• 10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Novel sejarah Indonesia merupakan novel yang ditulis berdasarkan peristiwa yang pernah terjadi di Indonesia. Panjangnya sejarah Indonesia menjadikan novel jenis ini cukup beragam. Anda dapat menemukan novel sejarah Indonesia dengan tema kerajaan, budaya, hingga romansa. Ada yang berisi kisah fiksi, nonfiksi, rangkuman sejarah secara singkat, dan sebagainya.

Banyaknya pilihan novel sejarah Indonesia mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilihnya. Kami akan menjelaskan cara memilih novel sejarah Indonesia yang bagus. Judul-judul novel sejarah terbaik seperti Laut Bercerita dan The Rise of Majapahit ada dalam rekomendasi kami. Simak sampai habis, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 15 Januari 2022
Daftar isi

Cara memilih novel sejarah Indonesia

Novel berlatar sejarah banyak terinspirasi dari kejadian nyata atau mengambil latar kejadian bersejarah. Dalam memilih novel sejarah Indonesia, Anda dapat mempertimbangkan latar waktu, tema, dan penulis yang best-seller. Simak penjelasan satu per satu berikut ini.

Pilih berdasarkan latar waktu peristiwa bersejarah

Setting atau latar waktu merupakan salah satu poin yang bisa Anda pertimbangkan ketika memilih novel sejarah Indonesia. Kami akan membahas mengenai beberapa periode latar waktu yang sering djadikan setting cerita novel sejarah Indonesia.

Kerajaan, kisah-kisah seputar istana kerajaan di Nusantara

Kerajaan, kisah-kisah seputar istana kerajaan di Nusantara

Periode kerajaan dimulai sejak kerajaan tertua di Indonesia berdiri, yakni pada 400–500 Masehi hingga sekitar abad ke-15. Indonesia memiliki banyak kerajaan dari ujung Pulau Sumatra hingga Papua. Beberapa di antaranya merupakan kerajaan yang tersohor di dunia, seperti Kerajaan Singasari atau Kerajaan Majapahit.


Kerajaan-kerajaan di Indonesia ini banyak menjadi inspirasi bagi penulis novel sejarah. Mereka menceritakan pertikaian dalam perebutan kekuasaan, intrik di antara pewaris takhta kerajaan, dan sebagainya. Salah satu novel sejarah dengan latar waktu kerajaan adalah Majapahit: Sandyakala Rajasawangsa karya Langit Kresna Hariadi.

Kolonial, gambaran kondisi penjajahan di Indonesia

Kolonial, gambaran kondisi penjajahan di Indonesia

Masa kolonial di bumi Indonesia dimulai sejak kedatangan penjajah pertama di Indonesia hingga sebelum kemerdekaan. Bangsa-bangsa yang pernah menjajah Indonesia adalah:

  • Portugis (1509-1595)
  • Spanyol (1521-1692)
  • Belanda (1602-1942)
  • Prancis (1806-1811)
  • Inggris (1811-1816)
  • Jepang (1942-1945) 

Banyak penulis yang mengambil setting waktu pada masa kolonial. Dari enam masa penjajahan di Indonesia, penjajahan Belanda menjadi yang paling sering dijadikan latar waktu. Kebanyakan mengambil kisah kepahlawanan, perjuangan, atau percampuran budaya.


Pada novel berlatar kolonial, Anda akan menemui gambaran kondisi penjajahan di Indonesia. Salah satu novel berlatar masa kolonial adalah Tetralogi Pulau Buru karya Pramoedya Ananta Toer.

Revolusi, semangat perang kemerdekaan Indonesia

Revolusi, semangat perang kemerdekaan Indonesia

Masa revolusi kemerdekaan Indonesia terjadi sejak kemerdekaan Indonesia hingga tahun 1949 ketika Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia. Belanda dibantu Sekutu ingin menjajah kembali Indonesia sehingga perang antara Indonesia dan Belanda tidak dapat dihindari.


Perang mempertahankan kemerdekaan Indonesia menjadi peristiwa bersejarah dalam novel-novel berlatar revolusi. Novel dengan latar waktu revolusi umumnya menceritakan pertikaian setelah Indonesia merdeka pada 1945.


Pada era ini, banyak penulis yang mengambil tema perjuangan tokoh-tokoh Indonesia dalam karyanya. Dari banyak novel berlatar revolusi yang menarik untuk Anda coba, salah satunya adalah Jalan Tak Ada Ujung karya Mochtar Lubis.

Orde lama dan orde baru, masa peralihan kepemimpinan

Orde lama dan orde baru, masa peralihan kepemimpinan

Walaupun revolusi Indonesia berakhir pada tahun 1949, perjuangan masih terus dilalui oleh rakyat Indonesia. Puncaknya terjadi ketika perpindahan kekuasaan dari orde lama ke orde baru. Kisah-kisah seperti G30SPKI membuat banyak penulis berimajinasi tentang apa yang sebenarnya terjadi.

Selama masa orde baru, banyak sekali terjadi penyimpangan sosial yang membuat penulis mengkritik kebijakan dengan tulisannya. Meskipun banyak karya yang diciptakan pada era ini, hanya sedikit yang berhasil diterbitkan karena diberedel oleh pemerintah.

Tema perjuangan, kebudayaan, dan politik mendominasi novel sejarah pada setting waktu ini. Salah satu novel sejarah Indonesia yang menceritakan latar waktu ini adalah Orang Orang Proyek karya Ahmad Tohari.

Perhatikan tema besar yang ada dalam novel sejarah

Setelah latar waktu peristiwa bersejarah, tema yang dipilih penulis juga dapat menjadi dasar pertimbangan Anda. Perbedaan latar waktu biasanya membawa banyak pengaruh pada tema yang diambil oleh penulis.

Perjuangan, kisah yang membakar semangat patriotisme

Perjuangan, kisah yang membakar semangat patriotisme

Kisah perjuangan merupakan tema yang paling banyak digunakan para penulis dalam membuat novel sejarah. Novel bertema sejarah akan membawa Anda pada semangat perjuangan untuk mengisi kemerdekaan sekarang ini.


Namun, adanya perbedaan masa perjuangan ini memberikan arti perjuangan yang berbeda bagi tiap-tiap penulis. Contohnya, pada masa revolusi, rakyat Indonesia berjuang untuk mempertahankan kemerdekaannya.


Sementara itu, pada masa orde baru, rakyat Indonesia berjuang untuk mendapatkan demokrasi. Salah satu novel bertema perjuangan yang menarik untuk Anda baca adalah Tak Ada Esok karya Mochtar Lubis.

Kebudayaan, kejadian sejarah yang memengaruhi tokoh utama

Kebudayaan, kejadian sejarah yang memengaruhi tokoh utama

Sejarah merupakan salah satu penentu kebudayaan. Dengan panjangnya sejarah Indonesia, banyak juga kebudayaan yang hadir di Indonesia. Topik tentang kebudayaan pun menjadi tema yang menarik bagi para penulis novel sejarah.


Pada novel dengan tema ini, biasanya kejadian sejarah tidak terlalu banyak diceritakan. Namun, Anda akan dibawa fokus pada kebudayaan yang dituliskan dengan setting sejarah di dalamnya. Salah satu novel yang mengambil tema ini adalah Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari.

Romansa, kisah percintaan berlatar peristiwa bersejarah

Romansa, kisah percintaan berlatar peristiwa bersejarah

Kisah romansa merupakan salah satu tema yang tak lekang oleh zaman. Sebagai manusia, kisah romantis tidak akan terpisah dengan kehidupan. Romantisisme tokoh utama yang dibalut kejadian sejarah akan membuat Anda yang mungkin hidup pada masa itu merasa bernostalgia.


Sama seperti novel bertema kebudayaan, kejadian sejarah tidak harus terjadi langsung pada tokoh utama. Namun, kejadian tersebut bisa berpengaruh kepada kehidupan tokoh utamanya. Salah satu novel yang mengambil tema ini adalah Tenggelamnya Kapal Van der Wijck karya HAMKA.

Ketahuilah karya penulis-penulis best-seller

Ketahuilah karya penulis-penulis best-seller

Novel sejarah tak melulu ditulis oleh penulis pada zaman dahulu. Novel-novel bertema sejarah atau historical fiction juga banyak ditulis oleh penulis-penulis pada zaman modern. Mereka memanfaatkan latar peristiwa bersejarah pada masa lalu menjadi latar yang kuat untuk karya-karyanya.

Beberapa karya penulis tersebut bahkan menjadi best-seller dan dicetak ulang berkali-kali. Dengan mengetahui karya penulis-penulis best-seller setidaknya Anda tahu novel-novel sejarah yang populer dan disukai masayarakat Indonesia. Bisa jadi selera masyarakat tersebut sesuai dengan selera Anda.

Beberapa penulis novel sejarah Indonesia yang menjadi best-seller adalah:

  • Ahmad Tohari, dengan Ronggeng Dukuh Paruk dan Orang-Orang Proyek. Ronggeng Dukuh Paruk sudah difilmkan dengan judul Sang Penari oleh sutradara Ifa Isfansyah pada 2011. Film tersebut bahkan mendapat penghargaan sebagai Film Terbaik pada Festival Film Indonesia 2011.

  • Langit Kresna Hariadi, dengan seri Majapahit dan Gajah Mada. Judul-judul dari seri Majapahit yang populer adalah Majapahit: Sandyakala Rajasawangsa dan Majapahit: Banjir Bandang Dari Utara. Judul-judul seri Gajah Mada yang terkenal adalah Gajah Mada: Hamukti Palapa dan Gajah Mada: Perang Bubat.

  • Leila S. Chudori, dengan novel Pulang dan Laut Bercerita. Novel Laut Bercerita sudah diadaptasi menjadi film pendek berjudul sama arahan sutradara perempuan Pritagita Arianegara pada 2017. Film pendek tersebut dibintangi oleh Reza Rahadian, Dian Sastrowardoyo, dan Ayushita.

  • Pramoedya Ananta Toer, dengan Tetralogi Pulau Buru, Arok Dedes, Gadis Pantai, dan drama MangirTetralogi Pulau Buru pertama terbit tahun 1980-an, tapi sampai saat ini masih dicetak ulang. Bahkan, novel pertama tetralogi tersebut, yakni Bumi Manusia sudah difilmkan pada 2019.

10 Rekomendasi novel sejarah Indonesia terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh novel sejarah Indonesia terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pembaca. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Goodreads.

10
Rating di Goodreads3,79 dari 5
Latar waktuOrde lama, orde baru
Dimensi15 cm x 21 cm
PenerbitGramedia Pustaka Utama
9

Marion BloemMoemie, Gadis Berusia Seratus Tahun

Mulai dari Rp 100.000,00

Rating di Goodreads3,82 dari 5
Latar waktuKolonial, revolusi, orde lama, orde baru
Dimensi14 cm x 21 cm
PenerbitKepustakaan Populer Gramedia
8
Rating di Goodreads4,02 dari 5
Latar waktuKolonial, revolusi
Dimensi13,5 cm x 20 cm
PenerbitGramedia Pustaka Utama
7
Rating di Goodreads4,05 dari 5
Latar waktuOrde baru
Dimensi13,5 cm x 20 cm
PenerbitGramedia Pustaka Utama
6

Langit Kresna HariadiMajapahit 3: Banjir Bandang dari Utara

Mulai dari Rp 124.000,00

Rating di Goodreads4,10 dari 5
Latar waktuKerajaan
Dimensi15,5 cm x 23,5 cm
PenerbitBentang
5
Rating di Goodreads4,14 dari 5
Latar waktuKolonial, revolusi, orde lama, orde baru
Dimensi13 cm x 20 cm
PenerbitPenerbit Buku Kompas
4
Rating di Goodreads4,20 dari 5
Latar waktuOrde lama, orde baru
Dimensi15 cm x 21 cm
PenerbitGramedia Pustaka Utama
3
Rating di Goodreads4,24 dari 5
Latar waktuKerajaan
Dimensi14 cm x 21 cm
PenerbitGramedia Widiasarana Indonesia
2
Rating di Goodreads4,41 dari 5
Latar waktuKolonial, revolusi
Dimensi13 cm x 20 cm
PenerbitLentera Dipantara
1
Rating di Goodreads4,61 dari 5
Latar waktuOrde baru
Dimensi13,5 cm x 20 cm
PenerbitKepustakaan Populer Gramedia

Tabel perbandingan produk novel sejarah Indonesia terbaik

Gambar produk
1
Leila S. Chudori Laut Bercerita 1

Leila S. Chudori

2
Pramoedya Ananta Toer Bumi Manusia 1

Pramoedya Ananta Toer

3
Setyo Wardoyo The Rise of Majapahit 1

Setyo Wardoyo

4
Ahmad Tohari Ronggeng Dukuh Paruk 1

Ahmad Tohari

5
Y.B. Mangunwijaya Burung-Burung Manyar 1

Y.B. Mangunwijaya

6
Langit Kresna Hariadi Majapahit 3: Banjir Bandang dari Utara 1

Langit Kresna Hariadi

7
Okky Madasari Entrok 1

Okky Madasari

8
Ratih Kumala Gadis Kretek 1

Ratih Kumala

9
Marion Bloem Moemie, Gadis Berusia Seratus Tahun 1

Marion Bloem

10
Laksmi Pamuntjak Amba 1

Laksmi Pamuntjak

Nama produk

Laut Bercerita

Bumi Manusia

The Rise of Majapahit

Ronggeng Dukuh Paruk

Burung-Burung Manyar

Majapahit 3: Banjir Bandang dari Utara

Entrok

Gadis Kretek

Moemie, Gadis Berusia Seratus Tahun

Amba

Keunggulan

Kisah kehilangan dan upaya untuk merelakan

Kisah perjuangan pribumi pada masa kolonial

Lebih logis dan mudah dipahami, tidak seperti novel kerajaan Majapahit lainnya

Kisah penari ronggeng di tengah peristiwa politik 1965

Ikuti kisah hidup Teto dari masa kolonial hingga orde baru

Raden Wijaya yang harus mengawal keempat putri Singhasari dari kejaran pasukan Kediri

Menceritakan pergolakan sosial di tengah budaya Jawa yang kental

Tembakau dan perjalanan manusia menguak rahasia keluarga

Kisah supernatural dibalut setting sejarah

Kisah sedih Amba yang ditinggal kekasihnya di Pulau Buru

Harga mulai dariRp 100.000,00Rp 132.000,00Rp 83.000,00Rp 88.000,00Rp 79.000,00Rp 124.000,00Rp 80.000,00Rp 75.000,00Rp 100.000,00Rp 138.000,00
Rating di Goodreads4,61 dari 54,41 dari 54,24 dari 54,20 dari 54,14 dari 54,10 dari 54,05 dari 54,02 dari 53,82 dari 53,79 dari 5
Latar waktuOrde baruKolonial, revolusiKerajaanOrde lama, orde baruKolonial, revolusi, orde lama, orde baruKerajaanOrde baruKolonial, revolusiKolonial, revolusi, orde lama, orde baruOrde lama, orde baru
Dimensi13,5 cm x 20 cm13 cm x 20 cm14 cm x 21 cm15 cm x 21 cm13 cm x 20 cm15,5 cm x 23,5 cm13,5 cm x 20 cm13,5 cm x 20 cm14 cm x 21 cm15 cm x 21 cm
PenerbitKepustakaan Populer GramediaLentera DipantaraGramedia Widiasarana IndonesiaGramedia Pustaka UtamaPenerbit Buku KompasBentangGramedia Pustaka UtamaGramedia Pustaka UtamaKepustakaan Populer GramediaGramedia Pustaka Utama
Tautan produk

Baca juga rekomendasi novel lainnya di sini

Selain novel sejarah, kami juga memiliki berbagai rekomendasi novel dengan genre lainnya yang dapat Anda pilih. Novel-novel ini bisa Anda baca saat waktu luang atau untuk menambah koleksi Anda yang hobi membaca.

Kesimpulan

Kami sudah memberikan pemaparan mengenai novel sejarah Indonesia. Walaupun ditulis berdasarkan peristiwa yang terjadi di Indonesia, novel genre ini tetap memiliki pemikiran imajinatif penulis. Oleh karena itu, Anda belum tentu dapat memercayainya seratus persen.


Pilihlah novel sejarah Indonesia berdasarkan latar waktu dan tema yang diangkat. Mengetahui waktu yang terjadi pada novel akan membuat Anda memahami kebudayaan yang terjadi pada masa lampau. Jadi, selamat berburu novel sejarah!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Novel Persahabatan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Persahabatan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Persahabatan adalah salah satu tema yang sering diangkat menjadi karya sastra, termasuk novel. Selain bisa menikmati kisah persahabatan para tokohnya, tak jarang novel tersebut memberikan sejumlah inspirasi dan motivasi. Saat pergi ke toko buku atau membuka e-commerce, banyak sekali novel persahabatan yang bagus dan mungkin menarik hati Anda.Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda dalam memilih serta merekomendasikan sepuluh novel persahabatan terbaik. Anda akan menemukan sejumlah novel yang mungkin sudah tidak asing lagi, seperti Laskar Pelangi, The Kite Runners, dan 5 Cm. Simak sampai habis dan temukan novel pilihan Anda!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi kamu yang masih berusia remaja, membaca teenlit bisa menjadi pilihan asyik untuk mengisi waktu luang. Mayoritas novel remaja menggunakan gaya bahasa santai dan gaul sehingga dekat dengan kehidupan sehari-hari. Tema-tema yang diangkat pun sudah tak asing lagi, yaitu seputar sekolah, persahabatan, keluarga, cita-cita, hingga romansa.Apabila kamu sedang mencari novel remaja yang bagus, kami akan berbagi tips untuk memilihnya. Kami juga akan menyuguhkan rekomendasi novel remaja terbaik, seperti Bumi, Ancika, dan Geez & Ann. Kamu penasaran? Yuk, baca artikel ini hingga tuntas!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Tere Liye Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mungkin banyak di antara Anda yang tumbuh bersama novel-novel dari Tere Liye. Tak hanya cerita dari novelnya saja yang mengaduk-aduk perasaan, tetapi juga banyak kutipan tulisan Tere Liye yang menyentuh hati. Dari semua novel Tere Liye yang ada, manakah yang paling Anda sukai?Untuk Anda yang baru mengetahui karya Tere Liye atau rindu ingin membaca ulang novel-novelnya, bacalah artikel ini. Kami akan memberikan rekomendasi sepuluh novel terbaik dari Tere Liye, seperti Pulang, Negeri Para Bedebah, dan Hujan. Sosok Tere Liye dan karyanya juga akan kami bahas lebih mendalam, lho!
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah dengan membaca novel romantis. Selain bisa menikmati kisah cinta tokoh utamanya, Anda bisa terinspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, siapa tahu Anda juga menemukan kutipan kata cinta menarik yang bisa diunggah di media sosial.Namun, setiap bulan selalu ada judul novel romantis terbaru yang terbit, mulai dari Hilmy Milan hingga Himpunan. Ada pula kisah menarik dari Wattpad yang dijadikan novel dan novel best seller lainnya. Agar tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih novel romantis yang bagus untuk Anda.
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Novel Andrea Hirata Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Novel Andrea Hirata Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Andrea Hirata merupakan penulis asli Indonesia yang memenangkan beberapa penghargaan sastra internasional. Hampir seluruh novel karya Andrea Hirata diterbitkan oleh merk penerbit Bentang Pustaka. Salah satu karya legendarisnya yang telah diangkat ke layar lebar adalah Laskar Pelangi. Untuk Anda yang baru mengetahui karya Andrea Hirata atau ingin membaca ulang kumpulan novelnya, simaklah artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi novel Andrea Hirata terbaru yang bagus, seperti Buku Besar Peminum Kopi dan Guru Aini. Beberapa karya lama, seperti Sang Pemimpi dan Orang-Orang Biasa juga dapat Anda temukan dalam artikel ini. 
    Novel & sastra
  • 10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Berlawanan dengan novel yang ditulis berdasarkan hasil imajinasi pengarang, isi buku nonfiksi bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Semua informasi yang ada pada buku nonfiksi benar-benar nyata dan dilengkapi data. Tak heran jika buku nonfiksi sarat akan ilmu baru dan pengetahuan menarik.Buku nonfiksi terbagi menjadi beragam subgenre, seperti self-improvement, parenting, biografi, dan lain-lain. Mungkin Anda akan kebingungan dalam memilih buku apa yang hendak dibaca. Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda dalam memilih buku nonfiksi serta merekomendasikan buku-buku terbaik. Selamat membaca!
    Novel & sastra
  • 6 Rekomendasi Buku Fiersa Besari Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    6 Rekomendasi Buku Fiersa Besari Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda yang suka membaca cerita romansa dan perjalanan mendaki gunung pasti familier dengan Fiersa Besari. Nama Fiersa Besari dalam dunia perbukuan mencuat setelah menghasilkan beberapa karya romansa populer yang dibalut cerita perjalanan. Fiersa Besari sudah menerbitkan banyak buku, yang terkenal di antaranya adalah Konspirasi Alam Semesta dan Garis Waktu.Anda yang ingin membaca novel Fiersa Besari pasti bingung mau memulainya dari mana. Untuk itu kami akan menunjukkan bagaimana cara memilih novel Fiersa Besari terbaik. Kami juga akan merekomendasikan judul-judul novel yang bagus dan cocok untuk Anda baca.
    Novel & sastra
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori