1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Aksesori dapur
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sealer Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sealer Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sealer Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sealer Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sealer Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sealer Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sealer Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Sealer adalah alat yang dapat membantu Anda mengemas makanan agar lebih aman dan tahan lama. Alat ini membuat kemasan tertutup lebih rapat dan menjaga isinya supaya terbebas dari kontaminasi bakteri. Produknya sendiri beragam, misalnya sealer plastik, sealer cup, dan vacuum sealer.


Jika Anda berencana membeli sealer, baca dahulu beberapa tips dari kami. Ada berbagai produk sealer yang bagus dalam daftar rekomendasi kami. Produk dari merek Nankai, Powerpack, dan GEA GETRA adalah beberapa di antaranya. Kami harap Anda menemukan sealer yang Anda idamkan di artikel ini.

Diperbaharui 08-26-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih sealer plastik

Sealer plastik memiliki banyak jenis, ukuran, dan fungsi. Agar tidak bingung memilih, lebih baik Anda simak beberapa tips dari kami berikut ini.

① Sesuaikan jenis sealer dengan kebutuhan Anda

Makanan yang akan Anda kemas sangat berkaitan dengan fungsi sealer plastik yang akan Anda butuhkan. Karena itu, mari kenali beberapa jenis sealer berikut ini sebelum membeli. Perlu diperhatikan bahwa makin canggih dan besar ukuran sealer, harganya pun makin tinggi. Pastikan Anda memasukkan hal tersebut ke dalam pertimbangan juga.

Hand sealer, untuk penggunaan yang praktis

Hand sealer, untuk penggunaan yang praktis

Hand sealer adalah jenis sealer yang paling sederhana dan banyak digunakan, baik untuk rumah tangga maupun usaha rumahan. Usaha yang masih berskala kecil memang lebih cocok menggunakan jenis ini. Selain penggunaannya yang mudah, harganya pun relatif terjangkau. Cara kerja hand sealer adalah cukup dengan meletakkan plastik kemasan di antara pemanas, kemudian dijepit.


Saat memilih hand sealer, perhatikan ukuran dan panjang area pengemasan. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan atau ukuran plastik yang akan dikemas. Anda bisa menemukan banyak ukuran hand sealer mulai dari yang berukuran mini hingga panjang sekalipun. Selain itu, agar tangan aman saat penggunaan, sebaiknya pilih produk hand sealer yang dilengkapi pengaman tahan panas. 

Pedal sealer, untuk kemudahan penggunaan dengan kaki

Selain hand sealer, ada pula pedal sealer atau foot sealer yang menggunakan kaki untuk proses segel. Oleh karena itu, Anda harus berdiri untuk mengoperasikannya. Pedal sealer sendiri masih terbagi lagi atas dua jenis, yakni pedal impulse sealer dan pedal direct sealer.


Pedal impulse sealer digunakan untuk kemasan plastik, seperti PVC, PE, dan PP. Cara kerja sealer jenis ini hanya menginduksikan panas pada satu sisi saja. Sementara itu, pedal direct sealer bekerja dengan menginduksikan panas pada kedua sisinya. Pedal sealer jenis ini biasa digunakan untuk bahan cellophane, aluminum foil, cooper foil, tin can, dan campuran polystyrene.

Cup sealer, untuk kemasan minuman antitumpah

Cup sealer, untuk kemasan minuman antitumpah

Jika Anda sering membeli boba atau minuman manis kekinian lainnya, Anda pasti sudah tidak asing dengan alat ini. Cup sealer digunakan agar gelas kemasan lebih rapat dan tidak mudah tumpah. Selain itu, cup sealer juga bisa membuat gelas kemasan terlihat lebih cantik.


Biasanya, plastik penutup didesain dengan berbagai corak dan tulisan yang menarik. Hal itu bisa menambah daya tarik sendiri bagi produk minuman yang dijual. Bila Anda berencana membuat usaha minuman, jenis sealer satu ini sangat kami rekomendasikan


Sebagai informasi, suhu mesin cup sealer di pasaran berkisar antara 150–250 °C. Agar tutupnya menempel dengan sempurna, Anda perlu memperhatikan suhu cup sealer saat digunakan. 

Continuous sealer, untuk proses pengemasan yang lebih cepat

Continuous sealer, untuk proses pengemasan yang lebih cepat
Sumber: heavypack.id

Continuous sealer adalah jenis sealer yang kami rekomendasikan untuk Anda yang membutuhkan kecepatan dalam pengemasan. Sealer ini bisa menyegel hingga empat puluh kemasan dalam satu menit. Terlebih lagi, cara kerjanya sudah otomatis sehingga Anda akan lebih mudah dan praktis saat menggunakannya.


Ada dua jenis continuous sealer, yakni vertical sealer dan horizontal sealer.

  • Vertical sealer: digunakan untuk kemasan yang didesain tegak (standing pouch) dan mudah tumpah, misalnya tepung, kopi, saus, dan lainnya.


  • Horizontal sealer: digunakan untuk produk yang berbahan padat, kering, dan tidak mudah tumpah. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan kemasan plastik vakum biasa.

Vacuum sealer, untuk penyimpanan produk yang lebih awet

Vacuum sealer, untuk penyimpanan produk yang lebih awet

Udara adalah salah satu faktor yang memengaruhi ketahanan dan kualitas produk makanan. Oleh karena itu, agar lebih awet dan tahan lama, banyak produk makanan yang dikemas dengan cara divakum. Vacuum sealer bekerja dengan mengisap kandungan udara di dalam kemasan sebelum proses segel.


Jenis ini sangat cocok digunakan untuk makanan frozen atau makanan basah, seperti daging, kue, dan semacamnya. Dengan vacuum sealer, makanan Anda lebih aman dari kontaminasi bakteri. Kualitas makanan pun dapat terjaga sehingga bisa tahan lebih lama. 

② Pilih ukuran sealer yang cocok dengan keperluan

Pilih ukuran sealer yang cocok dengan keperluan

Bukan hanya jenisnya saja yang beragam, ukuran sealer plastik juga sangat banyak di pasaran. Anda bisa menemukan sealer seukuran stapler hingga seukuran meja. Makin besar ukurannya, fungsi yang dimiliki makin lengkap dan kapasitas produksinya pun makin besar. Sealer ukuran kecil lebih portabel, sedangkan sealer ukuran besar memiliki kinerja lebih tinggi.


Selain itu, pertimbangkan juga panjang area pengemasan. Untuk hasil yang rapi, proses segel hanya dilakukan dalam sekali tekan. Oleh sebab itu, pastikan ukuran plastik kemasan dapat masuk dalam area pengemasan secara sempurna. Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda, ya!

③ Pertimbangkan konsumsi daya listrik

Pertimbangkan konsumsi daya listrik

Untuk menghemat tagihan listrik, ada baiknya Anda memperhatikan soal konsumsi daya. Terlebih lagi, bagi Anda yang menjalankan sebuah usaha atau industri rumahan. Makin besar dan canggih sealer yang Anda gunakan, biasanya makin besar pula konsumsi daya yang dibutuhkan.


Nah, agar biaya produksi dan tagihan listrik tidak membengkak, perhitungkan lagi hal ini. Selain itu, sebaiknya hidupkan mesin hanya saat digunakan dan istirahatkan secara berkala sebagai bentuk penghematan dan perawatan.

10 Rekomendasi sealer plastik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sealer plastik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Pioline

Plastic Sealer

Pioline Plastic Sealer 1枚目

Dapat diatur tingkat panasnya sesuai keperluan

2

NANKAI

Vacum Sealer Ekonomis

NANKAI Vacum Sealer Ekonomis 1枚目

Desainnya minimalis, harganya pun ekonomis

3

Advance

Cup Sealer

Advance Cup Sealer 1枚目

Minuman jadi lebih aman dan kekinian

4

Heavypack

Continuous Band Sealer

Heavypack Continuous Band Sealer 1枚目

Bisa mencetak tanggal pada kemasan juga, lho!

5

Vipo

Hand Sealer

Vipo Hand Sealer 1枚目

Mudah dibawa, bisa dijadikan pajangan kulkas juga!

6

Powerpack

Household Vacuum Sealer

Powerpack Household Vacuum Sealer 1枚目

Kering atau basah, semua bisa dikemas dengan aman

7

FreshWorld

Commercial Vacuum Sealer

FreshWorld Commercial Vacuum Sealer 1枚目

Fungsi lebih komplet dengan adanya fitur tiup

8

Taffware

Vacuum Sealer Packing Machine

Taffware Vacuum Sealer Packing Machine 1枚目

Lebih modern dengan teknologi digital dan fitur touchscreen

9

Powerpack

Pedal Sealer

Powerpack Pedal Sealer 1枚目

Lebih kuat dengan bodi berbahan besi

10

GEA GETRA

Mesin Vakum & Penyegel Plastik

GEA GETRA Mesin Vakum & Penyegel Plastik 1枚目

Kapasitas lebih besar, proses pengemasan lebih cepat

Perincian produk
Close
No.1

PiolinePlastic Sealer8200 PFS

Mulai dari Rp90.699,00

Dapat diatur tingkat panasnya sesuai keperluan

Kelebihan:

  • Dilengkapi handle tahan panas

Kekurangan:

  • Beberapa produk tidak berfungsi dengan baik

Bila Anda baru merintis usaha kecil-kecilan dengan berjualan camilan seperti keripik, alat ini cocok Anda gunakan. Alat ini dilengkapi pengaturan pemanas sehingga Anda dapat mengatur tingkat kepanasan sesuai ketebalan plastik yang digunakan.


Dengan sealer ini, keripik Anda dapat dikemas dengan lebih rapat sehingga mengurangi risiko rusak atau melempem. Selain itu, Anda juga lebih aman saat menggunakannya sebab sealer ini dilengkapi handle plastik yang tahan panas.

No.2

NANKAIVacum Sealer EkonomisG-88

Mulai dari Rp125.000,00

Desainnya minimalis, harganya pun ekonomis

Kelebihan:

  • Panjang seal cukup memadai
  • Mudah dioperasikan

Kekurangan:

  • Fungsi vakum ada yang tidak berfungsi menurut beberapa ulasan

Produk ini bisa jadi salah satu pilihan terbaik untuk Anda yang memiliki anggaran terbatas. Anda bisa mendapatkan sebuah sealer sekaligus fungsi vakum dengan harga yang sangat ekonomis. Dengan demikian, selain berhemat, bahan makanan Anda pun jauh lebih awet.


Selain itu, penggunaan alat ini terbilang cukup mudah sebab dirancang dengan sangat sederhana. Tidak banyak menu atau tombol yang terpasang sehingga tidak membuat bingung pemula sekalipun. Yuk, segera check out produk dari NANKAI ini untuk penggunaan di rumah.

No.3

AdvanceCup SealerSLC-100

Mulai dari Rp899.000,00

Minuman jadi lebih aman dan kekinian

Kelebihan:

  • Tersedia tiga pilihan ring

Kekurangan:

  • Petunjuk penggunaan kurang begitu jelas

Anda ingin melakoni bisnis minuman kekinian? Sekarang, hampir semua bisnis minuman, baik di pinggir jalan maupun kafe, memakai kemasan cup. Kemasan ini jauh lebih praktis, bersih, dan estetis. Agar tutup lebih aman atau tidak mudah tumpah, Anda bisa menggunakan cup sealer satu ini.


Cup sealer ini memiliki tiga ring untuk ukuran cup yang berbeda, yakni 9,5 cm, 9 cm, dan 7,5 cm. Jadi, Anda bisa lebih mudah menyesuaikan kebutuhan bisnis minuman Anda. Selain itu, produk ini juga memiliki kapasitas seal yang cukup banyak, yakni 300-500 cup/jam. 

No.4

HeavypackContinuous Band SealerFR-800PH

Mulai dari Rp2.400.000,00

Bisa mencetak tanggal pada kemasan juga, lho!

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan coding untuk pencetakan emboss

Kekurangan:

  • Tombol power sering macet menurut beberapa pembeli

Anda memiliki usaha rumahan yang mulai tumbuh dan butuh proses pengemasan lebih cepat? Mesin ini mungkin dapat membantu Anda sebab sudah memiliki teknologi semi-otomatis. Proses segel berjalan otomatis secara berurutan sehingga lebih menghemat waktu. 


Mesin ini direkomendasikan untuk kemasan makanan ringan yang berbentuk padat, butiran, atau bubuk. Bahan yang bisa dikemas tidak hanya plastik saja, tetapi juga aluminium foil. Selain itu, mesin ini juga dapat mencetak tanggal kedaluwarsa sekaligus. Lebih canggih dan praktis!

No.5

VipoHand Sealer

Mulai dari Rp35.000,00

Mudah dibawa, bisa dijadikan pajangan kulkas juga!

Kelebihan:

  • Bentuk compact
  • Harga relatif terjangkau, cocok untuk penggunaan pribadi

Kekurangan:

  • Beberapa user mendapatkan barang yang tidak berfungsi dengan semestinya

Mungkin Anda akan mengira alat ini adalah stapler. Meski sekilas bentuknya tampak mirip, sebenarnya alat ini berfungsi sebagai sealer. Produk ini sangat praktis digunakan untuk mengemas makanan di rumah atau dibawa bepergian. Snack yang tidak habis bisa kembali dikemas dengan rapat dan rapi sehingga tidak melempem.


Sealer ini menggunakan dua baterai jenis AA. Di bagian bawah juga terdapat lapisan magnet yang bisa menempel pada kulkas. Anda jadi bisa menempelkannya di pintu kulkas saat sedang tidak digunakan. Produk ini tentu akan menjadi hiasan yang unik bagi kulkas Anda!

No.6

PowerpackHousehold Vacuum SealerDZ-290A

Mulai dari Rp1.624.000,00

Kering atau basah, semua bisa dikemas dengan aman

Kelebihan:

  • Petunjuk pemakaian ditulis dengan jelas

Kekurangan:

  • Tidak bisa digunakan untuk plastik emboss

Ini dia salah satu vacuum sealer yang multifungsi. Tidak hanya makanan kering, Anda juga bisa mengemas makanan basah, seperti daging, kue, atau olahan makanan lainnya. Produk ini sangat cocok untuk Anda yang tengah merintis bisnis olahan makanan. Makanan jadi lebih awet dan tahan lama, terlebih apabila disimpan dalam lemari es.


Alat ini bekerja dengan mengisap udara yang ada dalam kantong plastik dan menguncinya dengan rapat. Kemasan pun jadi kedap udara sehingga terhindar dari bakteri dan terjaga kualitasnya. Bagaimana? Apakah Anda berminat untuk berbisnis makanan frozen food?

No.7

FreshWorldCommercial Vacuum SealerFW-3150

Mulai dari Rp2.332.000,00

Fungsi lebih komplet dengan adanya fitur tiup

Kelebihan:

  • Keripik atau sejenisnya antihancur berkat fitur blow

Kekurangan:

  • Ukuran relatif bulky, perlu sedia space yang cukup luas

Jika banyaknya fitur adalah yang Anda cari, produk ini bisa Anda pilih. Terlebih lagi, dengan fitur yang sangat komplet, harga yang ditawarkan pun masih relatif terjangkau. Alat ini tidak hanya dapat melakukan vakum dan segel saja, tetapi juga melakukan blow.


Fungsi ini biasanya digunakan untuk mengemas makanan ringan yang mudah hancur seperti keripik. Dengan ditiup hingga berisi udara, bentuk keripik pun dapat terjaga dengan lebih baik. UMKM penganan keripik wajib punya alat yang satu ini!

No.8

TaffwareVacuum Sealer Packing MachineE2900-MS

Mulai dari Rp695.000,00

Lebih modern dengan teknologi digital dan fitur touchscreen

Kelebihan:

  • Canggih, sudah dilengkapi dengan fitur touchscreen

Kekurangan:

  • Beberapa pembeli mengatakan pengemasan cepat, tetapi vacuum tidak terlalu berfungsi

Bosan dengan sealer yang biasa? Coba ganti sealer lama Anda dengan produk yang lebih modern ini. Vacuum sealer ini memiliki teknologi digital yang lebih mutakhir. Anda pun jadi lebih mudah menggunakannya. Terlebih lagi, proses segel hanya membutuhkan waktu dalam hitungan detik saja. Mudah dan cepat!


Selain itu, alat ini juga dapat melakukan vakum pada botol atau stoples. Namun, hal itu hanya dapat dilakukan pada botol atau wadah yang mendukung. Jadi, produk ini sangat cocok untuk keperluan sehari-hari, seperti menyimpan daging, sayur, atau bahan makanan lain.

No.9

PowerpackPedal SealerFRP-800T

Mulai dari Rp1.415.000,00

Lebih kuat dengan bodi berbahan besi

Kelebihan:

  • Awet digunakan untuk jangka waktu lama

Kekurangan:

  • Ada pembeli yang mendapatkan barang dengan penjepit agak melengkung

Jika hand sealer dirasa kurang memadai, ada baiknya Anda beralih ke pedal sealer ini. Anda mungkin akan merasa lebih nyaman menggunakan alat sealer sambil berdiri. Pengoperasian alat ini sangat mudah, apalagi ia sudah dilengkapi dengan indikator di bagian atas.


Anda juga tidak perlu khawatir soal kekuatan alat ini sebab bodinya terbuat dari besi. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki usaha rumahan skala menengah.

No.10

GEA GETRAMesin Vakum & Penyegel PlastikDZ-400/2E

Mulai dari Rp11.400.000,00

Kapasitas lebih besar, proses pengemasan lebih cepat

Kelebihan:

  • Memiliki fungsi kedap udara
  • Mudah dipindahkan karena dilengkapi roda

Kekurangan:

  • Harga cukup pricey, kurang cocok untuk usaha skala rumahan

Dari bentuknya saja, bisa dilihat bahwa mesin ini ditujukan untuk penggunaan lebih profesional dibanding produk sealer lainnya. Berkat ukurannya yang besar, alat ini memiliki kapasitas besar dan kecepatan pengemasan lebih tinggi. 


Bukan hanya itu, produk ini juga mempunyai fungsi vakum. Proses tersebut dilakukan secara otomatis saat alat ditutup. Alhasil, makanan Anda akan terkemas dengan rapi dan kedap udara. Mesin ini juga lebih awet sebab seluruh bagian mesin terbuat dari bahan stainless steel.

Baca juga rekomendasi peralatan dapur lainnya di sini

Jadi, apakah salah satu produk sealer plastik di atas sudah masuk keranjang belanja Anda? Jika Anda membutuhkan peralatan dapur lainnya, kami masih punya banyak rekomendasinya, lho. Silakan baca dan temukan peralatan dapur terbaik lainnya di tautan berikut ini.

Kesimpulan

Demikian tips dan rekomendasi produk sealer plastik dari kami. Semoga dari artikel ini Anda bisa menemukan produk sealer terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi makanan cepat basi atau rusak karena kemasan yang kurang baik.


Dengan adanya teknologi vakum, makanan pun menjadi lebih awet. Anda bisa menyimpan makanan atau bahkan mengirimnya ke luar kota. Anda yang memiliki bisnis makanan olahan pun bisa makin berjaya karenanya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer