• 10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Novel sejarah merupakan kisah yang ditulis berdasarkan peristiwa yang pernah terjadi pada sebuah bangsa. Anda dapat menemukan novel sejarah yang memiliki tema perjuangan, roman, atau kebudayaan. Panjangnya sejarah Indonesia, menjadikan novel dengan genre ini cukup beragam. Ada yang berisi kisah fiksi ataupun nonfiksi, rangkuman sejarah secara singkat, dan sebagainya.


Banyaknya pilihan tema novel sejarah mungkin akan membuat Anda bingung harus memulai dari mana. Pada artikel kali ini, kami akan memperkenalkan tentang novel sejarah Indonesia serta beberapa rekomendasinya. Jadi, apabila Anda tertarik dengan genre ini, ikuti terus pembahasannya!

  • Pembaharuan terakhir: 27 April 2021
  • 1.760 Views
Daftar isi

Cara memilih novel sejarah Indonesia

Ketika mencari novel sejarah Indonesia, Anda dapat memilih berdasarkan waktu kejadian dan tema yang dipilih penulis. Karena merupakan novel yang ditulis berdasarkan kejadian nyata, ada berbagai kombinasi yang dapat Anda pilih.

Pilih berdasarkan setting waktunya

Setting waktu merupakan salah satu poin yang bisa Anda pertimbangkan ketika memilih novel sejarah. Berikut ini kami akan membahas mengenai beberapa periode setting waktu, yaitu masa kerajaan, perang dunia, kemerdekaan, dan orde baru.

Masa kerajaan nusantara hingga abad ke-15

Masa kerajaan nusantara hingga abad ke-15

Zaman kerajaan nusantara dimulai sejak kerajaan tertua di Indonesia berdiri hingga sekitar abad ke-15. Indonesia memiliki banyak kerajaan dari ujung Pulau Sumatra hingga Papua. Beberapa di antaranya merupakan kerajaan yang tersohor di dunia seperti Kerajaan Singasari atau Kerajaan Majapahit.


Kerajaan-kerajaan di nusantara ini banyak menjadi inspirasi bagi penulis novel sejarah. Mereka menceritakan tentang pertikaian dalam perebutan kekuasaan, intrik di antara pewaris takhta kerajaan, dan sebagainya. Salah satu novel sejarah dengan setting masa kerajaan adalah Majapahit: Sandyakala Rajasawangsa karya Langit Kresna Hariadi. Novel ini menceritakan asal mula terbentuknya Kerajaan Majapahit yang merupakan kerajaan terbesar di Indonesia saat itu.

Zaman kolonial, menggambarkan kondisi penjajahan di Indonesia

Zaman kolonial, menggambarkan kondisi penjajahan di Indonesia

Masa kolonial di bumi Indonesia dimulai sejak penjajahan bangsa Portugis hingga sebelum kemerdekaan. Pada era ini, banyak sastrawan mulai bermunculan. Hal ini beriringan dengan makin banyaknya pribumi yang mengenyam pendidikan. Orang-orang asing yang datang ke Indonesia membawa serta kebudayaannya, termasuk karya sastra.


Banyak penulis yang mengambil setting waktu pada masa kolonial ini. Kebanyakan mengambil kisah kepahlawanan, perjuangan, atau percampuran budaya. Akan tetapi, tidak jarang pula penulis yang menceritakan kisah romantis dari dua kebudayaan berbeda.


Salah satu novel yang mengambil setting pada masa kolonial adalah Tetralogi Pulau Buru yang ditulis Pramoedya Ananta Toer. Buku pertama dari tetralogi ini, Bumi Manusia, menceritakan tentang perjuangan dan romantisisme antara seorang pribumi dan wanita Belanda.

Era revolusi, perjuangan Indonesia meraih kemerdekaan

Era revolusi, perjuangan Indonesia meraih kemerdekaan

Novel sejarah dengan setting waktu era revolusi umumnya menceritakan pertikaian saat Indonesia merdeka dari pihak Belanda yang dibantu sekutu. Pada era ini, banyak penulis yang mengambil tema perjuangan tokoh-tokoh Indonesia dalam karyanya.


Pergerakan revolusi sendiri dimulai pada tahun 1900-an. Pada awal abad ke-20 itulah dimulainya perjuangan Indonesia dalam mendapatkan kemerdekaan. Jadi, jangan heran apabila kebanyakan novel dengan setting waktu ini menggambarkan banyak adegan peperangan di dalamnya.


Salah satu novel yang mengambil setting pada era revolusi adalah Sang Patriot dari Irma Devita. Novel ini merupakan biografi dari salah satu pahlawan nasional Indonesia, Pierre Tendean. Masa-masa perjuangan yang tidak selesai, bahkan setelah Indonesia merdeka, dapat Anda ketahui ketika membaca novel ini.

Orde lama dan orde baru, masa peralihan kepemimpinan

Orde lama dan orde baru, masa peralihan kepemimpinan

Walaupun revolusi Indonesia berakhir pada tahun 1949, perjuangan masih terus dilalui oleh rakyat Indonesia. Puncaknya terjadi ketika perpindahan kekuasaan dari orde lama ke orde baru. Kisah-kisah seperti G30SPKI membuat banyak penulis berimajinasi tentang apa yang sebenarnya terjadi.


Selepas itu, selama masa orde baru, banyak sekali terjadi penyimpangan sosial yang membuat penulis mengkritik kebijakan dengan tulisannya. Meskipun banyak karya yang diciptakan pada era ini, hanya sedikit yang berhasil diterbitkan karena diberedel oleh pemerintah.


Tema perjuangan dan kebudayaan mendominasi novel sejarah pada setting waktu ini. Selain itu, ada juga beberapa karya yang kental dengan nuansa politik di dalamnya. Salah satu karya yang menceritakan tentang era ini adalah Orang Orang Proyek dari Ahmad Tohari. Novel ini menceritakan korupsi yang merajalela di era orde baru yang coba dikritik oleh Ahmad Tohari dalam bentuk tulisan.

Pahami tema besar yang diambil

Selain setting waktu, tema yang dipilih penulis juga dapat menjadi dasar pertimbangan Anda. Berbeda latar waktunya, berbeda pula tema yang biasanya diambil oleh penulis.

Perjuangan: Membakar semangat patriotisme

Perjuangan: Membakar semangat patriotisme

Kisah perjuangan merupakan tema yang paling banyak digunakan para penulis dalam membuat novel sejarah. Tema ini dapat membakar semangat Anda untuk mengisi kemerdekaan yang dimiliki Indonesia sekarang.


Berbeda era, tentu berbeda pula arti perjuangan yang diberikan oleh penulis. Apabila pada era revolusi Indonesia berjuang untuk meraih kemerdekaannya, pada era orde baru, Indonesia berjuang untuk mendapatkan demokrasi.

Kebudayaan: Kejadian sejarah yang memengaruhi tokoh utama

Kebudayaan: Kejadian sejarah yang memengaruhi tokoh utama

Sejarah merupakan salah satu penentu kebudayaan. Dengan panjangnya sejarah Indonesia, banyak juga kebudayaan yang hadir di Indonesia. Topik tentang kebudayaan pun menjadi tema yang menarik bagi para penulis novel sejarah.


Pada novel dengan tema ini, biasanya kejadian sejarah tidak terlalu banyak diceritakan. Anda akan dibawa fokus pada kebudayaan yang dituliskan dengan setting sejarah di dalamnya. Salah satu novel yang mengambil tema ini adalah Ronggeng Dukuh Paruk oleh Ahmad Tohari. Kejadian sejarah tidak dialami sendiri oleh tokoh utama, tetapi berpengaruh kepada kehidupannya.

Roman: Romantisme dibalut dengan kejadian sejarah

Roman: Romantisme dibalut dengan kejadian sejarah

Kisah roman merupakan salah satu tema yang tak lekang oleh zaman. Sebagai manusia, kisah romantis tidak akan terpisah dengan kehidupan. Romantisisme tokoh utama yang dibalut kejadian sejarah akan membuat Anda yang mungkin hidup pada masa itu merasa bernostalgia.


Sama seperti novel dengan tema kebudayaan, kejadian sejarah tidak harus terjadi langsung pada tokoh utama. Akan tetapi, kejadian tersebut bisa berpengaruh kepada kehidupan tokoh utamanya. Salah satu novel yang mengambil tema ini adalah Tenggelamnya Kapal Van der Wijck oleh Hamka.

Kronologi: Kisah yang diceritakan secara runtut

Kronologi: Kisah yang diceritakan secara runtut

Kronologi merupakan kisah yang penulisannya sesuai dengan timeline waktu kejadian. Dalam hal ini, kecocokan waktunya bisa mencapai seratus persen seperti sejarah yang dipelajari di sekolah. Biasanya kronologi ditulis pada novel yang menceritakan kisah seorang tokoh atau peristiwa sejarah yang terjadi.


Walaupun ditulis secara kronologis, belum tentu kisah itu benar-benar terjadi. Banyak kisah yang diceritakan dari mulut ke mulut seperti kisah kerajaan kuno Indonesia. Oleh karena itu, bisa saja si pencerita menambah atau mengurangi kejadian yang sebenarnya.


Akan tetapi, dengan tema ini, Anda akan larut ke dalam cerita dan merasakan pengalaman tokoh utama secara nyata. Salah satu novel kronologi adalah Moemi karya Marion Bloem. Kisah ini menceritakan tentang seorang wanita yang hidup seratus tahun dan hidup sejak zaman kolonial hingga saat ini. Anda akan dibawa merasakan pengalaman tokoh utama dan seluruh kejadian yang dialaminya.

10 Rekomendasi novel sejarah Indonesia terbaik

Kami sudah membahas cara memilih novel sejarah. Anda dapat menentukan pilihan berdasarkan setting waktu atau tema yang dipilih penulis. Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi novel sejarah yang dapat Anda pilih sebagai bacaan.

10
Setting waktuOrde baru
Dimensi14 cm x 21 cm
PenerbitGramedia Pustaka Utama
9

Damar ShashangkaWali Sanga: Sebuah Novel

Mulai dari Rp 115.000,00

Setting waktuKerajaan
DimensiTidak dijelaskan
PenerbitDolphin
8

Pramoedya Ananta ToerTetrologi Pulau Buru

Mulai dari Rp 550.000,00

Setting waktuKolonial hingga revolusi
Dimensi13 cm x 20 cm
PenerbitLentera Dipantara
7
Setting waktuKolonial hingga revolusi
Dimensi13,5 cm x 20 cm
PenerbitGramedia Pustaka Utama
6

E. Rokajat AsuraJugun Ianfu: Jangan Panggil Aku Miyako

Mulai dari Rp 63.000,00

Setting waktuKolonial
DimensiTidak dijelaskan
PenerbitEdelweiss
5
Setting waktuPeralihan orde lama ke orde baru
Dimensi15 cm x 21 cm
PenerbitGramedia Pustaka Utama
4

Setyo WardoyoThe Rise of Majapahit - Edisi Revisi

Mulai dari Rp 83.000,00

Setting waktuKerajaan
Dimensi14 cm x 21 cm
PenerbitGramedia Widiasarana Indonesia
3
Setting waktuOrde baru
Dimensi13,5 cm x 20 cm
PenerbitGramedia Pustaka Utama
2

Marion BloemMoemie, Gadis Berusia Seratus Tahun

Mulai dari Rp 100.000,00

Setting waktuKolonial hingga zaman modern
DimensiTidak dijelaskan
PenerbitKepustakaan Populer Gramedia
1
Setting waktuKolonial hingga pascakemerdekaan
Dimensi14 cm x 21 cm
PenerbitGramedia Pustaka Utama

Tabel perbandingan produk novel sejarah Indonesia terbaik

Gambar produk
1
Eka Kurniawan Cantik Itu Luka 1

Eka Kurniawan

2
Marion Bloem Moemie, Gadis Berusia Seratus Tahun 1

Marion Bloem

3
Okky Madasari Entrok 1

Okky Madasari

4
Setyo Wardoyo The Rise of Majapahit - Edisi Revisi 1

Setyo Wardoyo

5
Ahmad Tohari Ronggeng Dukuh Paruk 1

Ahmad Tohari

6
E. Rokajat Asura Jugun Ianfu: Jangan Panggil Aku Miyako 1

E. Rokajat Asura

7
Ratih Kumala Gadis Kretek 1

Ratih Kumala

8
Pramoedya Ananta Toer Tetrologi Pulau Buru 1

Pramoedya Ananta Toer

9
Damar Shashangka Wali Sanga: Sebuah Novel 1

Damar Shashangka

10
Nh. Dini Jalan Bandungan 1

Nh. Dini

Nama produk

Cantik Itu Luka

Moemie, Gadis Berusia Seratus Tahun

Entrok

The Rise of Majapahit - Edisi Revisi

Ronggeng Dukuh Paruk

Jugun Ianfu: Jangan Panggil Aku Miyako

Gadis Kretek

Tetrologi Pulau Buru

Wali Sanga: Sebuah Novel

Jalan Bandungan

Keunggulan

Telah diterjemahkan ke lebih dari tiga puluh bahasa!

Kisah supernatural dibalut setting sejarah

Menceritakan pergolakan sosial di tengah budaya Jawa yang kental

Tidak seperti novel Kerajaan Majapahit lainnya

Kisah penari ronggeng di tengah peristiwa politik 1965

Kisah cinta dan pengkhianatan berlatar era imperialisme Jepang

Tembakau dan perjalanan manusia

Kisah perjuangan pribumi pada masa kolonial

Fakta atau karangan, kisahnya terasa nyata!

Permasalahan keluarga di era perpindahan kekuasaan

Harga mulai dariRp 175.000,00Rp 100.000,00Rp 45.000,00Rp 83.000,00Rp 105.600,00Rp 63.000,00Rp 75.000,00Rp 550.000,00Rp 115.000,00Rp 90.000,00
Setting waktuKolonial hingga pascakemerdekaanKolonial hingga zaman modernOrde baruKerajaanPeralihan orde lama ke orde baruKolonialKolonial hingga revolusiKolonial hingga revolusiKerajaan Orde baru
Dimensi14 cm x 21 cmTidak dijelaskan13,5 cm x 20 cm14 cm x 21 cm15 cm x 21 cmTidak dijelaskan13,5 cm x 20 cm13 cm x 20 cmTidak dijelaskan14 cm x 21 cm
PenerbitGramedia Pustaka UtamaKepustakaan Populer GramediaGramedia Pustaka UtamaGramedia Widiasarana IndonesiaGramedia Pustaka UtamaEdelweissGramedia Pustaka UtamaLentera DipantaraDolphinGramedia Pustaka Utama
Tautan produk

Baca juga rekomendasi novel lainnya di sini

Selain novel sejarah, kami juga memiliki berbagai rekomendasi novel dengan genre lainnya yang dapat Anda pilih. Novel-novel ini bisa Anda baca saat waktu luang atau untuk menambah koleksi Anda yang hobi membaca.

Kesimpulan

Kami sudah memberikan pemaparan mengenai novel sejarah Indonesia. Walaupun ditulis berdasarkan peristiwa yang terjadi di Indonesia, novel genre ini tetap memiliki pemikiran imajinatif penulis. Oleh karena itu, Anda belum tentu dapat memercayainya seratus persen.


Pilihlah novel sejarah Indonesia berdasarkan setting waktu ataupun tema yang diangkat. Mengetahui waktu yang terjadi pada novel akan membuat Anda memahami kebudayaan yang terjadi di masa lampau. Jadi, selamat berburu novel sejarah!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah dengan membaca novel romantis. Selain bisa menikmati kisah cinta tokoh utamanya, Anda bisa terinspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, siapa tahu Anda juga menemukan kutipan kata cinta menarik yang bisa diunggah di Instagram.Namun, setiap bulan selalu ada judul novel romantis terbaru yang terbit, mulai dari "Ayat-Ayat Cinta" hingga "Antologi Rasa". Ada pula kisah menarik dari Wattpad yang dijadikan novel dan novel best seller lainnya. Agar tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih novel romantis yang bagus untuk Anda.
    Novel & sastra
    247.973 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Membaca termasuk aktivitas yang harus sering dilakukan saat Anda belajar bahasa asing, termasuk bahasa Inggris. Dengan banyak membaca, Anda bisa belajar memahami struktur dan konteks kalimat, serta memperkaya perbendaharaan kata yang dimiliki. Untuk para pemula, novel bahasa Inggris dapat menjadi media yang asyik untuk belajar.Kali ini, kami akan berbagi tips memilih novel bahasa Inggris terbaik yang bagus untuk pemula. Tak lupa, ada juga rekomendasi novel terbaiknya. Berbagai judul, seperti The Little Prince, Percy Jackson, dan To All the Boys I've Loved Before, bisa Anda temukan dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Novel & sastra
    14.401 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Jepang Terjemahan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Jepang Terjemahan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Negara Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki banyak kebudayaan sastra populer. Banyak produk kebudayaan Jepang diekspor ke luar negeri seperti manga dan novel. Di Indonesia sendiri, terjemahan manga dan novel Jepang dapat Anda temukan di berbagai tempat. Kali ini kami akan mengulas tentang novel Jepang yang sudah diterjemahkan, mulai dari novelis, genre, hingga penokohannya. Tidak hanya itu, kami juga akan merekomendasikan Anda beberapa novel Jepang terbaik yang dapat Anda pilih. Jadi, tetap ikuti kami, ya!
    Novel & sastra
    4.592 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Biografi Tokoh Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buku Biografi Tokoh Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tidak semua orang dilahirkan dengan karakter self-motivated untuk mencapai tujuan hidupnya. Ada juga segelintir kelompok yang membutuhkan suntikan semangat dari orang lain. Sumber penyemangat ini tidak harus berbentuk dukungan langsung. Anda dapat memupuk motivasi diri dengan membaca buku biografi tokoh terkenal. Kabar baiknya, Indonesia memiliki banyak tokoh dengan cerita kehidupan yang inspiratif. Mereka pun berasal dari berbagai latar belakang sehingga pilihan Anda makin banyak. Anda dapat menemukan buku biografi tokoh Indonesia dari Penerbit Buku Kompas, Bentang Pustaka, Gramedia, Garasi, dan lainnya. Simak daftar rekomendasi buku-bukunya di bawah ini!
    Novel & sastra
    4.110 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Terbaik Karya Pramoedya Ananta Toer (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Terbaik Karya Pramoedya Ananta Toer (Terbaru Tahun 2021)
    Pramoedya Ananta Toer merupakan salah satu sastrawan kenamaan asli Indonesia. Beliau banyak menciptakan novel yang menceritakan tentang keadaan di Indonesia sejak zaman kemerdekaan hingga zaman reformasi. Beberapa judul novelnya bahkan pernah dilarang terbit karena dianggap mengganggu keamanan negara. Di antara novel yang ditulis oleh Pramoedya Ananta Toer adalah Bumi Manusia, Gadis Pantai, dan Arus Balik. Pada artikel kali ini kami akan memberikan Anda beberapa poin penting ketika memilih novel Pramoedya Ananta Toer. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh novel terbaik yang ditulis oleh beliau. Jadi, terus ikuti artikel ini!
    Novel & sastra
    2.771 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Ekspedisi Terbaik untuk Administrasi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buku Ekspedisi Terbaik untuk Administrasi (Terbaru Tahun 2021)
    Anda dapat melakukan tracking surat perusahaan dengan mudah dan praktis menggunakan buku ekspedisi. Dengan adanya buku ekspedisi, surat yang keluar-masuk perusahaan dapat didata secara lengkap dan rapi. Karena saking detailnya, rasa-rasanya hampir mustahil bagi siapa pun untuk menyusupkan surat rahasia ke suatu perusahaan. Dengan fungsi yang sepenting ini, ada baiknya Anda tidak sembarangan memilih produk. Untuk itu, silakan mengikuti cara memilih buku ekspedisi untuk administrasi dari kami. Anda akan menjumpai produk dari merek kenamaan, seperti KIKY, Kenko, dan lainnya. Selamat membaca!
    Novel & sastra
    636 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Sejarah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Sejarah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Serius dan menjemukan sering kali menjadi keywords langganan yang digunakan untuk mendeskripsikan sejarah. Sejarah pun sering dikorelasikan dengan museum, hafalan, dan tokoh-tokoh penting. Apakah benar seperti itu? Anda jangan mau terbelenggu pada stereotip lama.Kini sejarah dapat dinikmati dengan lebih menyenangkan melalui novel sejarah. Plot ceritanya tak kalah menggugah dari novel genre lainnya. Sebagai pemanasan, Anda dapat membaca novel-novel sejarah yang bagus karya Hilary Mantel, James Meek, dan Ahmad Tohari. Jika sudah selesai membacanya, Anda pun dapat beralih ke novel sejarah terbaik lain rekomendasi dari kami berikut ini!
    Novel & sastra
    2.500 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Agatha Christie Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Agatha Christie Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Agatha Christie merupakan penulis asal Inggris yang terkenal dengan novel bergenre misteri. Ia telah menghasilkan 66 novel dan lebih dari seratus cerita pendek. Jadi, ada banyak karya Agatha Christie yang dapat Anda jadikan bacaan. Anda bisa memilih berdasarkan lokasi yang menjadi latar cerita, tokoh yang digambarkan, serta kisah yang telah diadaptasi menjadi serial TV.Pada artikel kali ini, kami akan memberikan daftar rekomendasi novel terbaiknya yang dapat Anda pilih. Novel Sepuluh Anak Negro yang terkenal pun ada, lho. Selamat berburu buku misteri dari Agatha Christie!
    Novel & sastra
    1.400 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Fantasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Fantasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi pencinta buku, Anda pasti sudah tidak asing dengan genre novel fantasi. Selain menghibur, membaca novel fantasi juga dapat memperluas cakrawala baca. Terdapat banyak novel-novel fantasi yang telah terbit di Indonesia dari penulis dalam maupun luar negeri. Beberapa judulnya yang terkenal adalah The Lord of the Rings, Lelaki Harimau, dan Ther Melian.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi novel fantasi yang bagus. Selain itu, kami juga membagikan tips memilih novel fantasi untuk masuk dimasukkan ke daftar bacaan Anda. Simak terus artikel ini sampai habis, ya!
    Novel & sastra
    863 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Komedi Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Komedi Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Genre komedi romantis bisa Anda temukan pada berbagai novel best seller. Beberapa di antaranya adalah Crazy Rich Asians, Ganjil Genap, dan To All the Boys I’ve Loved Before. Genre ini banyak diminati karena kisah romansa unik yang mengundang gelak tawa, tetapi dekat dengan kehidupan sehari-hari.Ada banyak novel komedi romantis bagus yang dapat Anda nikmati. Supaya tidak kebingungan, kami telah menyiapkan tips memilihnya. Selain itu, kami juga membagikan sepuluh judul rekomendasinya untuk Anda baca. Simak terus artikel ini sampai habis, ya!
    Novel & sastra
    13 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mungkin banyak di antara Anda yang tumbuh bersama novel-novel dari Tere Liye. Tak hanya cerita dari novelnya saja yang mengaduk-aduk perasaan, tetapi juga banyak kutipan tulisan Tere Liye yang menyentuh hati. Dari semua novel Tere Liye yang ada, manakah yang paling Anda sukai?Untuk Anda yang baru mengetahui karya Tere Liye atau rindu ingin membaca ulang novel-novelnya, bacalah artikel ini. Kami akan memberikan rekomendasi sepuluh novel terbaik dari Tere Liye, seperti Pulang, Negeri Para Bedebah, dan Hujan. Sosok Tere Liye dan karyanya juga akan kami bahas lebih mendalam, lho!
    Novel & sastra
    36.773 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah dengan membaca novel romantis. Selain bisa menikmati kisah cinta tokoh utamanya, Anda bisa terinspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, siapa tahu Anda juga menemukan kutipan kata cinta menarik yang bisa diunggah di Instagram.Namun, setiap bulan selalu ada judul novel romantis terbaru yang terbit, mulai dari "Ayat-Ayat Cinta" hingga "Antologi Rasa". Ada pula kisah menarik dari Wattpad yang dijadikan novel dan novel best seller lainnya. Agar tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih novel romantis yang bagus untuk Anda.
    Novel & sastra
    247.973 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk kamu yang masih berusia remaja, membaca teenlit bisa menjadi pilihan asyik untuk mengisi waktu luang. Mayoritas novel remaja menggunakan gaya bahasa santai dan gaul sehingga dekat dengan kehidupan sehari-hari kamu. Tema-tema yang diangkat pun sudah tak asing lagi, yaitu seputar sekolah, persahabatan, keluarga, cita-cita, hingga romansa.Apabila kamu sedang mencari novel remaja yang bagus, kami akan berbagi tips untuk memilihnya. Kami juga akan menyuguhkan rekomendasi novel remaja terbaik, seperti Refrain, Kilovegram, dan Mariposa. Kamu penasaran? Yuk, baca artikel ini hingga tuntas!
    Novel & sastra
    22.166 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Berlawanan dengan novel yang ditulis berdasarkan hasil imajinasi pengarang, isi buku nonfiksi bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Semua informasi yang ada pada buku nonfiksi benar-benar nyata dan dilengkapi data. Tak heran jika buku nonfiksi sarat akan ilmu baru dan pengetahuan menarik.Buku nonfiksi terbagi menjadi beragam subgenre, seperti self-improvement, parenting, biografi, dan lain-lain. Mungkin Anda akan kebingungan dalam memilih buku apa yang hendak dibaca. Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda dalam memilih buku nonfiksi serta merekomendasikan buku-buku terbaik. Selamat membaca!
    Novel & sastra
    39.732 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Wattpad yang Sudah Diterbitkan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Wattpad yang Sudah Diterbitkan (Terbaru Tahun 2021)
    Anda tidak perlu seharian berkutat di depan gawai untuk membaca novel Wattpad dari berbagai genre, seperti genre remaja, romantis, perjodohan, islami, sekolah, dan lainnya. Kini Anda dapat membaca novel Wattpad berbentuk buku fisik. Di antara banyaknya novel Wattpad yang diterbitkan, ada juga yang sudah sukses difilmkan, lho! Nah, apa saja novel Wattpad yang seru dan bagus untuk dibaca pada akhir pekan? Anda dapat memilih rekomendasi novel Wattpad best seller karya author kenamaan, seperti Mariposa (Luluk HF), Resign! (Almira Bastari), dan Geez & Ann (Rintik Sedu). Mari melihat review-nya berikut ini! 
    Novel & sastra
    7.642 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Cerita Terbaik untuk Anak SD (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buku Cerita Terbaik untuk Anak SD (Terbaru Tahun 2021)
    Anak-anak yang berusia SD biasanya sudah lancar membaca. Jadi, Anda bisa mengisi quality time bersama si kecil dengan cara membaca buku cerita. Di pasaran, banyak dijual buku cerita untuk anak SD, seperti Lima Sekawan, The Little Prince, dan lainnya. Namun, mana yang bagus untuk anak Anda?Untuk memudahkan Anda, kami akan memberi tips memilih buku cerita untuk anak SD. Setelahnya, ada juga rekomendasi produk terbaiknya. Mulai dari buku cerita bergambar, berbahasa Inggris, hingga buku bertema serius ada dalam rekomendasi kami. Simak artikelnya dan temukan buku cerita terbaik untuk si kecil!
    Novel & sastra
    6.829 Views
  • 10 Rekomendasi Novel Agatha Christie Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Agatha Christie Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Agatha Christie merupakan penulis asal Inggris yang terkenal dengan novel bergenre misteri. Ia telah menghasilkan 66 novel dan lebih dari seratus cerita pendek. Jadi, ada banyak karya Agatha Christie yang dapat Anda jadikan bacaan. Anda bisa memilih berdasarkan lokasi yang menjadi latar cerita, tokoh yang digambarkan, serta kisah yang telah diadaptasi menjadi serial TV.Pada artikel kali ini, kami akan memberikan daftar rekomendasi novel terbaiknya yang dapat Anda pilih. Novel Sepuluh Anak Negro yang terkenal pun ada, lho. Selamat berburu buku misteri dari Agatha Christie!
    Novel & sastra
    1.400 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori