• 10 Rekomendasi Buku Filsafat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Buku Filsafat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Buku Filsafat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Buku Filsafat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Buku Filsafat Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Buku Filsafat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Buku filsafat akan mengajak Anda untuk menyelami lebih dalam tentang suatu permasalahan dan berpikir kritis untuk mencari solusinya. Filsafat adalah ilmu yang sangat luas dan bisa diaplikasikan ke semua lini kehidupan, misalnya filsafat politik, pendidikan, agama, dan sebagainya. 


Untuk Anda yang ingin mencari makna lebih dalam tentang kehidupan, buku filsafat akan cocok untuk Anda. Kami akan membantu Anda untuk menemukan kumpulan buku filsafat terbaik di artikel ini. Buku filsafat terkenal, seperti Filosofi Teras, Sang Penguasa, dan Dunia Sophie akan kami rekomendasikan untuk Anda. Silakan baca artikelnya sampai selesai, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Yoga Akbar Sholihin
Jenny Jusuf
  • Pembaharuan terakhir: 27 April 2021
  • 7.978 Views
Daftar isi

Pentingnya membaca buku filsafat

Pentingnya membaca buku filsafat

Mungkin buku filsafat tidak terlalu populer dalam perbincangan sehari-hari. Topik pembahasannya yang terlalu mendalam dan berat terkadang memang tidak bisa diikuti oleh sebagian orang. Namun, ketika bertemu orang yang sama-sama menyukai filsafat, obrolan Anda bisa berkembang ke mana-mana. 


Filsafat atau filosofi adalah ilmu yang mempelajari dasar-dasar pemikiran manusia terhadap suatu hal. Bisa dibilang, ilmu filsafat adalah dasar dari semua ilmu yang ada. Membaca buku tentang filsafat sangat berguna untuk kehidupan Anda, baik untuk kehidupan itu sendiri, cara pandang, maupun cara menghadapi masalah.


Jika banyak membaca buku filsafat, Anda akan terlatih untuk berpikir kritis. Anda akan lebih bisa mengontrol pikiran dan lebih matang dalam menyikapi segala persoalan hidup yang datang. Ilmu filsafat juga tidak lekang oleh zaman. Hal itu terbukti dari pemikiran ratusan tahun lalu yang masih sangat berguna sampai sekarang. 


Misalnya, nilai dan strategi kepemimpinan dari buku The Art of War dari Sun Tzu masih sangat berguna sampai saat ini. Banyak orang-orang sukses yang juga menggunakan filsafat sebagai jalan hidup mereka, seperti Tim Ferris yang mengaplikasikan ilmu stoicsm dalam hidupnya.

Cara memilih buku filsafat

Berikut ini adalah beberapa tips dasar dalam memilih buku filsafat. Anda bisa memilih buku filsafat berdasarkan topik yang dibahas, filsuf yang memengaruhi pemikiran tersebut, hingga alirannya. Semoga penjelasan di bawah ini bisa membantu Anda dalam memilih buku filsafat terbaik.

Pilih berdasarkan topik yang dibahas

Cakupan ilmu filsafat yang begitu luas membuat Anda harus selektif dalam memilih topik yang dibahas. Kami akan membedakannya menjadi filsafat kuno dan modern agar Anda lebih mudah memilihnya.

Filsafat kuno: Mempelajari kebijaksanaan hidup dari kejadian masa lalu

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, banyak cabang ilmu filsafat yang sudah ada ratusan tahun lalu, tetapi masih berguna pada zaman sekarang. Topik filsafat kuno biasanya berlatar belakang kejadian pada masa lalu, contohnya filsafat Tiongkok, Yunani kuno, Islam, dan sebagainya. Belum berkembangnya teknologi pada zaman itu membuat pemikiran-pemikiran para filsuf sangat diagungkan dan diteladani.


Untuk mendapatkan kebijaksanaan hidup dan menjalani hidup dengan lebih tenang, Anda bisa mempelajari pemikiran-pemikiran Konfusius. Filsafat Yunani kuno yang dipopulerkan oleh Socrates, Aristoteles, dan Plato tentang kehidupan sosial dan politik juga masih bisa dipelajari hingga sekarang. Untuk Anda yang ingin lebih mendalami agama, buku tentang filsafat Islam, Kristen, Buddha, dan lainnya bisa Anda baca.

Filsafat modern: Membahas ilmu-ilmu yang masih berkembang pesat pada zaman sekarang

Filsafat tentang pemikiran, jiwa, sains, serta politik adalah contoh-contoh ilmu filsafat yang selalu berkembang. Ilmu-ilmu ini ikut berubah dan beradaptasi seiring berkembangnya zaman. Teknologi dan ilmu komunikasi yang makin maju juga membawa dampak besar terhadap perkembangan ilmu ini. 


Untuk menghadapi perkembangan zaman yang pesat, ada baiknya Anda membaca buku-buku filsafat modern. Untuk Anda yang selalu penasaran dengan kebiasaan para politikus, cara negara berjalan, keadilan, atau kesetaraan, buku filsafat politik mungkin adalah buku yang tepat. 


Jika Anda tertarik dengan makhluk hidup, alam semesta, atau semacamnya, Anda harus mengikuti perkembangan buku-buku filsafat sains dan teknologi. Terlepas dari buku filsafat kuno atau modern, pilihlah topik yang paling menarik minat Anda.

Kenali filsuf terkenal yang pemikirannya banyak dijadikan buku

Buku-buku filsafat umumnya ditulis berdasarkan pemikiran para filsuf terdahulu yang masih bisa diaplikasikan pada era sekarang. Karena itu, sebaiknya Anda mengenal para filsuf tersebut agar pengetahuan Anda tentang pemikiran mereka makin dalam.

Socrates, Plato, dan Aristoteles: Trio filsuf Yunani kuno

Socrates, Plato, dan Aristoteles: Trio filsuf Yunani kuno

Bicara tentang filsafat, rasanya kurang lengkap jika belum membahas trio filsuf Yunani kuno yang terkenal, yakni Socrates, Plato, dan Aristoteles. Socrates adalah filsuf yang tidak pernah mengajarkan filsafat, tetapi filsafat sudah menjadi gaya hidupnya. Ia sering berdiskusi dengan banyak orang tentang pemikiran-pemikirannya. 


Meskipun pemikirannya sangat berpengaruh, Socrates tidak pernah menulis satu buku pun. Pemikiran-pemikirannya tertuang lewat tulisan yang diciptakan oleh muridnya, Plato. Plato sendiri memiliki mahakarya yang berjudul Republics. Plato sangat memegang ajaran tentang suatu ide atau gagasan. Menurutnya, ide-ide bisa menciptakan pemikiran yang tujuan utamanya adalah untuk kesenangan hidup.


Generasi selanjutnya adalah Aristoteles yang merupakan murid dari Plato. Banyak pemikiran Aristoteles yang sangat terkenal, misalnya manusia sebagai zoon politicon atau mahkluk sosial. Menurutnya, negara bisa terbentuk karena adanya kebutuhan manusia untuk bersosialisasi dan berkumpul. Berbeda dengan Plato yang lebih condong menyukai negara monarki atau oligarki, Aristoteles lebih suka konsep negara demokrasi.

Konfusius: Filsuf Cina kuno yang mengajarkan etika moral dan keharmonisan sosial

Konfusius: Filsuf Cina kuno yang mengajarkan etika moral dan keharmonisan sosial

Konfusius atau yang disebut juga Kong Hu Cu adalah seorang filsuf Cina kuno yang pemikirannya berkaitan erat tentang moralitas dan keharmonisan sosial. Ajarannya juga sangat erat dengan tradisi Cina kuno sehingga banyak rakyat Cina yang mengikutinya. Bahkan, cara hidup Konfusius dijadikan sebuah kepercayaan bagi sebagian orang.


Beberapa kutipan kalimat Konfusius masih sangat terkenal hingga saat ini, misalnya, "Kemenangan terbesar manusia adalah bukan ketika tidak pernah gagal, tetapi ketika bisa bangkit setiap kali gagal". Pemikiran dan sejarah hidupnya juga banyak dijadikan buku. Untuk Anda yang ingin mempelajari filsafat Cina kuno, salah satu filsuf yang patut dijadikan acuan adalah Konfusius.

Marcus Aurelius: Raja Romawi yang mengajarkan filsafat stoic

Marcus Aurelius: Raja Romawi yang mengajarkan filsafat stoic

Ilmu stoicism sebenarnya sudah diajarkan oleh filsuf terdahulu seperti Zeno atau Seneca. Namun, salah satu nama yang identik dengan stoicism adalah Marcus Aurelius. Selain sebagai raja kerajaan Romawi yang terkenal, pemikiran Marcus Aurelius juga sering dijadikan pedoman hidup. Hingga saat ini, buku Meditations karyanya masih banyak dibaca orang dari semua kalangan.


Buku tersebut menceritakan tentang kebijakan-kebijakan yang didapatkan Marcus Aurelius dari proses meditasinya. Dengan mempelajari stoic, Anda akan lebih kuat mental menghadapi apa pun tantangan dalam hidup. Tak heran, ilmu stoic masih banyak dipelajari hingga saat ini.

Ketahui aliran-aliran filsafat yang menjadi corak bukunya

Ketahui aliran-aliran filsafat yang menjadi corak bukunya

Filsafat adalah ilmu yang universal sehingga bisa diaplikasikan ke berbagai bidang ilmu. Tak bisa dipungkiri, dalam pembahasannya buku filsafat memiliki berbagai aliran yang dipengaruhi oleh para filsuf. Beberapa aliran yang terkenal adalah idealisme, rasionalisme, dan empirisme.


Idealisme adalah aliran filsafat yang menitikberatkan kepada ide sebagai realitas paling dasar yang muncul dari dalam jiwa manusia. Konsep inilah yang menjadi cikal bakal pemikiran manusia. Filsuf yang mengusung aliran filsafat idealisme adalah Plato. Sementara rasionalisme adalah aliran yang menitikberatkan pada akal manusia sebagai satu-satunya sumber pengetahuan bagi manusia. 


Konsep rasionalisme diusung filsuf Prancis Descartes yang dikenal juga sebagai bapak filsuf modern. Idealisme dan rasionalisme tidak menuntut bukti nyata terhadap sebuah pemikiran. Hal itu berbeda dengan aliran empirisme. Aliran ini beranggapan sebuah pengetahuan hanya bisa diperoleh lewat pengalaman, di mana pengalaman sering kali harus dirasakan oleh pancaindera.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

Jorge Luis BorgesParabel Cervantes dan Don Quixote

Mulai dari Rp 45.000,00

10 Rekomendasi buku filsafat terbaik

Berikut ini kami rekomendasikan beberapa buku filsafat yang bisa Anda pilih. Pilihlah buku berdasarkan topik yang paling ingin Anda perdalam, ya!

10

George Stuart FullertonIntroduction of Philosophy (Pengantar Filsafat)

Mulai dari Rp 100.000,00

TopikFilsafat umum
BahasaIndonesia (terjemahan)
PenerbitIndoliterasi
Jumlah halaman374
Tahun2020
9
TopikFilsafat sosial
BahasaIndonesia (terjemahan)
PenerbitMizan
Jumlah halaman800
Tahun1996
8
TopikFilsafat politik
BahasaIndonesia (terjemahan)
PenerbitBasabasi
Jumlah halaman158
Tahun2020
7

Viktor E. FranklMan's Search For Meaning

Mulai dari Rp 236.000,00

TopikFilsafat umum
BahasaInggris
PenerbitBeacon Press
Jumlah halaman184
Tahun2006
6
TopikStoic
BahasaIndonesia
PenerbitGramedia
Jumlah halaman346
Tahun2018
5

Setyo Hajar DewantoroSuwung: Ajaran Rahasia Leluhur Jawa

Mulai dari Rp 79.000,00

TopikFilsafat Jawa
BahasaIndonesia
PenerbitJavanica
Jumlah halaman292
Tahun2017
4

René DescartesThe Passions of The Soul (Hasrat Jiwa)

Mulai dari Rp 89.000,00

TopikFilsafat jiwa
BahasaIndonesia (terjemahan)
PenerbitIndoliterasi
Jumlah halaman294
Tahun2020
3

Dr. Adian Husaini et al. Filsafat Ilmu: Perspektif Barat & Islam

Mulai dari Rp 85.000,00

TopikFilsafat ilmu, agama
BahasaIndonesia
PenerbitGema Insani
Jumlah halaman328
Tahun2013
2

H. G. WellsMankind in The Making (Memandang Manusia dari Sudut Pandang Sosial dan Politik)

Mulai dari Rp 99.000,00

TopikFilsafat ilmu sosial dan politik
BahasaIndonesia (terjemahan)
PenerbitIndoliterasi
Jumlah halaman314
Tahun2020
1
TopikFilsafat politik
BahasaIndonesia (terjemahan)
PenerbitIndoliterasi
Jumlah halaman280
Tahun2020

Tabel perbandingan produk buku filsafat terbaik

Gambar produk
1
Aristoteles Politics 1

Aristoteles

2
H. G. Wells Mankind in The Making (Memandang Manusia dari Sudut Pandang Sosial dan Politik) 1

H. G. Wells

3
Dr. Adian Husaini et al.  Filsafat Ilmu: Perspektif Barat & Islam 1

Dr. Adian Husaini et al.

4
René Descartes The Passions of The Soul (Hasrat Jiwa) 1

René Descartes

5
Setyo Hajar Dewantoro Suwung: Ajaran Rahasia Leluhur Jawa 1

Setyo Hajar Dewantoro

6
Henry Manampiring Filosofi Teras 1

Henry Manampiring

7
Viktor E. Frankl Man's Search For Meaning 1

Viktor E. Frankl

8
Niccolo Machiavelli Sang Penguasa 1

Niccolo Machiavelli

9
Jostein Gaarder Dunia Sophie 1

Jostein Gaarder

10
George Stuart Fullerton Introduction of Philosophy (Pengantar Filsafat) 1

George Stuart Fullerton

Nama produk

Politics

Mankind in The Making (Memandang Manusia dari Sudut Pandang Sosial dan Politik)

Filsafat Ilmu: Perspektif Barat & Islam

The Passions of The Soul (Hasrat Jiwa)

Suwung: Ajaran Rahasia Leluhur Jawa

Filosofi Teras

Man's Search For Meaning

Sang Penguasa

Dunia Sophie

Introduction of Philosophy (Pengantar Filsafat)

Keunggulan

Berisi kumpulan pandangan Aristoteles terhadap negara dan politik

Mencari tahu tentang proses pembentukan manusia sosial

Mengetahui lebih dalam irisan antara ilmu dengan perspektif Islam

Bacaan menarik untuk mendalami emosi dan jiwa dari sudut pandang filsafat

Filsafat Jawa untuk menjalani hidup dengan tenteram

Belajar filosofi stoic dengan cara yang lebih mudah dipahami

Mempelajari pentingnya harapan hidup pada masa-masa sulit

Filsafat menjadi pemimpin yang berkuasa dari seorang Machiavelli

Berkenalan dengan filsafat dari sebuah novel

Pintu masuk yang tepat untuk belajar filsafat

Harga mulai dariRp 89.000,00Rp 99.000,00Rp 85.000,00Rp 89.000,00Rp 79.000,00Rp 98.000,00Rp 236.000,00Rp 55.000,00Rp 135.000,00Rp 100.000,00
TopikFilsafat politikFilsafat ilmu sosial dan politikFilsafat ilmu, agamaFilsafat jiwaFilsafat JawaStoicFilsafat umumFilsafat politikFilsafat sosialFilsafat umum
BahasaIndonesia (terjemahan)Indonesia (terjemahan)IndonesiaIndonesia (terjemahan)IndonesiaIndonesiaInggrisIndonesia (terjemahan)Indonesia (terjemahan)Indonesia (terjemahan)
PenerbitIndoliterasiIndoliterasiGema InsaniIndoliterasiJavanicaGramedia Beacon PressBasabasiMizanIndoliterasi
Jumlah halaman280314328294292346184158800374
Tahun2020202020132020201720182006202019962020
Tautan produk

Baca juga rekomendasi buku lainnya di sini

Selain buku filsafat, ada berbagai buku dengan topik lain yang sudah pernah kami bahas. Pilihan bukunya beragam, ada buku tentang bisnis, self-improvement, biografi, dan semacamnya. Makin banyak membaca tentunya pengetahuan dan sudut pandang Anda akan makin luas. Jika Anda tertarik mencari referensi bacaan, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Mempelajari filsafat memerlukan kesungguhan dan fokus yang kuat. Meskipun demikian, ilmu filsafat sangat berguna untuk hidup sehari-hari karena membuat Anda bisa berpikir kritis dan memiliki mental yang kuat. Pertimbangan utama dalam memilih buku filsafat adalah topiknya. Topik yang tepat akan membuat semangat Anda dalam menyelesaikan buku filsafat makin tinggi. Selamat membaca!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Buku Terbaik Tentang Self-Improvement (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buku Terbaik Tentang Self-Improvement (Terbaru Tahun 2021)
    Buku tentang self-improvement atau pengembangan diri adalah salah satu kategori buku yang selalu laris diburu pembeli. Alasannya karena manusia memiliki keinginan untuk terus belajar dan tidak semua pelajaran bisa didapatkan melalui jalur formal. Ada banyak topik menarik mengenai pengembangan diri, misalnya tentang finansial, kepribadian manusia, cara meningkatkan produktivitas kerja, dan semacamnya. Kami akan membahas beberapa buku self-improvement yang bagus dan wajib Anda baca setidaknya sekali seumur hidup. Buku-buku dari pengarang terkenal, seperti Mark Manson, Paulo Coelho, hingga Cal Newport ada dalam daftar rekomendasi kami. Namun, sebelum itu, pelajari dahulu cara memilihnya, ya! 
    Buku pengembangan diri & karier
    11.342 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Tentang Saham (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Tentang Saham (Terbaru Tahun 2021)
    Berinvestasi sebaiknya sudah mulai dilakukan sejak usia produktif, salah satunya lewat pasar saham. Meskipun anak muda mulai sadar akan pentingnya investasi, tetapi masih banyak yang ragu untuk menabung saham. Daripada berdiam diri saja, bagaimana jika Anda mencari tahu lebih lanjut sebelum memutuskan berinvestasi atau tidak?Pada artikel kali ini, kami akan membahas buku-buku terbaik untuk belajar tentang saham. Beberapa buku dari penulis sekaligus trader sukses, seperti Ellen May, Warren Buffet, dan Ryan Filbert akan kami rekomendasikan untuk Anda. Ayo belajar dahulu sebelum terjun langsung ke dunia saham!
    Buku pengembangan diri & karier
    11.021 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Bisnis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buku Bisnis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Membaca sering kali menjadi hobi para pebisnis, bahkan hal itu sudah menjadi kebiasaan. Semangat belajar terus-menerus tanpa batasan usia inilah yang membuat para pebisnis sukses. Bagi Anda yang tertarik berkecimpung di dunia bisnis, sebaiknya mulailah untuk membaca buku bisnis.Tak hanya tentang tips dan trik seputar bisnis, banyak buku yang membahas motivasi atau kisah sukses para pebisnis. Pada artikel ini, kami akan merekomendasikan buku bisnis terbaik, seperti Start With Why, The Lean Startup, dan Radical Candor. Kami juga akan membagikan cara memilihnya untuk Anda yang baru mulai membaca buku bisnis.
    Buku pengembangan diri & karier
    5.794 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Psikologi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buku Psikologi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ilmu psikologi mencakup relasi antarmanusia ataupun motif dari berbagai macam sifat manusia. Ilmu pengetahuan yang sangat luas tersebut dapat dikaitkan dengan berbagai bidang lainnya seperti bidang sains ataupun ekonomi. Jika Anda sedang tertarik untuk mengenal diri sendiri atau manusia secara umum, buku psikologi adalah pilihan tepat untuk dibaca. Pada artikel ini, kami akan secara khusus membahas buku psikologi yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa buku psikologi yang akan kami bahas adalah Outlier, The Selfish Gene, dan Man’s Search for Meaning. Telusuri artikel ini sampai habis, yuk!
    Buku pengembangan diri & karier
    4.704 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Biografi Terbaik yang Menginspirasi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buku Biografi Terbaik yang Menginspirasi (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sedang membutuhkan inspirasi dalam menjalani hidup? Membaca biografi seseorang yang Anda jadikan panutan bisa menjadi salah satu solusi yang ampuh. Anda bisa meneladani kisah hidup para tokoh besar, lalu mengambil hal-hal positif untuk diaplikasikan dalam hidup Anda.Di artikel kali ini, kami secara khusus membahas buku biografi para tokoh terkenal dari Indonesia ataupun dunia. Ada beberapa tokoh, seperti Elon Musk, Michelle Obama, dan Pramoedya Ananta Toer yang bisa Anda pelajari kisahnya. Simak artikelnya sampai habis, yuk!
    Buku pengembangan diri & karier
    5.799 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Berinvestasi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Berinvestasi (Terbaru Tahun 2021)
    Investasi harus dimulai sejak dini. Akan tetapi, agar dapat berinvestasi dengan tepat, ada banyak hal yang harus dipelajari. Untuk mendapatkan ilmu mulai dari mendasar sampai lanjutan, buku sebagai jendela dunia adalah sumber yang paling lengkap. Sebut saja buku seperti Investor Blueprint, Rich Dad Poor Dad, The Intelligent Investor, dan sebagainya.Untuk itu, kali ini kami akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebelum memilih buku investasi yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan beberapa buku belajar investasi terbaik untuk Anda, misalnya buku tentang saham. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!
    Buku pengembangan diri & karier
    1.258 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori