• 10 Beras Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Beras Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Beras Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Beras Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Beras Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Beras Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2021)

Nasi merupakan sumber karbohidrat yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Meskipun sama-sama berasal dari tanaman Oryza sativa, ternyata ada berbagai macam beras yang dijual. Selain beras putih, Anda dapat memilih beras merah, beras cokelat, dan beras hitam.


Untuk membantu Anda memilih beras, kami akan memberikan tips sederhana. Tak ketinggalan, ada juga rekomendasi beras terbaik dari berbagai merek yang bagus seperti Si Pulen dan Sumo. Beras merah organik, pandan wangi, setra ramos, dan beras Jepang ada dalam rekomendasi kami. Yuk, disimak! Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastusi, SP.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Evrina Budiastuti
  • Pembaharuan terakhir: 08 Desember 2021
Daftar isi

Profil pakar: Penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP

Profil pakar: Penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP
Evrina Budiastuti
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, Evrina bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura.


Evrina telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Evrina juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih beras

Tahukah Anda bahwa terdapat lebih dari 4.000 varietas beras yang ada di dunia? Dalam artikel ini, kami akan membahas khusus beras yang berasal dari tanaman Oryza sativa. Kami bakal memberikan beberapa tips dalam memilih beras. Tak hanya beras putih, kami juga menjelaskan tentang beras lainnya.

Perhatikan tipe beras putih berdasarkan bentuknya

Berdasarkan bentuknya, beras putih dibagi menjadi tiga tipe, yaitu long grain, medium grain, dan short grain. Apa perbedaan ketiganya selain dari bentuknya? Kami akan memberikan informasi terkait ketiga tipe beras tersebut agar Anda dapat mempertimbangkannya dengan baik.

Long grain rice, ukurannya lebih panjang dengan kandungan pati lebih sedikit

Long grain rice, ukurannya lebih panjang dengan kandungan pati lebih sedikit

Berdasarkan informasi dari Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) Kementerian Pertanian RI, diketahui bahwa long grain rice memiliki panjang 6,61-7,5 mm dengan rasio panjang/lebar bulir 2,1-3. Jadi, walaupun ukurannya panjang, dari segi bentuk termasuk bentuk medium.


Beras ini cenderung lebih kering saat menjadi nasi. Hal itu disebabkan oleh kandungan pati yang lebih sedikit dalam long grain rice. Saat dimasak, bulir-bulir nasinya akan terpisah satu sama lain. Anda juga mengenalnya dengan istilah pera. Contoh long grain rice adalah jasmine rice dan basmati rice.

Medium grain rice, tipe beras yang paling umum ditemui

Medium grain rice, tipe beras yang paling umum ditemui

Kandungan pati medium grain rice berada di antara long grain dan short grain. Masih dari BB Padi, ukuran panjang medium grain rice adalah 5,51-6,6 mm dengan rasio panjang/lebar bulir ≤ 2,0. Dengan begitu, bentuknya dikategorikan bulat (bold).


Tekstur beras ini pulen dan paling umum Anda temui. Contoh medium grain rice adalah arborio rice dan nasi putih yang Anda makan sehari-hari.

Short grain rice, bentuknya lebih pendek dan lebih pulen

Short grain rice, bentuknya lebih pendek dan lebih pulen

Short grain rice memiliki panjang yang tak berbeda jauh dengan lebarnya. Berdasarkan informasi dari BB Padi, beras short grain rice memiliki panjang < 5,5 mm


Kandungan pati dalam short grain rice lebih banyak dibandingkan tipe lainnya. Kandungan pati tersebut membuat bulir-bulir nasinya menempel satu sama lain. Beras tipe ini juga menyerap lebih banyak cairan dibandingkan tipe lainnya.


Apakah Anda tidak merasa asing dengan tipe beras ini? Ya, tipe beras ini dapat Anda temui di restoran Jepang. Sushi rice merupakan contoh dari short grain rice. Selain itu, ada juga bomba rice asal Spanyol.

Ketahui karakteristik berbagai jenis beras putih di Indonesia

Indonesia sendiri memiliki banyak sekali jenis beras putih. Setiap beras putih yang ada di Indonesia memiliki karakteristiknya masing-masing. Kami akan memperkenalkan beberapa jenis beras putih yang ada di Indonesia. Pahami karakteristik setiap jenisnya agar Anda dapat memilih yang paling sesuai untuk sajian Anda.

Rojolele, beras dengan bentuk yang lebih bulat

Rojolele, beras dengan bentuk yang lebih bulat

Beras rojolele berasal dari varietas unggul rojolele yang dihasilkan Kementerian Pertanian tahun 2003. Beras ini memiliki kadar amilosa 21%, tekstur nasi pulen, dan masih memiliki aroma.


Meskipun bernama rojolele, beras ini tak ada hubungannya dengan ikan lele. Rojolele merupakan beras yang banyak dikonsumsi di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Rojolele memiliki ciri khas bulir yang berwarna putih seperti susu. Teksturnya juga cukup pulen

Pandan wangi, beras yang pulen dan harum

Pandan wangi, beras yang pulen dan harum

Pandan wangi berasal dari varietas padi bulu yang merupakan varietas lokal Cianjur. Beras ini dikonsumsi oleh kalangan menengah ke atas dengan ciri khas aroma pandan yang menggugah selera. Aromanya tercium, baik saat masih menjadi beras maupun setelah menjadi nasi. 


Tekstur beras pandan wangi cukup pulen. Rasanya pun enak. Tak heran jika beras pandan wangi merupakan salah satu jenis beras favorit. Secara fisik, beras ini memiliki bentuk yang cenderung bulat. Warnanya juga tak terlalu putih, tetapi lebih sedikit kekuningan.

IR 64 atau setra ramos, harganya bersahabat di kantong

IR 64 atau setra ramos, harganya bersahabat di kantong

Berikutnya adalah beras IR 64 atau biasa dikenal sebagai beras setra ramos. Beras ini berasal dari Jawa Barat dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Setra ramos merupakan beras yang banyak dikonsumsi masyarakat perkotaan.


Setra ramos memiliki bentuk yang panjang dan ramping, tetapi tetap pulen setelah dimasak. Menurut salah satu jurnal dalam website Litbang Pertanian, kadar amilosa beras ini adalah sebesar 23%. Lebih lanjut, beras ini tidak memiliki aroma sama sekali. Saat Anda memilih beras setra ramos, segera habiskan sebelum 3 bulan. Setelah 3 bulan, teksturnya akan berubah menjadi pera saat dimasak, serta lebih cepat basi.

IR 42, teksturnya lebih pera

IR 42, teksturnya lebih pera

Berbeda dengan berbagai jenis beras lainnya, IR 42 menghasilkan nasi dengan tekstur yang pera. Tekstur tersebut membuat IR 42 merupakan beras yang tepat untuk membuat nasi goreng, nasi uduk, dan lontong. Harganya tergolong lebih mahal karena IR 42 jarang ditanam oleh petani.


Beras ini mirip dengan IR 64, tetapi ukurannya lebih kecil. Dalam salah satu jurnal di website Litbang Pertanian dituliskan bahwa kadar amilosanya sebesar 27%.

Mentik, beras Jepang asal Indonesia

Mentik, beras Jepang asal Indonesia

Mentik susu dan mentik wangi merupakan beras premium asal Magelang. Beras mentik adalah salah satu beras premium lokal yang berhasil memasuki pasar mancanegara karena memiliki cita rasa yang khas. Mentik wangi termasuk ke dalam beras aromatik yang bermutu tinggi dengan nilai jual tinggi.


Dalam bahasa Jawa, mentik berarti kecil. Sesuai dengan namanya, beras ini berukuran kecil seperti bulir padi yang masih muda. Warnanya juga putih seperti susu. Setelah dimasak, teksturnya cukup pulen seperti nasi Jepang. Tak heran bila beras mentik juga disebut sebagai beras Jepang dari Indonesia.


Apa yang spesial dari beras ini? Mentik ditanam secara organik, serta bebas dari tambahan bahan kimia berbahaya. Alhasil, kandungan karbohidrat dalam beras ini lebih mudah dipecah tubuh. Selain itu, mentik memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.

Pertimbangkan alternatif pengganti beras putih

Pertimbangkan alternatif pengganti beras putih

Beras putih memang memiliki kandungan gula yang lebih tinggi. Kandungan seratnya lebih rendah akibat proses penggilingan. Rasanya pun lebih manis dibandingkan beras lainnya. 


Sebenarnya, beras putih juga mengandung nutrisi lainnya. Vitamin B1, B2, B3, B6, zat besi, fosfor, selenium, mangan, dan magnesium juga terdapat dalam beras putih. Namun, indeks glikemik beras putih yang tinggi membuatnya tak baik untuk dikonsumsi terus-menerus. Karena itu, mengonsumsi beras putih sebaiknya dibatasi sesuai dengan porsi angka kebutuhan gizi. 


Beberapa orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang diet memilih untuk menghindari konsumsi beras putih. Anda bisa memilih beras yang mengandung lebih banyak serat dan nutrisi. Beras merah dapat dijadikan alternatif pengganti beras putih. Selain beras merah, sudah banyak alternatif beras lainnya. Anda dapat menemukan beras hitam, beras cokelat, sampai beras Jepang. 


Sebagai informasi, beras yang memiliki pigmen warna sangat bermanfaat bagi tubuh sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Antioksidan dapat membantu merawat organ tubuh. Rasanya juga lebih padat dibandingkan beras putih. Indeks glikemiknya pun tergolong rendah sehingga tak menghasilkan lonjakan gula darah yang drastis.


Alternatif pengganti beras putih memiliki lebih banyak kandungan serat dan nutrisi. Pas sekali dikonsumsi oleh Anda yang sedang berusaha mengurangi asupan beras putih. Selain itu, beras tersebut juga menjadi solusi baik untuk MPASI. Nutrisi yang lebih banyak tentu dapat membantu tumbuh kembang si kecil.

Pilih ukuran kemasan yang pas dengan kebutuhan Anda

Berikutnya, perhatikan juga ukuran kemasan beras yang Anda pilih. Ada beras yang dikemas dengan isi sedikit, ada juga yang lebih banyak. Pilihlah jumlah isi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Beras 1 kg atau kurang, cukup untuk dikonsumsi sendiri

Beras 1 kg atau kurang, cukup untuk dikonsumsi sendiri

Saat ini, Anda dapat menemukan beras dalam ukuran 1 kg atau kurang dari itu. Biasanya, beras organik, beras hitam, dan beras cokelat dijual dalam kemasan yang lebih kecil. Salah satu penyebabnya karena beras-beras tersebut termasuk produk premium. 


Beras berkapasitas 1 kg cocok untuk Anda yang akan mengonsumsinya hanya sendirian. Selain itu, ukuran ini juga pas untuk Anda yang baru ingin mencoba suatu produk. Jika cocok, Anda bisa membeli kemasan yang lebih besar.


Perlu diingat, Anda disarankan untuk membeli beras dalam jumlah yang sesuai kebutuhan. Pasalnya, jika terlalu lama disimpan, kualitasnya akan menurun.

Beras 5 kg atau beras karung, sesuai untuk dikonsumsi keluarga

Beras 5 kg atau beras karung, sesuai untuk dikonsumsi keluarga

Ada juga pilihan beras 5 kg atau 20 kg. Pada umumnya, beras 5 kg dapat memenuhi kebutuhan 4 orang selama satu bulan atau dua bulan. 


Untuk stok yang lebih banyak, Anda dapat memilih beras karung 25 kg. Pilihan beras karung juga lebih pas untuk Anda yang memiliki usaha kuliner. Hati-hati saat memilih beras karung karena terkadang ada beras karung yang kualitasnya kurang baik. Pada beberapa kasus, ketika karungnya dibuka, ada kutu di dalam beras tersebut.

Beras organik lebih aman dan bernutrisi

Beras organik lebih aman dan bernutrisi

Selain berbagai alternatif beras putih, sekarang juga mulai banyak beras organik yang dijual di pasaran. Biasanya, beras organik dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan beras biasa. Namun, apa bedanya beras organik dan bukan organik?


Beras organik dirawat dengan menggunakan pestisida dan pupuk alami. Di dalam pestisida dan pupuknya tidak terkandung zat kimia sama sekali. Pupuk yang digunakan umumnya merupakan pupuk kompos.


Karena tidak menggunakan pupuk berbahan kimia, tanamannya bebas dari cemaran bahan sintetis. Jadi, beras yang dihasilkan pun lebih sehat dan bernutrisi.


Kami sudah membahas tentang beras organik secara khusus dalam artikel di bawah ini. Dibaca juga, ya!

10 Rekomendasi beras terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk beras terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Evrina Budiastuti, SP.

10
Isi5 kg, 10 kg, 20 kg
Jenis berasBeras putih
TipeMedium grain
OrganikX
9
Isi1 kg
Jenis berasBeras putih
TipeMedium grain
OrganikTidak disebutkan
8
Isi2 kg
Jenis berasBeras putih (basmati)
TipeLong grain rice
OrganikTidak disebutkan
7
Isi1 kg
Jenis berasBeras hitam
TipeX
Organik
6
Isi2 kg, 5 kg, 10 kg
Jenis berasBeras japonica
TipeShort grain
OrganikX
5
Isi1 kg, 4,5 kg
Jenis berasBeras cokelat
TipeX
Organik
4

Bionic Farm7 Gourmet Organic Blend White Blend

Mulai dari Rp 54.000,00

Isi1 kg
Jenis berasWhite rice, red rice
TipeX
Organik
3
Isi5 kg, 10 kg, 20 kg
Jenis berasBeras putih
TipeMedium grain
OrganikX
2

Berkah Aguna Enam DelapanSundakala Beras Merah Pecah Kulit Organik

Mulai dari Rp 24.100,00

Isi1 kg
Jenis berasBeras merah
TipeX
Organik
1
Isi5 kg, 10 kg
Jenis berasBeras putih
TipeMedium grain
OrganikX

Tabel perbandingan produk beras terbaik

Gambar produk
1
Si Pulen Beras Pandan Wangi 1

Si Pulen

2
Berkah Aguna Enam Delapan Sundakala Beras Merah Pecah Kulit Organik 1

Berkah Aguna Enam Delapan

3
Tiga Sedulur Djaja Beras Sumo Super Premium 1

Tiga Sedulur Djaja

4
Bionic Farm 7 Gourmet Organic Blend White Blend 1

Bionic Farm

5
Puregreen Organic Organic Brown Rice 1

Puregreen Organic

6
Koshihikari Rice Beras Japonica 1

Koshihikari Rice

7
Food Station Beras Hitam 1

Food Station

8
Dua Tani Premium Gold Basmati Rice 1

Dua Tani

9
Robo Riso Arborio Sottovuoto 1

Robo

10
Cap Bunga Beras Setra Ramos 1

Cap Bunga

Nama produk

Beras Pandan Wangi

Sundakala Beras Merah Pecah Kulit Organik

Beras Sumo Super Premium

7 Gourmet Organic Blend White Blend

Organic Brown Rice

Beras Japonica

Beras Hitam

Premium Gold Basmati Rice

Riso Arborio Sottovuoto

Beras Setra Ramos

Keunggulan

Aromanya alami, pulennya pas di lidah

Satu kali proses penggilingan, lebih kaya nutrisi

Praktis memasak nasi tanpa perlu mencuci beras

Campuran beras dan biji-bijian hasilkan rasa yang unik

Isi sampai kemasannya sudah tersertifikasi, sempurna!

Membuat nasi bento sampai sushi, Koshihikari saja!

Kaya antioksidan untuk tubuh yang lebih sehat

Beras basmati dengan kualitas premium

Beras asli Italia hasilkan tekstur autentik

Makan kenyang tanpa menguras isi kantong

Harga mulai dariRp 97.500,00Rp 24.100,00Rp 64.000,00Rp 54.000,00Rp 42.500,00Rp 50.000,00Rp 35.000,00Rp 115.000,00Rp 125.000,00Rp 50.000,00
Isi5 kg, 10 kg1 kg5 kg, 10 kg, 20 kg1 kg1 kg, 4,5 kg2 kg, 5 kg, 10 kg1 kg2 kg1 kg5 kg, 10 kg, 20 kg
Jenis berasBeras putihBeras merahBeras putihWhite rice, red riceBeras cokelatBeras japonicaBeras hitamBeras putih (basmati)Beras putihBeras putih
TipeMedium grainXMedium grainXXShort grainXLong grain riceMedium grainMedium grain
OrganikXXXTidak disebutkanTidak disebutkanX
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar beras

Pertanyaan umum seputar beras

Selain mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar beras. Simaklah jawaban dari kami agar Anda mendapatkan manfaat optimal dari beras yang dikonsumsi.

Apakah beras bisa kedaluwarsa?

Bisa! Hal tersebut dipengaruhi oleh jenis beras dan cara penyimpanannya. Dalam website Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad disebutkan bahwa beras putih dapat bertahan 2 tahun apabila disimpan dalam suhu kamar. Akan tetapi, Anda perlu memastikan wadah penyimpanannya dalam keadaan baik dan tidak ada kerusakan.


Sementara itu, beras merah dan beras hitam hanya bertahan 3–6 bulan saja. Meski demikian, ada baiknya Anda segera menghabiskan beras yang dibeli.

Bagaimana tips mengatasi masalah kutu beras?

Saat membeli beras, Anda biasanya tidak melihat adanya kutu beras di dalam kemasan. Namun, suatu hari bisa jadi Anda menemukannya.


Hal itu terjadi karena telur dari kutu beras sebenarnya sudah masuk ke dalam gabah dan dalam kondisi dorman (tidur). Telur tersebut lalu terbawa saat panen hingga di dalam kemasan. Telur akan menetas apabila kondisi lingkungannya cocok, contohnya ruangan dalam kondisi hangat ±26 derajat Celsius dengan kelembaban 70%. 


Oleh karena itu, Anda sebaiknya memperhatikan kondisi penyimpanan beras. Kadar air beras maksimal adalah 14%. Selain itu, suhunya sebaiknya kurang dari 26 derajat Celsius dengan kelembaban kurang dari 70%. 


Apabila hama kutu beras sudah terlanjur ada, Anda dapat melakukan beberapa cara. Pertama-tama, jemurlah beras tersebut hingga kutu pergi dari beras. Setelah itu, gunakan kayu manis, daun salam, atau daun jeruk nipis yang beraroma kuat untuk mengusir kutu dari wadah.

Jenis beras manakah yang cocok untuk diet?

Jawabannya adalah beras merah. Beras merah memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah, tetapi tinggi akan serat. Hal tersebut membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Baca juga rekomendasi beras lainnya di sini

Beras memang tak melulu berupa beras putih. Beras merah dan beras hitam juga merupakan pilihan beras yang banyak diminati karena kandungan nutrisinya. Selain itu, ada jenis beras shirataki yang sebenarnya tidak berasal dari tanaman padi. Klik tautan di bawah ini dan temukan produk terbaiknya.

Kesimpulan

Wah, ternyata ada berbagai beras yang dapat Anda santap sebagai sumber karbohidrat harian. Pilihlah beras yang paling pas di lidah, serta dapat memberikan nutrisi untuk tubuh Anda. Jika Anda memiliki masalah kesehatan, ada banyak pilihan beras alternatif selain beras putih.


Sekian artikel kali ini yang membahas tentang beras terbaik. Semoga Anda merasa terbantu dengan informasi yang kami berikan, ya. Selamat menikmati beras yang Anda pilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar bolu, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, salted butter dan unsalted butter.Kali ini kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Simak terus artikel ini dan temukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kaldu Non MSG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?   Artikel kali ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik yang dijual di pasaran. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Produk seperti kaldu non MSG Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, simak sampai tuntas, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Produk Kokita Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Kokita Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Belakangan, banyak produsen yang membuat beraneka bumbu dapur instan dalam kemasan. Bumbu instan membuat aktivitas memasak makin cepat, mudah, dan praktis. Keberadaan bumbu dapur juga sangat membantu Anda yang tidak begitu pandai memasak. Salah satu produsen bumbu kemasan yang paling lengkap adalah Kokita.Anda bisa menemukan banyak produk Kokita, mulai dari bumbu inti, saus, hingga bumbu tradisional. Oleh karena itu, kami akan berikan beberapa tips memilih produk Kokita yang bagus beserta rekomendasi produk terbaik yang Kokita miliki. Jadi, silakan disimak dan bersiaplah memasak dengan lebih mengasyikkan!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori