• 10 Rekomendasi Teropong Monocular Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Teropong Monocular Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Teropong Monocular Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Teropong Monocular Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Teropong Monocular Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Teropong Monocular Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Teropong monocular dapat digunakan untuk menonton konser dan pertandingan olahraga. Anda juga bisa menggunakannya untuk menikmati karya seni dan mengamati burung (bird-watching). Desainnya kecil sehingga lebih mudah dibawa dibandingkan teropong binocular. Baru-baru ini, beberapa teropong monocular bahkan dapat disambungkan ke smartphone sehingga menambahkan fungsi lain saat digunakan.


Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli teropong monocular. Setelah menjelaskannya, kami akan merekomendasikan beberapa teropong monocular yang bisa Anda pilih, seperti Gomu, Gosky, dan Vixen. Silakan pilih teropong monocular yang cocok untuk Anda!

  • Pembaharuan terakhir: 30 April 2021
  • 2.390 Views
Daftar isi

Apa itu teropong monocular?

Sesuai namanya, monocular adalah teropong untuk melihat detail suatu objek atau objek yang jauh dengan satu mata. Karena menggunakan satu mata, kaca pembesar dan teleskop kecil juga termasuk  monocular. Namun, teropong monocular di sini adalah teropong yang tidak memutar objek sehingga objek terlihat pada posisi sebenarnya. Bisa dibilang, teropong monocular adalah teleskop kecil yang berukuran setengah dari teropong binocular.

Kelebihan teropong monocular

Kelebihan teropong monocular

Teropong monocular lebih unggul daripada teropong binocular untuk melihat objek yang dekat. Ini karena jarak yang dapat difokuskan lensa teropong monocular lebih kecil daripada teropong binocular. Jarak ini disebut dengan jarak pemfokusan terdekat. Pada binocular, jaraknya adalah 50 cm. Sementara itu, ada teropong monocular dengan jarak fokus yang lebih dekat lagi.


Jarak pemfokusan terdekat ini berkaitan dengan cara Anda menggunakan teropong. Misalnya, Anda ingin melihat objek-objek yang tidak terlalu jauh seperti di museum. Nah, Anda bisa melihat detail objek dengan teropong monocular tanpa perlu berada terlalu jauh dari objek. Ini kelebihannya dibandingkan binocular.


Kelebihan lain dari teropong monocular adalah lebih mudah dibawa. Banyak monocular dibuat dengan ukuran kecil dan mudah dimasukkan ke dalam tas. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan membawanya. Ketika ingin digunakan, monocular juga mudah dikeluarkan sehingga Anda tidak ketinggalan momen. Teropong monocular juga memiliki kesan yang tidak berlebihan dibandingkan binocular.

Kekurangan teropong monocular

Kekurangan teropong monocular

Kekurangan teropong monocular adalah Anda tidak bisa merasakan sensasi jarak dan efek stereoskopik atau tiga dimensi. Ini karena Anda hanya melihat dengan satu mata. Ketika melihat sebuah objek, kita dapat mengira-ngira jarak dan efek tiga dimensi karena menyaksikannya dengan kedua mata. Hal tersebut akan sulit dilakukan hanya dengan satu mata.


Selain itu, monocular juga kurang cocok untuk melihat objek yang bergerak dengan cepat. Ini karena sudut pandang (field of view) yang bisa dilihat monocular sangat sempit. Perlu diingat, jika menggunakan monocular untuk pertandingan olahraga atau bird-watching, Anda akan cepat lelah.

Cara memilih teropong monocular

Berikut ada beberapa poin yang perlu diperhatikan saat memilih monocular. Harap periksa dengan cermat untuk menemukan monocular yang paling cocok untuk Anda. 

Hindari monocular dengan magnifikasi tinggi

Hindari monocular dengan magnifikasi tinggi

Teropong monocular dengan magnifikasi tinggi tidak selalu menjadi pilihan terbaik. Memang benar bahwa makin tinggi magnifikasi, makin jauh jarak yang bisa dilihat. Namun, bukan berarti itu akan mudah dilihat. Magnifikasi tinggi berarti sudut pandangnya sempit. Oleh sebab itu, gerakan sedikit saja, bisa menyebabkan penglihatan objek bergeser jauh.


Agar sudut pandang tidak menyempit, penting untuk meningkatkan ukuran diameter lensa. Namun, pada kasus monocular, hal ini sulit dilakukan. Ini karena ukurannya compact dan hanya dapat dipegang dengan satu tangan. Dengan kata lain, hampir tidak mungkin membuat teropong berukuran compact dengan magnifikasi tinggi.


Jika hanya terpaku pada magnifikasi tinggi, Anda akan mendapatkan monocular dengan sudut pandang sempit dan pemandangan gelap. Untuk monocular, magnifikasi 10x sudah cukup. Apabila lebih dari itu, monocular justru akan kehilangan keseimbangannya.

Pahami istilah tertentu sebelum memilih monocular

Ketika memilih monocular, pastikan Anda memahami beberapa istilah teknis dan spesifikasinya terlebih dulu. Berikut ini ulasannya.

Diameter efektif lensa objektif

Diameter efektif lensa objektif

Lensa objektif merupakan lensa yang terpasang pada sisi berlawanan dari lensa yang Anda gunakan. Diameter dari lensa tersebutlah yang disebut dengan diameter efektif lensa objektif. Makin besar angka diameter efektif, makin banyak cahaya yang bisa masuk. Dengan begitu, pemandangan yang kita lihat jadi lebih terang.


Diameter efektif dari lensa objektif, ditentukan oleh magnifikasi. Makin besar ukuran magnifikasi, makin besar dan berat desain monocular-nya. Jika magnifikasinya 3x hingga 8x, lensa objektifnya sekitar 10–20 mm. Apabila magnifikasi sekitar 7x hingga 10x, panduan diameter lensanya 20–30 mm.

Tingkat kecerahan

Tingkat kecerahan

Tingkat kecerahan adalah hasil kuadrat dari diameter efektif pupil lensa dibagi magnifikasi. Makin tinggi angkanya, makin baik lensa bekerja di tempat gelap. Jika Anda kerap memakai monocular di tempat gelap, perhatikan tingkat kecerahan tersebut.


Saat cuaca cerah, teropong monocular dengan tingkat kecerahan 4 ke bawah sudah cukup. Untuk cuaca normal, gunakan teropong monocular dengan tingkat kecerahan 4–9. Anda akan membutuhkan teropong monocular dengan tingkat kecerahan di atas 9 untuk tempat redup. Untuk tempat gelap, gunakan teropong monocular dengan tingkat kecerahan di atas 25. 


Namun, bagaimana pun juga, angka tersebut hanyalah saran. Tampilannya akan berubah tergantung pada lensa dan prisma yang digunakan sebenarnya. Selain itu, tak banyak produsen dan seller yang menyebutkan tentang tingkat kecerahan teropong monocular-nya. Tanyakanlah secara langsung apabila Anda membutuhkan informasinya.

Jarak pemfokusan terdekat

Jarak pemfokusan terdekat

Jarak pemfokusan terdekat sudah disinggung sedikit pada bagian kelebihan teropong monocular. Jarak ini menunjukkan jarak terpendek lensa dengan objek agar lensa dapat memfokuskannya. Anda tidak perlu memikirkan hal ini jika menggunakan teropong monocular untuk melihat objek yang jauh. Namun, jarak ini perlu dipastikan jika Anda melihat objek yang dekat seperti karya seni di museum.


Apabila diletakkan dalam kotak kaca, karya seni di museum rata-rata berjarak 45–60 cm dari pengamat. Jarak ini bisa lebih pendek jika karya seni tidak diletakkan di dalam kotak kaca. Karena itu, pilih monocular dengan jarak pemfokusan terdekat yang pendek jika dipakai mengamati karya seni di museum.

Pilih sesuai tujuan dan kegunaan

Anda sudah membaca mengenai spesifikasi teropong monocular. Kini, saatnya mengetahui cara memilih teropong monocular yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Untuk menonton pertandingan olahraga

Untuk menonton pertandingan olahraga

Teropong monocular yang bisa Anda gunakan untuk pertandingan indoor akan berbeda dengan monocular untuk pertandingan outdoor. Namun, Anda akan membutuhkan monocular dengan bidang pandang seluas mungkin untuk pertandingan olahraga. Tingkat magnifikasi yang disarankan juga berbeda tergantung ukuran lapangan. Akan tetapi, magnifikasi 10x biasanya sudah cukup.


Pilih monocular dengan tingkat kecerahan standar 4–9 untuk pertandingan olahraga di siang hari. Jika menonton di malam hari, sebaiknya pilih kecerahan 9–25. Selain itu, untuk olahraga outdoor, pastikan monocular dilengkapi fungsi tahan air. Ini agar monocular Anda tetap aman digunakan jika hujan turun tiba-tiba. Perhatikan juga kekuatan bodi teropong agar tidak langsung rusak saat terjatuh.

Untuk konser outdoor

Untuk konser outdoor

Untuk konser luar ruangan di siang hari, gunakan teropong dengan magnifikasi 4x–10x dan kecerahan 4–9. Pastikan juga monocular Anda tahan air supaya lebih aman saat tiba-tiba turun hujan.

Untuk pengamatan burung (bird-watching)

Untuk pengamatan burung (bird-watching)

Magnifikasi 10x sudah cukup untuk digunakan untuk pengamatan burung. Ukuran tersebut memudahkan menangkap pergerakan burung liar yang terbang dengan cepat. Sesuaikan tingkat kecerahan dengan lokasinya. Gunakan monocular dengan tingkat kecerahan 4–9 untuk tempat terang dan 9–25 untuk lokasi gelap. Akan lebih baik jika monocular memiliki fungsi peredam getaran sehingga dapat menahan guncangan.

Untuk mengamati karya seni

Untuk mengamati karya seni

Jika Anda ingin menggunakan monocular untuk melihat lukisan di museum, pilih yang jarak pemfokusan terdekatnya pendek. Di beberapa museum, cahaya ruang pameran diredupkan untuk melindungi karya seni. Oleh sebab itu, tingkat kecerahan yang direkomendasikan adalah 9–25. Untuk magnifikasinya, pilih yang agak rendah sekitar 4x sampai 7x. 

Periksa ukuran dan bobot monocular

Periksa ukuran dan bobot monocular

Makin tinggi performa monocular, makin besar ukuran dan bobotnya. Hal ini karena ukuran lensanya yang besar. Namun, jika ukurannya terlalu besar dan berat, keunggulan monocular yang nyaman untuk dibawa jadi hilang.


Bobot monocular juga penting karena teropong akan sering goyang jika terlalu berat. Makin ringan monocular, makin baik karena seimbang dengan spesifikasinya. Kami merekomendasikan monocular dengan berat sekitar 50 g hingga 400 g.

10 Rekomendasi teropong monocular terbaik

Dari sini, kami akan merekomendasikan produk teropong monocular terbaik. Anda bisa membandingkannya dan memilih yang terbaik. 

10
Magnifikasi10x
Jarak pemfokusan terdekat1,5 m
Berat280 g
Ukuran155 mm x 55 mm x 55 mm
9

SVBONYSV301 Handy 8x25 Mini Metal Monocular

Mulai dari Rp 568.000,00

Magnifikasi8x
Jarak pemfokusan terdekat1 m
Berat162 g
Ukuran119 mm
8
Magnifikasi28x
Jarak pemfokusan terdekat5 m
Berat340 g
Ukuran180 mm x 75 mm x 55 mm
7

GomuMonocular Outdoor HD Zoom 13x50

Mulai dari Rp 551.000,00

Magnifikasi13x
Jarak pemfokusan terdekat4 m
Berat670 g
Ukuran183 mm x 89 mm x 76 mm
6
Magnifikasi8x
Jarak pemfokusan terdekat0,25 m
Berat80 g
Ukuran102 mm x 31 mm x 35 mm
5
Magnifikasi20x–60x
Jarak pemfokusan terdekat5 m
Berat640 g
Ukuran350 mm x 100 mm x 75mm
4

SVBONYSV42 Built-in Compass Monocular

Mulai dari Rp 1.297.320,00

Magnifikasi8x
Jarak pemfokusan terdekat3 m
Berat330 g
Ukuran145 mm x 47 mm x 47mm
3

Hawke Night Vision Long Distance Monocular Telescope - 1000m

Mulai dari Rp 1.149.900,00

Magnifikasi5x
Jarak pemfokusan terdekat-
Berat400 g
Ukuran200 mm x 86 mm x 56 mm
2

Gosky12X50 High Power Prism Monocular

Mulai dari Rp 1.202.000,00

Magnifikasi12x
Jarak pemfokusan terdekat-
Berat393 g
Ukuran134 mm x 75 mm x 53 mm
1
Magnifikasi7x–21x
Jarak pemfokusan terdekat4,5 m
Berat77 g
Ukuran106 mm x 39 mm x 33 cm

Tabel perbandingan produk teropong monocular terbaik

Gambar produk
1
Vixen Joyful Monocular H7-21×21 1

Vixen

2
Gosky 12X50 High Power Prism Monocular 1

Gosky

3
Hawke  Night Vision Long Distance Monocular Telescope - 1000m 1

Hawke

4
SVBONY SV42 Built-in Compass Monocular 1

SVBONY

5
Gomu  Monocular 20-60x60 1

Gomu

6
Vixen  MULTI MONOCULAR 8x20 1

Vixen

7
Gomu Monocular Outdoor HD Zoom 13x50 1

Gomu

8
Apexel  APL-JS28X 1

Apexel

9
SVBONY SV301 Handy 8x25 Mini Metal Monocular 1

SVBONY

10
Panda 35x50 Monocular 1

Nama produk

Joyful Monocular H7-21×21

12X50 High Power Prism Monocular

Night Vision Long Distance Monocular Telescope - 1000m

SV42 Built-in Compass Monocular

Monocular 20-60x60

MULTI MONOCULAR 8x20

Monocular Outdoor HD Zoom 13x50

APL-JS28X

SV301 Handy 8x25 Mini Metal Monocular

Panda 35x50 Monocular

Keunggulan

Bebas atur magnifikasi sesuai kebutuhan

Bodi kuat tetapi mudah dibawa, monocular untuk petualang

Optik night vision-nya berguna untuk melihat pemandangan malam hari

Ada built-in compass, lebih tenang saat bertualang!

Aman untuk bird-watching di siang hari berkat kerai pada lensanya

Melihat objek lebih detail, cocok untuk menikmati karya di pameran atau museum

Tahan air dan debu, tangguh untuk kegiatan luar ruangan

Bisa jadi lensa telephoto untuk smartphone!

Tersedia dalam dua pilihan warna yang stylish

Simpel, pilihan terjangkau untuk berbagai kegiatan di luar ruangan

Harga mulai dariRp 728.800,00Rp 1.202.000,00Rp 1.149.900,00Rp 1.297.320,00Rp 1.115.000,00Rp 2.045.000,00Rp 551.000,00Rp 750.000,00Rp 568.000,00Rp 49.000,00
Magnifikasi7x–21x12x5x8x20x–60x8x13x28x8x10x
Jarak pemfokusan terdekat4,5 m--3 m5 m0,25 m4 m5 m1 m1,5 m
Berat77 g393 g400 g330 g640 g80 g670 g340 g162 g280 g
Ukuran106 mm x 39 mm x 33 cm134 mm x 75 mm x 53 mm 200 mm x 86 mm x 56 mm145 mm x 47 mm x 47mm350 mm x 100 mm x 75mm102 mm x 31 mm x 35 mm183 mm x 89 mm x 76 mm180 mm x 75 mm x 55 mm119 mm155 mm x 55 mm x 55 mm
Tautan produk

Baca juga rekomendasi teropong lainnya di sini

Selain monocular, ada pula jenis teropong lainnya yang memiliki kegunaan masing-masing. Salah satunya adalah binocular. Simak artikel-artikel berikut ini jika Anda membutuhkan ulasannya!

Kesimpulan

Kami telah memperkenalkan beberapa produk teropong monocular dan cara memilihnya. Apakah ada yang menarik perhatian Anda? Karena berukuran kecil dan mudah dibawa ke mana-mana, teropong monocular bisa digunakan dalam banyak hal. Anda bisa menggunakannya untuk menyaksikan pertandingan olahraga, konser, dan mengapresiasi karya seni. Silakan pilih yang terbaik agar Anda bisa melihat objek dengan nyaman!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    12.687 Views
  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda memiliki hobi fotografi? Tentunya harga kamera dan lensa SLR Anda tidak dapat dibilang murah, ya. Pastinya Anda ingin menjaga agar lensa tetap aman dari goresan meskipun sering digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk perlindungan lensa Anda, filter lensa merupakan solusinya.Ada banyak brand yang memproduksi filter lensa, seperti K&F Concept, ZOMEi, dan Hoya. Tidak hanya untuk melindungi lensa, filter lensa juga dapat berfungsi untuk efek fotografi. Barangkali Anda cukup kewalahan memilih filter lensa yang Anda butuhkan. Karena itu, simaklah tips serta rekomendasi dari kami.
    Lensa & aksesori
    12.726 Views
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan atau traveling.Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
    2.496 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa tele atau telephoto lens digunakan untuk memotret berbagai kegiatan, seperti pertandingan olahraga, foto lanskap, atau burung-burung liar. Namun, banyaknya produsen lensa tele seperti Canon, Nikon, Sigma, dan sebagainya mungkin membuat Anda bingung memilih produk terbaik.Karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi lensa tele terbaik yang berbeda fitur, spesifikasi, dan harga satu sama lain. Semoga menginspirasi Anda dan membantu Anda dalam menemukan lensa yang tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    29.428 Views
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagian orang mungkin berpikir bahwa penggunaan lens hood pada lensa kamera tidaklah diperlukan. Namun, lens hood sebenarnya cukup berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan. Lens hood tersedia dalam berbagai bentuk dan bahan yang memiliki keunggulan masing-masing.Apakah Anda masih bingung dalam memilih lens hood terbaik? Kali ini kami akan membahas tips memilih dan merekomendasikan lens hood yang bagus untuk Anda. Produk dari Phottix, Fujifilm, dan Olympus akan Anda temukan dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Lensa & aksesori
    3.570 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2021)
    Penggunaan lensa pada kamera mirrorless sangat memengaruhi hasil foto yang didapat. Untuk menghasilkan efek bokeh, mendapatkan gambar yang tajam dengan jangkauan lebar, memotret objek jarak jauh, tentunya tidak bisa hanya menggunakan satu lensa saja.Untuk itu, produsen seperti Olympus, Sony, Canon, Fujifilm, Sigma, dan Nikon secara aktif mengembangkan lensa untuk kamera mirrorless. Melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cara memilih lensa mirrorless beserta produk-produk rekomendasinya, termasuk lensa keluaran third party, seperti Samyang, 7Artisans, dan lainnya.
    Lensa & aksesori
    17.896 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa fix merupakan lensa dengan satu focal length sehingga tidak memiliki fungsi zoom. Jika Anda ingin membuat objek menjadi lebih dekat atau jauh, Anda perlu berpindah posisi untuk mengatur komposisinya. Ada banyak lensa seperti Canon, Fujifilm, Sony, dan lainnya yang dijual di pasaran. Hal ini membuat pencinta fotografi, khususnya pemula, sering bertanya-tanya mana yang harus dipilih.Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh lensa fix yang bisa dijadikan sebagai referensi. Kami juga akan memberikan tips untuk memilihnya berdasarkan focal length, aperture, hingga tipe mount. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    9.628 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2021)
    Selain dapat dijadikan sebagai profesi, banyak orang menjadikan fotografi sebagai hobi. Tak jarang, seseorang yang menekuni kegiatan fotografi akan mengoleksi lebih dari satu lensa. Salah satu merek kamera mirrorless yang sudah terkenal dan cukup banyak digunakan adalah Sony. Setiap lensa mirrorless Sony tentunya menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Misalnya saja FE 85mm F1.8 dan Sonnar T* FE 55mm F1.8 ZA yang berbeda kualitasnya dengan lensa kit standar. Untuk itu, kami akan menjelaskan tips memilih lensa mirrorless Sony terbaik sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Simak artikel ini sampai tuntas, ya! 
    Lensa & aksesori
    4.251 Views
  • 10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teropong malam atau teropong night vision adalah sebuah alat yang membantu Anda untuk melihat di lingkungan yang gelap. Night vision memiliki beragam aplikasi dari pengamatan satwa liar hingga aktivitas berburu. Kini telah hadir banyak teropong malam yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Namun, manakah yang cocok untuk kebutuhan Anda?Kami akan mengulas cara memilih teropong malam untuk berbagai kegiatan Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk teropong malam terbaik dari Bushnell, YUKON, PARD, dan PULSAR. Perhatikan spesifikasi dari masing-masing produk dan pilihlah yang paling sesuai!
    Lensa & aksesori
    3.398 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu merk lensa fix yang bagus adalah Canon. Di pasaran, terdapat macam-macam lensa fix Canon, mulai dari lensa fix Canon mirrorless hingga lensa fix untuk kamera DSLR. Harga lensa fix canon pun beragam tergantung spesifikasinya. Kami akan menjelaskan tips memilih lensa fix Canon terbaik sesuai kebutuhan. Anda akan menemukan lensa fix Canon STM, lensa fix Canon 50 mm atau 35 mm, dan sebagainya. Kami juga akan mengulas lensa yang cocok untuk Canon 1200D, Canon 600D, dan Canon EOS M50. Lensa fix Canon murah pun ada, selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    2.494 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Fix Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu merk lensa fix yang bagus adalah Canon. Di pasaran, terdapat macam-macam lensa fix Canon, mulai dari lensa fix Canon mirrorless hingga lensa fix untuk kamera DSLR. Harga lensa fix canon pun beragam tergantung spesifikasinya. Kami akan menjelaskan tips memilih lensa fix Canon terbaik sesuai kebutuhan. Anda akan menemukan lensa fix Canon STM, lensa fix Canon 50 mm atau 35 mm, dan sebagainya. Kami juga akan mengulas lensa yang cocok untuk Canon 1200D, Canon 600D, dan Canon EOS M50. Lensa fix Canon murah pun ada, selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    2.494 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa tele atau telephoto lens digunakan untuk memotret berbagai kegiatan, seperti pertandingan olahraga, foto lanskap, atau burung-burung liar. Namun, banyaknya produsen lensa tele seperti Canon, Nikon, Sigma, dan sebagainya mungkin membuat Anda bingung memilih produk terbaik.Karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi lensa tele terbaik yang berbeda fitur, spesifikasi, dan harga satu sama lain. Semoga menginspirasi Anda dan membantu Anda dalam menemukan lensa yang tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    29.428 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Fix Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa fix merupakan lensa dengan satu focal length sehingga tidak memiliki fungsi zoom. Jika Anda ingin membuat objek menjadi lebih dekat atau jauh, Anda perlu berpindah posisi untuk mengatur komposisinya. Ada banyak lensa seperti Canon, Fujifilm, Sony, dan lainnya yang dijual di pasaran. Hal ini membuat pencinta fotografi, khususnya pemula, sering bertanya-tanya mana yang harus dipilih.Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh lensa fix yang bisa dijadikan sebagai referensi. Kami juga akan memberikan tips untuk memilihnya berdasarkan focal length, aperture, hingga tipe mount. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    9.628 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2021)
    Penggunaan lensa pada kamera mirrorless sangat memengaruhi hasil foto yang didapat. Untuk menghasilkan efek bokeh, mendapatkan gambar yang tajam dengan jangkauan lebar, memotret objek jarak jauh, tentunya tidak bisa hanya menggunakan satu lensa saja.Untuk itu, produsen seperti Olympus, Sony, Canon, Fujifilm, Sigma, dan Nikon secara aktif mengembangkan lensa untuk kamera mirrorless. Melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cara memilih lensa mirrorless beserta produk-produk rekomendasinya, termasuk lensa keluaran third party, seperti Samyang, 7Artisans, dan lainnya.
    Lensa & aksesori
    17.896 Views
  • 10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teropong Malam / Night Vision Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teropong malam atau teropong night vision adalah sebuah alat yang membantu Anda untuk melihat di lingkungan yang gelap. Night vision memiliki beragam aplikasi dari pengamatan satwa liar hingga aktivitas berburu. Kini telah hadir banyak teropong malam yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Namun, manakah yang cocok untuk kebutuhan Anda?Kami akan mengulas cara memilih teropong malam untuk berbagai kegiatan Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk teropong malam terbaik dari Bushnell, YUKON, PARD, dan PULSAR. Perhatikan spesifikasi dari masing-masing produk dan pilihlah yang paling sesuai!
    Lensa & aksesori
    3.398 Views
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagian orang mungkin berpikir bahwa penggunaan lens hood pada lensa kamera tidaklah diperlukan. Namun, lens hood sebenarnya cukup berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan. Lens hood tersedia dalam berbagai bentuk dan bahan yang memiliki keunggulan masing-masing.Apakah Anda masih bingung dalam memilih lens hood terbaik? Kali ini kami akan membahas tips memilih dan merekomendasikan lens hood yang bagus untuk Anda. Produk dari Phottix, Fujifilm, dan Olympus akan Anda temukan dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Lensa & aksesori
    3.570 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori