• 10 Rekomendasi Novel Agatha Christie Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Novel Agatha Christie Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Novel Agatha Christie Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Novel Agatha Christie Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Novel Agatha Christie Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Novel Agatha Christie Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Agatha Christie merupakan penulis asal Inggris yang terkenal dengan novel bergenre misteri. Ia telah menghasilkan 66 novel dan lebih dari seratus cerita pendek. Jadi, ada banyak karya Agatha Christie yang dapat Anda jadikan bacaan. Anda bisa memilih berdasarkan lokasi yang menjadi latar cerita, tokoh yang digambarkan, serta kisah yang telah diadaptasi menjadi serial TV.


Pada artikel kali ini, kami akan memberikan daftar rekomendasi novel terbaiknya yang dapat Anda pilih. Novel Sepuluh Anak Negro yang terkenal pun ada, lho. Selamat berburu buku misteri dari Agatha Christie!

  • Pembaharuan terakhir: 13 Januari 2021
  • 135 Views
Daftar isi

Biografi singkat Agatha Christie

Agatha Christie merupakan salah satu penulis novel dengan genre misteri thriller yang terkenal dari Inggris. Pemilik nama asli Agatha Mary Clarissa Miller ini lahir di Torquay, Devon, South West England, pada 1980. Nama Christie didapatkan ketika beliau menikah dengan Archibald Christie pada 1914. Namun, pernikahan ini kandas tahun 1928. Pada saat yang sama, ibu Agatha Christie meninggal dan membawanya ke titik terendah.


Agatha Christie menikah kedua kalinya dengan seorang arkeolog bernama Max Mallowan pada 1930. Bersama suami keduanya, Agatha Chirstie sering menghabiskan waktu di berbagai situs penggalian yang banyak berada di Afrika. Pengalaman ini menjadi inspirasi tersendiri bagi Agatha Christie.


Buku pertamanya yang berjudul The Mysterious Affair at Styles dirilis pada 1920 setelah enam kali penolakan. Novel ini mengusung tokoh utama Hercule Poirot, seorang detektif swasta asal Belgia. Agatha Chirstie mendapat inspirasi bagi kisah ini saat ia menjadi perawat pada masa perang dunia.


Banyak dari novel Agatha Christie yang memperoleh penghargaan. Salah satu bukunya yang berjudul And Then There Were None berhasil terjual hingga seratus juta eksemplar. Buku yang diterbitkan pertama kali pada 1939 ini dinobatkan sebagai buku best-selling sepanjang masa.

Cara memilih novel Agatha Christie

Karena banyaknya judul novel Agatha Christie, Anda yang baru akan membacanya mungkin akan kebingungan saat memilih. Berikut ini akan kami menjabarkan beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan untuk memiliki novel dari Agatha Christie.

Kenali tokoh utama yang ditulis

Agatha Christie menggambarkan beberapa sosok detektif yang menjadi tokoh utama dalam novelnya. Namun, berbeda dengan Sir Arthur Conan Doyle yang banyak dikenal dengan karakter Sherlock Holmes, Agatha Christie menciptakan beberapa tokoh utama. Tokoh-tokoh ini bahkan menghiasi lebih dari satu buku Agatha Christie.

Hercule Poirot, sosok detektif swasta dari Belgia

Hercule Poirot merupakan detektif swasta asal Belgia yang pindah ke Inggris pada masa perang dunia. Karakter ini terkenal dengan kumis tebalnya. Ia pertama kali muncul dalam buku The Misterious Affair at Styles dan disebut-sebut terinspirasi dari banyak karakter, termasuk Sherlock Holmes. 


Hercule Poirot muncul dalam 33 novel dan lebih dari lima puluh cerita pendek yang ditulis Agatha Christie. Buku terakhir yang memuat karakter ini adalah Curtain yang dipublikasikan pada 1975.

Tommy & Tuppence, pasangan suami istri pendiri Young Adventure Ltd

Kedua karakter ini muncul pertama kali pada 1922 dalam buku The Secret Adversary. Tommy dan Tuppence adalah sepasang suami istri yang mendirikan perusahaan Young Adventures Ltd yang menerima semua pekerjaan tanpa terkecuali. Keduanya menikah pada bagian akhir buku pertama dan memiliki tiga orang anak serta satu anak angkat.


Dalam perjalanan bisnisnya, pasangan suami istri ini berhadapan dengan mata-mata internasional, pembunuhan, pencurian, dan sebagainya. Dikatakan bahwa kisah Tommy dan Tuppence merupakan cerita yang paling menyenangkan untuk ditulis bagi Agatha Christie.

Miss Marple, detektif amatir yang tidak terlihat seperti detektif

Karakter yang bernama asli Jane Marple ini adalah detektif amatir yang tinggal di desa St. Mary Mead. Berbeda dengan karakter detektif yang biasanya menonjol, Miss Marple tidak tampak seperti detektif sama sekali. Karakter yang terinspirasi dari nenek Agatha Christie ini hobi menyulam, bercocok tanam, dan bergosip seperti wanita kebanyakan.


Tokoh Miss Marple muncul pertama kali dalam cerita pendek berjudul The Thuesday Night Club. Buku pertama yang ditulis Agatha Christie dengan karakter ini adalah The Murder at the Vicarage pada 1930. Miss Marple terakhir kali muncul dalam buku Sleeping Murder yang dipublikasikan pada 1976.

Karakter lainnya, kebanyakan muncul di cerita pendek

Dengan banyaknya buku yang sudah ditulis Agatha Christie, banyak pula tokoh berbeda yang ia ciptakan. Salah satu di antaranya adalah karakter Mrs. Ariadne Oliver yang juga muncul di beberapa buku Hercule Poirot. Mrs. Oliver digambarkan sebagai penulis novel detektif, sama seperti Agatha Christie. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang mengatakan bahwa Mrs. Oliver adalah Agatha Christie sendiri. Mrs. Oliver muncul dalam beberapa buku Hercule Poirot dan juga menjadi tokoh utama dalam The Pale Horse.


Di antara tokoh lainnya adalah Mr. Harley Quin dan Parker Pyne. Mr. Quin merupakan sosok misterius yang sayangnya hanya muncul dalam cerita pendek Agatha Christie. Sementara itu, Parker Pyne merupakan konsultan ketidakbahagiaan yang tidak ingin disebut detektif. Ia juga muncul dalam beberapa buku Hercule Poirot.


Karakter lain yang bisa Anda temukan dalam karya Agatha Christie adalah Anne Beddingfield dalam buku The Man in the Brown Suit. Tokoh ini juga memainkan peran utama dalam tiga novel Agatha Christie lainnya. Selain itu, ada juga tokoh Inspektur Battle yang diceritakan dalam enam buku Agatha Christie.

Perhatikan setting lokasi yang dipilih

Selama menulis, Agatha Christie sering berpindah-pindah tempat. Setting lokasi ini juga dapat menjadi pertimbangan untuk menentukan novel Agatha Christie yang ingin Anda baca.

Devon, tempat lahir dan tinggal Agatha Christie

Devon, tempat lahir dan tinggal Agatha Christie

Agatha Christie cukup sering menjadikan negara asalnya, Inggris, sebagai salah satu setting lokasi tulisan. Di antara tempat yang ia pilih adalah Essex dan Dartmouth. Dalam buku The Mysterious Affair at Styles, Essex menjadi lokasi tempat Styles Court berada. Sementara itu, Dartmouth merupakan setting lokasi untuk buku Poirot and the Regatta Mystery. Keduanya berada di Devon, Inggris, tempat Agatha Christie lahir dan menetap.

Lokasi imajinatif, terinspirasi dari tempat yang sebenarnya ada

Lokasi imajinatif, terinspirasi dari tempat yang sebenarnya ada

Beberapa lokasi yang digunakan Agatha Christie dalam novelnya benar-benar ada di dunia nyata, tetapi ada juga yang imajinatif. Di antara tempat-tempat imajinatif itu, ada yang berlokasi di Devon, misalnya Sittaford yang digambarkan terletak di Dartmoor. Dataran tinggi Dartmoor memang berada di Devon, tetapi tidak ada nama desa Sittaford di dekatnya. Contoh lainnya adalah tempat tinggal Miss Marple, St. Mary Mead, yang juga merupakan desa imajinatif.

Luar Inggris, negara-negara yang pernah disinggahi Agatha Christie

Luar Inggris, negara-negara yang pernah disinggahi Agatha Christie

Selain Inggris, Agatha Christie juga menjadikan beberapa negara yang pernah disinggahinya sebagai setting lokasi. Di antaranya adalah negara-negara Timur Tengah, Afrika, dan negara Eropa lainnya. Afrika Selatan menjadi setting lokasi yang dipilih untuk novel The Man in the Brown Suit. Sedangkan beberapa lokasi di Irak, seperti Baghdad dan Basra, menjadi lokasi untuk beberapa novel Agatha Christie lainnya.


Akan tetapi, Mesir sepertinya merupakan salah satu lokasi favorit untuk setting buku Agatha Christie. Hal ini mungkin karena ia pernah tinggal di Mesir untuk mengikuti suaminya, Max Mallowan. Suaminya pun pernah ditugaskan di Mesir selama masa perang dunia sehingga Mesir memiliki tempat tersendiri dalam diri Agatha Christie.

Kendaraan, tempat kejadian perkara suatu pembunuhan

Kendaraan, tempat kejadian perkara suatu pembunuhan

Sejumlah novel Agatha Christie juga memiliki setting kendaraan sebagai lokasi kejadian perkara. Yang paling terkenal di antaranya adalah Murder on the Orient Express. Orient Express sendiri merupakan kereta cepat yang benar-benar ada di dunia nyata dengan rute Istanbul-Paris. Kereta ini beroperasi dari tahun 1883 hingga 2009.


Ada juga 4.50 From Paddington dan The Mystery of the Blue Train yang menjadikan kereta sebagai setting cerita. Agatha Christie juga pernah menggambarkan kisah pembunuhan seorang gadis muda dengan latar kapal pesiar pada novel Death On The Nile.

Pertimbangkan juga novel yang memiliki adaptasi

Banyak karya Agatha Christie yang sudah dibuat adaptasi film atau serial TV-nya. Hal ini dapat menjadi pertimbangan Anda untuk menentukan bacaan. Beberapa film yang mengadaptasi karya Agatha Christie adalah Murder on the Orient Express, The ABC Murders, dan sebagainya.


Selain itu, serial televisi seperti kisah Hercule Poirot dan Miss Marple juga sudah ditayangkan di Inggris. Novel 4.50 from Paddington dan The Murder of Roger Ackroyd juga pernah diangkat menjadi serial televisi di Jepang.

10 Rekomendasi novel Agatha Christie terbaik

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi novel terbaik karya Agatha Christie yang telah kami pilihkan. Anda juga bisa memperhatikan tahun terbitan pertama buku tersebut untuk memudahkan dalam merunut ceritanya.

10

Agatha ChristieRumah di Tepi Kanal (By the Pricking of My Thumbs)

Rp 58.000,00

PenerbitGramedia Pustaka Utama
Terbit pertama kali1968
Jumlah halaman312 hal
Dimensi11 cm x 18 cm
9
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Terbit pertama kali1967
Jumlah halaman304 hal
Dimensi11 cm x 18 cm
8

Agatha ChristieLedakan Dendam (Death Comes as the End)

Rp 60.000,00

PenerbitGramedia Pustaka Utama
Terbit pertama kali1944
Jumlah halaman328 hal
Dimensi11 cm x 18 cm
7

Agatha ChristiePria Bersetelan Cokelat (The Man in The Brown Suit)

Rp 65.000,00

PenerbitGramedia Pustaka Utama
Terbit pertama kali1924
Jumlah halaman376 hal
Dimensi11 cm x 18 cm
6

Agatha ChristiePembunuhan di Sungai Nil (Death on The Nile)

Rp 68.000,00

PenerbitGramedia Pustaka Utama
Terbit pertama kali1937
Jumlah halaman408 hal
Dimensi11 cm x 18 cm
5

Agatha ChristieIklan Pembunuhan (A Murder is Announced)

Rp 62.000,00

PenerbitGramedia Pustaka Utama
Terbit pertama kali1950
Jumlah halaman360 hal
Dimensi11 cm x 18 cm
4

Agatha ChristiePembunuhan di Orient Express (Murder on the Orient Express)

Rp 62.000,00

PenerbitGramedia Pustaka Utama
Terbit pertama kali1934
Jumlah halaman360 hal
Dimensi11 cm x 18 cm
3
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Terbit pertama kali1936
Jumlah halaman320 hal
Dimensi11 cm x 18 cm
2

Agatha ChristiePembunuhan Atas Roger Ackroyd (The Murder of Roger Ackroyd)

Rp 62.000,00

PenerbitGramedia Pustaka Utama
Terbit pertama kali1926
Jumlah halaman352 hal
Dimensi11 cm x 18 cm
1

Agatha ChristieLalu Semuanya Lenyap (And Then There Were None)

Rp 55.000,00

PenerbitGramedia Pustaka Utama
Terbit pertama kali1939
Jumlah halaman296 hal
Dimensi11 cm x 18 cm

Tabel perbandingan produk novel Agatha Christie terbaik

Gambar produk
1
Agatha Christie Lalu Semuanya Lenyap (And Then There Were None) 1

Agatha Christie

2
Agatha Christie Pembunuhan Atas Roger Ackroyd (The Murder of Roger Ackroyd) 1

Agatha Christie

3
Agatha Christie Pembunuhan ABC (The ABC Murders) 1

Agatha Christie

4
Agatha Christie Pembunuhan di Orient Express (Murder on the Orient Express) 1

Agatha Christie

5
Agatha Christie Iklan Pembunuhan (A Murder is Announced) 1

Agatha Christie

6
Agatha Christie Pembunuhan di Sungai Nil (Death on The Nile) 1

Agatha Christie

7
Agatha Christie Pria Bersetelan Cokelat (The Man in The Brown Suit) 1

Agatha Christie

8
Agatha Christie Ledakan Dendam (Death Comes as the End) 1

Agatha Christie

9
Agatha Christie Malam Tanpa Akhir (Endless Night) 1

Agatha Christie

10
Agatha Christie Rumah di Tepi Kanal (By the Pricking of My Thumbs) 1

Agatha Christie

Nama produk

Lalu Semuanya Lenyap (And Then There Were None)

Pembunuhan Atas Roger Ackroyd (The Murder of Roger Ackroyd)

Pembunuhan ABC (The ABC Murders)

Pembunuhan di Orient Express (Murder on the Orient Express)

Iklan Pembunuhan (A Murder is Announced)

Pembunuhan di Sungai Nil (Death on The Nile)

Pria Bersetelan Cokelat (The Man in The Brown Suit)

Ledakan Dendam (Death Comes as the End)

Malam Tanpa Akhir (Endless Night)

Rumah di Tepi Kanal (By the Pricking of My Thumbs)

Keunggulan

Kisah menegangkan yang terinspirasi dari sajak Ten Little Soldier

Plot twist yang tak terjawab hingga akhir

Pembunuhan berantai yang diadaptasi menjadi game

Novel dengan predikat terbaik hingga saat ini!

Pelaku yang mengumumkan rencana pembunuhannya

Misteri pembunuhan di kapal pesiar

Membawa Anda ikut memecahkan berbagai kasus bersama tokoh utama

Kasus pembunuhan 4000 tahun lalu

Ditulis ketika Agatha Christie berusia 70-an tahun

Kisah misteri dengan sentuhan supernatural

HargaRp 55.000,00Rp 62.000,00Rp 57.000,00Rp 62.000,00Rp 62.000,00Rp 68.000,00Rp 65.000,00Rp 60.000,00Rp 57.000,00Rp 58.000,00
PenerbitGramedia Pustaka UtamaGramedia Pustaka UtamaGramedia Pustaka UtamaGramedia Pustaka UtamaGramedia Pustaka UtamaGramedia Pustaka UtamaGramedia Pustaka UtamaGramedia Pustaka UtamaGramedia Pustaka UtamaGramedia Pustaka Utama
Terbit pertama kali1939192619361934195019371924194419671968
Jumlah halaman296 hal352 hal320 hal360 hal360 hal408 hal376 hal328 hal304 hal312 hal
Dimensi11 cm x 18 cm11 cm x 18 cm11 cm x 18 cm11 cm x 18 cm11 cm x 18 cm11 cm x 18 cm11 cm x 18 cm11 cm x 18 cm11 cm x 18 cm11 cm x 18 cm
Tautan produk

Baca juga rekomendasi novel lainnya di sini

Selain novel karya Agatha Christie, kami juga memiliki beberapa rekomendasi novel dengan genre misteri dan thriller lainnya. Novel-novel yang kami rekomendasikan tidak hanya dapat menjadi teman Anda untuk mengisi waktu, tetapi juga memberikan sensasi mencekam. Jangan lupa untuk mengeceknya, ya!

Kesimpulan

Sebagai seorang penulis ternama, Agatha Christie memiliki puluhan novel bergenre misteri. Selain novel yang kami rekomendasikan di atas, tentunya masih banyak karyanya yang tidak kalah seru. Novel-novelnya tidak hanya menegangkan, tetapi juga dapat memicu rasa penasaran Anda.


Anda dapat memilih novel karya Agatha Christie berdasarkan tokoh utama, setting, serta adaptasi dari novel tersebut. Nikmatilah petualangan di dunia Agatha Christie yang penuh misteri dan kejutan. Selamat berburu novelnya!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Buku Dongeng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Dongeng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menceritakan dongeng merupakan rutinitas yang perlu dilakukan orang tua untuk anak-anaknya. Ketika mendongeng, pilihlah buku dengan cerita yang pas untuk anak-anak. Anda dapat menemukan berbagai buku dongeng untuk anak, baik di toko buku maupun e-commerce. Apakah Anda masih bingung dalam memilih buku dongeng yang tepat?Untuk memudahkan Anda, kami memiliki tips memilih buku dongeng untuk Anda. Ada juga berbagai rekomendasi buku dongeng terbaik, seperti 200 Dongeng Seluruh Dunia, 365 Fabel Pengantar Tidur, sampai cerita klasik dari Hans Christian Andersen. Cara mendongeng yang baik pun ada dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Novel & sastra
    438 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Young Adult Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Novel Young Adult Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Novel young adult merupakan salah satu tipe novel dengan beragam tema menarik untuk dibaca. Ada banyak hal yang bisa Anda pelajari dari cerita dan tokoh-tokoh di dalamnya. Anda bisa menemukan berbagai judul novel young adult, baik di toko buku maupun di banyak situs e-commerce.Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan tips memilih novel young adult yang bagus. Kami juga telah menyusun rekomendasi novel young adult terbaik untuk Anda. Judul-judul novel yang bagus, seperti Rengkuh, Rooftop Buddies, dan Rahasia Tergelap, akan kami ulas di sini. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Novel & sastra
    945 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Jepang Terjemahan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Novel Jepang Terjemahan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Negara Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki banyak kebudayaan sastra populer. Banyak produk kebudayaan Jepang diekspor ke luar negeri seperti manga dan novel. Di Indonesia sendiri, terjemahan manga dan novel Jepang dapat Anda temukan di berbagai tempat. Kali ini kami akan mengulas tentang novel Jepang yang sudah diterjemahkan, mulai dari novelis, genre, hingga penokohannya. Tidak hanya itu, kami juga akan merekomendasikan Anda beberapa novel Jepang terbaik yang dapat Anda pilih. Jadi, tetap ikuti kami, ya!
    Novel & sastra
    1.339 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Young Adult Terbaik dengan Genre Romantis (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Novel Young Adult Terbaik dengan Genre Romantis (Terbaru Tahun 2020)
    Novel young adult, atau biasa disingkat YA, merupakan novel yang ditujukan untuk pembaca berusia 16 hingga 25 tahun. Alur konflik yang sering terjadi biasanya adalah konflik remaja, seperti percintaan, petualangan, persahabatan, sekolah, dan pemberontakan. Banyaknya penulis yang bertalenta membuat novel young adult bergenre romantis bertebaran di toko buku. Kali ini, kami akan memberikan tips untuk Anda yang suka membaca novel young adult dengan genre romantis. Kisah-kisah cinta terbaik dari berbagai penulis ternama, seperti Boy Candra, Ilana Tan, dan Pidi Baiq bisa Anda temukan di sini. Jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Novel & sastra
    284 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Biografi Tokoh Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Biografi Tokoh Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak semua orang dilahirkan dengan karakter self-motivated untuk mencapai tujuan hidupnya. Ada juga segelintir kelompok yang membutuhkan suntikan semangat dari orang lain. Sumber penyemangat ini tidak harus berbentuk dukungan langsung. Anda dapat memupuk motivasi diri dengan membaca buku biografi tokoh terkenal. Kabar baiknya, Indonesia memiliki banyak tokoh dengan cerita kehidupan yang inspiratif. Mereka pun berasal dari berbagai latar belakang sehingga pilihan Anda makin banyak. Anda dapat menemukan buku biografi tokoh Indonesia dari Penerbit Buku Kompas, Bentang Pustaka, Gramedia, Garasi, dan lainnya. Simak daftar rekomendasi buku-bukunya di bawah ini!
    Novel & sastra
    968 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Terbaik Karya Pramoedya Ananta Toer (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Novel Terbaik Karya Pramoedya Ananta Toer (Terbaru Tahun 2020)
    Pramoedya Ananta Toer merupakan salah satu sastrawan kenamaan asli Indonesia. Beliau banyak menciptakan novel yang menceritakan tentang keadaan di Indonesia sejak zaman kemerdekaan hingga zaman reformasi. Beberapa judul novelnya bahkan pernah dilarang terbit karena dianggap mengganggu keamanan negara. Di antara novel yang ditulis oleh Pramoedya Ananta Toer adalah Bumi Manusia, Gadis Pantai, dan Arus Balik. Pada artikel kali ini kami akan memberikan Anda beberapa poin penting ketika memilih novel Pramoedya Ananta Toer. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh novel terbaik yang ditulis oleh beliau. Jadi, terus ikuti artikel ini!
    Novel & sastra
    488 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Cerita Terbaik untuk Anak SD (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Cerita Terbaik untuk Anak SD (Terbaru Tahun 2020)
    Anak-anak yang berusia SD biasanya sudah lancar membaca. Jadi, Anda bisa mengisi quality time bersama si kecil dengan cara membaca buku cerita. Di pasaran, banyak dijual buku cerita untuk anak SD, seperti Lima Sekawan, The Little Prince, dan lainnya. Namun, mana yang terbaik untuk anak Anda?Untuk memudahkan Anda, kami akan memberi tips memilih buku cerita untuk anak SD. Setelahnya, ada juga rekomendasi produk terbaiknya. Mulai dari buku cerita bergambar, berbahasa Inggris, hingga buku bertema serius ada dalam rekomendasi kami. Simak artikelnya dan temukan buku cerita terbaik untuk si kecil!
    Novel & sastra
    589 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Sejarah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Novel Sejarah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Serius dan menjemukan sering kali menjadi keywords langganan yang digunakan untuk mendeskripsikan sejarah. Sejarah pun sering dikorelasikan dengan museum, hafalan, dan tokoh-tokoh penting. Apakah benar seperti itu? Anda jangan mau terbelenggu pada stereotip lama. Kini sejarah dapat dinikmati dengan lebih menyenangkan melalui novel sejarah. Novel sejarah memiliki plot cerita yang tak kalah menggugah dari novel genre lainnya. Sebagai pemanasan, Anda dapat membaca novel sejarah karya Hilary Mantel, James Meek, dan Ahmad Tohari. Jika sudah selesai membacanya, Anda pun dapat beralih ke novel sejarah terbaik lain rekomendasi dari kami berikut ini!  
    Novel & sastra
    592 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Novel sejarah merupakan kisah yang ditulis berdasarkan peristiwa yang pernah terjadi pada sebuah bangsa. Anda dapat menemukan novel sejarah yang memiliki tema perjuangan, roman, atau kebudayaan. Panjangnya sejarah Indonesia, menjadikan novel dengan genre ini cukup beragam. Ada yang berisi kisah fiksi ataupun nonfiksi, rangkuman sejarah secara singkat, dan sebagainya.Banyaknya pilihan tema novel sejarah mungkin akan membuat Anda bingung harus memulai dari mana. Pada artikel kali ini, kami akan memperkenalkan tentang novel sejarah Indonesia serta beberapa rekomendasinya. Jadi, apabila Anda tertarik dengan genre ini, ikuti terus pembahasannya!
    Novel & sastra
    168 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Terbaik Karya Sir Arthur Conan Doyle (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Terbaik Karya Sir Arthur Conan Doyle (Terbaru Tahun 2020)
    Sir Arthur Conan Doyle adalah salah satu pengarang berkebangsaan Inggris yang terkenal dengan tokoh Sherlock Holmes. Akan tetapi, selain koleksi kasus Sherlock Holmes dan Dr. Watson yang ternama, beliau juga mengeluarkan beberapa karya lainnya. Tidak hanya genre misteri, Sir Arthur Conan Doyle juga pernah menulis novel bergenre sci-fi dan sejarah.Pada artikel ini, kami akan membahas karya-karya dari Sir Arthur Conan Doyle dan bagaimana menemukan buku terbaiknya. Anda dapat memilih berdasarkan jenis, genre, dan bahasa yang digunakan. Jadi, tetap ikuti artikel ini sampai habis, ya!
    Novel & sastra
    100 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Novel Persahabatan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Novel Persahabatan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Persahabatan adalah salah satu tema yang sering diangkat menjadi karya sastra, termasuk novel. Selain bisa menikmati kisah persahabatan para tokohnya, tak jarang novel tersebut memberikan sejumlah inspirasi dan motivasi. Saat pergi ke toko buku atau membuka e-commerce, banyak sekali novel persahabatan yang mungkin menarik hati Anda.Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda dalam memilih serta merekomendasikan sepuluh novel persahabatan terbaik. Anda akan menemukan sejumlah novel yang mungkin sudah tidak asing lagi, seperti Laskar Pelangi, The Kite Runners, dan 5 Cm. Simak sampai habis dan temukan novel pilihan Anda!
    Novel & sastra
    13.446 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah dengan membaca novel romantis. Selain bisa menikmati kisah cinta tokoh utamanya, Anda juga bisa mendapatkan inspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, siapa tahu Anda juga menemukan kutipan kata cinta menarik yang bisa diunggah di Instagram.Masalahnya, setiap bulan selalu ada judul novel romantis baru yang terbit mulai dari Senja & Pagi hingga Antologi Rasa. Anda akan dibuat bingung saat hendak membelinya. Guna mengurangi kebingungan Anda, kami akan memberikan tips tentang bagaimana cara memilih novel romantis terbaik.
    Novel & sastra
    214.033 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mungkin banyak di antara Anda yang tumbuh bersama novel-novel dari Tere Liye. Tak hanya cerita dari novelnya saja yang mengaduk-aduk perasaan, tetapi juga banyak kutipan tulisan Tere Liye yang menyentuh hati. Dari semua novel Tere Liye yang ada, manakah yang paling Anda sukai?Untuk Anda yang baru mengetahui karya Tere Liye atau rindu ingin membaca ulang novel-novelnya, bacalah artikel ini. Kami akan memberikan rekomendasi sepuluh novel terbaik dari Tere Liye, seperti Pulang, Negeri Para Bedebah, dan Hujan. Sosok Tere Liye dan karyanya juga akan kami bahas lebih mendalam, lho!
    Novel & sastra
    10.140 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berlawanan dengan novel yang ditulis berdasarkan hasil imajinasi pengarang, isi buku nonfiksi bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Semua informasi yang ada pada buku nonfiksi benar-benar nyata dan dilengkapi data. Tak heran jika buku nonfiksi sarat akan ilmu baru dan pengetahuan menarik.Buku nonfiksi terbagi menjadi beragam subgenre, seperti self-improvement, parenting, biografi, dan lain-lain. Mungkin Anda akan kebingungan dalam memilih buku apa yang hendak dibaca. Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda dalam memilih buku nonfiksi serta merekomendasikan buku-buku terbaik. Selamat membaca!
    Novel & sastra
    20.051 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk kamu yang masih berusia remaja, membaca teenlit bisa menjadi pilihan asyik untuk mengisi waktu luang. Mayoritas novel remaja menggunakan gaya bahasa santai dan gaul sehingga dekat dengan kehidupan sehari-hari kamu. Tema-tema yang diangkat pun sudah tak asing lagi, yaitu seputar sekolah, persahabatan, keluarga, cita-cita, hingga romansa.Apabila kamu sedang mencari novel remaja yang bagus, kami akan berbagi tips untuk memilihnya. Kami juga akan menyuguhkan rekomendasi novel remaja terbaik, seperti Refrain, Kilovegram, dan Mariposa. Kamu penasaran? Yuk, baca artikel ini hingga tuntas! 
    Novel & sastra
    3.488 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Membaca termasuk aktivitas yang harus sering dilakukan saat Anda belajar bahasa asing, termasuk bahasa Inggris. Dengan banyak membaca, Anda bisa belajar memahami struktur dan konteks kalimat, serta memperkaya perbendaharaan kata yang dimiliki. Untuk para pemula, novel bahasa Inggris dapat menjadi media yang asyik untuk belajar.Kali ini, kami akan berbagi tips memilih novel bahasa Inggris terbaik untuk pemula. Tak lupa, ada juga rekomendasi novel terbaiknya. Berbagai judul, seperti The Little Prince, Percy Jackson, dan To All the Boys I've Loved Before, bisa Anda temukan dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Novel & sastra
    3.330 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Novel sejarah merupakan kisah yang ditulis berdasarkan peristiwa yang pernah terjadi pada sebuah bangsa. Anda dapat menemukan novel sejarah yang memiliki tema perjuangan, roman, atau kebudayaan. Panjangnya sejarah Indonesia, menjadikan novel dengan genre ini cukup beragam. Ada yang berisi kisah fiksi ataupun nonfiksi, rangkuman sejarah secara singkat, dan sebagainya.Banyaknya pilihan tema novel sejarah mungkin akan membuat Anda bingung harus memulai dari mana. Pada artikel kali ini, kami akan memperkenalkan tentang novel sejarah Indonesia serta beberapa rekomendasinya. Jadi, apabila Anda tertarik dengan genre ini, ikuti terus pembahasannya!
    Novel & sastra
    168 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori