• 10 Rekomendasi Susu Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Susu Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Susu Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Susu Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Susu Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Susu Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Susu cokelat merupakan salah satu varian rasa susu yang menjadi favorit untuk berbagai kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Merek susu cokelat pun sangat beragam, mulai dari susu cair seperti Ultra dan Greenfields hingga susu bubuk seperti Milo. 


Jika Anda sangat menyukai minuman satu ini, kami akan membahasnya secara lengkap di sini. Kami akan membantu Anda memilih susu cokelat terbaik serta merekomendasikan beberapa produk susu cokelat sebagai referensi Anda. Jadi, jangan lewatkan artikel kami dan temukanlah susu cokelat yang dapat membuat hari-hari Anda lebih manis!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 28 April 2022
Daftar isi

Manfaat meminum susu cokelat

Manfaat meminum susu cokelat

Selain rasanya yang lezat, ternyata ada banyak manfaat dari susu cokelat. Pertama, susu cokelat bisa mengganti elektrolit tubuh yang hilang sehabis berolahraga. Kedua, di dalam susu cokelat terdapat zat yang bisa meningkatkan kerja otot sekaligus mempertahankan massa otot tubuh. 


Otot pun bekerja lebih aktif dan membuat Anda jadi makin semangat. Meminum susu cokelat sehabis berolahraga akan memulihkan energi dengan cepat berkat kandungan karbohidrat dan protein di dalamnya. Maka dari itu, rasa cokelat tidak hanya tersedia pada susu anak-anak, tetapi juga untuk susu orang dewasa. 

Cara memilih susu cokelat

Banyaknya varian susu cokelat pasti membuat Anda kebingungan saat memilihnya. Anda bisa menyimak poin-poin berikut ini agar bisa menemukan susu cokelat yang tepat untuk Anda. 

Pilih berdasarkan bentuk kemasannya

Susu cokelat biasanya dikemas dalam dua bentuk, yakni cair dan bubuk. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilih sesuai kebutuhan dan selera Anda! 

Susu cair, praktis dan mudah diminum

Susu cair biasanya terdiri dari beberapa jenis, misalnya saja susu UHT dan susu pasteurisasi. Selain itu, Anda juga akan menemukan jenis susu lain seperti susu rendah lemak atau low fat.


Mengonsumsi susu cair jauh lebih praktis ketimbang mengonsumsi susu bubuk. Alih-alih menyeduh air dan menyiapkan susu, susu cair bisa langsung diminum. Jika Anda orang yang selalu terburu-buru di pagi hari, susu cair dapat dijadikan pilihan sebagai pengganti sarapan. Susu cair cokelat sudah cukup memenuhi energi untuk Anda mengawali hari. 

Susu bubuk, dapat disimpan lebih lama

Susu bubuk merupakan susu cair yang diolah dengan cara dipanaskan hingga menjadi bubuk kering. Untuk jenisnya, Anda akan menemukan susu bubuk berupa full cream atau susu skim. Susu bubuk sendiri memiliki beberapa keunggulan, yaitu lebih awet, tahan lama, serta mudah disimpan. 


Jika dibandingkan dengan susu cair yang paling lama hanya bertahan 12 bulan, susu bubuk bisa bertahan hingga dua tahun. Lalu, susu bubuk bisa ditaruh dalam suhu ruang meski sudah dibuka sekalipun. Berbeda dengan susu cair yang akan cepat basi jika tidak ditaruh di dalam kulkas. Hal ini sangat menguntungkan terutama bagi Anda yang tidak memiliki kulkas di rumah. 

Pilih berdasarkan jenisnya

Nah, susu cokelat kemudian dibagi lagi berdasarkan jenisnya. Anda bisa memilih jenis susu cokelat sesuai selera atau berdasarkan manfaatnya. 

Susu UHT, susu steril yang bisa disimpan lama

Susu UHT adalah jenis susu cair yang diolah dengan cara dipanaskan pada suhu 135-140 derajat Celcius dalam waktu sangat singkat. Metode pemanasan ini bertujuan untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme yang ada pada susu sapi. 


Jadi, susu yang dihasilkan pun lebih steril dan aman untuk dikonsumsi langsung. Jika dibandingkan dengan susu pasteurisasi yang hanya bertahan dua jam di suhu ruang, susu UHT memiliki waktu simpan lebih lama. Susu ini bisa bertahan sekitar enam bulan di tempat terbuka dan dua belas bulan di dalam kulkas. 

Susu pasteurisasi, lebih alami dan segar

Susu pasteurisasi, lebih alami dan segar

Susu pasteurisasi juga merupakan salah satu jenis susu cair. Susu ini diolah dengan cara yang hampir mirip dengan susu UHT, yaitu dipanaskan dengan suhu tertentu dalam waktu singkat. Akan tetapi, suhu yang digunakan tidak sepanas susu UHT. Untuk memanaskan susu pasteurisasi dibutuhkan suhu sekitar 65 derajat Celcius dalam waktu sekitar 30 menit. 


Berbeda dengan susu UHT, proses ini tidak membunuh semua mikroorganisme. Namun, proses pemanasan ini dipastikan dapat membunuh bakteri patogen yang bisa menimbulkan penyakit. Karena pemanasan yang tidak terlalu tinggi, vitamin dan mineral dalam susu pasteurisasi juga tetap terjaga. Jadi, kandungannya tetap alami tanpa tambahan kimia lagi. 

Susu rendah lemak, kaya kalsium dan vitamin dengan kadar lemak lebih rendah

Untuk Anda yang sedang diet, Anda bisa memilih mengonsumsi susu rendah lemak ketimbang susu full cream. Susu low fat diolah dengan cara dipisahkan lemaknya dari susu sehingga memiliki kadar lemak lebih rendah. Umumnya, kadar lemak dari susu murni berkisar sekitar 3-3,5%, sedangkan susu rendah lemak hanya memiliki kadar lemak sekitar 1-2%. 


Proses pemisahan lemak pada susu ini hanya akan mengurangi kadar lemak saja. Jadi, kandungan protein, vitamin, dan kalsium dalam susu tetap dan tidak berkurang. Anda pun tetap bisa merasakan manfaat kebaikan susu tanpa perlu khawatir menjadi lebih gemuk. 

Susu kacang, pilihan untuk Anda yang intoleran terhadap laktosa

Susu kacang, pilihan untuk Anda yang intoleran terhadap laktosa

Bagi sebagian orang, minum susu sapi sering menimbulkan masalah seperti perut kembung dan diare. Hal ini mungkin terjadi khususnya bagi orang yang intoleransi laktosa atau alergi susu sapi. Maka dari itu, sebagai opsi lain Anda bisa mengonsumsi susu kacang, baik kedelai atau almon. 


Dibandingkan susu sapi, susu kacang tidak mengandung kolesterol, rendah lemak jenuh, serta tidak mengandung laktosa. Hal ini yang membuat susu kacang bisa dinikmati oleh siapa pun. Selain itu, kandungan serat susu kacang juga dinilai cukup tinggi. Jadi, susu kacang tidak akan menimbulkan sembelit, cocok untuk Anda yang berdiet, dan masih banyak lainnya.

Cari susu yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Cari susu yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Saat ini, Anda bisa memilih susu cokelat sesuai kebutuhan Anda. Anda bisa memilih susu untuk menggemukkan badan, susu untuk diabetesi, untuk membentuk otot, atau sekadar susu kaya kalsium. Jika Anda mencari susu dengan kebutuhan khusus, pastikan Anda membaca keterangan yang terdapat pada kemasan dengan baik. Jangan sampai Anda mengonsumsi dengan takaran yang tidak tepat sehingga menimbulkan efek buruk pada tubuh.

Perhatikan komposisi utama produk

Perhatikan komposisi utama produk

Sebelum membeli susu, perhatikan informasi nilai gizi serta komposisi yang terdapat dalam susu. Untuk orang dewasa, sebaiknya Anda mengonsumsi susu dengan kadar lemak yang rendah, tetapi kaya akan kalsium. Sebaliknya, untuk anak-anak pilihlah susu full cream yang kaya lemak, vitamin, dan protein yang bagus untuk pertumbuhan mereka.


Selain itu, pastikan juga tidak terdapat kandungan aditif di dalam susu yang hendak Anda konsumsi. Zat aditif merupakan bahan kimia seperti pengawet, pewarna, atau penguat aroma. Susu dengan kandungan zat aditif biasanya bisa menimbulkan rasa mual dan masalah pencernaan. Jadi, jika Anda tidak bisa menghindarinya, pilih susu dengan bahan aditif yang paling minim. 

Pilih ukuran susu berdasarkan jumlah konsumsi sehari-hari

Pilih ukuran susu berdasarkan jumlah konsumsi sehari-hari

Saat berbelanja, Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran susu yang hendak dibeli. Jika Anda akan mengonsumsi susu setiap hari, Anda bisa membeli susu berukuran besar. Ukuran susu juga perlu disesuaikan dengan banyaknya anggota keluarga yang akan meminumnya. Makin banyak yang meminum susu, makin banyak juga Anda harus membeli susu. Selain itu, Anda juga bisa membeli susu jenis fresh milk atau pasteurisasi karena susu ini harus habis diminum dalam satu hari. 


Bisa jadi Anda hanya mengonsumsi susu untuk diri sendiri. Jika demikian, lebih baik Anda memilih susu UHT atau susu bubuk yang bisa disimpan lebih lama. Susu bubuk yang dibeli juga tidak perlu ukuran paling besar karena akan lebih lama habis. Meski bisa disimpan lama, akan lebih baik jika Anda tidak menyimpannya dalam jangka waktu terlalu lama setelah dibuka. Maka dari itu, hitung konsumsi susu Anda per hari dan belilah susu sesuai kebutuhan. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi susu cokelat terbaik

Kami memiliki beberapa rekomendasi susu cokelat terbaik yang bisa Anda pilih, baik susu cair maupun susu bubuk. Pilihlah susu sesuai selera dan kebutuhan Anda! 

10
JenisSusu pasteurisasi (1 L) dan UHT (200 ml)
KeunggulanMengandung 100% protein A2, tidak menimbulkan rasa kembung saat dikonsumsi
KomposisiSusu segar, gula, air, cokelat bubuk, penstabil nabati dan penstabil fosfat, pengemulsi nabati, perisa sintetik cokelat, antioksidan campuran tokoferol
Ukuran200 ml & 1 L
9
JenisSusu kacang almon
KeunggulanBebas dari carrageenan, canola oil, kolesterol, laktosa, gluten, lemak jenuh, serta tinggi kalsium dan vitamin lainnya
KomposisiAlmond base, cane sugar, cocoa powder, sea salt, natural flavors, zinc gluconate, vitamin A acetate, vitamin B12, riboflavin, vitamin D2
Ukuran946 ml
8
JenisUHT
KeunggulanSumber lemak untuk menaikkan berat badan
KomposisiSusu sapi segar, air, gula, ekstrak malt bubuk, susu skim bubuk, coklat bubuk, pengemulsi nabati, penstabil nabati, perisa sintetik cokelat, garam
Ukuran125 ml, 250 ml, 1 L
7

Ultrajaya Milk IndustryUltra Milk Low Fat Hi-Calcium Chocolate

Mulai dari Rp 17.500,00

JenisSusu rendah lemak
KeunggulanTidak mengandung pemanis buatan, tanpa pengawet, tanpa pewarna sintetik, tinggi kalsium
KomposisiFresh milk, sugar, cocoa powder, stabilizer, chocolate flavor
Ukuran200 ml, 250 ml, 1000 ml
6
JenisSusu rendah lemak, susu bubuk
KeunggulanTinggi serat, mengandung krominum, bebas gula, tinggi kalsium, cocok untuk penderita diabetes
KomposisiSusu bubuk skim, maltodekstrin, serat inulin, penstabil nabati, bubuk cokelat, isolate protein whey, konsentrat protein whey, perisa sintetik, pemanis buatan asesulfam-K, kromium pikolinat
Ukuran500 gr
5
JenisSusu bubuk, susu rendah lemak
KeunggulanTinggi protein, mengandung L-Carnitine, rendah lemak
KomposisiSusu bubuk skim, konsentrat protein whey, bubuk cokelat, sukrosa, ekstrak malt, bubuk madu, perisa sintetik, garam NaCl, pemanis buatan, premix vitamin dan mineral
Ukuran250 gr
4
JenisSusu bubuk
KeunggulanMenambah berat badan, mengandung L-Lysine, L-Protemax, dan asam amino lengkap
KomposisiSusu skim, protein susu, gula, minyak nabati, inulin, perisa alami cokelat, 10 vitamin dan 10 mineral, pengemulsi lesitin kedelai, maltodexstrin
Ukuran450 gr & 900 gr
3
JenisSusu bubuk
KeunggulanSumber energi yang baik, mengandung 6 vitamin & 3 mineral
KomposisiEkstrak malt (barli) 39%, susu bubuk skim, gula, minyak nabati, bubuk kakao, 4 mineral, dan premiks vitamin
Ukuran22 gr, 300 gr, 800 gr, 1 kg
2
JenisSusu kacang (kedelai)
KeunggulanAman untuk Anda yang intoleransi laktosa
KomposisiEkstrak kacang soya, gula tebu, Hershey’s serbuk kakao, minyak jagung, perisa coklat, pengemulsi, penstabil, maltodekstrin, garam
Ukuran236 ml, 946 ml
1

Sukanda DjayaBrookfarm Fresh Milk Chocolate 946 ml

Mulai dari Rp 30.300,00

JenisSusu pasteurisasi
KeunggulanKaya akan vitamin D dan vitamin lainnya
KomposisiSusu sapi segar, gula, dan coklat bubuk
Ukuran946 ml

Tabel perbandingan produk susu cokelat terbaik

Gambar produk
1
Sukanda Djaya Brookfarm Fresh Milk Chocolate 946 ml 1

Sukanda Djaya

2
Hershey's Soyfresh Chocolate 1

Hershey's

3
Nestle Milo Activ-Go 1

Nestle

4
Appeton Indonesia Appeton WG (Cokelat) 1

Appeton Indonesia

5
L-Men Daily  1

L-Men

6
Tropicana Slim Susu High Fiber Chocolate 1

Tropicana Slim

7
Ultrajaya Milk Industry Ultra Milk Low Fat Hi-Calcium Chocolate 1

Ultrajaya Milk Industry

8
Greenfields Choco Malt Milk 1

Greenfields

9
Natur-a Almond Milk Chocolate 1

Natur-a

10
KIN Fresh Milk Chocolate 1

KIN

Nama produk

Brookfarm Fresh Milk Chocolate 946 ml

Soyfresh Chocolate

Milo Activ-Go

Appeton WG (Cokelat)

Daily

Susu High Fiber Chocolate

Ultra Milk Low Fat Hi-Calcium Chocolate

Choco Malt Milk

Almond Milk Chocolate

Fresh Milk Chocolate

Keunggulan

Lebih alami, tidak mengandung pemanis dan perasa buatan

Mengandung banyak serat, rasa pun lebih nikmat

Sumber energi agar semangat menjalani aktivitas seharian

Mampu menambah berat badan secara signifikan

Untuk tubuh lebih kuat dan atletis!

Mengandung kromium yang bisa menyeimbangkan gula darah

Susu tinggi kalsium, baik untuk kesehatan tulang Anda

Nikmat dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga

Rendah kalori dan lemak, diet pun tetap aman!

Nyaman di perut, tidak membuat kembung

Harga mulai dariRp 30.300,00Rp 45.000,00Rp 10.200,00Rp 350.000,00Rp 47.000,00Rp 95.000,00Rp 17.500,00Rp 21.500,00Rp 94.000,00Rp 29.900,00
JenisSusu pasteurisasi Susu kacang (kedelai)Susu bubukSusu bubukSusu bubuk, susu rendah lemakSusu rendah lemak, susu bubukSusu rendah lemakUHTSusu kacang almonSusu pasteurisasi (1 L) dan UHT (200 ml)
KeunggulanKaya akan vitamin D dan vitamin lainnyaAman untuk Anda yang intoleransi laktosaSumber energi yang baik, mengandung 6 vitamin & 3 mineralMenambah berat badan, mengandung L-Lysine, L-Protemax, dan asam amino lengkapTinggi protein, mengandung L-Carnitine, rendah lemakTinggi serat, mengandung krominum, bebas gula, tinggi kalsium, cocok untuk penderita diabetesTidak mengandung pemanis buatan, tanpa pengawet, tanpa pewarna sintetik, tinggi kalsiumSumber lemak untuk menaikkan berat badanBebas dari carrageenan, canola oil, kolesterol, laktosa, gluten, lemak jenuh, serta tinggi kalsium dan vitamin lainnyaMengandung 100% protein A2, tidak menimbulkan rasa kembung saat dikonsumsi
KomposisiSusu sapi segar, gula, dan coklat bubukEkstrak kacang soya, gula tebu, Hershey’s serbuk kakao, minyak jagung, perisa coklat, pengemulsi, penstabil, maltodekstrin, garamEkstrak malt (barli) 39%, susu bubuk skim, gula, minyak nabati, bubuk kakao, 4 mineral, dan premiks vitaminSusu skim, protein susu, gula, minyak nabati, inulin, perisa alami cokelat, 10 vitamin dan 10 mineral, pengemulsi lesitin kedelai, maltodexstrinSusu bubuk skim, konsentrat protein whey, bubuk cokelat, sukrosa, ekstrak malt, bubuk madu, perisa sintetik, garam NaCl, pemanis buatan, premix vitamin dan mineralSusu bubuk skim, maltodekstrin, serat inulin, penstabil nabati, bubuk cokelat, isolate protein whey, konsentrat protein whey, perisa sintetik, pemanis buatan asesulfam-K, kromium pikolinatFresh milk, sugar, cocoa powder, stabilizer, chocolate flavorSusu sapi segar, air, gula, ekstrak malt bubuk, susu skim bubuk, coklat bubuk, pengemulsi nabati, penstabil nabati, perisa sintetik cokelat, garamAlmond base, cane sugar, cocoa powder, sea salt, natural flavors, zinc gluconate, vitamin A acetate, vitamin B12, riboflavin, vitamin D2Susu segar, gula, air, cokelat bubuk, penstabil nabati dan penstabil fosfat, pengemulsi nabati, perisa sintetik cokelat, antioksidan campuran tokoferol
Ukuran946 ml236 ml, 946 ml22 gr, 300 gr, 800 gr, 1 kg450 gr & 900 gr250 gr500 gr200 ml, 250 ml, 1000 ml125 ml, 250 ml, 1 L 946 ml200 ml & 1 L
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk susu lainnya di sini

Kami masih memiliki banyak rekomendasi produk susu untuk Anda. Anda bisa memilih susu untuk bayi, anak, atau untuk Anda sendiri. Anda juga bisa memilih susu berdasarkan kebutuhan Anda, seperti susu untuk diet, diabetes, peninggi tulang, dan sebagainya. Untuk membaca artikel lengkapnya, silakan klik tautan di bawah ini atau kunjungi situs website kami.

Kesimpulan

Susu cokelat memang punya rasa enak yang disukai oleh berbagai kalangan. Anda bisa memilih susu cokelat berdasarkan kemasan, jenis, dan kebutuhan Anda. Selain itu, perhatikan juga nilai gizi dan komposisi susu sebelum membeli. Hal ini bertujuan supaya Anda bisa menakarnya sesuai kebutuhan vitamin dan protein harian Anda. Akhir kata, semoga Anda menemukan susu cokelat yang terbaik untuk dinikmati!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Anak sehat dan berbadan kuat adalah dambaan setiap orang tua. Salah satu cara yang dilakukan agar dapat menaikkan berat badan anak adalah memberikan susu penggemuk badan. Ada banyak merek susu penambah berat badan anak yang beredar, seperti Dancow, PediaComplete, atau Curcuma Plus.Kali ini kami akan membagikan tips memilih susu penambah berat badan untuk anak. Kami juga akan merekomendasikan susu formula tinggi kalori yang bagus dan sesuai dengan usia anak. Selain itu, terdapat juga komentar dari ahli gizi, Leona Victoria untuk menambah wawasan Anda. Simak sampai akhir, ya!
    Produk susu
  • 10 Rekomendasi Susu Dancow Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Susu Dancow Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Susu adalah minuman bergizi yang harus diberikan pada anak sejak usianya masih batita hingga sekolah. Salah satu susu anak yang populer sejak lama adalah Dancow. Dancow sudah bertahun-tahun menutrisi anak-anak Indonesia. Jadi, tidak ada keraguan lagi untuk Anda pun turut memberikan susu Dancow kepada buah hati.Dancow memiliki banyak varian susu, mulai dari Dancow full cream, Dancow FortiGro, Dancow Nutritods, dan sebagainya. Jika Anda sedang mencari susu Dancow untuk buah hati, inilah artikel yang tepat. Kami akan membantu Anda memilih susu Dancow dan memberikan rekomendasi susu Dancow terbaik. Selamat membaca!
    Produk susu
  • 10 Susu Rendah Lemak Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Rendah Lemak Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Lemak yang menumpuk dalam tubuh berakibat kurang baik bagi kesehatan. Jadi, ada baiknya Anda mulai mengubah kebiasaan hidup dengan mengonsumsi susu rendah lemak. Susu rendah lemak adalah susu yang kadar lemaknya rendah, sekitar 1–2% per takaran saji.Susu rendah lemak tidak hanya bermanfaat untuk diet, tetapi juga untuk penderita asam lambung, hipertensi, kolesterol, dan diabetes. Di artikel ini kami akan mengulas rekomendasi merek susu rendah lemak yang enak, seperti Tropicana Slim, Anlene, dan WRP. Artikel ini juga telah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Afriyani Khusna. Mari simak informasi lengkapnya!
    Produk susu
  • 10 Merk Susu Kambing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Susu Kambing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tahukah Anda, tidak hanya sapi saja yang bisa menghasilkan susu, melainkan juga kambing? Beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu kambing bisa mencegah beberapa jenis penyakit dan baik untuk kesehatan. Bahkan, susu kambing jenis etawa ternyata memiliki manfaat setara dengan ASI.Ada banyak susu kambing yang bagus dijual di pasaran, seperti merk Gomilk, Etawaku, Provit, dan lain-lain. Jika Anda tertarik mencoba susu kambing, inilah artikel yang tepat. Kami akan memberikan rekomendasi susu kambing terbaik untuk Anda konsumsi. Sebelumnya, cari tahu dahulu manfaat susu kambing bagi kesehatan. Disimak, yuk!
    Produk susu
  • 10 Susu Evaporasi Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Evaporasi Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak minuman dan makanan yang makin nikmat jika diberi tambahan susu. Namun, tidak semua susu baik untuk kesehatan keluarga. Susu evaporasi adalah salah satu jenis susu sehat yang bisa Anda pertimbangkan. Tekstur susu evaporasi memang mirip susu kental manis, tetapi susu evaporasi lebih kaya nutrisi yang diperlukan tubuh. Nah, pada artikel kali ini, kami akan mengulas merek susu evaporasi yang enak, seperti F&N, Sunbay, dan Nestle. Kami juga akan memberikan tips memilih susu evaporasi yang bagus untuk Anda. Jadi, baca artikel ini hingga selesai, ya!
    Produk susu
  • 10 Susu Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki badan yang tinggi adalah impian setiap orang. Berbagai cara pun dilakukan untuk meninggikan badan, termasuk dengan minum susu. Cukup banyak produk susu peninggi badan yang beredar di pasaran. Merek susu peninggi badan seperti HiLo, DANCOW, dan Boneeto tentunya cukup familier bagi Anda. Pada artikel ini, kami akan membagikan tips memilih susu penambah tinggi badan yang bagus. Setelahnya, review sepuluh susu peninggi badan juga akan kami berikan. Untuk membantu Anda memilih produk terbaik, kami turut berkolaborasi dengan ahli gizi Leona Victoria. Simak sampai akhir, ya!
    Produk susu
  • 10 Rekomendasi Bibit Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bibit Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Yoghurt adalah salah satu produk olahan susu yang sangat digemari oleh banyak orang. Selain rasanya yang enak, yoghurt juga memiliki banyak manfaat bagi pencernaan. Tetapi, yoghurt di pasaran banyak yang memiliki kandungan pengawet di dalamnya. Tidak usah khawatir, membuat yoghurt yang aman itu tidak sulit dan bisa dilakukan di rumah.Pada artikel ini, kami akan memberikan informasi mengenai yoghurt dan cara memilih bibit yoghurt yang bagus. Kami juga merekomendasikan produk bibit yoghurt merek Biokul, dan Greenfields. Pilihlah bibit terbaik untuk hasil yoghurt yang menyehatkan bagi Anda!
    Produk susu
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori