1. TOP
  2. >
  3. Buku
  4. >
  5. Novel & sastra
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Novel Sejarah Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Novel sejarah Indonesia merupakan novel yang ditulis berdasarkan peristiwa yang pernah terjadi di Indonesia. Panjangnya sejarah Indonesia menjadikan novel jenis ini cukup beragam. Anda dapat menemukan novel sejarah Indonesia dengan tema kerajaan, budaya, hingga romansa. Ada yang berisi kisah fiksi, nonfiksi, rangkuman sejarah secara singkat, dan sebagainya.

Banyaknya pilihan novel sejarah Indonesia mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilihnya. Kami akan menjelaskan cara memilih novel sejarah Indonesia yang bagus. Judul-judul novel sejarah terbaik seperti Laut Bercerita dan The Rise of Majapahit ada dalam rekomendasi kami. Simak sampai habis, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih novel sejarah Indonesia

Novel berlatar sejarah banyak terinspirasi dari kejadian nyata atau mengambil latar kejadian bersejarah. Dalam memilih novel sejarah Indonesia, Anda dapat mempertimbangkan latar waktu, tema, dan penulis yang best-seller. Simak penjelasan satu per satu berikut ini.

① Pilih berdasarkan latar waktu peristiwa bersejarah

Setting atau latar waktu merupakan salah satu poin yang bisa Anda pertimbangkan ketika memilih novel sejarah Indonesia. Kami akan membahas mengenai beberapa periode latar waktu yang sering djadikan setting cerita novel sejarah Indonesia.

Kerajaan, kisah-kisah seputar istana kerajaan di Nusantara

Kerajaan, kisah-kisah seputar istana kerajaan di Nusantara

Periode kerajaan dimulai sejak kerajaan tertua di Indonesia berdiri, yakni pada 400–500 Masehi hingga sekitar abad ke-15. Indonesia memiliki banyak kerajaan dari ujung Pulau Sumatra hingga Papua. Beberapa di antaranya merupakan kerajaan yang tersohor di dunia, seperti Kerajaan Singasari atau Kerajaan Majapahit.


Kerajaan-kerajaan di Indonesia ini banyak menjadi inspirasi bagi penulis novel sejarah. Mereka menceritakan pertikaian dalam perebutan kekuasaan, intrik di antara pewaris takhta kerajaan, dan sebagainya. Salah satu novel sejarah dengan latar waktu kerajaan adalah Majapahit: Sandyakala Rajasawangsa karya Langit Kresna Hariadi.

Kolonial, gambaran kondisi penjajahan di Indonesia

Kolonial, gambaran kondisi penjajahan di Indonesia

Masa kolonial di bumi Indonesia dimulai sejak kedatangan penjajah pertama di Indonesia hingga sebelum kemerdekaan. Bangsa-bangsa yang pernah menjajah Indonesia adalah:

  • Portugis (1509-1595)
  • Spanyol (1521-1692)
  • Belanda (1602-1942)
  • Prancis (1806-1811)
  • Inggris (1811-1816)
  • Jepang (1942-1945) 

Banyak penulis yang mengambil setting waktu pada masa kolonial. Dari enam masa penjajahan di Indonesia, penjajahan Belanda menjadi yang paling sering dijadikan latar waktu. Kebanyakan mengambil kisah kepahlawanan, perjuangan, atau percampuran budaya.


Pada novel berlatar kolonial, Anda akan menemui gambaran kondisi penjajahan di Indonesia. Salah satu novel berlatar masa kolonial adalah Tetralogi Pulau Buru karya Pramoedya Ananta Toer.

Revolusi, semangat perang kemerdekaan Indonesia

Revolusi, semangat perang kemerdekaan Indonesia

Masa revolusi kemerdekaan Indonesia terjadi sejak kemerdekaan Indonesia hingga tahun 1949 ketika Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia. Belanda dibantu Sekutu ingin menjajah kembali Indonesia sehingga perang antara Indonesia dan Belanda tidak dapat dihindari.


Perang mempertahankan kemerdekaan Indonesia menjadi peristiwa bersejarah dalam novel-novel berlatar revolusi. Novel dengan latar waktu revolusi umumnya menceritakan pertikaian setelah Indonesia merdeka pada 1945.


Pada era ini, banyak penulis yang mengambil tema perjuangan tokoh-tokoh Indonesia dalam karyanya. Dari banyak novel berlatar revolusi yang menarik untuk Anda coba, salah satunya adalah Jalan Tak Ada Ujung karya Mochtar Lubis.

Orde lama dan orde baru, masa peralihan kepemimpinan

Orde lama dan orde baru, masa peralihan kepemimpinan

Walaupun revolusi Indonesia berakhir pada tahun 1949, perjuangan masih terus dilalui oleh rakyat Indonesia. Puncaknya terjadi ketika perpindahan kekuasaan dari orde lama ke orde baru. Kisah-kisah seperti G30SPKI membuat banyak penulis berimajinasi tentang apa yang sebenarnya terjadi.

Selama masa orde baru, banyak sekali terjadi penyimpangan sosial yang membuat penulis mengkritik kebijakan dengan tulisannya. Meskipun banyak karya yang diciptakan pada era ini, hanya sedikit yang berhasil diterbitkan karena diberedel oleh pemerintah.

Tema perjuangan, kebudayaan, dan politik mendominasi novel sejarah pada setting waktu ini. Salah satu novel sejarah Indonesia yang menceritakan latar waktu ini adalah Orang Orang Proyek karya Ahmad Tohari.

② Perhatikan tema besar yang ada dalam novel sejarah

Setelah latar waktu peristiwa bersejarah, tema yang dipilih penulis juga dapat menjadi dasar pertimbangan Anda. Perbedaan latar waktu biasanya membawa banyak pengaruh pada tema yang diambil oleh penulis.

Perjuangan, kisah yang membakar semangat patriotisme

Perjuangan, kisah yang membakar semangat patriotisme

Kisah perjuangan merupakan tema yang paling banyak digunakan para penulis dalam membuat novel sejarah. Novel bertema sejarah akan membawa Anda pada semangat perjuangan untuk mengisi kemerdekaan sekarang ini.


Namun, adanya perbedaan masa perjuangan ini memberikan arti perjuangan yang berbeda bagi tiap-tiap penulis. Contohnya, pada masa revolusi, rakyat Indonesia berjuang untuk mempertahankan kemerdekaannya.


Sementara itu, pada masa orde baru, rakyat Indonesia berjuang untuk mendapatkan demokrasi. Salah satu novel bertema perjuangan yang menarik untuk Anda baca adalah Tak Ada Esok karya Mochtar Lubis.

Kebudayaan, kejadian sejarah yang memengaruhi tokoh utama

Kebudayaan, kejadian sejarah yang memengaruhi tokoh utama

Sejarah merupakan salah satu penentu kebudayaan. Dengan panjangnya sejarah Indonesia, banyak juga kebudayaan yang hadir di Indonesia. Topik tentang kebudayaan pun menjadi tema yang menarik bagi para penulis novel sejarah.


Pada novel dengan tema ini, biasanya kejadian sejarah tidak terlalu banyak diceritakan. Namun, Anda akan dibawa fokus pada kebudayaan yang dituliskan dengan setting sejarah di dalamnya. Salah satu novel yang mengambil tema ini adalah Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari.

Romansa, kisah percintaan berlatar peristiwa bersejarah

Romansa, kisah percintaan berlatar peristiwa bersejarah

Kisah romansa merupakan salah satu tema yang tak lekang oleh zaman. Sebagai manusia, kisah romantis tidak akan terpisah dengan kehidupan. Romantisisme tokoh utama yang dibalut kejadian sejarah akan membuat Anda yang mungkin hidup pada masa itu merasa bernostalgia.


Sama seperti novel bertema kebudayaan, kejadian sejarah tidak harus terjadi langsung pada tokoh utama. Namun, kejadian tersebut bisa berpengaruh kepada kehidupan tokoh utamanya. Salah satu novel yang mengambil tema ini adalah Tenggelamnya Kapal Van der Wijck karya HAMKA.

③ Ketahuilah karya penulis-penulis best-seller

Ketahuilah karya penulis-penulis best-seller

Novel sejarah tak melulu ditulis oleh penulis pada zaman dahulu. Novel-novel bertema sejarah atau historical fiction juga banyak ditulis oleh penulis-penulis pada zaman modern. Mereka memanfaatkan latar peristiwa bersejarah pada masa lalu menjadi latar yang kuat untuk karya-karyanya.

Beberapa karya penulis tersebut bahkan menjadi best-seller dan dicetak ulang berkali-kali. Dengan mengetahui karya penulis-penulis best-seller setidaknya Anda tahu novel-novel sejarah yang populer dan disukai masayarakat Indonesia. Bisa jadi selera masyarakat tersebut sesuai dengan selera Anda.

Beberapa penulis novel sejarah Indonesia yang menjadi best-seller adalah:

  • Ahmad Tohari, dengan Ronggeng Dukuh Paruk dan Orang-Orang Proyek. Ronggeng Dukuh Paruk sudah difilmkan dengan judul Sang Penari oleh sutradara Ifa Isfansyah pada 2011. Film tersebut bahkan mendapat penghargaan sebagai Film Terbaik pada Festival Film Indonesia 2011.

  • Langit Kresna Hariadi, dengan seri Majapahit dan Gajah Mada. Judul-judul dari seri Majapahit yang populer adalah Majapahit: Sandyakala Rajasawangsa dan Majapahit: Banjir Bandang Dari Utara. Judul-judul seri Gajah Mada yang terkenal adalah Gajah Mada: Hamukti Palapa dan Gajah Mada: Perang Bubat.

  • Leila S. Chudori, dengan novel Pulang dan Laut Bercerita. Novel Laut Bercerita sudah diadaptasi menjadi film pendek berjudul sama arahan sutradara perempuan Pritagita Arianegara pada 2017. Film pendek tersebut dibintangi oleh Reza Rahadian, Dian Sastrowardoyo, dan Ayushita.

  • Pramoedya Ananta Toer, dengan Tetralogi Pulau Buru, Arok Dedes, Gadis Pantai, dan drama MangirTetralogi Pulau Buru pertama terbit tahun 1980-an, tapi sampai saat ini masih dicetak ulang. Bahkan, novel pertama tetralogi tersebut, yakni Bumi Manusia sudah difilmkan pada 2019.

10 Rekomendasi novel sejarah Indonesia terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh novel sejarah Indonesia terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pembaca. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Goodreads.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Leila S. Chudori

Laut Bercerita

Leila S. Chudori Laut Bercerita 1枚目

Kisah kehilangan dan upaya untuk merelakan

2

Pramoedya Ananta Toer

Bumi Manusia

Pramoedya Ananta Toer Bumi Manusia 1枚目

Kisah perjuangan pribumi pada masa kolonial

3

Setyo Wardoyo

The Rise of Majapahit

Setyo Wardoyo The Rise of Majapahit 1枚目

Lebih logis dan mudah dipahami, tidak seperti novel kerajaan Majapahit lainnya

4

Ahmad Tohari

Ronggeng Dukuh Paruk

Ahmad Tohari Ronggeng Dukuh Paruk 1枚目

Kisah penari ronggeng di tengah peristiwa politik 1965

5

Y.B. Mangunwijaya

Burung-Burung Manyar

Y.B. Mangunwijaya Burung-Burung Manyar 1枚目

Ikuti kisah hidup Teto dari masa kolonial hingga orde baru

6

Langit Kresna Hariadi

Majapahit 3: Banjir Bandang dari Utara

Langit Kresna Hariadi Majapahit 3: Banjir Bandang dari Utara 1枚目

Raden Wijaya yang harus mengawal keempat putri Singhasari dari kejaran pasukan Kediri

7

Okky Madasari

Entrok

Okky Madasari Entrok 1枚目

Menceritakan pergolakan sosial di tengah budaya Jawa yang kental

8

Ratih Kumala

Gadis Kretek

Ratih Kumala Gadis Kretek 1枚目

Tembakau dan perjalanan manusia menguak rahasia keluarga

9

Marion Bloem

Moemie, Gadis Berusia Seratus Tahun

Marion Bloem Moemie, Gadis Berusia Seratus Tahun 1枚目

Kisah supernatural dibalut setting sejarah

10

Laksmi Pamuntjak

Amba

Laksmi Pamuntjak Amba 1枚目

Kisah sedih Amba yang ditinggal kekasihnya di Pulau Buru

Perincian produk
Close
No.1

Leila S. ChudoriLaut Bercerita

Mulai dari Rp100.000,00

Kisah kehilangan dan upaya untuk merelakan

Laut Bercerita banyak menceritakan kesedihan. Anda akan dibawa penulis menelusuri lebih dalam ke tokoh-tokoh yang kehilangan. Novel ini berlatar tahun 1990-an yang mengangkat peristiwa yang terjadi pada masa menjelang lengsernya Presiden Soeharto.


Laut Bercerita berbicara banyak mengenai kekejaman pemerintah orde baru. Cerita novel ini diambil dari kisah nyata yang dialami para aktivis yang dinyatakan hilang. Anda akan mengetahui sejarah rezim orde baru dari novel ini. Novel ini sudah diadaptasi menjadi film pendek oleh Pritagita Arianegara.

No.2

Pramoedya Ananta ToerBumi Manusia

Mulai dari Rp132.000,00

Kisah perjuangan pribumi pada masa kolonial

Bumi Manusia merupakan novel pertama dari Tetralogi Pulau Buru. Novel ini sudah diangkat menjadi film layar lebar berjudul sama. Karya Pramoedya Ananta Toer ini mengambil latar waktu pada masa kolonial. Novel ini bercerita tentang seorang pribumi bernama Minke yang ingin memperjuangkan kaumnya.

Anda akan dibawa merasakan kondisi zaman penjajahan serta menyaksikan perubahan pendirian tokoh utamanya yang mengenyam pendidikan Belanda. Selain Minke, ada juga tokoh lain yang mencuri perhatian, yakni Nyai Ontosoroh dan Annelies. Jika Anda penasaran dengan jalan cerita dari tokoh-tokoh tersebut, novel ini tidak boleh Anda lewatkan.

No.3

Setyo WardoyoThe Rise of Majapahit

Mulai dari Rp83.000,00

Lebih logis dan mudah dipahami, tidak seperti novel kerajaan Majapahit lainnya

Kerajaan Majapahit memang menjadi magnet tersendiri bagi penulis novel fiksi sejarah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya novel yang menceritakan tentang kerajaan ini. Salah satu novel yang bisa Anda pilih untuk lebih mengenal salah satu kerajaan terbesar tersebut adalah The Rise of Majapahit.


Novel ini dimulai dari kisah keruntuhan kerajaan Singhasari dan Kediri sebelum berdirinya kerajaan Majapahit. Apabila kebanyakan novel kerajaan ditulis penuh dengan fantasi dan unsur supernatural, novel ini berbeda. Setyo Wardono menjabarkan ceritanya dengan logis sehingga dapat dipahami dengan mudah.

No.4

Ahmad TohariRonggeng Dukuh Paruk

Mulai dari Rp88.000,00

Kisah penari ronggeng di tengah peristiwa politik 1965

Kisah yang satu ini merupakan novel lainnya yang sudah diadaptasi ke layar lebar dengan judul Sang Penari. Mengambil latar masa peralihan kekuasaan orde lama ke orde baru, novel ini sangat kental dengan nilai budaya. Untuk Anda yang menyukai kisah bernuansa kebudayaan, novel ini bisa menjadi pilihan.


Buku ini menceritakan tentang seorang penari di dukuh kecil. Profesi sebagai penari ronggeng membuatnya dipuja masyarakat. Akan tetapi, peristiwa 1965 membuyarkan dusun tersebut. Bahkan, penduduknya dicap sebagai penyebab huru-hara dan akhirnya ditahan.

No.5

Y.B. MangunwijayaBurung-Burung Manyar

Mulai dari Rp79.000,00

Ikuti kisah hidup Teto dari masa kolonial hingga orde baru

Novel Burung-Burung Manyar bercerita tentang kehidupan Teto yang mengalami berbagai perubahan dari masa kolonial hingga orde baru. Novel ini dibagi menjadi tiga bagian, yakni peristiwa-peristiwa yang terjadi pada tahun 1934-1944, 1945-1950, dan 1968-1978.


Kisah dramatis, romansa, dan perjuangan terjadi pada rentang tahun-tahun tersebut. Teto mengalami penderitaan yang silih berganti. Meskipun mengambil latar masa kolonial, novel ini mudah dicerna oleh berbagai kalangan. Novel ini cocok untuk Anda yang ingin mengetahui sejarah Indonesia saat dijajah Belanda dan Jepang.

No.6

Langit Kresna HariadiMajapahit 3: Banjir Bandang dari Utara

Mulai dari Rp124.000,00

Raden Wijaya yang harus mengawal keempat putri Singhasari dari kejaran pasukan Kediri

Novel ini menceritakan kejadian setelah Kerajaan Singhasari hancur dalam bencana semalam. Prabu Kertanegara tewas dan keempat putrinya harus melarikan diri dengan dikawal Raden Wijaya dan pasukan Bala Sanggrama. Di belakang mereka, pasukan Kediri beringas menyusuri berbagai tempat demi mengejar mereka. Perang pun tak dapat dihindari.


Bagi Anda yang sedang mencari novel bertema kerajaan, novel ketiga seri Majapahit ini cocok untuk Anda. Produk ini merupakan seri ketiga dari empat seri Majapahit karya Langit Kresna Hariadi. Seri pertama berjudul Majapahit: Sandyakala Rajasawangsa, sementara yang kedua berjudul Majapahit: Bala Sanggrama. Untuk seri keempat atau terakhir adalah Majapahit: Surya Wilwatikta yang terbit pada 2019.

No.7

Menceritakan pergolakan sosial di tengah budaya Jawa yang kental

Entrok sebenarnya adalah bahasa Jawa lawas yang berarti 'dalaman wanita'. Akan tetapi, entrok dalam novel ini merupakan simbol keterkungkungan wanita. Pada era orde baru, hanya wanita dari keluarga berada saja yang dapat membeli entrok. Salah satu tokoh utama dalam novel ini harus mengumpulkan uang untuk membelinya.


Novel ini menceritakan tentang sepasang ibu dan anak yang berbeda sifat dan pemikiran. Namun, sebenarnya keduanya tetap memiliki kesamaan dan menjadi korban kekuasaan. Lewat novel ini, Anda akan terhanyut dalam berbagai konflik yang rumit di tengah tradisi Jawa yang kuat.

No.8

Ratih KumalaGadis Kretek

Mulai dari Rp75.000,00

Tembakau dan perjalanan manusia menguak rahasia keluarga

Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana tembakau Indonesia bisa terkenal di dunia, buku ini mungkin dapat menjawabnya. Tidak hanya menceritakan tentang tembakau, novel ini juga menggambarkan tentang perjalanan manusia.


Anda akan dibawa mengikuti perjalanan tokoh-tokohnya yang mencari keberadaan seorang wanita. Wanita tersebut adalah yang namanya dipanggil oleh ayah mereka saat menanti ajal. Perjalanan ini tidak hanya membuat mereka menapak tilas bisnis keluarga, tetapi juga menguak rahasia keluarganya.

No.9

Marion BloemMoemie, Gadis Berusia Seratus Tahun

Mulai dari Rp100.000,00

Kisah supernatural dibalut setting sejarah

Novel yang diterjemahkan dari bahasa Belanda ini menceritakan kisah supernatural yang dibalut sejarah. Tokoh utamanya memiliki kemampuan melihat masa depan, tetapi tidak bisa berbuat apa-apa. Moemie, sang tokoh utama, merupakan peranakan pribumi dan Belanda.


Cerita ini akan membawa Anda ikut dalam perjalanan hidup Moemi. Sebagai seorang peranakan, sosoknya tidak pernah dianggap keberadaannya, baik oleh pihak Belanda maupun pribumi. Buku yang tidak hanya menceritakan kejadian bersejarah ini tentunya cocok untuk Anda yang juga menyukai cerita supernatural.

No.10

Kisah sedih Amba yang ditinggal kekasihnya di Pulau Buru

Buku ini menceritakan Amba, anak seorang guru kecil di Jawa Tengah. Di Kediri ia bertemu dan menjalin hubungan percintaan dengan Bhisma, dokter lulusan Leipzig, Jerman Timur. Percintaan mereka putus dengan tiba-tiba saat peristiwa G30SPKI terjadi di Yogyakarta. Dalam serbuan tersebut, Bhisma diasingkan ke Pulau Buru.


Bertahun-tahun setelahnya, Amba pergi ke Pulau Buru untuk mencari jejaknya. Novel berlatar peralihan kepemimpinan orde lama ke orde baru ini dapat menggetarkan Anda sebagai pembaca dengan melihat nasib Amba. 

Baca juga rekomendasi novel lainnya di sini

Selain novel sejarah, kami juga memiliki berbagai rekomendasi novel dengan genre lainnya yang dapat Anda pilih. Novel-novel ini bisa Anda baca saat waktu luang atau untuk menambah koleksi Anda yang hobi membaca.

Kesimpulan

Kami sudah memberikan pemaparan mengenai novel sejarah Indonesia. Walaupun ditulis berdasarkan peristiwa yang terjadi di Indonesia, novel genre ini tetap memiliki pemikiran imajinatif penulis. Oleh karena itu, Anda belum tentu dapat memercayainya seratus persen.


Pilihlah novel sejarah Indonesia berdasarkan latar waktu dan tema yang diangkat. Mengetahui waktu yang terjadi pada novel akan membuat Anda memahami kebudayaan yang terjadi pada masa lampau. Jadi, selamat berburu novel sejarah!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer