• 10 Rekomendasi Teropong Monocular Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Teropong Monocular Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Teropong Monocular Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Teropong Monocular Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Teropong Monocular Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Teropong Monocular Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Teropong monocular adalah jenis teropong dengan satu eyecup. Anda hanya menggunakan satu mata saja saat mengamati objek dengan produknya. Meskipun demikian, Anda masih bisa mengamati objek jarak jauh dengan teropong monocular. Tipe teropong ini digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti melihat pertandingan, bird-watching, dan menonton konser.

 
Bahkan ada juga teropong monocular yang dapat disambungkan ke HP. Untuk memudahkan Anda mendapat produk yang tepat, kami akan membahas tips memilih teropong monocular terbaik. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek teropong monocular yang bagus, seperti Bushnell, Apexel, dan SVBONY. Selamat menyimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 25 Oktober 2022
Daftar isi

Apa itu teropong monocular?

Apa itu teropong monocular?

Seperti namanya, teropong monocular adalah teropong untuk melihat detail suatu objek atau objek jarak jauh dengan satu mata. Karena menggunakan satu mata, kaca pembesar dan teleskop kecil juga termasuk monocularBisa dibilang teropong monocular adalah teleskop kecil yang berukuran setengah dari teropong binocular.


Selain bentuknya, ada perbedaan lain antara teropong monocular dan teropong binocular. Teropong monocular lebih unggul saat digunakan melihat objek dekat. Hal ini akan menguntungkan Anda ketika menikmati lukisan di museum. Bentuk teropong ini juga kecil dan ringan sehingga lebih mudah dibawa.


Kekurangannya adalah Anda tidak bisa merasakan sensasi jarak dan efek tiga dimensi dengan teropong monocular. Hal ini karena Anda hanya melihat dengan satu mata. Selain itu, teropong monocular kurang cocok untuk melihat objek yang bergerak dengan cepat. Saat melihat pertandingan atau bird-watching, mata Anda bisa cepat lelah.

Cara memilih teropong monocular

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan sebelum Anda menentukan pilihan, seperti magnifikasi dan diameter lensa objektif. Harap perhatikan ulasannya berikut dengan cermat agar Anda menemukan teropong monocular yang sesuai dengan kebutuhan.

Hindari monocular dengan magnifikasi yang terlalu tinggi

Hindari monocular dengan magnifikasi yang terlalu tinggi

Memang benar bahwa makin tinggi magnifikasi, makin jauh jarak yang bisa dilihat. Namun, bukan berarti objek akan makin mudah dilihat. Magnifikasi tinggi berarti sudut pandangnya sempit sehingga gerakan sedikit saja bisa menyebabkan penglihatan objek bergeser jauh.


Jika hanya terpaku pada magnifikasi tinggi, Anda akan mendapatkan produk dengan sudut pandang sempit dan pemandangan gelap. Untuk teropong monocular, magnifikasi 10x sudah cukup. Apabila lebih dari itu, teropong monocular bisa kehilangan keseimbangannya.

Pahami istilah tertentu sebelum memilih monocular

Ketika memilih teropong monocular, pastikan Anda memahami beberapa istilah teknis dan spesifikasinya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mengerti kriteria ideal dari teropong monocular yang dibutuhkan. Simak ulasan lengkapnya berikut.

Lensa objektif, memengaruhi banyaknya cahaya yang masuk

Lensa objektif, memengaruhi banyaknya cahaya yang masuk

Lensa objektif adalah lensa yang terpasang pada sisi berlawanan dari lensa yang Anda gunakan. Diameter dari lensa itulah yang disebut dengan diameter efektif lensa objektif. Makin besar angka diameter efektif, makin banyak cahaya yang bisa masuk. Alhasil, pemandangan yang Anda lihat pun jadi lebih terang.


Diameter efektif dari lensa objektif ditentukan oleh magnifikasi. Makin besar ukuran magnifikasi, makin besar dan berat pula desain dari teropong monocular. Jika magnifikasinya 3x hingga 8x, lensa objektifnya berkisar antara 10–20 mm. Apabila magnifikasinya sekitar 7x hingga 10x, panduan diameter lensanya adalah 20–30 mm.

Tingkat kecerahan, berhubungan dengan gelap dan terang objek

Tingkat kecerahan, berhubungan dengan gelap dan terang objek

Tingkat kecerahan adalah hasil kuadrat dari diameter efektif pupil lensa dibagi magnifikasi. Makin tinggi angkanya, makin baik kinerja lensa di tempat gelap. Jika Anda kerap memakai teropong monocular di tempat gelap, perhatikan tingkat kecerahan tersebut. Berikut panduan selengkapnya.


  • Cuaca cerah: tingkat kecerahan 4 ke bawah sudah cukup
  • Cuaca normal: sebaiknya menggunakan teropong dengan tingkat kecerahan 4–9
  • Tempat redup: lebih jelas dengan teropong yang tingkat kecerahannya di atas 9
  • Tempat gelap: gunakanlah teropong dengan tingkat kecerahan di atas 25

Bagaimanapun juga, angka tersebut hanyalah saran. Tampilannya akan berubah tergantung lensa dan prisma yang digunakan. Selain itu, tak banyak produsen dan seller yang menyebutkan tentang tingkat kecerahan teropong monocular. Tanyakanlah secara langsung apabila Anda membutuhkan informasinya.

Jarak pemfokusan, disesuaikan dengan objek yang diamati

Jarak pemfokusan, disesuaikan dengan objek yang diamati

Jarak pemfokusan menunjukkan jarak terpendek lensa dengan objek agar lensa dapat memfokuskannya. Anda tidak perlu memikirkan hal ini jika menggunakan teropong monocular untuk melihat objek yang jauh. Namun, jarak ini perlu dipastikan jika Anda melihat objek yang dekat, seperti karya seni di museum.


Apabila diletakkan di dalam kotak kaca, karya seni di museum rata-rata berjarak 45–60 cm dari pengamat. Jarak ini bisa lebih pendek jika karya seni tidak diletakkan di dalam kotak kaca. Karena itu, pilihlah produk dengan jarak pemfokusan terdekat yang pendek jika dipakai untuk mengamati karya seni di museum.

Pilih teropong monocular sesuai tujuan dan kegunaannya

Anda sudah memahami spesifikasi teropong monocular. Kini saatnya mengetahui cara memilih teropong monocular yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mengingat ada banyak aktivitas yang ditunjang teropong monocular, pilihlah produk yang tepat, ya!

Melihat pertandingan, teropong dengan pembesaran 10 kali cukup

Melihat pertandingan, teropong dengan pembesaran 10 kali cukup

Teropong monocular yang bisa Anda gunakan untuk pertandingan indoor akan berbeda dengan yang untuk pertandingan outdoor. Untuk menonton pertandingan olahraga, Anda membutuhkan teropong monocular dengan bidang pandang seluas mungkin. Magnifikasi yang disarankan juga berbeda tergantung ukuran lapangan. Akan tetapi, magnifikasi 10x biasanya sudah cukup.


Pilihlah teropong monocular dengan tingkat kecerahan standar 4–9 untuk pertandingan di siang hari. Jika menonton pada malam hari, sebaiknya pilih kecerahan 9–25. Selain itu, pastikan produk dilengkapi fungsi tahan air untuk olahraga outdoor. Hal ini agar teropong monocular Anda tetap aman digunakan jika hujan turun tiba-tiba. Perhatikan juga kekuatan bodi teropong agar tidak langsung rusak saat terjatuh.

Menonton konser, lebih stabil dengan magnifikasi 4–10 kali

Menonton konser, lebih stabil dengan magnifikasi 4–10 kali

Teropong monocular juga bisa digunakan untuk menonton konser luar ruangan pada siang hari, lho! Jika Anda mencari jenis teropong tersebut, teropong dengan magnifikasi 4–10x dan kecerahan 4–9 dinilai sudah ideal. Pastikan juga teropong monocular Anda tahan air supaya lebih aman saat tiba-tiba turun hujan.

Bird-watching, membutuhkan magnifikasi yang lebih besar

Bird-watching, membutuhkan magnifikasi yang lebih besar

Teropong monocular dengan magnifikasi 10x sudah cukup untuk digunakan untuk pengamatan burung. Ukuran tersebut memudahkan menangkap pergerakan burung yang terbang dengan cepat.


Sesuaikanlah juga tingkat kecerahan dengan lokasinya. Gunakan teropong monocular dengan tingkat kecerahan 4–9 untuk tempat terang dan 9–25 untuk lokasi gelap. Akan lebih baik jika produk memiliki fitur shockproof sehingga bisa tahan guncangan.

Mengamati karya seni, tingkat kecerahan sangat menentukan

Mengamati karya seni, tingkat kecerahan sangat menentukan

Jika Anda ingin menggunakan teropong monocular untuk melihat lukisan di museum, pilih yang jarak pemfokusan terdekatnya pendek. Di beberapa museum, cahaya ruang pameran diredupkan untuk melindungi karya seni. Sebab itu, tingkat kecerahan yang direkomendasikan adalah 9–25. Untuk magnifikasinya, pilih yang sekitar 4x sampai 7x.

Periksa juga ukuran dan bobot teropong monocular

Periksa juga ukuran dan bobot teropong monocular

Makin tinggi performa teropong monocular, makin besar ukuran dan bobotnya. Hal ini karena ukuran lensanya yang besar. Namun, keunggulan teropong monocular yang nyaman untuk dibawa jadi hilang jika ukurannya terlalu besar dan berat.


Bobot monocular juga penting karena teropong akan sering goyang jika terlalu berat. Makin ringan teropong monocular, makin seimbang pula dengan spesifikasinya. Kami merekomendasikan produk dengan berat sekitar 50 gram hingga 400 gram.

10 Rekomendasi teropong monocular terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk teropong monocular terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 20 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Vixen Joyful Monocular H7-21×21 menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Nankai Teropong Monocular 16 X 52 memiliki angka penjualan tertinggi. 

Gambar produk
1
Nankai Teropong Monocular 16 X 52 1

Nankai

2
Apexel High Power 28x HD Phone Telephoto Lens 1

Apexel

3
Decathlon  Quechua Monocular Mh M100 X6 V2  1

Decathlon

4
SVBONY  SV42 8x42 Compass Monocular 1

SVBONY

5
SVBONY SV49 13x50 Monocular 1

SVBONY

6
Vortex Optics SOLO 10X36 1

Vortex Optics

7
Apexel HD Zoom 10-20X Monocular Telescope 1

Apexel

8
Axcell  Monocular Zoom Telescope Long Range 1

Axcell

9
Bushnell  6x50 Equinox Z Digital Night Vision Monocular 1

Bushnell

10
Vixen  Multi Monocular 8×20 1

Vixen

Nama produk

Teropong Monocular 16 X 52

High Power 28x HD Phone Telephoto Lens

Quechua Monocular Mh M100 X6 V2

SV42 8x42 Compass Monocular

SV49 13x50 Monocular

SOLO 10X36

HD Zoom 10-20X Monocular Telescope

Monocular Zoom Telescope Long Range

6x50 Equinox Z Digital Night Vision Monocular

Multi Monocular 8×20

Keunggulan

Harga terjangkau, tak perlu bujet besar untuk meminang teropong monocular!

Bisa jadi lensa telephoto untuk smartphone!

Lensa fixed focus-nya mudah digunakan oleh anak-anak sekalipun

Ukur jarak dan ukuran objek dengan fitur khususnya

Tetap solid mengamati objek saat hujan

Konstruksinya kukuh untuk menghadapi kondisi apa pun

Fiturnya lengkap, pas digunakan untuk berbagai kegiatan

Tampilan dari teropong lebih jernih dengan green film coating

Monocular dengan night vision yang bisa merekam

Jelajah museum jadi makin seru dengan teropong ini!

Harga mulai dariRp 63.000,00Rp 399.000,00Rp 170.000,00Rp 1.517.000,00Rp 756.000,00Rp 3.152.000,00Rp 648.900,00Rp 141.100,00Rp 9.500.000,00Rp 2.334.000,00
Magnifikasi16 kali28 kali6 kali8 kali13 kali10 kali10–20 kali10–300 kali6 kali8 kali
Lensa objektif52 mmTidak ada keterangan25 mm42 mm50 mm36 mm50 mm40 mm50 mm 20 mm
Jarak fokus minimalTidak ada keterangan5 meter20 meter3 meter4,5 meter50 meterTidak ada keterangan3 meterTidak ada keterangan0,25 meter
Field of view66 meter/8.000 meterTidak ada keteranganTidak ada keterangan125 meter/914 meter114 meter/914 meter100 meter/914 meter52 meter/75 meterTidak ada keterangan6,8 meter/100 meter122 meter/1.000 meter
Berat300 gram340 gram197 gram330 gram425 gram263 gramTidak ada keterangan160 gram765 gram80 gram
UkuranTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan145 mm x 47 mm x 47 mm Tidak ada keterangan124 mm x 66 mm188 mm x 81 mm × 60 mm172 mm x 43 mm x 43 mm191 mm x 98 mm x 64 mm102 mm × 31 mm × 35 mm
Tautan produk
10

Vixen Multi Monocular 8×20

Mulai dari Rp 2.334.000,00

Magnifikasi8 kali
Lensa objektif20 mm
Jarak fokus minimal0,25 meter
Field of view122 meter/1.000 meter
Berat80 gram
Ukuran102 mm × 31 mm × 35 mm
9

Bushnell 6x50 Equinox Z Digital Night Vision Monocular

Mulai dari Rp 9.500.000,00

Magnifikasi6 kali
Lensa objektif50 mm
Jarak fokus minimalTidak ada keterangan
Field of view6,8 meter/100 meter
Berat765 gram
Ukuran191 mm x 98 mm x 64 mm
8

Axcell Monocular Zoom Telescope Long Range

AXC44

Mulai dari Rp 141.100,00

Magnifikasi10–300 kali
Lensa objektif40 mm
Jarak fokus minimal3 meter
Field of viewTidak ada keterangan
Berat160 gram
Ukuran172 mm x 43 mm x 43 mm
7

ApexelHD Zoom 10-20X Monocular Telescope

APL-10-20X50

Mulai dari Rp 648.900,00

Magnifikasi10–20 kali
Lensa objektif50 mm
Jarak fokus minimalTidak ada keterangan
Field of view52 meter/75 meter
BeratTidak ada keterangan
Ukuran188 mm x 81 mm × 60 mm
6
Magnifikasi10 kali
Lensa objektif36 mm
Jarak fokus minimal50 meter
Field of view100 meter/914 meter
Berat263 gram
Ukuran124 mm x 66 mm
5
Magnifikasi13 kali
Lensa objektif50 mm
Jarak fokus minimal4,5 meter
Field of view114 meter/914 meter
Berat425 gram
UkuranTidak ada keterangan
4

SVBONY SV42 8x42 Compass Monocular

Mulai dari Rp 1.517.000,00

Magnifikasi8 kali
Lensa objektif42 mm
Jarak fokus minimal3 meter
Field of view125 meter/914 meter
Berat330 gram
Ukuran145 mm x 47 mm x 47 mm
3

Decathlon Quechua Monocular Mh M100 X6 V2

Mulai dari Rp 170.000,00

Magnifikasi6 kali
Lensa objektif25 mm
Jarak fokus minimal20 meter
Field of viewTidak ada keterangan
Berat197 gram
UkuranTidak ada keterangan
2

ApexelHigh Power 28x HD Phone Telephoto Lens

Mulai dari Rp 399.000,00

Magnifikasi28 kali
Lensa objektifTidak ada keterangan
Jarak fokus minimal5 meter
Field of viewTidak ada keterangan
Berat340 gram
UkuranTidak ada keterangan
1
Magnifikasi16 kali
Lensa objektif52 mm
Jarak fokus minimalTidak ada keterangan
Field of view66 meter/8.000 meter
Berat300 gram
UkuranTidak ada keterangan

Baca juga rekomendasi teropong lainnya di sini

Masih banyak jenis alat untuk melihat objek jauh yang telah kami ulas selain teropong monocular. Beberapa di antaranya adalah teropong binocular, teropong jarak jauh, dan teleskop. Simak artikel-artikel di bawah ini jika Anda membutuhkan ulasannya dari kami!

Kesimpulan

Kami telah berbagi tips serta memperkenalkan beberapa produk teropong monocular terbaik. Apakah ada produk yang menarik perhatian Anda? Karena berukuran kecil dan mudah dibawa-bawa, teropong monocular cocok untuk beragam aktivitas.


Teropong monocular bisa digunakan untuk menyaksikan pertandingan olahraga, konser, dan mengapresiasi karya seni. Silakan pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga ulasan ini membantu Anda menemukan produk yang tepat!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sigma adalah merek lensa buatan Jepang dengan kualitas hasil yang tajam. Lensa Sigma sendiri dapat digunakan untuk berbagai merek kamera, seperti Sony, Fujifilm, Canon, ataupun Nikon. Di pasaran Anda dapat menjumpai produk lensa Sigma dengan focal length yang beragam. Melalui artikel ini kami akan mengulas tips memilih lensa Sigma terbaik yang dapat diberi secara online. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi lensa Sigma yang bagus untuk kamera DSLR ataupun mirrorless. Jika Anda tidak ingin salah memilih lensa Sigma, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan atau traveling.Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lensa tele adalah lensa yang digunakan untuk memotret objek jauh, seperti saat mengambil foto pertandingan sepakbola, lanskap, atau burung-burung liar. Saat ini, ada banyak produsen memproduksi lensa tele yang bagus seperti Canon, Nikon, Sony, Fujifilm, dan sebagainya.  Jenis lensa tele yang diproduksi tersebut sangat beragam. Ada lensa tele yang murah ada juga yang mahal, tergantung pada spesifikasi dari lensa tersebut. Anda pun harus memilih lensa tele terbaik untuk kebutuhan Anda. Jika Anda Anda masih bingung memilih lensa tele yang pas, jadikanlah artikel ini sebagai panduan untuk memilih. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagian orang mungkin berpikir bahwa penggunaan lens hood pada lensa kamera tidaklah diperlukan. Namun, lens hood sebenarnya cukup berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan. Lens hood tersedia dalam berbagai bentuk dan bahan yang memiliki keunggulan masing-masing.Apakah Anda masih bingung dalam memilih lens hood? Kali ini kami akan membahas tips memilih dan merekomendasikan produk lens hood dari berbagai merek yang bagus. Produk dari Phottix, Nikon, dan Olympus akan Anda temukan dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Penggunaan lensa pada kamera mirrorless sangat memengaruhi hasil foto yang didapat. Untuk menghasilkan efek bokeh, mendapatkan gambar yang tajam dengan jangkauan lebar, memotret objek jarak jauh, tentunya tidak bisa hanya menggunakan satu lensa saja.Untuk itu, produsen seperti Olympus, Sony, Canon, Fujifilm, Panasonic, dan Nikon secara aktif mengembangkan lensa untuk kamera mirrorless. Melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cara memilih lensa mirrorless beserta produk-produk rekomendasinya, termasuk lensa keluaran third party, seperti Meike. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda menggemari fotografi, mungkin Anda akan memerlukan setidaknya satu buah lensa fix. Selain untuk memotret objek gambar, lensa fix menjadi salah satu lensa yang paling pas untuk membuat konten video. Di pasaran, cukup banyak lensa fix yang dapat Anda jumpai.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih lensa fix terbaik sesuai dengan merek kamera yang Anda gunakan. Lensa fix yang bagus, misalnya merek Canon, Sony, dan Fujifilm akan kami ulas keunggulan dan kekurangannya. Jika Anda tidak ingin salah memilih lensa fix, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Kamera DSLR Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Kamera DSLR Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pencinta fotografi pasti tidak asing lagi dengan lensa kamera sebagai salah satu perlengkapan wajib untuk digunakan. Lensa kamera dipasang pada bodi kamera untuk memungkinkan penggunanya merasakan pengalaman menarik dan memberikan hasil gambar yang baik.Ada banyak produsen lensa kamera DSLR, seperti Sony, Canon, Nikon, Fujifilm, dan masih banyak lagi. Jangan khawatir dengan banyak pilihan, kami akan memberikan rekomendasi merek lensa kamera DSLR terbaik. Rekomendasi ini juga disertai berbagai tips memilih yang bisa Anda jadikan acuan untuk memilih lensa yang bagus. Baca sampai selesai, ya!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2022)
    Selain dapat dijadikan sebagai profesi, banyak orang menjadikan fotografi sebagai hobi. Tak jarang, seseorang yang menekuni kegiatan fotografi akan mengoleksi lebih dari satu lensa. Salah satu merek kamera mirrorless yang sudah terkenal dan cukup banyak digunakan adalah Sony.Setiap lensa mirrorless Sony menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Misalnya saja FE 85mm F1.8 dan Vario-Tessar T* E 16-70mm F4 ZA OSS yang berbeda kualitasnya dengan lensa kit standar. Untuk itu, kami akan menjelaskan tips memilih lensa mirrorless Sony terbaik sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Teropong malam atau teropong night vision adalah sebuah alat yang membantu Anda untuk melihat di lingkungan yang gelap. Night vision memiliki beragam aplikasi dari pengamatan satwa liar hingga aktivitas berburu. Kini telah hadir banyak teropong malam yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Namun, manakah yang cocok untuk kebutuhan Anda?Kami akan mengulas cara memilih teropong malam untuk berbagai kegiatan Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk teropong malam terbaik dari Bushnell, YUKON, PARD, dan PULSAR. Perhatikan spesifikasi dari masing-masing produk dan pilihlah yang paling sesuai!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu merek lensa fix yang bagus adalah Canon. Di pasaran, terdapat macam-macam lensa fix Canon, mulai dari lensa fix Canon mirrorless hingga lensa fix untuk kamera DSLR. Harga lensanya pun beragam tergantung spesifikasi yag ditawarkan.Kami akan menjelaskan tips memilih lensa fix Canon terbaik sesuai kebutuhan. Anda akan menemukan lensa fix Canon STM, lensa fix Canon 50 mm atau 35 mm, dan sebagainya. Kami juga akan mengulas lensa yang cocok untuk Canon 1200D, Canon 600D, dan Canon EOS M50. Lensa fix Canon yang murah pun ada!
    Lensa & aksesori
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lensa tele adalah lensa yang digunakan untuk memotret objek jauh, seperti saat mengambil foto pertandingan sepakbola, lanskap, atau burung-burung liar. Saat ini, ada banyak produsen memproduksi lensa tele yang bagus seperti Canon, Nikon, Sony, Fujifilm, dan sebagainya.  Jenis lensa tele yang diproduksi tersebut sangat beragam. Ada lensa tele yang murah ada juga yang mahal, tergantung pada spesifikasi dari lensa tersebut. Anda pun harus memilih lensa tele terbaik untuk kebutuhan Anda. Jika Anda Anda masih bingung memilih lensa tele yang pas, jadikanlah artikel ini sebagai panduan untuk memilih. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu merek lensa fix yang bagus adalah Canon. Di pasaran, terdapat macam-macam lensa fix Canon, mulai dari lensa fix Canon mirrorless hingga lensa fix untuk kamera DSLR. Harga lensanya pun beragam tergantung spesifikasi yag ditawarkan.Kami akan menjelaskan tips memilih lensa fix Canon terbaik sesuai kebutuhan. Anda akan menemukan lensa fix Canon STM, lensa fix Canon 50 mm atau 35 mm, dan sebagainya. Kami juga akan mengulas lensa yang cocok untuk Canon 1200D, Canon 600D, dan Canon EOS M50. Lensa fix Canon yang murah pun ada!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2022)
    Selain dapat dijadikan sebagai profesi, banyak orang menjadikan fotografi sebagai hobi. Tak jarang, seseorang yang menekuni kegiatan fotografi akan mengoleksi lebih dari satu lensa. Salah satu merek kamera mirrorless yang sudah terkenal dan cukup banyak digunakan adalah Sony.Setiap lensa mirrorless Sony menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Misalnya saja FE 85mm F1.8 dan Vario-Tessar T* E 16-70mm F4 ZA OSS yang berbeda kualitasnya dengan lensa kit standar. Untuk itu, kami akan menjelaskan tips memilih lensa mirrorless Sony terbaik sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Filter lensa tidak hanya berfungsi sebagai pelindung, tetapi juga membuat hasil jepretan lebih bagus, terlebih jika Anda menggunakan kamera DSLR. Anda bisa bereksplorasi dengan menggunakan beragam jenis filter lensa, seperti ND filter, CPL filter, UV filter, dan lainnya.  Tiap jenis filter lensa mempunyai karakteristiknya masing-masing yang digunakan untuk kondisi dan kebutuhan berbeda. Kali ini, kami akan mengulas tips memilih filter lensa terbaik. Kami juga memberikan rekomendasi merek filter lensa yang bagus, seperti Kenko, Hoya, dan K&F Concept. Bacalah artikel ini dengan saksama dan temukan produk yang sesuai kebutuhan.
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Teropong malam atau teropong night vision adalah sebuah alat yang membantu Anda untuk melihat di lingkungan yang gelap. Night vision memiliki beragam aplikasi dari pengamatan satwa liar hingga aktivitas berburu. Kini telah hadir banyak teropong malam yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Namun, manakah yang cocok untuk kebutuhan Anda?Kami akan mengulas cara memilih teropong malam untuk berbagai kegiatan Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk teropong malam terbaik dari Bushnell, YUKON, PARD, dan PULSAR. Perhatikan spesifikasi dari masing-masing produk dan pilihlah yang paling sesuai!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Nikon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Nikon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lensa adalah salah satu properti kamera yang cukup penting untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal. Namun, menggunakan lensa pun tidak bisa sembarangan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar lensa dapat bekerja dengan baik. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi lensa merek Nikon yang bagus untuk Anda. Anda bisa menemukan banyak tipe lensa Nikon, baik yang bersensor APS-C maupun full frame. Anda butuh lensa Nikon dengan focal length 35 mm, 50 mm, atau 55–300 mm? Semua akan kami ulas secara singkat. Jadi, silakan disimak baik-baik, ya!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sigma adalah merek lensa buatan Jepang dengan kualitas hasil yang tajam. Lensa Sigma sendiri dapat digunakan untuk berbagai merek kamera, seperti Sony, Fujifilm, Canon, ataupun Nikon. Di pasaran Anda dapat menjumpai produk lensa Sigma dengan focal length yang beragam. Melalui artikel ini kami akan mengulas tips memilih lensa Sigma terbaik yang dapat diberi secara online. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi lensa Sigma yang bagus untuk kamera DSLR ataupun mirrorless. Jika Anda tidak ingin salah memilih lensa Sigma, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Lensa & aksesori
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori