• 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Olympus Terbaik (Terbaru 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Olympus Terbaik (Terbaru 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Olympus Terbaik (Terbaru 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Olympus Terbaik (Terbaru 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Olympus Terbaik (Terbaru 2020) 5

10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Olympus Terbaik (Terbaru 2020)

Anda yang menyukai fotografi pasti sudah tidak asing dengan Olympus. Produsen kamera yang populer ini memiliki dua seri kamera mirrorless. Seri tersebut adalah PEN yang cocok bagi pemula dan OM-D yang banyak dipakai fotografer profesional. Namun, Anda mungkin bingung saat membeli kamera mirrorless Olympus karena banyaknya pilihan.


Jangan khawatir, kami akan menjelaskan cara memilih kamera mirrorless Olympus. Kami juga akan mengulas sepuluh kamera mirrorless Olympus terbaik yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli. Ada kamera OM-D E-M5 Mark II dan OM-D E-M10 Mark II, lho. Disimak sampai selesai, ya.

  • Pembaharuan terakhir: 22 Desember 2020
  • 66 Views
Daftar isi

Kecil dan ringan, kamera Olympus juga pas untuk pemula

Kecil dan ringan, kamera Olympus juga pas untuk pemula

Kamera mirrorless Olympus sangat menarik karena ukurannya kecil dan ringan, tetapi kualitas gambarnya tinggi. Kuncinya berada pada penggunaan sensor gambar 4/3 inci yang mengikuti standar Micro Four Thirds. Sensornya yang kecil membuat kamera menjadi lebih ringan, mudah digunakan sehari-hari, dan dibawa ke mana saja.


Ukuran sensor yang sering dipakai pada kamera mirrorless umumnya ada tiga. Jika diurutkan dari yang terbesar, ukuran sensor ini adalah full-frame 35 mm, APS-C, dan 4/3. Melihat ukuran sensornya, kualitas gambar yang mumpuni bisa tercapai tanpa meningkatkan jumlah piksel secara paksa.


Selain itu, kamera mirrorless Olympus dilengkapi berbagai fitur yang mudah digunakan tanpa pengaturan yang rumit. Karena itu, kamera mirrorless Olympus sangat cocok untuk pengguna kamera mirrorless pemula. Semua model kamera mirrorless Olympus juga sudah dilengkapi fungsi stabilisasi gambar.


Sebagai tambahan, Olympus menyediakan banyak model kamera dengan lensa yang dapat dilepas pasang. Menariknya, Anda dapat menggunakan beberapa lensa dari Panasonic atau merek lainnya yang memiliki sistem Micro Four Thirds.


Tak hanya untuk pemula, kamera mirrorless Olympus juga cocok untuk dijadikan kamera cadangan fotografer profesional. Sebagai kamera utama pun fungsi dan kinerjanya cukup mumpuni. Karena itu, kamera mirrorless Olympus bisa Anda andalkan dalam waktu lama.

Cara memilih kamera mirrorless Olympus

Saat memilih kamera mirrorless Olympus, perhatikan lima poin berikut ini. Temukan kamera mirrorless yang sempurna untuk Anda!

Pilih berdasarkan serinya

Ada dua seri pada kamera mirrorless Olympus yaitu OM-D dan PEN. Ketahui karakteristik setiap seri dan pilih yang cocok dengan kebutuhan Anda. 

OM-D, jika ingin menggunakan kamera dengan serius

OM-D, jika ingin menggunakan kamera dengan serius

Bagi Anda yang ingin menggunakan kamera dengan sungguh-sungguh, kami merekomendasikan seri OM-D. Dibandingkan seri PEN yang berukuran kecil dengan desain lucu, seri OM-D terlihat seperti kamera tradisional.


Seri ini memiliki spesifikasi tahan debu dan air seperti pada E-M1 Mark III dan E-M5 Mark III. Karena antidebu dan tahan air, Anda bisa membawanya dalam kondisi apa pun. Kamera seri OM-D juga dilengkapi dengan fitur electronic viewfinder (EVF) yang melihat ke arah jendela kecil (finder window). 


Keuntungan dari EVF adalah Anda dapat memeriksa hasil akhir dari gambar yang Anda ambil. Selain itu, Anda juga tidak akan kesulitan melihat hasil akhir walau berada di tempat terang. Seri ini direkomendasikan bagi Anda yang menyukai gaya memotret dengan melihat ke dalam jendela bidik.

PEN, untuk kamera yang mudah dibawa ke mana pun

PEN, untuk kamera yang mudah dibawa ke mana pun

Seri PEN sangat populer di kalangan fotografer pemula dan wanita modis berkat desain kameranya. Seri ini sudah beredar lama sejak peluncuran sistem Micro Four Thirds. Banyak orang langsung berpikir tentang seri PEN ketika membicarakan kamera mirrorless Olympus.


Pengoperasiannya sangat mudah dipahami sehingga menjadi salah satu fitur unggulan pada kamera ini. Seri ini juga dilengkapi fungsi stabilisasi gambar pada bodi kameranya. Anda dapat mengambil gambar indah hanya dengan menyalakan kamera kemudian menekan shutter. Namun, seri PEN juga menarik perhatian para pengguna veteran karena ukurannya yang kecil tetapi memiliki fungsi memadai.


Sebagai tambahan, seri ini dilengkapi dengan art filter yang menambah keindahan hasil foto Anda. Anda juga bisa mengatur tingkat eksposur dan warnanya jika tak ingin menggunakan fitur full-auto. Karena itu, seri PEN direkomendasikan untuk fotografer pemula ataupun profesional yang menginginkan kamera dengan bodi kecil.

Simak hal berikut terkait fungsi stabilisasi gambar

Simak hal berikut terkait fungsi stabilisasi gambar

Semua model kamera mirrorless Olympus memiliki fungsi stabilisasi gambar. Meski begitu, ada beberapa jenis fungsi stabilisasi gambar. Sebagian besar efek koreksi yang diberikan cukup tinggi, tetapi yang terbaik adalah stabilisasi gambar 5-sumbu.


Stabilisasi gambar 5-sumbu akan mengoreksi lima tipe guncangan, yaitu yaw, pitch, shift X, shift Y, dan roll. Yaw adalah guncangan yang menyebabkan sudut kamera berbelok ke kiri dan kanan. Sementara itu, pitch adalah guncangan yang menyebabkan sudut kamera berbelok ke atas dan bawah.


Kemudian, shift X dan shift Y adalah guncangan yang menyebabkan kamera bergeser secara horizontal atau vertikal. Terakhir, roll adalah guncangan pada sumbu optik. Dengan fungsi stabilisasi gambar 5-sumbu, Anda juga bisa merekam video dengan stabil walau tidak memakai tripod. 


Semua seri OM-D sudah dilengkapi stabilisasi gambar 5-sumbu. Namun, seri PEN hanya memiliki stabilisasi gambar 3-sumbu tanpa koreksi shift X dan shift Y. Jika Anda tidak menyukai guncangan yang mengganggu hasil gambar, sebaiknya Anda memilih kamera OM-D. Apabila Anda mementingkan desain kamera yang mudah dibawa, sebaiknya memilih seri PEN.

Jika Anda membutuhkan EVF, pilih seri OM-D

Jika Anda membutuhkan EVF, pilih seri OM-D

Electronic viewfinder (EVF) memungkinkan Anda untuk mengambil gambar sambil menatap subjeknya. Fitur ini terdapat di semua model seri OM-D, tetapi belum tentu ada pada seri PEN. Jika Anda membutuhkan EVF, sebaiknya pilih seri OM-D. Beberapa model kamera yang lama dapat dipasangi viewfinder eksternal. Akan tetapi, model-model terbaru biasanya tidak kompatibel dengan hal tersebut.

Jangan terlalu terpaku pada besar piksel

Jangan terlalu terpaku pada besar piksel

Ketika membandingkan spesifikasi kamera, jumlah piksel menjadi perhatian banyak orang. Beberapa pemula bahkan mengira makin tinggi piksel maka makin bagus kualitasnya.


Piksel adalah ketika cahaya yang berasal dari lensa dibagi menjadi beberapa titik pada sensor dan kemudian dikonversi menjadi data digital. Makin besar angkanya, makin baik detail yang ditampilkan. Namun, jika peningkatannya terlalu banyak, jumlah cahaya yang mengenai setiap titik akan berkurang. Gambar pun menjadi tidak jelas. Bisa dibilang, akan terdapat noise dan kualitas gambarnya menurun.


Untuk menambah jumlah piksel dan tetap menjaga kualitas gambar, perlu dilakukan peningkatan ukuran sensor. Namun, perlu diingat, Anda bisa memperoleh gambar dengan kualitas baik meski dengan sensor yang kecil.


Semua kamera mirrorless Olympus menggunakan ukuran yang sama, yaitu sensor Live MOS 4/3 inci. Sensor ini relatif kecil untuk kamera mirrorless. Jumlah piksel efektifnya juga sekitar 16,05 juta atau 20,37 juta piksel, tidak sebesar produk lain.


Meski begitu, sensor tersebut cukup untuk foto yang akan dicetak ataupun diunggah di media sosial. Kualitas gambarnya juga cukup sempurna. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir dengan jumlah piksel.

Cek fungsi tambahannya

Cek fungsi tambahannya

Selain fungsi dasar, kamera mirrorless Olympus juga memiliki fungsi tambahan yang menarik pada produknya. Ada beberapa perbedaan tergantung setiap model. Pastikan Anda mengecek informasinya melalui situs resmi atau katalog Olympus.


Sebagai contoh, terdapat berbagai fungsi tambahan yang berguna, seperti mode senyap. Kamera tidak akan mengeluarkan suara saat shutter digunakan untuk memotret anak-anak dan hewan peliharaan. Ada juga fitur video 4K yang membantu Anda merekam gambar dengan kualitas tinggi.


Beberapa hal tertentu memengaruhi hasil akhir foto dan video di setiap model kamera mirrorless Olympus. Misalnya, seperti banyaknya jenis art filter serta ada atau tidaknya art effect saat merekam video. Mari pilih model kamera terbaik sesuai dengan kebutuhan gambar yang ingin Anda ambil. 

10 Rekomendasi kamera mirrorless Olympus terbaik

Selanjutnya, kami akan memperkenalkan sepuluh kamera mirrorless Olympus terbaik yang dapat Anda pilih. Baca sampai selesai dan temukan kamera mirrorless Olympus yang pas untuk Anda!

10
Dimensi117,1 mm x 68,3 mm x 38,4 mm
BeratSekitar 374 g
MonitorLCD bergerak 3 inci
FinderKompatibel dengan electronic viewfinder VF-2, VF-3 dan VF-4 yang tersedia secara terpisah
Fungsi stabilisasi gambarBuilt-in stabilisasi gambar 3-sumbu
Fungsi tambahanArt filter (14 tipe), art effect (9 tipe), dll
9
Dimensi134,1 mm x 90,9 mm x 68,9 mm
BeratSekitar 574 g
Monitor3 inci
FinderAda
Fungsi stabilisasi gambarBuilt-in stabilisasi gambar 5-sumbu
Fungsi tambahanFungsi kustomisasi, art filter (16 tipe), art effect (9 tipe), dll
8
Dimensi117,1 mm x 68,0 mm x 39,0 mm
BeratSekitar 380 g
MonitorLCD bergerak 3 inci
Finder-
Fungsi stabilisasi gambarBuilt-in stabilisasi gambar 3-sumbu
Fungsi tambahanArt filter (16 tipe), mode scene (6 tipe), fitur berbagi gambar
7
Dimensi123,7 mm x 85 mm x 44,5 mm
BeratSekitar 469 g
Monitor3 inci
FinderAda
Fungsi stabiliasi gambarBuilt-in stabilisasi gambar 5-sumbu
Fungsi tambahanArt filter (15 tipe), art effect (9 tipe), dll
6
Dimensi124,8 mm x 72,1 mm x 37,3 mm
BeratSekitar 427 g
Monitor3 inci
FinderAda
Fungsi stabilisasi gambarBuilt-in stabilisasi gambar 5-sumbu
Fungsi tambahanArt filter (15 tipe), art effect (9 tipe), kontrol profil monokrom, dll
5
Dimensi125,3 mm x 85,2 mm x 49,7 mm
BeratSekitar 414 g
Monitor3 inci
FinderAda
Fungsi stabilisasi gambarBuilt-in stabilisasi gambar 5-sumbu
Fungsi tambahanArt filter (16 tipe), art effect (9 tipe), mode pengambilan gambar pro
4
Dimensi121,5 mm x 83,6 mm x 49,5 mm
BeratSekitar 410 g
Monitor3 inci
FinderAda
Fungsi stabilisasi gambarBuilt-in stabilisasi gambar 5-sumbu
Fungsi tambahanArt filter (15 tipe), art effect (9 tipe), fungsi kustomisasi, dll
3
Dimensi 119,5 mm x 83,1 mm x 46,7 mm
BeratSekitar 399 g
Monitor3 inci
FinderAda
Fungsi stabilisasi gambarBuilt-in stabilisasi gambar 5-sumbu
Fungsi tambahanArt filter (14 tipe), art effect (9 tipe), mode pemotretan senyap, braket fokus, dll
2
Dimensi144,4 mm x 146,8 mm x 75,4 mm
BeratSekitar 997 g
Monitor3 inci
FinderAda
Fungsi stabilisasi gambarBuilt-in stabilisasi gambar 5-sumbu
Fungsi tambahanArt filter (16 tipe), art effect (9 tipe), live ND, high resolution shot, dll
1
Dimensi134,1 mm x 90,9 mm x 68,9 mm
BeratSekitar 580 g
Monitor3 inci, panel sentuh
FinderAda
Fungsi stabilisasi gambarBuilt-in stabilisasi gambar 5-sumbu
Fungsi tambahanArt filter (16 tipe), mode live ND, dll

Tabel perbandingan produk kamera mirrorless Olympus terbaik

Gambar produk
1
Olympus OM-D E-M1 Mark III 1

Olympus

2
Olympus OM-D E-M1X 1

Olympus

3
Olympus OM-D E-M10 Mark II  1

Olympus

4
Olympus OM-D E-M10 Mark III  1

Olympus

5
Olympus OM-D E-M5 Mark III  1

Olympus

6
Olympus PEN-F 1

Olympus

7
Olympus OM-D E-M5 Mark II 1

Olympus

8
Olympus PEN E-PL9  1

Olympus

9
Olympus OM-D E-M1 Mark II  1

Olympus

10
Olympus PEN E-PL8  1

Olympus

Nama produk

OM-D E-M1 Mark III

OM-D E-M1X

OM-D E-M10 Mark II

OM-D E-M10 Mark III

OM-D E-M5 Mark III

PEN-F

OM-D E-M5 Mark II

PEN E-PL9

OM-D E-M1 Mark II

PEN E-PL8

Keunggulan

Menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan bodi kamera yang ringan

Kamera dengan fitur lengkap untuk fotografer profesional

Operasinya mudah, pas dipakai sehari-hari

Bebas blur saat mengambil foto di tempat gelap

Bodinya ringan dan mampu bertahan pada suhu minus, cocok digunakan di lingkungan ekstrem

Ada fitur rana performa tinggi, pas untuk fotografi jalanan (street photography)

Kamera antidebu dan tahan air untuk para pencinta alam

Mudah membagikan hasil foto ke media sosial

Mode pemotretan beruntun dengan kecepatan tinggi yang cocok untuk kegiatan alam liar

Desainnya modis dan menyenangkan untuk dibawa ke mana pun

HargaRp 25.650.000,00Rp 48.999.000,00Rp 10.958.000,00Rp 17.999.000,00Rp 18.999.000,00Rp 13.999.000,00Rp 15.399.000,00Rp 17.099.000,00Rp 24.999.000,00Rp 9.599.000,00
Dimensi134,1 mm x 90,9 mm x 68,9 mm144,4 mm x 146,8 mm x 75,4 mm 119,5 mm x 83,1 mm x 46,7 mm121,5 mm x 83,6 mm x 49,5 mm125,3 mm x 85,2 mm x 49,7 mm124,8 mm x 72,1 mm x 37,3 mm123,7 mm x 85 mm x 44,5 mm117,1 mm x 68,0 mm x 39,0 mm134,1 mm x 90,9 mm x 68,9 mm117,1 mm x 68,3 mm x 38,4 mm
BeratSekitar 580 gSekitar 997 gSekitar 399 gSekitar 410 gSekitar 414 gSekitar 427 gSekitar 469 gSekitar 380 gSekitar 574 gSekitar 374 g
Monitor3 inci, panel sentuh3 inci3 inci3 inci3 inci3 inci3 inciLCD bergerak 3 inci3 inciLCD bergerak 3 inci
FinderAdaAdaAdaAdaAdaAdaAda-AdaKompatibel dengan electronic viewfinder VF-2, VF-3 dan VF-4 yang tersedia secara terpisah
Fungsi stabilisasi gambarBuilt-in stabilisasi gambar 5-sumbuBuilt-in stabilisasi gambar 5-sumbuBuilt-in stabilisasi gambar 5-sumbuBuilt-in stabilisasi gambar 5-sumbuBuilt-in stabilisasi gambar 5-sumbuBuilt-in stabilisasi gambar 5-sumbuBuilt-in stabilisasi gambar 5-sumbuBuilt-in stabilisasi gambar 3-sumbuBuilt-in stabilisasi gambar 5-sumbuBuilt-in stabilisasi gambar 3-sumbu
Fungsi tambahanArt filter (16 tipe), mode live ND, dllArt filter (16 tipe), art effect (9 tipe), live ND, high resolution shot, dllArt filter (14 tipe), art effect (9 tipe), mode pemotretan senyap, braket fokus, dllArt filter (15 tipe), art effect (9 tipe), fungsi kustomisasi, dllArt filter (16 tipe), art effect (9 tipe), mode pengambilan gambar proArt filter (15 tipe), art effect (9 tipe), kontrol profil monokrom, dllArt filter (15 tipe), art effect (9 tipe), dllArt filter (16 tipe), mode scene (6 tipe), fitur berbagi gambarFungsi kustomisasi, art filter (16 tipe), art effect (9 tipe), dllArt filter (14 tipe), art effect (9 tipe), dll
Tautan produk

Baca juga rekomendasi kamera mirrorless lainnya di sini

Kali ini, kami memperkenalkan kamera mirrorless Olympus. Namun, ada beberapa produk kamera mirorless lainnya. Artikel-artikel di bawah ini merupakan rekomendasi kamera mirorrles dari beberapa merek yang cukup terkenal. Anda juga bisa mengeceknya sebagai perbandingan.

Kesimpulan

Kami telah memberikan informasi mengenai cara memilih produk kamera mirrorless Olympus. Kamera ini terkenal karena performa dan desainnya yang sangat dibutuhkan fotografer pemula maupun profesional.


Kamera mirrorless Olympus bisa digunakan dalam waktu lama. Pertama-tama, Anda bisa memotret dengan mode otomatis. Namun setelahnya, Anda dapat menggunakannya sesuai dengan teknik fotografi yang lebih baik. Silakan pilih kamera mirrorless Olympus yang paling cocok untuk Anda dan selamat memotret!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera mirrorless (kamera tanpa cermin) adalah produk yang tepat jika Anda menginginkan hasil yang lebih bagus daripada kamera smartphone. Setiap produknya memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing. Tergantung pada tujuan penggunaannya, Anda harus memperhatikan berbagai poin, seperti berat, lensa, dan ukuran saat memilih kamera yang tepat.Untuk memudahkan Anda memilih, kali ini kami akan mengulas cara memilih kamera mirrorless terbaik untuk Anda. Beberapa produsen di pasaran, seperti Sony, Canon, dan Fujifilm, memiliki produk unggulan dengan kualitas terbaik. Ulasan produk rekomendasi terbaik tersebut akan kami sampaikan di akhir artikel. Silahkan disimak!
    Kamera mirrorless
    40.665 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    8.968 Views
  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda memiliki hobi fotografi? Tentunya harga kamera dan lensa SLR Anda tidak dapat dibilang murah, ya. Pastinya Anda ingin menjaga agar lensa tetap aman dari goresan meskipun sering digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk perlindungan lensa Anda, filter lensa merupakan solusinya.Ada banyak brand yang memproduksi filter lensa, seperti K&F Concept, ZOMEi, dan Hoya. Tidak hanya untuk melindungi lensa, filter lensa juga dapat berfungsi untuk efek fotografi. Barangkali Anda cukup kewalahan memilih filter lensa yang Anda butuhkan. Karena itu, simaklah tips serta rekomendasi dari kami.
    Lensa & aksesori
    8.712 Views
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan atau traveling.Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
    1.714 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa tele atau telephoto lens digunakan untuk memotret berbagai kegiatan, seperti pertandingan olahraga, foto lanskap, atau burung-burung liar. Namun, banyaknya produsen lensa tele seperti Canon, Nikon, Sigma, dan sebagainya mungkin membuat Anda bingung memilih produk terbaik.Karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi lensa tele terbaik yang berbeda fitur, spesifikasi, dan harga satu sama lain. Semoga menginspirasi Anda dan membantu Anda dalam menemukan lensa yang tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    19.776 Views
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagian orang mungkin berpikir bahwa penggunaan lens hood untuk lensa kamera tidaklah diperlukan. Namun, penggunaan lens hood nyatanya memberi pengaruh bagi kualitas gambar yang dihasilkan saat Anda memotret objek gambar. Foto yang dihasilkan tentunya akan lebih sempurna.Ternyata cukup banyak jenis lens hood yang beredar di pasaran sehingga mungkin menyulitkan Anda. Melalui artikel ini, kami menjelaskan cara memilih lens hood terbaik berdasarkan fungsi dan efek yang dapat dihasilkan. Sebelum membahas lebih jauh, akan kami jelaskan beberapa kegunaan lens hood pada kamera.
    Lensa & aksesori
    2.534 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2020)
    Sony dikenal sebagai industri yang terus mengembangkan peralatan digital menggantikan DSLR. Berbagai jenis seri kamera telah diluncurkan, baik yang bersensor full-frame dan APS-C, maupun dengan hasil 4K dan Full HD. Bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan mirrorless, tentu akan kesulitan menentukan pilihan.Kami akan memberikan ulasan yang dapat membantu Anda dalam memilih kamera mirrorless merek Sony berdasarkan kemampuan dan spesifikasinya. Jadikan artikel ini sebagai referensi untuk menentukan pilihan kamera mirrorless Sony sesuai kebutuhan Anda!
    Kamera mirrorless
    7.699 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Fujifilm merupakan salah satu produsen kamera mirrorless terbaik. Gambar yang dihasilkan kamera mirrorless Fujifilm bisa dibilang sama bagusnya dengan kamera DSLR biasa. Bagi beberapa pengguna, warna yang dihasilkan kamera Fuji memiliki ciri khas yang unik. Ada beberapa tipenya yang sudah terkenal, seperti X-A5 dan X-A10 yang biasa digunakan pemula.Di artikel ini, kami sudah memilihkan sepuluh kamera mirrorless Fujifilm terbaik untuk Anda. Jika Anda sedang mencari kamera mirrorless yang cocok, silakan membaca hingga akhir. Selamat membaca!
    Kamera mirrorless
    9.597 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Era digital berkembang dengan sangat pesat. Adanya berbagai jenis media sosial, seperti Instagram, YouTube, TikTok, dan lainnya membuat banyak orang berlomba-lomba mengunggah foto dan video miliknya. Fotografi pun berubah menjadi salah satu skill yang sangat menarik untuk dipelajari.Kamera mirrorless dengan bodi minimalis dan fitur-fitur yang canggih menjadikannya salah satu pilihan tepat untuk belajar fotografi. Bagi Anda yang berencana membeli kamera mirrorless, artikel ini bisa dijadikan referensi. Cara memilih dan beberapa rekomendasi dari merek terbaik, seperti Sony, Fujifilm, dan Canon, akan kami berikan untuk Anda. 
    Kamera mirrorless
    10.125 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera mirrorless Samsung merupakan salah satu produk dari produsen elektronik terkemuka dari Korea Selatan, Samsung. Anda mungkin lebih mengenal smartphone Samsung dibandingkan dengan produk kamera mirrorless-nya. Akan tetapi, sama seperti kamera pada smartphone Samsung, kamera mirrorless Samsung juga memiliki keunggulan tersendiri.Ada berbagai model dan kualitas pengambilan gambar, seperti NX1, NX Mini, dan NX500. Hal ini mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan kamera mirrorless Samsung yang terbaik. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips memilih kamera mirrorless Samsung dan produk rekomendasinya. Simak terus, ya!
    Kamera mirrorless
    680 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera mirrorless (kamera tanpa cermin) adalah produk yang tepat jika Anda menginginkan hasil yang lebih bagus daripada kamera smartphone. Setiap produknya memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing. Tergantung pada tujuan penggunaannya, Anda harus memperhatikan berbagai poin, seperti berat, lensa, dan ukuran saat memilih kamera yang tepat.Untuk memudahkan Anda memilih, kali ini kami akan mengulas cara memilih kamera mirrorless terbaik untuk Anda. Beberapa produsen di pasaran, seperti Sony, Canon, dan Fujifilm, memiliki produk unggulan dengan kualitas terbaik. Ulasan produk rekomendasi terbaik tersebut akan kami sampaikan di akhir artikel. Silahkan disimak!
    Kamera mirrorless
    40.665 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Era digital berkembang dengan sangat pesat. Adanya berbagai jenis media sosial, seperti Instagram, YouTube, TikTok, dan lainnya membuat banyak orang berlomba-lomba mengunggah foto dan video miliknya. Fotografi pun berubah menjadi salah satu skill yang sangat menarik untuk dipelajari.Kamera mirrorless dengan bodi minimalis dan fitur-fitur yang canggih menjadikannya salah satu pilihan tepat untuk belajar fotografi. Bagi Anda yang berencana membeli kamera mirrorless, artikel ini bisa dijadikan referensi. Cara memilih dan beberapa rekomendasi dari merek terbaik, seperti Sony, Fujifilm, dan Canon, akan kami berikan untuk Anda. 
    Kamera mirrorless
    10.125 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Fujifilm merupakan salah satu produsen kamera mirrorless terbaik. Gambar yang dihasilkan kamera mirrorless Fujifilm bisa dibilang sama bagusnya dengan kamera DSLR biasa. Bagi beberapa pengguna, warna yang dihasilkan kamera Fuji memiliki ciri khas yang unik. Ada beberapa tipenya yang sudah terkenal, seperti X-A5 dan X-A10 yang biasa digunakan pemula.Di artikel ini, kami sudah memilihkan sepuluh kamera mirrorless Fujifilm terbaik untuk Anda. Jika Anda sedang mencari kamera mirrorless yang cocok, silakan membaca hingga akhir. Selamat membaca!
    Kamera mirrorless
    9.597 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2020)
    Sony dikenal sebagai industri yang terus mengembangkan peralatan digital menggantikan DSLR. Berbagai jenis seri kamera telah diluncurkan, baik yang bersensor full-frame dan APS-C, maupun dengan hasil 4K dan Full HD. Bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan mirrorless, tentu akan kesulitan menentukan pilihan.Kami akan memberikan ulasan yang dapat membantu Anda dalam memilih kamera mirrorless merek Sony berdasarkan kemampuan dan spesifikasinya. Jadikan artikel ini sebagai referensi untuk menentukan pilihan kamera mirrorless Sony sesuai kebutuhan Anda!
    Kamera mirrorless
    7.699 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera mirrorless Samsung merupakan salah satu produk dari produsen elektronik terkemuka dari Korea Selatan, Samsung. Anda mungkin lebih mengenal smartphone Samsung dibandingkan dengan produk kamera mirrorless-nya. Akan tetapi, sama seperti kamera pada smartphone Samsung, kamera mirrorless Samsung juga memiliki keunggulan tersendiri.Ada berbagai model dan kualitas pengambilan gambar, seperti NX1, NX Mini, dan NX500. Hal ini mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan kamera mirrorless Samsung yang terbaik. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips memilih kamera mirrorless Samsung dan produk rekomendasinya. Simak terus, ya!
    Kamera mirrorless
    680 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    8.968 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori