• 10 Rekomendasi Sambal Matah Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sambal Matah Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sambal Matah Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sambal Matah Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sambal Matah Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sambal Matah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, makan nasi tanpa sambal terasa seperti sayur tanpa garam alias hambar. Tak heran Indonesia terkenal dengan berbagai resep sambalnya yang sedap. Di artikel ini kami akan membahas kenikmatan sambal matah yang dalam bahasa Bali artinya mentah. 


Dibilang mentah karena sambal ini tidak digoreng atau ditumis, tetapi bumbu-bumbunya hanya disiram oleh minyak panas. Jika Anda adalah pencinta sambal matah garis keras, artikel rekomendasi kali ini akan sangat pas untuk Anda. Ada beberapa varian sambal matah, seperti sambal matah cumi, teri, atau kecombrang. Silakan simak artikelnya sampai habis!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Verdi Danutirto
Dodon Jerry
  • Pembaharuan terakhir: 22 Desember 2020
  • 96 Views
Daftar isi

Cara memilih sambal matah

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih sambal matah. Meroketnya popularitas sambal matah beberapa tahun terakhir membuat banyak inovasi baru muncul, misal sambal matah kecombrang atau sambal matah cumi. Selain campuran bahannya, Anda juga perlu memperhatikan kemasannya serta kesegaran bahannya.

Pilih berdasarkan jenis sambal matahnya

Meskipun aslinya dari Bali, ada beberapa sambal matah khas daerah lain yang bisa juga Anda temukan. Tak hanya itu, beberapa varian sambal matah juga dikombinasikan dengan irisan daging atau ikan sehingga membuatnya makin lezat. 

Sambal matah Bali: Cita rasanya khas dengan bahan-bahan yang segar

Sambal matah Bali: Cita rasanya khas dengan bahan-bahan yang segar

Sambal matah berasal dari bahasa Bali yang artinya mentah. Keunikan sambal matah ini adalah bahan-bahannya tidak digoreng atau ditumis, tetapi hanya disiram dengan minyak panas. Minyak panas membuat aroma dan cita rasa bahan-bahan segar yang sudah dicampurkan sebelumnya makin keluar. 


Bahan utama sambal matah Bali adalah bawang merah, bawang putih, terasi, garam, dan lain-lain. Bawang merah dan bawang putih pada sambal matah akan diiris setipis mungkin, lalu dicampurkan dengan terasi yang sudah dibakar terlebih dahulu. Setelah itu semua bahan dicampurkan menjadi satu dan diaduk hingga rasanya menyatu. 


Bawang merah dan putih dengan tekstur crunchy-nya makin menambah kenikmatan sambal matah Bali. Saking nikmatnya, Anda bisa memakan sambal matah Bali hanya dengan nasi putih saja. Lebih mantap lagi jika Anda menyantap sambal matah bersama ayam betutu atau bebek goreng.

Sambal matah Padang: Menggunakan bumbu rendang sebagai pelengkap

Sambal matah Padang: Menggunakan bumbu rendang sebagai pelengkap

Sambal matah Padang mungkin menjadi salah satu inovasi sambal yang terunik. Secara garis besar, bahan-bahan dan cara pembuatannya sama persis dengan sambal matah Bali. Uniknya, bumbu rendang ditambahkan ke dalam sambal matah Padang. Berbeda dengan sambal matah Bali yang rasanya dominan rasa bawang, sambal matang Padang cenderung lebih pedas. 


Rasa pedas sambal matah Padang tidak berlebihan karena berasal dari bumbu rendang yang kaya rempah. Sambal matah Padang mungkin belum banyak dijual di pasar. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa membuatnya sendiri di rumah. Agar tidak hilang cita rasa khas sambal matahnya, komposisi bumbu rendang jangan terlalu banyak, ya.

Sambal matah cumi atau teri: Dapat dijadikan lauk yang lezat

Sambal matah cumi atau teri: Dapat dijadikan lauk yang lezat

Sambal matah yang dimakan dengan nasi saja rasanya sudah terasa mewah, apalagi jika ditambahkan dengan bahan lainnya. Saat ini banyak penjual sambal matah yang mengombinasikannya dengan daging atau ikan. Salah satu contoh yang terkenal adalah sambal matah cumi. 


Daging cumi terlebih dahulu digoreng atau dibakar, lalu diiris tipis-tipis sebelum dicampurkan ke bumbu matah. Hasilnya, rasanya jadi lebih nikmat sekaligus bergizi. Tentu saja, sambal matah yang dikombinasikan dengan cumi ini harganya sedikit lebih tinggi dibandingkan sambal matah biasa.


Jika Anda suka ikan, ada juga sambal matah tongkol atau teri. Sama seperti cumi, ikannya digoreng atau dibakar terlebih dahulu hingga teksturnya agak crispy. Ketika dicampurkan dengan sambal matah, bumbunya akan meresap ke dalam ikannya sehingga rasanya makin menggoyang lidah. Sambal matah ikan atau cumi sudah banyak dijual di pasaran sehingga Anda bisa mencobanya kapan saja.

Sambal matah kecombrang: Aromanya lebih wangi dan rasanya lebih segar

Sambal matah kecombrang: Aromanya lebih wangi dan rasanya lebih segar

Kecombrang atau honje adalah salah satu tanaman rempah yang bisa digunakan untuk tambahan bumbu. Di Bali, kecombrang disebut juga kecicang atau bongkot. Bagian kecombrang yang bisa digunakan untuk melengkapi sambal matah adalah bunganya. 


Bunga kecombrang diiris tipis, lalu dicampurkan dengan bahan lainnya. Sambal matah bunga kecombrang memiliki cita rasa yang lebih segar dan wangi dibandingkan versi sambal matah biasa.

Sesuaikan minyaknya dengan selera Anda

Sesuaikan minyaknya dengan selera Anda

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, minyak goreng panas akan disiramkan ke bahan-bahan yang diiris tipis. Minyak goreng panas ini nantinya berfungsi mengikat dan mengeluarkan cita rasa dari tiap-tiap bahan yang dipakai. 


Jika terlalu panas, ada kemungkinan bawang goreng akan gosong sehingga rasa sambalnya sedikit pahit. Umumnya, minyak yang digunakan adalah virgin coconut oil (VCO). Namun, jika Anda ingin mencoba membuatnya dengan minyak lain juga diperbolehkan. 


Ada juga yang membuat sambal matah dari sisa minyak untuk menggoreng daging ayam atau daging lainnya. Sambal matah jadi memiliki rasa dan aroma daging sehingga lebih menggoda selera. Namun, jika Anda membeli online, sebaiknya pilih yang menggunakan minyak VCO baru, ya.

Pastikan kesegaran bahan-bahan yang digunakan

Pastikan kesegaran bahan-bahan yang digunakan

Karena dibuat dari bahan alami, umumnya sambal matah hanya bertahan 12 hari dalam kondisi terbaiknya. Setelahnya, sambal matah masih bisa dikonsumsi, tetapi tentu ada perubahan rasa ataupun aroma. Sambal matah kemasan biasanya bisa dikonsumsi 12 minggu. 


Untuk mendapatkan produk yang tahan lama, usahakan sambal matah yang Anda beli baru dibuat dan menggunakan bahan-bahan yang segar. Anda harus menanyakannya kepada penjual saat membeli sambal matah secara online. Kesegaran bahannya ini menentukan tanggal kedaluwarsa produk yang Anda beli. 

Sesuaikan kemasannya dengan tujuan pengiriman Anda

Sesuaikan kemasannya dengan tujuan pengiriman Anda

Sambal matah yang dijual secara online umumnya memiliki dua jenis kemasan yakni stoples kecil atau plastik seal. Kemasan stoples sebenarnya lebih praktis dan stoplesnya bisa digunakan lagi setelah sambalnya habis. Namun, kemasan stoples kurang cocok untuk pengiriman jarak jauh karena berpotensi bocor atau tumpah. 


Jika disimpan dalam waktu lama, sambal matah dalam kemasan stoples juga berpotensi terpapar udara sehingga rasa atau aromanya bisa berubah. Kemasan vacuum pack atau plastik seal bisa menahan aroma dan rasa dengan lebih baik. Karena itu, plastik seal lebih aman untuk pengiriman jarak jauh karena tidak mudah tumpah. 


Namun, jika Anda membeli sambal matah di tempat yang dekat atau bisa sampai dalam waktu satu hari, pilihlah kemasan stoples. Sementara itu, untuk pengiriman luar kota, kemasan plastik seal mungkin akan lebih tepat.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi sambal matah terbaik

Pasti Anda sudah tidak sabar untuk memilih sambal matah, bukan? Untuk itu, inilah sepuluh produk sambal matah dari toko-toko terbaik yang sudah kami seleksi. Pilih yang paling sesuai dengan selera Anda, ya!

10
JenisSambal matah Bali
Kemasan Botol plastik 1 liter
Masa kedaluwarsa5 hari setelah dibuka, 14 hari pada suhu ruangan (tanpa dibuka), 2 bulan di kulkas, 5 bulan di freezer
9
JenisSambal matah cumi
Kemasan Botol plastik 200 ml (isi 150 gr)
Masa kedaluwarsa1 minggu pada suhu ruangan, 2 minggu di kulkas, 1 bulan di freezer
8
JenisSambal matah kecombrang
Kemasan Botol kaca 200 gr
Masa kedaluwarsa6 bulan
6

Dapoer NgulekSambal Matah Ayam Suwir

Rp 55.000,00

JenisSambal matah ayam
Kemasan Botol plastik 200 gr
Masa kedaluwarsa4–5 hari pada suhu ruangan, 1 bulan di kulkas
5
JenisSambal matah teri & pete
Kemasan Vacuum pack 125 gr & 250 gr
Masa kedaluwarsaBelum dibuka: 14 hari pada suhu ruangan, 30 hari dalam freezer suhu -18 derajat・Kemasan dibuka: 1–2 hari pada suhu ruangan, 3–4 hari dalam kulkas, 14–30 hari dalam freezer suhu -18 derajat
4
JenisSambal matah Bali
Kemasan Botol kaca 250 gr
Masa kedaluwarsa5 hari setelah dibuka, 6–7 hari pada suhu ruangan (sebelum dibuka), 2 minggu di kulkas, 3 bulan di freezer
3
JenisSambal matah cumi
Kemasan Botol plastik 130 gr
Masa kedaluwarsa6 bulan jika dalam kondisi tersegel atau disimpan di kulkas
2
JenisSambal matah kecombrang
Kemasan Vacuum pack 200 gr
Masa kedaluwarsa7 hari di kulkas, 2 bulan di freezer
1
JenisSambal matah Bali
Kemasan Saset 150 gr, toples kaca 200 gr
Masa kedaluwarsa10–14 hari pada suhu ruangan, 1 bulan di kulkas

Tabel perbandingan produk sambal matah terbaik

Gambar produk
1
Sambal Ayam Nagih Sambal Matah Asli Jakarta 1

Sambal Ayam Nagih

2
Rendang Damara Sambal Matah Kecombrang Premium 1

Rendang Damara

3
Nyah Tewel Sambal Matah Cumi 1

Nyah Tewel

4
Medina Catering Sambal Matah Goreng Khas Bali  1

Medina Catering

5
Galada Teri Pete Matah  1

Galada

6
Dapoer Ngulek Sambal Matah Ayam Suwir 1

Dapoer Ngulek

8
Sambel Pecah Matah Kecombrang 1

Sambel Pecah

9
Diulek Sambal Matah Cumi 1

Diulek

10
Nyambel Indonesia Sambal Matah Bali  1

Nyambel Indonesia

Nama produk

Sambal Matah Asli Jakarta

Sambal Matah Kecombrang Premium

Sambal Matah Cumi

Sambal Matah Goreng Khas Bali

Teri Pete Matah

Sambal Matah Ayam Suwir

Matah Kecombrang

Sambal Matah Cumi

Sambal Matah Bali

Keunggulan

Laris manis di Jakarta dan sekitarnya berkat kelezatannya

Produk premium dengan organic virgin coconut oil

Pedasanya mantap, sambal idola arek Suroboyo!

Menggunakan garam Himalaya yang membuat rasanya lebih gurih

Rasanya begitu sedap berkat campuran teri dan petenya

Sudah ada ayamnya, bisa langsung disantap bersama nasi!

Rasa pedas dan segar membuat lauk utama lebih nikmat

Sambal rumahan untuk menemani Anda travelling

Isinya banyak, dapat diandalkan saat banyak tamu datang ke rumah

HargaRp 27.000,00Rp 40.000,00Rp 31.000,00Rp 50.000,00Rp 40.000,00Rp 55.000,00Rp 65.000,00Rp 28.000,00Rp 180.000,00
JenisSambal matah BaliSambal matah kecombrangSambal matah cumiSambal matah BaliSambal matah teri & peteSambal matah ayamSambal matah kecombrangSambal matah cumiSambal matah Bali
Kemasan Saset 150 gr, toples kaca 200 grVacuum pack 200 grBotol plastik 130 grBotol kaca 250 grVacuum pack 125 gr & 250 grBotol plastik 200 grBotol kaca 200 grBotol plastik 200 ml (isi 150 gr)Botol plastik 1 liter
Masa kedaluwarsa10–14 hari pada suhu ruangan, 1 bulan di kulkas7 hari di kulkas, 2 bulan di freezer6 bulan jika dalam kondisi tersegel atau disimpan di kulkas5 hari setelah dibuka, 6–7 hari pada suhu ruangan (sebelum dibuka), 2 minggu di kulkas, 3 bulan di freezerBelum dibuka: 14 hari pada suhu ruangan, 30 hari dalam freezer suhu -18 derajat・Kemasan dibuka: 1–2 hari pada suhu ruangan, 3–4 hari dalam kulkas, 14–30 hari dalam freezer suhu -18 derajat 4–5 hari pada suhu ruangan, 1 bulan di kulkas6 bulan1 minggu pada suhu ruangan, 2 minggu di kulkas, 1 bulan di freezer5 hari setelah dibuka, 14 hari pada suhu ruangan (tanpa dibuka), 2 bulan di kulkas, 5 bulan di freezer
Tautan produk

Baca juga rekomendasi sambal lainnya di sini

Tak hanya sambal matah, ada beberapa jenis sambal yang sudah pernah kami bahas sebelumnya seperti sambal bawang dan lainnya. Jika Anda ingin mencari tahu lebih lanjut tentang berbagai jenis sambal tersebut, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Sambal matah memang pendamping nasi biasa, tetapi sambal ini bisa membuat rasa makanan utama menjadi lebih enak. Rasa khas bawang berpadu dengan pedasnya cabai serta tekstur oily dari minyaknya akan sangat memanjakan lidah Anda. 


Jika Anda membelinya secara online, jangan lupa periksa juga tanggal kedaluwarsa dan bahannya. Dengan begitu, sambal yang Anda dapatkan akan terjamin kelezatannya, terutama untuk disantap dengan ayam atau lauk lainnya! 

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Mayonnaise Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mayonnaise Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mayones adalah makanan serbaguna yang sering dipakai sebagai saus penyedap rasa, salad dressing, dan bahan memasak untuk berbagai resep. Bahan utamanya terbuat dari telur, minyak, dan cuka. Mayones sangat populer digunakan oleh para chef dan disukai segala usia.Berbagai produsen telah menjual mayones berkualitas terbaik yang enak dan bergizi. Sebut saja Kewpie, Kraft, Praise, hingga merek terbaik asal Indonesia, yaitu Mamasuka, Prochiz, dan Maestro. Manakah mayones terbaik? Simak artikel dari kami sampai selesai!
    Bumbu & bahan masakan
    62.162 Views
  • 10 Rekomendasi Kecap Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kecap Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bosan dengan rasa makanan yang begitu-begitu saja? Tambahkanlah kecap ikan untuk menghadirkan aroma sedap dan rasa gurih yang khas pada masakan Anda! Ekstrak yang terbuat dari fermentasi ikan ini banyak digunakan pada masakan oriental, seperti mi goreng dan hidangan tumisan.Sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya Anda menyimak dahulu poin-poin dalam memilih kecap ikan. Kemudian, simak juga sepuluh rekomendasi kecap ikan terbaik, di antaranya Tiparos, Finna, dan Djoe Hoa. Selamat membaca dan bersiaplah untuk memasak makanan spesial di akhir pekan nanti!
    Bumbu & bahan masakan
    65.749 Views
  • 10 Rekomendasi Gula Pasir Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gula Pasir Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gula putih atau lebih umum disebut gula pasir di Indonesia, merupakan produk yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Biasanya, orang-orang menggunakan gula pasir sebagai pemanis minuman, campuran kue, dan juga bumbu masakan. Meski terlihat sama, sebenarnya gula pasir memiliki banyak variasi.Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih gula pasir yang tepat. Tidak lupa, kami juga akan merekomendasikan produk dari berbagai merek, seperti Gulaku, Tropicana Slim, Rose Brand, dan lainnya. Silakan baca secara saksama untuk mendapatkan gula pasir yang terbaik sesuai kebutuhan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    16.348 Views
  • 10 Rekomendasi Minyak Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minyak Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Minyak wijen merupakan minyak serbaguna yang sering digunakan pada masakan Asia, seperti menggoreng tempura, menumis, dan lainnya. Dalam beberapa tahun belakangan, jumlah penggunanya semakin meningkat karena minyak wijen dinilai memiliki kandungan gizi yang tinggi serta bermanfaat bagi kesehatan dan diet.Saat ini tersedia berbagai jenis minyak wijen dengan harga bervariasi di pasaran, seperti Kadoya, Chee Seng, Now Foods, dan lainnya. Akan tetapi, tahukah Anda mana yang harus dipilih? Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih minyak wijen yang paling tepat dan merekomendasikan produk terbaik untuk Anda. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    75.321 Views
  • 10 Rekomendasi Bumbu Soto Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bumbu Soto Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Soto merupakan makanan khas Indonesia yang menjadi favorit banyak orang. Untuk memasak soto, Anda memerlukan bumbu serta rempah yang beragam. Namun, kini memasak soto bisa menjadi lebih praktis karena sudah banyak tersedia bumbu soto instan.Bamboe, Sajiku, serta Indofood merupakan merek bumbu soto instan yang mudah ditemukan. Masing-masing merek memiliki keunggulan. Supaya Anda tidak bingung, pada artikel ini akan kami sampaikan cara memilih bumbu soto instan. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik. Simak terus artikel ini, ya!
    Bumbu & bahan masakan
    10.810 Views
  • 10 Rekomendasi Beras Merah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Beras Merah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menengok jumlah penderita diabetes di Indonesia menempati posisi keenam di dunia, beras merah pun menjadi idola baru di masyarakat. Pasalnya, beras merah disinyalir sebagai beras diet terbaik untuk penderita diabetes. Bukannya tidak mungkin, suatu saat nanti beras merah akan menggeser posisi beras putih di hati orang Indonesia. Selain untuk diabetes, beras merah juga memiliki keunggulan lain yang baik untuk kesehatan. Oleh karenanya, sudah saatnya Anda melirik merek Javara, Lingkar Organik, Nusa, dan merek lain yang menjual beras merah terbaik. Yuk, baca tips selengkapnya di bawah ini. 
    Bumbu & bahan masakan
    13.717 Views
  • 10 Rekomendasi Biji Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Biji Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Biji wijen merupakan jenis biji-bijian yang memiliki segudang manfaat. Meski kecil, biji wijen kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Anda dapat memanfaatkan biji wijen sebagai taburan di atas nasi. Lebih dari itu, biji wijen bisa dimanfaatkan sebagai bumbu, saus, dan berbagai olahan lainnya.Banyak produk olahan wijen yang beredar di pasaran. Ada wijen sangrai dari Jay's Kitchen, saus wijen dari Kewpie dan Maestro, serta masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan kami mengenai cara memilih dan rekomendasi produk wijen berikut ini. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    1.081 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Finna Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Produk Finna Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda yang gemar memasak, barangkali sudah tidak asing dengan brand Finna. Finna adalah produsen yang memiliki banyak produk pangan dan bumbu masak. Salah satu varian produknya yang paling populer adalah kerupuk udang. Selain itu, Finna juga memiliki produk lain, seperti sambal, bumbu masak, dan juga saus.Di artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips memilih produk Finna yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga telah menyiapkan beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Jadi, bila Anda memiliki rencana membeli produk Finna, silakan simak artikel ini, ya!
    Bumbu & bahan masakan
    176 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Ajinomoto Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Produk Ajinomoto Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Siapa yang tak kenal dengan Ajinomoto? Ajinomoto merupakan produsen penyedap masakan yang melegenda. Produknya memang sebagian besar berupa penyedap masakan. Sekarang, Ajinomoto tak hanya memproduksi penyedap masakan. Minuman dan mi instan juga dimiliki Ajinomoto untuk memperluas pasarnya.Kali ini, kami akan membahas tentang berbagai produk Ajinomoto. Kami bakal memperkenalkan beberapa produk yang dimiliki Ajinomoto. Tak ketinggalan juga, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik dari Ajinomoto. Mayumi, Saori, Sajiku, dan brand lainnya dari Ajinomoto ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    249 Views
  • 10 Rekomendasi Bumbu Opor Ayam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bumbu Opor Ayam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Siapa yang tak kenal opor ayam? Dalam tradisi Jawa, sajian berbahan dasar ayam dengan kuah santan ini biasa disuguhkan saat Lebaran. Kini, memasak opor ayam begitu mudah dan sederhana berkat adanya bumbu instan. Bumbu opor ayam kuning ataupun opor ayam putih sudah banyak dijual di pasaran.  Indofood, Bamboe, Sasa, dan Mamasuka merupakan beberapa merek bumbu opor ayam yang mudah ditemui. Supaya Anda tidak bingung, kami akan memberikan tips memilih produk yang tepat. Rekomendasi bumbu opor ayam terbaik juga akan kami ulas. Simak artikel ini dan temukan produk yang sesuai selera!
    Bumbu & bahan masakan
    145 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda gemar membuat kue? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar kue, butter juga digunakan untuk olesan menyantap roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Butter juga terbagi menjadi salted ataupun unsalted.Makin penasaran kan tentang butter ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih butter. Beberapa merek butter terkenal, seperti Anchor, Elle & Vire, Lurpak, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk menemukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    134.649 Views
  • 10 Rekomendasi Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Beberapa tahun terakhir, gaya hidup sehat mulai meningkat di kalangan masyarakat. Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi antara lain adalah meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG yang tengah populer adalah kaldu jamur.Sejumlah merek, seperti Pawon Ibun, Lemonilo, dan Royco, menawarkan kaldu jamur yang mungkin akan membuat Anda bingung memilih. Dalam artikel kali ini, kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi produk terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
    21.315 Views
  • 10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang baik.Saat ini, ada banyak sekali produk minyak goreng yang beredar di pasaran, seperti Bimoli, Filma, hingga Sania. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing. Guna mendapatkan produk terbaik, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    75.676 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang asli agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    122.841 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Bumbu & bahan masakan
    121.269 Views
  • 10 Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menambahkan penyedap rasa ke masakan merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap tanpa perlu meracik bumbu sendiri. Penyedap rasa juga memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Apakah sekarang Anda sudah merasa cocok dengan penyedap rasa yang Anda gunakan?Meskipun penyedap rasa merupakan produk yang sudah sering Anda temui, kami akan membahas tentang cara memilih produk tersebut. Berbagai merek terkenal, seperti Totole, Masako, dan Biomiwon, ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel kali ini dan dapatkan informasinya.
    Bumbu & bahan masakan
    69.928 Views
  • 10 Rekomendasi Kaldu Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kaldu Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ada berbagai jenis masakan yang membutuhkan kaldu sebagai salah satu bahan utamanya. Supaya lebih praktis, Anda dapat menggunakan kaldu bubuk untuk menghasilkan masakan yang lezat. Saat ini, di pasaran telah dijual banyak produk kaldu bubuk dalam berbagai rasa dan ukuran kemasan. Mana yang sebaiknya Anda pilih?Dalam artikel kali ini, kami akan memberi tips memilih kaldu bubuk yang sesuai dengan masakan Anda. Di samping itu, temukan juga berbagai rekomendasi produk kaldu bubuk terbaik, seperti Royco, Masako, Totole, dan lainnya. Segera scroll ke bawah dan baca artikel ini dengan saksama ya!
    Bumbu & bahan masakan
    16.290 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori