• 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Sabun muka merupakan produk perawatan wajah yang penting untuk kulit sensitif demi mengangkat kotoran dan menjaga kelembapannya. Beragam produk sabun muka kulit sensitif mungkin membingungkan bagi Anda. Apalagi jika selain kulit sensitif, Anda memiliki rangkaian masalah kulit lain, seperti berjerawat, kering, atau berminyak. 


Di sini, kami akan mengulas cara memilih sabun wajah yang bagus untuk kulit sensitif baik wanita maupun pria. Kami pun akan mengulas rekomendasi produk dari merek COSRX, Somethinc, Sebamed, Skintific, dan lainnya. Simak juga tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Putu Ayu Elvina
  • Pembaharuan terakhir: 24 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK adalah seorang dermatovenereologist atau dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Udayana Denpasar. Dokter yang dikenal dengan panggilan dr. Elvina ini tergabung dalam Kelompok Studi Dermatologi Laser Indonesia.

 
Saat ini dr. Elvina berpraktek di klinik Zap Premiere Bali & Miracle Aesthetic Clinic Renon. Anda bisa mengenal dr. Elvina lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

Apa penyebab kulit sensitif?

Apa penyebab kulit sensitif?

Kulit sensitif merujuk pada kondisi kulit yang rentan mengalami iritasi. Kondisi ini dapat dialami baik oleh pria maupun wanita. Beberapa kondisi yang dialami adalah ruam, permukaan kasar, kerutan, kemerahan, bahkan rasa perih karena terlalu kering dan gatal. 


Sebagian kasus kulit sensitif juga diikuti oleh masalah kulit lain seperti kering, berjerawat, berminyak, ruam, kasar, dan lainnya. Agar tepat guna, kenalilah penyebab kulit sensitif serta masalah kulit yang dialami terlebih dahulu sebelum membeli produk perawatan kulit. Berikut hal-hal yang kerap menjadi akar permasalahan kulit sensitif.


  • Lingkungan: Paparan polusi, asap kendaraan, debu, sinar matahari, dan suhu yang terlalu dingin atau panas.
  • Penyakit kulit: Eksem atau dermatitis atopik, dermatitis kontak, rosacea, dan sebagainya. Sebagian penyakit ini juga dapat disebabkan oleh riwayat genetik keluarga.
  • Paparan bahan kimia: Efek penggunaan produk kosmetik, produk perawatan kulit, dan konsumsi obat-obatan tertentu.
dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Pemilik kulit sensitif rentan mengalami iritasi atau reaksi lain yang tidak diharapkan saat berkontak dengan bahan pemicu. Untungnya, kulit sensitif jarang membahayakan dan umumnya bisa membaik dengan menghindari bahan pemicu alergi serta pemakaian produk yang sesuai. Namun, gejala kulit sensitif yang menetap atau malah memburuk menandakan perlunya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sabun muka untuk kulit sensitif

Sebagai langkah awal menemukan sabun muka yang tepat untuk kulit sensitif Anda, simak ulasan kami berikut ini. Anda dapat mempertimbangkan beberapa poin yang kami bahas sebagai dasar menemukan sabun muka yang dibutuhkan. 

Kenali kandungan bahannya

Setiap sabun muka memiliki karakteristiknya sendiri, mulai dari tekstur, kadar sabun, aroma, dan bahan-bahan aktif lainnya. Karena itu, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenali kandungan bahan dari sabun muka pilihan Anda. 

Kandungan pelembap sangat penting untuk menghidrasi kulit

Kandungan pelembap sangat penting untuk menghidrasi kulit

Masalah kulit yang paling sering terjadi pada kulit sensitif adalah kulit kering. Karena itu, Anda membutuhkan sabun muka yang mengandung pelembap, seperti hyaluronic acid, ceramide, dan niacinamide. Ketiganya memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu menjaga kelembapan, kesehatan, dan kekenyalan kulit Anda. 


Pertimbangkan juga kandungan pelembap lainnya, seperti squalane, jojoba oil, dan olive oilTak lupa, sebaiknya Anda juga memilih produk yang mengandung bahan emollient, seperti glycerin, mineral oil, dan lanolin. Salah satu fungsi emollient adalah untuk melapisi kulit sehingga dapat menutupi kekurangan kulit seperti pecah-pecah akibat iritasi. 

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Sabun muka yang ideal diharapkan bisa membersihkan wajah sekaligus menghidrasi dengan baik. Selain itu, sabun muka juga diharapkan tidak menarik kelembapan alami wajah secara berlebihan sehingga merusak barrier kulit.


Sabun muka untuk Anda dengan kulit sensitif sebaiknya mengandung bahan pelembap berikut ini:

  • Hyaluronic acid
  • Sodium hyaluronate
  • Aloe vera
  • Niacinamide
  • Ceramide
  • Gliserin

Dari bahan alami dan bebas kandungan bahan-bahan aditif

Dari bahan alami dan bebas kandungan bahan-bahan aditif

Kami merekomendasikan untuk memilih sabun muka yang berasal dari bahan organik atau alami. Selain itu, pilihlah produk yang bebas bahan tambahan, seperti pewangi, pewarna, sodium lauryl sulfate (SLS), alkohol, dan paraben. Selain itu, Anda juga dapat memilih sabun muka yang mengandung surfaktan alami. 

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Kulit sensitif sebaiknya menghindari zat aditif yang dikhawatirkan memicu iritasi, seperti pewangi, pewarna, dan sulfat. Hindari pula produk-produk yang mengandung alkohol dan exfoliant kuat seperti scrub atau glycolic acid berkonsentrasi tinggi.

Lebih aman memilih produk yang telah teruji klinis

Lebih aman memilih produk yang telah teruji klinis

Pada umumnya, produk berlabel hypoallergenic dan dermatologically-tested memang ditujukan kepada pemilik kulit sensitif. Produk dengan label hypoallergenic biasanya telah menggunakan komposisi bahan yang aman diaplikasikan ke kulit. Begitu juga dengan label dermatologically-tested yang artinya produk telah lulus dalam serangkaian tahapan tes pada kulit. 


Meskipun diklaim aman untuk kulit sensitif, produk dengan label tersebut juga harus Anda coba terlebih dahulu. Anda dapat membeli dalam bentuk travel pack atau membaca review produk di internet terlebih dahulu. 

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Label dermatologically-tested menunjukkan produk tersebut telah diuji pada kulit manusia dan mayoritas sampel tidak menunjukkan reaksi buruk. Walaupun begitu, label ini tidak menjamin bahwa produk tersebut akan cocok pada semua jenis kulit


Saat mencoba produk baru, sangat dianjurkan untuk mencobanya dahulu di sebagian kecil area tubuh. Anda bisa melakukannya di lengan bagian dalam sebelum kemudian memperkenalkannya ke area wajah.

Pilih sabun muka berdasarkan jenisnya

Terdapat beberapa jenis sabun muka untuk kulit sensitif yang dapat Anda temui di pasaran. Namun, tidak semuanya memiliki kandungan bahan yang benar-benar aman bagi kulit sensitif. Anda dapat memilih produk yang paling sesuai dengan gaya hidup atau jenis alergi yang Anda rasakan. 

Sabun batang, lebih aman untuk kulit yang sensitif terhadap pewangi

Sabun batang, lebih aman untuk kulit yang sensitif terhadap pewangi

Apabila Anda memiliki alergi terhadap kandungan bahan pewangi, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan sabun muka batang. Kandungan pewangi pada sabun batang umumnya lebih sedikit dibanding jenis sabun lain. Namun, Anda sebaiknya tetap menghindari sabun batang dengan pewangi sintetis. 


Sebaiknya pilihlah sabun batang dengan bahan pewangi alami. Anda juga dapat memilih produk yang telah teruji klinis. Pastikan juga kandungan alkali di dalamnya tidak terlalu tinggi karena berisiko merangsang kulit sensitif Anda.  

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Sabun cair biasanya mengandung lebih banyak kandungan moisturizer, tetapi mengandung lebih banyak zat aditif. Beberapa zat yang kerap ditemukan pada sabun cair adalah pewangi dan sulfat untuk membuat sabun berbusa.


Sebaliknya, sabun batang secara umum bersifat lebih basa dibandingkan sabun cair sehingga berisiko mengeringkan kulit. Namun, sabun batang lebih sedikit mengandung zat aditif. Jika kulit Anda sensitif, pilihlah sabun batangan yang mengandung moisturizer seperti gliserin dengan label pH balanced.

Sabun cair, lebih higienis sekaligus praktis

  Sabun cair, lebih higienis sekaligus praktis

Salah satu varian sabun cair adalah sabun gel. Keduanya memiliki kandungan air yang banyak. Karena itu, kemasan sabun cair biasanya berupa botol yang dilengkapi dengan pump. Ada pula sabun cair yang dikemas dalam botol bertutup flip-top atau kemasan tube.


Kemasan tersebut cukup tertutup serta tentunya akan lebih menjaga kebersihan dan terbebas dari kontaminasi bakteri. Saat memakai sabun cair di dalam botol atau tube, Anda dapat mengontrol sabun yang digunakan dengan takaran yang pas. 

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Untuk kulit sensitif, pilihlah sabun cair yang berlabel fragrance-free, soap-free, dan sulfate-free. Sabun wajah berlabel soap-free dan sulfate-free akan menghasilkan lebih sedikit busa. Namun, jangan khawatir karena hal tersebut tidak mengurangi efektivitas sabun untuk membersihkan kulit wajah.

Sabun busa, lebih lembut sehingga tidak membebani kulit

Sabun busa, lebih lembut sehingga tidak membebani kulit

Apabila Anda memiliki jenis kulit sensitif yang kering dan berjerawat, akan lebih baik untuk tidak menggosok kulit wajah Anda. Sebaiknya Anda menggunakan sabun bertipe busa. Sabun busa atau facial foam bertekstur halus sehingga tidak membebani kulit Anda. Namun, bahan pembuat busa dapat menimbulkan rangsangan terhadap kulit sensitif. Jadi, tetaplah berhati-hati dalam memilih produk untuk kulit Anda. 

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Bahan sabun yang menghasilkan banyak busa cenderung membuat kulit kering. Untuk kulit sensitif, pilihlah foaming soap dengan label soap-free, pH balanced, dan mengandung moisturizer. Selain itu, foaming soap yang berbentuk krim sebaiknya dibusakan dulu di tangan sebelum diusapkan ke wajah.

Sesuaikan sabun muka dengan permasalahan kulit yang dihadapi

Memilih sabun muka untuk kulit sensitif akan lebih efektif apabila disesuaikan dengan permasalahan kulit yang dialami. Simak ulasan kami berikut ini supaya Anda tidak salah memilih sabun muka untuk kulit sensitif.

Sabun berdaya pembersih tinggi yang kaya kandungan pelembap untuk masalah kulit pria

Sabun berdaya pembersih tinggi yang kaya kandungan pelembap untuk masalah kulit pria

Pria cenderung memiliki banyak aktivitas di luar ruangan yang membuat residu dan kotoran menempel di wajah. Ditambah kagi kondisi pori-pori pria yang cenderung lebih besar menyebabkan produksi sebum melimpah. Untuk itu, sebaiknya Anda membersihkan wajah secara teratur dua kali sehari supaya kotoran dan sebum tidak menyumbat pori-pori. 


Kami menyarankan untuk memilih sabun muka yang mengandung bahan hypoallergenic. Beberapa contoh komposisi bahan yang aman digunakan adalah chamomile, Aloe vera, atau vitamin E. Namun, kembali lagi karena kondisi kulit setiap orang berbeda, hentikan pemakaian produk apabila Anda merasakan gejala iritasi. 

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Pria juga perlu mengikuti petunjuk cara pemilihan skincare yang sesuai dengan jenis kulit. Sebetulnya, Anda tidak harus memakai skincare dengan label "khusus pria". Anda juga tidak perlu mencari sabun khusus antibakteri karena malah dapat mengandung bahan yang mengiritasi kulit wajah.

Sabun muka dengan kandungan bahan non-comedogenic untuk kulit sensitif berminyak

Sabun muka dengan kandungan bahan non-comedogenic untuk kulit sensitif berminyak

Kulit sensitif yang berminyak ditandai dengan produksi sebum berlebih. Kulit yang berminyak membuat kotoran lebih mudah menempel di kulit sehingga kondisi tersebut sering diikuti dengan masalah jerawat.


Untuk itu Anda membutuhkan sabun muka yang mengandung niacinamide, dimethicone, retinol, dan lain-lain. Sementara itu, produk yang sebaiknya dihindari adalah yang mengandung mineral oil, petrolatum, dan petroleum. Ketiga bahan tersebut memiliki sifat comedogenic yang akan menyumbat pori-pori.

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Kulit sensitif yang cenderung berminyak sebaiknya menghindari pelembap yang bersifat oklusif seperti petrolatum, mineral oil, parafin, dan lanolin. Kandungan ini dikhawatirkan menyumbat pori dan menyebabkan jerawat. Sebaiknya pilihlah sabun muka dengan kandungan salicylic acid serta tambahan bahan untuk menghidrasi kulit. 

Sabun muka tanpa fungsi eksfoliasi untuk kulit sensitif kering

Sabun muka tanpa fungsi eksfoliasi untuk kulit sensitif kering

Sabun muka golongan exfoliator sebenarnya sangat efektif untuk membersihkan wajah dari kotoran dan mengangkat sel-sel kulit mati. Akan tetapi, sebaiknya hindari sabun muka jenis ini bagi Anda yang memiliki kulit sensitif kering. Alasannya, sabun muka dengan sifat exfoliating dapat mengurangi kadar minyak alami pada kulit sehingga wajah akan makin kering.

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Secara umum bahan exfoliant terbagi menjadi dua. Ada physical exfoliator seperti scrub dan ada pula chemical exfoliator seperti alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA). Bahan-bahan ini sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit kering sensitif. Alternatif exfoliant yang bisa dipakai untuk jenis kulit sensitif adalah poly hydroxy acid (PHA).

Sabun muka dengan pH rendah lebih disarankan untuk kulit sensitif berjerawat

Sabun muka dengan pH rendah lebih disarankan untuk kulit sensitif berjerawat

Potensial hidrogen atau pH adalah derajat keasaman dan kebasaan suatu zat. Suatu zat dikatakan asam jika memiliki pH di bawah 7 dan basa bila memiliki pH di atas 7. Idealnya, kulit manusia memiliki pH 4,2–5,6. Tingkat keasaman tersebut bukanlah lingkungan ideal bagi pertumbuhan mikroorganisme penyebab masalah kulit.


Namun, pH kulit wajah bisa berubah menjadi basa jika Anda menggunakan sabun muka dengan pH yang terlalu tinggi. Akibatnya, berbagai mikroorganisme seperti Propionibacterium acnes, si penyebab jerawat, dapat tumbuh subur. Karena itu, gunakan sabun muka dengan kadar pH yang rendah. Bagi pemilik kulit sensitif berjerawat, pilihlah sabun muka dengan kadar pH 4,56,0.

Lebih nyaman menggunakan produk dari merek tepercaya

Akan lebih baik apabila Anda memilih produk sabun muka yang memiliki kandungan bahan jelas. Karena itu, Anda dapat memilih produk dari merek-merek tepercaya, seperti Cetaphil, The Body Shop, Sebamed, dan lainnya. Selain lebih mudah untuk mengakses informasi, produk-produk dengan merek tepercaya ini tentunya telah lulus uji standar keamanan. 

dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

Pilihlah produk yang berizin resmi untuk memastikan kandungan komposisinya jelas dan bebas dari bahan berbahaya. Pastikan pula produk tersebut asli dengan membeli di tempat yang bisa dipercaya.


Anda juga cukup mencuci muka dua kali sehari. Setelahnya, segeralah segel kelembapan kulit wajah Anda dengan mengoleskan moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit.

10 Rekomendasi sabun muka terbaik untuk kulit sensitif

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sabun muka terbaik untuk kulit sensitif yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Putu Ayu Elvina.

10
Isi200 ml
Jenis sabunSabun cair (gel)
Bahan pelembapGlycerin
Jenis kulitSemua jenis kulit termasuk kulit sensitif
Bahan aditifPhenoxyethanol
KeamananAlcohol free, fragrance free
Bahan aktif lainnyaCocamidopropyl hydroxysultaine, coco-betaine, sodium lauroyl oat amino acids, disodium cocoyl glutamate, cafeine, charcoal powder, dan lainnya
9

La Roche-PosayEffaclar Medicated Acne Face Wash

Mulai dari Rp 334.000,00

Isi200 ml
Jenis sabunSabun cair (gel)
Bahan pelembapGlycerin
Jenis kulitKulit sensitif berjerawat, kulit sensitif berminyak
Bahan aditifX
KeamananDermatologically tested, for sensitive skin, paraben free, fragrance free, oil free, non-comedogenic, allergy tested
Bahan aktif lainnyaSodium laureth sulfate, decyl glucoside, sodium chloride, coco-betaine, zinc gluconate, menthol, capryloyl salicylic acid, citric acid
8

Galderma LaboratoriesCetaphil Gentle Cleansing Bar

Mulai dari Rp 105.000,00

Isi127 gr
Jenis sabunSabun batang
Bahan pelembapGlycerin, stearic acid, PEG-20, petrolatum
Jenis kulitKulit sensitif, kulit normal, kulit kering
Bahan aditifMasking fragrance
KeamananParaben free, soap free, hypoallergenic, won't clog pores, dermatologist tested
Bahan aktif lainnyaSodium cocoyl isethionate, sodium isethionate, sodium cocoate, sodium stearate, sodium chloride, sodium isostearoyl lactylate, titanium dioxide, dan lainnya
7

The Body Shop Aloe Calming Foaming Wash

SKU102610046

Mulai dari Rp 189.000,00

Isi150 ml
Jenis sabunSabun busa (facial foam)
Bahan pelembapGlycerin, Aloe barbadensis leaf juice powder
Jenis kulitKulit sensitif kering
Bahan aditifX
KeamananFragrance free, colourant free, preservative free, alcohol free
Bahan aktif lainnyaPentylene glycol, sodium cocoamphoacetate, hydrogenated starch hydrolysate, sodium laureth sulfate (SLES), citrid acid
6
Isi100 ml, 500 ml
Jenis sabunSabun cair
Bahan pelembapGlycerin, panthenol
Jenis kulitSemua jenis kulit termasuk kulit sensitif
Bahan aditifPhenoxyethanol, sorbic acid
KeamananClinically tested, dermatologically proven, non-comedogenic, colourant free, fragrance free, MIT free, paraben free, lanolin free, mineral oil free, SLS and SLES free, animal devired ingredients free
Bahan aktif lainnyaCocamidopropyl betaine, betaine, Avena sativa (Oat) kernel flour, cocamide DEA, triethanolamine, caprylyl glycol, styrene/acrylates copolymer, dan lainnya
5

SebamedClear Face Antibacterial Cleansing Foam

Mulai dari Rp 200.000,00

Isi150 ml
Jenis sabunSabun busa (facial foam)
Bahan pelembapPanthenol
Jenis kulitKulit sensitif, kulit berjerawat sangat parah, kulit berkomedo
Bahan aditifParfum, phenoxyethanol
KeamananTidak disebutkan
Bahan aktif lainnyaMontaline C40, cocamidopropyl betainamide mea chloride, cocotrimonium methosulfate, lactic acid, sodium hydroxide
4

SimpleKind to Skin Refreshing Facial Gel Wash

Mulai dari Rp 95.000,00

Isi150 ml
Jenis sabunSabun cair (gel)
Bahan pelembapVitamin E, panthenol
Jenis kulitKulit sensitif
Bahan aditifX
KeamananDermatologically tested and approved, ophtalmologically tested, hypoallergenic, non-comedogenic, no artificial perfume, no colour or dye, no harsh chemicals, no soap
Bahan aktif lainnyaCocamidopropyl betaine, propylene glycol, hydroxypropyl methyl cellulose, pantolactone, sodium hydroxide, disodium EDTA, sodium hydroxymethylglycinate
3

COSRXLow pH Good Morning Gel Cleanser

Mulai dari Rp 59.000,00

Isi50 ml, 150 ml
Jenis sabunSabun cair (gel)
Bahan pelembapStyrax japonicus branch/fruit/leaf extract, Cryptomeria japonica leaf extract, Nelumbo nucifera leaf extract, dan lainnya
Jenis kulitKulit sensitif, kulit kusam dan lelah, kulit bertekstur tidak rata
Bahan aditifPolysorbate 20, ethylhexylglycerin, sodium benzoate
KeamananParaben free, sulfate free, alcohol free, silicone free, EU allergen free
Bahan aktif lainnyaTea tree leaf oil, cocamidopropyl betaine, sodium lauroyl methyl isethionate, butylene glycol, saccharomyces ferment, dan lainnya
2
Isi15 ml, 100 ml
Jenis sabunSabun cair (gel)
Bahan pelembapGlycerin, Centella asiatica
Jenis kulitSemua jenis kulit termasuk kulit sensitif
Bahan aditifGlyceryl caprylate
KeamananSkin pH balancer, vegan formulated, hypoallergenic, non-irritation formula, dermatologically tested, fragrance free
Bahan aktif lainnyaJapanese mugworth, Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil, Calendula officinalis flower extract, potassium cocoyl glutamate, butylene glycol, dan lainnya
1

Skintific5X Ceramide Low pH Cleanser Gentle Cleanser For Sensitive Skin

Mulai dari Rp 119.000,00

Isi80 ml
Jenis sabunSabun cair (gel)
Bahan pelembapCeramide, niacinamide, hyaluronic acid
Jenis kulitKulit sensitif, kulit kering, kulit berminyak, kulit kusam, kulit berjerawat, kulit bertekstur
Bahan aditifPhenoxyethanol, parfum, sodium benzoate, cetearyl alcohol, ascorbic acid
KeamananSLS free, alcohol free, paraben free, mineral oil free, artifical colorant free, vegan friendly, cruelty free
Bahan aktif lainnyaSodium cocoyl glycinate, lauryl betaine, Quillaja saponaria bark extract, salicylic acid, arginine, butylene glycol, hydrogenated lecithin, dan lainnya

Tabel perbandingan rekomendasi sabun muka terbaik untuk kulit sensitif

Gambar produk
1
Skintific 5X Ceramide Low pH Cleanser Gentle Cleanser For Sensitive Skin 1

Skintific

2
Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser 1

Somethinc

3
COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser 1

COSRX

4
Simple Kind to Skin Refreshing Facial Gel Wash  1

Simple

5
Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam 1

Sebamed

6
Derma 365 Gentle Cleanser 1

Derma 365

7
The Body Shop  Aloe Calming Foaming Wash 1

The Body Shop

8
Galderma Laboratories Cetaphil Gentle Cleansing Bar 1

Galderma Laboratories

9
La Roche-Posay Effaclar Medicated Acne Face Wash 1

La Roche-Posay

10
Clinique  Charcoal Face Wash 1

Clinique

Nama produk

5X Ceramide Low pH Cleanser Gentle Cleanser For Sensitive Skin

Low pH Gentle Jelly Cleanser

Low pH Good Morning Gel Cleanser

Kind to Skin Refreshing Facial Gel Wash

Clear Face Antibacterial Cleansing Foam

Gentle Cleanser

Aloe Calming Foaming Wash

Cetaphil Gentle Cleansing Bar

Effaclar Medicated Acne Face Wash

Charcoal Face Wash

Keunggulan

Dengan lima tipe ceramide untuk merawat dan menjaga skin barrier

Sabun muka yang gentle dengan vegan formulated

Bahan aktifnya mampu mengangkat sel kulit mati tanpa membuat wajah kering

Sabun muka dengan minimal ingredients yang tidak neko-neko!

Bye bye jerawat dan kulit rusak!

Melembapkan kulit yang dehidrasi secara maksimal

Dapatkan sensasi lembut dan tenang berkat kandungan Aloe vera-nya

Membersihkan kulit dalam 20 detik sekaligus menjaga kelembapannya

Membantu atasi breakout dengan mereduksi sebum hingga 47%

Formula khusus untuk pria yang memiliki masalah kulit akibat aktivitas berlebih

Harga mulai dariRp 119.000,00Rp 39.000,00Rp 59.000,00Rp 95.000,00Rp 200.000,00Rp 57.500,00Rp 189.000,00Rp 105.000,00Rp 334.000,00Rp 485.000,00
Isi80 ml15 ml, 100 ml50 ml, 150 ml150 ml150 ml100 ml, 500 ml150 ml127 gr200 ml200 ml
Jenis sabunSabun cair (gel)Sabun cair (gel)Sabun cair (gel)Sabun cair (gel)Sabun busa (facial foam)Sabun cairSabun busa (facial foam)Sabun batangSabun cair (gel)Sabun cair (gel)
Bahan pelembapCeramide, niacinamide, hyaluronic acidGlycerin, Centella asiaticaStyrax japonicus branch/fruit/leaf extract, Cryptomeria japonica leaf extract, Nelumbo nucifera leaf extract, dan lainnyaVitamin E, panthenolPanthenolGlycerin, panthenolGlycerin, Aloe barbadensis leaf juice powderGlycerin, stearic acid, PEG-20, petrolatumGlycerinGlycerin
Jenis kulitKulit sensitif, kulit kering, kulit berminyak, kulit kusam, kulit berjerawat, kulit berteksturSemua jenis kulit termasuk kulit sensitifKulit sensitif, kulit kusam dan lelah, kulit bertekstur tidak rataKulit sensitifKulit sensitif, kulit berjerawat sangat parah, kulit berkomedoSemua jenis kulit termasuk kulit sensitifKulit sensitif keringKulit sensitif, kulit normal, kulit keringKulit sensitif berjerawat, kulit sensitif berminyakSemua jenis kulit termasuk kulit sensitif
Bahan aditifPhenoxyethanol, parfum, sodium benzoate, cetearyl alcohol, ascorbic acidGlyceryl caprylatePolysorbate 20, ethylhexylglycerin, sodium benzoateXParfum, phenoxyethanolPhenoxyethanol, sorbic acidXMasking fragranceXPhenoxyethanol
KeamananSLS free, alcohol free, paraben free, mineral oil free, artifical colorant free, vegan friendly, cruelty freeSkin pH balancer, vegan formulated, hypoallergenic, non-irritation formula, dermatologically tested, fragrance freeParaben free, sulfate free, alcohol free, silicone free, EU allergen freeDermatologically tested and approved, ophtalmologically tested, hypoallergenic, non-comedogenic, no artificial perfume, no colour or dye, no harsh chemicals, no soapTidak disebutkanClinically tested, dermatologically proven, non-comedogenic, colourant free, fragrance free, MIT free, paraben free, lanolin free, mineral oil free, SLS and SLES free, animal devired ingredients freeFragrance free, colourant free, preservative free, alcohol freeParaben free, soap free, hypoallergenic, won't clog pores, dermatologist testedDermatologically tested, for sensitive skin, paraben free, fragrance free, oil free, non-comedogenic, allergy testedAlcohol free, fragrance free
Bahan aktif lainnyaSodium cocoyl glycinate, lauryl betaine, Quillaja saponaria bark extract, salicylic acid, arginine, butylene glycol, hydrogenated lecithin, dan lainnyaJapanese mugworth, Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil, Calendula officinalis flower extract, potassium cocoyl glutamate, butylene glycol, dan lainnyaTea tree leaf oil, cocamidopropyl betaine, sodium lauroyl methyl isethionate, butylene glycol, saccharomyces ferment, dan lainnyaCocamidopropyl betaine, propylene glycol, hydroxypropyl methyl cellulose, pantolactone, sodium hydroxide, disodium EDTA, sodium hydroxymethylglycinateMontaline C40, cocamidopropyl betainamide mea chloride, cocotrimonium methosulfate, lactic acid, sodium hydroxideCocamidopropyl betaine, betaine, Avena sativa (Oat) kernel flour, cocamide DEA, triethanolamine, caprylyl glycol, styrene/acrylates copolymer, dan lainnyaPentylene glycol, sodium cocoamphoacetate, hydrogenated starch hydrolysate, sodium laureth sulfate (SLES), citrid acidSodium cocoyl isethionate, sodium isethionate, sodium cocoate, sodium stearate, sodium chloride, sodium isostearoyl lactylate, titanium dioxide, dan lainnyaSodium laureth sulfate, decyl glucoside, sodium chloride, coco-betaine, zinc gluconate, menthol, capryloyl salicylic acid, citric acidCocamidopropyl hydroxysultaine, coco-betaine, sodium lauroyl oat amino acids, disodium cocoyl glutamate, cafeine, charcoal powder, dan lainnya
Tautan produk

Baca juga rekomendasi sabun dan produk kecantikan lainnya untuk kulit sensitif di sini

Memiliki kulit sensitif menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang dalam mencari produk pembersih maupun produk kecantikan lainnya. Jika Anda membutuhkan info mengenai produk-produk untuk kulit sensitif, silakan baca tautan berikut ini!

Kesimpulan

Apakah Anda telah memahami poin-poin penting saat memilih sabun muka untuk kulit sensitif Anda? Adanya kandungan pelembap dan bebas bahan pengawet adalah hal yang penting.


Berhubung kondisi kulit orang berbeda-beda, hasil akhir dari pemakaian produk sabun muka tidak bisa seragam. Anda harus mencoba sendiri hingga bertemu produk yang sesuai. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan sabun muka yang tepat sesuai kondisi kulit sensitif Anda. Good luck!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Skincare N'Pure Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skincare N'Pure Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Filter kamera memang bikin cantik, tetapi kulit sehat jauh lebih baik! Yuk, lengkapi perawatan wajah Anda dengan skincare yang bagus. N'Pure adalah salah satu merek skincare lokal terbaik yang patut dicoba. N'Pure menawarkan skincare berbahan natural dalam rangkaian yang lengkap, harga bersahabat, dan aman. Centella asiatica toner dan Cica sunscreen yang baru-baru ini launching, merupakan produk best seller N'Pure yang hits saat ini. Selain skincare wajah, N'Pure punya produk body care juga, lho. Tertarik dengan ulasannya? Simak rekomendasi lengkap produk N'Pure di bawah ini!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori