• 10 Tenda EIGER Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Tenda EIGER Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Tenda EIGER Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Tenda EIGER Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Tenda EIGER Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Tenda EIGER Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021)

Pemilihan tenda sangat penting agar kegiatan outdoor seperti camping atau hiking bisa berjalan dengan nyaman. Tenda merek EIGER bisa jadi salah satu pilihan terbaik Anda. Ada banyak koleksi tenda EIGER yang berkapasitas 1 orang, 2 orang, 4 orang, dan bahkan 8 orang sekalipun.


Kami akan memberikan tips khusus saat memilih tenda EIGER untuk Anda. Beberapa produk tenda EIGER yang bagus dengan berbagai harga juga sudah siap kami rekomendasikan. Anda bisa pertimbangkan tenda Shira 1P, Creek 5P, atau Flash 2P. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Adlai Yulianus
  • Pembaharuan terakhir: 08 November 2021
Daftar isi

Profil pakar: Aktivis kegiatan alam bebas, Adlai Yulianus

Profil pakar: Aktivis kegiatan alam bebas, Adlai Yulianus
Adlai Yulianus
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo).


Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Sekilas mengenai brand EIGER

EIGER merupakan brand peralatan outdoor asli Indonesia yang cukup populer dan digemari oleh banyak orang. EIGER merupakan produk pelopor karya anak bangsa untuk kebutuhan perlengkapan kegiatan alam bebas yang sesuai dengan topologi di Indonesia.


Didirikan oleh Ronny Lukito, EIGER diluncurkan pertama kali pada tahun 1989. Nama EIGER sendiri diambil dari nama gunung yang berada di pegunungan Alpen, Swiss. Ada tiga kategori produk utama yang diproduksi oleh EIGER, yakni mountaineering, riding, dan authentic 1989.


Mountaineering adalah peralatan yang berorientasi pada kegiatan pendakian gunung. Anda bisa menemukan berbagai peralatan pendakian, seperti tenda, sleeping bag, dry bag, dan peralatan lainnya. 


Untuk kategori riding, peralatan penjelajahan sepeda motor semisal sarung tangan, masker, dan sejenisnya bisa Anda dapatkan. Sementara itu, kategori authentic 1989 lebih mengedepankan outfit gaya klasik dengan desain yang kasual dan stylish.


EIGER digemari oleh banyak orang karena produknya yang lengkap plus harga yang terjangkau. Tidak hanya itu, kualitas EIGER juga tidak kalah dengan merek impor. Setelah membuka toko pertamanya di Cihampelas, Bandung pada tahun 1994, saat ini EIGER telah memiliki lebih dari 350 toko. Toko tersebut tersebar di berbagai kota di Indonesia dan akan terus diperluas jangkauannya hingga ke mancanegara.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tenda EIGER

Sebelum memutuskan untuk membeli salah satu produk tenda EIGER, sebaiknya perhatikan beberapa tips dari kami berikut ini. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah menemukan produk yang cocok.

Pilih kapasitas tenda yang sesuai

Pilih kapasitas tenda yang sesuai

EIGER memiliki tenda dengan beragam jenis dan kapasitas. Anda bisa menemukan tenda dari yang berkapasitas satu orang hingga delapan orang sekaligus. Jumlah kapasitas tersebut biasanya ditulis dengan 1P, 2P, 3P, dan seterusnya. Jadi, saat memilih tenda EIGER perhatikan tanda ini, ya! Pemilihan kapasitas tenda sangat erat kaitannya dengan kenyamanan Anda di dalamnya. 


Menggunakan tenda dengan kapasitas di bawah jumlah orang tentu akan membuat tenda terasa sempit dan sesak. Akan lebih baik bila Anda memilih tenda yang memiliki kapasitas satu angka di atas jumlah penggunanya.


Sebagai contoh, jika Anda pergi berdua, Anda bisa memilih tenda berkapasitas tiga orang. Hal ini untuk memberikan ruang pada barang atau tas ransel yang Anda bawa sehingga tenda masih terasa cukup lega.


Saat naik gunung, sebaiknya hindari juga penggunaan tenda yang terlalu besar. Selain lebih rentan roboh diterpa badai, membawa tenda berukuran besar juga akan menyulitkan Anda di perjalanan. Anda akan terbebani membawa tenda yang terlalu besar baik saat pergi maupun pulang. Tentunya Anda tidak akan meninggalkan tenda saat akan pulang.


Oleh karena itu, lebih baik membawa beberapa tenda dengan kapasitas 2–4 orang ketimbang satu tenda berukuran besar. Selain lebih aman, tentunya juga lebih mudah dibawa.

Pilih berdasarkan jumlah lapisan tenda

Berikutnya, pilih tenda berdasarkan jumlah lapisannya. Hal ini masih berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan saat menggunakannya.

Tenda single layer yang lebih praktis dan mudah dirakit

Tenda single layer yang lebih praktis dan mudah dirakit

Untuk penggunaan tenda yang praktis dan mudah, kami merekomendasikan tenda dengan single layer. Tenda ini hanya memiliki satu lapisan saja sehingga tampak lebih simpel. Selain mudah dirakit, jenis tenda ini juga lebih mudah dibersihkan.


Akan tetapi, tenda ini hanya cocok digunakan di pantai atau daerah dengan suhu yang tidak terlalu dingin. Kami juga tidak menyarankan Anda untuk menggunakan tenda ini saat musim hujan. Hal itu karena ada risiko terjadinya rembes dan pengembunan.


Air yang tembus akan membuat perlengkapan Anda di tenda menjadi basah. Tenda satu lapis seperti ini juga sangat tidak disarankan untuk digunakan di alam terbuka. Tenda single layer cenderung lebih tidak tahan angin, apalagi pada saat suhu rendah atau dingin. Jika angin bertiup saat suhu dingin, angin akan menjadi terasa lebih dingin dari suhu sebenarnya (feels like).

Tenda double layer yang lebih aman dari hujan

Cuaca di atas gunung sering kali sulit ditebak, apalagi saat musim hujan. Oleh karena itu, saat naik gunung, tenda dengan double layer akan lebih baik untuk digunakan. Tenda jenis ini lebih aman untuk melindungi Anda dari air hujan dan badai. Risiko rembes dan terjadinya pengembunan juga lebih bisa diminimalkan.


Akan tetapi, perakitan tenda double layer sedikit lebih rumit ketimbang tenda single layer. Pastikan Anda sudah berlatih terlebih dahulu dengan tenda dua lapis Anda. Beberapa merek dan tipe tenda masing-masing memiliki cara tersendiri dalam pemasangan atau pembongkarannya.


Kecepatan dan ketepatan pada saat pemasangan, akan sangat penting, apalagi jika kita sedang dikejar waktu. Kesalahan buka pasang malah akan membuat tenda tidak sempurna atau bahkan rusak atau robek karena kita tergesa-gesa. Pembongkaran dan penyimpanan tenda juga harus tepat. Karena jika tidak tepat, tenda akan menjadi lebih besar dan kita akan sulit membawa nya pulang.

Pertimbangkan bobot yang ringan agar mudah dibawa

Bobot tenda juga harus menjadi hal yang masuk dalam pertimbangan, lho. Bila Anda pergi ke tempat perkemahan yang mudah dijangkau dengan kendaraan, mungkin hal itu tidak akan menjadi masalah. Akan tetapi, bila Anda membawa tenda untuk naik gunung, bobot yang berat tentu akan menyulitkan Anda selama perjalanan. Jadi, sebaiknya pertimbangkan tenda yang lebih ringan dan mudah dibawa. 


Bobot dan volume tenda merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Yang terpenting adalah sesuaikan dengan jumlah pengguna tenda tersebut. Kemudian, sesuaikan dengan tujuan perjalanan atau medan saat tenda tersebut akan digunakan.

Pilih tenda yang memiliki tingkat water resistance di atas 1500 mm

Pilih tenda yang memiliki tingkat water resistance di atas 1500 mm

Hujan adalah salah satu hal yang sulit ditebak. Agar kegiatan outdoor Anda tetap aman dan nyaman, sebaiknya periksa tingkat water resistance tenda sebelum membelinya. Tingkat water resistance atau kadar ketahanan air ini ditulis dalam satuan milimeter (mm).  EIGER sendiri memiliki tenda dengan water resistance dari 1000 mm hingga 5000 mm.


Tenda dengan tingkat water resistance di bawah 1500 mm hanya cocok digunakan pada daerah kering. Sementara itu, tingkat di atasnya lebih aman digunakan dalam kondisi gerimis atau hujan ringan.


Untuk mengantisipasi adanya hujan badai atau cuaca ekstrem, ada baiknya Anda pilih tingkat water resistance di atas 2000 mm. Makin besar tingkat water resistance-nya, akan lebih aman dan nyaman pula Anda saat menggunakannya. Beberapa bahan tenda ada yang dilapisi seperti lilin sehingga air benar-benar meresap ke dalam tenda.

10 Rekomendasi tenda EIGER terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tenda EIGER terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus.

10
Kapasitas5 orang
Lapisan Double layer
Bobot5,5 kg
Water resistance1000 mm
9
Kapasitas1 orang
Lapisan Single layer
Bobot4,2 kg
Water resistanceTidak disebutkan
8
Kapasitas6 orang
Lapisan Double layer
Bobot10 kg
Water resistance2000 mm
7
Kapasitas8 orang
Lapisan Double layer
Bobot12,6 kg
Water resistance2000 mm
6
Kapasitas1 orang
Lapisan Double layer
Bobot1,9 kg
Water resistance3000 mm
5
Kapasitas2 orang
Lapisan Double layer
Bobot2,3 kg
Water resistance3000 mm
4
Kapasitas2 orang
Lapisan Double layer
Bobot2,3 kg
Water resistance3000 mm
3
Kapasitas3 orang
Lapisan Double layer
Bobot2,7 kg
Water resistance5000 mm
2
Kapasitas2 orang
Lapisan Double layer
Bobot1,9 kg
Water resistance5000 mm
1
Kapasitas4 orang
Lapisan Double layer
Bobot3,6 kg
Water resistance5000 mm

Tabel perbandingan produk tenda EIGER terbaik

Gambar produk
1
EIGER STOVER 4P, RED, NOS 1

EIGER

2
EIGER SENARU 2P, ORA, NOS 1

EIGER

3
EIGER SHIPTON 3P, ORA, NOS 1

EIGER

4
EIGER SHACK TENT 2P, GRE, NOS 1

EIGER

5
EIGER FLASH 2P, BLU, NOS 1

EIGER

6
EIGER SHIRA 1P, BLU, NOS 1

EIGER

7
EIGER GUARDIAN 8P TENT, GRY, NOS 1

EIGER

8
EIGER RENDEZVOUS 6P TENT 1

EIGER

9
EIGER MULTI HUT, ORA, NOS 1

EIGER

10
EIGER CREEK 5P TENT 1

EIGER

Nama produk

STOVER 4P, RED, NOS

SENARU 2P, ORA, NOS

SHIPTON 3P, ORA, NOS

SHACK TENT 2P, GRE, NOS

FLASH 2P, BLU, NOS

SHIRA 1P, BLU, NOS

GUARDIAN 8P TENT, GRY, NOS

RENDEZVOUS 6P TENT

MULTI HUT, ORA, NOS

CREEK 5P TENT

Keunggulan

Andal di cuaca ekstrem dengan water resistance yang tinggi

Juara soal keamanan dan bobot yang ringan

Selain aman dari hujan, bahannya pun cepat kering

Kemah makin asyik dengan tenda yang cantik

Mudah dipasang dengan rangka berbahan aluminium

Tidak pakai ribet! Tenda ini praktis dan mudah dibawa

Dilengkapi mosquito net, jadi bebas nyamuk dan serangga

Memiliki dua sekat, pria dan wanita jadi bisa satu tenda

Butuh kamar mandi portabel? Pakai tenda ini, dong!

Ideal untuk camping ceria keluarga

Harga mulai dariRp 2.450.000,00Rp 1.500.000,00Rp 2.000.000,00Rp 1.599.000,00Rp 1.599.000,00Rp 1.299.000,00Rp 3.499.000,00Rp 2.699.000,00Rp 750.000,00Rp 1.950.000,00
Kapasitas4 orang2 orang3 orang2 orang2 orang1 orang8 orang6 orang1 orang5 orang
Lapisan Double layerDouble layerDouble layerDouble layerDouble layerDouble layerDouble layerDouble layerSingle layerDouble layer
Bobot3,6 kg1,9 kg2,7 kg2,3 kg2,3 kg1,9 kg12,6 kg10 kg4,2 kg5,5 kg
Water resistance5000 mm5000 mm5000 mm3000 mm3000 mm3000 mm2000 mm2000 mmTidak disebutkan1000 mm
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar tenda EIGER

Pertanyaan umum seputar tenda EIGER

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar tenda EIGER. Jika Anda masih penasaran dengan tenda EIGER, simak jawabannya di bawah ini!

Bagaimana tips mendirikan tenda untuk pemula?

Kenali dan sesuaikan tipe atau bentuk tenda yang Anda bawa dengan tempat pemasangan tenda. Terutama luas daerah (tanah) tempat tenda akan didirikan patut diperhatikan. Usahakan daerah tempat tenda akan didirikan rata, tidak berbatu, dan tidak berlubang.


Jika kondisi tempat tidak rata atau miring secara vertikal, usahakan agar tempat yang lebih rendah akan menjadi posisi pintu atau kaki. Dengan demikian, saat kita berbaring di dalam tenda, posisi kepala lebih tinggi dari kaki. Usahakan juga agar posisi tempat tidak miring ke salah satu sisi secara horizontal. Anda bisa berguling saat tidur atau terhimpit rekan satu tenda karena bergeser.


Jika Anda hendak melakukan perjalanan ke daerah berhutan, mungkin Anda perlu membawa parang atau golok. Anda bisa menggunakan parang untuk membuka area tempat tenda akan didirikan dari ranting pohon atau semak belukar. Ranting di atas tenda perlu dipangkas untuk menghindari ranting jatuh yang dapat merobek atau merusak tenda.

Baca juga rekomendasi peralatan outdoor lainnya di sini

Jadi, apakah Anda sudah memasukkan salah satu produk tenda EIGER ke keranjang belanja Anda? Jika masih membutuhkan produk EIGER atau peralatan outdoor lainnya, silakan cek beberapa tautan berikut ini. Kami memiliki banyak rekomendasi lainnya di sana.

Kesimpulan

Demikian tips dan rekomendasi tenda EIGER dari kami. Semoga dari artikel ini, Anda bisa mendapatkan tenda yang Anda idamkan. Pasti akan sangat menyenangkan bisa camping dengan tenda EIGER yang aman dan nyaman.


Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan tenda tiap Anda selesai menggunakannya. Hal tersebut sebagai bentuk perawatan agar tenda lebih awet dan tahan lebih lama. Jadi, apakah Anda sudah siap mendirikan tenda akhir pekan ini?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu barang yang wajib dimiliki para pencinta kegiatan outdoor adalah tenda dome. Coleman, Eiger, Consina, dan Great Outdoor adalah sederet merek yang menjual beragam jenis tenda dome, dari mulai tenda pop up untuk satu orang hingga tenda berkapasitas besar. Tentunya, setiap tenda memiliki perbedaan dari segi daya tahan dan tingkat waterproof-nya.Di artikel ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika memilih tenda. Setelahnya, kami juga akan merekomendasikan berbagai macam tenda dome berkualitas berdasarkan fungsi dan kegunaanya. Selamat membaca! 
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021)
    Jam tangan pendaki gunung merupakan alat penting untuk mendukung kegiatan mendaki gunung atau trekking. Beberapa fungsi penting dari jam tangan ini adalah sebagai kompas, pengukur ketinggian, barometer, dan GPS. Saat ini, terdapat banyak merek jam tangan untuk naik gunung, mulai dari SUUNTO, Casio, hingga Garmin.Pada artikel ini, kami akan mengulas cara memilih jam tangan pendaki gunung serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Silakan baca artikel ini hingga selesai dan temukanlah jam tangan terbaik untuk mendaki gunung sebagai teman pendakian selanjutnya.
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, ada banyak merek tenda camping yang bagus tersedia di pasaran, seperti Eiger, Arei, Consina, dan lainnya. Tenda camping ini memiliki kapasitas yang bervariasi. Ada tenda camping untuk 2 orang, 4 orang, 6 orang. Ada juga tenda berkapasitas besar untuk camping keluarga.Harga tenda camping juga beragam, ada tenda yang memiliki harga yang mahal, ada yang murah. Hal ini tergantung dari kapasitas, material, hingga fitur yang tersedia. Untuk Anda yang mencari rekomendasi tenda camping terbaik, Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai panduan. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda seorang pemula yang sedang mencari sepatu trekking terbaik? Saat ini, ada banyak merek lokal dan internasional, seperti Eiger dan adidas, yang memproduksi sepatu trekking yang bagus. Bahan, desain, fitur, dan harga sepatu trekking ini beragam. Salah satu yang paling populer adalah sepatu waterproof yang tahan air.Ada juga sepatu jenis low cut yang didesain agar kaki leluasa bergerak. Kali ini kami akan membahas tips cara memilih sepatu trekking dan merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Teropong Binokular Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teropong Binokular Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teropong binokular merupakan perangkat untuk melihat objek jauh agar menjadi lebih jelas. Peralatan ini dapat mendukung berbagai aktivitas, seperti saat menonton konser, mengamati burung di hutan, dan lainnya. Maka dari itu, ada berbagai jenis teropong dengan bentuk, berat, dan bidang pandang yang berbeda-beda. Jika Anda kebingungan mencari teropong binokular, artikel ini tepat untuk Anda. Kami akan memperkenalkan poin-poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli teropong binokular. Kemudian, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang tersedia di pasaran, seperti Bushnell, Nikon, dan lainnya. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda akan menjelajah alam selama lebih dari sehari, sleeping bag adalah salah satu perlengkapan yang tak boleh dilupakan. Baik saat Anda ke gunung maupun pantai, tidur Anda akan lebih nyaman bila menggunakan sleeping bag. Ada bermacam-macam produk sleeping bag yang dijual dengan beragam jenis dan fungsi. Mulai dari Eiger, Deuter, dan Consina turut memproduksi sleeping bag.Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung dalam memilih sleeping bag. Kali ini, kami akan memberikan tips dan rekomendasi sleeping bag untuk berbagai medan perjalanan. Tips menggunakannya juga akan kami bagikan. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2021)
    Saat melakukan kegiatan outdoor seperti trekking atau hiking, Anda membutuhkan sepatu hiking. Sepatu hiking adalah sepatu yang aman digunakan ketika Anda harus melalui medan pegunungan yang terjal dan curam. Ada banyak sepatu hiking dari berbagai merek di pasaran, seperti EIGER, Arei, dan lainnya.Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih sepatu hiking yang bagus untuk pemula. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk sepatu hiking yang bisa Anda pertimbangkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Temukan sepatu hiking yang Anda butuhkan di sini!
    Camping & hiking
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori