• 10 Rekomendasi Serum The Ordinary Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Serum The Ordinary Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Serum The Ordinary Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Serum The Ordinary Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Serum The Ordinary Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Serum The Ordinary Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Nama The Ordinary akhir-akhir ini cukup hype di kalangan pencinta skincare. Efektivitas yang optimal dipadu dengan harga yang ramah di dompet menjadi selling point dari brand ini. Di antara semua produknya, serum The Ordinary bisa dibilang sebagai produk yang paling dicari. The Ordinary menawarkan serum yang bagus untuk Anda yang ingin mencerahkan kulit, mengatasi jerawat, hingga mencegah penuaan dini.


Di artikel ini, Anda bisa mendapatkan tips memilih sekaligus rekomendasi serum The Ordinary terbaik. Kami juga akan mengulas produk terbaiknya, seperti Salicylic Acid 2% Solution, Alpha Arbutin 2% + HA, dan lain-lain. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Awrelalifiaa
  • Pembaharuan terakhir: 07 Mei 2021
  • 10.555 Views
Daftar isi

Mengapa serum The Ordinary layak untuk Anda pilih?

The Ordinary merupakan salah satu brand milik DECIEM, produsen produk perawatan kulit dan kecantikan asal Kanada. Brand ini mengusung konsep single-ingredients skincare. Artinya, setiap produk yang dibuat The Ordinary hanya menggunakan satu atau dua bahan aktif saja. Selain itu, konsep packaging-nya pun sangat simpel, hanya menampilkan nama brand dan bahan aktifnya.


Konsep single ingredients ini bertujuan untuk memudahkan konsumen mengetahui bahan kandungan yang mereka aplikasikan ke wajah. Setiap bahan aktif biasanya memiliki fungsi sendiri-sendiri, seperti untuk mencerahkan kulit, mengatasi kulit kering, atau membereskan jerawat.


Karena hanya memiliki satu atau dua bahan aktif, Anda bisa lebih mudah memilih produk yang sesuai dengan skin concern Anda. Bahan aktif yang simpel ini juga membantu konsumen yang berkulit sensitif atau memiliki alergi. Dengan nama bahan aktif yang terpampang jelas, Anda bisa menghindari bahan yang berpotensi menjadi alergen.


Di antara semua produk The Ordinary, serum menempati urutan pertama produk yang paling dicari. Serum The Ordinary cukup happening karena banyak review positif mengenai efektivitasnya dalam mengatasi berbagai masalah kulit. Selain itu, brand ini juga mematok harga yang cukup ramah di kantong.

Cara memilih serum The Ordinary

Untuk membantu Anda, kami telah menyusun tips memilih serum The Ordinary. Ikuti poin-poin di bawah ini agar Anda dapat menemukan produk yang tepat. 

Temukan bahan aktif yang mampu membantu mengatasi masalah kulit Anda

Serum umumnya menggunakan banyak bahan aktif dengan nama yang terasa membingungkan. The Ordinary dengan konsep single ingredients-nya berusaha membuatnya lebih mudah untuk Anda. Agar Anda bisa menemukan serum yang tepat, kenali dahulu bahan aktif yang digunakan, serta manfaatnya untuk kulit Anda. Apa saja bahan aktif yang digunakan The Ordinary dalam serumnya? Berikut ulasan lengkapnya. 

Untuk mencerahkan kulit: Vitamin C, niacinamide, alpha arbutin

Untuk mencerahkan kulit: Vitamin C, niacinamide, alpha arbutin

Kulit kusam disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain paparan sinar matahari dan polusi. Untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah, Anda bisa menggunakan serum The Ordinary yang mengandung vitamin C. Bahan aktif ini berperan sebagai antioksidan, serta mampu mencerahkan. Anda juga bisa memilih produk dengan kandungan niacinamide dan alpha arbutin. Kedua bahan tersebut memiliki kekuatan untuk memudarkan noda hitam dan melawan hiperpigmentasi.

Untuk mengatasi jerawat dan bekasnya: Salicylic acid, alpha arbutin, zinc

Untuk mengatasi jerawat dan bekasnya: Salicylic acid, alpha arbutin, zinc

Jerawat bisa muncul akibat adanya infeksi bakteri. Karena itu, Anda memerlukan kandungan dengan fungsi antibakteri untuk melawannya. Salicylic acid mampu membunuh bakteri, menghentikan peradangan, dan mengeksfoliasi sel kulit mati.


Hal lain yang juga dapat menyebabkan munculnya jerawat adalah banyaknya produksi sebum di kulit wajah. Untuk mengatasinya, Anda membutuhkan kandungan yang dapat mengontrol produksi sebum, contohnya zinc. Sementara itu, untuk menghilangkan bekas jerawat menghitam, gunakan produk dengan kandungan pencerah seperti alpha arbutin..

Untuk melembapkan dan mengenyalkan kulit: Hyaluronic acid

Untuk melembapkan dan mengenyalkan kulit: Hyaluronic acid

Hyaluronic acid merupakan kandungan pelembap yang sangat diandalkan. Bahan aktif ini mampu menarik sekaligus mengunci kelembapan di dalam lapisan kulit. Efeknya pun bisa langsung Anda rasakan setelah mengaplikasikan produk. Umumnya, produk dengan kandungan hyaluronic acid cepat meresap, tetapi sedikit meninggalkan rasa lengket. Jika Anda hendak mengenakan produk lain setelahnya, tunggulah hingga produk benar-benar meresap terlebih dahulu.

Untuk tampil awet muda: Peptide dan retinoid

Untuk tampil awet muda: Peptide dan retinoid

Penuaan kulit umumnya ditandai dengan munculnya kerutan halus, flek hitam, serta kulit tampak mengendur. Untuk mengatasi penuaan, The Ordinary menawarkan produk dengan dua bahan aktif yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Anda pasti sudah tidak asing dengan nama retinoid dan peptide, bukan? Sama-sama berperan dalam menunda penuaan, keduanya memiliki perbedaan dalam cara kerjanya.


Retinoid bekerja dengan cara mengekfsoliasi sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit. Dengan banyaknya sel kulit baru yang diproduksi, kulit bisa tampak lebih muda dan segar. Sementara itu, peptide bekerja dengan cara menutrisi kulit dengan protein yang merangsang pembentukan kolagen. Jika produksi kolagen meningkat, kulit jadi lebih bervolume dan kencang.

Kenali bahan aktif yang membutuhkan perhatian khusus

 Kenali bahan aktif yang membutuhkan perhatian khusus

Bahan aktif tertentu yang digunakan dalam serum The Ordinary memerlukan perhatian khusus. Beberapa bahan aktif tidak bisa digunakan bersama-sama karena bisa merusak komposisinya. Contohnya adalah ascorbic acid atau vitamin C yang tidak bisa digunakan bersama dengan kandungan antioksidan, AHA, dan BHA. Vitamin C merupakan asam yang kuat sehingga bisa menurunkan fungsi dan manfaat dari bahan aktif lain.


Sementara itu, produk dengan bahan aktif retinoid sebaiknya digunakan hanya pada malam hari. Penyebabnya adalah retinoid bisa rusak jika terkena sinar UV. 


Salicylic acid juga sensitif terhadap sinar UV. Namun, Anda masih bisa menggunakannya pada siang hari asalkan Anda mengaplikasikan sunscreen sebagai pelindung.

Lakukan patch test terlebih dahulu sebelum menggunakan serum

Lakukan patch test terlebih dahulu sebelum menggunakan serum

Semua jenis kulit, terutama kulit sensitif, sebaiknya melakukan patch test sebelum menggunakan produk skincare secara reguler. Nama bahan aktif yang tercantum pada kemasan serum The Ordinary memang bisa membantu Anda mengantisipasi terjadinya alergi. Namun, patch test tetap perlu dilakukan demi menghindari potensi iritasi dan alergi.


Anda bisa melakukan patch test dengan cara mengoleskannya ke punggung tangan atau belakang telinga. Lakukan satu kali per hari sehari selama tiga hari berturut-turut. Apabila kulit Anda tidak menunjukkan gejala alergi, Anda bisa melanjutkan pemakaian.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Deciem The Ordinary AHA 30% + BHA 2% Peeling Solution

Mulai dari Rp 179.000,00

10 Rekomendasi serum The Ordinary terbaik

Setelah memahami kelebihan dan cara memilihnya, sekarang saatnya Anda memilih produk serum terbaik dari The Ordinary. Apakah Anda sudah tak sabar untuk melihat rekomendasinya? Yuk, langsung kita lihat ulasan selengkapnya!

10

DECIEMThe Ordinary - Ascorbic Acid 8% + Alpha Arbutin 2%

Mulai dari Rp 190.000,00

KandunganPropanediol, ascorbic acid, alpha arbutin
FungsiMencerahkan, memudarkan noda hitam, antioksidan
Tidak dapat digabung denganNiacinamide, direct acids, retinol, peptide, EUK 134 0.1%
Isi30 ml
9

DECIEMThe Ordinary - Caffeine Solution 5% + EGCG

Mulai dari Rp 243.700,00

KandunganCaffeine, Epigallocatechin Gallatyl Glucoside (EGCG) from green tea leaves, dan lainnya
FungsiMengatasi mata sembap dan mata panda
Tidak dapat digabung denganX
Isi30 ml
8
KandunganPropanediol, ethylbisiminomethylguaiacol manganese chloride, dan lainnya
FungsiMenetralkan radikal bebas
Tidak dapat digabung denganDirect acid, copper peptides, resveratrol and ferulic acid, vitamin C
Isi30 ml
7

DECIEMThe Ordinary - Granactive Retinoid 2% in Squalane

Mulai dari Rp 245.000,00

KandunganSqualane, bisabolol, caprylic/capric triglyceride, hydroxypinacolone retinoate, dan lainnya
FungsiMencegah penuaan dini, meratakan tekstur kulit
Tidak dapat digabung denganRetinoid lain, produk berbasis acid, pure vitamin C
Isi30 ml
6

DECIEMThe Ordinary - Niacinamide 10% + Zinc 1%

Mulai dari Rp 120.000,00

KandunganWater, niacinamide, zinc PCA, dan lainnya
FungsiMengontrol minyak, meringkas pori-pori, membersihkan komedo
Tidak dapat digabung denganVitamin C
Isi30 ml, 60 ml
5
KandunganWater, glycerin, lactococcus ferment lysate, acetyl hexapeptide-8, pentapeptide-18, palmitoyl tripeptide-1, palmitoyl tetrapeptide-7, palmitoyl tripeptide-38, dipeptide diaminobutyroyl benzylamide diacetate, dan 11 asam amino esensial
FungsiMelawan tanda penuaan, mengencangkan kulit
Tidak dapat digabung denganVitamin C dan produk berbahan acid lainnya
Isi30 ml, 60 ml
4

DECIEMThe Ordinary - Salicylic Acid 2% Solution

Mulai dari Rp 115.000,00

KandunganSalicylic acid, witch hazel, dan lainnya
FungsiMembersihkan pori-pori dan mengeringkan jerawat
Tidak dapat digabung denganDirect acids, peptides, retinoids, vitamin C, 100% niacinamide powder, dan EUK 0,1%
Isi30 ml
3

DECIEMThe Ordinary - Hyaluronic Acid 2% + B5

Mulai dari Rp 279.700,00

KandunganHyaluronic acid, vitamin B5, glycerin, Ahnfeltia concinna extract, dan lainnya
FungsiMenghidrasi dan memperbaiki tekstur kulit
Tidak dapat digabung denganX
Isi30 ml, 60 ml
2
KandunganAlpha arbutin, polyacrylate crosspolymer-6, hydrolyzed sodium hyaluronate, propanediol, PPG-26-buteth-26, PEG-40 hydrogenated castor oil, lactic acid, dan lainnya
FungsiMemudarkan noda hitam dan melawan hiperpigmentasi
Tidak dapat digabung denganX
Isi30 ml
1

DECIEMThe Ordinary - Ascorbyl Glucoside Solution 12%

Mulai dari Rp 250.000,00

KandunganWater, ascorbyl glucoside, propanediol, dan lainnya
FungsiMencerahkan, meratakan warna kulit, mencegah penuaan dini, antioksidan
Tidak dapat digabung denganNiacinamide
Isi30 ml

Tabel perbandingan produk serum The Ordinary terbaik

Gambar produk
1
DECIEM The Ordinary - Ascorbyl Glucoside Solution 12% 1

DECIEM

2
DECIEM The Ordinary - Alpha Arbutin 2% + HA 1

DECIEM

3
DECIEM The Ordinary - Hyaluronic Acid 2% + B5 1

DECIEM

4
DECIEM The Ordinary - Salicylic Acid 2% Solution 1

DECIEM

5
DECIEM The Ordinary - "Buffet" 1

DECIEM

6
DECIEM The Ordinary - Niacinamide 10% + Zinc 1% 1

DECIEM

7
DECIEM The Ordinary - Granactive Retinoid 2% in Squalane 1

DECIEM

8
DECIEM The Ordinary - EUK 134 0.1% 1

DECIEM

9
DECIEM The Ordinary - Caffeine Solution 5% + EGCG  1

DECIEM

10
DECIEM The Ordinary - Ascorbic Acid 8% + Alpha Arbutin 2% 1

DECIEM

Nama produk

The Ordinary - Ascorbyl Glucoside Solution 12%

The Ordinary - Alpha Arbutin 2% + HA

The Ordinary - Hyaluronic Acid 2% + B5

The Ordinary - Salicylic Acid 2% Solution

The Ordinary - "Buffet"

The Ordinary - Niacinamide 10% + Zinc 1%

The Ordinary - Granactive Retinoid 2% in Squalane

The Ordinary - EUK 134 0.1%

The Ordinary - Caffeine Solution 5% + EGCG

The Ordinary - Ascorbic Acid 8% + Alpha Arbutin 2%

Keunggulan

Membantu Anda mendapatkan kulit glowing alami!

Miliki wajah bersih berseri bebas dari bekas jerawat!

Mengikat kelembapan di dalam lapisan kulit Anda

Mengatasi jerawat dan mencegahnya datang lagi

Menutrisi dan menjaga volume kulit agar selalu awet muda

Wajah mengilap seperti kilang minyak? Bereskan dengan serum ini!

Melawan tanda penuaan tanpa efek samping dan risiko iritasi

Antioksidan super yang mampu melindungi kulit Anda dari kerusakan

Pancarkan pesona mata tanpa lingkaran hitam di bawahnya!

Membersihkan wajah dari noda hitam akibat hiperpigmentasi

Harga mulai dariRp 250.000,00Rp 261.000,00Rp 279.700,00Rp 115.000,00Rp 261.000,00Rp 120.000,00Rp 245.000,00Rp 175.000,00Rp 243.700,00Rp 190.000,00
KandunganWater, ascorbyl glucoside, propanediol, dan lainnyaAlpha arbutin, polyacrylate crosspolymer-6, hydrolyzed sodium hyaluronate, propanediol, PPG-26-buteth-26, PEG-40 hydrogenated castor oil, lactic acid, dan lainnyaHyaluronic acid, vitamin B5, glycerin, Ahnfeltia concinna extract, dan lainnyaSalicylic acid, witch hazel, dan lainnyaWater, glycerin, lactococcus ferment lysate, acetyl hexapeptide-8, pentapeptide-18, palmitoyl tripeptide-1, palmitoyl tetrapeptide-7, palmitoyl tripeptide-38, dipeptide diaminobutyroyl benzylamide diacetate, dan 11 asam amino esensialWater, niacinamide, zinc PCA, dan lainnyaSqualane, bisabolol, caprylic/capric triglyceride, hydroxypinacolone retinoate, dan lainnyaPropanediol, ethylbisiminomethylguaiacol manganese chloride, dan lainnyaCaffeine, Epigallocatechin Gallatyl Glucoside (EGCG) from green tea leaves, dan lainnyaPropanediol, ascorbic acid, alpha arbutin
FungsiMencerahkan, meratakan warna kulit, mencegah penuaan dini, antioksidanMemudarkan noda hitam dan melawan hiperpigmentasiMenghidrasi dan memperbaiki tekstur kulitMembersihkan pori-pori dan mengeringkan jerawatMelawan tanda penuaan, mengencangkan kulitMengontrol minyak, meringkas pori-pori, membersihkan komedoMencegah penuaan dini, meratakan tekstur kulitMenetralkan radikal bebasMengatasi mata sembap dan mata pandaMencerahkan, memudarkan noda hitam, antioksidan
Tidak dapat digabung denganNiacinamideXXDirect acids, peptides, retinoids, vitamin C, 100% niacinamide powder, dan EUK 0,1%Vitamin C dan produk berbahan acid lainnyaVitamin CRetinoid lain, produk berbasis acid, pure vitamin CDirect acid, copper peptides, resveratrol and ferulic acid, vitamin CXNiacinamide, direct acids, retinol, peptide, EUK 134 0.1%
Isi30 ml30 ml30 ml, 60 ml30 ml30 ml, 60 ml30 ml, 60 ml30 ml30 ml30 ml30 ml
Tautan produk

Baca juga artikel tentang serum lainnya di sini

Serum merupakan produk skincare dengan konsentrasi bahan aktif yang tinggi. Tekstur serum dirancang untuk dapat meresap dengan lebih cepat ke dalam lapisan kulit. Oleh karena itu, serum biasanya digunakan untuk mengatasi masalah kulit yang spesifik seperti jerawat, kulit kusam, dan penuaan. Apabila Anda tertarik untuk mendapatkan lebih banyak rekomendasi serum, silakan baca artikel tentang serum lainnya. Klik link di bawah ini untuk membaca artikelnya.

Kesimpulan

Serum The Ordinary bisa membantu Anda mencerahkan kulit, mengatasi jerawat, dan membereskan berbagai masalah kulit lainnya. Konsep single ingredients yang dibawanya memudahkan Anda memilih produk dengan kandungan yang sesuai untuk kebutuhan kulit Anda. Namun, demi mencegah iritasi dan alergi, lakukanlah patch test sebelum menggunakan produknya secara reguler.


Sekian artikel kami kali ini. Jadikanlah tips dan rekomendasi kami sebagai referensi Anda dalam memilih serum The Ordinary terbaik. Happy shopping!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
    986.466 Views
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    562.329 Views
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
    748.938 Views
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
    104.294 Views
  • 10 Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Noda hitam atau flek hitam memang mengganggu penampilan. Flek hitam dapat terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar UV, dan pigmentasi berlebih. Menggunakan skincare untuk menghilangkan flek hitam adalah salah satu cara yang ampuh. Namun, memilih cream yang bagus untuk menghilangkan flek hitam juga tidak mudah. Untuk itu, kami menyiapkan tips memilih cream penghilang flek hitam terbaik. Beragam merek cream penghilang flek hitam, seperti Olay, L'Oreal, dan ERHA dapat Anda temukan di sini. Ikuti juga tips dari dr. Dia Febrina dan simak ulasan rekomendasi cream penghilang flek hitam dari kami, ya!
    Perawatan wajah
    657.299 Views
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
    290.958 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Penggunaan skincare tidak hanya terbatas untuk kaum wanita saja. Dengan aktivitas yang lebih padat dan paparan polutan, kulit pria sebenarnya jauh lebih membutuhkan skincare. Salah satu skincare untuk perawatan intensif adalah masker. Saat ini, pilihan masker untuk pria sudah banyak tersedia. Lalu, bagaimana memilih masker wajah pria yang bagus? Di sini, kami akan menyajikan tips memilih masker wajah untuk pria beserta rekomendasi masker wajah pria terbaik. Berbagai merek masker pria, seperti Himalaya, Garnier, Innisfree, dan Lacoco akan kami ulas di sini. Tertarik untuk mencoba? Simak terus ulasannya sampai habis.
    Perawatan wajah
    97.603 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori