• 10 Skincare Terbaik yang Mengandung Retinol - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Skincare Terbaik yang Mengandung Retinol - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Skincare Terbaik yang Mengandung Retinol - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Skincare Terbaik yang Mengandung Retinol - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Skincare Terbaik yang Mengandung Retinol - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Skincare Terbaik yang Mengandung Retinol - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Setiap orang tentu ingin tampak awet muda. Jika tanda penuaan seperti keriput mulai muncul, Anda mungkin akan merasa resah. Untuk menyamarkan tanda penuaan, kandungan dalam skincare harus diperhatikan. Skincare yang mengandung retinol menjadi salah satu pilihan untuk memperlambat tanda penuaan kulit.


Agar Anda menemukan produk yang bagus, kami akan membahas cara memilih skincare yang mengandung retinol. Setelahnya, review skincare dengan retinol juga akan kami berikan. Anda dapat memilih produk merek SOMETHINC, Avoskin, hingga The Ordinary. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ana Rahmawati. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Ana Rahmawati
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 22 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ana Rahmawati, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ana Rahmawati, SpKK
dr. Ana Rahmawati
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ana Rahmawati

dr. Ana Rahmawati adalah seorang dokter spesialis kulit dan kelamin dan anggota PERDOSKI cabang Denpasar, Bali. Saat ini, beliau praktik di Quantum Klinik, MOII Aesthetic Umalas, dan praktik pribadi di PIP RENON, Denpasar.


dr. Ana rutin sharing tentang edukasi kulit dan kelamin melalui Instagram sebagai kesehariannya di dunia kesehatan. Anda dapat mengakses konten edukasi dari beliau di Instagram-nya.

Keunggulan dan manfaat retinol

Keunggulan dan manfaat retinol

Retinol merupakan turunan sintetis vitamin A yang secara aktif mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Manfaat retinol yang paling umum diketahui adalah untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Cara kerjanya yakni dengan mempercepat regenerasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Berkat khasiat ini, skincare yang mengandung retinol sebagai bahan aktif banyak bermunculan.


Garis halus, keriput, dan flek hitam yang barangkali sudah lama menjadi permasalahan kulit bagi Anda dapat diatasi dengan retinol. Selain itu, retinol juga berperan dalam mengobati jerawat, menghilangkan milia, dan mengatasi hiperpigmentasi. Karena kaya akan manfaat, skincare yang menggunakan retinol banyak diminati dan dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih skincare yang mengandung retinol

Berikut akan kami jelaskan poin-poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum memilih skincare yang menggunakan retinol. Jenis skincare dan tekstur yang tepat berdasarkan tipe kulit juga akan kami bahas di bawah ini. Yuk, simak terus!

Pilih berdasarkan jenisnya

Umumnya, kandungan retinol dapat Anda temukan pada toner, serum, dan moisturizer. Lalu, apa saja peran dari tiap-tiap skincare tersebut? Kami akan menjelaskannya untuk Anda di bawah ini.

Toner: Menyiapkan kulit sebelum rangkaian skincare lainnya

Toner: Menyiapkan kulit sebelum rangkaian skincare lainnya

Toner merupakan produk perawatan kulit yang digunakan setelah mencuci wajah. Setelah membersihkan wajah, kulit terasa lebih kering atau tertarik barangkali sering Anda rasakan. Pada kondisi tersebut, toner akan bekerja untuk mengembalikan hidrasi dan menyeimbangkan pH kulit. 


Di samping menstabilkan kondisi kulit, toner juga mampu membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih menempel. Bisa dikatakan bahwa peran toner adalah menyiapkan kulit sebelum menerima skincare lainnya.

Serum: Membantu mencegah dan mengatasi milia

Serum: Membantu mencegah dan mengatasi milia

Dibandingkan dengan toner dan moisturizer, kandungan retinol di dalam serum memiliki konsentrasi lebih tinggi. Karena itu, serum dapat menjangkau lapisan kulit yang lebih dalam dan dengan lebih cepat daripada skincare lainnya. Untuk hasil terbaik, pastikan Anda melembapkan kulit dengan toner terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan serum.


Untuk Anda yang memiliki masalah milia, serum dengan kandungan retinol dapat membantu mengikisnya agar tekstur kulit lebih halus. Selain itu, pencegahan milia pun dapat dilakukan dengan serum tersebut.


Kami memiliki artikel terpisah yang membahas serum retinol terbaik. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang serum yang mengandung retinol, silakan klik tautan di bawah ini!

Mosturizer: Menjaga kelembapan dan menutrisi kulit

Mosturizer: Menjaga kelembapan dan menutrisi kulit

Retinol juga dapat Anda temukan sebagai kandungan dalam moisturizer. Seperti namanya, jenis skincare ini bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Jika kulit terhindar dari kekeringan, garis-garis halus dan masalah kulit lain tidak mudah muncul. Dengan begitu, kulit selalu tampak sehat dan awet muda. 


Selain itu, kelembapan yang diberikan moisturizer juga bermanfaat untuk mencegah produksi sebum berlebih oleh kulit. Karena itu, baik kulit kering maupun berminyak, keduanya memerlukan moisturizer. Ditambah lagi, moisturizer biasanya dilengkapi dengan bahan lain yang akan menutrisi kulit.

Sesuaikan tekstur dengan jenis kulit

Sesuaikan tekstur dengan jenis kulit

Untuk kulit berminyak cenderung berjerawat, pilihlah skincare dengan tekstur yang lebih encer atau cair. Tekstur encer umumnya lebih cepat meresap dan tidak meninggalkan rasa lengket di kulit. Untuk moisturizer, kami rekomendasikan Anda untuk memilih yang bertekstur lotion karena konsistensinya tidak sekental cream.


Sebaliknya, pemilik kulit kering dapat menggunakan skincare yang konsistensinya lebih padat dan kental. Hal ini dikarenakan kulit kering membutuhkan kelembapan lebih banyak dibandingkan dengan kulit berminyak. Gunakanlah juga moisturizer bertekstur cream saat malam hari sehingga hidrasi kulit tetap terjaga selama Anda beristirahat.

Untuk pemula, pilih konsentrasi retinol yang tidak terlalu tinggi

Untuk pemula, pilih konsentrasi retinol yang tidak terlalu tinggi

Bila Anda masih pemula, mulailah dengan produk berkonsentrasi retinol yang rendah terlebih dahulu. Anda dapat memilih skincare dengan konsentrasi retinol 0,25%–2%


Sebelum menggunakan produk berkandungan retinol, persiapkanlah kulit Anda terlebih dahulu. Bersihkan wajah, aplikasikan toner, dan moisturizer secara rutin beberapa minggu sebelum mulai menggunakan produk berkandungan retinol.


Selain itu, Anda cukup menggunakannya 2–3 kali per minggu sambil melihat adanya tanda reaksi. Hal ini dilakukan karena retinol dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif. Nah, karena kulit menjadi lebih sensitif, Anda wajib menggunakan sunscreen setelahnya. 

Prioritaskan merek lokal karena harganya lebih terjangkau

Prioritaskan merek lokal karena harganya lebih terjangkau

Saat ini, kualitas skincare dari merek lokal rupanya telah mampu menyaingi merek internasional. Beberapa merek lokal pun hadir dengan skincare berbahan aktif retinol seperti SOMETHINC dan Avoskin. Di samping itu, skincare dari merek lokal umumnya dijual dengan harga yang lebih bersahabat.


Telah kami singgung bahwa skincare berkandungan retinol biasanya dijual dengan harga lebih tinggi. Memilih produk lokal akan lebih menguntungkan dari segi harga dan kualitas.


Anda yang baru memulai menggunakan produk berkandungan retinol pun bisa melakukan tips ini. Jadi, apabila timbul iritasi dan pemakaian terpaksa harus dihentikan, Anda tidak banyak mengeluarkan biaya dengan percuma.

10 Rekomendasi skincare terbaik yang mengandung retinol

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk skincare terbaik yang mengandung retinol yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Ana Rahmawati.

10

DeciemThe Ordinary Retinol 0.2% in Squalane

Mulai dari Rp 139.000,00

JenisSerum
Persentase retinol0,2%
TeksturCair
Isi30 ml
Bahan/kandungan lainSqualane, jojoba seed oil (wax), tomato fruit extract, dan rosemary leaf extract
9

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

Mulai dari Rp 75.000,00

JenisSerum
Persentase retinolTidak disebutkan
TeksturGel
Isi15 ml
Bahan/kandungan lainAllantoin, hexapeptide-8, vitamin C, calendula oil, dan olive oil
8

ElsheSkinRetinol Rejuvenating Night Serum

Mulai dari Rp 139.000,00

JenisSerum
Persentase retinol1%
TeksturCair
Isi15 ml dan 30 ml
Bahan/kandungan lainKompleks multipeptida, niacinamide, ekstrak akar manis, hyaluronic acid, dan PHA
7
JenisSerum
Persentase retinol3%
TeksturGel
Isi30 ml
Bahan/kandungan lainAllantoin dan Aloe vera extract
6
JenisToner
Persentase retinolTidak disebutkan
TeksturCair
Isi100 ml dan 250 ml
Bahan/kandungan lainPeptida, jasmine flower/leaf extract, rosemary leaf water, lavender extract, dan kandungan lain
5

Procter & GambleOlay Regenerist Retinol 24 Night Cream

Mulai dari Rp 299.000,00

JenisMoisturizer
Persentase retinolTidak disebutkan
TeksturKrim
Isi50 g
Bahan/kandungan lainNiacinamide dan vitamin B3
4
JenisSerum
Persentase retinol1,5%
TeksturCair
Isi20 ml
Bahan/kandungan lainAllantoin, oatmeal extract, dan vitamin E
3

SOMETHINCLevel 1% Encapsulated Retinol

Mulai dari Rp 155.000,00

JenisSerum
Persentase retinol1%
TeksturCair
Isi5 ml dan 20 ml
Bahan/kandungan lainHyaluronic acid, betaine, allantoin, squalane, dan 4-t-butylcyclohexano
2

Avoskin Miraculous Retinol Toner

Mulai dari Rp 109.000,00

JenisToner
Persentase retinol1%
TeksturGel
Isi20 ml dan 100 ml
Bahan/kandungan lainGreen tea extract, raspberry fruit extract, pomegranate fruit extract, dan kandungan lainnya
1

UnileverPond's Age Miracle Wrinkle Corrector Night Cream

Mulai dari Rp 35.200,00

JenisMoisturizer
Persentase retinolTidak disebutkan
TeksturKrim
Isi10 g dan 50 g
Bahan/kandungan lainNiacinamide, sodium hyaluronate, kolagen

Tabel perbandingan produk skincare terbaik yang mengandung retinol

Gambar produk
1
Unilever Pond's Age Miracle Wrinkle Corrector Night Cream 1

Unilever

2
Avoskin  Miraculous Retinol Toner 1

Avoskin

3
SOMETHINC Level 1% Encapsulated Retinol 1

SOMETHINC

4
Eiem Beauty Actosome Retinol 1,5% 1

Eiem Beauty

5
Procter & Gamble Olay Regenerist Retinol 24 Night Cream 1

Procter & Gamble

6
 Pixi Retinol Tonic 1

Pixi

7
Erto's Retinol Complex Serum High Dose 1

Erto's

8
ElsheSkin Retinol Rejuvenating Night Serum 1

ElsheSkin

9
Scarlett  Skin Smoothing Retinol Serum 1

Scarlett

10
Deciem The Ordinary Retinol 0.2% in Squalane 1

Deciem

Nama produk

Pond's Age Miracle Wrinkle Corrector Night Cream

Miraculous Retinol Toner

Level 1% Encapsulated Retinol

Actosome Retinol 1,5%

Olay Regenerist Retinol 24 Night Cream

Retinol Tonic

Retinol Complex Serum High Dose

Retinol Rejuvenating Night Serum

Skin Smoothing Retinol Serum

The Ordinary Retinol 0.2% in Squalane

Keunggulan

Maksimalkan regenerasi kulit dengan formula retinol dan kolagen

Toner lokal pertama yang menggunakan actosome retinol!

Formulanya bantu mengurangi risiko iritasi pada kulit

Sedang hits di pasaran dengan harga yang murah!

Kulit lebih kenyal setelah tidur semalaman!

Kaya antioksidan untuk lindungi kulit dari dampak lingkungan

Retinol dosis tinggi untuk samarkan tanda penuaan

Lebih gentle pada kulit dengan retinol terenkapsulasi

Menawarkan tambahan allantoin agar kulit lebih shining

Dengan kadar retinol rendah, cocok untuk pemula

Harga mulai dariRp 35.200,00Rp 109.000,00Rp 155.000,00Rp 75.000,00Rp 299.000,00Rp 125.000,00Rp 150.000,00Rp 139.000,00Rp 75.000,00Rp 139.000,00
JenisMoisturizerTonerSerumSerumMoisturizerTonerSerumSerumSerumSerum
Persentase retinolTidak disebutkan1%1%1,5%Tidak disebutkanTidak disebutkan3%1%Tidak disebutkan0,2%
TeksturKrimGelCairCairKrimCairGelCairGelCair
Isi10 g dan 50 g20 ml dan 100 ml5 ml dan 20 ml20 ml50 g100 ml dan 250 ml30 ml15 ml dan 30 ml15 ml30 ml
Bahan/kandungan lainNiacinamide, sodium hyaluronate, kolagenGreen tea extract, raspberry fruit extract, pomegranate fruit extract, dan kandungan lainnyaHyaluronic acid, betaine, allantoin, squalane, dan 4-t-butylcyclohexanoAllantoin, oatmeal extract, dan vitamin ENiacinamide dan vitamin B3Peptida, jasmine flower/leaf extract, rosemary leaf water, lavender extract, dan kandungan lainAllantoin dan Aloe vera extractKompleks multipeptida, niacinamide, ekstrak akar manis, hyaluronic acid, dan PHA Allantoin, hexapeptide-8, vitamin C, calendula oil, dan olive oilSqualane, jojoba seed oil (wax), tomato fruit extract, dan rosemary leaf extract
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar skincare yang mengandung retinol

Pertanyaan umum seputar skincare yang mengandung retinol

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar skincare yang mengandung retinol. Jika Anda masih penasaran dengan skincare retinol, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah retinol cocok untuk kulit sensitif?

Kulit sensitif dapat memakai skincare yang mengandung retinol. Namun, sebaiknya gunakan skincare dengan konsentrasi retinol yang rendah terlebih dahulu.

Seberapa sering skincare yang mengandung retinol bisa digunakan?

Anda bisa menggunakan skincare yang mengandung retinol dengan memperhatikan kebutuhan dan kondisi kulit. Agar aman, mulailah pemakaiannya 1–2 kali dalam seminggu. Jika tidak reaksi negatif dan kulit sudah terbiasa, Anda bisa meningkatkan frekuensi penggunaannya. Kebanyakan orang bisa mengaplikasikan retinol setiap hari.

Baca juga rekomendasi skincare lainnya di sini

Tidak hanya retinol, masih ada bahan-bahan lain yang menyimpan manfaat untuk kesehatan kulit Anda. Oleh sebab itu, kami telah menyiapkan artikel-artikel terkait yang membahas skincare terbaik lainnya. Langsung klik link di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Biaya yang Anda keluarkan untuk membeli skincare berkandungan retinol mungkin cukup tinggi. Namun, biaya tersebut sebanding dengan hasil yang akan Anda dapatkan. Retinol memang menjadi holy grail yang sudah terbukti efektif memperlambat penuaan kulit.


Jika Anda sudah menemukan produk yang dirasa tepat, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen. Pastikan juga kulit telah siap menerima skincare berkandungan retinol. Dengan begitu, kulit akan terlindungi dan Anda akan mendapatkan manfaat retinol secara optimal.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Masker Garnier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Masker Garnier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang rutin merawat kulit tentunya sudah tidak asing dengan produk skincare merek Garnier. Berbagai produk perawatan tubuh dengan harga dan kualitas yang bagus membuat Garnier diminati masyarakat. Salah satu jenis skincare yang menjadi unggulan Garnier adalah masker wajah.Di artikel ini kami akan membahas masker Garnier secara lengkap. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya yang sayang jika Anda lewatkan. Anda bisa menemukan berbagai varian masker Garnier, seperti Serum Mask Bright Complete Bright Up, Lines-smoothing Eye Mask, dan lainnya. Ayo, baca sampai selesai!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori