1. TOP
  2. >
  3. Elektronik rumah tangga
  4. >
  5. Elektronik dapur
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Kulkas Showcase Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Kulkas Showcase Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Kulkas Showcase Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Kulkas Showcase Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Kulkas Showcase Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Kulkas Showcase Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Kulkas Showcase Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Kulkas showcase adalah kulkas yang tidak memiliki freezer dan hanya dapat digunakan untuk mendinginkan makanan atau minuman saja. Biasanya, kulkas showcase sering ditemui di toko atau supermarket yang menjual minuman atau makanan dingin. Ada banyak merek yang menawarkan kulkas showcase, seperti GEA, Polytron, MODENA, dan lainnya. Banyaknya produk ini mungkin dapat membuat Anda bingung dalam memilih.


Untuk membantu Anda, kali ini kami akan membahas cara memilih kulkas showcase yang bagus dan merekomendasikan sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Silakan simak sampai akhir dan temukan kulkas showcase yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Diperbaharui 08-23-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Perbedaan kulkas showcase dengan kulkas lainnya

Perbedaan kulkas showcase dengan kulkas lainnya

Di pasaran, Anda dapat menemukan tiga jenis kulkas, yaitu fridge (kulkas biasa), freezer, dan kulkas showcase. Meski sama-sama sebagai tempat penyimpanan makanan dan menjaga suhu tetap dingin, ketiga jenis kulkas itu sangatlah berbeda.


  • Fridge

Fridge adalah kulkas yang umum digunakan di rumah tangga atau kantor. Kulkas ini memiliki beberapa jenis, seperti satu pintu, dua pintu, atau lebih. Beberapa jenis kulkas yang baru juga dilengkapi dengan freezer sehingga suhu pendingin maksimal kulkas ini adalah 0 °C . 


  • Freezer

Jenis kulkas kedua adalah freezer yang umumnya digunakan untuk membekukan daging, frozen food, ikan, atau es krim. Biasanya kulkas freezer memiliki kapasitas yang besar dengan suhu pendingin bisa mencapai -28 °C . 


  • Showcase

Kulkas showcase umumnya memiliki desain pintu yang transparan. Anda dapat menemukan kulkas showcase di supermarket atau toko yang menjual minuman dingin. Beberapa model juga dapat digunakan untuk memajang decoration cake, puding, daging beku, ikan segar, keju, dan lainnya. 

Cara memilih kulkas showcase

Kulkas showcase yang diproduksi oleh beberapa produsen tentunya memiliki keunggulannya masing-masing. Oleh karena itu, simak ulasan cara memilih kulkas showcase yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda berikut ini. 

① Pertimbangkan kapasitas kulkas showcase dengan variasi produk

Pertimbangkan kapasitas kulkas showcase dengan variasi produk

Sebaiknya Anda memilih jenis kulkas showcase sesuai dengan variasi produk yang akan Anda jual. Makin banyak jenis produknya, kapasitas kulkas showcase yang dibutuhkan juga makin besar.


Anda dapat menemukan kulkas showcase berkapasitas kurang dari 200 liter, lebih dari 300 liter, hingga kapasitas 1.000 liter. Apabila produk yang Anda jual tidak terlalu bervariasi, pilih kulkas showcase berkapasitas kurang dari 200 liter guna menghemat tempat.


Namun, apabila Anda menjual beberapa macam produk, akan lebih baik untuk memilih kulkas showcase berkapasitas lebih dari 300 liter. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pelanggan memilih produk yang diinginkannya. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengatur produk-produk tersebut dengan rapi sehingga tampak lebih menarik.

② Sesuaikan dengan jenis produk

Kulkas showcase tidak terbatas pada kulkas yang digunakan untuk menyimpan minuman kemasan saja. Akan tetapi, kulkas showcase juga bisa untuk memajang kue, daging, hingga sayuran. Oleh karena itu, simak ulasan kami berikut ini supaya Anda tidak salah memilih kulkas showcase untuk produk yang Anda jual. 

Pastry showcase, efektif menjaga keindahan cake

Pastry showcase, efektif menjaga keindahan cake

Lemari yang digunakan untuk memajang cake juga merupakan salah satu jenis kulkas showcase. Biasanya, kulkas showcase ini disebut dengan pastry showcase atau showcase cake


Temperatur suhunya telah disesuaikan untuk menyimpan cake dalam waktu tertentu sehingga cake dapat lebih awet. Teknologinya dapat membuat Anda lebih tenang menyimpan decoration cake tanpa takut berubah rasa, bentuk, atau warna

Single-door showcase, tidak memerlukan ruang yang luas

Single-door showcase, tidak memerlukan ruang yang luas

Kulkas showcase yang satu ini lebih umum ditemukan di supermarket atau toko sekitar Anda. Pada umumnya, kulkas showcase satu pintu ini digunakan untuk memajang berbagai minuman kemasan. Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat Anda dapat meletakkannya di sudut ruangan. 


Rentang temperaturnya telah dirancang sedemikian rupa supaya dapat mendinginkan minuman kemasan tanpa membekukannya. Dilengkapi dengan rak yang umumnya dapat dilepas pasang, Anda dapat mengatur minuman dengan lebih rapi dan teratur. 

Double-door showcase, dapat menyimpan lebih banyak variasi produk

Double-door showcase, dapat menyimpan lebih banyak variasi produk

Kulkas showcase ini juga umum digunakan di supermarket atau toko untuk mendinginkan bahan makanan atau minuman. Ada beberapa produk yang tidak hanya terdiri dari dua pintu saja. Kulkas showcase tiga pintu atau lebih juga dapat Anda temukan. 


Oleh karena itu, pertimbangkan kulkas showcase ini apabila Anda memiliki variasi produk yang banyak. Meski ukurannya cukup lebar, Anda dapat memajang produk dengan lebih rapi dan teratur. Kulkas ini juga berguna untuk Anda yang memiliki akses stopkontak yang terbatas. 

Multideck showcase, optimal untuk menjaga kesegaran sayuran dan buah-buahan

Multideck showcase, optimal untuk menjaga kesegaran sayuran dan buah-buahan

Anda yang sering mengunjungi supermarket besar mungkin tidak asing dengan kulkas showcase ini. Produk ini umumnya digunakan untuk memajang sayuran, buah-buahan, minuman segar, atau minuman pasteurisasi. Meskipun desainnya terbuka, udara dingin tetap terkendali sehingga dapat menjaga kualitas bahan makanan atau minuman dengan baik


Selain untuk memajang bahan makanan tersebut di atas, ada juga kulkas sejenis yang bisa untuk memajang keju, daging beku, hingga ikan segar. Kulkas showcase tersebut disebut dengan deli showcase. Temperaturnya dapat diatur hingga level tersentu sehingga ideal untuk menyimpan aneka makanan tersebut.

③ Pertimbangkan produk yang hemat listrik

Pertimbangkan produk yang hemat listrik

Demi selalu menjaga kesegaran produk, kulkas showcase harus selalu terhubung ke sumber daya listrik. Dengan demikian, besaran watt-nya mungkin menjadi salah satu pertimbangan Anda. Dalam menemukan showcase hemat daya, Anda dapat mencari produk berlabel "energy saving" atau "low watt"


Perlu diingat, besaran daya listrik pada kulkas showcase biasanya berkorelasi dengan kapasitasnya. Makin besar kapasitas showcase, makin besar pula daya yang diperlukan. Namun, adanya label energy saving ini tentu akan membantu Anda dalam mencari produk yang best deal.

④ Pastikan untuk membeli produk dari merek tepercaya

Ada banyak merek kulkas showcase yang beredar di pasaran. Supaya Anda tidak kecewa, sebaiknya belilah produk dari merek yang terpecaya. Berikut ini beberapa merek yang cukup populer dan sudah teruji kualitasnya.

Polytron, lebih cepat dingin dan tidak berembun

Ada dua tipe kulkas showcase yang diproduksi oleh Polytron. Keduanya memiliki keunggulan dalam segi kapasitas yang dapat memuat lebih banyak produk di kelasnya. Selain itu, adanya teknologi Rapid Smart Cooling menjadikannya 2,3 kali lebih cepat mendinginkan dan merata ke semua tingkatan rak.


Keberadaan Anti-Fogging Glass Door pada produk ini membuat kaca display tidak mudah berembun. Kaca akan tetap bening meski perbedaan suhu antara bagian dalam dan ruangan di luar cukup besar. Pertimbangkan produk dari Polytron ini untuk display produk yang tetap menarik. 

GEA, andalan para pengusaha

GEA, andalan para pengusaha
Sumber: gea-rsa.com

GEA memproduksi banyak varian kulkas showcase sehingga menjadi idola para pengusaha. Anda dapat memilih varian countertop cake showcase dan curved glass cake showcase untuk menyimpan kue atau cake. Kedua showcase ini memiliki rentang suhu antara 2–8 °C.


Tak hanya itu, ada juga hot & cool cake showcase yang terdiri dari dua bagian dengan suhu berbeda. Satu bagian memiliki suhu antara 40–60 °C dan satunya antara 612 °C . Tak ketinggalan, ada juga showcase untuk memajang gelato, minuman kaleng, sushi, hingga bunga.

Sanken, dilengkapi sertifikat halal MUI

Sanken, dilengkapi sertifikat halal MUI
Sumber: sanken.co.id

Kulkas showcase dari Sanken dilengkapi dengan sertifikat halal MUI. Artinya, semua material produk dibuat dari bahan yang telah teruji kehalalannya. Begitu juga dengan proses pengerjaannya. Jadi, apabila Anda lebih nyaman menggunakan kulkas dengan proses pembuatan dan bahan-bahan halal, pertimbangkan merek Sanken. 

⑤ Pertimbangkan lokasi instalasinya

Pertimbangkan lokasi instalasinya

Hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah memilih ukuran kulkas showcase berdasarkan ruang instalasinya. Pastikan kulkas showcase yang dibeli dapat dimasukkan dalam ruangan dengan mudah. 


Sebaiknya, Anda menyiapkan ruang instalasi yang sejuk dan berikan jarak sekitar 15 cm dari dinding. Jauhkan kulkas dari sinar matahari secara langsung dan barang-barang elektronik yang mengeluarkan panas, seperti microwave atau oven. 

⑥ Periksa aspek fungsional lainnya

Beberapa merek kulkas showcase memiliki banyak fitur atau teknologi canggih yang ditawarkan. Ada produk yang unggul di dalam desainnya. Ada produsen yang dilengkapi dengan digital display touch control sehingga memudahkan Anda untuk mengatur dan mengetahui suhu kulkas secara aktual. 


Selain itu, ada juga produk yang memiliki strong shelf, fan cooling system, dan lain-lain. Jadi, pertimbangkan dengan baik fitur-fitur apa saja yang Anda butuhkan sebelum membeli produk.

⑦ Perhatikan budget dan garansi produk

Perhatikan budget dan garansi produk

Budget yang Anda miliki memberikan kontribusi pada tipe kulkas showcase yang dibeli. Akan lebih baik jika harga kulkas showcase yang Anda beli tidak melebihi anggaran Anda. Tak ketinggalan, pelajari dulu fitur-fitur yang dibutuhkan untuk komoditas yang hendak dijual. 


Selain itu, sebaiknya Anda memeriksa garansi yang dimiliki oleh kulkas showcase tersebut. Pastikan Anda membeli produk yang bergaransi sehingga apabila terjadi kerusakan, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

10 Rekomendasi kulkas showcase terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kulkas showcase terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sanken

Pendingin Minuman

Sanken Pendingin Minuman 1枚目

Dilengkapi rak kuat yang mampu menampung lebih banyak botol

2

Polytron

Showcase Fastcool Series

Polytron Showcase Fastcool Series 1枚目

Material yang awet, pas untuk pemakaian jangka panjang

3

GEA

Wine Cooler

GEA  Wine Cooler 1枚目

Cooler hemat energi yang dapat menyimpan 83 botol wine

4

Fomac

Cold Showcase

Fomac Cold Showcase  1枚目

Display elegan untuk toko kue Anda

5

MODENA

FINESTRA

MODENA FINESTRA  1枚目

Bentuk ringkas yang dapat diletakkan di dalam kamar

6

GEA

Gelato Showcase Static Cooling

GEA Gelato Showcase Static Cooling  1枚目

Showcase khusus untuk gelato dan es krim

7

AQUA

Showcase Cooler

AQUA  Showcase Cooler 1枚目

Dengan fitur anti embun, display minuman tampak menggoda dari luar

8

GEA

Sub Zero

GEA  Sub Zero 1枚目

Showcase pendingin dengan kapasitas besar!

9

MODENA

FINESTRA

MODENA FINESTRA 1枚目

Lebih leluasa menyusun makanan atau minuman dengan rak bongkar pasang

10

GEA

Lemari Rak Pendingin Minuman

GEA Lemari Rak Pendingin Minuman 1枚目

Memberikan tambahan nilai estetika untuk interior toko

Perincian produk
Close
No.1

SankenPendingin MinumanSRS-279

Mulai dari Rp3.295.000,00

Dilengkapi rak kuat yang mampu menampung lebih banyak botol

Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang ingin memajang minuman kemasan kaleng atau botol kaca. Material rak kulkas ini dibuat dengan teknologi strong shelf sehingga mampu menampung beban hingga 35 kilogram. Kulkas ini mampu menampung sekitar 200 botol minuman. 


Adanya alat pembuka botol juga akan mempermudah siapa pun yang ingin langsung menikmati minumannya. Kulkas ini tersedia dalam dua pilihan warna, merah dan hitam. Pilihlah warna yang sesuai dengan interior tempat usaha Anda.

No.2

PolytronShowcase Fastcool SeriesSCN 230L

Mulai dari Rp3.135.000,00

Material yang awet, pas untuk pemakaian jangka panjang

Apabila Anda menginginkan kulkas showcase yang awet dan tahan lama, jangan lewatkan produk yang satu ini! Kulkas showcase produksi Polytron ini menggunakan material rust free yang tahan karat sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu lama.


Tak ketinggalan, teknologinya yang menggunakan Rapid Smart Cooling membuat proses pendinginan berjalan 2,3 kali lebih cepat. Dengan harga yang cukup terjangkau, produk ini ideal melengkapi toko Anda.

No.3

GEA Wine CoolerXW-400FD

Mulai dari Rp8.134.000,00

Cooler hemat energi yang dapat menyimpan 83 botol wine

Kulkas showcase dari GEA yang satu ini memiliki desain unik yang dapat menjaga kualitas wine dengan baik. Dengan tujuh rak yang ada, Anda dapat menyimpan 83 botol minuman. Raknya pun dibuat khusus dengan material kayu. 

Dengan kapasitas sebesar 342 liter, dayanya 170 W saja. Selain low watt alias hemat daya, wine cooler ini juga tidak menimbulkan suara berisik. Soal suhu, Anda tak perlu khawatir sebab showcase ini dilengkapi termometer digital. Setting suhu yang ideal jadi lebih mudah!

No.4

FomacCold Showcase SHC-CRTW160L

Mulai dari Rp13.924.446,00

Display elegan untuk toko kue Anda

Anda yang memiliki usaha decoration cake sebaiknya mempertimbangkan produk ini. Dengan rentang temperatur antara 012 °C, kulkas ini dapat menjaga cake dan cream tetap awet tanpa khawatir meleleh. Selain kue tar, kulkas showcase ini juga ideal untuk puding, panna cotta, dan mousse cake.


Secara desain, produk ini juga sangat menarik. Perpaduan warna hitam dan kaca transparannya dapat memperindah interior toko Anda. 

No.5

Bentuk ringkas yang dapat diletakkan di dalam kamar

Berukuran mini, kulkas showcase ini dapat diletakkan di sudut ruangan atau di atas meja. Kulkas ini memiliki dua rak yang dapat dibongkar pasang. Anda dapat memasukkan berbagai jenis minuman kaleng, cokelat, atau parcel buah sebagai complimentary item. Kami merekomendakan produk ini untuk Anda yang memiliki usaha penginapan dengan fasilitas minuman atau buah dingin di dalam kamar. 

No.6

GEAGelato Showcase Static Cooling RI 260 AUG

Mulai dari Rp12.035.000,00

Showcase khusus untuk gelato dan es krim

Jika Anda mencari kulkas display untuk usaha es krim atau gelato, silakan pertimbangkan produk ini. Showcase es krim ini terdiri dari lima bin untuk men-display lima varian rasa es krim. Pengaturan suhu kulkas showcase dari GEA ini bisa disetel sesuai kebutuhan hingga -20 derajat Celsius. Dengan demikian, kualitas es krim dan gelato yang Anda jual pun akan terjaga dengan prima.

No.7

AQUA Showcase CoolerAQB-231

Mulai dari Rp4.599.000,00

Dengan fitur anti embun, display minuman tampak menggoda dari luar

Beverage cooler dari AQUA ini memiliki pintu kaca dua lapis yang anti embun. Fitur anti fog & dew ini sangat membantu agar minuman yang di-display di dalamnya tampak jelas dari luar. Dengan display yang clear, calon pembeli akan lebih tergoda untuk membeli produk yang Anda jual. 


Selain itu, pintu handelnya ini juga dirancang besar sehingga memudahkan saat membuka pintu showcase. Ditambah dengan rak yang adjustable di dalamnya, menyusun display produk pun jadi lebih menyenangkan. 

No.8

GEA Sub ZeroEXPO-1500BC

Mulai dari Rp24.240.000,00

Showcase pendingin dengan kapasitas besar!

Kulkas showcase yang satu ini sangat cocok dimiliki oleh Anda yang membuka usaha, seperti minimarket, restoran, lounge, atau pub. Menggambarkan namanya, yakni Sub Zero, temperatur cooler ini dapat disetel hingga -6 °C, lho.


Produk dengan ukuran yang cukup besar ini memiliki tiga partisi. Anda dapat mengatur produk sesuai dengan jenisnya. Tiap-tiap partisi dapat memuat lima rak sehingga Anda dapat menyimpan lebih banyak botol minuman.

No.9

Lebih leluasa menyusun makanan atau minuman dengan rak bongkar pasang

Kulkas showcase dari MODENA ini memiliki temperatur antara 0–10 °C. Desainnya memiliki dua pintu dengan rak memanjang yang dapat dibongkar pasang. Tidak adanya partisi di tengah memudahkan Anda dalam menyusun makanan dan minuman.


Meski ukurannya cukup besar, daya listrik yang diperlukan tidak terlalu tinggi. Dari segi keamanan, kulkas showcase ini memiliki empat buah kunci pengaman. Bagi Anda yang memiliki ruang terbatas, Anda bisa meletakkannya di bagian depan toko tanpa takut isinya hilang.

No.10

GEALemari Rak Pendingin Minuman LOTUS-168

Mulai dari Rp66.900.000,00

Memberikan tambahan nilai estetika untuk interior toko

Apakah Anda mencari kulkas showcase yang dapat digunakan untuk memajang keju, susu pasteurisasi, atau sejenisnya? Jika iya, tidak ada salahnya mempertimbangkan kulkas showcase yang satu ini. Kulkas ini memiliki pengatur suhu digital. Anda bisa mengatur temperaturnya pada kisaran 4–8 °C untuk memajang produk dairy.


Selain itu, desain uniknya dapat memperkaya interior toko Anda. Bagi Anda yang memiliki area toko luas, Anda dapat meletakkan produk ini di tengah ruangan. Desainnya dapat diakses dari berbagai sudut sehingga memudahkan pelanggan untuk memilih kebutuhannya. 

Baca juga rekomendasi kulkas lainnya di sini

Selain kulkas showcase, ada beragam kulkas dengan kapasitas dan tipe yang berbeda. Apabila Anda tertarik membeli atau mengganti kulkas lama, silakan simak artikel yang telah kami siapkan berikut ini! Selamat membaca!

Kesimpulan

Bagi Anda yang memiliki usaha, seperti toko kue atau toko dairy product, kulkas showcase adalah perlengkapan yang wajib dimiliki. Dengan memiliki kulkas showcase, Anda dapat menata produk dengan rapi serta memudahkan konsumen untuk memilih barang.


Di atas, kami telah menjelaskan cara memilih kulkas showcase serta merekomendasikan produk terbaik. Semoga artikel ini bisa membantu dalam menemukan kulkas showcase yang tepat untuk usaha Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer