• 10 Rekomendasi Sambal Terasi Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sambal Terasi Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sambal Terasi Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sambal Terasi Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sambal Terasi Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sambal Terasi Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Apakah Anda pencinta makanan pedas? Pasti tak lengkap rasanya makan tanpa sambal. Salah satu jenis sambal yang populer di kalangan masyarakat adalah sambal terasi. Aroma terasi yang nikmat mampu menggugah selera makan. Namun, karena proses membuatnya yang dianggap merepotkan bagi sebagian orang, sambal terasi instan dalam kemasan menjadi pilihan terbaik.


Karena itu, kali ini kami akan memberikan tips memilih sambal terasi. ABC, Kokita, Del Monte, dan Sasa adalah beberapa merk sambal terasi terkenal yang juga akan kami ulas untuk Anda. Simak artikel ini dan temukan produk terbaik Anda!

  • Pembaharuan terakhir: 27 April 2022
Daftar isi

Cara memilih sambal terasi kemasan

Sambal terasi merupakan salah satu jenis sambal yang menggunakan cabai rawit dan terasi sebagai bahan utamanya. Sambal terasi instan dalam kemasan yang dijual di pasaran biasanya menambahkan komposisi bahan lain untuk menyesuaikan rasa. Jika bingung dalam memilih produk, Anda dapat menjadikan poin-poin di bawah ini sebagai referensi sebelum membeli sambal terasi instan.

Perhatikan kemasannya

Umumnya, sambal terasi instan di pasaran dikemas dalam tiga tipe, yaitu botol kaca, sachet, dan pouch. Tiap kemasan memiliki kelebihannya masing-masing. Anda dapat memilih tipe kemasan tersebut sesuai dengan kebutuhan. Yuk, cari tahu perbedaannya di bawah ini.

Botol kaca, higienis dan tahan lama

Botol kaca, higienis dan tahan lama

Sambal terasi dalam kemasan botol kaca sudah dilengkapi dengan penutup yang rapat. Adanya penutup tersebut mencegah debu dan kotoran masuk sehingga kesegaran sambal dapat terjaga. Namun, segera masukkan sambal ke dalam lemari es setelah Anda membukanya.


Sambal terasi dalam kemasan ini dapat digunakan dalam waktu lama hingga berbulan-bulan asal Anda menyimpannya di dalam lemari es. Jika disimpan di suhu ruang, produk hanya bisa dikonsumsi sekitar beberapa minggu saja. Berat sambal terasi berkemasan botol kaca biasanya sekitar 100–200 gram. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda, ya.

Sachet, praktis untuk sekali konsumsi

Jika Anda adalah orang yang aktif dan sering berada di luar rumah, sambal dengan kemasan sachet cocok untuk Anda. Kemasan ini sangat praktis dibawa ke mana-mana karena tidak memakan tempat.


Sambal terasi dalam kemasan sachet biasanya hanya untuk sekali makan. Anda dapat membuang kemasannya setelah dikonsumsi. Masukkan sambal terasi sachet ke dalam kotak bekal. Dengan begitu, Anda tetap bisa menikmati lezat dan pedasnya sambal favorit di mana pun Anda berada.

Pouch, berkapasitas besar dan ekonomis

Pouch, berkapasitas besar dan ekonomis

Harga yang murah adalah salah satu keunggulan dari sambal terasi berkemasan pouch. Tidak seperti botol kaca, kemasan pouch memiliki kapasitas yang lebih besar. Akan tetapi, jangan lupa untuk menutup kembali perekat pouch setelah membukanya. Sambal terasi dalam kemasan ini lebih pas digunakan untuk konsumsi sehari-hari di rumah karena dimensinya yang cukup besar.

Cek komposisi bahannya

Cek komposisi bahannya

Poin kedua yang penting untuk diperhatikan adalah mengecek komposisi bahan dari sambal terasi yang akan dibeli. Sambal terasi instan mengandung bahan tambahan alami dan juga buatan. Kombinasi bahan tersebut akan menghasilkan sambal dengan cita rasa yang kaya, seperti pedas, manis, asin, dan gurih. Bahan-bahan alami yang digunakan antara lain cabai rawit, tomat, garam, gula, bawang, rempah-rempah, dan tentu saja terasi.


Kemudian, bahan tambahan buatan yang biasanya dipakai adalah penyedap rasa, penguat rasa, dan pengawet. MSG (monosodium glutamate) dan sodium benzoate merupakan bahan pengawet untuk sambal yang aman dikonsumsi. MSG membuat rasa sambal lebih sedap daripada hanya menggunakan bahan alami. Di sisi lain, sodium benzoate berfungsi untuk memperpanjang masa kedaluwarsa.

Buatan pabrik atau rumahan? Pilih sesuai selera

Buatan pabrik atau rumahan? Pilih sesuai selera

Selain merek-merek sambal terasi buatan pabrik yang terkenal, kini telah banyak dijual sambal terasi produksi rumahan. Jangan salah, sambal terasi rumahan memiliki banyak peminat, lho. Karena dibuat secara manual tanpa mesin, cita rasanya mendekati sambal terasi buatan sendiri yang diulek dengan tangan. Namun, Anda harus memastikan bahwa sambal rumahan yang dipilih sudah mengantongi izin atau sertifikasi seperti SPP-IRT (Sertifikat Produksi Pangan – Industri Rumah Tangga). Hal tersebut dilakukan untuk menjamin mutu produk yang akan dibeli.


Berbeda dengan produk rumahan, sambal buatan pabrik skala besar umumnya sudah memiliki label BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) atau Halal MUI. Jika Anda ingin produk yang jelas keamanan dan kehalalannya, produk buatan pabrik adalah pilihan tepat. Rasa sambal yang ditawarkan juga tak kalah lezat. Selain itu, tanggal kedaluwarsanya juga tertera jelas pada kemasan. Pilih sambal terasi buatan pabrik atau rumahan, semua tergantung selera Anda.

Jangan lupa cek masa kedaluwarsanya

Jangan lupa cek masa kedaluwarsanya

Nah, poin yang satu ini jangan sampai Anda abaikan. Jangan hanya mengandalkan indra penciuman atau penglihatan, Anda harus mengecek tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan sambal terasi. Memeriksa tanggal kedaluwarsa merupakan langkah sederhana untuk mencegah Anda dari keracunan atau gangguan pencernaan.


Jika membeli produk rumahan, sebaiknya Anda benar-benar mengecek tanggal kedaluwarsanya. Sambal terasi dengan sedikit proses olahan cenderung memiliki masa konsumsi yang singkat. Karena itu, cek tanggal kedaluwarsa sebelum membeli dan simpan sambal di dalam kulkas setelah dikonsumsi.

10 Rekomendasi sambal terasi kemasan terbaik

Memilih sambal terasi ternyata tidak sulit, bukan? Berikutnya, Anda bisa segera memilih dan membeli produk sambal terasi kemasan terbaik dari rekomendasi kami berikut ini.

10
KemasanPouch
KomposisiCabai rawit, bawang merah, bawang putih, terasi udang, gula aren, garam, kaldu, minyak nabati, na benzoat
ProduksiRumahan
Isi170 gram
Masa kedaluwarsa6–8 bulan
9
KemasanBotol plastik
KomposisiTidak ada keterangan
ProduksiRumahan
Isi220 gram
Masa kedaluwarsa5–7 bulan
8
KemasanBotol kaca
KomposisiCabai, bawang merah, bawang putih, tomat, asem, terasi udang (udang, garam), gula merah, garam, minyak nabati, penguat rasa (E621), pengatur keasaman (E260), pengawet (E202)
ProduksiRumahan
Isi230 gram
Masa kedaluwarsa18 bulan
7

Sekar LautFinna Uleg Sambal Terasi – Pack

Mulai dari Rp 13.500,00

KemasanSachet
KomposisiCabai, gula, minyak nabati, terasi, air, garam, penguat rasa mononatrium glutamat, pati termodifikasi, pengawet kalium sorbat
ProduksiPabrikan
Isi21 gram
Masa kedaluwarsa12 bulan
6

Lasallefood IndonesiaDel Monte Sambal Terasi

Mulai dari Rp 16.690,00

KemasanBotol kaca
KomposisiTidak ada keterangan
ProduksiPabrikan
Isi210 gram
Masa kedaluwarsaTidak ada keterangan
5
KemasanBotol kaca
KomposisiTidak ada keterangan
ProduksiPabrikan
Isi200 gram
Masa kedaluwarsa12 bulan
4
KemasanSachet
KomposisiTidak ada keterangan
ProduksiPabrikan
Isi15 gram
Masa kedaluwarsaTidak ada keterangan
3

Depot Bu RudySambal Bajak Bu Rudy

Mulai dari Rp 28.000,00

KemasanBotol plastik
KomposisiBawang merah, bawang putih, cabai, gula, garam, minyak sayur, terasi, dan bahan pelengkap lain
ProduksiRumahan
Isi150 gram
Masa kedaluwarsa1 bulan
2
KemasanBotol kaca
KomposisiCabai, tomat, bawang merah, bawang putih, terasi
ProduksiPabrikan
Isi180 gram
Masa kedaluwarsa18 bulan
1

Heinz ABC IndonesiaABC Sambal Terasi

Mulai dari Rp 21.100,00

KemasanBotol kaca
KomposisiCabai, gula, minyak nabati, terasi, garam, penguat rasa (mononatrium glutamat dan dinatrium inosinat), bumbu kokumi (mengandung penguat rasa dinatrium guanilat), pengawet (kalium sorbat dan natrium metabisulfit), pengatur keasaman
ProduksiPabrikan
Isi180 gram
Masa kedaluwarsa18 bulan

Tabel perbandingan produk sambal terasi kemasan terbaik

Gambar produk
1
Heinz ABC Indonesia ABC Sambal Terasi 1

Heinz ABC Indonesia

2
Sasa Inti Sasa Sambal Terasi 1

Sasa Inti

3
Depot Bu Rudy Sambal Bajak Bu Rudy 1

Depot Bu Rudy

4
Bamboe Indonesia Sambal Terasi 1

Bamboe Indonesia

5
Kokita Sambal Terasi Hot 1

Kokita

6
Lasallefood Indonesia Del Monte Sambal Terasi 1

Lasallefood Indonesia

7
Sekar Laut Finna Uleg Sambal Terasi – Pack 1

Sekar Laut

8
Cap Ibu Sambal Terasi Mild 1

Cap Ibu

9
Chili Chila Sambal Terasi 1

10
Hellyeah Sambal Sambal Terasi Udang 1

Hellyeah Sambal

Nama produk

ABC Sambal Terasi

Sasa Sambal Terasi

Sambal Bajak Bu Rudy

Sambal Terasi

Sambal Terasi Hot

Del Monte Sambal Terasi

Finna Uleg Sambal Terasi – Pack

Sambal Terasi Mild

Chili Chila Sambal Terasi

Sambal Terasi Udang

Keunggulan

Komposisi terasi lebih banyak, lebih berasa

Dengan dua kali tahap pemasakan untuk jaminan mutu sambal

Pasti ketagihan dengan sambal terkenal dari Surabaya ini!

Yuk, cicipi sambal khas dari Medan

Bisa juga dijadikan sebagai bumbu masakan

Aroma dan rasa terasinya ringan

Ukurannya yang mini cocok untuk dimasukkan ke kotak bekal

Bisa bertahan disimpan di kulkas hingga satu tahun, lho

Teksturnya pas, seperti mengulek sendiri!

Superpedas! Siap membakar lidah Anda

Harga mulai dariRp 21.100,00Rp 14.800,00Rp 28.000,00Rp 10.000,00Rp 19.100,00Rp 16.690,00Rp 13.500,00Rp 28.000,00Rp 35.000,00Rp 28.000,00
KemasanBotol kacaBotol kacaBotol plastikSachetBotol kacaBotol kacaSachetBotol kacaBotol plastikPouch
KomposisiCabai, gula, minyak nabati, terasi, garam, penguat rasa (mononatrium glutamat dan dinatrium inosinat), bumbu kokumi (mengandung penguat rasa dinatrium guanilat), pengawet (kalium sorbat dan natrium metabisulfit), pengatur keasamanCabai, tomat, bawang merah, bawang putih, terasiBawang merah, bawang putih, cabai, gula, garam, minyak sayur, terasi, dan bahan pelengkap lainTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganCabai, gula, minyak nabati, terasi, air, garam, penguat rasa mononatrium glutamat, pati termodifikasi, pengawet kalium sorbatCabai, bawang merah, bawang putih, tomat, asem, terasi udang (udang, garam), gula merah, garam, minyak nabati, penguat rasa (E621), pengatur keasaman (E260), pengawet (E202)Tidak ada keteranganCabai rawit, bawang merah, bawang putih, terasi udang, gula aren, garam, kaldu, minyak nabati, na benzoat
ProduksiPabrikanPabrikanRumahanPabrikanPabrikanPabrikanPabrikanRumahanRumahanRumahan
Isi180 gram180 gram150 gram15 gram200 gram210 gram21 gram230 gram220 gram170 gram
Masa kedaluwarsa18 bulan18 bulan1 bulanTidak ada keterangan12 bulanTidak ada keterangan12 bulan18 bulan5–7 bulan6–8 bulan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk sambal lainnya di sini

Tidak hanya sambal terasi, Indonesia masih memiliki beragam jenis sambal lainnya. Beberapa di antaranya adalah sambal bawang, sambal pecel, dan saus sambal. Artikel di bawah ini mungkin dapat membantu Anda menemukan produk terbaik dari ketiga jenis sambal tersebut. Jika Anda tertarik, silakan klik tautan berikut ini.

Kesimpulan

Dari ulasan produk rekomendasi kami di atas, pastinya Anda sudah menentukan sambal terasi pilihan, bukan? Tidak sulit memilih sambal terasi. Pilih jenis kemasan sambal sesuai kebutuhan. Kemudian, perhatikan komposisi bahan yang digunakan. Anda dapat memilih produk pabrikan atau rumahan sesuai selera.


Hal yang tidak kalah penting adalah memperhatikan tanggal kedaluwarsa pada kemasan produk. Jangan hanya mengandalkan indra penciuman atau penglihatan saja, ya. Selamat menikmati sambal terasi yang lezat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Saus Tartar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Saus Tartar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Penggemar SpongeBob SquarePants pasti sering mendengar tentang saus tartar! Saus tartar merupakan saus yang dibuat dari perpaduan telur, acar, dan bawang cincang yang dicampurkan ke dalam mayones. Saus yang berasal dari Eropa ini juga populer digunakan di Indonesia sebagai pendamping berbagai hidangan.Bookmark artikel ini apabila Anda ingin mengetahui tips memilih saus tartar instan yang bagus. Rekomendasi rasa saus tartar yang enak dari merek KEWPIE, Heinz, dan MasterFoods juga dapat Anda lihat di sini. Anda juga bisa menemukan ide resep lezat masakan dengan saus tartar pada akhir artikel. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori