1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Roti & kue
  6. >
  7. 10 Roti Gandum Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Roti Gandum Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Roti Gandum Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Roti Gandum Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Roti Gandum Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Roti Gandum Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Roti Gandum Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023)

Anda yang peduli terhadap kesehatan tentu sudah tidak asing lagi dengan roti gandum. Roti gandum baik dikonsumsi ketika asam lambung sedang naik. Selain itu, roti gandum juga memiliki kalori yang rendah sehingga sering dijadikan pilihan oleh orang-orang yang berdiet.


Kami akan membahas rekomendasi roti gandum yang bagus dari beberapa merek. Ada Sari Roti, Diana Bakery, hingga BEAU Bakery. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Sebelum mengecek rekomendasi produknya, bacalah beberapa poin di bawah ini supaya Anda bisa mendapatkan roti gandum terbaik.

Diperbaharui 01-10-2023
Pakar
Pastry instructor
Stella Permata

Stella Permata aktif sebagai ahli dalam bidang pastry. Ia memiliki pengalaman bekerja di beberapa hotel, cake shop, dan restoran di Jakarta selama 7 tahun. Stella juga mengajar pastry di Podomoro University selama kurang lebih 2 tahun. Selain mengajar di universitas, ia juga mengajar di MODENA dan mengisi beberapa konten brand alat masak lainnya.

Profil Stella Permata
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa manfaat roti gandum?

Apa manfaat roti gandum?

Roti gandum menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Kandungan vitamin B dan serat di dalam roti gandum lebih tinggi dibandingkan roti biasa. Oleh karena itu, mengonsumsi roti gandum baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung, strok, diabetes, dan gangguan pencernaan.


Roti yang terbuat dari gandum utuh akan diproses lebih lambat di dalam pencernaan sehingga Anda merasa kenyang lebih lama. Itulah sebabnya roti gandum disarankan untuk Anda yang sedang diet. Selain itu, kalori di dalam roti gandum juga tergolong rendah sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika mengonsumsinya lebih banyak.


Meskipun begitu, roti gandum bukan hanya konsumsi orang yang sedang berdiet. Siapa pun bisa mengonsumsi roti gandum, baik itu anak-anak, orang dewasa, maupun ibu hamil. Jadi, tidak perlu ragu lagi mengonsumsi roti gandum untuk memenuhi nutrisi harian tubuh Anda.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih roti gandum

Dari banyaknya roti gandum yang dijual di pasaran, Anda harus lebih jeli dalam memilih. Supaya mendapatkan roti gandum yang sesuai dengan kebutuhan, berikut ini panduan dalam memilihnya.

① Usahakan kandungan gandumnya lebih banyak

Usahakan kandungan gandumnya lebih banyak

Roti gandum ada yang terbuat dari 100% gandum utuh, tetapi ada pula yang sudah dicampur dengan bahan lainnya. Kami menyarankan Anda memilih roti gandum yang terbuat dari 100% gandum utuh karena manfaatnya lebih baik untuk kesehatan. Jika hal tersebut tak memungkinkan, pilih roti gandum yang kandungan gandumnya lebih banyak. Jadi, manfaat roti gandum tetap bisa Anda rasakan.

② Cek komposisi bahan dan kandungan nutrisi

Cek komposisi bahan dan kandungan nutrisi

Biasakan untuk melihat komposisi bahan yang dipakai untuk membuat sebuah roti, begitu pula roti gandum. Dengan melihat komposisi, Anda bisa mengetahui kandungan gizi yang terdapat di dalam sepotong roti gandum.


Perhatikan kalori dan kandungan sodium di dalamnya. Total nutrisi yang disarankan dalam sepotong roti gandum adalah 100 kalori dan 225 mg sodium. Usahakan juga roti gandumnya mengandung paling tidak 2 gram serat. Tambahan lagi, hindari kandungan bahan kimia yang bisa mengurangi manfaat dari roti gandum, ya!

③ Cari tahu kandungan gula tambahannya

Cari tahu kandungan gula tambahannya

Penambahan gula dalam roti gandum memang bisa membuat roti lebih manis dan nikmat. Tambahan gula juga bisa memperlambat hilangnya kelembapan roti sehingga roti tidak cepat basi. Namun, bagi Anda yang memiliki risiko diabetes, pilih roti gandum yang kandungan gula tambahannya lebih rendah.


Anda yang tidak memiliki masalah dengan gula juga sebaiknya tetap memperhatikan konsumsi gula harian Anda. Jumlah gula yang terkandung di dalam sepotong roti gandum biasanya adalah 2–6 gram. Jadi, agar tetap sehat dan kadar gula terkontrol, carilah roti yang kandungan gulanya tidak melebihi batas tersebut.

④ Perhatikan tekstur rotinya

Perhatikan tekstur rotinya

Roti gandum memiliki tekstur yang lebih kasar dan berserat dibandingkan roti putih biasa. Kalau Anda menemukan roti gandum yang sedikit lembut dan empuk, biasanya komposisinya sudah ditambah dengan bahan lain. 


Sementara itu, roti gandum utuh teksturnya lebih kasar dan padat. Apabila Anda ingin memastikan kualitas roti gandum, bisa dengan memperhatikan tekstur atau menekan rotinya. Namun, hal ini mungkin akan sulit dilakukan jika Anda membeli roti gandum secara online.

⑤ Pertimbangkan jenis sourdough demi kesehatan pencernaan

Pertimbangkan jenis sourdough demi kesehatan pencernaan

Sourdough adalah roti yang terbuat dari ragi yang difermentasikan secara alami menggunakan tepung dan air. Kandungan probiotik di dalam sourdough jauh lebih aman bagi pencernaan.


Itulah sebabnya roti sourdough jauh lebih aman bagi kesehatan dibandingkan roti jenis lainnya. Akan tetapi, roti sourdough cenderung tidak begitu awet disimpan terlalu lama. Selain itu, rasanya juga sedikit asam jadi mungkin kurang sesuai dengan selera semua orang.

10 Rekomendasi roti gandum terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk roti gandum terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Stella Permata.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

NUDE BAKE

Vegan Low GI Multiseed Loaf

NUDE BAKE Vegan Low GI Multiseed Loaf 1枚目

Tanpa gula atau pemanis, cocok untuk penderita diabetes

2

Ujung Bakery

Roti Tawar Jadul Gandum

Ujung Bakery Roti Tawar Jadul Gandum 1枚目

Tanpa pengawet dan dikirim fresh from the oven

3

BoxBread

Roti Gandum Utuh

BoxBread Roti Gandum Utuh 1枚目

Rasa lebih enak berkat fermentasi selama 18 jam

4

Nippon Indosari Corpindo

Sari Roti - Roti Tawar Gandum

Nippon Indosari Corpindo Sari Roti - Roti Tawar Gandum 1枚目

Tekstur kasar, tetapi lembut dikunyah

5

Diana Bakery

Tawar Gandum Kupas

Diana Bakery Tawar Gandum Kupas 1枚目

Tanpa pinggiran, makin nikmat saat dimakan

6

Grandpa's

Roti Prancis Baguette Gandum

Grandpa's Roti Prancis Baguette Gandum 1枚目

Pilihan tepat untuk menemani sajian sup

7

Diana Bakery

Roti Gandum Sosis Oregano

Diana Bakery Roti Gandum Sosis Oregano 1枚目

Gurih dan lezat dengan sosis

8

GOGI Indonesia

Burger Wholemeal Bun

GOGI Indonesia Burger Wholemeal Bun 1枚目

Burger lembut yang sehat dan kaya serat

9

Tanpa Nama Bakery

Sourdough Sweet Potato Walnut

Tanpa Nama Bakery Sourdough Sweet Potato Walnut 1枚目

Roti vegan ungu yang bebas telur dan susu

10

BEAU Bakery

Whole Wheat Sourdough

BEAU Bakery Whole Wheat Sourdough 1枚目

Ukurannya besar, nikmati dengan aneka selai

Perincian produk
Close
No.1

NUDE BAKEVegan Low GI Multiseed Loaf

Mulai dari Rp48.500,00

Tanpa gula atau pemanis, cocok untuk penderita diabetes

Para diabetesi disarankan mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan rendah gula. Salah satu produk yang sesuai dengan kriteria tersebut adalah roti ini. Roti gandum untuk penderita diabetes ini dibuat tanpa gula dan pemanis, contohnya stevia. 


Selain itu, roti gandum ini juga tinggi kandungan serat karena diberi tambahan biji-bijian. Serat yang tinggi ini juga membuat rotinya cocok untuk Anda yang sedang berdiet. Di samping itu, tekstur rotinya pun jadi unik berkat tambahan biji-bijian tersebut. Anda tertarik mencobanya?

No.2

Ujung BakeryRoti Tawar Jadul Gandum

Mulai dari Rp10.000,00

Tanpa pengawet dan dikirim fresh from the oven

Pilihlah roti gandum yang diolah tanpa bahan pengawet sehingga aman dinikmati seluruh anggota keluarga. Salah satu roti gandum yang dapat dipertimbangkan adalah produk Ujung Bakery ini. Rotinya fresh karena dikirim pada hari yang sama setelah proses pemanggangan.


Namun, karena diolah tanpa bahan pengawet, roti ini tidak bisa bertahan lama. Jadi, simpanlah sesuai petunjuk agar kualitasnya terjaga. Bagaimana dengan teksturnya? Beberapa konsumen menyatakan teksturnya halus dan rasa gandumnya pun terasa. Tambahan lagi, harga roti gandum ini juga termasuk murah, lho!

No.3

BoxBreadRoti Gandum Utuh

Mulai dari Rp30.000,00

Rasa lebih enak berkat fermentasi selama 18 jam

Roti ini memang dibuat dengan campuran terigu. Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk mencoba roti yang satu ini. Rasanya diklaim lebih enak dan mudah dicerna karena diolah secara tradisional (melewati proses fermentasi selama 18 jam). 


Di pihak lain, potongan rotinya dibuat lebih tebal (1,8 cm). Hal ini dilakukan supaya tekstur bagian luar terasa renyah, tetapi bagian dalamnya lembut dan juga empuk setelah dipanggang. Ukuran per satu lembar rotinya juga mencapai 35 gram. Dengan begitu, mengonsumsi satu lembar roti pun sepertinya sudah cukup mengisi perut.

No.4

Nippon Indosari CorpindoSari Roti - Roti Tawar Gandum

Mulai dari Rp18.500,00

Tekstur kasar, tetapi lembut dikunyah

Anda baru kali pertama mencoba roti gandum? Bisa jadi Anda kurang sesuai dengan tekstur roti yang lebih kasar dibandingkan roti biasa. Jika demikian, roti tawar dari Sari Roti ini patut dicoba. Sekalipun teksturnya kasar, setelah dikunyah terasa lembut di lidah.


Roti yang terbuat dari gandum utuh ini nikmat dimakan dengan selai atau tanpa tambahan apa pun. Dengan mengonsumsi roti ini, Anda akan merasakan bahwa roti gandum ternyata memang enak. Alhasil, Anda ingin memakan roti gandum Sari Roti dengan kalori 190 kkal per dua lembarnya ini lagi dan lagi.

No.5

Diana BakeryTawar Gandum Kupas

Mulai dari Rp17.000,00

Tanpa pinggiran, makin nikmat saat dimakan

Roti tawar gandum dari Diana Bakery ini bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang kurang menyukai roti tawar dengan pinggiran. Jadi, Anda tidak perlu menghilangkan pinggiran yang mungkin sedikit keras. Langsung saja nikmati roti yang lezat ini dengan lahap.


Tekstur roti ini memang agak kasar, tetapi kandungan serat dan proteinnya tinggi. Roti ini juga diklaim rendah kolesterol dan dibuat tanpa bahan pengawet. Agar roti terasa lebih enak, Anda dapat menyajikannya sebagai sandwich dengan isian selain, telur, atau topping lain yang disukai.

No.6

Grandpa'sRoti Prancis Baguette Gandum

Mulai dari Rp15.000,00

Pilihan tepat untuk menemani sajian sup

Anda yang gemar mengonsumsi sup atau membuat garlic bread sepertinya harus mencoba roti gandum ini. Teksturnya memang agak keras di luar, tetapi akan melunak saat dicelupkan ke dalam sup.


Sebaliknya, apabila Anda mengolahnya menjadi garlic bread, teksturnya jadi crunchy di luar dan dalam. Sudah terbayang kelezatannya, bukan? Roti ini dibuat tanpa pengawet, susu, dan gula. Artinya, roti gandum ini aman bagi Anda yang tidak bisa mengonsumsi susu.

No.7

Diana BakeryRoti Gandum Sosis Oregano

Mulai dari Rp13.000,00

Gurih dan lezat dengan sosis

Jadikan roti gandum sebagai camilan sehat untuk menemani aktivitas santai di rumah. Terutama untuk Anda penggemar roti dengan rasa gurih, roti gandum dengan isian sosis oregano ini sangat pas disantap. Anda tidak perlu repot-repot membuatnya sendiri. Cukup nikmati roti sosis ini dengan secangkir teh hangat. Waktu santai Anda pun tetap sehat dengan sepotong roti gandum yang lezat.

No.8

GOGI IndonesiaBurger Wholemeal Bun

Mulai dari Rp20.000,00

Burger lembut yang sehat dan kaya serat

Burger sering dijuluki junk food yang penuh lemak dan kurang baik untuk kesehatan. Namun, tidak demikian jika Anda memilih bun gandum sebagai roti burgernya. Roti burger yang terbuat dari tepung gandum ini menjadikan burger Anda lebih sehat karena kaya serat.


Ada dua jenis roti burger gandum yang bisa dipilih, yaitu dengan taburan wijen di atasnya atau tanpa wijen. Keduanya sama-sama enak, tebal, dan berdiameter 7–9 cm. Isilah roti dengan sayuran dan daging. Anda mungkin harus meluangkan waktu dan tenaga lebih untuk membuat burger. Namun, setidaknya Anda dapat menikmati kelezatan burger tanpa dihantui rasa bersalah.

No.9

Tanpa Nama BakerySourdough Sweet Potato Walnut

Mulai dari Rp35.000,00

Roti vegan ungu yang bebas telur dan susu

Anda yang memiliki alergi susu dan segala produk turunannya patut jeli dalam memiliki roti. Pasalnya, beberapa roti gandum menggunakan susu sebagai salah satu komposisi bahannya. Karena itu, kami merekomendasikan produk ini. Roti ini terbuat dari tepung gandum tanpa campuran susu dan telur. Jadi, para vegetarian pun bisa menikmatinya.


Selain itu, roti ini juga memiliki warna unik berkat tambahan ubi ungu. Untuk rasanya sendiri ada sedikit asam yang berasal dari ragi alami/starter (fermentasi buah dan tepung). Meskipun begitu, Anda tak perlu khawatir karena rasa sourdough memang seperti itu.

No.10

BEAU BakeryWhole Wheat Sourdough

Mulai dari Rp60.000,00

Ukurannya besar, nikmati dengan aneka selai

Sajikan sarapan praktis dengan roti gandum ini. Bentuk roti ini memang besar, tetapi Anda bisa memotongnya sesuai selera. Agar roti terasa makin nikmat, olesi dengan selai favorit atau tambahkan selada, tomat, dan telur untuk sarapan sehat.


Namun, Anda bisa juga menikmatinya secara langsung tanpa isian apa pun. Setelah itu, simpanlah kembali ke dalam freezer. Saat Anda ingin mengonsumsinya kembali, cukup hangatkan dengan toaster atau microwave. Mudah, bukan?

Pertanyaan umum seputar roti gandum

Pertanyaan umum seputar roti gandum

Pembahasan mengenai cara memilih roti gandum sudah dijabarkan. Namun, beberapa dari Anda mungkin masih memiliki pertanyaan seputar roti gandum. Karena itu, kami memilih tiga pertanyaan yang banyak ditemukan di internet dan akan menjawabnya di sini.

Apa ciri-ciri roti gandum berkualitas?

Ciri roti gandum yang berkualitas adalah memiliki pori-pori di permukaan roti dan tidak ada bercak gelap atau garis-garis. Anda harus waspada bila menemukan roti gandum dengan bercak gelap karena bisa jadi roti tersebut sudah berjamur. Selain itu, aroma roti gandum yang baik adalah menguarkan wangi biji-bijian yang khas atau wangi roti.

Bagaimana cara menyimpan roti gandum yang benar?

Anda dapat memasukkannya ke dalam plastik atau boks roti dan menyimpannya di suhu ruangan. Jika udara lembap atau Anda tidak bisa menghabiskannya tepat waktu, roti sebaiknya dibungkus dengan aluminium foil dan dimasukkan kulkas. Kalau Anda ingin memakannya, ambil roti seperlunya dan lakukan defrost selamat 10 detik di microwave.

Apakah boleh makan roti gandum setiap hari?

Jawabannya adalah boleh, tetapi Anda sebaiknya mengonsumsinya dengan tambahan topping, seperti alpukat, telur, dan ikan salmon. Dengan begitu, nutrisi yang didapatkan oleh tubuh Anda jadi lebih lengkap dan maksimal. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan lainnya, ya!

Baca juga rekomendasi produk camilan gandum lainnya di sini

Selain roti gandum, ada berbagai produk camilan gandum lainnya yang bisa Anda coba. Kami telah mengulas rekomendasi produk gandum lainnya, seperti snack gandum, biskuit gandum, dan sereal gandum. Klik tautan di bawah ini dan temukan camilan gandum favorit Anda.

Kesimpulan

Anda telah mengetahui manfaat roti gandum untuk kesehatan. Kami menyarankan untuk mengonsumsi roti gandum sesuai dengan porsi dan kebutuhan nutrisi harian. Dengan demikian, manfaat baiknya tetap bisa didapatkan. Selain itu, jangan lupa mengecek tanggal kedaluwarsa roti gandum yang akan dikonsumsi.


Kami telah mengulas rekomendasi roti gandum terbaik yang bisa dipilih. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda menemukan roti gandum yang sesuai kebutuhan. Selamat memilih dan menikmati roti gandum lezat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer