mybest
Buku filsafat

Layanan Rekomendasi

  1. TOP
  2. Buku
  3. Buku pengembangan diri & karier
  4. 10 Rekomendasi Buku Filsafat Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Buku Filsafat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Buku Filsafat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Buku Filsafat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Buku Filsafat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Buku Filsafat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Buku Filsafat Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Buku filsafat sering kali Anda lewatkan karena terasa berat untuk dibaca. Buku filsafat sebetulnya dapat memberikan filosofi yang bagus untuk kehidupan Anda. Kini ada banyak buku filsafat dengan bahasa yang mudah dibaca untuk para pemula. Selain itu, banyak pula buku filsafat yang digunakan untuk para mahasiswa filsafat.


Jangan ragu untuk mulai membaca buku filsafat. Kami akan membantu Anda untuk menemukan buku filsafat terbaik di artikel ini. Berbagai buku filsafat best seller, seperti Filosofi Teras dan Madilog ada dalam daftar rekomendasi kami. Silakan baca artikelnya sampai selesai, ya!

Diperbaharui 04-20-2023
Galih Pangestu Jati
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Galih Pangestu Jati

Galih Pangestu Jati lulus magister Ilmu Sastra Universitas Gadjah Mada pada tahun 2020. Selama beberapa tahun terakhir, ia bekerja sebagai jurnalis dan content writer di berbagai media nasional. Karena latar belakang studinya, Galih cukup akrab dengan dunia literasi dan sering menulis artikel tentang buku, baik nonfiksi maupun fiksi. Di mybest, Galih banyak membantu pembaca memilih produk terbaik melalui riset yang dalam, khususnya produk-produk teknologi. Saat ini, ia tinggal di Yogyakarta bersama dua kucingnya, Nana dan Nono.

Profil Galih Pangestu Jati
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di Goodreads. (Diperbaharui pada 20 April 2023)

Daftar isi

Apa manfaat membaca buku filsafat?

Apa manfaat membaca buku filsafat?

Filsafat atau filosofi adalah ilmu yang mempelajari dasar-dasar pemikiran manusia terhadap suatu hal. Bisa dibilang bahwa ilmu filsafat adalah dasar dari semua ilmu yang ada. Membaca buku tentang filsafat sangat berguna untuk kehidupan Anda, mulai dari cara pandang sampai cara menghadapi masalah.


Adapun pembahasan ilmu filsafat meliputi hal-hal mendasar tentang persoalan, seperti eksistensi, pengetahuan, nilai, akal, pikiran, dan bahasa. Buku tentang filsafat tidak terlalu populer dalam perbincangan sehari-hari. Topik pembahasannya yang terlalu mendalam dan berat terkadang memang tidak bisa diikuti oleh sebagian orang. Ada beberapa manfaat yang didapat ketika kita membaca buku filsafat, yakni sebagai berikut.


  • Melatih berpikir kritis
  • Membantu mengenali diri
  • Melatih berpikir terbuka (open minded)
  • Pola pikir menjadi lebih terstruktur dan sistematis

Cara memilih buku filsafat

Berikut ini adalah beberapa tips dasar dalam memilih buku filsafat. Anda bisa memilih buku filsafat berdasarkan topik yang dibahas, filsuf yang memengaruhi pemikiran tersebut, hingga alirannya. Semoga penjelasan di bawah ini bisa membantu Anda dalam memilih buku filsafat terbaik.

① Untuk Anda yang studi ilmu filsafat, cari buku filsafat dalam kategori buku ajar atau buku pendidikan

Untuk Anda yang studi ilmu filsafat, cari buku filsafat dalam kategori buku ajar atau buku pendidikan

Di pasaran, tersedia berbagai buku filsafat dengan segmentasi beragam. Apabila Anda seorang mahasiswa atau pengajar filsafat, pilihlah buku-buku filsafat dengan kategori buku ajar atau buku pendidikan. 


Untuk mahasiswa tingkat awal, buku-buku pengantar filsafat bisa menjadi pilihan tepat. Jenis buku ini akan menjadi pintu masuk untuk memahami kajian yang ingin dipelajari. Misalnya, Anda bisa membaca buku Pengantar Filsafat karya K. Bertens. Melalui buku ini, Anda akan mengenal beberapa konsep dasar dalam ilmu filsafat. 


Untuk Anda mahasiswa tingkat lanjut, buku-buku kajian filsafat bisa menjadi bacaan menarik. Buku-buku ini akan memberikan Anda wawasan lebih mendalam mengenai sebuah konsep. Misalnya adalah buku Feminisme Islam: Genealogi, Tantangan, dan Prospek karya Etin Anwar. Buku ini membahas lebih lanjut konsep feminisme Islam yang didasarkan pada kajian empiris.

② Pilih berdasarkan topik yang dibahas: Filsafat hukum, filsafat agama, dan filsafat modern

Cakupan ilmu filsafat yang begitu luas membuat Anda harus selektif dalam memilih topik yang dibahas. Setidaknya, kami membaginya menjadi tiga, yakni filsafat hukum, filsafat agama, dan filsafat modern. Berikut ini penjelasan masing-masing topiknya.

Filsafat hukum: Membicarakan hakikat hukum dan kaitannya dengan etika

Filsafat hukum: Membicarakan hakikat hukum dan kaitannya dengan etika

Pada dasarnya, filsafat merupakan dasar dari semua ilmu, termasuk ilmu hukum. Banyak buku filsafat hukum yang berbicara mengenai hakikat hukum dan kaitannya dengan etika. Selain itu, filsafat hukum juga membahas alasan manusia tunduk terhadap hukum beserta keabsahan sebuah lembaga hukum. 


Di samping itu, filsafat hukum juga berhubungan dengan praktik politik dalam suatu negara. Pemikiran Aristoteles dalam Politics memperlihatkan bagaimana hubungan ideal antara negarawan dengan masyarakatnya di berbagai aspek, termasuk hukum.

Filsafat agama: Menyelidiki konsep dalam tradisi keagamaan

Filsafat agama: Menyelidiki konsep dalam tradisi keagamaan

Buku-buku filsafat agama membahas mengenai tema-tema dan konsep-konsep utama dalam tradisi keagamaan. Diskusi antara keduanya sudah berlangsung sejak zaman kuno hingga kini. 


Filsafat agama juga memiliki kaitan dengan cabang filsafat lainnya, seperti metafisika, epistemologi, dan etikaAdapun tujuan dari filsafat agama adalah membahas konsep dasar dalam agama secara mendalam, sistematis, dan kritis.

Filsafat modern: Membahas ilmu-ilmu yang masih berkembang pesat pada zaman sekarang

Filsafat modern: Membahas ilmu-ilmu yang masih berkembang pesat pada zaman sekarang

Filsafat tentang pemikiran, jiwa, sains, serta politik adalah contoh-contoh ilmu filsafat yang selalu berkembang. Ilmu-ilmu ini ikut berubah dan beradaptasi seiring berkembangnya zaman. Untuk menghadapi perkembangan zaman yang pesat, ada baiknya Anda membaca buku-buku filsafat modern.


Buku filsafat politik sangat tepat untuk Anda yang ingin mempelajari tentang menjalankan sebuah negara dan sistem di dalamnya. Jika Anda tertarik dengan makhluk hidup, alam semesta, atau semacamnya, Anda harus mengikuti perkembangan buku-buku filsafat sains dan teknologi.

③ Kenali filsuf terkenal yang pemikirannya banyak dijadikan buku, seperti Aristoteles dan Jalaluddin Rumi

Buku-buku filsafat umumnya ditulis berdasarkan pemikiran para filsuf terdahulu yang masih bisa diaplikasikan pada era sekarang. Dengan demikian, Anda sebaiknya mengenal para filsuf tersebut agar pengetahuan Anda tentang pemikiran mereka makin dalam.

Socrates, Plato, dan Aristoteles: Trio filsuf Yunani kuno

Socrates, Plato, dan Aristoteles: Trio filsuf Yunani kuno

Bicara tentang filsafat, rasanya kurang lengkap jika belum membahas trio filsuf Yunani kuno, yakni Socrates, Plato, dan Aristoteles. Socrates adalah filsuf yang tidak pernah mengajarkan filsafat, tetapi filsafat sudah menjadi gaya hidupnya. Ia sering berdiskusi dengan banyak orang tentang pemikiran-pemikirannya.


Meskipun pemikirannya sangat berpengaruh, Socrates tidak pernah menulis satu buku pun. Pemikiran-pemikirannya tertuang lewat tulisan yang diciptakan oleh muridnya, Plato. Plato sendiri memiliki mahakarya yang berjudul Republics. Plato sangat memegang ajaran tentang suatu ide atau gagasan. Menurutnya, ide-ide bisa menciptakan pemikiran yang tujuan utamanya adalah untuk kesenangan hidup.


Generasi selanjutnya adalah Aristoteles yang merupakan murid dari Plato. Banyak pemikiran Aristoteles yang sangat terkenal, misalnya manusia sebagai zoon politicon atau makhluk sosial. Berbeda dengan Plato yang lebih condong menyukai negara monarki atau oligarki, Aristoteles lebih menyukai konsep negara demokrasi.

Marcus Aurelius: Raja Romawi yang mengajarkan filsafat stoic

Marcus Aurelius: Raja Romawi yang mengajarkan filsafat stoic

Ilmu stoicism sebenarnya sudah diajarkan oleh filsuf terdahulu seperti Zeno atau Seneca. Namun, salah satu nama yang identik dengan stoicism adalah Marcus Aurelius. Selain sebagai raja kerajaan Romawi yang terkenal, pemikiran Marcus Aurelius juga sering dijadikan pedoman hidup.


Hingga kini buku Meditations karyanya masih banyak dibaca orang dari semua kalangan. Buku tersebut menceritakan tentang kebijakan-kebijakan yang didapatkan Marcus Aurelius dari proses meditasinya. Dengan mempelajari stoic, Anda akan lebih kuat mental menghadapi apa pun tantangan dalam hidup.

Jalaluddin Rumi: Penyair dan filsuf Islam yang membahas tawakal dan cinta

Jalaluddin Rumi: Penyair dan filsuf Islam yang membahas tawakal dan cinta

Jalaluddin Rumi merupakan salah satu penyair dan filsuf yang terkenal di kalangan umat Islam. Buku-buku karyanya selama ratusan tahun terus diterjemahkan dan dibaca oleh banyak orang di dunia. Salah satu konsep yang terkenal dari Rumi adalah tawakal. Alih-alih penerimaan pasif, Rumi menganggap bahwa tawakal merupakan usaha aktif seseorang dengan menggunakan kekuatan memilih.


Selain itu, Rumi juga membahas konsep mengenai cinta. Bagi Rumi, cinta merupakan suatu hal yang universal. Cinta tidak hanya dimiliki oleh manusia, tetapi juga semesta. Ia menganggap bahwa cinta akan membawa manusia memahami makna kehidupan di dunia.

Konfusius: Filsuf Cina kuno yang mengajarkan etika moral dan keharmonisan sosial

Konfusius: Filsuf Cina kuno yang mengajarkan etika moral dan keharmonisan sosial

Konfusius atau Kong Hu Cu adalah seorang filsuf Cina kuno yang pemikirannya berkaitan erat tentang moralitas dan keharmonisan sosial. Ajarannya juga sangat erat dengan tradisi Cina kuno sehingga banyak rakyat Cina yang mengikutinya. Cara hidup Konfusius dijadikan sebuah kepercayaan bagi sebagian orang.


Salah satu kutipan kalimat Konfusius yang masih terkenal sampai sekarang adalah "Kemenangan terbesar manusia adalah bukan ketika tidak pernah gagal, tetapi ketika bisa bangkit setiap kali gagal". Pemikiran dan sejarah hidupnya juga banyak dijadikan buku. Untuk Anda yang ingin mempelajari filsafat Cina kuno, salah satu filsuf yang patut dijadikan acuan adalah Konfusius.

④ Ketahui aliran filsafat yang menjadi corak bukunya: Idealisme, rasionalisme, dan empirisme

Ketahui aliran filsafat yang menjadi corak bukunya: Idealisme, rasionalisme, dan empirisme

Filsafat adalah ilmu yang universal sehingga bisa diaplikasikan ke berbagai bidang ilmu. Tak bisa dimungkiri dalam pembahasan buku filsafat memiliki berbagai aliran yang dipengaruhi oleh para filsuf. Beberapa aliran yang terkenal adalah idealisme, rasionalisme, dan empirisme.


  • Idealisme 
Idealisme adalah aliran filsafat yang menitikberatkan kepada ide sebagai realitas paling dasar yang muncul dari dalam jiwa manusia. Konsep inilah yang menjadi cikal bakal pemikiran manusia. Filsuf yang mengusung aliran filsafat idealisme adalah Plato.

  • Rasionalisme
Rasionalisme adalah aliran yang menitikberatkan pada akal manusia sebagai satu-satunya sumber pengetahuan bagi manusia. Konsep rasionalisme diusung filsuf Prancis Descartes yang dikenal juga sebagai bapak filsuf modern. Idealisme dan rasionalisme tidak menuntut bukti nyata terhadap sebuah pemikiran.

  • Empirisme
Empirisme beranggapan sebuah pengetahuan hanya bisa diperoleh lewat pengalaman. Pengalaman tersebut sering kali harus dirasakan oleh pancaindra.

10 Rekomendasi buku filsafat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh buku filsafat terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pembaca. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Goodreads.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
Perincian
Penerbit
ISBN
Lokal/Terjemahan
Bahasa
Topik
Jumlah halaman
Tahun terbit
Rating di Goodreads
1

Henry Manampiring

Filosofi Teras: Filsafat Yunani-Romawi Kuno untuk Mental Tangguh Masa Kini

Henry Manampiring Filosofi Teras: Filsafat Yunani-Romawi Kuno untuk Mental Tangguh Masa Kini 1枚目

Filosofi stoic dengan bahasa yang mudah dibaca dan dipahami

Penerbit Buku Kompas

9786233463034

Lokal

Bahasa Indonesia

Filsafat modern

298 halaman

2022

4,5 dari 5

2

Etin Anwar

Feminisme Islam: Genealogi, Tantangan, dan Prospek

Etin Anwar Feminisme Islam: Genealogi, Tantangan, dan Prospek 1枚目

Dialog antara feminisme dan Islam dalam konteks kolonialisme dan poskolonialisme

Mizan

9786024412272

Terjemahan

Bahasa Indonesia

Filsafat agama

332 halaman

2022

4,5 dari 5

3

Fahruddin Faiz

Menghilang, Menemukan Diri Sejati

Fahruddin Faiz Menghilang, Menemukan Diri Sejati 1枚目

Berisi refleksi mengenai hakikat hidup manusia

Mizan

9786232423039

Lokal

Bahasa Indonesia

Filsafat agama

320 halaman

2022

4,46 dari 5

4

K. Bertens, Johanes Ohoitimur, dan Mikhael Dua

Pengantar Filsafat

K. Bertens, Johanes Ohoitimur, dan Mikhael Dua Pengantar Filsafat 1枚目

Menelusuri konsep filsafat seperti bertamasya

Kanisius

9789792154641

Lokal

Bahasa Indonesia

Filsafat modern

428 halaman

2018

4,32 dari 5

5

Jalaluddin Rumi

Fihi Ma Fihi

Jalaluddin Rumi Fihi Ma Fihi 1枚目

Memuat ilmu akidah, fikih, dan ilmu lain yang ada di Al-Qur'an

Penerbit Forum

9786023100033

Terjemahan

Bahasa Indonesia

Filsafat agama

538 halaman

2018

4,26 dari 5

6

Tan Malaka

Madilog: Materialisme, Dialektika, dan Logika

Tan Malaka Madilog: Materialisme, Dialektika, dan Logika 1枚目

Revolusi paradigma berpikir dari mistik ke rasional

IRCiSoD

9786236166833

Lokal

Bahasa Indonesia

Filsafat modern

534 halaman

2022

4,23 dari 5

7

Betrand Russell

Sejarah Filsafat Barat

Betrand Russell Sejarah Filsafat Barat 1枚目

Merangkum perkembangan filsafat dari zaman kuno hingga sekarang

Pustaka Pelajar

9789793237343

Terjemahan

Bahasa Indonesia

Filsafat modern

1110 halaman

1945

4,12 dari 5

8

Aristoteles

Politics

Aristoteles Politics 1枚目

Kumpulan pandangan Aristoteles terhadap negara dan politik

Indoliterasi

9786025644214

Terjemahan

Bahasa Indonesia

Filsafat hukum

280 halaman

2020

3,98 dari 5

9

Jalaluddin & Abdullah Idi

Filsafat Pendidikan: Manusia, Filsafat, & Pendidikan

Jalaluddin & Abdullah Idi Filsafat Pendidikan: Manusia, Filsafat, & Pendidikan 1枚目

Wujudkan bangsa yang besar dengan pendidikan terbaik

Ar-Ruzz Media

9792544488

Lokal

Bahasa Indonesia

Filsafat modern

216 halaman

2010

3,83 dari 5

10

Mohammad Adib

Filsafat Ilmu: Ontologi, Epistemologi, Aksiologi, dan Logika

Mohammad Adib Filsafat Ilmu: Ontologi, Epistemologi, Aksiologi, dan Logika 1枚目

Mengenal sejarah perkembangan ilmu pengetahuan di dunia

Pustaka Pelajar

9786028479936

Lokal

Bahasa Indonesia

Filsafat modern

305 halaman

2010

Tidak tersedia

Perincian produk
Close
No.1

Henry ManampiringFilosofi Teras: Filsafat Yunani-Romawi Kuno untuk Mental Tangguh Masa Kini

Mulai dari Rp98.000,00

Filosofi stoic dengan bahasa yang mudah dibaca dan dipahami

Kelebihan:

  • Buku filsafat yang menggunakan bahasa populer sehingga mudah dipahami

Kekurangan:

  • Beberapa contoh dan bahasan diulang sehingga membosankan bagi beberapa pembaca

Ajaran stoic memang sudah dikenal sejak dua ribu tahun lalu. Isinya tentang bagaimana menggunakan emosi negatif untuk menghadapi tantangan dalam hidup. Mengamalkan nilai-nilai stoic dalam kehidupan membuat Anda memiliki mental baja. 


Pada tahun 2018 Henry Manampiring menerbitkan buku Filosofi Teras yang membahas ilmu stoic dengan bahasa yang ringan. Tak heran jika buku ini selalu menjadi langganan di rak best seller toko buku ternama di Indonesia. Jika Anda baru akan mulai belajar ilmu stoic, bacalah buku ini.

PenerbitPenerbit Buku Kompas
ISBN9786233463034
Lokal/TerjemahanLokal
BahasaBahasa Indonesia
TopikFilsafat modern
Jumlah halaman298 halaman
Tahun terbit2022
Rating di Goodreads4,5 dari 5
No.2

Etin AnwarFeminisme Islam: Genealogi, Tantangan, dan Prospek

Mulai dari Rp149.000,00

Dialog antara feminisme dan Islam dalam konteks kolonialisme dan poskolonialisme

Kelebihan:

  • Memberikan gambaran komprehensif mengenai feminisme Islam dalam konteks Indonesia

Kekurangan:

  • Sebagai buku akademis, gaya penyampaiannya terkesan kaku

Untuk Anda yang mendalami feminisme, buku Feminisme Islam: Genealogi, Tantangan, dan Prospek perlu masuk dalam wish list. Dengan penelitian secara 10 tahun, buku ini mencoba membuat dialog antara feminisme dan Islam dalam konteks kolonialisme dan poskolonialisme. Di samping itu, Etin Anwar juga menjelaskan arti menjadi perempuan Muslim dan bagaimana cara meraih kesetaraan.

PenerbitMizan
ISBN9786024412272
Lokal/TerjemahanTerjemahan
BahasaBahasa Indonesia
TopikFilsafat agama
Jumlah halaman332 halaman
Tahun terbit2022
Rating di Goodreads4,5 dari 5
No.3

Fahruddin FaizMenghilang, Menemukan Diri Sejati

Mulai dari Rp89.000,00

Berisi refleksi mengenai hakikat hidup manusia

Kelebihan:

  • Ditulis oleh ahli filsafat
  • Banyak berisi esai pendek yang relevan dengan Islam masa kini
  • Bahasa mudah dipahami

Kekurangan:

  • Berisi kumpulan esai, tidak memberikan penjelasan secara komprehensif tentang konsep-konsep filsafat

Untuk Anda yang membutuhkan buku yang berisi refleksi hakikat hidup, buku karya Fahruddin Faiz ini bisa menjadi pilihan. Menghilang, Menemukan Diri Sejati merupakan kumpulan esai yang mengajak para pembaca untuk melihat ke dalam diri. Faiz menggunakan bahasa yang mudah dipahami dalam pembahasannya sehingga cocok untuk orang awam.

PenerbitMizan
ISBN9786232423039
Lokal/TerjemahanLokal
BahasaBahasa Indonesia
TopikFilsafat agama
Jumlah halaman320 halaman
Tahun terbit2022
Rating di Goodreads4,46 dari 5
No.4

K. Bertens, Johanes Ohoitimur, dan Mikhael DuaPengantar Filsafat

Mulai dari Rp105.000,00

Menelusuri konsep filsafat seperti bertamasya

Kelebihan:

  • Penjelasan yang diberikan cukup komprehensif dan mudah dipahami bagi pembaca awam

Kekurangan:

  • Banyak penjelasan yang bersifat dasar sehingga kurang cocok untuk mahasiswa filsafat tingkat lanjut

Untuk para pemula yang ingin berkenalan dengan filsafat, Pengantar Filsafat karya K. Bertens, dkk ini bisa menjaid pilihan. Buku ini membahas konsep-konsep filsafat secara umum. Melalui penjelasannya, para penulis mengajak para pembaca belajar filsafat selayaknya melakukan tamasya. 


Para pembaca akan diperkenalkan dengan berbagai konsep-konsep dasar yang ada di dalam ilmu filsafat. Karena diperuntukkan bagi para mahasiswa non-filsafat, penjelasan buku ini pun cukup sederhana dan mudah dipahami.

PenerbitKanisius
ISBN9789792154641
Lokal/TerjemahanLokal
BahasaBahasa Indonesia
TopikFilsafat modern
Jumlah halaman428 halaman
Tahun terbit2018
Rating di Goodreads4,32 dari 5
No.5

Jalaluddin RumiFihi Ma Fihi

Mulai dari Rp120.000,00

Memuat ilmu akidah, fikih, dan ilmu lain yang ada di Al-Qur'an

Kelebihan:

  • Dituliskan dalam bahasa yang indah
  • Mengajak pembaca untuk berpikir secara bijaksana


Kekurangan:

  • Buku ditulis dalam pasal yang tidak sinkronis sehingga mungkin akan membingungkan beberapa pembaca

Fihi Ma Fihi merupakan karya Jalaluddin Rumi yang cukup terkenal. Buku ini telah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Secara keseluruhan, buku ini berisi jawaban dari Rumi atas pertanyaan-pertanyaan yang pernah ditujukan kepadanya. Di dalamnya juga memuat ilmu akidah, fikih, dan ilmu lainnya yang ada di Al-Qur'an. Dengan demikian, buku ini cocok dibaca oleh Anda yang tertarik dengan filsafat Islam.

PenerbitPenerbit Forum
ISBN9786023100033
Lokal/TerjemahanTerjemahan
BahasaBahasa Indonesia
TopikFilsafat agama
Jumlah halaman538 halaman
Tahun terbit2018
Rating di Goodreads4,26 dari 5
No.6

Tan MalakaMadilog: Materialisme, Dialektika, dan Logika

Mulai dari Rp120.000,00

Revolusi paradigma berpikir dari mistik ke rasional

Kelebihan:

  • Mengajak para pembaca untuk merevolusi paradigma berpikir dari mistik ke rasional

Kekurangan:

  • Buku ini banyak menggunakan istilah asing yang mungkin sulit dimengerti bagi sebagian orang

Madilog: Materialisme, Dialektika, dan Logika merupakan buku yang ditulis oleh Tan Malaka. Buku ini pertama kali terbit pada tahun 1943 dan menjadi buku filsafat modern berpengaruh di Indonesia. Sintesis dari materialisme Karl Marx dan logika Hegel, buku ini mengajak pembaca untuk merevolusi paradigma dalam berpikir. Tan Malaka ingin mengubah paradigma berpikir mistik ke rasional dan metodis. 

PenerbitIRCiSoD
ISBN9786236166833
Lokal/TerjemahanLokal
BahasaBahasa Indonesia
TopikFilsafat modern
Jumlah halaman534 halaman
Tahun terbit2022
Rating di Goodreads4,23 dari 5
No.7

Betrand RussellSejarah Filsafat Barat

Mulai dari Rp210.000,00

Merangkum perkembangan filsafat dari zaman kuno hingga sekarang

Kelebihan:

  • Membahas secara komprehensif perkembangan ilmu filsafat sejak kuno hingga kini

Kekurangan:

  • Bukunya cukup tebal sehingga memakan waktu lama untuk menyelesaikannya

Untuk Anda para mahasiswa filsafat yang ingin mengetahui perkembangan ilmu filsafat, buku ini wajib dibaca. Sejarah Filsafat Barat akan memberikan Anda rangkuman secara komprehensif perkembangan ilmu filsafat dari zaman kuno hingga kini. Russell tidak hanya berbicara mengenai sejarah filsafat semata, tetapi ia juga mengaitkannya dengan sejarah sosial, politik, dan kemasyarakatan.

PenerbitPustaka Pelajar
ISBN9789793237343
Lokal/TerjemahanTerjemahan
BahasaBahasa Indonesia
TopikFilsafat modern
Jumlah halaman1110 halaman
Tahun terbit1945
Rating di Goodreads4,12 dari 5
No.8

Kumpulan pandangan Aristoteles terhadap negara dan politik

Kelebihan:

  • Memberikan pemahaman awal tentang konsep-konsep dalam sebuah negara

Kekurangan:

  • Ada beberapa bagian yang dipertanyakan gagasannya karena ada beberapa manuskrip asli yang hilang

Politics adalah mahakarya dari Aristoteles Buku ini pertama kali ditulis pada 1877 dan hingga kini masih aktif dicetak ulang di berbagai negara. Isi buku ini membicarakan tentang konsep negara yang ideal, hubungan individu dengan negara, dan sebagainya. 


Aristoteles juga menawarkan sebuah solusi tentang bagaimana seharusnya sebuah negara dijalankan. Buku ini pun cocok untuk Anda yang mencari buku filsafat hukum. Hal ini disebabkan, buku ini membahas etika antara negarawan dan masyarakatnya.

PenerbitIndoliterasi
ISBN9786025644214
Lokal/TerjemahanTerjemahan
BahasaBahasa Indonesia
TopikFilsafat hukum
Jumlah halaman280 halaman
Tahun terbit2020
Rating di Goodreads3,98 dari 5
No.9

Jalaluddin & Abdullah IdiFilsafat Pendidikan: Manusia, Filsafat, & Pendidikan

Mulai dari Rp90.000,00

Wujudkan bangsa yang besar dengan pendidikan terbaik

Kelebihan:

  • Membahas secara kritis landasan pendidikan yang ada di Indonesia

Kekurangan:

  • Review mengatakan, buku ini tidak membahas secara mendalam fenomena pendidikan mutakhir

Pendidikan tak hanya sekadar materi pelajaran semata. Pendidikan melibatkan individu dan sangat berpengaruh terhadap sebuah negara. Oleh karena itu, filsafat menjadi sangat penting untuk dimengerti. 


Buku filsafat pendidikan ini dapat dibaca siapa saja, termasuk Anda yang tertarik dengan filsafat pendidikan Islam. Buku ini membahas tentang masalah pendidikan dan hubungannya dengan kepribadian suatu bangsa. Dengan demikian, Anda dapat memberikan sumbangsih yang baik untuk dunia pendidikan Indonesia.

PenerbitAr-Ruzz Media
ISBN9792544488
Lokal/TerjemahanLokal
BahasaBahasa Indonesia
TopikFilsafat modern
Jumlah halaman216 halaman
Tahun terbit2010
Rating di Goodreads3,83 dari 5
No.10

Mohammad AdibFilsafat Ilmu: Ontologi, Epistemologi, Aksiologi, dan Logika

Mulai dari Rp70.000,00

Mengenal sejarah perkembangan ilmu pengetahuan di dunia

Kelebihan:

  • Membahas sejarah perkembangan ilmu pengetahuan secara global

Kekurangan:

  • Buku ini berisi teks akademis sehingga kurang cocok untuk pembaca populer


Filsafat Ilmu: Ontologi, Epistemologi, Aksiologi, dan Logika merupakan buku yang membahas sejarah dan hakikat ilmu pengetahuan. Selain itu, buku ini juga membahas sejarah perkembangan ilmu pengetahuan di dunia. Corak filsafat Yunani Kuno, Islam, kontemporer pun dibahas secara komprehensif di dalam buku ini. Karena membahas ilmu pengetahuan umum, buku filsafat ilmu ini bisa dibaca siapa saja, mulai dari pelajar hingga akademisi.

PenerbitPustaka Pelajar
ISBN9786028479936
Lokal/TerjemahanLokal
BahasaBahasa Indonesia
TopikFilsafat modern
Jumlah halaman305 halaman
Tahun terbit2010
Rating di GoodreadsTidak tersedia

Baca juga rekomendasi buku lainnya untuk perkembangan diri di sini

Membaca buku filsafat dapat membuat Anda mengembangkan diri Anda menjadi lebih baik lagi. Selain buku filsafat, ada berbagai buku lainnya untuk perkembangan diri Anda. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui berbagai buku bagus yang dapat Anda baca.

Kesimpulan

Mempelajari filsafat memerlukan kesungguhan dan fokus yang kuat. Meski demikian, ilmu filsafat sangat berguna untuk segala aspek kehidupan. Aspek tersebut bisa berupa kehidupan sehari-hari sampai kehidupan sosial dan politik.


Pertimbangan utama dalam memilih buku filsafat adalah topiknya. Topik yang tepat akan membuat semangat Anda dalam menyelesaikan buku filsafat makin tinggi. Pertimbangkan juga bahasa yang digunakan agar mudah dibaca. Selamat membaca buku filsafat!

5 Rekomendasi Buku Filsafat terbaik

No. 1Henry ManampiringFilosofi Teras: Filsafat Yunani-Romawi Kuno untuk Mental Tangguh Masa Kini

No. 2Etin AnwarFeminisme Islam: Genealogi, Tantangan, dan Prospek

No. 3Fahruddin FaizMenghilang, Menemukan Diri Sejati

No. 4K. Bertens, Johanes Ohoitimur, dan Mikhael DuaPengantar Filsafat

No. 5Jalaluddin RumiFihi Ma Fihi

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer