mybest
Bumbu & bahan masakan lainnya

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Rekomendasi Baking Soda Terbaik [Ditinjau oleh Cooking Influencer]
  • 10 Rekomendasi Baking Soda Terbaik  [Ditinjau oleh Cooking Influencer] 1
  • 10 Rekomendasi Baking Soda Terbaik  [Ditinjau oleh Cooking Influencer] 2
  • 10 Rekomendasi Baking Soda Terbaik  [Ditinjau oleh Cooking Influencer] 3
  • 10 Rekomendasi Baking Soda Terbaik  [Ditinjau oleh Cooking Influencer] 4
  • 10 Rekomendasi Baking Soda Terbaik  [Ditinjau oleh Cooking Influencer] 5

10 Rekomendasi Baking Soda Terbaik [Ditinjau oleh Cooking Influencer]

Baking soda atau soda kue biasanya digunakan sebagai pengembang kue. Meski dikenal sebagai bahan untuk kue, baking soda kian populer di masyarakat karena manfaatnya yang luas. Ada beragam merek yang tersedia di pasaran, seperti Koepoe Koepoe, Asahi, dan Nonik. Manakah produk yang paling cocok dengan Anda?


Kami akan memberikan tips memilih baking soda yang bagus. Informasi cara memilih yang tertera disusun bersama cooking influencer kami, Inov Pelawi. Temukan juga sepuluh rekomendasi baking soda terbaik yang bisa dijadikan referensi. Simak terus dan temukan produk yang Anda sukai!

Diperbaharui 23/11/2023
Inov Pelawi
Pakar
Cooking influencer
Inov Pelawi

Inov adalah seorang ibu rumah tangga dengan dua orang anak. Wanita berumur 36 tahun ini sudah menyukai kegiatan memasak dan baking sejak usia 14 tahun. Kegemarannya terhadap dunia masak memasak dan baking ini membuatnya sering berbagi resep dan foto makanan di akun media sosialnya. Selain untuk dokumentasi pribadi, ia berharap bahwa posting-annya juga bisa bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi para ibu lainnya.

Profil Inov Pelawi
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa perbedaan baking soda dan baking powder?

Apa perbedaan baking soda dan baking powder?

Baking soda dan baking powder sama-sama merupakan bahan tambahan kue yang berfungsi sebagai pengembang adonan. Meski bentuk dan teksturnya tampak sama, komposisi kedua bahan ini memiliki perbedaan. 


Baking soda terbuat dari 100% natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat yang bersifat basa. Bahan ini perlu dicampurkan dengan bahan bersifat asam agar bisa aktif dan menghasilkan karbon dioksida. Hal ini membuat pH adonan menjadi netral dan menghasilkan cake yang mengembang sempurna. Baking soda cocok dicampur dengan adonan yang mengandung perasan lemon, gula merah, yoghurt, atau buttermilk.


Berbeda dari baking soda, baking powder mengandung natrium bikarbonat dan senyawa asam dalam bentuk kering. Dengan demikian, Anda hanya perlu menambahkan air untuk mengaktifkan bahan ini. Baking powder sebaiknya tidak digunakan dalam adonan yang mengandung banyak asam karena akan menimbulkan rasa getir. Gunakanlah bahan ini pada adonan yang minim bahan asam, seperti adonan kue kering.

Cara memilih Baking Soda

Setelah mengetahui karakteristiknya, kami akan menjelaskan mengenai hal-hal yang perlu Anda ketahui dalam memilih baking soda. Anda bisa menggunakan poin-poin berikut sebagai panduan untuk mendapatkan produk sesuai kebutuhan Anda.

1

Pilih ukuran berdasarkan tujuan penggunaan

Selain untuk adonan kue, baking soda ternyata memiliki banyak kegunaan lainnya. Baking soda dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari, mulai dari mencuci buah hingga membersihkan panci dan wajan. Bukan hanya itu, baking soda juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah dan mengatasi rambut lepek. Jadi, pilihlah ukuran yang pas untuk Anda sebagaimana penjelasan kami berikut.

5–10 gram, ukuran yang pas untuk sekali pakai

5–10 gram, ukuran yang pas untuk sekali pakai

Penggunaan baking soda yang beragam tentu membutuhkan kuantitas yang beragam pula. Jika Anda hanya memakainya untuk membuat kue, pilihlah baking soda berukuran kecil atau sekali pakai. Biasanya, ukuran ini tersedia dalam kemasan saset berukuran 5–10 gram.


Umumnya, baking soda digunakan untuk kue yang dikukus atau dipanggang, seperti martabak, bolu, dan muffin. Takarannya sekitar 5–10 gram per kilo tepung terigu. Baking soda juga dapat digunakan untuk membuat kue kering sehingga kue lebih renyah dan garing. 


Jika tujuan penggunaan baking soda adalah untuk membuat kue, simpanlah baking soda di tempat kering. Jangan membiarkan baking soda dalam keadaan terbuka karena baking soda bisa menyerap bau. Akibatnya, hasil kue akan menjadi tidak baik.

100–1000 gram, dapat digunakan untuk kebutuhan pembersih serbaguna

100–1000 gram, dapat digunakan untuk kebutuhan pembersih serbaguna

Baking soda juga dapat dipakai sebagai bahan pembersih. Dari mulai peralatan dapur, kamar mandi, kain lap atau serbet, perabotan plastik, hingga buah-buahan. Anda dapat mencampurnya dengan air atau menjadikannya pasta saat hendak digunakan.


Baking soda terbukti mampu mengangkat noda atau kotoran pada bagian yang kotor. Untuk itu, ukuran yang bisa dipilih adalah sekitar 100–1000 gram. Namun, Anda juga perlu perhatikan takaran baking soda untuk bagian-bagian yang dibersihkan agar tidak berlebihan. Pasalnya, baking soda bersifat abrasif sehingga dapat merusak permukaan benda.

>1000 gram, tepat untuk usaha cafe atau bakery

>1000 gram, tepat untuk usaha cafe atau bakery

Untuk keperluan pembuatan kue atau roti dalam jumlah besar, pilihlah baking soda berukuran di atas 1 kg. Kemasan ukuran ini sering digunakan untuk usaha kafe atau toko roti. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan stok persediaan karena jumlahnya yang banyak. Di pasaran, Anda akan menemukan kemasan besar mencapai 25 kg. Kemasan ini juga dinilai lebih ekonomis. 

2

Cek bentuk kemasan dan pilih yang mudah disimpan

Cek bentuk kemasan dan pilih yang mudah disimpan

Produk baking soda tersedia dalam berbagai bentuk kemasan, mulai dari kemasan pouch, kotak, hingga botol. Kemasan pouch mudah dibuka dan praktis untuk digunakan. Kemasan ini pun memiliki bentuk yang cukup bervariasi, mulai dari tipe resealable hingga tutup putar.


Kemasan kotak mudah disimpan dan dapat ditata dengan rapi dalam lemari dapur Anda. Selain itu, ada pula kemasan botol yang bisa dijadikan pilihan karena tahan air dan mudah ditutup kembali.


Apa pun jenis kemasan pilihan Anda, pastikan baking soda disimpan dalam wadah yang kedap udara. Hal ini akan membantu menjaga kesegaran baking soda. Hasil baking Anda pun akan maksimal!

3

Periksa sertifikasinya

Periksa sertifikasinya

Jaminan kualitas dan keamanan merupakan salah satu faktor penting dalam memilih baking soda. Pilihlah produk berlabel food grade (bebas dari zat-zat berbahaya dan aman untuk dikonsumsi) bila akan digunakan untuk membuat kue. Hal ini penting karena ada sebagian produk baking soda yang ditujukan untuk membersihkan peralatan dapur dan sebagainya.


Selain itu, pastikan produk yang dipilih memiliki sertifikasi dari lembaga berwenang agar Anda bisa menggunakannya dengan tenang. Di sisi lain, Anda tidak perlu mengecek label bebas GMO, gluten, atau aluminium ketika memilih baking soda. Hal tersebut karena baking soda tidak mengandung tepung maizena atau senyawa asam seperti yang terdapat dalam baking powder.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Baking Soda Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Baking Soda terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 23 November 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Komposisi utama
Kemasan
Berat bersih
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan
Jumlah protein
Tipe bumbu
1

Gunacipta Multirasa

Koepoe Koepoe Soda Kue

Gunacipta Multirasa Koepoe Koepoe Soda Kue 1

Rp4.800

Menengah

Merek lokal yang sudah dikenal luas sejak tahun 1942

Botol, pouch

81 g, 178 g, 1 kg

24 bulan

2

ARM & HAMMER

Baking Soda Box

ARM & HAMMER  Baking Soda Box 1

Rp15.000

Agak Mahal

Kemasan kotak praktis, dapat digunakan untuk makanan, pembersih, hingga kecantikan

Kotak

227 g, 454 g, 907 g, 1.810 g

12-24 bulan

3

Karya Anugerah Jaya

R&W Soda Kue

Karya Anugerah Jaya R&W Soda Kue 1

Rp900

Lebih Murah

Kelezatan klasik yang tak tergantikan

Saset, botol

12 g, 40 g, 500 g

36 bulan

4

Tawon Mas

Soda Kue Cap Nonik

Tawon Mas Soda Kue Cap Nonik 1

Rp2.500

Agak Murah

Paling ekonomis, bikin kue lebih hemat

Saset

40 g

Tidak diketahui

12-20 bulan

5

Kreasi Edhoval Nutrindo

Asahi Soda Kue

Kreasi Edhoval Nutrindo Asahi Soda Kue 1

Rp3.000

Agak Murah

Baking soda asal Jepang untuk para pemilik usaha cafe

Plastik (repack), sak

40 g, 100 g, 250 g, 300 g, 500 g, 1.000 g, 25.000 g

24-36 bulan

6

Putra Sinar Baru Sejati

Soda Kue R

Putra Sinar Baru Sejati Soda Kue R 1

Rp31.950

Agak Mahal

Makin mudah buat bolu atau martabak di rumah

Saset

1.000 g

Tidak diketahui

12-24 bulan

7

Hydro Farm Indonesia

Suka Baking Soda

Hydro Farm Indonesia Suka Baking Soda 1

Rp75.000

Lebih Mahal

Packagingnya menarik dan kandungannya aman untuk tubuh

Pouch

500 g

Tidak diketahui

Tidak diketahui

24 bulan

8

AS Gida Uretim ve Pazariama

Pakmaya Soda Kue

AS Gida Uretim ve Pazariama Pakmaya Soda Kue 1

Rp3.000

Agak Murah

Cocok untuk mencoba dahulu dan sekali pakai

Saset

5 g

Tidak diketahui

12 bulan

9

Dehealth Supplies

Fruit & Veggie Wash Baking Soda

Dehealth Supplies Fruit & Veggie Wash Baking Soda 1

Rp11.100

Menengah

Bersihkan buah dan sayuran dari kotoran atau pestisida

Botol

100 g

24 bulan

10

MSH Rempah

Baking Soda

MSH Rempah Baking Soda 1

Rp10.050

Menengah

Tanpa campuan antikempal, dijamin aman untuk tubuh

Saset, pouch

50 g, 500 g

Tidak diketahui

12 bulan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Gunacipta MultirasaKoepoe Koepoe Soda Kue

Koepoe Koepoe Soda Kue 1
Sumber: koepoekoepoe.com
Koepoe Koepoe Soda Kue 2
Sumber: shopee.co.id
Koepoe Koepoe Soda Kue 3
Sumber: shopee.co.id
Koepoe Koepoe Soda Kue 4
Sumber: shopee.co.id
Koepoe Koepoe Soda Kue 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp4.800
Menengah
Harga referensi
Rp4.800
Menengah

Merek lokal yang sudah dikenal luas sejak tahun 1942

Merek yang satu ini sudah tidak asing lagi di kalangan para ibu rumah tangga. Merek Koepoe Koepoe sudah ada sejak tahun 1942 dan berbagai varian produknya banyak dipakai di rumah tangga. Merek ini sudah dikenal dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia.


Kali ini kami merekomendasikan produk baking soda yang salah satu variannya berukuran 1 kg. Anda dapat memilih produk ini untuk campuran bahan kue atau untuk membersihkan peralatan makan Anda.

Komposisi utama
KemasanBotol, pouch
Berat bersih81 g, 178 g, 1 kg
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan24 bulan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

ARM & HAMMER Baking Soda Box

Harga referensi
Rp15.000
Agak Mahal

Kemasan kotak praktis, dapat digunakan untuk makanan, pembersih, hingga kecantikan

Kemasan produk yang berbentuk kotak ini akan memudahkan Anda untuk menyimpan dan menatanya di rak. Selain itu, produk ini bisa digunakan untuk baking, membersihkan peralatan dapur, dan menetralkan bau pada kulkas.


Produk dari brand ARM & HAMMER ini juga dapat berfungsi sebagai eksfoliator sehingga bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Namun, barhati-hatilah karena penggunaan yang berlebihan pada wajah akan membuat kulit menjadi kering. 

Komposisi utama
KemasanKotak
Berat bersih227 g, 454 g, 907 g, 1.810 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan12-24 bulan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.3

Karya Anugerah JayaR&W Soda Kue

Harga referensi
Rp900
Lebih Murah

Kelezatan klasik yang tak tergantikan

R&W Soda Kue adalah rahasia sukses di balik kue lembut dan renyah ala rumahan. Dengan formula klasik yang teruji dan bahan-bahan pilihan, produk ini memberikan hasil akhir yang memikat setiap kali Anda memasak. 


Produk ini direkomendasikan untuk para pencinta baking, dari pemula hingga ahli. R&W Soda Kue akan membawa pengalaman memasak Anda ke level berikutnya. Sajikan kelezatan istimewa ini dalam momen istimewa bersama orang-orang terkasih.

Komposisi utama
KemasanSaset, botol
Berat bersih12 g, 40 g, 500 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan36 bulan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.4

Tawon MasSoda Kue Cap Nonik

Harga referensi
Rp2.500
Agak Murah

Paling ekonomis, bikin kue lebih hemat

Apabila Anda ingin membuat kue tanpa mengeluarkan bujet berlebih, produk ini bisa dipertimbangkan. Produk berkemasan saset ini dijual dengan harga yang terjangkau. Anda yang baru belajar membuat aneka kue dan kukis rumahan bisa mencobanya. Berkreasi di dapur tidak perlu makan banyak biaya, hati juga lebih tenang.

Komposisi utama
KemasanSaset
Berat bersih40 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halalTidak diketahui
Kalori
Daya tahan12-20 bulan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.5

Kreasi Edhoval NutrindoAsahi Soda Kue

Harga referensi
Rp3.000
Agak Murah

Baking soda asal Jepang untuk para pemilik usaha cafe

Jika Anda merupakan pemilik usaha di bidang jasa kuliner seperti cafe, Anda dapat mempertimbangkan produk ini. Baking soda berukuran besar dan banyak ini dapat digunakan untuk mengembangkan kue-kue yang Anda tawarkan di cafe Anda.


Dengan isi sebanyak 25 kg, produk ini akan menghemat bujet operasional dibanding harus membeli kemasan yang kecil. Selain itu, baking soda juga dapat digunakan untuk membersihkan alat dapur di cafe Anda. Usia peralatan dapur menjadi makin panjang!

Komposisi utama
KemasanPlastik (repack), sak
Berat bersih40 g, 100 g, 250 g, 300 g, 500 g, 1.000 g, 25.000 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan24-36 bulan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.6

Putra Sinar Baru SejatiSoda Kue R

Harga referensi
Rp31.950
Agak Mahal

Makin mudah buat bolu atau martabak di rumah

Produk ini dapat Anda gunakan untuk kue yang diolah dengan cara dikukus atau dipanggang. Jika Anda bosan membeli martabak, Anda dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan baking soda ini. Selain martabak, Anda juga bisa membuat bolu kukus atau panggang. Kini adonan yang Anda buat di rumah pun bisa mengembang dengan sempurna berkat produk ini. 

Komposisi utama
KemasanSaset
Berat bersih1.000 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halalTidak diketahui
Kalori
Daya tahan12-24 bulan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.7

Hydro Farm IndonesiaSuka Baking Soda

Harga referensi
Rp75.000
Lebih Mahal

Packagingnya menarik dan kandungannya aman untuk tubuh

Produk dari Suka Organic ini memiliki packaging yang mempermudah Anda menyimpannya. Ukuran baking soda pada kemasan ini juga cukup banyak sehingga bisa digunakan untuk segala kebutuhan. Dari mulai membersihkan plak pada gigi, menghilangkan bau ketiak, sampai memperbaiki sistem pencernaan. Terlebih lagi, baking soda ini memiliki standar food grade sehingga aman dikonsumsi. 

Komposisi utama
KemasanPouch
Berat bersih500 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOMTidak diketahui
Sertifikasi P-IRTTidak diketahui
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan24 bulan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.8

AS Gida Uretim ve PazariamaPakmaya Soda Kue

Harga referensi
Rp3.000
Agak Murah

Cocok untuk mencoba dahulu dan sekali pakai

Apabila Anda belum terbiasa menggunakan baking soda, produk ini bisa Anda pertimbangkan. Alasannya karena produk berkemasan saset ini dijual dengan harga yang terjangkau. Anda yang baru belajar membuat aneka kue dan kukis rumahan bisa mencobanya. Anda pun jadi bisa menekan bujet untuk berkreasi di dapur! Jangan lupa, simpan produk di wadah kedap udara setelah dibuka, ya.

Komposisi utama
KemasanSaset
Berat bersih5 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halalTidak diketahui
Kalori
Daya tahan12 bulan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.9

Dehealth SuppliesFruit & Veggie Wash Baking Soda

Harga referensi
Rp11.100
Menengah

Bersihkan buah dan sayuran dari kotoran atau pestisida

Apabila Anda sering mencuci buah atau sayuran dengan sabun, beralihlah ke produk ini. Baking soda ini dapat Anda jadikan pengganti sabun untuk menghilangkan kotoran ataupun pestisida pada buah dan sayur. Terlebih, beberapa buah-buahan dilapisi lilin pada kulit agar tidak mudah busuk. 


Nah, Anda dapat membersihkannya dengan Fruit & Veggie Wash Baking Soda! Cukup campur air, perasan jeruk lemon, dan dua sendok teh baking soda ini untuk mencuci buah dan sayur. Bersih dari zat-zat berbahaya, hidup pun menjadi lebih sehat. 

Komposisi utama
KemasanBotol
Berat bersih100 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halal
Kalori
Daya tahan24 bulan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all
No.10

MSH RempahBaking Soda

Harga referensi
Rp10.050
Menengah

Tanpa campuan antikempal, dijamin aman untuk tubuh

Beberapa bahan makanan ditambahi zat aditif untuk menjaga tekstur, penampilan, atau rasa. Namun, penggunaan berlebihan dapat memberikan efek samping pada tubuh. Kali ini, Anda tidak perlu khawatir dengan baking soda dari MSH Rempah. Kandungan di dalamnya bebas dari bahan antikempal. Agar tidak mengeras dan menggumpal, segera masukkan ke wadah kering dan tertutup setelah kemasan dibuka. 

Komposisi utama
KemasanSaset, pouch
Berat bersih50 g, 500 g
Porsi penyajian
Jenis masakan
Mengandung santan
Sertifikasi BPOM
Sertifikasi P-IRT
Sertifikasi halalTidak diketahui
Kalori
Daya tahan12 bulan
Jumlah protein
Tipe bumbu
View all

Pertanyaan umum seputar baking soda

Pertanyaan umum seputar baking soda

Setelah ulasan kami di atas, Anda mungkin masih memiliki pertanyaan seputar baking soda. Untuk itu, kami memilih tiga pertanyaan seputar baking soda yang banyak diajukan di internet dan akan menjawabnya di sini.

Apakah kegunaan lain dari baking soda?

Selain sebagai bahan pembuat kue dan membersihkan berbagai macam peralatan rumah tangga, baking soda juga bermanfaat untuk kesehatan. Baking soda bisa membantu Anda meredakan gatal akibat serangan serangga. Caranya, campurkan baking soda ke dalam air lalu aduk hingga rata. Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada area kulit yang digigit serangga.

Bagaimana cara menyimpan baking soda dengan baik?

Simpanlah baking soda dalam wadah yang kering dan kedap udara. Pastikan wadah yang digunakan dalam keadaan bersih dan terbebas dari bau. Hal ini akan menghindari baking soda menyerap bau dari bahan yang disimpan sebelumnya. 

Tips menguji kualitas baking soda

Tips menguji kualitas baking soda

Baking soda dapat mengembangkan kue ketika bereaksi dengan bahan bersifat asam yang ada di dalam adonan. Namun, baking soda perlu disimpan dalam wadah tertutup di lemari yang kering agar tidak rusak. Hindari menyimpan baking soda dekat tempat cuci piring, wastafel, atau area dengan kelembapan tinggi.


Agar adonan kue tidak bantat, Anda perlu mengecek kualitas baking soda sebelum mencampurkannya ke dalam adonan. Hal ini penting terutama jika Anda memakai baking soda yang sudah disimpan lama. Nah, Anda bisa melakukan tips berikut untuk mengetahui apakah baking soda Anda masih berfungsi atau tidak. 


Ambil setengah sendok teh baking soda dan campurkan dengan tiga sendok makan cuka atau air lemon. Jika campuran tersebut menghasilkan busa, artinya baking soda masih bagus dan bisa digunakan untuk mengembangkan adonan.


Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengecek tanggal kedaluwarsanya. Sebelum tanggal kedaluwarsa pun, umumnya kualitas baking soda akan menurun sekitar enam bulan setelah kemasan dibuka. Anda bisa membantu memaksimalkan kualitas baking soda dengan pola penyimpanan yang tepat.

5 Rekomendasi Baking Soda terbaik

No. 1: Gunacipta MultirasaKoepoe Koepoe Soda Kue

No. 2: ARM & HAMMER Baking Soda Box

No. 3: Karya Anugerah JayaR&W Soda Kue

No. 4: Tawon MasSoda Kue Cap Nonik

No. 5: Kreasi Edhoval NutrindoAsahi Soda Kue

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Rekomendasi Baking Soda Terbaik [Ditinjau oleh Cooking Influencer]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.