• 10 Roti Gandum Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Roti Gandum Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Roti Gandum Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Roti Gandum Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Roti Gandum Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Roti Gandum Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Anda yang peduli terhadap kesehatan tentu sudah tidak asing lagi dengan roti gandum. Roti gandum baik dikonsumsi ketika asam lambung sedang naik. Selain itu, roti gandum juga memiliki kalori yang rendah sehingga sering dijadikan pilihan oleh orang-orang yang sedang diet.


Apakah saat ini Anda sedang mencari roti gandum? Anda berada di artikel yang tepat. Kami akan membahas rekomendasi dari beberapa merk roti gandum yang bagus, seperti Sari Roti, MyRoti, dan sourdough. Sebelumnya, bacalah dahulu beberapa poin untuk diperhatikan dalam memilih roti gandum. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Manfaat roti gandum untuk kesehatan

Manfaat roti gandum untuk kesehatan

Roti gandum menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Kandungan vitamin B dan serat dalam roti gandum lebih tinggi dibandingkan roti biasa. Oleh karena itu, mengonsumsi roti gandum baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung, strok, diabetes, dan gangguan pencernaan.


Roti yang terbuat dari gandum utuh akan diproses lebih lambat di dalam pencernaan sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Itulah sebabnya roti gandum disarankan untuk Anda yang sedang diet. Ditambah lagi, kalori di dalam roti gandum tergolong rendah. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ketika mengonsumsinya lebih banyak.


Meskipun demikian, siapa pun bisa mengonsumsi roti gandum, baik itu anak-anak, orang dewasa, maupun ibu hamil. Tidak perlu ragu lagi, konsumsilah roti gandum setiap hari untuk memenuhi nutrisi harian tubuh Anda.

Cara memilih roti gandum

Dari banyaknya roti gandum yang dijual di pasaran, Anda harus lebih jeli dalam memilih. Supaya mendapatkan roti gandum yang sesuai dengan kebutuhan, berikut ini panduan dalam memilihnya.

Pastikan kandungan gandum lebih banyak

Pastikan kandungan gandum lebih banyak

Roti gandum ada yang terbuat dari 100% gandum utuh, tetapi ada pula yang sudah dicampur dengan bahan lainnya. Kami menyarankan Anda untuk memilih roti gandum yang terbuat dari 100% gandum utuh karena manfaatnya lebih baik untuk kesehatan.


Akan tetapi, jika tidak memungkinkan, pilihlah roti gandum yang kandungan gandumnya lebih banyak. Jadi, manfaat roti gandum tetap bisa Anda rasakan.

Perhatikan komposisi bahan dan kandungan nutrisi

Perhatikan komposisi bahan dan kandungan nutrisi

Biasakan untuk melihat komposisi bahan yang dipakai untuk membuat sebuah roti, begitu pula roti gandum. Sebisa mungkin, hindari kandungan bahan kimia yang bisa mengurangi manfaat dari roti gandum.


Selain itu, dengan melihat komposisi, Anda juga bisa mengetahui kandungan gizi yang terdapat dalam sepotong roti gandum. Perhatikan kalori dan kandungan sodium di dalamnya. Total nutrisi yang disarankan dalam sepotong roti gandum adalah 100 kalori dan 225 mg sodium. Selain itu, pastikan roti gandum mengandung paling tidak 2 gram serat.

Perhatikan kandungan gula tambahan

Perhatikan kandungan gula tambahan

Penambahan gula dalam roti gandum memang bisa membuat roti lebih manis dan nikmat. Selain itu, tambahan gula juga bisa memperlambat hilangnya kelembapan roti sehingga roti tidak cepat basi. Namun, bagi Anda yang memiliki risiko diabetes, pilihlah roti gandum yang kandungan gula tambahannya lebih rendah.


Meskipun demikian, Anda yang tidak memiliki masalah dengan gula tetap harus memperhatikan konsumsi gula harian Anda. Umumnya, jumlah gula yang terkandung dalam sepotong roti adalah 2–6 gram. Jadi, supaya tetap sehat dan kadar gula terkontrol, carilah roti yang kandungan gulanya tidak melebihi batas tersebut.

Perhatikan tekstur rotinya

Perhatikan tekstur rotinya

Pada dasarnya, roti gandum memiliki tekstur yang lebih kasar dan lebih berserat dibandingkan roti putih biasa. Bila Anda menemukan roti gandum yang sedikit lembut dan empuk, biasanya komposisinya sudah ditambahkan dengan bahan lainnya. Sementara itu, roti gandum utuh teksturnya lebih kasar dan padat. Jadi, jika Anda ingin memastikan kualitas roti gandum, bisa dengan memperhatikan tekstur atau menekan rotinya.

Pertimbangkan jenis sourdough demi kesehatan pencernaan

Pertimbangkan jenis sourdough demi kesehatan pencernaan

Sourdough adalah roti yang terbuat dari ragi yang difermentasikan secara alami menggunakan tepung dan air. Kandungan probiotik di dalam sourdough jauh lebih aman bagi pencernaan.


Itulah sebabnya roti sourdough jauh lebih aman bagi kesehatan dibandingkan roti jenis lainnya. Akan tetapi, roti sourdough cenderung tidak begitu awet disimpan terlalu lama. Selain itu, rasanya juga sedikit asam jadi mungkin kurang sesuai dengan selera semua orang.

10 Rekomendasi roti gandum terbaik

Anda sudah membaca beberapa poin penting dalam memilih roti gandum. Berikut ini adalah sepuluh roti gandum terbaik pilihan kami. Semoga salah satunya adalah roti gandum yang Anda sukai.

10

Nippon Indosari CorpindoSari Roti - Roti Tawar Gandum

Mulai dari Rp 18.500,00

KomposisiTepung gandum (55,64 %), air, gula pasir, lemak reroti
Kandungan nutrisiLemak 3,5 g, lemak jenuh 2 g, natrium 290 mg
9

Yamazaki BakingMyRoti - Roti Tawar Gandum Kupas

Mulai dari Rp 15.500,00

KomposisiTepung terigu (39,62%), tepung gandum, gula pasir, margarin, ragi, garam, pengemulsi nabati, whey bubuk, pengawet kalsium propionat
Kandungan nutrisiLemak jenuh 4 g, protein 9 g, serat pangan 6 g, gula 5 g, natrium 300 mg
8

Diana BakeryRoti Gandum Sosis Oregano

Mulai dari Rp 10.000,00

KomposisiTidak ada keterangan
Kandungan nutrisiTidak ada keterangan
7

Fun GourmetRoti Wholemeal Wholewheat

Mulai dari Rp 19.000,00

KomposisiGandum
Kandungan nutrisiVitamin, protein, serat
6

Bakers Hill BakeryWholesome Wheat

Mulai dari Rp 25.900,00

KomposisiTepung terigu, kulit gandum, malt tepung gandum, sari malt jelai, sourdough kering, margarin, bubuk susu, gula, pengemulsi nabati
Kandungan nutrisiTidak ada keterangan
5

Roti Gandum Non Protein Hewani

Mulai dari Rp 26.000,00

KomposisiTidak ada keterangan
Kandungan nutrisiTidak ada keterangan
4

GOGI IndonesiaBurger Wholemeal Bun

Mulai dari Rp 20.000,00

KomposisiTidak ada keterangan
Kandungan nutrisiTidak ada keterangan
3
KomposisiTepung gandum utuh, ragi, garam
Kandungan nutrisiTidak ada keterangan
2

The Living BreadSourdough Whole Wheat

Mulai dari Rp 30.000,00

KomposisiTepung gandum utuh, sourdough, gula palem, minyak kedelai
Kandungan nutrisiTidak ada keterangan
1

Yamazaki BakingMy Roti - Roti Tawar Funwari Gandum

Mulai dari Rp 15.500,00

KomposisiTepung terigu (42,8 %), tepung gandum, gula pasir, margarin, ragi, garam, pengemulsi nabati
Kandungan nutrisiLemak jenuh 1,5 g, protein 8 g, serat 7 g, gula 6 g, sodium 370 g

Tabel perbandingan produk roti gandum terbaik

Gambar produk
1
Yamazaki Baking My Roti - Roti Tawar Funwari Gandum 1

Yamazaki Baking

2
The Living Bread Sourdough Whole Wheat 1

The Living Bread

3
Letusee Pita Bread Whole Wheat 1

Letusee

4
GOGI Indonesia Burger Wholemeal Bun 1

GOGI Indonesia

5
Roti Gandum Non Protein Hewani 1

6
Bakers Hill Bakery Wholesome Wheat  1

Bakers Hill Bakery

7
Fun Gourmet Roti Wholemeal Wholewheat 1

Fun Gourmet

8
Diana Bakery Roti Gandum Sosis Oregano 1

Diana Bakery

9
Yamazaki Baking MyRoti - Roti Tawar Gandum Kupas 1

Yamazaki Baking

10
Nippon Indosari Corpindo Sari Roti - Roti Tawar Gandum 1

Nippon Indosari Corpindo

Nama produk

My Roti - Roti Tawar Funwari Gandum

Sourdough Whole Wheat

Pita Bread Whole Wheat

Burger Wholemeal Bun

Roti Gandum Non Protein Hewani

Wholesome Wheat

Roti Wholemeal Wholewheat

Roti Gandum Sosis Oregano

MyRoti - Roti Tawar Gandum Kupas

Sari Roti - Roti Tawar Gandum

Keunggulan

Lembut hingga ke lapisan kulit

Lebih sehat dengan ragi alami

Kreasikan aneka salad ala Timur Tengah

Burger sehat kaya serat

Roti vegan bebas telur dan susu

Tanpa bahan pengawet, aman dinikmati siapa pun

Nikmati dengan aneka selai dan isian

Gurih dan lezat dengan sosis

Tanpa pinggiran, makin nikmat dimakan

Tekstur kasar, tetapi lembut dikunyah

Harga mulai dariRp 15.500,00Rp 30.000,00Rp 35.000,00Rp 20.000,00Rp 26.000,00Rp 25.900,00Rp 19.000,00Rp 10.000,00Rp 15.500,00Rp 18.500,00
KomposisiTepung terigu (42,8 %), tepung gandum, gula pasir, margarin, ragi, garam, pengemulsi nabatiTepung gandum utuh, sourdough, gula palem, minyak kedelaiTepung gandum utuh, ragi, garamTidak ada keteranganTidak ada keteranganTepung terigu, kulit gandum, malt tepung gandum, sari malt jelai, sourdough kering, margarin, bubuk susu, gula, pengemulsi nabatiGandumTidak ada keteranganTepung terigu (39,62%), tepung gandum, gula pasir, margarin, ragi, garam, pengemulsi nabati, whey bubuk, pengawet kalsium propionatTepung gandum (55,64 %), air, gula pasir, lemak reroti
Kandungan nutrisiLemak jenuh 1,5 g, protein 8 g, serat 7 g, gula 6 g, sodium 370 gTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganVitamin, protein, seratTidak ada keteranganLemak jenuh 4 g, protein 9 g, serat pangan 6 g, gula 5 g, natrium 300 mgLemak 3,5 g, lemak jenuh 2 g, natrium 290 mg
Tautan produk

Ciri roti gandum berkualitas

Ciri roti gandum berkualitas

Supaya Anda mendapatkan manfaat yang baik dari roti gandum, pastikan roti yang Anda konsumsi dalam kualitas baik. Ciri-ciri roti gandum yang berkualitas adalah memiliki pori-pori di permukaan roti. Memang tidak ada standarisasi pori-pori roti, tetapi umumnya pori-pori roti bentuknya seragam dan tidak ada bercak gelap atau garis-garis.


Anda harus waspada bila mendapati roti gandum dengan bercak gelap karena bisa jadi roti tersebut sudah berjamur. Selain itu, aroma roti gandum yang baik adalah menguarkan wangi biji-bijian yang khas atau wangi roti. Bila Anda mendapati roti yang berbau tidak sedap, roti itu sudah tidak layak dikonsumsi lagi karena sudah kedaluwarsa.

Baca juga rekomendasi produk camilan gandum lainnya di sini

Selain roti gandum, ada berbagai produk camilan gandum lainnya yang bisa Anda coba. Kami telah mengulas rekomendasi produk, seperti snack gandum, biskuit gandum, dan sereal gandum. Klik tautan di bawah ini dan temukan camilan gandum favorit Anda.

Kesimpulan

Anda telah mengetahui manfaat roti gandum untuk kesehatan. Kami menyarankan untuk mengonsumsi roti gandum sesuai dengan porsi dan kebutuhan nutrisi harian. Dengan demikian, manfaat baiknya tetap bisa didapatkan. Selain itu, jangan lupa mengecek tanggal kedaluwarsa roti gandum yang akan dikonsumsi.


Kami telah mengulas rekomendasi roti gandum terbaik yang bisa dipilih. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda untuk mencari roti gandum yang sesuai kebutuhan. Selamat menikmati roti gandum yang lezat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kue Ulang Tahun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kue Ulang Tahun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu makanan yang tak boleh dilewatkan saat ulang tahun adalah kue tart. Kue tart coklat, black forest, hingga bolu cheese cake sudah pasti disukai semua orang. Meski begitu, ada juga "kue ulang tahun" kekinian yang terbuat dari makanan savory, seperti tumpeng dan sushi!Kali ini kami akan berbagi tips memilih kue ulang tahun untuk anak hingga orang dewasa. Tak ketinggalan ada berbagai merek kue terbaik dalam rekomendasi kami, seperti Colette Lola, The Harvest, dan UNION. Pilihlah kue ulang tahun yang enak sekaligus harganya pas di kantong!
    Roti & kue
  • 10 Pelembut Roti dan Kue yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pelembut Roti dan Kue yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk membuat roti yang enak, lembut, dan bervolume, Anda memerlukan pelembut roti. Ada beberapa jenis pelembut roti yang bisa digunakan, antara lain bread improver, softener, shortening, dan cake emulsifier. Berbekal pelembut roti, Anda bisa membuat roti sobek, donat, dan berbagai roti manis lainnya.Kali ini kami akan mengulas rekomendasi pelembut roti dan kue untuk keperluan rumah tangga dan industri bakery. Anda akan menemukan beberapa merek pelembut roti yang bagus, seperti Bakerine Plus, Koepoe Koepoe, Ibis, dan Angel. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Yuk, simak artikelnya!
    Roti & kue
  • 10 Rekomendasi Meses Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Meses Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meses atau hagel adalah salah satu topping yang sangat populer di kalangan penggemar makanan manis. Meses biasa dihidangkan bersama roti tawar, dibuat taburan donat, atau dijadikan isian crepes dan martabak manis. Tak hanya disajikan bersama makanan, meses juga bisa dinikmati bersama es krim atau aneka float.Apakah Anda tahu meses seperti apa yang bagus dan pas untuk makanan Anda? Dalam artikel ini kami akan membantu Anda menemukan merek meses yang enak, seperti Ceres, Holland, dan Tulip. Di akhir artikel, kami juga akan membagikan tips menyimpan meses. Langsung baca, yuk!
    Roti & kue
  • 10 Margarin Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Margarin Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    Margarin sering dikonsumsi sebagai teman makan roti tawar, menjadi bahan pembuat kue kering, cake, donat, atau pengganti minyak goreng. Setiap produk margarin memiliki keistimewaan yang berbeda. Sebagai contoh, terdapat margarin dengan kandungan yang rendah lemak dan ada margarin yang lebih cocok untuk kegunaan tertentu saja.Pada artikel ini, kami akan membahas poin-poin yang perlu diketahui saat memilih margarin. Anda dapat menemukan rekomendasi merek margarin yang bagus, seperti Blue Band, forVITA, Palmia, dan Filma. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta.
    Roti & kue
  • 10 Merk Selai Kacang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Selai Kacang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lezatnya selai kacang saat dioles di atas roti bakar akan membangkitkan selera. Namun, saat ini selai kacang bukan hanya dinikmati karena rasa lezat saja, melainkan karena kandungan nutrisinya yang bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, selai kacang yang mengandung sedikit gula juga cocok untuk Anda yang sedang berdiet.Ada cukup banyak merek selai kacang di pasaran, seperti Skippy, Peanut Butter & Co., dan Jif. Manakah yang terbaik? Dalam artikel ini, kami merekomendasikan selai kacang terbaik untuk melengkapi kebutuhan sarapan atau program kebugaran Anda. Yuk, simak sampai selesai!
    Roti & kue
  • 10 Rekomendasi Bolu Kukus Siliwangi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bolu Kukus Siliwangi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Daerah Jawa Barat menawarkan oleh-oleh yang beragam, salah satunya ialah kue merk Bolu Kukus Siliwangi. Buah tangan khas Bumi Pasundan ini memiliki banyak varian rasa yang enak dengan tampilan menarik. Kue ini pun bisa didapatkan dengan mudah melalui pembelian online.Apa itu Bolu Kukus Siliwangi dan apa keistimewaannya? Dalam artikel ini, kami akan membahas lengkap mengenai Bolu Kukus Siliwangi beserta harganya. Terdapat pula produk Bolu Kukus Siliwangi best seller, seperti rasa Alpukat Mentega, Kopi Bogor, dan Susu Lembang. Jika Anda tertarik untuk membelinya, simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Roti & kue
  • 10 Rekomendasi Lava Cake Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lava Cake Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi penggemar dessert, lava cake atau molten cake mungkin merupakan cake favorit Anda. Lelehan cokelat lava yang lumer memang menggugah selera. Tak heran, banyak orang mencari resep kue cokelat ini. Resep mudah membuat lava cake memang bertebaran di internet. Namun, jika Anda tidak punya waktu, Anda bisa membeli lava cake di toko online. Untuk memudahkan pencarian, kami sudah menyortir rekomendasi lava cake yang enak dari toko online. Lava cake hits dan kekinian dari berbagai merek, seperti Dannie's Kitchen, Maqui's, dan Kibo juga akan kami review. Langsung dibaca, yuk!
    Roti & kue
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori