1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Bumbu & bahan masakan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Bumbu Sop Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Bumbu Sop Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Bumbu Sop Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Bumbu Sop Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Bumbu Sop Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Bumbu Sop Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Bumbu Sop Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Untuk menghasilkan sop yang enak, Anda membutuhkan berbagai bumbu. Berbagai macam rempah hingga penyedap rasa juga dapat Anda gunakan untuk menghasilkan sop bercita rasa enak. Karena cukup repot, banyak yang malas memasak sop. Namun, sekarang memasak sop bisa lebih praktis berkat bumbu sop instan yang dapat dengan mudah dibeli di mana saja.


Agar Anda tidak salah memilih bumbu sop instan, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan membagikan rekomendasi bumbu sop instan terbaik dari merek Racik, MamaSuka, hingga Bamboe. Untuk itu, simak pembahasannya sampai selesai, ya!

Diperbaharui 07-25-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih bumbu sop instan

Karena jenis sup sangat beragam, bumbu sup instan pun bermacam-macam. Pastikan Anda memilih bumbu yang sesuai dengan sup yang ingin diolah. Perhatikan penjelasan cara memilih bumbu sup instan berikut agar tidak keliru, ya.

① Sesuaikan dengan jenis masakan

Sesuaikan dengan jenis masakan

Anda akan menemukan banyak resep sup dalam masakan Nusantara. Sup ayam, sup konro, sup buntut, sup iga, dan sup ikan merupakan contoh jenis-jenis sup di Indonesia. Selain itu, masih banyak jenis sup lain yang berasal dari mancanegara. Misalnya saja, ada tom yam dari Thailand.


Sumber protein pada sup serta bahan-bahan lainnya membuat setiap sup memiliki rasa berbeda. Untuk itu, pastikan Anda memilih bumbu sup instan yang sesuai dengan masakan yang ingin diolah. Jika Anda memasak sup dengan bumbu yang berbeda, tentu rasanya akan kurang pas. Karena itu, perhatikan terlebih dahulu label dari bumbu instan tersebut sebelum Anda menggunakannya. 

② Periksa kandungan MSG

Periksa kandungan MSG

Beberapa bumbu sup instan mengandung MSG atau monosodium glutamate yang merupakan penguat rasa. Bagi sebagian orang, kandungan MSG dalam bumbu instan memang tidak menjadi masalah. Namun, ada juga orang yang menghindari MSG dengan alasan tertentu. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan kandungan MSG saat memilih bumbu sup instan.

  • Kandungan MSG pada bumbu sup instan menjadikan masakan terasa lebih gurih. Namun, kandungan MSG tersebut dapat menyebabkan munculnya rasa haus yang berlebihan. Karena itu, sebaiknya Anda tidak terlalu sering mengonsumsi bumbu sup instan dengan MSG.

  • Bumbu sup instan tanpa MSG menjadi pilihan Anda yang mengutamakan kesehatan. Rasanya memang tidak segurih bumbu dengan MSG, tetapi Anda bisa menikmati rasa bumbu alami. Bumbu tanpa MSG merupakan pilihan terbaik untuk makanan keluarga. 

③ Cek kandungan ekstrak protein

Cek kandungan ekstrak protein

Untuk menambah cita rasa, pada bumbu sup instan diberi tambahan ekstrak protein. Ada dua jenis ekstrak protein yang sering ditambahkan, yaitu ekstrak protein nabati dan hewani. Pilihlah yang sesuai dengan selera Anda.


  • Ekstrak protein hewani: Untuk memperkaya cita rasa, pada bumbu sup instan ditambahi ekstrak protein hewani berupa ekstrak daging ayam atau sapi. Dengan begitu, kuah sup yang Anda olah akan terasa lebih nikmat.

  • Ekstrak protein nabati: Bumbu sup instan juga bisa ditambahi ekstrak protein nabati yang berupa ekstrak jamur. Bumbu sup instan dengan ekstrak protein nabati menjadi pilihan tepat untuk Anda yang vegetarian.

④ Pilih bumbu yang tanpa pewarna dan pengawet buatan

Pilih bumbu yang tanpa pewarna dan pengawet buatan

Beberapa produk bumbu sup instan menambahkan pewarna dan pengawet buatan. Penambahan pewarna buatan bertujuan untuk menghasilkan warna kuah yang menarik. Sementara itu, penambahan pengawet buatan ditambahkan agar masa kedaluwarsa bumbu sup instan lebih lama.


Pewarna dan pengawet buatan dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi secara terus-menerus. Oleh karena itu, sebelum memilih bumbu sup instan, Anda sebaiknya memeriksa terlebih dahulu komposisinya. Demi kesehatan Anda, sebaiknya menghindari produk bumbu instan dengan tambahan pewarna dan pengawet buatan.

⑤ Perhatikan porsi penggunaan bumbu

Perhatikan porsi penggunaan bumbu

Hal penting yang perlu Anda perhatikan setelah mendapatkan bumbu sup instan adalah jumlah porsi untuk satu bungkusnya. Satu bungkus bumbu sup instan pada umumnya dapat digunakan untuk memasak 3–4 porsi. Dengan memperhatikan jumlah porsi, Anda bisa mengolah sup dengan rasa yang pas.

 
Ketentuan jumlah porsi biasanya tertera pada bagian belakang kemasan. Jumlah porsi tersebut berkaitan dengan jumlah air yang perlu ditambahkan ketika memasak sup. Jangan sampai Anda memasukkan air terlalu banyak karena dapat menyebabkan kuah sup terasa hambar. Sebaliknya, jika airnya kurang, rasa sup akan terlalu asin.

10 Rekomendasi bumbu sop instan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bumbu sop instan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Daesang Agung

Bumbu Sop MamaSuka

Daesang Agung  Bumbu Sop MamaSuka 1枚目

Bumbu lengkap untuk membuat aneka sop

2

Lobo

Tom Yum Paste

Lobo Tom Yum Paste 1枚目

Hadirkan cita rasa tom yam asli dari Thailand

3

Indofood

Bumbu Racik Sayur Sop

Indofood Bumbu Racik Sayur Sop 1枚目

Bumbu racikan yang ingatkan masakan rumah

4

Bamboe

Bumbu Instan Sop

Bamboe Bumbu Instan Sop 1枚目

Satu bumbu instan bisa untuk memasak tiga jenis sop

5

Rempah Nusantara

Bumbu Komplit Sop Iga

Rempah Nusantara Bumbu Komplit Sop Iga 1枚目

Bumbu dari resep tradisional yang hadirkan sop bercita rasa lokal

6

Sarimunik Mandiri

Munik Bumbu Tom Yam

Sarimunik Mandiri Munik Bumbu Tom Yam 1枚目

Cicipi sensasi rasa asam manis segar dengan praktis

7

Ajinomoto

Sajiku Bumbu Praktis Sayur Sop

Ajinomoto Sajiku Bumbu Praktis Sayur Sop 1枚目

Dengan ekstrak daging ayam pilihan, kaldu terasa lezat

8

Sabana Barokah

SABA Bumbu Masak Resep Warisan Bundo Sop Daging

Sabana Barokah SABA Bumbu Masak Resep Warisan Bundo Sop Daging 1枚目

Bumbu basah dengan rempah kering khas Minang

9

MSH Rempah

Bumbu Sop Ayam Premix Non MSG

MSH Rempah Bumbu Sop Ayam Premix Non MSG 1枚目

Aroma sedap yang bisa menggugah selera makan

10

Serasa Food

Dapur Ijah Bumbu Sop

Serasa Food Dapur Ijah Bumbu Sop 1枚目

Rasa alami, seenak buatan sendiri

Perincian produk
Close
No.1

Daesang Agung Bumbu Sop MamaSuka

Mulai dari Rp550,00

Bumbu lengkap untuk membuat aneka sop

MamaSuka menjadi salah brand yang terkenal dengan produk bumbu instan. Salah satu produknya adalah bumbu sop. Bagi Anda yang gemar memakan sup, jadikan bumbu ini sebagai bahan persediaan. Bumbu sup dari MamaSuka dapat digunakan untuk memasak aneka ragam sup. Bumbu ini cocok untuk Anda yang tinggal sendiri karena satu bungkus bisa digunakan untuk satu porsi.

No.2

Hadirkan cita rasa tom yam asli dari Thailand

Lobo merupakan brand yang berasal dari Thailand yang populer akan bahan dan bumbu masakan Thailand. Bagi Anda yang ingin menghadirkan tom yam dengan cita rasa asli Thailand, silakan memilih bumbu instan yang satu ini. Kombinasi rasa pedas dan asam menjadikan kuahnya terasa menyegarkan.

No.3

IndofoodBumbu Racik Sayur Sop

Mulai dari Rp2.000,00

Bumbu racikan yang ingatkan masakan rumah

Sup menjadi salah satu masakan rumahan yang sering dirindukan. Anda yang sedang merantau kini bisa mencicipi sup ala masakan rumah dengan Bumbu Racik Sayur Sop dari Indofood. Produk ini memiliki rasa seenak bumbu racikan di rumah. Dengan tambahan perisa ayam, sup akan terasa lebih nikmat.

No.4

Satu bumbu instan bisa untuk memasak tiga jenis sop

Sup menjadi masakan wajib di rumah Anda? Jika iya, Anda bisa menstok bumbu sup instan dari Bamboe agar memasak lebih praktis. Anda bisa menggunakan bumbu instan ini untuk memasak tiga jenis sup sekaligus, yaitu sup ayam, daging, dan buntut. Tambahan lagi, bumbu sup instan ini terbuat dari bahan alami yang ditambahi dengan minyak nabati yang menjadikan rasa sup makin sedap.

No.5

Rempah NusantaraBumbu Komplit Sop Iga

Mulai dari Rp7.500,00

Bumbu dari resep tradisional yang hadirkan sop bercita rasa lokal

Sup iga menjadi salah satu makanan favorit keluarga Indonesia. Jika keluarga Anda juga demikian, tidak ada salahnya menyimpan Bumbu Komplit Sop Iga dari Rempah Nusantara di dapur Anda. Bumbu ini diolah dari resep tradisional sehingga ketika Anda dapat menghidangkan sup iga dengan cita rasa lokal. Tinggal siapkan dan presto daging iga, lalu campurkan saset bumbu instan ini ke dalam sup!

No.6

Sarimunik MandiriMunik Bumbu Tom Yam

Mulai dari Rp43.800,00

Cicipi sensasi rasa asam manis segar dengan praktis

Bagi Anda penggemar tom yam, kini tak perlu jauh-jauh ke Thailand. Anda bisa menyantap tom yam dari rumah berkat Munik Bumbu Tom Yam. Sensasi rasa asam manis segar bisa Anda cicipi dengan praktis. Pasalnya, Anda tidak perlu menumis saat hendak memasaknya. Anda pun tidak perlu menambahkan garam dapur atau bumbu lagi untuk menambahkan rasa.

No.7

AjinomotoSajiku Bumbu Praktis Sayur Sop

Mulai dari Rp2.000,00

Dengan ekstrak daging ayam pilihan, kaldu terasa lezat

Ingin memasak sup dengan bahan seadanya, tetapi rasa tiada duanya? Gunakan saja Sajiku Bumbu Praktis Sayur Sop. Anda dapat menghasilkan olahan sup dengan rasa yang nikmat di rumah. Bumbu sup instan ini terbuat dari rempah pilihan yang dikeringkan serta diberi tambahan ekstrak daging pilihan. Tambahan ekstrak daging ayam pilihan menjadikan kuah serasa kaldu yang lezat.

No.8

Sabana BarokahSABA Bumbu Masak Resep Warisan Bundo Sop Daging

Mulai dari Rp7.000,00

Bumbu basah dengan rempah kering khas Minang

Tanah Minang menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang terkenal dengan makanannya yang lezat. Salah satu makanan khas Minang yang tidak boleh Anda lewatkan adalah sup daging. 


Kini Anda bisa menghadirkan sup daging khas Minang di rumah dengan memasak menggunakan bumbu sup daging merek SABA. Bumbu basah yang dikombinasikan dengan rempah kering ini diramu layaknya bumbu khas Minang.

No.9

MSH RempahBumbu Sop Ayam Premix Non MSG

Mulai dari Rp13.500,00

Aroma sedap yang bisa menggugah selera makan

Bumbu Sop Ayam Premix dari MSH Rempah terbuat dari rempah murni yang bebas MSG. Karena itu, memasak menggunakan bumbu sop ini aman bagi balita. Di samping itu, bumbu sup ini juga memiliki aroma rempah yang sedap sehingga mampu membangkitkan selera makan. Anda bisa menggunakan bumbu instan ini untuk memasak supaya anak di rumah lahap makan.

No.10

Serasa FoodDapur Ijah Bumbu Sop

Mulai dari Rp6.500,00

Rasa alami, seenak buatan sendiri

Beberapa orang enggan menggunakan bumbu instan karena rasanya yang kurang alami. Jika Anda beranggapan demikian, ada baiknya Anda mencoba bumbu sup instan dari Serasa Food. Bumbu sup instan ini dibuat seperti racikan rumahan sehingga rasanya lebih alami. Selain itu, rasa bumbu instan ini tidak kalah enak dengan buatan sendiri.

Tips memasak menggunakan bumbu sop instan

Tips memasak menggunakan bumbu sop instan

Memasak menggunakan bumbu sup instan memanglah praktis. Namun, Anda tidak boleh memasak secara asal-asalan agar sup tetap terasa nikmat. Supaya sup buatan Anda makin lezat, perhatikan tips memasak sup menggunakan bumbu instan berikut.

  1. Siapkan bumbu sup instan dan bahan-bahan yang diperlukan.
  2. Kupas bahan jika diperlukan kemudian cuci hingga bersih lalu potong sesuai selera.
  3. Letakkan panci di atas kompor kemudian nyalakan api kecil.
  4. Jika ingin menambahkan bawang, masukkan sedikit minyak lalu tumis.
  5. Jika sudah tercium harum, masukkan air sesuai takaran.
  6. Masukkan bahan-bahan dengan urutan yang paling sulit lunak.
  7. Jika semua bahan sudah masuk, tambahkan bumbu sup instan.
  8. Aduk rata lalu cicipi. Jika sudah pas, sup siap dihidangkan.

Baca juga rekomendasi bumbu instan lainnya di sini

Bumbu instan hadir untuk memudahkan Anda dalam memasak. Selain bumbu sup instan, tentunya ada beragam jenis bumbu instan lainnya. Klik tautan di bawah ini dan temukan berbagai bumbu instan sesuai dengan masakan yang ingin Anda olah.

Kesimpulan

Hadirnya bumbu sup instan memudahkan Anda dalam memasak. Anda tidak perlu meracik bumbu dari beragam rempah sehingga lebih praktis. Variannya pun sangat beragam, mulai dari sup ala Nusantara hingga mancanegara.


Dalam memilih bumbu sup instan, pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan sup yang ingin diolah. Ikuti tips memilih yang telah kami bahas agar tidak keliru. Produk yang kami rekomendasikan juga bisa menjadi pilihan. Selamat memasak dengan bumbu sup instan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer