• 10 Rekomendasi Timbangan Kue yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Timbangan Kue yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Timbangan Kue yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Timbangan Kue yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Timbangan Kue yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Timbangan Kue yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)

Untuk membuat roti dan kue yang sempurna, bahan-bahan harus ditakar dengan tepat. Karena itulah, timbangan adalah perlengkapan wajib yang ada di dapur Anda. Timbangan kue terbagi menjadi dua tipe, digital dan manual. Keakuratan dan jumlah bahan yang bisa ditimbang setiap produk tentunya berbeda.


Nah, kali ini kami akan memberikan tips memilih sekaligus memberi rekomendasi produk yang bagus dengan harga terjangkau. Merek timbangan kue, seperti Camry, Tanita, Krisbow, Kenmaster, Oxone, dan Lion Star ada dalam rekomendasi kami. Tidak ketinggalan, komentar dari cooking influencer, Inov Pelawi, juga akan melengkapi informasi kami.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Inov Pelawi
Lianny Hendrawati
Sashy
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Cooking influencer, Inov Pelawi

Profil pakar: Cooking influencer, Inov Pelawi

Inov adalah seorang ibu rumah tangga dengan dua orang anak. Wanita berumur 36 tahun ini sudah menyukai kegiatan memasak dan baking sejak usia 14 tahun.

Kegemarannya terhadap dunia masak dan baking ini membuatnya sering berbagi resep dan foto makanan di akun Instagram-nya. Selain untuk dokumentasi pribadi, ia berharap bahwa kontennya juga bisa bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi para ibu.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih timbangan kue

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli timbangan kue, seperti kapasitas dan keakuratannya. Berikut ini kami berikan tips memilih timbangan kue yang bagus untuk Anda.

Manual vs Digital? Pilih sesuai kebutuhan Anda

Ada dua jenis timbangan yang digunakan untuk membuat kue, yakni manual atau digital. Mana yang lebih baik? Mana yang lebih mudah digunakan? Keduanya tentu saja memiliki keunggulan masing-masing. Ayo coba simak perbedaan keduanya.

Timbangan manual: Harga lebih ekonomis dan lebih mudah digunakan

Timbangan manual: Harga lebih ekonomis dan lebih mudah digunakan

Timbangan kue manual sering disebut juga dengan timbangan jarum atau analog. Tentu saja timbangan manual ini lebih dahulu ditemukan dibandingkan tipe digital. Dari segi kepraktisannya, timbangan manual jauh lebih praktis karena Anda tidak perlu melakukan banyak pengaturan atau kalibrasi. Bentuk desainnya yang sederhana membuatnya bisa digunakan oleh semua kalangan, baik anak muda maupun orang tua.


Timbangan manual biasanya terbuat dari bahan plastik yang cukup kuat dan aman untuk bahan makanan. Selain itu, harganya lebih ekonomis dan tidak mudah rusak, kecuali jika terjatuh. Namun, banyak anggapan bahwa keakuratan timbangan manual kurang baik, apalagi jika sudah digunakan dalam waktu lama. Intinya, jika Anda mengutamakan kepraktisan dan harga, timbangan manual tetap bisa diandalkan.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Timbangan manual memang terlihat memiliki keunggulan yang lebih sedikit dibandingkan dengan timbangan digital. Meskipun begitu, timbangan manual menjadi pilihan yang pas bagi orang yang tidak paham teknologi. Hal ini karena penggunaannya yang praktis. Anda hanya cukup memasukkan bahan ke dalam wadah saja.  

Timbangan digital: Hasil akhir pengukurannya lebih presisi

Timbangan digital: Hasil akhir pengukurannya lebih presisi

Penggunaan timbangan digital makin populer dari hari ke hari. Generasi baru yang lebih melek teknologi biasanya lebih suka dengan timbangan digital. Selain karena lebih presisi, beberapa timbangan digital juga dilengkapi dengan fitur menarik, misalnya LED, timer, atau fungsi tare.


Adanya lampu LED membantu Anda saat membuat kue di malam hari. Dengan adanya fitur tare, Anda bisa menimbang bahan roti dan kue dengan lebih presisi. Fungsi tare akan membuat timbangan menimbang dari angka 0. 


Berkat itu, timbangan akan mengukur berat bendanya saja, tanpa berat wadahnya. Karena itu fungsi ini pas bila Anda kerap menggunakan wadah ketika menimbang. Kekurangan timbangan digital adalah Anda secara rutin harus mengganti baterai. Selain itu, timbangan ini lebih tidak tahan terhadap benturan.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Untuk profesional baking, timbangan digital menjadi pilihan yang terbaik. Dengan menggunakan timbangan digital, perhitungan biaya produksi bisa dilakukan dengan detail dan lebih tepat.

Perhatikan keakuratan dan kapasitas maksimum timbangan

Perhatikan keakuratan dan kapasitas maksimum timbangan

Kapasitas adalah jumlah bahan maksimal yang bisa Anda timbang dengan hasil yang akurat. Jika wadahnya terlalu penuh, sering kali bahannya tumpah dan menyebabkan timbangannya tidak akurat. Untuk kebutuhan baking rumah tangga, pilih yang kapasitasnya 2–5 kg. Untuk kebutuhan industri, pilihlah kapasitas besar, misalnya 10 kg.


Setiap timbangan juga memiliki keakuratan yang berbeda-beda. Makin akurat timbangan, makin kecil juga kemungkinan terjadi kesalahan pengukuran. Kue yang dihasilkan pun akan lebih sesuai dengan keinginan. 


Apabila menginginkan timbangan yang sangat akurat, pilihlah yang memiliki tingkat ketelitian 1 g hingga 0,1 g. Artinya, berat yang ditampilkan kemungkinan hanya meleset 1–0,1 g dari berat sebenarnya.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Ketika memilih timbangan digital, pilihlah timbangan dengan fitur yang bisa digunakan untuk menyetel berat sampai angka 0. Fitur ini umumnya dinamakan dengan tare function. Tare function adalah fitur untuk menghilangkan berat wadah serta membuat Anda mudah untuk menambahkan berat makanan tambahan lainnya.

Pilih timbangan dengan bobot dan ukuran yang mudah disimpan

Pilih timbangan dengan bobot dan ukuran yang mudah disimpan

Faktor terakhir yang perlu diperhatikan saat memilih timbangan kue adalah ukuran dan bobotnya. Desain timbangan kue manual biasanya lebih besar sehingga makan tempat untuk disimpan. Sementara itu, timbangan digital cenderung lebih simpel, praktis, dan mudah disimpan. Pilihlah timbangan yang sesuai dengan kapasitas penyimpanan di rumah Anda


Selain itu, desain juga memengaruhi kemudahan timbangan saat dibersihkan. Timbangan manual cederung lebih mudah dibersihkan karena bisa dilap dengan kain basah. Sementara itu, timbangan digital ada yang tahan air, ada yang tidak. Anda harus lebih teliti dan hati-hati saat membersihkannya.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Keakuratan dan berat maksimum dari setiap timbangan cukup berbeda. Namun, keakuratan standarnya adalah 0,1 g dan berat maksimumnya sekitar 35 kg. Bila Anda butuh lebih dari itu, cek spesifikasi timbangan sebelum membeli agar sesuai dengan kebutuhan Anda. 


Setelah digunakan, timbangan sebaiknya segera dilap dan dibersihkan. Setelah bersih kembali, jangan tumpuk timbangan dengan benda lain untuk menjaga kualitas tera-nya.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

IDEALIFEDigital Kitchen Scale – 5kg/1gr

IL–211se

Mulai dari Rp 235.000,00

Spesialis
mybest

Vanstar Digital Electronic Kitchen Scale

SF-400

Mulai dari Rp 59.000,00

10 Rekomendasi timbangan kue yang bagus

Sekarang, kami akan memperkenalkan sepuluh produk timbangan kue terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Jangan lupa untuk memilih sesuai kebutuhan Anda, ya! Sebagai tambahan, produk rekomendasi di bawah ini adalah pilihan mybest dan tidak ada hubungannya dengan pakar pada artikel ini.

10
Kapasitas maksimal3 kg
Tingkat akurasiTidak ada keterangan
FiturX
JenisManual
Ukuran20,5 cm x 15,5 cm x 15 cm
9
Kapasitas maksimal5 kg
Tingkat akurasiTidak ada keterangan
FiturX
JenisManual
Ukuran206 mm x 142 mm x 248 mm
8
Kapasitas maksimal5 kg
Tingkat akurasi1 g
FiturFungsi tare, auto power off, LCD
JenisDigital
Ukuran265 mm x 257 mm x 138 mm
7
Kapasitas maksimal5 kg
Tingkat akurasi1 g
FiturFungsi tare, auto power off
JenisDigital
Ukuran192 mm x 170 mm x 24 mm
6
Kapasitas maksimal15 kg
Tingkat akurasiTidak ada keterangan
FiturX
JenisManual
UkuranTidak ada keterangan
5
Kapasitas maksimal5 kg
Tingkat akurasi1 g
FiturFungsi tare, high precision strain gauge sensor
JenisDigital
UkuranTidak ada keterangan
4

OxoneTouch Screen Kitchen Scale Stainless

OX-313N

Mulai dari Rp 305.000,00

Kapasitas maksimal5 kg
Tingkat akurasi1 g
FiturAuto on off, touchscreen button, menimbang cairan (air dan susu), tare
JenisDigital
Ukuran260 mm x 195 mm x 30 mm
3

KrisbowPocket Scale 250gr/0.1gr

KW0600375

Mulai dari Rp 242.000,00

Kapasitas maksimal250 g
Tingkat akurasi0,1 g
FiturFungsi tare, satuan pengukuran gr/oz/ct/gn, LCD display with white backlight, auto power off, overload and low battery indicator
JenisDigital
Ukuran 110 mm x 72 mm x 15 mm
2
Kapasitas maksimal10 kg
Tingkat akurasi1 g
FiturLCD Display
JenisDigital
Ukuran212 mm x 155 mm x 30 mm
1

JoilTimbangan Dapur Digital LED

D7

Mulai dari Rp 170.000,00

Kapasitas maksimal10 kg
Tingkat akurasi1 g
FiturLayar LED, touchscreen, tare
JenisDigital
Ukuran200 mm x 160 mm x 18 mm

Tabel perbandingan produk timbangan kue yang bagus

Gambar produk
1
Joil Timbangan Dapur Digital LED 1

Joil

2
Taffware Digipounds 1

Taffware

3
Krisbow Pocket Scale 250gr/0.1gr 1

Krisbow

4
Oxone Touch Screen Kitchen Scale Stainless 1

Oxone

5
Cyprus Electronic Kitchen Scale 1

Cyprus

6
Hasston  Prohex Timbangan Kue  1

Hasston

7
Tanita Digital Scale 1

Tanita

8
Camry Electronic Kitchen Scale 1

Camry

9
Lion Star Kitchen Scale 5 Kgs 1

Lion Star

10
Kenmaster Timbangan Kue 1

Kenmaster

Nama produk

Timbangan Dapur Digital LED

Digipounds

Pocket Scale 250gr/0.1gr

Touch Screen Kitchen Scale Stainless

Electronic Kitchen Scale

Prohex Timbangan Kue

Digital Scale

Electronic Kitchen Scale

Kitchen Scale 5 Kgs

Timbangan Kue

Keunggulan

Desainnya mewah dan stylish, fiturnya lengkap!

Bisa menimbang banyak, harga tidak membuat kantong tipis!

Lebih mudah dibawa-bawa saat pergi jauh!

Dilengkapi beragam fitur yang memudahkan Anda

Timbangan cantik yang bisa menimbang bahan dengan presisi

Menimbang bahan dalam jumlah banyak sekaligus!

Ukurannya compact, akurasinya tinggi!

Wadah mangkuk mikanya besar, bisa dipakai mencampur bahan

Meskipun manual, keakuratannya cukup baik!

Mudah digunakan dan harganya bersahabat

Harga mulai dariRp 170.000,00Rp 81.900,00Rp 242.000,00Rp 305.000,00Rp 145.000,00Rp 205.645,00Rp 305.000,00Rp 164.000,00Rp 84.000,00Rp 55.000,00
Kapasitas maksimal10 kg10 kg250 g5 kg5 kg 15 kg5 kg5 kg5 kg3 kg
Tingkat akurasi1 g1 g0,1 g1 g1 gTidak ada keterangan1 g1 gTidak ada keteranganTidak ada keterangan
FiturLayar LED, touchscreen, tareLCD DisplayFungsi tare, satuan pengukuran gr/oz/ct/gn, LCD display with white backlight, auto power off, overload and low battery indicatorAuto on off, touchscreen button, menimbang cairan (air dan susu), tareFungsi tare, high precision strain gauge sensorXFungsi tare, auto power offFungsi tare, auto power off, LCDXX
JenisDigitalDigitalDigitalDigitalDigitalManualDigitalDigitalManualManual
Ukuran200 mm x 160 mm x 18 mm212 mm x 155 mm x 30 mm 110 mm x 72 mm x 15 mm260 mm x 195 mm x 30 mmTidak ada keteranganTidak ada keterangan192 mm x 170 mm x 24 mm265 mm x 257 mm x 138 mm206 mm x 142 mm x 248 mm20,5 cm x 15,5 cm x 15 cm
Tautan produk

Baca juga rekomendasi peralatan membuat kue lainnya di sini

Tak hanya timbangan, ada beberapa peralatan lain yang Anda butuhkan untuk membuat kue. Kami sudah pernah membahas berbagai macam mixer, loyang, ataupun oven. Silakan klik tautan di bawah ini agar Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Kesimpulan

Takaran bahan yang tepat adalah langkah awal untuk mendapatkan kue yang lezat sesuai keinginan Anda. Oleh karena itu, penting untuk memilih timbangan yang bisa menimbang bahan dengan presisi. Selain itu, kemudahan penggunaan dan ketahanannya bisa menjadi faktor pertimbangan lainnya.


Apakah Anda sudah mendapatkan timbangan kue yang tepat? Tipe manual atau digital? Semoga artikel ini bisa memberikan Anda referensi dalam memilih, ya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Oven Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Oven Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Oven merupakan peralatan dapur yang sering digunakan untuk membuat kue. Salah satu jenis oven dengan kapasitas besar yang dapat Anda temui di pasaran adalah oven gas. Sesuai namanya, oven gas menggunakan sumber energi panas yang berasal dari gas elpiji. Pada artikel ini, kami akan mengulas tips memilih oven gas terbaik yang dapat Anda beli secara online. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi merk oven gas single dan tanam terbaik untuk dapur pribadi dan usaha rumahan. Oven gas merek Bima Mega, Modena, dan Hock akan kami ulas keunggulannya. Selamat membaca!
    Perlengkapan baking
  • 10 Rekomendasi Cetakan Kue Pukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cetakan Kue Pukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kue pukis merupakan salah satu penganan yang digemari oleh semua kalangan masyarakat. Selain lezat, kue ini juga gampang dibuat sendiri di rumah. Namun, Anda membutuhkan cetakan kue pukis untuk mendapatkan bentuk yang sempurna. Di pasaran, Anda bisa dengan mudah menemukan cetakan kue pukis berbahan teflon, aluminium, hingga kuningan.Dengan banyaknya pilihan, mana yang tepat untuk dipilih? Tak usah khawatir! Kali ini kami akan membagi tips memilih cetakan kue pukis yang bagus. Rekomendasi produk-produk terbaik dari berbagai merek, seperti Suggo dan Signora, juga telah kami siapkan. Harganya pun bervariasi. Yuk, disimak!
    Perlengkapan baking
  • 10 Cetakan Donat Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cetakan Donat Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    Cetakan donat atau doughnut mold adalah alat untuk membantu Anda membuat donat dengan mudah. Meskipun fungsinya sederhana, sebetulnya alat pembuat donat ini tersedia dalam berbagai varian. Sebut saja cetakan donat plastik, cetakan donat panggang, ring cutter donat, dan sebagainya.Pada artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Kami juga akan memberikan tips memilih cetakan donat yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta. Gunakan cetakan yang tepat agar donat buatan Anda tampak cantik!
    Perlengkapan baking
  • 10 Loyang Kue Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Loyang Kue Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Loyang sangat diperlukan untuk membuat kue. Ada beragam loyang dengan fungsinya masing-masing, seperti loyang kue kering atau loyang kue bolu. Bahan pembuatnya pun bermacam-macam, seperti aluminium, silikon, atau kaca. Pada kesempatan ini, kami akan memperkenalkan produk-produk loyang kue yang bagus dari beragam merek. Anda akan menemukan loyang kue antara lain dari Cookshabit, Maxim Bakeware, dan Chefmade. Kami juga akan membagikan cara memilih loyang kue terbaik. Tak ketinggalan kami tampilkan pula rekomendasi dengan kisaran harganya. Mari baca artikel ini untuk mengetahuinya! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Perlengkapan baking
  • 10 Rekomendasi Whisk/Kocokan Telur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Whisk/Kocokan Telur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kocokan telur manual merupakan salah satu perlengkapan dapur yang wajib dimiliki. Meski dewasa ini banyak orang menggunakan mixer elektrik, keberadaan whisk tetap dianggap penting. Whisk mampu memberikan hasil kocokan yang lebih sempurna yang tidak bisa dihasilkan secara otomatis oleh mixer.Kini dijual beragam jenis kocokan telur di pasaran. Ada yang terbuat dari bahan stainless steel, ada pula yang dari silikon. Nah, kali ini kami akan membagi tips memilih kocokan telur yang bagus. Sepuluh rekomendasi whisk terbaik dari berbagai merek, seperti JIB dan BOLDe, juga telah kami siapkan. Yuk, disimak!
    Perlengkapan baking
  • 10 Rekomendasi Gelas Ukur Terbaik untuk di Dapur (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gelas Ukur Terbaik untuk di Dapur (Terbaru Tahun 2022)
    Gelas ukur sering dikaitkan dengan peralatan laboratorium yang dipakai untuk mengukur volume zat kimia. Sebenarnya, hal tersebut tidaklah salah, tetapi di artikel ini kami akan membahas gelas ukur khusus untuk di dapur.Gelas ukur untuk di dapur biasanya terbuat dari stainless atau plastik dengan kapasitas 10 ml, 50 ml, 100 ml, hingga 200 ml. Ada juga beberapa merk terbaik, seperti IKEA, BMW Kitchen Ware, serta Lion Star, yang membuat gelas ukur berkapasitas 400 ml dan 1000 ml. Untuk menemukan gelas ukur yang bagus, Anda sebaiknya menyimak pembahasan berikut ini. 
    Perlengkapan baking
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori