• 10 Masker Peel Off Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Masker Peel Off Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Masker Peel Off Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Masker Peel Off Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Masker Peel Off Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Masker Peel Off Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Masker peel off merupakan jenis masker yang bisa dikelupas dari wajah setelah mengering tanpa perlu dibilas. Anda bisa merasakan sensasi mengelupas masker serta melihat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori terangkat.


Kami akan berbagi informasi seputar cara memilih masker peel off yang bagus. Kami sudah menyiapkan rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda beli secara online. Kami telah mengulas produk dari sejumlah merek ternama, seperti Innisfree, The Body Shop, dan Freeman. Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Galih Manggala
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 31 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala Mahardika

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala Mahardika

dr. Galih adalah dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Brawijaya. Beliau anggota aktif PERDOSKI dan sering mengikuti simposium dan workshop nasional maupun internasional untuk meningkatkan kompetensi.


Saat ini dr. Galih berpraktek di RS Permata Depok, RS Brawijaya Depok, dan Calysta Skincare Bandung. Selama 10 tahun berpraktik, beliau menangani bidang kosmetik, infeksi, alergi dan autoimun, infeksi menular seksual, kehamilan, dan sebagainya. Beliau juga aktif membuat konten edukasi di akun Instagram-nya.

Apa yang dimaksud dengan masker peel off?

Apa yang dimaksud dengan masker peel off?

Masker peel off adalah jenis masker yang bisa dikelupas setelah mengering. Penggunanya bisa melihat sendiri kotoran dari wajah mereka melekat pada masker yang telah dilepas. Sensasi mengelupas masker dan menyaksikan kotoran kulit yang terangkat membuat masker ini banyak disukai.


Manfaat penggunaan masker ini adalah membersihkan wajah yang terasa kasar dan tampak kusam. Masker peel off diklaim dapat mengangkat sel kulit mati, minyak, sisa kotoran di wajah. Masker ini juga dapat menyamarkan ukuran pori.


Ada pula produk yang menawarkan efek menenangkan dan melembapkan dengan kandungan anti-inflamasi. Sejumlah masker peel off juga memiliki efek revitalisasi sehingga kulit Anda akan terlihat lebih muda. 

dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Masker peel off adalah jenis exfoliant fisik yang menghilangkan lapisan atas kulit untuk mengelupas sel-sel kulit mati. Walaupun mirip dengan proses peeling, masker peel off pada umumnya hanya mengangkat sel kulit mati di lapisan bagian terluar kulit.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih masker peel off

Agar Anda dapat menemukan masker peel off terbaik, berikut ini akan kami sampaikan tips dalam memilihnya. Simak poin-poin pertimbangan berikut ini sebelum membeli masker peel off, ya!

Kenali tipe-tipe masker peel off

Poin penting dalam memilih masker peel off adalah menyesuaikannya dengan tipe dan kebutuhan kulit Anda. Dengan begitu, manfaat dari masker akan lebih optimal dan dapat membantu Anda mengatasi masalah kulit. 

Masker dengan daya rekat kuat, optimal angkat sel kulit mati dan kotoran

Masker dengan daya rekat kuat, optimal angkat sel kulit mati dan kotoran

Jika ingin hasil lebih optimal dalam mengangkat kotoran, pilihlah masker peel off berdaya rekat kuat. Dengan daya rekat kuat, sel kulit mati dan bulu halus di wajah akan terangkat sehingga kulit terasa mulus.  


Masker peel off ini biasanya hadir dalam formula gel yang praktis dipakai. Anda hanya perlu mengeluarkan produknya, lalu meratakannya ke seluruh permukaan wajah, kecuali area mata dan mulut. Salah satu contoh peel off mask berdaya rekat kuat adalah Innisfree Super Volcanic Peel Off Mask.


Namun, berhati-hatilah bila kulit Anda cenderung sensitif atau memiliki jerawat aktif dan rosacea. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit sebelum Anda menggunakan masker peel off.

dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Rosacea adalah salah satu varian dari acne yang berat yang ditandai dengan gangguan kulit wajah kemerahan dan bintik yang menyerupai bisul. Kondisi ini juga dapat menyebabkan kulit wajah menebal dan pembuluh darah terlihat dan membengkak.

Masker dengan daya rekat ringan, gentle dan memberi efek rileks

Masker dengan daya rekat ringan, gentle dan memberi efek rileks

Ini adalah tipe peel off mask yang biasa dijumpai di klinik-klinik kecantikan. Sifatnya melembapkan, terasa sejuk, dan nyaman dipakai. Selain menutrisi kulit, Anda juga akan mendapatkan sensasi yang membuat rileks.


Masker dengan daya rekat ringan biasanya hadir dalam bentuk bubuk. Masker ini perlu dicampur dengan air atau rose water untuk melarutkan produknya. Setelah memperoleh konsistensi masker yang diinginkan, masker siap diaplikasikan ke seluruh wajah. 


Sebaiknya, gunakan kuas silikon agar lebih praktis untuk mengaduk produk dan meratakannya ke permukaan wajah. Aplikasikan masker secara merata dan agak tebal agar saat mengering masker mudah diangkat dari wajah. 

Sesuaikan kandungan produk dengan kondisi kulit

Tiap produk masker peel off memiliki kandungan serta manfaat yang berbeda. Anda perlu memeriksa kandungannya agar mendapatkan masker yang tepat untuk masalah kulit Anda. 

Kulit berminyak dan berjerawat, bahan antibakterial bisa dipilih

Kulit berminyak dan berjerawat, bahan antibakterial bisa dipilih

Untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat, pilihlah masker dengan kandungan antibakterial, seperti green tea, tea tree, dan Centella asiatica. Selain itu, charcoal dan abu vulkanik juga dipilih karena mampu mengontrol produksi minyak berlebih. 


Harapannya, kulit Anda tampak bersih, bebas minyak berlebih dan komedo, serta pori-pori tampak tersamarkan. Pastikan produk pilihan Anda tidak mengandung bahan pemicu iritasi, seperti paraben, phthalates, serta pewarna, dan pewangi sintetis yang berlebihan. 

dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Bahan yang dapat menyebabkan iritasi, misalnya paraben, sering sekali ditemukan prada produk perawatan kulit dan rambut. Paraben adalah pengawet yang umum digunakan di industri kosmetik dan produk pembersih kulit. Paraben terdapat pada produk sampo, sabun, deodoran, pelembap, tabir surya, lipstik, dan mascara.


Fungsi paraben dalam produk kosmetik dan pembersih kulit adalah untuk mencegah pertumbuhan bakteri serta jamur. Bakteri dan jamur bisa mengurangi kualitas produk dan membahayakan konsumen. Paraben juga membuat produk tampak lebih segar dan tidak mudah rusak.

Kulit sensitif, produk yang minim iritan lebih baik

Kulit sensitif, produk yang minim iritan lebih baik

Bagi pemilik kulit sensitif, masker dengan daya rekat yang gentle atau lembut bisa Anda pilih. Masker dengan daya rekat ringan lebih mudah dikelupas dari wajah sehingga minim iritasi. 


Sebaiknya, pilihlah produk dengan komposisi sederhana. Namun, jika kulit Anda cenderung sensitif, cek terlebih dahulu tingkat sensitivitas kulit Anda sebelum memilih produk. Aplikasikan sedikit pada kulit lengan bagian dalam untuk melihat reaksinya. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. 

dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Use test pada lengan bawah sepertiga atas dapat membantu mengetahui apakah wajah kita sensitif terhadap bahan-bahan yang terdapat pada masker wajah. Pada kulit yang sangat sensitif, sebaiknya use test dahulu selama satu minggu.

Kulit kusam, pilih masker dengan kandungan mencerahkan

Kulit kusam, pilih masker dengan kandungan mencerahkan

Jika kulit Anda cenderung kusam, Anda dapat menggunakan masker peel off secara rutin. Masker peel off akan mengangkat sisa-sisa kotoran, seperti debu, polusi, serta melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. 


Anda juga bisa memilih produk dengan klaim mencerahkan kulit agar wajah terlihat makin glowing. Masker dengan kandungan niacinamide, glycolic acid, dan vitamin C bisa dipilih.

dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

Selain vitamin C, bahan-bahan yang biasanya berfungsi sebagai pencerah antara lain kojic acid, alpha arbutin, niacinamide, glutation, azelaic acid, glycolic acid, dan linoleic acid. Bahan-bahan tersebut dapat membantu mencerahkan kulit. Namun, jangan menggunakan bahan-bahan tersebut secara berlebihan karena dapat mengiritasi kulit.

Kulit kering, masker yang melembapkan adalah solusi

Kulit kering, masker yang melembapkan adalah solusi

Bila kulit Anda cenderung kering, cobalah masker peel off dengan kandungan yang melembapkan kulit. Kandungan yang bisa menghidrasi kulit, antara lain vitamin E, gliserin, Aloe vera, madu, serta hyaluronic acid. Jika kulit Anda mulai menampakkan tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan atau garis halus, pilihlah produk dengan klaim antiaging.

Pertimbangkan juga kepraktisan penggunaannya

Pertimbangkan juga kepraktisan penggunaannya

Kepraktisan penggunaan masker peel off tidak terlepas dari bentuk kemasannya. Karena itu, pilihlah packaging produk yang paling sesuai kebutuhan Anda. 


  • Kemasan tube

Dari segi kemasan, masker peel off banyak dijual dalam kemasan tube dengan tutup flip top. Masker dalam wadah tube biasa hadir dengan formula gel. Anda hanya perlu mengeluarkan produknya dan mengaplikasikannya langsung ke wajah. Pada kemasan ini, pastikan tutupnya mampu menutup dengan baik agar isinya tidak tumpah. 


  • Kemasan saset

Sejumlah produk juga hadir dalam kemasan saset yang lebih praktis. Isi masker dalam kemasan biasanya sudah disesuaikan untuk beberapa kali pemakaian. Masker peel off bubuk termasuk tipe masker yang menggunakan kemasan ini. Namun, ada juga masker peel off gel yang mengandalkan kemasan saset. Contohnya seperti masker Garnier dalam takaran sekali pakai ini.


Tidak hanya tube dan saset, masih banyak jenis kemasan masker lain yang bisa Anda temukan. Tipe kemasan masker yang lainnya, antara lain hadir dalam bentuk kapsul atau jar

Pastikan produk yang dipilih aman dan terpercaya

Pastikan produk yang dipilih aman dan terpercaya

Banyak sekali masker peel off yang dijual di pasaran. Namun, belum tentu semua produk aman digunakan karena kandungannya yang tidak jelas. Alih-alih kulit bersih dan flawless, produk abal-abal berisiko menyebabkan dampak negatif pada kulit. Karena itu, Anda perlu memastikan produk yang dipilih telah mengantongi sertifikat dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).


Masker yang telah tersertifikasi BPOM menandakan bahwa produk telah teruji dan terjamin tidak mengandung bahan yang berbahaya. Selain itu, sebaiknya Anda selalu membeli produk perawatan kulit di toko atau reseller resmi. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari produk palsu yang juga membahayakan kulit. 

10 Rekomendasi masker peel off terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk masker peel off terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Galih Manggala Mahardika.

10

InnisfreeSuper Volcanic Peel Off Mask 2X

Mulai dari Rp 180.000,00

Isi100 ml
KemasanTube
Kandungan utamaAbu vulkanik Jeju
Daya rekatKuat
BPOM
PeruntukanKulit berminyak
9

The Body ShopTree Skin Clearing Peel-Off Mask

Mulai dari Rp 99.000,00

Isi10 gram
KemasanCup plastik
Kandungan utamaTea tree oil
Daya rekatGentle
BPOM
PeruntukanKulit kusam, kulit berminyak
8

Philocaly SkinRubber Mask Oatmeal + Centella Asiatica

Mulai dari Rp 25.000,00

Isi30 g
KemasanSaset
Kandungan utamaOatmeal dan Centella asiatica
Daya rekatGentle
BPOM
PeruntukanKulit kering, beruntusan, berjerawat, kulit kusam, kulit sensitif
7

EverwhitePeel Off Mask (Cucumber & Aloe Vera)

Mulai dari Rp 97.000,00

Isi125 ml
KemasanTube
Kandungan utamaCucumber, Aloe vera
Daya rekatGentle
BPOM
PeruntukanKulit kusam, berjerawat
6

FreemanCLEARING Sweet Tea + Lemon Peel-off Clay Mask

Mulai dari Rp 96.800,00

Isi175 ml
KemasanTube
Kandungan utamaAntioxidant-rich tea, lemon
Daya rekatKuat
BPOM
PeruntukanKulit normal, kulit kombinasi
5
Isi2 x 6 ml
KemasanSaset
Kandungan utamaSalicylic acid, charcoal
Daya rekatKuat
BPOM
PeruntukanKulit berminyak, berkomedo, berjerawat
4

PrastorePeel Off Mask Vit. C & Saffron

Mulai dari Rp 30.000,00

Isi30 g
KemasanSaset/pouch dengan zip lock
Kandungan utamaVitamin C dan saffron
Daya rekatGentle
BPOM
PeruntukanKulit kusam
3
Isi60 ml
KemasanTube
Kandungan utamaGrape seed extract, olive oil, hydrogel, vitamin E, allantoin
Daya rekatKuat
BPOM
Peruntukankulit normal dan berminyak
2

Madame GieMini Ready Peel Off Mask Honeydew & Chamomile

Mulai dari Rp 3.500,00

Isi7 gram
KemasanSaset
Kandungan utamaHoneydew & Chamomile
Daya rekatKuat
BPOM
PeruntukanKulit kering dan kusam
1
Isi10–25 g
KemasanSaset/pouch dengan zip lock
Kandungan utamaLavender, AHA/glycolic acid
Daya rekatGentle
BPOM
PeruntukanAntiaging

Tabel perbandingan produk masker peel off terbaik

Gambar produk
1
Dear Up Peel Off Mask Lavender 1

Dear Up

2
Madame Gie Mini Ready Peel Off Mask Honeydew & Chamomile 1

Madame Gie

3
Emina Tube Mask Variant Grape Seed 1

Emina

4
Prastore Peel Off Mask Vit. C & Saffron 1

Prastore

5
Garnier Acno Fight Peel Off Mask 1

Garnier

6
Freeman CLEARING Sweet Tea + Lemon Peel-off Clay Mask 1

Freeman

7
Everwhite Peel Off Mask (Cucumber & Aloe Vera) 1

Everwhite

8
Philocaly Skin Rubber Mask Oatmeal + Centella Asiatica  1

Philocaly Skin

9
The Body Shop Tree Skin Clearing Peel-Off Mask 1

The Body Shop

10
Innisfree Super Volcanic Peel Off Mask 2X 1

Innisfree

Nama produk

Peel Off Mask Lavender

Mini Ready Peel Off Mask Honeydew & Chamomile

Tube Mask Variant Grape Seed

Peel Off Mask Vit. C & Saffron

Acno Fight Peel Off Mask

CLEARING Sweet Tea + Lemon Peel-off Clay Mask

Peel Off Mask (Cucumber & Aloe Vera)

Rubber Mask Oatmeal + Centella Asiatica

Tree Skin Clearing Peel-Off Mask

Super Volcanic Peel Off Mask 2X

Keunggulan

Peel off mask yang melembapkan sekaligus membuat rileks

Masker ekonomis dalam kemasan yang praktis

Bertekstur gel, melembapkan kulit dan mengurangi iritasi

Dengan vitamin C dan saffron, kulit cerah ternutrisi

Diformulasikan untuk pria, bantu angkat komedo dan bintik hitam

Kesegaran es teh yang kaya antioksidan untuk kulit Anda

Ibu hamil dan menyusui juga bisa tetap glowing, lho!

Beruntusan dan jerawat minggat, bye-bye kulit kusam!

Tuntas mengangkat komedo dan kotoran dari pori-pori kulit Anda

Kulit bersih dan halus, makeup jadi terlihat flawless

Harga mulai dariRp 4.988,00Rp 3.500,00Rp 40.000,00Rp 30.000,00Rp 17.000,00Rp 96.800,00Rp 97.000,00Rp 25.000,00Rp 99.000,00Rp 180.000,00
Isi10–25 g7 gram60 ml30 g2 x 6 ml175 ml125 ml30 g10 gram100 ml
KemasanSaset/pouch dengan zip lockSasetTubeSaset/pouch dengan zip lockSasetTubeTubeSasetCup plastikTube
Kandungan utamaLavender, AHA/glycolic acidHoneydew & ChamomileGrape seed extract, olive oil, hydrogel, vitamin E, allantoinVitamin C dan saffronSalicylic acid, charcoalAntioxidant-rich tea, lemonCucumber, Aloe veraOatmeal dan Centella asiaticaTea tree oilAbu vulkanik Jeju
Daya rekatGentleKuatKuatGentleKuatKuatGentleGentleGentleKuat
BPOM
PeruntukanAntiagingKulit kering dan kusamkulit normal dan berminyakKulit kusamKulit berminyak, berkomedo, berjerawatKulit normal, kulit kombinasiKulit kusam, berjerawatKulit kering, beruntusan, berjerawat, kulit kusam, kulit sensitifKulit kusam, kulit berminyakKulit berminyak
Tautan produk

Tips menggunakan masker peel off

Tips menggunakan masker peel off

Sebelum mengoleskan masker peel off, pastikan Anda telah membersihkan wajah terlebih dahulu. Tujuannya agar nutrisi dalam masker lebih mudah diserap kulit sehingga hasilnya optimal. Setelah itu, oleskan masker secara merata pada wajah dengan jari atau aplikator seperti brush. Sebaiknya hindari pemakaian masker di area mata, alis, dan bibir untuk menghindari reaksi kulit yang tidak diinginkan. 


Jangan lupa untuk memeriksa saran penggunaan, seperti ketebalan masker dan waktu pemakaian yang dianjurkan. Setelah lapisan masker mengering, mulailah untuk mengelupas masker dari tepi wajah. Kelupaslah masker dengan lembut tanpa menggosok-gosok area wajah yang baru dipakaikan masker.


Setelah masker peel off dikelupas, cuci muka dengan air atau facial cleanser untuk menghilangkan sisa masker yang tersisa. Namun, periksa lagi apakah masker yang Anda gunakan menyarankan untuk dibilas atau tidak. Anda bisa menggunakan pelembap untuk mengurangi efek pengelupasan dan mengunci nutrisi masker peel off. Selain itu, masker peel off juga sebaiknya cukup digunakan sekali hingga tiga kali dalam seminggu. 

Baca juga rekomendasi masker wajah lainnya di sini!

Selain masker peel off, masih banyak varian masker lain yang dapat Anda temukan di pasaran. Kami telah menyiapkan sejumlah artikel yang membahas berbagai jenis masker lengkap dengan rekomendasi produk terbaik. Penasaran? Klik tautan berikut ini, ya!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang artikel ini? Sudahkah Anda menemukan masker peel off yang sesuai dari sepuluh produk yang kami rekomendasikan? Meskipun memiliki manfaat yang serupa dengan masker wajah umumnya, masker peel off menghadirkan pengalaman berbeda. 


Ada kepuasan tersendiri ketika mengelupasnya dan melihat sendiri kotoran yang terangkat bersama lapisan masker. Jangan lupa memperhatikan kandungan masker dan memilih masker yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Selamat berburu masker peel off!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Face Emulsion Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Face Emulsion Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda memiliki kulit kering? Jika iya, Anda bisa menggunakan face emulsion yang diketahui dapat mengunci kelembapan di kulit Anda. Face emulsion biasanya mengandung ceramide, hyaluronic acid, dan kolagen yang bagus untuk kesehatan kulit. Meski begitu, masih banyak orang yang belum tahu face emulsion terbaik untuk kondisi kulitnya. Pada artikel ini, kami akan memberikan informasi cara memilih face emulsion yang bagus, Kami juga akan merekomendasikan face emulsion dari berbagai merk terkenal, seperti SK II, The Face Shop, dan Sulwhasoo. Simak artikel ini jika Anda ingin menemukan produk face emulsion terbaik!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori