• 10 Skincare Terbaik yang Mengandung Retinol - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Skincare Terbaik yang Mengandung Retinol - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Skincare Terbaik yang Mengandung Retinol - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Skincare Terbaik yang Mengandung Retinol - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Skincare Terbaik yang Mengandung Retinol - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Skincare Terbaik yang Mengandung Retinol - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)

Setiap orang tentu ingin tampak awet muda sehingga munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dapat mengganggu penampilan. Oleh sebab itu, skincare dengan kandungan yang dapat mencegahnya menjadi incaran. Salah satu kandungan yang baik untuk masalah tersebut adalah retinol.


Supaya Anda mendapatkan produk yang bagus, kami akan membahas cara memilih skincare yang mengandung retinol. Sepuluh produk terbaik juga sudah kami siapkan ulasannya sebagai rekomendasi. Produk merek Somethinc, Avoskin, dan The Ordinary dapat Anda temukan di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ana Rahmawati. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Ana Rahmawati
  • Pembaharuan terakhir: 27 Oktober 2021
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ana Rahmawati, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ana Rahmawati, SpKK
dr. Ana Rahmawati
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ana Rahmawati

dr. Ana Rahmawati adalah seorang dokter spesialis kulit dan kelamin dan anggota PERDOSKI cabang Denpasar, Bali. Saat ini, beliau praktik di Quantum Klinik, MOII Aesthetic Umalas, dan praktik pribadi di PIP RENON, Denpasar.


dr. Ana rutin sharing tentang edukasi kulit dan kelamin melalui Instagram sebagai kesehariannya di dunia kesehatan. Anda dapat mengakses konten edukasi dari beliau di Instagram-nya.

Keunggulan dan manfaat retinol

Keunggulan dan manfaat retinol

Retinol merupakan turunan sintetik dari vitamin A yang secara aktif mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Manfaat retinol yang paling umum diketahui adalah untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Cara kerjanya adalah dengan mempercepat regenerasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Karena khasiat tersebut, saat ini bermunculan skincare yang mengandung retinol sebagai bahan aktif.


Garis halus, keriput, dan flek hitam yang barangkali sudah lama menjadi permasalahan kulit bagi Anda dapat diatasi dengan kandungan retinol. Selain itu, retinol juga berperan dalam mengobati jerawat, menghilangkan milia, dan mengatasi hiperpigmentasi. Karena kaya akan manfaat, skincare yang mengandung retinol banyak diminati dan dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih skincare yang mengandung retinol

Berikut akan kami jelaskan poin-poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum memilih skincare yang mengandung retinol. Jenis skincare dan tekstur yang tepat berdasarkan jenis kulit juga akan kami bahas di bawah ini. Yuk, simak terus!

Pilih berdasarkan jenisnya

Umumnya, kandungan retinol dapat Anda temukan pada toner, serum, dan moisturizer. Lalu, apa saja peran dari masing-masing skincare tersebut? Kami akan menjelaskannya untuk Anda di bawah ini.

Toner: Menyiapkan kulit sebelum rangkaian skincare lainnya

Toner: Menyiapkan kulit sebelum rangkaian skincare lainnya

Toner merupakan produk perawatan kulit yang digunakan setelah mencuci wajah. Kulit terasa lebih kering atau tertarik barangkali sering Anda rasakan setelah mencuci wajah. Pada kondisi tersebut, toner akan bekerja untuk mengembalikan hidrasi dan menyeimbangkan pH kulit. 


Di samping menstabilkan kondisi kulit, toner juga mampu membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih menempel di kulit. Bisa dikatakan bahwa peran toner adalah menyiapkan kulit sebelum menerima skincare lainnya.

Serum: Membantu mencegah dan mengatasi milia

Serum: Membantu mencegah dan mengatasi milia

Dibandingkan dengan toner dan moisturizer, kandungan retinol di dalam serum memiliki konsentrasi lebih tinggi. Karena itu, serum dapat menjangkau lapisan kulit yang lebih dalam dan dengan lebih cepat daripada skincare lainnya. Untuk hasil terbaik, pastikan Anda melembapkan kulit dengan toner terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan serum.


Untuk Anda yang memiliki masalah milia, serum dengan kandungan retinol dapat membantu mengikisnya agar tekstur kulit lebih halus. Selain itu, pencegahan milia pun dapat dilakukan dengan serum tersebut.

Mosturizer: Menjaga kelembapan dan menutrisi kulit

Mosturizer: Menjaga kelembapan dan menutrisi kulit

Retinol juga dapat Anda temukan sebagai kandungan dalam moisturizer. Seperti namanya, jenis skincare ini bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Jika kulit terhindar dari kekeringan, garis-garis halus dan masalah kulit lain tidak mudah muncul. Dengan begitu, kulit selalu tampak sehat dan awet muda. 


Selain itu, kelembapan yang diberikan moisturizer juga bermanfaat untuk mencegah produksi sebum berlebih oleh kulit. Karena itu, baik kulit kering maupun berminyak, keduanya memerlukan moisturizer. Ditambah lagi, moisturizer biasanya dilengkapi dengan bahan lain yang akan menutrisi kulit.

Sesuaikan tekstur dengan jenis kulit

Sesuaikan tekstur dengan jenis kulit

Bagi Anda pemilik kulit berminyak cenderung berjerawat, pilihlah skincare dengan tekstur yang lebih encer atau cair. Tekstur encer umumnya lebih cepat menyerap dan tidak meninggalkan rasa lengket di kulit. Untuk moisturizer, kami rekomendasikan Anda untuk memilih yang bertekstur lotion karena konsistensinya tidak sekental cream.


Sebaliknya, pemilik kulit kering dapat menggunakan skincare yang konsistensinya lebih padat dan kental. Hal ini dikarenakan kulit kering membutuhkan kelembapan lebih banyak dibandingkan dengan kulit berminyak. Gunakanlah juga moisturizer bertekstur cream saat malam hari sehingga hidrasi kulit tetap terjaga selama Anda beristirahat.

Untuk pemula, pilih dengan konsentrasi retinol yang tidak terlalu tinggi

Untuk pemula, pilih dengan konsentrasi retinol yang tidak terlalu tinggi

Bila Anda masih pemula, mulailah dengan produk berkonsentrasi retinol yang rendah terlebih dahulu. Anda dapat memilih skincare dengan konsentrasi retinol 0,25%–2%. Sebelum menggunakan produk berkandungan retinol, persiapkanlah kulit Anda terlebih dahulu. Bersihkan wajah, aplikasikan toner, dan moisturizer secara rutin beberapa minggu sebelum mulai menggunakan produk berkandungan retinol.


Selain itu, Anda cukup menggunakannya 2–3 kali per minggu sambil melihat apakah ada iritasi yang muncul. Hal ini dilakukan karena retinol dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif. Nah, karena kulit menjadi lebih sensitif, Anda wajib menggunakan sunscreen setelahnya. 

Prioritaskan merek lokal karena harganya lebih terjangkau

Prioritaskan merek lokal karena harganya lebih terjangkau

Saat ini, kualitas skincare dari merek lokal rupanya telah mampu menyaingi merek internasional. Beberapa merek lokal pun hadir dengan skincare berbahan aktif retinol seperti Somethinc dan Avoskin. Di samping itu, skincare dari merek lokal umumnya dijual dengan harga yang lebih bersahabat.


Telah kami singgung bahwa skincare berkandungan retinol biasanya dijual dengan harga lebih tinggi. Memilih produk lokal akan lebih menguntungkan dari segi harga dan kualitas.


Anda yang baru memulai menggunakan produk berkandungan retinol pun bisa melakukan tips ini. Jadi, apabila timbul iritasi dan pemakaian terpaksa harus dihentikan, Anda tidak banyak mengeluarkan biaya dengan percuma.

10 Rekomendasi skincare terbaik yang mengandung retinol

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk skincare terbaik yang mengandung retinol yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Ana Rahmawati.

10
JenisToner
Persentase retinolTidak disebutkan
TeksturCair
9

Pond'sAge Miracle Wrinkle Corrector Day Cream SPF 18 PA++

Mulai dari Rp 145.000,00

JenisMoisturizer
Persentase retinolTidak disebutkan
TeksturCream
8

ElsheskinActive Rejuvenating Night Serum

Mulai dari Rp 240.000,00

JenisSerum
Persentase retinol1%
TeksturCair
7

For Skin's SakeRetinol Overnight Cream

Mulai dari Rp 240.000,00

JenisMoisturizer
Persentase retinol0,1%
TeksturCream
6

Avoskin Miraculous Retinol Toner

Mulai dari Rp 199.000,00

JenisToner
Persentase retinol1%
TeksturGel
5
JenisMoisturizer
Persentase retinol1%
TeksturCream
4
JenisSerum
Persentase retinol1%
TeksturCair
3

Sunday RileyA+ High-Dose Retinoid Serum

Mulai dari Rp 1.995.000,00

JenisSerum
Persentase retinol6%
TeksturLotion
2
JenisSerum
Persentase retinol2%
TeksturCair
1

AvoskinMiraculous Retinol Ampoule

Mulai dari Rp 249.000,00

JenisSerum
Persentase retinol3%
TeksturLotion

Tabel perbandingan produk skincare terbaik yang mengandung retinol

Gambar produk
1
Avoskin Miraculous Retinol Ampoule 1

Avoskin

2
The Ordinary Granactive Retinoid 2% in Squalane 1

The Ordinary

3
Sunday Riley A+ High-Dose Retinoid Serum 1

Sunday Riley

4
Somethinc Level 1% Retinol 1

Somethinc

5
Skinceuticals  Retinol 1.0 1

Skinceuticals

6
Avoskin  Miraculous Retinol Toner 1

Avoskin

7
For Skin's Sake Retinol Overnight Cream 1

For Skin's Sake

8
Elsheskin Active Rejuvenating Night Serum 1

Elsheskin

9
Pond's Age Miracle Wrinkle Corrector Day Cream SPF 18 PA++ 1

Pond's

10
Pixi Retinol Tonic 1

Pixi

Nama produk

Miraculous Retinol Ampoule

Granactive Retinoid 2% in Squalane

A+ High-Dose Retinoid Serum

Level 1% Retinol

Retinol 1.0

Miraculous Retinol Toner

Retinol Overnight Cream

Active Rejuvenating Night Serum

Age Miracle Wrinkle Corrector Day Cream SPF 18 PA++

Retinol Tonic

Keunggulan

Satu produk untuk memperbaiki berbagai masalah kulit!

Kandungan bebas alkohol, silikon, dan bahan kimia berbahaya lainnya

Mengatasi milia dan tanda-tanda penuaan dengan retinoid berdosis tinggi

Serum berkandungan retinol yang ramah untuk kulit sensitif

Formula non-comedogenic yang bekerja efektif untuk kulit berminyak

Dengan kandungan niacinamide untuk memperbaiki tekstur kulit

Membantu meningkatkan produksi kolagen saat Anda tidur

Kandungannya mencegah tanda-tanda penuaan, sekaligus menjaga kelembapan!

Bekerja 24 jam untuk membuat kulit tampak awet muda!

Kaya antioksidan untuk melindungi kulit dari dampak buruk lingkungan

Harga mulai dariRp 249.000,00Rp 300.000,00Rp 1.995.000,00Rp 155.000,00Rp 1.438.000,00Rp 199.000,00Rp 240.000,00Rp 240.000,00Rp 145.000,00Rp 219.000,00
JenisSerumSerumSerumSerumMoisturizerTonerMoisturizerSerumMoisturizerToner
Persentase retinol3%2%6%1%1%1%0,1%1%Tidak disebutkanTidak disebutkan
TeksturLotionCairLotionCairCreamGelCreamCairCreamCair
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar skincare terbaik yang mengandung retinol

Pertanyaan umum seputar skincare terbaik yang mengandung retinol

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar skincare terbaik yang mengandung retinol. Jika Anda masih penasaran dengan skincare terbaik yang mengandung retinol, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah retinol cocok untuk kulit sensitif?

Kulit sensitif dapat memakai skincare yang mengandung retinol. Namun, sebaiknya gunakan skincare dengan konsentrasi retinol yang rendah terlebih dahulu.

Berapa sering saya harus menggunakan skincare yang mengandung retinol?

Anda bisa menggunakan skincare yang mengandung retinol dengan menyesuaikan jenis kebutuhan kulit dan kondisi kulit.

Baca juga rekomendasi skincare lainnya di sini

Tidak hanya retinol, masih ada bahan-bahan lain yang menyimpan manfaat untuk kesehatan kulit Anda. Oleh sebab itu, telah kami siapkan artikel-artikel terkait yang membahas skincare terbaik lainnya. Langsung klik link di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Biaya yang Anda keluarkan untuk membeli skincare berkandungan retinol mungkin lebih tinggi dibandingkan skincare lainnya. Namun, biaya tersebut sebanding dengan hasil yang akan Anda dapatkan. 


Jika sudah menemukan produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen. Pastikan juga kulit telah siap menerima skincare berkandungan retinol. Dengan begitu, kulit akan terlindungi dan Anda akan mendapatkan manfaat retinol secara optimal. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  • 10 Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kerusakan skin barrier dapat dialami oleh semua orang, baik remaja maupun orang dewasa. Skin barrier yang rusak dapat memicu timbulnya beragam masalah kulit. Kali ini kami akan membahas tentang tips memilih skincare untuk memperbaiki skin barrier yang rusak.Sepuluh rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Wardah, Avoskin, dan Somethinc, juga telah disiapkan. Ada produk yang bahan kandungannya ditujukan untuk kulit berminyak, kering, hingga normal. Produk lokal yang bagus serta harganya murah juga ada, lho. Baca juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala Mahardika. Yuk, disimak!
    Perawatan wajah
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask ada dalam rekomendasi. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Toner Wajah Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Toner Wajah Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Toner wajah merupakan salah satu bagian dari rangkaian skincare routine. Biasanya, toner dipakai setelah mencuci wajah dan sebelum pemakaian serum atau cream. Seperti rangkaian perawatan kulit lain, pemakaian toner juga harus menyesuaikan jenis kulit. Terlebih lagi jika Anda seorang pria yang biasanya memiliki masalah dan jenis kulit yang berbeda. Beberapa merek skincare seperti Kiehl's, Innisfree, dan Clinique bahkan memiliki produk toner khusus pria. Jadi, untuk Anda yang masih bingung bagaimana memilih toner untuk pria, simak tips berikut. Kami juga akan merekomendasikan produk toner wajah pria terbaik untuk Anda. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori