• 10 Makanan Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Makanan Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Makanan Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Makanan Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Makanan Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Makanan Burung Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)

Burung menjadi hewan peliharaan yang sangat populer karena memiliki bulu yang indah dan suara yang merdu. Kenari, parkit, dan perkutut merupakan beberapa jenis burung yang banyak dipelihara orang. Agar burung memiliki bulu yang indah dan suara yang merdu dibutuhkan nutrisi yang tepat bagi burung.

Kami akan memaparkan cara memilih makanan burung terbaik. Beberapa merek makanan burung yang bagus, seperti Vitakraft, ZuPreem, dan Fancy ada dalam rekomendasi kami. Simak juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Doel. Jbaca artikel sampai habis agar Anda bisa menemukan makanan yang tepat bagi burung.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

drh. Doel
  • Pembaharuan terakhir: 28 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Doel

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Doel

Drh. Muhammad Fadhlullah Mursalim yang lebih dikenal dengan drh. Doel adalah seorang dokter hewan alumnus Universitas Airlangga. Setelah lulus, beliau bekerja di bidang perunggasan selama 2 tahun, kemudian melanjutkan S-2 Biomedik di Universitas Hasanuddin.


Setelah S-2, beliau melanjutkan bekerja sebagai dosen di Departemen Mikrobiologi Prodi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin sampai sekarang. Saat ini beliau sedang menjalani S-3 di Chulalongkorn University, Thailand. Beliau sering sharing mengenai keilmuan di Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih makanan burung

Ada beberapa hal penting yang patut Anda perhatikan sebelum memutuskan membeli makanan burung. Kandungan nutrisi, jenis, dan tanggal kedaluwarsa adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih makanan burung. Agar tak salah memilih, silakan simak penjelasan berikut ini.

Perhatikan kandungan nutrisinya

Protein, lemak, vitamin, dan mineral merupakan empat nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh burung. Keempat nutrisi tersebut memiliki manfaat yang berbeda bagi burung peliharaan Anda. Untuk penjelasan lebih detail, silakan simak karakteristik dari masing-masing nutrisi tersebut.

Protein, membantu pertumbuhan tubuh

Protein, membantu pertumbuhan tubuh

Protein bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh dan kesehatan reproduksi burung. Cacing dan serangga merupakan dua jenis makanan yang bisa memenuhi kebutuhan protein para burung. Namun, Anda bisa memberikan daging dan telur yang sudah dimasak jika tidak bisa menemukan serangga atau cacing.


Burung yang kekurangan protein biasanya mengalami gangguan saat terbang dan bertengger karena ototnya tidak memiliki cukup tenaga. Burung yang kekurangan protein dalam jangka panjang dapat mengalami disfungsi organ. Karena itu, Anda harus memastikan burung peliharaan Anda mendapat protein yang cukup dari makanannya.


Protein memang memiliki peran penting untuk pertumbuhan tubuh burung. Meskipun demikian, Anda sebaiknya tidak memberikan protein dalam jumlah berlebih karena hal itu bisa menyebabkan gangguan hati dan ginjal.

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Berdasarkan penelitian pada burung kolibri, burung yang menerima lebih banyak protein dapat menumbuhkan bulu mahkota yang lebih berwarna daripada yang diberi diet rendah protein. Selain itu, burung yang diberi pakan protein tinggi dapat menumbuhkan bulu ekor hijau yang lebih kuning daripada burung yang diberi diet rendah protein.


Hasil tersebut menunjukkan bahwa kualitas pakan sensitif terhadap bulu hias warna-warni pada burung. Selain itu, hasil tersebut juga dapat menjadi tanda bahwa burung tersebut mendapatkan pakan yang berkualitas. Sesuaikan kebutuhan protein terhadap jenis burung peliharaan dan aktivitas yang dilakukannya.

Lemak, sumber energi bagi burung

Lemak, sumber energi bagi burung

Burung membutuhkan lemak untuk diubah menjadi sumber energi. Di samping itu, lemak juga bisa menjaga tubuh burung tetap hangat saat cuaca sedang dingin. Fungsi lain dari lemak adalah menyerap vitamin A, D, E, dan K


Burung bisa mendapatkan lemak dari biji-bijian dan kacang-kacangan. Meskipun lemak sangat penting, burung hanya boleh diberi lemak murni. Lemak yang sudah diolah sebaiknya tidak diberikan karena lemak tersebut mungkin sudah tercampur dengan zat lain.

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Salah satu masalah pemberian pakan yang mengandung lemak seperti biji-bijian adalah obesitas pada burung. Obesitas adalah masalah utama pada burung yang lebih tua. Konsumsi pakan berbasis biji-bijian yang berlebih dapat menyebabkan penyakit seperti aterosklerosis (timbunan lemak di arteri utama) dan penyakit hati berlemak (lipidosis hati).

Vitamin, baik untuk kesehatan burung

Vitamin, baik untuk kesehatan burung

Nutrisi selanjutnya yang dibutuhkan oleh burung adalah vitamin. Burung memerlukan vitamin A, B, C, D, E, dan K. Tiap-tiap vitamin tersebut memiliki peran yang berbeda-beda bagi kesehatan burung.


  • Vitamin A, bertugas menjaga penglihatan dan sistem kekebalan tubuh burung. Burung yang kekurangan vitamin A biasanya memiliki bintik putih di bagian paruh, berat badannya menurun, dan bulunya cenderung kusam. Agar burung tidak kekurangan vitamin A, Anda bisa memberikan paprika dan brokoli.

  • Vitamin B, dibutuhkan agar makanan yang masuk ke dalam tubuhnya bisa dipecah. Vitamin B termasuk vitamin yang larut di dalam air dan akan terbuang setiap hari. Karena itu, Anda harus memberikan vitamin B secara rutin (setiap hari). Makanan yang bisa menjadi sumber vitamin B adalah sayuran hijau dan semangka.

  • Vitamin C, bertugas menjaga dinding pembuluh darah burung. Vitamin C sangat dibutuhkan burung ketika sedang stres. Selain itu, vitamin C juga bisa membantu pemulihan luka dan menjaga daya tahan tubuh.


  • Vitamin D, yang bisa membantu pembentukan tulang. Namun, burung yang dipelihara di rumah sering kekurangan vitamin D karena jarang terkena sinar matahari. Burung yang kekurangan vitamin D biasanya mengalami penurunan berat badan dan paruhnya melunak. Untuk mencegah hal tersebut, burung peliharaan Anda harus rutin dijemur.

  • Vitamin E, dibutuhkan untuk melawan radikal bebas. Di samping itu, vitamin E juga bertugas melindungi vitamin A dan mencegah vitamin B dan C dari oksidasi.

  • Vitamin K, dibutuhkan burung untuk membantu pembekuan darah saat terjadi luka. Kekurangan vitamin K bisa menyebabkan darah susah membeku saat ada luka.
drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Formulasi vitamin dalam bentuk bubuk paling baik digunakan saat ditaburkan pada produk segar seperti pelet. Ketika ditaburkan pada pakan berbasis biji-bijian, sebagian besar vitaminnya akan terbuang. Selain itu, ketika dicampurkan ke dalam air, vitamin dapat mendorong pertumbuhan bakteri yang berbahaya.

Mineral, bermanfaat untuk pembentukan telur

Mineral, bermanfaat untuk pembentukan telur

Burung juga membutuhkan mineral. Jumlah mineral yang dibutuhkan burung memang tidak banyak, yaitu hanya 1% dari bobot tubuh burung. Walaupun demikian, mineral memegang peran penting dalam proses pembentukan telur.


Burung yang kekurangan mineral bisa mengalami depresi dan berhenti bertelur. Selain itu, kekurangan mineral juga bisa membuat daya tetas telur menurun dan menyebabkan kematian embrio.

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Mineral sangat penting dan sebaiknya disediakan setiap hari dalam bentuk cuttlebone, mineral block, tepung cangkang tiram, atau cangkang telur. Suplemen kalsium harus tersedia, seperti tepung cangkang tiram, tepung tulang, dicalcium fosfat dengan D3 atau blok mineral dengan kalsium, dan yodium.

Ketahui jenis makanan burung yang tersedia di pasaran

Makanan burung yang ada di pasaran sangat beragam. Ada yang berbentuk pelet dan ada yang berupa biji-bijian kering. Dalam hal ini, Anda sebaiknya memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Sebelum itu, Anda sebaiknya mengetahui kelebihan dari kedua jenis makanan burung tersebut.

Pelet, dapat memenuhi kebutuhan nutrisi burung

Pelet, dapat memenuhi kebutuhan nutrisi burung

Pelet merupakan pakan burung buatan manusia. Walaupun demikian, pakan ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh burung. Karena itu, burung yang diberi makan pelet jarang mengalami kekurangan nutrisi. Pelet memiliki bentuk dan warna yang sama. Hal itu membuat burung yang diberi makan pelet tidak punya kesempatan untuk memilih makanannya. Jadi, tidak akan ada lagi makanan yang terbuang.


Burung yang diberi makan pelet saat sudah dewasa mungkin akan lebih susah untuk menerima makanan ini. Namun, Anda bisa mencobanya secara perlahan dengan cara memberikan pelet secara rutin pada pagi hari. Anda juga bisa mencampurkan pelet dengan biji-bijian kering yang biasa dimakan oleh burung peliharaan di rumah.

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Selain dari kandungan nutrisinya yang seimbang, ada beberapa keuntungan pemberian pakan pelet pada burung peliharaan Anda. Beberapa keuntungan tersebut adalah

  • menghilangkan pola makan selektif
  • pakan yang terbuang lebih sedikit dibanding dengan seeds (biji-bijian)
  • pelet mudah dicampur dengan sayur dan buah sebagai makanan pelengkap

Sesuaikan kandungan nutrisi pelet dengan jenis dan aktivitas burung peliharaan Anda.

Biji-bijian, sama seperti makanan burung di alam liar

Biji-bijian, sama seperti makanan burung di alam liar

Beberapa jenis merek pakan burung memproduksi makanan burung berbentuk biji-bijian yang sudah dikeringkan. Pihak produsen biasanya mencampurkan beberapa jenis biji-bijian di dalam satu kemasan. Burung biasanya menyukai makanan ini karena bentuknya mirip seperti makanan asli mereka di alam liar.


Akan tetapi, burung yang diberi makan biji-bijian kering cenderung memilih biji yang mereka sukai saja. Hal itu bisa menyebabkan burung kekurangan nutrisi jika dibiarkan dalam waktu lama. Apabila Anda ingin memberikan makanan jenis ini, pastikan burung peliharaan Anda memakan semua biji-bijian tersebut.

drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Pakan biji-bijian biasanya mengandung lemak yang tinggi. Faktanya, memberi pakan lemak tinggi pada burung peliharaan dapat menyebabkan perilaku yang tidak diinginkan, seperti berteriak dan menggigit. 


Pakan yang tinggi lemak memberi burung energi yang berlebihan. Energi berlebihan tersebut tidak dibutuhkan burung peliharaan karena mereka melakukan aktivitas fisik yang lebih rendah dibandingkan rekan-rekannya di alam liar.

Cek tanggal kedaluwarsanya

Cek tanggal kedaluwarsanya

Hal lain yang harus Anda perhatikan saat membeli makanan burung adalah tanggal kedaluwarsanya. Makanan burung biasanya hanya bisa bertahan selama dua tahun. Setelah itu, makanan burung akan mengalami oksidasi dan kehilangan nutrisinya. 


Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan tanggal kedaluwarsanya sebelum membeli. Hal itu juga berlaku saat Anda membeli makanan burung berbentuk biji-bijian kering.


Jika Anda membeli makanan burung berbentuk biji-bijian dalam kemasan curah, Anda bisa mencoba tips berikut ini. 

  • Pertama, Anda bisa mengambil salah satu biji yang ada di dalam kemasan dan memerasnya. Biji yang masih segar biasanya akan mengeluarkan sedikit minyak.

  • Kedua, Anda bisa mengambil dua puluh biji dan menyimpannya di atas handuk basah selama tiga hingga lima hari. Setelah itu, hitunglah jumlah biji yang bertunas. Apabila jumlahnya mencapai enam belas buah, tandanya 80% dari biji-bijian tersebut masih segar.
drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

Ketika membeli pakan burung, sebaiknya Anda memperhitungkan masa kedaluwarsanya. Menyimpan pakan burung dalam waktu lama akan menyebabkan penurunan nilai nutrisi. Simpanlah pakan di tempat yang tertutup untuk menghindari kontak langsung dengan udara. Selain itu, hal ini bertujuan untuk menjaga aroma pakan tetap ada dan menghindari tumbuhnya jamur.

10 Rekomendasi makanan burung terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk makanan burung terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Doel.

10

ZuPreemFruitBlend® Flavor with Natural Flavors

Mulai dari Rp 195.000,00

Protein14%
Lemak4%
Mengandung vitaminYa (A, B, D3, E, K)
Mengandung mineralYa
Berat907 gram
Jenis pakanPelet
9

Hartz Bonanza® Health & Vitality Blend™ Parrot Diet

Mulai dari Rp 129.000,00

Protein13%
Lemak5%
Mengandung vitaminYa (A, B, D, E)
Mengandung mineralYa
Berat680 gram
Jenis pakanCampuran (biji-bijian kering, sayuran kering, dan pelet)
8
Protein10,5%
LemakTidak disebutkan
Mengandung vitaminYa (A, B, D, E)
Mengandung mineralYa
Berat750 gram
Jenis pakanCampuran (biji-bijian dan pelet)
7

Citra Mandiri KencanaFancy Love & Care Canary Nutri Mix

Mulai dari Rp 18.300,00

Protein17%
Lemak14%
Mengandung vitaminYa (A, B, D3, E)
Mengandung mineralYa
Berat400 gram
Jenis pakanBiji-bijian kering
6

VERSELE-LAGAPrestige Loro Parque African Parakeet Mix

Mulai dari Rp 115.000,00

Protein12,5%
Lemak7%
Mengandung vitaminYa (A, D, B, E, K)
Mengandung mineralYa
Berat1 kg
Jenis pakanCampuran (biji-bijian kering dan pelet)
5
Protein16%
Lemak3%
Mengandung vitaminYa
Mengandung mineralYa
Berat400 g
Jenis pakanPelet
4
Protein18,2%
Lemak17,6%
Mengandung vitaminYa (A, B6, C, K)
Mengandung mineralYa
Berat600 g
Jenis pakanBiji-bijian kering
3

Citra Mandiri KencanaFancy 9 Star Rated Special for Competition Birds - Natural Herbs

Mulai dari Rp 27.600,00

Protein18%
Lemak3,5%
Mengandung vitaminYa (A, B, C, D, E)
Mengandung mineralYa
Berat450 gram
Jenis pakanPelet
2

Global Fauna FarmSuperfit for Ornamental Bird Food - Instant Black Powder

Mulai dari Rp 10.900,00

Protein53%
Lemak5%
Mengandung vitaminYa (A, B, C, D, E, K)
Mengandung mineralYa
Berat100 gram
Jenis pakanTepung
1
ProteinTidak disebutkan
LemakTidak disebutkan
Mengandung vitaminYa (B12, D3)
Mengandung mineralYa
Berat1 kg
Jenis pakanAsinan

Tabel perbandingan produk makanan burung terbaik

Gambar produk
1
Topsong High Quality Top Grit Plus 1

Topsong

2
Global Fauna Farm Superfit for Ornamental Bird Food - Instant Black Powder 1

Global Fauna Farm

3
Citra Mandiri Kencana Fancy 9 Star Rated Special for Competition Birds - Natural Herbs 1

Citra Mandiri Kencana

4
Wachsen Smart Choice Royal Canary 1

Wachsen

5
CPPETINDO CP Classic Singing Bird Food 1

CPPETINDO

6
VERSELE-LAGA Prestige Loro Parque African Parakeet Mix 1

VERSELE-LAGA

7
Citra Mandiri Kencana Fancy Love & Care Canary Nutri Mix 1

Citra Mandiri Kencana

8
Vitakraft Amazonian 1

Vitakraft

9
Hartz Bonanza®  Health & Vitality Blend™ Parrot Diet 1

Hartz Bonanza®

10
ZuPreem FruitBlend® Flavor with Natural Flavors 1

ZuPreem

Nama produk

High Quality Top Grit Plus

Superfit for Ornamental Bird Food - Instant Black Powder

Fancy 9 Star Rated Special for Competition Birds - Natural Herbs

Smart Choice Royal Canary

CP Classic Singing Bird Food

Prestige Loro Parque African Parakeet Mix

Fancy Love & Care Canary Nutri Mix

Amazonian

Health & Vitality Blend™ Parrot Diet

FruitBlend® Flavor with Natural Flavors

Keunggulan

Solusi pakan terbaik untuk burung merpati dan perkutut

Pilihan tepat untuk anak burung yang baru menetas

Kandungan jahenya bisa membantu mengatasi masalah pencernaan

Dikembangkan pakar nutrisi, burung kenari jadi lebih sehat dan cantik

Racikannya bisa membuat suara burung jadi lebih merdu

Mengandung cangkang tiram yang baik untuk tulang dan telur

Antioksidannya bisa memperkuat sistem imun burung kenari

Produk ini dibuat seperti makanan asli para burung di wilayah Amazon

Cegah kegemukan pada burung parkit dengan produk satu ini

Burung peliharaan Anda suka pilih-pilih makanan? Coba berikan makanan ini!

Harga mulai dariRp 8.000,00Rp 10.900,00Rp 27.600,00Rp 55.000,00Rp 9.000,00Rp 115.000,00Rp 18.300,00Rp 113.700,00Rp 129.000,00Rp 195.000,00
ProteinTidak disebutkan53%18%18,2%16%12,5%17%10,5%13%14%
LemakTidak disebutkan5%3,5%17,6%3%7%14%Tidak disebutkan5%4%
Mengandung vitaminYa (B12, D3)Ya (A, B, C, D, E, K)Ya (A, B, C, D, E)Ya (A, B6, C, K)YaYa (A, D, B, E, K)Ya (A, B, D3, E)Ya (A, B, D, E)Ya (A, B, D, E)Ya (A, B, D3, E, K)
Mengandung mineralYaYaYaYaYaYaYaYaYaYa
Berat1 kg100 gram450 gram600 g400 g1 kg400 gram750 gram680 gram907 gram
Jenis pakanAsinanTepungPeletBiji-bijian keringPeletCampuran (biji-bijian kering dan pelet)Biji-bijian keringCampuran (biji-bijian dan pelet)Campuran (biji-bijian kering, sayuran kering, dan pelet)Pelet
Tautan produk

Mengenal makanan burung yang alami

Mengenal makanan burung yang alami

Selain sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian yang disebutkan di atas, ada beberapa pakan alami tambahan yang perlu Anda ketahui. Pakan alami merupakan makanan burung yang bisa Anda dapatkan secara bebas di alam. Perlu Anda perhatikan bahwa setiap jenis burung mempunyai kesukaan yang berbeda-beda terhadap makanan alami tersebut. Beberapa makanan burung yang alami adalah:


  • Kroto, disebut juga semut rang-rang, bisa didapatkan di pohon-pohon yang sedang berbuah, seperti kelapa, cokelat, jambu, rambutan, dan manggis. Kroto ini sangat disukai burung murai, kutilang, kepudang, beo, jalak bali, cucak biru, bubut, dan lain-lain.

  • Jangkrik, bisa Anda dapatkan di sawah, rawa-rawa, atau pasar burung terdekat. Jangkrik sangat disukai burung poksay, cucakrawa, hwamei, murai batu, murai daun, dan kutilang.

  • Belalang, dapat Anda cari di semak-semak rumput atau di pasar burung terdekat. Belalang sangat disukai burung beo, murai daun, poksay, hwamei, dan murai batu.

  • Ulat bambu, bisa Anda jumpai pada gulungan daun pisang. Makanan burung ini disebut ulat bambu karena sering disimpan di dalam potongan-potongan bambu.

  • Cacing tanah, bisa Anda temukan di dalam tanah-tanah yang lembap dan mengandung humus, atau di pasar burung terdekat. Pakan alami ini sangat disukai burung poksay dan kepodang.

Baca juga rekomendasi makanan hewan lainnya di sini

Selain makanan burung, kami juga masih punya rekomendasi makanan hewan lainnya. Jika Anda memerlukan informasi tentang makanan hewan-hewan tersebut, silakan Anda buka tautan yang ada di bawah ini!

Kesimpulan

Makanan burung bisa dengan mudah dibeli di marketplace. Namun, Anda tak boleh lupa memperhatikan kandungan protein, lemak, vitamin, dan mineralnya. Selain itu, pastikan Anda memilih pakan yang sesuai dengan selera burung peliharaan di rumah Anda.

Dengan memilih makanan burung dengan nutrisi yang tepat, burung peliharaan Anda akan memiliki bulu dan suara yang indah. Semoga poin-poin yang sudah kami jabarkan bisa membantu Anda menemukan produk yang tepat! Selamat memilih dan berbelanja!

Artikel terkait

  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Dog Food Basah Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Dog Food Basah Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Pemilihan dog food tentu dapat memengaruhi kesehatan anjing kesayangan Anda. Dog food yang tepat dapat meningkatkan nafsu makan anjing. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan dog food basah pada anjing yang kurang nafsu makan. Di pasaran, Anda bisa menjumpai dog food basah dari berbagai merek seperti PEDIGREE®, Black Hawk, dan ROYAL CANIN®. Agar tidak salah pilih, kami akan menjelaskan cara memilih dog food basah. Selain itu, ada sepuluh rekomendasi produk bagus yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan anjing Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.
    Makanan hewan
  • 10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Makanan Landak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Landak yang umum dijadikan peliharaan adalah jenis landak mini atau hedgehog. Landak mini termasuk hewan omnivora yang memakan daging dan tumbuhan. Oleh sebab itu, pakan landak mini yang tersedia di pasaran cukup beragam.Makanan landak tentu dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan nutrisinya. Jika Anda bingung dalam menentukan pilihan, ada beberapa produk yang terkenal, seperti merek Mazuri dan Hamsgehog. Kali ini, kami akan merekomendasikan makanan landak yang bagus dan tepat. Sebelum memberikan rekomendasi produk, simak dahulu cara memilih makanan landak berikut, ya!
    Makanan hewan
  • 10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Anjing membutuhkan susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan serta menjaga kesehatannya. Namun, tidak sembarang susu bisa diberikan pada anjing, apalagi jika susunya mengandung laktosa yang dikhawatirkan dapat menyebabkan diare. Ada banyak jenis susu untuk anjing, mulai dari merek lokal hingga impor, seperti Royal Canin atau Ameri Pro.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk susu yang bagus untuk anjing, baik untuk anjing yang baru lahir sampai yang sudah tua. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, simak sampai tuntas, yuk!
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing yang bagus adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Dalam penulisan artikel ini, kami berkolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Makanan hewan
  • 10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ayam merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara karena telur dan dagingnya bisa dikonsumsi serta diperjualbelikan. Untuk mendapatkan telur dan daging berkualitas, Anda harus memperhatikan pakan yang diberikan. Apabila hal ini tidak diperhatikan dengan baik, kualitas telur dan daging ayam yang dihasilkan tidak akan maksimal.Kali ini kami akan berbagi informasi seputar cara memilih pakan ayam yang bagus. Kami juga merekomendasikan beberapa produk pakan ayam terbaik dari merek ternama, seperti Comfeed, Egg Pro, dan Hi-Pro-Vite. Simak juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Doel, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Makanan hewan
  • 10 Rekomendasi Makanan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Makanan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Hamster merupakan salah satu hewan pengerat berukuran kecil yang banyak dipelihara karena lucu dan menggemaskan. Selain itu, bulunya pun lembut dan memiliki warna yang indah. Hamster yang hidup di alam liar biasanya memakan biji-bijian, rumput, dan serangga.Bagaimana dengan hamster yang dipelihara di rumah? Anda bisa memberinya sayuran dan buah-buahan. Namun, Anda juga bisa memberikan makanan hamster kemasan, seperti dari merk Original Nex, Hartz, dan Vitakraft. Produk seperti apa yang paling bagus untuk hewan kesayangan Anda? Sebelum membeli, simaklah tips cara memilih dan review makanan hamster terbaik di bawah ini!
    Makanan hewan
  • 10 Pakan Koi Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pakan Koi Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi pencinta ikan hias, pasti sudah tidak asing dengan koi. Ikan hias satu ini banyak digemari karena keindahan corak pada tubuhnya. Koi biasanya dipelihara di kolam taman untuk menambah estetika pekarangan. Ikan ini cepat tumbuh besar dan memiliki corak warna yang menarik jika dipelihara dengan benar.Salah satu cara merawat yang benar adalah dengan memberi pakan koi berkualitas. Ada berbagai merek pakan koi, seperti Hiro, Hokky, dan Hiroyuki. Kami akan membahas cara memilih dan merekomendasikan pakan koi yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kucing Persia Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Persia Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kucing persia merupakan ras kucing domestik yang memiliki tubuh gemuk, wajah bulat, moncong pendek, serta berbulu lebat. Dalam memelihara kucing persia dibutuhkan perawatan khusus, salah satunya memberikan makanan yang bergizi. Alasannya, kualitas makanan sangat berpengaruh pada bulu dan pencernaan kucing.Kini tersedia merek-merek makanan kucing persia yang bagus untuk bulu serta kesehatan kucing. Anda bisa memilih produk mulai dari harga murah hingga mahal, seperti Royal Canin, Cleo, dan Me-O. Kami akan mengulas sepuluh makanan kucing persia terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna.
    Makanan hewan
  • 10 Rumput Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rumput Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda pernah melihat kucing memakan rumput? Jangan heran, meski termasuk hewan karnivora, ternyata kucing juga memakan rumput. Jika Anda memelihara kucing, jangan berikan kucing Anda sembarang rumput. Berikan kucing kesayangan Anda rumput khusus untuk kucing, yaitu rumput gandum atau wheatgrass.Rumput kucing kini dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran. Rumput ini dijual dalam bentuk benih dan juga rumput siap panen. Agar Anda tidak bingung, kami akan membagikan tips-tips memilih rumput kucing yang bagus. Terdapat juga rekomendasi rumput kucing terbaik, seperti merek Lazycat, Rumput Kucing Jogja, dan lainnya.
    Makanan hewan
  • Artikel populer

  • 10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kucing, seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit banyak orang. Untuk memenuhi nutrisinya, makanan kucing atau cat food dari berbagai merk banyak bermunculan. Merk terkenal, seperti Me-O, PURINA, Royal Canin, dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merk tersebut bagus untuk kucing Anda? Untuk menjawabnya, Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, akan memberikan komentarnya di artikel ini. Anda juga bisa mengikuti tips memilih dan melihat rekomendasi produk makanan kucing yang bagus di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Terbaik untuk Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Susu diberikan kepada kucing untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar dapat tumbuh sehat dan aktif. Tentu saja, hewan peliharaan tidak bisa sembarangan minum susu yang sama dengan manusia. Selain itu, Anda perlu menyesuaikan susu yang dipilih dengan usia kucing tersebut.Produsen makanan hewan, seperti Whiskas, Beaphar, Royal Canin, dan sebagainya telah memproduksi susu bernutrisi yang ideal dikonsumsi oleh kucing. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai pilihan susu yang bagus untuk kucing. Tidak ketinggalan, dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, M.Sc. juga ikut memberikan informasi tambahan di bawah ini.
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah / Wet Food - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Wet food untuk kucing adalah makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar dan memiliki kandungan air lebih dari 60%. Wet food biasanya memiliki tekstur lembut dan berair sehingga mudah dimakan. Beberapa merek bahkan memakai bahan utama yang berkelas dan grain free.Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan rekomendasi makanan basah terbaik untuk kucing. Ada merek Royal Canin, Whiskas, Friskies, hingga Fancy Feast. Poin berikut ini bisa dijadikan acuan sebelum memilih makanan kucing tipe basah yang bagus. Baca juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, untuk menambah wawasan.
    Makanan hewan
  • 10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pakan Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ayam merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara karena telur dan dagingnya bisa dikonsumsi serta diperjualbelikan. Untuk mendapatkan telur dan daging berkualitas, Anda harus memperhatikan pakan yang diberikan. Apabila hal ini tidak diperhatikan dengan baik, kualitas telur dan daging ayam yang dihasilkan tidak akan maksimal.Kali ini kami akan berbagi informasi seputar cara memilih pakan ayam yang bagus. Kami juga merekomendasikan beberapa produk pakan ayam terbaik dari merek ternama, seperti Comfeed, Egg Pro, dan Hi-Pro-Vite. Simak juga komentar dari dokter hewan kami, drh. Doel, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Makanan hewan
  • 10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Kering/Dry Food Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Perlu diakui bahwa makanan kering atau dry food adalah tipe makanan kucing yang memiliki segudang kelebihan. Tak sebatas rendah air, tetapi juga praktis untuk disimpan dan hadir dalam berbagai merek. Salah satu merek dry food kucing yang bagus adalah Royal Canin yang berfokus pada makanan kesehatan.Anda juga bisa memilih merek Orijen, Wellness, dan lainnya yang tak kalah berkualitas. Dalam penulisan artikel ini, kami berkolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna. Ini dia rekomendasi sepuluh makanan kering kucing terbaik yang dapat membuat kucing Anda sehat dan makan dengan lahap!
    Makanan hewan
  • 10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Snack Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Snack kucing merupakan makanan ringan untuk kucing yang dikonsumsi disela-sela makanan utama. Seperti halnya makanan utama, snack ini juga mengandung nutrisi penunjang kesehatan untuk kucing kesayangan Anda. Disamping memenuhi kebutuhan nutrisi, pemberian snack juga sebagai selingan agar kucing tidak bosan dengan makan utamanya.Snack kucing saat ini hadir dengan beragam rasa dan manfaat. Kami akan memberi tips serta ulasan snack kucing terbaik, seperti Friskies, MeO, dan lainnya. Kami juga berkolaborasi dengan dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna, dalam penulisan artikel ini. Penasaran? Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makanan hewan
  • 10 Rumput Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rumput Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda pernah melihat kucing memakan rumput? Jangan heran, meski termasuk hewan karnivora, ternyata kucing juga memakan rumput. Jika Anda memelihara kucing, jangan berikan kucing Anda sembarang rumput. Berikan kucing kesayangan Anda rumput khusus untuk kucing, yaitu rumput gandum atau wheatgrass.Rumput kucing kini dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran. Rumput ini dijual dalam bentuk benih dan juga rumput siap panen. Agar Anda tidak bingung, kami akan membagikan tips-tips memilih rumput kucing yang bagus. Terdapat juga rekomendasi rumput kucing terbaik, seperti merek Lazycat, Rumput Kucing Jogja, dan lainnya.
    Makanan hewan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori