yang penuh kejutan. Dari alat telekomunikasi hingga perlengkapan medis, berbagai peralatan perlu disiapkan untuk menjelajahi alam bebas dengan aman. Untuk memudahkan persiapan Anda, kami telah menyiapkan rangkaian produk untuk kebutuhan outdoor Anda di bawah ini. Silakan membaca!

Kesimpulan

Teropong malam memiliki berbagai fungsi dari permainan dan pengamanan rumah hingga pemantauan satwa liar. Untuk keperluan outdoor, pilihlah teropong yang portabel, memiliki magnifikasi tinggi dan dilengkapi IR illuminator. Untuk penggunaan selama 24 jam, pilihlah produk digital atau yang menggunakan pencitraan termal.


Apakah Anda sudah memilih produk yang Anda butuhkan? Selamat menikmati pemandangan malam dengan teropong malam pilihan Anda!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    8.968 Views
  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda memiliki hobi fotografi? Tentunya harga kamera dan lensa SLR Anda tidak dapat dibilang murah, ya. Pastinya Anda ingin menjaga agar lensa tetap aman dari goresan meskipun sering digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk perlindungan lensa Anda, filter lensa merupakan solusinya.Ada banyak brand yang memproduksi filter lensa, seperti K&F Concept, ZOMEi, dan Hoya. Tidak hanya untuk melindungi lensa, filter lensa juga dapat berfungsi untuk efek fotografi. Barangkali Anda cukup kewalahan memilih filter lensa yang Anda butuhkan. Karena itu, simaklah tips serta rekomendasi dari kami.
    Lensa & aksesori
    8.712 Views
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan atau traveling.Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
    1.714 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa tele atau telephoto lens digunakan untuk memotret berbagai kegiatan, seperti pertandingan olahraga, foto lanskap, atau burung-burung liar. Namun, banyaknya produsen lensa tele seperti Canon, Nikon, Sigma, dan sebagainya mungkin membuat Anda bingung memilih produk terbaik.Karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi lensa tele terbaik yang berbeda fitur, spesifikasi, dan harga satu sama lain. Semoga menginspirasi Anda dan membantu Anda dalam menemukan lensa yang tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    19.774 Views
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagian orang mungkin berpikir bahwa penggunaan lens hood untuk lensa kamera tidaklah diperlukan. Namun, penggunaan lens hood nyatanya memberi pengaruh bagi kualitas gambar yang dihasilkan saat Anda memotret objek gambar. Foto yang dihasilkan tentunya akan lebih sempurna.Ternyata cukup banyak jenis lens hood yang beredar di pasaran sehingga mungkin menyulitkan Anda. Melalui artikel ini, kami menjelaskan cara memilih lens hood terbaik berdasarkan fungsi dan efek yang dapat dihasilkan. Sebelum membahas lebih jauh, akan kami jelaskan beberapa kegunaan lens hood pada kamera.
    Lensa & aksesori
    2.534 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan lensa pada kamera mirrorless sangat memengaruhi hasil foto yang didapat. Untuk menghasilkan efek bokeh, mendapatkan gambar yang tajam dengan jangkauan lebar, memotret objek jarak jauh, tentunya tidak bisa hanya menggunakan satu lensa saja.Untuk itu, produsen seperti Olympus, Sony, Canon, Fujifilm, Sigma, dan Nikon secara aktif mengembangkan lensa untuk kamera mirrorless. Melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cara memilih lensa mirrorless beserta produk-produk rekomendasinya, termasuk lensa keluaran third party, seperti Samyang, 7Artisans, dan lainnya.
    Lensa & aksesori
    13.130 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa fix merupakan lensa dengan satu focal length sehingga tidak memiliki fungsi zoom. Jika Anda ingin membuat objek menjadi lebih dekat atau jauh, Anda perlu berpindah posisi untuk mengatur komposisinya. Ada banyak lensa seperti Canon, Fujifilm, Sony, dan lainnya yang dijual di pasaran. Hal ini membuat pencinta fotografi, khususnya pemula, sering bertanya-tanya mana yang harus dipilih.Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh lensa fix yang bisa dijadikan sebagai referensi. Kami juga akan memberikan tips untuk memilihnya berdasarkan focal length, aperture, hingga tipe mount. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    4.943 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Converter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Converter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa converter adalah aksesori yang dapat mengubah tampilan foto jika dipasangkan pada kamera atau lensa. Produk ini disukai penggemar fotografi karena memberikan pengalaman fotografi baru tanpa harus membeli peralatan yang mahal. Anda dapat mengambil foto-foto menarik dengan menginstal aksesori tambahan tanpa kehilangan kualitas gambar. Saat ini, produsen seperti Olympus, Sony, dan Ricoh telah merilis berbagai jenis lensa converter. Kali ini, kami akan memperkenalkan beberapa jenis lensa converter berserta cara memilihnya. Anda mungkin akan menemukan produk-produk yang menarik. Jadi, silakan cek rekomendasi kami berikut ini.
    Lensa & aksesori
    884 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2020)
    Selain dapat dijadikan sebagai profesi, banyak orang menjadikan fotografi sebagai hobi. Tak jarang, seseorang yang menekuni kegiatan fotografi akan mengoleksi lebih dari satu lensa. Salah satu merek kamera mirrorless yang sudah terkenal dan cukup banyak digunakan adalah Sony. Setiap lensa mirrorless Sony tentunya menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Misalnya saja FE 85mm F1.8 dan Sonnar T* FE 55mm F1.8 ZA yang berbeda kualitasnya dengan lensa kit standar. Untuk itu, kami akan menjelaskan tips memilih lensa mirrorless Sony terbaik sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Simak artikel ini sampai tuntas, ya! 
    Lensa & aksesori
    1.538 Views
  • 10 Rekomendasi Teropong Monocular Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Teropong Monocular Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Teropong monocular dapat digunakan untuk menonton konser dan pertandingan olahraga. Anda juga bisa menggunakannya untuk menikmati karya seni dan mengamati burung (bird-watching). Desainnya kecil sehingga lebih mudah dibawa dibandingkan teropong binocular. Baru-baru ini, beberapa teropong monocular bahkan dapat disambungkan ke smartphone sehingga menambahkan fungsi lain saat digunakan.Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli teropong monocular. Setelah menjelaskannya, kami akan merekomendasikan beberapa teropong monocular yang bisa Anda pilih, seperti Gomu, Gosky, dan Vixen. Silakan pilih teropong monocular yang cocok untuk Anda!
    Lensa & aksesori
    70 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa tele atau telephoto lens digunakan untuk memotret berbagai kegiatan, seperti pertandingan olahraga, foto lanskap, atau burung-burung liar. Namun, banyaknya produsen lensa tele seperti Canon, Nikon, Sigma, dan sebagainya mungkin membuat Anda bingung memilih produk terbaik.Karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi lensa tele terbaik yang berbeda fitur, spesifikasi, dan harga satu sama lain. Semoga menginspirasi Anda dan membantu Anda dalam menemukan lensa yang tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    19.774 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    8.968 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan lensa pada kamera mirrorless sangat memengaruhi hasil foto yang didapat. Untuk menghasilkan efek bokeh, mendapatkan gambar yang tajam dengan jangkauan lebar, memotret objek jarak jauh, tentunya tidak bisa hanya menggunakan satu lensa saja.Untuk itu, produsen seperti Olympus, Sony, Canon, Fujifilm, Sigma, dan Nikon secara aktif mengembangkan lensa untuk kamera mirrorless. Melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cara memilih lensa mirrorless beserta produk-produk rekomendasinya, termasuk lensa keluaran third party, seperti Samyang, 7Artisans, dan lainnya.
    Lensa & aksesori
    13.130 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa fix merupakan lensa dengan satu focal length sehingga tidak memiliki fungsi zoom. Jika Anda ingin membuat objek menjadi lebih dekat atau jauh, Anda perlu berpindah posisi untuk mengatur komposisinya. Ada banyak lensa seperti Canon, Fujifilm, Sony, dan lainnya yang dijual di pasaran. Hal ini membuat pencinta fotografi, khususnya pemula, sering bertanya-tanya mana yang harus dipilih.Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh lensa fix yang bisa dijadikan sebagai referensi. Kami juga akan memberikan tips untuk memilihnya berdasarkan focal length, aperture, hingga tipe mount. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    4.943 Views
  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda memiliki hobi fotografi? Tentunya harga kamera dan lensa SLR Anda tidak dapat dibilang murah, ya. Pastinya Anda ingin menjaga agar lensa tetap aman dari goresan meskipun sering digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk perlindungan lensa Anda, filter lensa merupakan solusinya.Ada banyak brand yang memproduksi filter lensa, seperti K&F Concept, ZOMEi, dan Hoya. Tidak hanya untuk melindungi lensa, filter lensa juga dapat berfungsi untuk efek fotografi. Barangkali Anda cukup kewalahan memilih filter lensa yang Anda butuhkan. Karena itu, simaklah tips serta rekomendasi dari kami.
    Lensa & aksesori
    8.712 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2020)
    Selain dapat dijadikan sebagai profesi, banyak orang menjadikan fotografi sebagai hobi. Tak jarang, seseorang yang menekuni kegiatan fotografi akan mengoleksi lebih dari satu lensa. Salah satu merek kamera mirrorless yang sudah terkenal dan cukup banyak digunakan adalah Sony. Setiap lensa mirrorless Sony tentunya menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Misalnya saja FE 85mm F1.8 dan Sonnar T* FE 55mm F1.8 ZA yang berbeda kualitasnya dengan lensa kit standar. Untuk itu, kami akan menjelaskan tips memilih lensa mirrorless Sony terbaik sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Simak artikel ini sampai tuntas, ya! 
    Lensa & aksesori
    1.538 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Converter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Converter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa converter adalah aksesori yang dapat mengubah tampilan foto jika dipasangkan pada kamera atau lensa. Produk ini disukai penggemar fotografi karena memberikan pengalaman fotografi baru tanpa harus membeli peralatan yang mahal. Anda dapat mengambil foto-foto menarik dengan menginstal aksesori tambahan tanpa kehilangan kualitas gambar. Saat ini, produsen seperti Olympus, Sony, dan Ricoh telah merilis berbagai jenis lensa converter. Kali ini, kami akan memperkenalkan beberapa jenis lensa converter berserta cara memilihnya. Anda mungkin akan menemukan produk-produk yang menarik. Jadi, silakan cek rekomendasi kami berikut ini.
    Lensa & aksesori
    884 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori