• 10 Rekomendasi Makanan Kura-kura Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Makanan Kura-kura Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Makanan Kura-kura Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Makanan Kura-kura Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Makanan Kura-kura Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Makanan Kura-kura Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Kura-kura merupakan hewan reptilia yang sering dijadikan peliharaan karena memiliki usia yang panjang. Kura-kura terdiri dari berbagai jenis, misalnya kura-kura Brazil dan Ambon. Namun, Anda dapat membaginya menjadi dua kelompok besar, yakni kura-kura air dan kura-kura darat. Kedua jenis kura-kura itu membutuhkan makanan yang berbeda, lho!


Agar Anda tak kebingungan saat mencari makanan kura-kura, kami akan merekomendasikan beberapa makanan kura-kura, seperti Meizu, Mazuri, dan Hokky. Sebelum itu, Anda sebaiknya menyimak poin-poin di bawah ini terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda tahu makanan apa saja yang boleh diberikan kepada kura-kura peliharaan Anda!

  • Pembaharuan terakhir: 28 April 2021
  • 4.298 Views
Daftar isi

Cara memilih makanan kura-kura

Situs e-commerce menyediakan beragam merek makanan kura-kura. Namun, produk mana yang paling bagus untuk diberikan kepada kura-kura peliharaan Anda? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami sudah menyiapkan poin-poin cara memilih makanan kura-kura. Silakan Anda simak setiap poinnya dengan saksama!

Kenali jenis kura-kura yang Anda pelihara terlebih dahulu

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum membeli makanan kura-kura adalah mengenali jenis kura-kura yang Anda pelihara terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa menentukan makanan apa yang paling pas untuk kura-kura peliharaan Anda.

Kura-kura darat, tidak memerlukan banyak protein

Kura-kura darat, tidak memerlukan banyak protein

Kura-kura darat biasanya memiliki tempurung yang agak cembung dan berat. Kura-kura darat dapat dikelompokkan menjadi dua, yakni kura-kura darat wilayah Mediterania dan kura-kura darat wilayah tropis.


Kura-kura Rusia (Agrionemys horsfieldii) dan kura-kura hermani (Testudo hermanni) merupakan contoh kura-kura darat wilayah Mediterania. Kura-kura yang masuk ke dalam kelompok ini hanya memakan tumbuhan (herbivor), seperti sukulen, dandelion, dan bunga sepatu.


Makanan tinggi protein bisa menyebabkan gangguan kesehatan, seperti gagal ginjal. Oleh sebab itu, kura-kura darat wilayah Mediterania sebaiknya tidak diberi makanan yang tinggi protein, seperti daging dan kacang-kacangan. Di samping itu, Anda juga sebaiknya tidak terlalu sering memberikan buah karena bisa menyebabkan diare (jika diberikan terlalu sering).


Kura-kura darat wilayah tropis, seperti kura-kura kaki merah (Chelonoidis carbonarius) dan kura-kura punggung berengsel bell (Kinixys belliana) merupakan omnivor. Jadi, kedua kura-kura ini dapat memakan tumbuhan dan hewan, seperti serangga, siput, dan cacing tanah. 


Di samping itu, kura-kura darat wilayah Mediterania dan kura-kura darat wilayah tropis membutuhkan air dalam jumlah yang cukup. Jadi, Anda harus memastikan kura-kura darat peliharaan Anda menerima air dalam jumlah yang cukup.

Kura-kura air, mayoritas adalah ominvor

Kura-kura air, mayoritas adalah ominvor

Kura-kura air biasanya memiliki tempurung yang tidak terlalu cembung dan kakinya dilengkapi cakar serta selaput untuk berenang. Kura-kura air terdiri dari banyak spesies, kura-kura Brazil (Trachemys scripta elegans), kura-kura Ambon (Cuora amboinensis) dan kura-kura berwarna (Chrysemys picta) adalah contohnya.


Kura-kura air ada yang memakan tumbuhan (herbivor) dan memakan segala (omnivor). Namun, mayoritas kura-kura air adalah pemakan segala. Kura-kura Brazil dan kura-kura berwarna adalah omnivor. Walaupun demikian, jenis makanan yang dikonsumsi oleh kedua jenis kura-kura itu cukup berbeda.


Kura-kura berwarna lebih sering memakan alga, larva capung, dan udang karang. Bagaimana dengan kura-kura Brazil? Hewan ini lebih banyak mengonsumsi sayur, ikan, serangga, dan cacing. Perbedaan jenis makanan tersebut kemungkinan besar dipengaruhi oleh lingkungannya.

Ketahui nutrisi yang dibutuhkan oleh kura-kura

Setelah Anda mengetahui jenis kura-kura yang dipelihara, Anda pun harus mengetahui nutrisi yang dibutuhkan kura-kura. Sebenarnya, kura-kura membutuhkan banyak nutrisi. Namun, ada dua nutrisi yang paling dibutuhkan oleh kura-kura.

Protein, membantu pertumbuhan kura-kura

Protein, membantu pertumbuhan kura-kura

Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh anak kura-kura air. Protein akan membantu pertumbuhan anak kura-kura. Namun, pola makan kura-kura air akan mengalami perubahan seiring bertambahnya usia. Kura-kura air yang sudah mencapai usia dewasa tetap membutuhkan protein, tetapi jumlahnya tidak sebanyak saat mereka masih anak-anak.


Bagaimana dengan kura-kura darat? Kura-kura darat juga membutuhkan protein, tetapi jumlahnya tidak banyak seperti kura-kura air. Kura-kura darat pemakan tumbuhan biasanya mendapatkan protein dari tumbuhan, seperti bayam dan brokoli.


Protein memang bisa membantu pertumbuhan kura-kura. Walaupun demikian, Anda sebaiknya tidak memberikan protein secara berlebihan karena hal itu bisa menyebabkan pyramiding. Pyramiding merupakan sebuah kelainan yang menyebabkan sisik pada cangkang kura-kura naik seperti piramida. Kura-kura yang terlalu banyak mengonsumsi protein juga bisa mengalami masalah lain, seperti gangguan hati dan ginjal.

Kalsium, baik untuk cangkang kura-kura

Kalsium, baik untuk cangkang kura-kura

Kura-kura darat dan kura-kura air juga membutuhkan kalsium, lho! Kalsium membantu menjaga kesehatan tulang dan juga membantu pertumbuhan tempurung kura-kura. Kalsium tidak hanya baik untuk tulang dan tempurung kura-kura, tetapi juga baik untuk telur kura-kura. Oleh sebab itu, Anda harus memberikan kalsium dalam jumlah yang cukup kepada kura-kura peliharaan Anda.


Dandelion dan tulang sotong merupakan beberapa jenis makanan yang bisa menjadi sumber kalsium bagi kura-kura. Selain itu, ikan juga bisa menjadi makanan sumber protein bagi kura-kura air omnivor. Namun, Anda harus memastikan ikan tersebut dimakan secara utuh.

Hindari memberikan makanan ini pada kura-kura

Beberapa jenis kura-kura merupakan omnivor. Meskipun demikian, Anda sebaiknya tidak memberikan beberapa makanan ini kepada kura-kura peliharaan Anda. 

Jamur, sulit dicerna oleh kura-kura

Jamur, sulit dicerna oleh kura-kura

Jamur merupakan salah satu jenis makanan yang bisa ditemukan dengan mudah. Namun, jamur termasuk makanan yang harus dihindari oleh kura-kura karena sulit dicerna. Selain itu, beberapa jenis jamur juga bisa memberikan efek yang buruk bagi kura-kura. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya tidak memberikan jamur pada kura-kura peliharaan Anda.

Makanan mengandung gula, tidak baik untuk usus kura-kura

Makanan mengandung gula, tidak baik untuk usus kura-kura

Usus kura-kura hanya bisa mencerna gula dalam jumlah kecil. Karena itu, makanan yang mengandung gula, contohnya kue, sebaiknya tidak diberikan kepada kura-kura. Anda mungkin bertanya, bagaimana dengan buah-buahan?


Buah-buahan merupakan salah satu makanan yang mengandung gula. Dalam konteks ini, Anda bisa memberikan buah kepada kura-kura peliharaan Anda. Akan tetapi, Anda sebaiknya memberikan buah dalam jumlah kecil dan sesekali saja (misalnya satu bulan sekali). Terlalu banyak memberikan buah bisa memberikan efek lain terhadap kura-kura.

10 Rekomendasi makanan kura-kura terbaik

Poin-poin yang harus diperhatikan saat memilih makanan kura-kura ternyata cukup banyak. Walaupun demikian, Anda tidak perlu bingung karena kami sudah menyiapkan rekomendasi makanan kura-kura terbaik untuk Anda. Silakan Anda lihat satu per satu dan pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan kura-kura peliharaan Anda.

10
Jumlah protein35%
Mengandung kalsiumYa
Direkomendasikan untukKura-kura air
Isi100 gram
9
Jumlah protein44%
Mengandung kalsiumYa
Direkomendasikan untukKura-kura air
Isi25 gram
8
Jumlah protein40%
Mengandung kalsiumTidak disebutkan
Direkomendasikan untukKura-kura air
Isi240 gram
7

JKK Tortoise Stick Vegetables & Fruits

Mulai dari Rp 128.000,00

Jumlah protein17%
Mengandung kalsiumYa
Direkomendasikan untukKura-kura darat herbivor
Isi500 gram
6
Jumlah protein20%
Mengandung kalsiumYa
Direkomendasikan untukKura-kura darat
Isi1,36 kg
5
Jumlah protein15%
Mengandung kalsiumYa
Direkomendasikan untukKura-kura darat
Isi150 gram
4
Jumlah protein18%
Mengandung kalsiumTidak disebutkan
Direkomendasikan untukKura-kura darat
Isi1 kg
3
Jumlah protein40%
Mengandung kalsiumYa
Direkomendasikan untukKura-kura air
Isi500 gram
2
Jumlah protein35%
Mengandung kalsiumYa
Direkomendasikan untukKura-kura air
Isi39 gram
1
Jumlah protein20%
Mengandung kalsiumYa
Direkomendasikan untukKura-kura darat omnivora, anak kura-kura darat, kura-kura box, dan kura-kura wood
Isi150 gram

Tabel perbandingan produk makanan kura-kura terbaik

Gambar produk
1
Mazuri Small Tortoise Diet LS 1

Mazuri

2
SANYU Turtle Stick 1

SANYU

3
Mazuri Aquatic Turtle Diet 1

Mazuri

4
MEIZU Tortoise Food 1

MEIZU

5
Mazuri Tortoise Diet 1

Mazuri

6
iTEKU Tortoise Daily Food 1

iTEKU

7
JKK  Tortoise Stick Vegetables & Fruits 1

JKK

8
Bisfood Morning Sun Turtle 1

Bisfood

9
Tetra Gammarus 1

Tetra

10
JAPFA HOKKY Turtle Food 1

JAPFA

Nama produk

Small Tortoise Diet LS

Turtle Stick

Aquatic Turtle Diet

Tortoise Food

Tortoise Diet

Tortoise Daily Food

Tortoise Stick Vegetables & Fruits

Morning Sun Turtle

Gammarus

HOKKY Turtle Food

Keunggulan

Ukurannya kecil, cocok untuk kura-kura bertubuh kecil

Tingkatkan pertumbuhan kura-kura dengan pakan bernutrisi lengkap

Bingung mencari makanan kura-kura air karnivor? Coba lirik produk ini!

Bisa diberikan langsung atau diolah terlebih dahulu

Pakan ini tidak menggunakan pewarna buatan!

Vitamin dan mineralnya diklaim bisa melindungi kura-kura dari penyakit

Dibuat dari sayur dan buah, cocok untuk kura-kura darat herbivor

Jaga kesehatan tulang kura-kura dengan vitamin D3

Dibuat dari gammarus utuh yang kaya akan protein dan vitamin A

Ekstra kalsiumnya baik untuk struktur cangkang

Harga mulai dariRp 50.000,00Rp 12.000,00Rp 150.000,00Rp 150.000,00Rp 45.000,00Rp 375.000,00Rp 128.000,00Rp 62.000,00Rp 79.000,00Rp 10.000,00
Jumlah protein20%35%40%18%15%20%17%40%44%35%
Mengandung kalsiumYaYaYaTidak disebutkanYaYaYaTidak disebutkanYaYa
Direkomendasikan untukKura-kura darat omnivora, anak kura-kura darat, kura-kura box, dan kura-kura woodKura-kura airKura-kura airKura-kura daratKura-kura daratKura-kura daratKura-kura darat herbivorKura-kura airKura-kura airKura-kura air
Isi150 gram39 gram500 gram1 kg150 gram1,36 kg500 gram240 gram25 gram100 gram
Tautan produk

Tips memberi makan kura-kura

Kura-kura memang bisa diberi makan pelet. Biarpun begitu, Anda sebaiknya tidak mengandalkan pelet sebagai makanan primer kura-kura karena hewan ini juga memerlukan variasi makanan.


Apabila Anda kebingungan mengenai jenis makanan apa saja yang sebaiknya diberikan kepada kura-kura, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan. Dengan demikian, Anda jadi tahu makanan apa saja yang boleh diberikan dan tidak boleh diberikan kepada kura-kura.


Pelet yang dijual di toko online memang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi kura-kura peliharaan Anda. Akan tetapi, kura-kura yang diberi makan pelet setiap hari mungkin akan mengalami kebosanan dan akhirnya malas makan. Untuk mencegah hal itu, Anda bisa mencoba tips berikut ini. 

Berikan makanan segar selain pelet

Berikan makanan segar selain pelet

Pelet mengandung protein dan kalsium yang dibutuhkan oleh kura-kura. Walaupun demikian, Anda tetap harus memberikan makanan segar selain pelet. Jenis makanan segar yang diberikan harus disesuaikan dengan jenis kura-kura yang Anda pelihara.


Kura-kura yang masuk ke dalam golongan omnivor harus diberi sayuran dan makanan hewani, seperti ikan, cacing, atau siput. Namun, jika kura-kura peliharaan Anda masuk ke dalam golongan herbivor, berilah sayuran berdaun hijau.


Pakcoy, kubis, brokoli, dan bayam merupakan beberapa jenis sayuran yang bisa diberikan kepada kura-kura. Selain itu, Anda juga bisa memberikan jagung dan paprika kepada kura-kura di rumah.


Memberikan beragam makanan akan membuat kura-kura mendapatkan beragam nutrisi. Di samping itu, memberikan makanan yang bervariasi juga bisa mendorong kura-kura untuk makan. 

Perhatikan jadwal makan kura-kura

Perhatikan jadwal makan kura-kura

Kura-kura biasanya akan makan saat lapar. Jadi, pastikan Anda tahu jadwal makan kura-kura peliharaan Anda. Kura-kura yang masih kecil (usia satu tahun ke bawah) memiliki jadwal makan yang berbeda dengan kura-kura dewasa (usia lima tahun ke atas). 


Anak kura-kura biasanya makan setiap hari. Oleh sebab itu, Anda harus memberikan makanan yang cukup setiap hari bagi anak kura-kura peliharaan Anda. Kura-kura dewasa muda sebaiknya diberikan makan setiap dua hari sekali. Kura-kura yang usianya di atas lima tahun bisa diberikan makan setiap tiga hari sekali.

Baca juga rekomendasi makanan hewan lainnya di sini

Pembahasan kami di artikel ini memang fokus pada makanan kura-kura. Namun, Anda yang memelihara hewan lain, seperti ikan, hamster, dan kucing tidak perlu khawatir. Kami sudah menyiapkan rekomendasi makanan hewan lainnya di bawah ini. 

Kesimpulan

Memelihara kura-kura ternyata tidak semudah yang dibayangkan, ya! Anda harus tahu jenis kura-kura yang dipelihara terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga harus mengetahui makanan apa saja yang cocok dan tidak cocok untuk kura-kura peliharaan Anda. 


Di pihak lain, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum membeli makanan kura-kura. Semoga pembahasan cara memilih makanan kura-kura dan rekomendasi produk dari kami bisa membantu Anda menemukan makanan kura-kura yang tepat.

Artikel terkait

  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Kucing, seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merk banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merk tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
    400.646 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Landak adalah hewan omnivora yang tidak bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri sehingga membutuhkan makanan berprotein tinggi untuk membantu menyesuaikan suhu tubuhnya. Beberapa orang sering memberi makan landak dengan makanan kucing. Namun, sebaiknya Anda memberikan makanan khusus landak sebagai makanan pokok.Makanan landak tentu dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan nutrisinya. Jika Anda bingung dalam memilihnya, ada beberapa produk yang terkenal, seperti merek Mazuri dan Star Pets. Kali ini kami akan merekomendasikan makanan landak terbaik, cara memilihnya, serta solusi jika landak mogok makan. Simak, ya!
    Makanan hewan
    33.167 Views
  • 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Anjing membutuhkan susu untuk memenuhi nutrisi, cairan, dan menjaga kesehatannya. Namun, tidak sembarang susu bisa diberikan pada anjing, apalagi jika susunya mengandung laktosa yang dikhawatirkan dapat menyebabkan diare. Ada banyak jenis susu untuk anjing, mulai dari merk lokal hingga impor, seperti Royal Canin atau Ameri Pro.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk susu yang bagus untuk anjing, baik untuk anjing yang baru lahir sampai yang sudah tua. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, simak sampai tuntas, yuk!
    Makanan hewan
    106.871 Views
  • 10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Wet food untuk kucing adalah makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar dan memiliki kandungan air lebih dari 60%. Wet food biasanya memiliki tekstur lembut dan berair sehingga mudah dimakan. Beberapa merek bahkan memakai bahan utama yang berkelas dan grain free.Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan rekomendasi makanan basah terbaik untuk kucing. Ada merek Royal Canin, Whiskas, Friskies, hingga Fancy Feast. Poin berikut ini bisa dijadikan acuan sebelum memilih makanan kucing tipe basah yang bagus. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, untuk menambah wawasan.
    Makanan hewan
    196.579 Views
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing yang bagus adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Dalam penulisan artikel ini, kami berkolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Makanan hewan
    187.070 Views
  • 10 Makanan Ikan Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Ikan Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Memelihara ikan merupakan hobi yang menyenangkan dan menenangkan untuk sebagian orang. Saat memelihara ikan, penting untuk memberi makanan yang sesuai dengan kebutuhan ikan. Pemberian nutrisi yang tepat akan membuat ikan tumbuh sesuai dengan yang Anda inginkan. Namun, makanan ikan seperti apa yang bagus dan tepat untuk ikan Anda?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih makanan ikan untuk peliharaan Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi berbagai makanan ikan terbaik dari merek ternama, seperti Tetra, Ocean Nutrition, Hikari, dan lainnya. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Doel. Selamat membaca!
    Makanan hewan
    36.657 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Makanan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Hamster merupakan salah satu hewan pengerat berukuran kecil yang banyak dipelihara karena lucu dan menggemaskan. Selain itu, bulunya pun lembut dan memiliki warna yang indah. Hamster yang hidup di alam liar biasanya memakan biji-bijian, rumput, dan serangga.Bagaimana dengan hamster yang dipelihara di rumah? Anda bisa memberinya sayuran dan buah-buahan. Namun, Anda juga bisa memberikan makanan hamster kemasan, seperti dari merk Original Nex, Hartz, dan Vitakraft. Produk seperti apa yang paling bagus untuk hewan kesayangan Anda? Sebelum membeli, simaklah tips cara memilih dan review makanan hamster terbaik di bawah ini!
    Makanan hewan
    9.645 Views
  • 10 Makanan Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa orang lebih memilih burung untuk dijadikan hewan peliharaan karena burung memiliki bulu yang indah dan suara yang merdu. Kenari, parkit, dan perkutut merupakan beberapa jenis burung yang banyak dipelihara orang.Nutrisi apa saja yang harus ada di dalam makanan burung? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami telah menyiapkan poin-poin cara memilih makanan burung terbaik. Kami juga menyiapkan beberapa merek makanan burung yang bagus, seperti Vitakraft, ZuPreem, dan Fancy di bagian rekomendasi. Simak juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Doel. Baca sampai akhir, ya!
    Makanan hewan
    2.099 Views
  • 10 Snack Anjing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Snack Anjing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Bingung karena anjing poodle kesayangan Anda mogok makan? Bisa jadi anak bulu Anda bosan dengan makanan utamanya, lho! Anda bisa menyelingi makanan utama dengan snack setelah anjing menginjak usia 2 bulan. Pemberian snack juga bisa memberi tambahan nutrisi atau dijadikan reward setelah melakukan trick.Kami akan membagikan tips memilih snack anjing terbaik. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek snack anjing yang bagus, seperti Pedigree, Prama, dan Happi Doggy. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, dr. Doel, untuk menambah wawasan Anda. Ayo temukan snack yang cocok untuk anjing Anda!
    Makanan hewan
    1.287 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Ikan Cupang Terbaik (Terbaru 2021)
    10 Rekomendasi Makanan Ikan Cupang Terbaik (Terbaru 2021)
    Bila Anda mencari ikan hias yang mudah dirawat, ikan cupang tentu menarik untuk dipilih. Selain mudah Anda dapatkan di mana-mana, cara merawat ikannya pun mudah. Kini banyak produk perawatan ikan cupang yang beredar di pasaran, salah satunya adalah makanan.Memilih makanan yang tepat dapat membantu ikan cepat besar atau berubah warna. Dengan banyaknya pilihan produk, Anda mungkin kesulitan memilih pakan yang bagus bagi ikan cupang Anda. Tak perlu khawatir, dalam artikel ini kami merekomendasikan berbagai merek pakan ikan cupang, seperti Hikari sampai Tetra. Jadi, simak sampai habis, ya! 
    Makanan hewan
    74 Views
  • Artikel populer

  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Kucing, seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merk banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merk tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
    400.560 Views
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
    256.264 Views
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing yang bagus adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Dalam penulisan artikel ini, kami berkolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Makanan hewan
    187.000 Views
  • 10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Wet food untuk kucing adalah makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar dan memiliki kandungan air lebih dari 60%. Wet food biasanya memiliki tekstur lembut dan berair sehingga mudah dimakan. Beberapa merek bahkan memakai bahan utama yang berkelas dan grain free.Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan rekomendasi makanan basah terbaik untuk kucing. Ada merek Royal Canin, Whiskas, Friskies, hingga Fancy Feast. Poin berikut ini bisa dijadikan acuan sebelum memilih makanan kucing tipe basah yang bagus. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, untuk menambah wawasan.
    Makanan hewan
    196.520 Views
  • 10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Ayam merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara karena telur dan dagingnya bisa dikonsumsi serta diperjualbelikan. Untuk mendapatkan telur dan daging yang berkualitas, Anda harus memperhatikan pakan yang diberikan. Apabila hal ini tidak diperhatikan dengan baik, kualitas telur dan daging ayam yang dihasilkan tidak akan maksimal.Kali ini kami akan berbagi informasi seputar cara memilih pakan ayam yang bagus. Kami juga merekomendasikan beberapa produk pakan ayam dari merek seperti Comfeed, Egg Pro, dan Hi-Pro-Vite. Simak juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Doel, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Makanan hewan
    39.943 Views
  • 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Anjing membutuhkan susu untuk memenuhi nutrisi, cairan, dan menjaga kesehatannya. Namun, tidak sembarang susu bisa diberikan pada anjing, apalagi jika susunya mengandung laktosa yang dikhawatirkan dapat menyebabkan diare. Ada banyak jenis susu untuk anjing, mulai dari merk lokal hingga impor, seperti Royal Canin atau Ameri Pro.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk susu yang bagus untuk anjing, baik untuk anjing yang baru lahir sampai yang sudah tua. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, simak sampai tuntas, yuk!
    Makanan hewan
    106.841 Views
  • 10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Snack kucing merupakan makanan ringan untuk kucing yang dikonsumsi disela-sela makanan utama. Seperti halnya makanan utama, snack ini juga mengandung nutrisi penunjang kesehatan untuk kucing kesayangan Anda. Disamping memenuhi kebutuhan nutrisi, pemberian snack juga sebagai selingan agar kucing tidak bosan dengan makan utamanya.Snack kucing saat ini hadir dengan beragam rasa dan manfaat. Kami akan memberi tips serta ulasan snack kucing terbaik, seperti Friskies, MeO, dan lainnya. Kami juga berkolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, dalam penulisan artikel ini. Penasaran? Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makanan hewan
    83.673 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori