• 10 Rekomendasi Sambal Matah Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sambal Matah Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sambal Matah Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sambal Matah Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sambal Matah Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sambal Matah Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Indonesia terkenal dengan berbagai sambal Nusantara yang sedap. Salah satu sambal yang tidak boleh dilewatkan adalah sambal matah yang dalam bahasa Bali artinya mentah. Rasa sambal matah adalah perpaduan gurih, pedas, dan juga segar. Sambal ini tidak digoreng atau ditumis, tetapi bahan-bahannya hanya disiram minyak panas.

 
Jika Anda pencinta sambal matah, artikel rekomendasi kali ini akan pas untuk Anda. Kami akan mengulas beberapa varian sambal matah kemasan dari berbagai merek, seperti Chili Chila, Rendang Damara, atau Roeparasa. Tidak lupa, ada pula tips memilih sambal matah terenak dan terbaik. Yuk, disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih sambal matah kemasan

Meroketnya popularitas sambal matah membuat banyak inovasi baru muncul, misalnya sambal matah kecombrang atau sambal matah cumi. Selain campuran bahannya, Anda juga perlu memperhatikan kemasannya serta kesegaran bahannya. Jadi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih sambal matah. Silakan simak rinciannya di bawah ini.

Pilih berdasarkan jenis sambal matahnya

Meskipun aslinya dari Bali, ada beberapa sambal matah khas daerah lain yang bisa juga Anda temukan. Selain itu, beberapa varian sambal matah juga dikombinasikan dengan irisan daging atau ikan sehingga membuatnya makin lezat. Yuk, ketahui beberapa varian sambal matah yang ada di pasaran.

Sambal matah Bali: Cita rasanya khas dengan bahan-bahan yang segar

Sambal matah Bali: Cita rasanya khas dengan bahan-bahan yang segar

Sambal matah berasal dari bahasa Bali yang artinya mentah. Keunikan sambal matah ini adalah bahan-bahannya tidak digoreng atau ditumis, tetapi hanya disiram dengan minyak panas. Minyak panas membuat aroma dan cita rasa bahan-bahan segar yang sudah dicampurkan sebelumnya makin keluar. 


Bahan utama sambal matah Bali adalah bawang merah, bawang putih, terasi, garam, dan lain-lain. Bawang merah dan bawang putih pada sambal matah akan diiris setipis mungkin. Terasi yang sudah dibakar pun akan dicampurkan. Setelah itu, semua bahan dicampurkan menjadi satu dan diaduk hingga rasanya menyatu. 


Bawang merah dan bawang putih dengan tekstur crunchy-nya makin menambah kenikmatan sambal matah Bali. Saking nikmatnya sambal matah Bali, Anda bisa memakannya hanya dengan nasi putih. Akan lebih mantap lagi jika Anda menyantap sambal matah bersama ayam betutu atau bebek goreng.

Sambal matah Padang: Menggunakan bumbu rendang sebagai pelengkap

Sambal matah Padang: Menggunakan bumbu rendang sebagai pelengkap

Sambal matah Padang mungkin menjadi salah satu inovasi sambal yang terunik. Secara garis besar, bahan-bahan dan cara pembuatannya sama persis dengan sambal matah Bali. Hal yang membuat unik adalah bumbu rendang ditambahkan ke dalam sambal matah Padang. Berbeda dengan sambal matah Bali yang rasanya dominan rasa bawang, sambal matang Padang cenderung lebih pedas


Rasa pedas sambal matah Padang tidak berlebihan karena berasal dari bumbu rendang yang kaya rempah. Sambal matah Padang mungkin belum banyak dijual di pasar. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa membuatnya sendiri di rumah. Agar tidak hilang cita rasa khas sambal matahnya, komposisi bumbu rendang jangan terlalu banyak, ya.

Sambal matah cumi atau teri: Dapat dijadikan lauk yang lezat

Sambal matah cumi atau teri: Dapat dijadikan lauk yang lezat

Sambal matah yang dimakan dengan nasi saja rasanya sudah terasa mewah, apalagi jika ditambahkan dengan bahan lainnya. Saat ini banyak penjual sambal matah yang mengombinasikannya dengan daging atau ikan. Salah satu contoh yang terkenal adalah sambal matah cumi. 


Daging cumi digoreng atau dibakar terlebih dahulu, lalu diiris tipis-tipis sebelum dicampurkan ke bumbu matah. Alhasil, rasanya jadi lebih nikmat sekaligus bergizi. Tentu saja, sambal matah yang dikombinasikan dengan cumi ini harganya sedikit lebih tinggi dibandingkan sambal matah biasa.


Jika Anda suka ikan, ada juga sambal matah tongkol atau teri. Sama seperti cumi, ikannya digoreng atau dibakar terlebih dahulu hingga teksturnya agak crispy. Ketika dicampurkan dengan sambal matah, bumbunya akan meresap ke dalam ikannya sehingga rasanya makin menggoyang lidah. Sambal matah ikan atau cumi sudah banyak dijual di pasaran sehingga Anda bisa mencobanya kapan saja.

Sambal matah kecombrang: Aromanya lebih wangi dan rasanya lebih segar

Sambal matah kecombrang: Aromanya lebih wangi dan rasanya lebih segar

Kecombrang atau honje adalah salah satu tanaman rempah yang bisa digunakan untuk tambahan bumbu. Di Bali sendiri kecombrang disebut juga kecicang atau bongkot. Bagian kecombrang yang bisa digunakan untuk melengkapi sambal matah adalah bunganya


Bunga kecombrang diiris tipis, lalu dicampurkan dengan bahan lainnya. Sambal matah bunga kecombrang memiliki cita rasa yang lebih segar dan wangi dibandingkan versi sambal matah biasa.

Sesuaikan minyaknya dengan selera Anda

Sesuaikan minyaknya dengan selera Anda

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, minyak goreng panas akan disiramkan ke bahan-bahan yang diiris tipis. Minyak goreng panas ini nantinya berfungsi mengikat dan mengeluarkan cita rasa dari tiap-tiap bahan yang dipakai. Apabila minyak terlalu panas, ada kemungkinan bawang goreng akan gosong sehingga rasa sambalnya sedikit pahit. 


Umumnya, minyak yang digunakan adalah virgin coconut oil (VCO) atau minyak kelapa. Namun, jika Anda ingin mencoba membuatnya dengan minyak lain juga diperbolehkan. Sambal matah yang terbuat dari minyak kelapa ataupun VCO dapat memberikan rasa yang lebih harum dan nikmat.


Selain itu, ada juga yang membuat sambal matah dari sisa minyak untuk menggoreng daging ayam atau daging lainnya. Sambal matah jadi memiliki rasa dan aroma daging sehingga lebih menggoda selera. Namun, jika Anda membeli secara online, sebaiknya pilih yang menggunakan minyak kelapa ataupun VCO baru, ya.


Kami juga telah mengulas beberapa rekomendasi minyak kelapa pada artikel berikut ini. Yuk, temukan minyak kelapa yang bisa Anda pakai untuk membuat sambal matah di sini.

Pastikan kesegaran bahan-bahan yang digunakan

Pastikan kesegaran bahan-bahan yang digunakan

Karena dibuat dari bahan alami, umumnya sambal matah hanya bertahan 12 hari dalam kondisi terbaiknya. Setelahnya, sambal matah masih bisa dikonsumsi, tetapi tentu ada perubahan rasa ataupun aroma. Sambal matah kemasan biasanya bisa dikonsumsi dalam waktu 12 minggu


Untuk mendapatkan produk yang tahan lama, usahakan sambal matah yang Anda beli baru dibuat dan menggunakan bahan-bahan yang segar. Anda harus menanyakannya kepada penjual saat membeli sambal matah secara online. Kesegaran bahan ini akan menentukan tanggal kedaluwarsa produk yang Anda beli. 

Sesuaikan kemasannya dengan tujuan pengiriman Anda

Sesuaikan kemasannya dengan tujuan pengiriman Anda

Sambal matah yang dijual secara online umumnya memiliki dua jenis kemasan, yakni stoples kecil atau plastik seal. Kemasan stoples sebenarnya lebih praktis dan stoplesnya bisa digunakan lagi setelah sambalnya habis. Namun, kemasan stoples kurang cocok untuk pengiriman jarak jauh karena berpotensi bocor atau tumpah. 


Jika disimpan dalam waktu lama, sambal matah dalam kemasan stoples berpotensi terpapar udara sehingga rasa atau aromanya bisa berubah. Kemasan vacuum pack atau plastik seal bisa menahan aroma dan rasa dengan lebih baik. Karena itu, plastik seal lebih aman untuk pengiriman jarak jauh karena tidak mudah tumpah. 


Namun, jika Anda membeli sambal matah di tempat yang dekat atau bisa sampai dalam waktu sehari, pilih kemasan stoples. Sementara itu, untuk pengiriman luar kota, kemasan plastik seal mungkin akan lebih tepat.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi sambal matah kemasan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sambal matah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
JenisSambal matah Bali
KemasanStoples kaca
Masa kedaluwarsa1 tahun
SertifikasiP-IRT: 2113273063052-21
9

Rendang DamaraSambal Matah Kecombrang Premium

Mulai dari Rp 40.000,00

JenisSambal matah kecombrang
Kemasan Vacuum pack/botol plastik 180 gr
Masa kedaluwarsa4 hari di suhu ruangan, 2 bulan di freezer
SertifikasiTidak ada keterangan
8
JenisSambal matah Bali
KemasanStoples kaca
Masa kedaluwarsaBelum dibuka: 18 bulan・Kemasan dibuka: 3 hari pada suhu ruangan, 1 bulan dalam kulkas
SertifikasiBPOM: MD 156313020116
7
JenisSambal matah kecombrang
Kemasan Botol kaca 100 gr
Masa kedaluwarsa3 bulan
SertifikasiP-IRT : 1113674010390-22
6

Pring MasSambal Matah

Mulai dari Rp 17.500,00

JenisSambal matah Bali
KemasanPlastic seal/stoples plastik 130 gr
Masa kedaluwarsa12 bulan
SertifikasiP-IRT
5
JenisSambal matah Bali
KemasanSaset plastik 100 gr
Masa kedaluwarsaDapat disimpan hingga 12 bulan selama plastik belum dibuka
SertifikasiBPOM: MD 256331227025
4

Paon OmankSambal Matah

Mulai dari Rp 27.000,00

JenisSambal matah Bali
Kemasan Stoples plastik 170 gr
Masa kedaluwarsaBelum dibuka: 10–14 hari pada suhu ruang, 1 bulan di freezer・Kemasan dibuka: 3 hari pada suhu ruangan
SertifikasiTidak ada keterangan
3

Pa DoelSambal Matah Cumi Gledek

Mulai dari Rp 14.000,00

JenisSambal matah cumi
Kemasan Stoples plastik 200 gr, saset 100 gr dan 200 gr
Masa kedaluwarsa6 hari pada suhu ruangan, 1 bulan di kulkas
SertifikasiTidak ada keterangan
2
JenisSambal matah Bali
Kemasan Saset 150 gr, 200 gr, 250 gr, stoples plastik 250 gr
Masa kedaluwarsa10–14 hari pada suhu ruangan, 1 bulan di kulkas
SertifikasiTidak ada keterangan
1
JenisSambal matah Bali
Kemasan Stoples plastik 210 gr
Masa kedaluwarsaBelum dibuka: 5–7 bulan pada suhu ruangan, Kemasan dibuka: 1 bulan dalam kulkas
SertifikasiP-IRT: 2113276040385-22, Halal MUI

Tabel perbandingan produk sambal matah kemasan terbaik

Gambar produk
1
Chili Chila Sambal Matah  1

Chili Chila

2
Ayam Nagih Sambal Matah  1

Ayam Nagih

3
Pa Doel Sambal Matah Cumi Gledek 1

Pa Doel

4
Paon Omank Sambal Matah  1

Paon Omank

5
Marizafoods Buybest Sambal Matah 1

Marizafoods

6
Pring Mas Sambal Matah 1

Pring Mas

7
Sambal Pecah Matah Kecombrang 1

Sambal Pecah

8
Monsera Sambal Matah 1

Monsera

9
Rendang Damara Sambal Matah Kecombrang Premium 1

Rendang Damara

10
Roeparasa  Sambal Matah 1

Roeparasa

Nama produk

Sambal Matah

Sambal Matah

Sambal Matah Cumi Gledek

Sambal Matah

Buybest Sambal Matah

Sambal Matah

Matah Kecombrang

Sambal Matah

Sambal Matah Kecombrang Premium

Sambal Matah

Keunggulan

Teksturnya pas! Cocok dijadikan teman cocolan

Laris manis di Jakarta dan sekitarnya berkat kelezatannya

Ada cuminya! Disantap bersama nasi makin mantap

Cita rasa khas Bali, langsung dari kebun sendiri

Pasti enak dijadikan side dish menu katering Anda

Pedasnya mantap, sambal idola arek Suroboyo!

Rasa pedas dan segar membuat lauk utama lebih nikmat

Potongan besar, rasanya lebih nendang

Produk premium dengan organic virgin coconut oil

Tepercaya mendukung gaya hidup sehat Anda

Harga mulai dariRp 38.800,00Rp 47.000,00Rp 14.000,00Rp 27.000,00Rp 15.000,00Rp 17.500,00Rp 35.000,00Rp 35.000,00Rp 40.000,00Rp 52.500,00
JenisSambal matah BaliSambal matah BaliSambal matah cumiSambal matah BaliSambal matah BaliSambal matah BaliSambal matah kecombrangSambal matah BaliSambal matah kecombrangSambal matah Bali
Kemasan Stoples plastik 210 grSaset 150 gr, 200 gr, 250 gr, stoples plastik 250 grStoples plastik 200 gr, saset 100 gr dan 200 grStoples plastik 170 grSaset plastik 100 grPlastic seal/stoples plastik 130 grBotol kaca 100 grStoples kacaVacuum pack/botol plastik 180 grStoples kaca
Masa kedaluwarsaBelum dibuka: 5–7 bulan pada suhu ruangan, Kemasan dibuka: 1 bulan dalam kulkas10–14 hari pada suhu ruangan, 1 bulan di kulkas6 hari pada suhu ruangan, 1 bulan di kulkasBelum dibuka: 10–14 hari pada suhu ruang, 1 bulan di freezer・Kemasan dibuka: 3 hari pada suhu ruanganDapat disimpan hingga 12 bulan selama plastik belum dibuka12 bulan3 bulanBelum dibuka: 18 bulan・Kemasan dibuka: 3 hari pada suhu ruangan, 1 bulan dalam kulkas4 hari di suhu ruangan, 2 bulan di freezer1 tahun
SertifikasiP-IRT: 2113276040385-22, Halal MUITidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganBPOM: MD 256331227025P-IRTP-IRT : 1113674010390-22BPOM: MD 156313020116Tidak ada keteranganP-IRT: 2113273063052-21
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar sambal matah

Pertanyaan umum seputar sambal matah

Anda mungkin masih memiliki beberapa pertanyaan terkait sambal matah. Nah, berikut ini adalah rangkuman penjelasannya secara ringkas.

Sambal matah cocok dimakan dengan apa?

Berbagai jenis lauk bisa dimakan bersama dengan sambal matah. Namun, sambal matah paling sering disantap bersama ikan atau seafood, ayam bakar atau goreng, dan juga ayam betutu. Anda juga bisa menikmati sambal matah dengan sepiring nasi goreng hangat atau lalapan segar.

Apa bedanya sambal matah dan sambal dabu-dabu?

Sambal matah berasal dari Bali, sedangkan sambal dabu-dabu asalnya dari Manado. Bahan utama sambal matah adalah cabai rawit, bawang merah, bawang putih, serai, jeruk purut, terasi, dan perasan jeruk nipis. Sementara itu, sambal dabu-dabu terbuat dari cabai rawit, cabai keriting, tomat, bawang merah, daun bawang, dan perasan jeruk nipis.

Baca juga rekomendasi sambal lainnya di sini

Selain membahas sambal matah, kami juga pernah membahas sambal jenis lainnya. Ada sambal bawang, sambal terasi, hingga sambal geprek. Jika Anda ingin mencari tahu lebih lanjut tentang berbagai jenis sambal tersebut, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Sambal matah memang pendamping nasi biasa, tetapi sambal ini bisa membuat rasa makanan utama menjadi lebih enak. Rasa khas bawang berpadu dengan pedasnya cabai serta tekstur oily dari minyaknya akan sangat memanjakan lidah Anda. 


Jika Anda membelinya secara online, jangan lupa periksa juga tanggal kedaluwarsa dan bahannya. Dengan demikian, sambal yang Anda dapatkan akan terjamin kelezatannya, terutama untuk disantap dengan ayam atau lauk lainnya! Selamat memilih dan berbelanja!

Artikel terkait

  • 10 Steak Sauce Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Steak Sauce Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk membuat steak yang lezat di rumah, tentunya Anda akan membutuhkan steak sauce atau saus steak yang enak. Dengan kombinasi daging yang enak, Anda akan bisa merasakan sensasi makan steak seperti di restoran. Saat ini banyak varian saus steak, seperti merk Knorr, Del Monte, atau Jay’s Kitchen yang bisa Anda temukan di pasaran.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan saus steak enak yang bisa Anda gunakan di rumah. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari. Yuk, simak penjelasan kami berikut ini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Saus Tomat Terbaik untuk Berbagai Masakan - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saus Tomat Terbaik untuk Berbagai Masakan - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk menghasilkan saus tomat handmade yang lezat, tentu dibutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Jika Anda cukup sibuk, penggunaan saus tomat kemasan bisa menjadi solusi. Ada berbagai merek dan varian saus tomat di pasaran, seperti Del Monte, Leggo’s, Ayam Brand, Barilla, dan ABC. Dari banyaknya produk saus tomat, mana yang bagus untuk dipilih?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih saus tomat agar Anda bisa mendapatkan produk yang enak. Kami juga akan membagikan sepuluh rekomendasi merek saus tomat terbaik untuk Anda. Temukan juga tips memilih dari cooking influencer, Inov Pelawi!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Beras Merah yang Bagus - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Beras Merah yang Bagus - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022)
    Menengok jumlah penderita diabetes, Indonesia menempati posisi keenam di dunia. Karena itu, beras merah kini makin digemari masyarakat. Pasalnya, beras merah disinyalir sebagai beras diet terbaik untuk penderita diabetes. Di pasaran sendiri terdapat berbagai jenis dan merek beras merah yang bagus, bahkan organik.Di antara berbagai jenis tersebut, beberapa di antaranya adalah beras merah sosoh dan pecah kulit. Kali ini bersama dengan biotechnologist, Marceline Noviani, kami akan memberikan tips memilih beras merah terbaik. Anda juga akan menemukan rekomendasi merek beras merah, seperti Javara, Lingkar Organik, dan Asagri.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Unsalted Butter Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Unsalted Butter Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Unsalted butter merupakan mentega yang tidak ditambahkan garam sehingga rasanya lebih tawar. Unsalted butter banyak digunakan untuk memasak, baking, atau sebagai lemak tambahan saat memberikan MPASI bayi. Namun, apakah Anda yakin sudah memilih unsalted butter yang tepat?Kali ini, kami akan membagikan tips memilih unsalted butter yang bagus beserta rekomendasi produk terbaiknya. Merek unsalted butter favorit banyak orang, seperti Anchor, Lurpak, dan Elle & Vire juga akan kami review. Baca artikel ini dan temukan produk yang tepat! Artikel ini sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Bumbu Ayam Bakar Instan Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bumbu Ayam Bakar Instan Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Ayam bakar adalah makanan yang sudah sangat populer di Indonesia. Selain karena cara masaknya cukup mudah, ada banyak bumbu ayam bakar khas Nusantara yang sangat menggugah selera. Ada ayam bakar Taliwang, ayam betutu, ayam bakar madu, ayam bakar bumbu rujak, dan sebagainya.Kini Anda bisa memasak ayam bakar dengan mudah berkat adanya bumbu instan yang dijual di pasaran. Cara membuatnya juga mudah karena cukup menggunakan teflon saja. Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari. Simak dan temukan beragam merek bumbu ayam bakar instan terbaik pada rekomendasi produknya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Bumbu Rawon Instan Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Bumbu Rawon Instan Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Rawon adalah makanan khas Jawa Timur, tepatnya Surabaya dan Malang, yang menggunakan keluak sebagai bumbu utamanya. Rawon disebut sup sapi karena menggunakan daging sapi dalam pembuatannya. Akan tetapi, saat ini ada juga yang menggunakan daging ayam sebagai alternatif. Untuk mempermudah pembuatan rawon, saat ini tersedia bumbu rawon instan yang enak. Menu rawon daging atau rawon ayam dapat dijadikan referensi memasak saat Idul Adha. Kami akan menjelaskan cara memilih bumbu rawon instan terenak sekaligus merekomendasikan produk terbaiknya. Terdapat produk, seperti bumbu rawon merek Bamboe, Indofood, dan Bango. Simak sampai selesai, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Beras Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Beras Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Beras jagung adalah olahan pangan setengah jadi dengan bentuk butiran seperti beras putih. Beras jagung banyak dikonsumsi dalam bentuk nasi jagung karena kandungannya yang tinggi serat, tetapi tetap rendah kalori. Karena itu, beras jagung memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari mengontrol diabetes hingga membantu diet.Kami akan membahas berbagai jenis beras jagung serta membagikan tips memilihnya. Rekomendasi merek beras jagung yang bagus juga telah kami siapkan, seperti Gita Food, Fits, hingga Dollar. Harga produknya pun bervariasi. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Minyak Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Minyak Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Terlihat dari namanya, jelas bahwa minyak jagung merupakan jenis minyak yang diperoleh dari ekstrak biji jagung. Jenis minyak yang satu ini banyak dipilih karena dianggap lebih sehat dan banyak manfaat. Misalnya, untuk meningkatkan kesehatan kulit dan membantu menjaga kesehatan jantung.Di pasaran ada berbagai merek minyak jagung yang bagus, seperti Tropicana Slim, Mazola, dan Golden Bridge. Kira-kira produk mana yang sebaiknya Anda pilih? Untuk memudahkan Anda dalam memilih produk minyak jagung terbaik, simak tips memilih serta rekomendasi produk berikut ini.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Mirin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Mirin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda penggemar masakan Jepang, Anda pasti sudah tak asing lagi dengan mirin. Mirin adalah salah satu bumbu masak yang membuat makanan Jepang terasa lebih autentik. Apabila Anda sedang mencari produk mirin, Anda sedang membaca artikel yang tepat!Simaklah terlebih dahulu tips memilih mirin yang tepat untuk masakan Anda. Kikkoman, Wan Ja Shan, dan Hinode adalah beberapa produk mirin yang banyak dicari di pasaran. Namun, masih ada merek mirin lainnya yang bagus untuk masakan Jepang. Temukan mirin terbaik dengan harga yang pas untuk Anda, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepung ini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya saja, Segitiga Biru, Kompas, dan Falcon. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepung ini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya saja, Segitiga Biru, Kompas, dan Falcon. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Melezatkan berbagai masakan dapat lebih sehat dengan kaldu non MSG. Di pasaran terdapat berbagai produk penyedap yang sehat. Ada kaldu jamur non MSG, bahkan kaldu non MSG untuk bayi dan memasak MPASI. Manakah kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Keunggulan berbagai rasa kaldu non MSG, seperti ayam, sapi, dan lainnya pun turut diulas. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Royco, hingga Maseko juga ada dalam rekomendasi.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Gatotkaca, Jawara, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Bakso Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Bakso Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Menyantap bakso kuah yang hangat atau bakso goreng yang renyah mungkin jadi kenikmatan tersendiri. Jika Anda tiba-tiba ingin menikmati bakso Kota Cak Man atau bakso Solo Samrat, Anda tidak perlu pergi jauh-jauh. Berkat tepung bakso, Anda dapat membuat bakso kenyal sendiri di rumah.Banyak merek tepung yang bagus untuk membuat bakso di pasaran, misalnya tepung bakso MamaSuka, Sasa, dan Saguku. Tidak perlu bingung memilihnya karena kami akan mengulasnya satu per satu di sini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy. Disimak, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Lidah orang Indonesia terbiasa dengan makanan pedas dan berbumbu. Tak heran jika saus sambal menjadi pelengkap hidangan paling digemari. Karena kepopulerannya, banyak perusahaan nasional hingga internasional yang memproduksi saus sambal terbaik bercita rasa lokal. Sebut saja merk Indofood, ABC, Dua Belibis, Jawara, hingga Del Monte.Saus sambal juga hadir dalam beragam kemasan botolan hingga sachet. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih saus sambal yang enak. Kami pun akan merekomendasikan saos sambal terenak, terpedas, dan cocok untuk diet dari berbagai merk di e-commerce Indonesia. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Bumbu Ayam Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Bumbu Ayam Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ayam adalah menu masakan yang tidak pernah salah disajikan karena kebanyakan orang pasti menyukainya. Namun, menyiapkan ayam dengan berbagai jenis sajian pasti akan merepotkan. Anda membutuhkan bermacam jenis bumbu supaya masakan lebih sempurna. Bumbu ayam instan akan mempermudah Anda menyiapkan berbagai jenis masakan olahan ayam.Untuk Anda yang mencari bumbu instan ayam goreng, ayam bakar, ayam kecap, atau ayam ungkep, kami telah mengulasnya. Merek-merek, seperti Sasa, Kobe, dan Bamboe, semua menyediakan bumbu ayam instan yang enak. Jangan lupa, cek juga informasi tambahan dari cooking influencer kami, Inov Pelawi!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori