• 10 Roti Tawar Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Roti Tawar Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Roti Tawar Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Roti Tawar Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Roti Tawar Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Roti Tawar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Roti tawar adalah jenis roti yang bisa diolah menjadi apa saja sesuai selera. Anda dapat menyiapkan roti tawar untuk sarapan praktis, menjadikannya bekal piknik, atau mengolahnya menjadi aneka makanan ringan. Roti tawar putih yang lembut ataupun roti tawar gandum yang tinggi serat sama-sama terasa lezat.


Ada beberapa merk roti tawar yang bisa dinikmati, seperti Sari Roti, Diana Bakery, atau MyRoti. Apabila Anda sedang mencari roti tawar, bacalah artikel ini hingga selesai. Kami akan membahas tips memilih roti tawar yang bagus, rekomendasi merknya, serta ide mengolah roti tawar. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 28 April 2022
Daftar isi

Cara memilih roti tawar

Anda akan menemukan banyak merek roti tawar yang dijual di pasaran. Supaya tidak salah pilih, bacalah dahulu beberapa tips memilih roti tawar berikut ini.

Pilih berdasarkan jenis roti

Roti tawar pada dasarnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu roti tawar putih dan roti tawar gandum. Perbedaan keduanya terletak pada bahan baku dan teksturnya.

Roti tawar putih, lebih lembut dan tinggi kalori

Roti tawar putih, lebih lembut dan tinggi kalori

Roti tawar putih adalah jenis roti tawar yang paling banyak ditemukan di pasaran. Bahan baku utama roti tawar putih adalah tepung terigu. Selain itu, warna putihnya didapatkan dari proses pengolahan tepung terigu berupa kulit luar dan serat serealia dari biji gandum yang dihilangkan. Proses penggilingan tepung terigu ini cukup lama hingga menghasilkan adonan yang lebih putih.


Proses ini pulalah yang membuat roti tawar putih memiliki tekstur yang lebih lembut. Alhasil, anak kecil pun akan suka memakannya. Akan tetapi, roti tawar putih memiliki kalori yang lebih banyak. Di samping itu, bahan baku tepung terigu di dalamnya juga mengandung aloksa, suatu zat yang bisa menaikkan gula darah. Jadi, untuk Anda yang sedang menjalani program diet atau memiliki risiko diabetes disarankan untuk tidak memakan roti tawar putih terlalu banyak.

Roti tawar gandum, tinggi serat baik untuk kesehatan

Roti tawar gandum, tinggi serat baik untuk kesehatan

Berkat manfaatnya yang baik untuk kesehatan, beberapa produsen roti juga mulai memproduksi roti tawar gandum. Bahan baku utama roti tawar gandum adalah tepung gandum utuh. Anda bisa mengenalinya dengan mudah karena roti tawar gandum berwarna dasar cokelat. Warna ini diperoleh secara alami karena pengolahan tepung gandum tidak menghilangkan kulit luar dan serat serealianya.


Hal ini membuat roti gandum memiliki serat yang lebih tinggi dan teksturnya lebih kasar dibandingkan roti tawar putih. Mungkin ini sebabnya roti tawar gandum tidak begitu familier di lidah orang dan kurang cocok untuk anak-anak. Namun, roti tawar gandum baik untuk menjaga kesehatan Anda. Kalori yang dihasilkan pun lebih sedikit dibanding dengan roti lainnya. Jadi, untuk Anda yang menaruh perhatian terhadap kesehatan dan sedang menjalani program diet, pilihlah roti tawar gandum.

Perhatikan teksturnya

Perhatikan teksturnya

Tekstur roti tawar putih dan roti tawar gandum memang berbeda. Akan tetapi, tekstur yang tidak keras saat digigit menandakan bahwa roti tersebut masih fresh alias layak dikonsumsi.


Selain itu, cara pengemasan juga bisa menentukan tekstur roti tawar. Pastikan Anda menerima roti tawar dalam plastik yang tertutup rapat. Setelah dibuka pun, roti tawar juga harus disimpan dalam tempat kedap udara. Dengan demikian, tekstur roti tetap terjaga.

Pilih berdasarkan rasanya

Pilih berdasarkan rasanya

Roti tawar gandum umumnya tidak memiliki varian rasa, tetapi roti tawar putih memiliki beberapa varian rasa yang patut dicoba. Varian rasa tersebut contohnya adalah rasa pandan, cokelat, dan keju. Roti tawar dengan berbagai varian rasa ini dapat diolah dengan bahan isian yang lainnya. Jika tidak pun, roti tawar ini tetap manis dan enak disantap langsung.

Cek kandungan gulanya

Cek kandungan gulanya

Gula sering digunakan sebagai bahan pengawet makanan serta untuk memberi kadar kelembapan pada roti. Selain itu, rasa roti tawar yang dihasilkan akan sedikit manis sehingga terasa lebih enak dimakan. Namun, mengonsumsi roti dengan kadar gula yang tinggi tidak baik untuk kesehatan Anda.


Kandungan gula yang standar dalam 100 gram roti tawar adalah 5 gram gula. Pastikan Anda selalu memeriksa label nutrisi yang tertulis di kemasan roti tawar. Anda juga bisa mengurangi kadar konsumsi gula dengan menghindari tambahan bahan pemanis lainnya, seperti selai cokelat atau susu

Pertimbangkan roti tanpa bahan pengawet

Pertimbangkan roti tanpa bahan pengawet

Zat pengawet yang terdapat di dalam roti tawar memang bisa membuat daya tahan roti jadi lebih panjang. Selain itu, tekstur roti juga terasa lebih lembut, kenyal, dan tidak mudah keras. Namun, zat pengawet kimia yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh dapat mengganggu kesehatan Anda.


Jadi, alangkah lebih baiknya jika Anda mencari roti tawar yang diproduksi tanpa bahan pengawet kimia. Namun, jika Anda terpaksa mengonsumsi roti tawar yang mengandung bahan pengawet kimia, pastikan zat pengawet tersebut sudah dinyatakan aman oleh FAO (Food and Agriculture Organization). Zat pengawet tersebut terdiri dari asam propionat, asam sorbat, dan asam benzoat beserta garamnya.

10 Rekomendasi roti tawar terbaik

Selanjutnya, kami akan mengulas sepuluh rekomendasi roti tawar terbaik yang bisa Anda pilih. Namun, pastikan Anda selalu mengecek tanggal kedaluwarsa sebelum membelinya!

10

Nippon Indosari CorpindoSari Roti - Roti Tawar Pandan

Mulai dari Rp 13.500,00

JenisRoti tawar putih
Isi370 g, 10 lembar
KomposisiTepung terigu, air, gula pasir, lemak reroti, ragi, garam, susu bubuk, perisa pandan, pengemulsi nabati, pengawet kalsium propionat
9
JenisRoti tawar putih
IsiTidak ada keterangan
KomposisiTidak ada keterangan
8
JenisRoti tawar gandum
Isi395 g, 10 lembar
KomposisiTepung terigu (39,62%), air, tepung gandum, gula pasir, margarin, pewarna makanan beta karoten, ragi, garam, pengemulsi nabati, whey bubuk, pengawet kalsium propionat, malt ekstrak
7

Nippon Indosari CorpindoSari Roti - Roti Tawar Choco Chips

Mulai dari Rp 15.500,00

JenisRoti tawar putih
Isi275 g, 10 lembar
KomposisiTepung terigu, air, gula pasir, cokelat chips (7,34 %), lemak reroti, cokelat bubuk, ragi, susu bubuk, garam, pengemulsi nabati, perisa cokelat
6
JenisRoti tawar putih
Isi12 lembar
KomposisiTidak ada keterangan
5

Barby's BakeryPremium Wholemeal Loaf

Mulai dari Rp 25.000,00

JenisRoti tawar gandum
IsiTidak ada keterangan
KomposisiTidak ada keterangan
4

Multi Star Rukun AbadiSharon Bakery - Paket Roti Tawar Toast dan Roti Tawar Kupas

Mulai dari Rp 26.000,00

JenisRoti tawar putih
Isi200 g (Roti Tawar Toast Kupas) dan 350 g (Roti Tawar Toast Panjang)
KomposisiTepung terigu, gula, garam, susu bubuk, telur, mentega, ragi, kalsium propionat
3
JenisRoti tawar putih
Isi10 lembar
KomposisiTidak ada keterangan
2

Nippon Indosari CorpindoSari Roti - Roti Tawar Double Soft

Mulai dari Rp 16.500,00

JenisRoti tawar putih
Isi360 g, 10 lembar
KomposisiTepung terigu, gula pasir, mentega, susu lemak nabati, telur, margarin, pewarna makanan beta karoten
1
JenisRoti tawar gandum
Isi240 g, 10 lembar
KomposisiTepung terigu (39,62%), air, tepung gandum, gula pasir, margarin, pewarna makanan beta karotan, ragi, garam, pengemulsi nabati, whey bubuk, pengawet kalsium propionat, malt ekstrak, penstabil nabati

Tabel perbandingan produk roti tawar terbaik

Gambar produk
1
Yamazaki MyRoti Roti Tawar Gandum Kupas 1

Yamazaki

2
Nippon Indosari Corpindo Sari Roti - Roti Tawar Double Soft 1

Nippon Indosari Corpindo

3
Diana Bakery Roti Tawar Kupas  1

Diana Bakery

4
 Multi Star Rukun Abadi Sharon Bakery - Paket Roti Tawar Toast dan Roti Tawar Kupas 1

Multi Star Rukun Abadi

5
Barby's Bakery Premium Wholemeal Loaf 1

Barby's Bakery

6
Roti Umbi Roti Tawar Ubi 1

Roti Umbi

7
Nippon Indosari Corpindo Sari Roti - Roti Tawar Choco Chips 1

Nippon Indosari Corpindo

8
Yamazaki MyRoti Roti Tawar Gandum 1

Yamazaki

9
BreadLife Roti Tawar Cheese Loaf Bread 1

BreadLife

10
Nippon Indosari Corpindo Sari Roti - Roti Tawar Pandan 1

Nippon Indosari Corpindo

Nama produk

MyRoti Roti Tawar Gandum Kupas

Sari Roti - Roti Tawar Double Soft

Roti Tawar Kupas

Sharon Bakery - Paket Roti Tawar Toast dan Roti Tawar Kupas

Premium Wholemeal Loaf

Roti Tawar Ubi

Sari Roti - Roti Tawar Choco Chips

MyRoti Roti Tawar Gandum

Roti Tawar Cheese Loaf Bread

Sari Roti - Roti Tawar Pandan

Keunggulan

Siapkan bekal sandwich yang mengenyangkan

Kelembutan ekstra, anak-anak pasti suka

Aman disantap karena tanpa bahan pengawet

Dapatkan paket roti dengan isi lebih banyak

Mudah buat garlic bread sendiri di rumah

Manisnya alami dari ubi madu asli

Dimakan langsung ataupun dipanggang sama enaknya

Kenyang lebih lama berkat roti kaya serat

Sensasi keju yang bikin nagih

Keharuman pandan yang menggoda selera

Harga mulai dariRp 15.500,00Rp 16.500,00Rp 13.000,00Rp 26.000,00Rp 25.000,00Rp 35.000,00Rp 15.500,00Rp 14.500,00Rp 26.900,00Rp 13.500,00
JenisRoti tawar gandumRoti tawar putihRoti tawar putihRoti tawar putihRoti tawar gandumRoti tawar putihRoti tawar putihRoti tawar gandumRoti tawar putihRoti tawar putih
Isi240 g, 10 lembar360 g, 10 lembar10 lembar200 g (Roti Tawar Toast Kupas) dan 350 g (Roti Tawar Toast Panjang)Tidak ada keterangan12 lembar275 g, 10 lembar395 g, 10 lembarTidak ada keterangan370 g, 10 lembar
KomposisiTepung terigu (39,62%), air, tepung gandum, gula pasir, margarin, pewarna makanan beta karotan, ragi, garam, pengemulsi nabati, whey bubuk, pengawet kalsium propionat, malt ekstrak, penstabil nabatiTepung terigu, gula pasir, mentega, susu lemak nabati, telur, margarin, pewarna makanan beta karotenTidak ada keteranganTepung terigu, gula, garam, susu bubuk, telur, mentega, ragi, kalsium propionatTidak ada keteranganTidak ada keteranganTepung terigu, air, gula pasir, cokelat chips (7,34 %), lemak reroti, cokelat bubuk, ragi, susu bubuk, garam, pengemulsi nabati, perisa cokelatTepung terigu (39,62%), air, tepung gandum, gula pasir, margarin, pewarna makanan beta karoten, ragi, garam, pengemulsi nabati, whey bubuk, pengawet kalsium propionat, malt ekstrakTidak ada keteranganTepung terigu, air, gula pasir, lemak reroti, ragi, garam, susu bubuk, perisa pandan, pengemulsi nabati, pengawet kalsium propionat
Tautan produk

Ide mengolah roti tawar

Ide mengolah roti tawar

Apabila selama ini Anda hanya mengolesi roti tawar dengan selai, Anda patut mencoba beberapa ide lain dalam mengolah roti tawar. Ide yang pertama adalah membuat roti goreng. Caranya, pipihkanlah roti tawar hingga tipis, lalu isilah bagian dalamnya dengan keju, pisang, sosis, atau mayones. Gulung hingga rapat, kemudian lumuri dengan telur kocok. Terakhir, baluri dengan tepung panir dan goreng dalam minyak panas. Camilan ini rasanya manis dan gurih sehingga cocok disantap pada waktu senggang.


Ide yang kedua adalah membuat schotel roti tawar kukus. Caranya, potong roti tawar kecil-kecil, kemudian masukkan ke dalam mangkuk tahan panas. Aduk telur, santan, dan susu hingga tercampur rata di dalam mangkuk terpisah. Tambahkan pula garam dan lada secukupnya untuk menambah cita rasa. Selanjutnya, tuangkan adonan ini di atas mangkuk berisi roti tawar. Terakhir, kukus adonan hingga matang. Camilan ini makin nikmat disantap dengan cocolan saus tomat.

Baca juga rekomendasi produk roti dan selai lainnya di sini

Selain roti tawar, Anda mungkin mencari roti dan aneka macam selai. Kami telah mengulas rekomendasi roti gandum yang sehat dan selai yang lezat. Bukalah tautan di bawah ini dan temukan produk terbaik Anda.

Kesimpulan

Roti tawar memang menjadi roti andalan karena penyajiannya praktis dan mudah dikreasikan. Bacalah tips memilih di atas untuk mendapatkan roti tawar terbaik pilihan Anda!


Jangan lupa untuk menyimpan roti tawar dalam wadah tertutup supaya teksturnya tidak cepat keras. Perhatikan pula apabila muncul jamur pada roti tawar karena artinya roti tersebut sudah tidak layak dikonsumsi. Semoga Anda dapat menemukan roti tawar favorit keluarga. Selamat menikmati sepotong roti tawar yang lezat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kue Ulang Tahun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kue Ulang Tahun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu makanan yang tak boleh dilewatkan saat ulang tahun adalah kue tart. Kue tart coklat, black forest, hingga bolu cheese cake sudah pasti disukai semua orang. Meski begitu, ada juga "kue ulang tahun" kekinian yang terbuat dari makanan savory, seperti tumpeng dan sushi!Kali ini kami akan berbagi tips memilih kue ulang tahun untuk anak hingga orang dewasa. Tak ketinggalan ada berbagai merek kue terbaik dalam rekomendasi kami, seperti Colette Lola, The Harvest, dan UNION. Pilihlah kue ulang tahun yang enak sekaligus harganya pas di kantong!
    Roti & kue
  • 10 Pelembut Roti dan Kue yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pelembut Roti dan Kue yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk membuat roti yang enak, lembut, dan bervolume, Anda memerlukan pelembut roti. Ada beberapa jenis pelembut roti yang bisa digunakan, antara lain bread improver, softener, shortening, dan cake emulsifier. Berbekal pelembut roti, Anda bisa membuat roti sobek, donat, dan berbagai roti manis lainnya.Kali ini kami akan mengulas rekomendasi pelembut roti dan kue untuk keperluan rumah tangga dan industri bakery. Anda akan menemukan beberapa merek pelembut kue yang bagus, seperti Spontan, Koepoe Koepoe, Ibis, dan Angel. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Yuk, simak artikelnya!
    Roti & kue
  • 10 Margarin Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Margarin Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    Margarin sering dikonsumsi sebagai teman makan roti tawar, menjadi bahan pembuat kue kering, cake, donat, atau pengganti minyak goreng. Setiap produk margarin memiliki keistimewaan yang berbeda. Sebagai contoh, terdapat margarin dengan kandungan yang rendah lemak dan ada margarin yang lebih cocok untuk kegunaan tertentu saja.Pada artikel ini kami membahas poin-poin yang perlu diketahui saat memilih margarin. Anda dapat menemukan rekomendasi merek margarin yang bagus, seperti Blue Band, forVITA, Palmia, dan Filma. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta.
    Roti & kue
  • 10 Rekomendasi Selai Coklat yang Enak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Selai Coklat yang Enak (Terbaru Tahun 2022)
    Rasa cokelat merupakan salah satu rasa selai terfavorit. Tak hanya disukai anak-anak, selai cokelat juga digemari orang dewasa. Selain cocok dioles pada roti, selai cokelat juga pas digunakan sebagai olesan kue, biskuit, juga martabak. Menariknya, variasi selai cokelat juga beragam di pasaran. Anda dapat memilih selai cokelat biasa sampai selai yang crunchy.  Kali ini, kami akan memberikan tips memilih selai cokelat yang enak. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk selai cokelat terbaik. Anda dapat menemukan selai coklat dari merek-merek yang bagus, seperti Ceres, Goldenfil, juga Nutella. Simak terus, ya. 
    Roti & kue
  • 10 Rekomendasi Meses Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Meses Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meses atau hagel adalah salah satu topping yang sangat populer di kalangan penggemar makanan manis. Meses biasa dihidangkan bersama roti tawar, dibuat taburan donat, atau dijadikan isian crepes dan martabak manis. Tak hanya disajikan bersama makanan, meses juga bisa dinikmati bersama es krim atau aneka float.Apakah Anda tahu meses seperti apa yang bagus dan pas untuk makanan Anda? Dalam artikel ini kami akan membantu Anda menemukan merek meses yang enak, seperti Ceres, Holland, dan Tulip. Di akhir artikel, kami juga akan membagikan tips menyimpan meses. Langsung baca, yuk!
    Roti & kue
  • 10 Ragi Terbaik untuk Membuat Roti dan Kue - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Ragi Terbaik untuk Membuat Roti dan Kue - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Ragi adalah bahan penting untuk membuat roti dan kue. Tanpa ragi, roti akan bantat dan rasanya kurang enak. Karena itu, jangan lupa menyertakan ragi saat Anda akan baking. Saat ini, telah tersedia berbagai produk seperti ragi instan yang bisa langsung dicampurkan ke adonan.Kali ini kami akan memberi tips memilih ragi yang sesuai kebutuhan. Selain itu, kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaik, seperti merek Saf Instant, Mauri-pan, Fermipan, dan lainnya. Baca juga tips memilih tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Selamat menemukan ragi yang bagus untuk adonan roti Anda!
    Roti & kue
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori