• 10 Rekomendasi Kartu Grafis / VGA Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kartu Grafis / VGA Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kartu Grafis / VGA Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kartu Grafis / VGA Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kartu Grafis / VGA Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kartu Grafis / VGA Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Kartu grafis, atau VGA card, merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi tampilan di monitor. Penggunaan kartu grafis yang tepat akan berpengaruh pada performa komputer Anda. Namun, banyaknya produsen VGA card dan spesifikasinya yang beragam pastinya membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan.


Pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa tips memilih kartu grafis yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik dari berbagai merek, seperti ASUS, MSI, GIGABYTE, dan lainnya. Jadi, ikuti terus artikel ini sampai akhir, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 16 Desember 2020
  • 298 Views
Daftar isi

Cara kerja kartu grafis / VGA

Cara kerja kartu grafis / VGA

Video graphic array (VGA) merupakan pusat pemrosesan grafis dalam sebuah unit komputer. Mungkin banyak di antara Anda yang bertanya bagaimana cara kerja kartu grafis. Seperti yang sudah kami sebutkan di awal, perangkat ini berfungsi mengubah sinyal digital menjadi tampilan grafis.


Kartu grafis akan mendengarkan perintah dari aplikasi dan mengambil data digital yang dibutuhkan. Kemudian, data akan diformat di dalam kartu grafis melalui motherboard komputer. Setelah diformat, data akan dikirim ke memori pada kartu grafis untuk sementara.


Data yang disimpan ini kemudian diambil oleh graphics processing unit (GPU) dan diubah menjadi piksel. Setelah itu, data dalam wujud piksel dikirim kembali ke video random access memory (VRAM). Data ini diterjemahkan menjadi sinyal analog oleh random access memory digital-to-analog converter (RAMDAC) yang terhubung langsung dengan VRAM. Sinyal tersebutlah yang pada akhirnya ditampilkan pada monitor.

Cara memilih kartu grafis / VGA

Setelah mengetahui garis besar cara kerja VGA card, selanjutnya Anda bisa menyimak beberapa tips dalam menemukan produk terbaik. Pilihlah berdasarkan kebutuhan pemakaian, kapasitas VRAM, serta kesesuaian dengan perangkat lainnya pada komputer Anda.

Pilih berdasarkan produsen GPU-nya

GPU merupakan cip grafis yang berperan dalam memproses gambar. Dari sekian banyak produsen GPU, dua merek utama yang banyak dipakai oleh pembuat VGA card adalah NVIDIA dan AMD. Anda bisa memilih VGA card berdasarkan GPU yang terpasang di dalamnya.

NVIDIA, performa apik berimbang dengan harganya

NVIDIA merupakan pabrikan GPU yang sangat populer dengan kemampuannya yang mumpuni dalam pemrosesan game 3D. Jadi, tidak heran jika GPU dari NVIDIA banyak terpasang pada komputer kelas high-end yang ditujukan khusus untuk gaming. Akan tetapi, karena memiliki performa yang sangat cemerlang, harganya pun cukup menguras kantong. Beberapa di antara kartu grafis dengan GPU NVIDIA yang bisa Anda pilih adalah keluaran ASUS, MSI, EVGA, Zotac, dan sebagainya.

AMD, teknologi mumpuni dengan harga lebih terjangkau

Jika Anda lebih banyak menggunakan komputer untuk mengolah data gambar ataupun video, GPU dari AMD bisa dijadikan pertimbangan. GPU keluaran NVIDIA memang disebut-sebut memiliki performa lebih tinggi untuk kelas high-end. Namun, jika produk dengan performa serupa dibandingkan dengan NVIDIA, GPU AMD bisa diperoleh dengan harga relatif lebih terjangkau. Beberapa merek VGA card yang menggunakan GPU AMD adalah MSI, PowerColor, GIGABYTE, Sapphire, dan lainnya.


Saat ini, GPU dari AMD lebih banyak terpasang pada komputer yang ditujukan untuk pemakaian low-end. Meskipun begitu, teknologi pemrosesan grafisnya tidak kalah mumpuni. AMD bahkan juga memproduksi GPU yang digunakan pada sejumlah video game console, termasuk PS5 dan Xbox.

Sesuaikan dengan kebutuhan pemakaian

Urusan pekerjaan atau bermain game bisa membuat kita menginginkan grafis yang lebih cemerlang. Desainer grafis atau pro gamer biasanya membutuhkan grafis yang mumpuni. Jadi, pilihlah VGA card yang tepat dengan menyesuaikan kebutuhan pemakaiannya.

Untuk bermain game, pilih grafis yang dinamis

Untuk bermain game, pilih grafis yang dinamis

Bermain game pada perangkat komputer memiliki sensasi yang berbeda dibandingkan mobile game. Hal yang paling menonjol tentunya penggunaan monitor yang tampilannya lebih besar. Agar permainan Anda menyenangkan, tampilan pada monitor sangat berpengaruh.


NVIDIA dan AMD memiliki beberapa VGA khusus untuk gaming. Dari NVIDIA, Anda dapat memilih GeForce seri RTX 30, RTX 20, dan GTX 16. Sementara untuk pengguna AMD, Anda bisa memilih GPU dari seri Radeon RX 5000 yang memang ditujukan untuk gaming. Menggunakan VGA card semacam ini akan membuat grafis game Anda lebih mulus.

Untuk videomaker dan profesional, utamakan kecepatan dan tingkat kecerahan

Untuk videomaker dan profesional, utamakan kecepatan dan tingkat kecerahan

Bagi profesional di bidang desain, programming, ataupun videografi, memiliki komputer dengan grafis tinggi merupakan keharusan. Untuk itu, NVIDIA memiliki seri Quadro dan Titan yang dapat mengakomodasi kebutuhan para desainer. Kedua seri ini memberikan kecepatan proses tinggi dan kecerahan yang dapat langsung dirasakan.


Sedangkan untuk Anda yang masih belajar, AMD memiliki Radeon Pro WX dengan harga lebih terjangkau. Seri ini dibuat sesuai tingkat kebutuhan, baik untuk pemula maupun profesional. Perbedaannya tentu berada pada kecepatan proses rendering, besar VRAM, dan hasil akhir grafis.

Untuk pemakaian lainnya, set rakitan sudah mencukupi

Untuk pemakaian lainnya, set rakitan sudah mencukupi

Ketika membeli perangkat komputer atau laptop, CPU ataupun GPU sudah termasuk di dalam paketnya. Membeli produk dengan hardware yang sudah dirakit seperti ini sangat cocok untuk Anda yang kurang menguasai istilah komputer. Performanya pun biasanya sudah lebih dari cukup untuk pekerjaan secara umum.


Tentu saja, Anda juga dapat merakit komputer sendiri. Akan tetapi, hal ini bisa membingungkan bagi Anda yang tidak familier dengan hardware komputer. Anda harus memastikan setiap bagian komputer kompatibel satu sama lainnya. Namun, kelebihannya adalah Anda dapat memilih setiap bagian terbaik yang diinginkan.


Misalnya untuk bagian VGA, Anda bisa memilih kapasitas VRAM yang diinginkan. Selain itu, Anda juga dapat memilih sistem pendingin yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini menjadi sangat penting apabila Anda membutuhkan komputer dengan high-performance untuk urusan pekerjaan.

Cari bentuk dan ukuran yang sesuai

Cari bentuk dan ukuran yang sesuai

Terdapat dua jenis kartu grafis, yaitu VGA on-board dan VGA card tambahan. VGA on-board merupakan kartu grafis yang sudah terpasang pada motherboard, sementara VGA card tambahan memerlukan soket tersendiri. Oleh karena itu, periksalah kompatibilitasnya dengan motherboard komputer yang Anda miliki.


Selain itu, pastikan juga untuk memilih bentuk serta ukuran kartu grafis yang sesuai dan muat pada casing komputer Anda. Untuk casing yang ramping, pilihlah VGA card tipe low profile yang ukurannya lebih compact. Namun, performanya tentu tidak semaksimal kartu grafis high-end.


Sementara itu, jika Anda memiliki komputer dengan casing berukuran cukup besar, pilihan kartu grafisnya pun lebih beragam. Hanya saja, Anda tetap perlu memastikan ruang di dalam case komputer agar VGA card yang dipasang tidak mengganggu komponen lainnya.

Pastikan kapasitas memorinya

Pastikan kapasitas memorinya

Berbeda dengan VGA on-board yang mengambil RAM dari motherboard, VGA card tambahan memiliki memorinya sendiri, yaitu VRAM. Karena tidak terpengaruh oleh memori komputer atau laptop, Anda juga harus memastikan kapasitas VRAM.


Untuk bermain game kasual atau aplikasi desain seperti Corel Draw atau AutoCAD, ada baiknya Anda memilih VGA dengan VRAM 2 GB. Akan tetapi, apabila Anda ingin memainkan game dengan grafis yang berat, pilihlah VRAM yang lebih besar dari 2 GB. Besarnya VRAM juga memengaruhi harga VGA. Jadi, pastikan VRAM Anda sudah sesuai dengan kebutuhan, ya!

Periksa kompatibilitasnya dengan monitor yang Anda gunakan

Kompatibilitas VGA card dengan monitor merupakan poin lainnya yang perlu Anda pertimbangkan. Untuk mendapatkan tampilan yang diinginkan, perhatikan koneksi serta resolusi monitor Anda.

Periksa koneksinya

Periksa koneksinya

Secara garis besar, ada empat konektor yang biasanya terdapat pada VGA card. Konektor yang pertama adalah VGA connector. Namun, VGA connector hanya akan menghasilkan tampilan analog. Apabila monitor Anda sudah menerapkan teknologi digital, ada baiknya memilih konektor lainnya.


Konektor yang kedua adalah digital visual interface (DVI). Konektor jenis ini dapat menghasilkan tampilan digital ataupun analog. Anda bisa memilih DVI-A, serta single-link ataupun dual-link untuk DVI-I dan DVI-D. Perbedaannya terdapat pada jumlah pin dan resolusinya. Konektor selanjutnya adalah high definition multimedia interface (HDMI) yang cukup umum terdapat dalam VGA modern. Jenis ini juga memiliki sinyal yang sama dengan konektor DVI-D Single-Link.


Jenis konektor yang terakhir adalah DisplayPort yang dapat menyajikan sinyal digital secara penuh. Jenis ini memungkinkan Anda mentransmisi data lebih besar dibandingkan DVI. Anda juga dengan mudah akan mendapatkan tampilan 3D dan FreeSync ketika menggunakan VGA dengan konektor ini.

Perhatikan juga resolusi monitor

Perhatikan juga resolusi monitor

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan resolusi monitor yang Anda miliki. Jangan sampai hasil grafis yang diolah VGA terlalu besar dan tidak bisa ditampilkan dengan maksimal. Jadi, pastikan resolusi maksimum monitor Anda, kemudian pilihlah VGA card yang sesuai. Jika Anda membeli kartu grafis yang menghasilkan output melebihi resolusi maksimum monitor, performanya akan terbatas pada kemampuan monitor.

Cek juga spesifikasi lainnya

Selain poin-poin di atas, ada juga beberapa hal lainnya yang memengaruhi kualitas kartu grafis. Di antara yang perlu Anda perhatikan adalah core speed dan cooling system.

Core speed, kecepatan rendering VGA

Core speed, kecepatan rendering VGA

Core speed adalah kecepatan suatu processor bekerja. Dalam VGA, core speed merupakan kecepatan GPU untuk rendering data menjadi tampilan display. Core speed menggunakan satuan hertz (Hz). Makin besar nilainya, makin cepat pula tampilan pada monitor disajikan.


Core speed juga dapat di-overclock untuk memaksa GPU bekerja lebih cepat dari biasanya. Pada VGA card, sistem overclock biasanya sudah disiapkan dalam aplikasi bawaan. Sistem ini dapat diaktifkan ketika Anda ingin memainkan game dengan grafis tinggi.

Cooling system, mendinginkan chipset VGA

Cooling system, mendinginkan chipset VGA

Berbeda dengan VGA on-board yang sudah terhubung langsung dengan cooling system komputer, VGA card harus memiliki cooling system sendiri. Cooling system ini sangat dibutuhkan karena chipset akan panas ketika processor bekerja. Apabila tidak cepat didinginkan, kemungkinan VGA card akan mudah rusak atau bahkan terbakar.


Biasanya cooling system pada VGA berupa kipas yang menempel pada perangkat. Ada juga yang menggunakan liquid cooling system. Akan tetapi, cooling system semacam ini biasanya dijual secara terpisah dan tidak banyak digunakan langsung oleh produsen VGA.

10 Rekomendasi kartu grafis / VGA terbaik

Kami sudah membahas beberapa tips mendapatkan kartu grafis untuk Anda. Berikut ini, kami akan memberikan beberapa produk rekomendasi yang dapat Anda pilih.

10
GPUNVIDIA
VRAM6GB/192-bit GDDR6
Boost clock1815 MHz
Resolusi maksimum7680 x 4320 piksel
Sistem pendinginTORX Fan 2.0
Koneksi outputDisplayPort 1.4, HDMI 2.0
Dimensi204 mm x 128 mm x 42 mm
9
GPUAMD
VRAM6GB/192-bit GDDR6
Boost clock1750 MHz
Resolusi maksimum5120 × 2880 piksel
Sistem pendinginCooltech
Koneksi outputDisplayPort 1.4, HDMI
Dimensi254 mm x 135 mm x 46,5 mm
8

ZOTACGAMING GeForce GTX 1650 SUPER Twin Fan

ZT-T16510F-10L

Rp 2.556.500,00

GPUNVIDIA
VRAM4GB/128-bit GDDR6
Boost clock1725 MHz
Resolusi maksimumTidak dijelaskan
Sistem pendinginDual fan, wide array aluminum heatsink
Koneksi outputDisplayPort 1.4, HDMI 2.0b, dual-link DVI-D
Dimensi158,5 mm x 115,2 mm x 35,3 mm
7
GPUAMD
VRAM8GB/256-bit GDDR6
Boost clock1980 MHz
Resolusi maksimum7680 x 4320 piksel
Sistem pendinginTORX Fan 3.0
Koneksi outputDisplayPort 1.4, HDMI 2.0b
Dimensi297 mm x 58 mm x 140 mm
6

GIGABYTEGeForce GTX 1050 Ti Windforce OC 4G

GV-N105TWF2OC-4GD

Rp 2.099.000,00

GPUNVIDIA
VRAM4GB/128-bit GDDR5
Boost clock1468 MHz
Resolusi maksimum7‎680 x 4320 piksel
Sistem pendinginWINDFORCE dual cooling fan
Koneksi outputDisplayPort 1.4, HDMI 2.0b, dual-link DVI-D
Dimensi229 mm x 118 mm x 40 mm
5
GPUNVIDIA
VRAM2GB/128-bit GDDR5
Boost clock1354 MHz
Resolusi maksimum5120 x 2880 piksel
Sistem pendinginTidak dijelaskan
Koneksi outputDisplayPort 1.4
Dimensi144,8 mm x 68,9 mm
4

GIGABYTEAORUS GeForce RTX 2070 SUPER 8G

GV-N207SAORUS-8GC

Rp 11.320.000,00

GPUNVIDIA
VRAM8GB/256-bit GDDR6
Boost clock1905 MHz
Resolusi maksimum7‎680 x 4320 piksel
Sistem pendinginWINDFORCE triple cooling fan
Koneksi outputDisplayPort 1.4, HDMI 2.0b, USB type-C
Dimensi290 mm x 134,31 mm x 59,9 mm
3
GPUNVIDIA
VRAM11GB/352-bit GDDR6
Boost clock1665 MHz
Resolusi maksimum7680 x 4320 piksel
Sistem pendinginASUS Fan Connect II
Koneksi outputDisplayPort 1.4, HDMI 2.0b, HDCP, USB type-C
Dimensi304,7 mm x 130,4 mm x 54 mm
2
GPUNVIDIA
VRAM5GB/160-bit GDDR5
Boost clock1480 MHz
Resolusi maksimum5120 x 2880 piksel
Sistem pendinginTidak dijelaskan
Koneksi outputDisplayPort 1.4
Dimensi266,7 mm x 111,25 mm x 50,8 mm
1
GPUAMD
VRAM8GB/2048-bit HBM2
Boost clock1560 MHz
Resolusi maksimum7‎680 x 4320 piksel
Sistem pendinginWINDFORCE 2X cooling system
Koneksi outputDisplayPort 1.4, HDMI 2.0b
Dimensi273,8 mm x 131,6 mm x 53 mm

Tabel perbandingan produk kartu grafis / VGA terbaik

Gambar produk
1
GIGABYTE Radeon RX VEGA 64 Gaming OC 8G 1

GIGABYTE

2
GIGABYTE NVIDIA Quadro P2000 1

GIGABYTE

3
ASUS ROG Strix GeForce RTX 2080 Ti OC 1

ASUS

4
GIGABYTE AORUS GeForce RTX 2070 SUPER 8G 1

GIGABYTE

5
Leadtek NVIDIA Quadro P620 1

Leadtek

6
GIGABYTE GeForce GTX 1050 Ti Windforce OC 4G 1

GIGABYTE

7
MSI Radeon RX 5700 XT GAMING X 1

MSI

8
ZOTAC GAMING GeForce GTX 1650 SUPER Twin Fan 1

ZOTAC

9
Sapphire PULSE RX 5600 XT 6G GDDR6 1

Sapphire

10
MSI GeForce GTX 1660 SUPER VENTUS XS OC 1

MSI

Nama produk

Radeon RX VEGA 64 Gaming OC 8G

NVIDIA Quadro P2000

ROG Strix GeForce RTX 2080 Ti OC

AORUS GeForce RTX 2070 SUPER 8G

NVIDIA Quadro P620

GeForce GTX 1050 Ti Windforce OC 4G

Radeon RX 5700 XT GAMING X

GAMING GeForce GTX 1650 SUPER Twin Fan

PULSE RX 5600 XT 6G GDDR6

GeForce GTX 1660 SUPER VENTUS XS OC

Keunggulan

Kecepatan transfer tinggi membuat tampilan display selalu jernih

Sesuai untuk program 3D atau desain arsitektur

Memiliki sistem pendingin berlapis dan antidebu

Bermain game berat pun tidak akan lag!

Kartu grafis single slot yang tidak makan tempat

Sistem overclock sederhana yang memudahkan pemula

Spesifikasi mewah untuk bermain game

Super compact, pasti muat di PC Anda!

Mode senyap tidak akan membuat berisik

Performa tinggi dengan sistem pendingin yang efektif

HargaRp 6.808.500,00Rp 8.285.000,00Rp 26.999.000,00Rp 11.320.000,00Rp 3.199.000,00Rp 2.099.000,00Rp 7.549.000,00Rp 2.556.500,00Rp 4.442.000,00Rp 3.990.000,00
GPUAMDNVIDIANVIDIANVIDIANVIDIANVIDIAAMDNVIDIAAMDNVIDIA
VRAM8GB/2048-bit HBM25GB/160-bit GDDR511GB/352-bit GDDR68GB/256-bit GDDR62GB/128-bit GDDR54GB/128-bit GDDR58GB/256-bit GDDR64GB/128-bit GDDR66GB/192-bit GDDR66GB/192-bit GDDR6
Boost clock1560 MHz1480 MHz1665 MHz1905 MHz1354 MHz1468 MHz1980 MHz1725 MHz1750 MHz 1815 MHz
Resolusi maksimum7‎680 x 4320 piksel5120 x 2880 piksel7680 x 4320 piksel7‎680 x 4320 piksel5120 x 2880 piksel7‎680 x 4320 piksel7680 x 4320 pikselTidak dijelaskan5120 × 2880 piksel7680 x 4320 piksel
Sistem pendinginWINDFORCE 2X cooling systemTidak dijelaskanASUS Fan Connect IIWINDFORCE triple cooling fanTidak dijelaskanWINDFORCE dual cooling fanTORX Fan 3.0Dual fan, wide array aluminum heatsinkCooltechTORX Fan 2.0
Koneksi outputDisplayPort 1.4, HDMI 2.0bDisplayPort 1.4DisplayPort 1.4, HDMI 2.0b, HDCP, USB type-CDisplayPort 1.4, HDMI 2.0b, USB type-CDisplayPort 1.4DisplayPort 1.4, HDMI 2.0b, dual-link DVI-DDisplayPort 1.4, HDMI 2.0bDisplayPort 1.4, HDMI 2.0b, dual-link DVI-DDisplayPort 1.4, HDMIDisplayPort 1.4, HDMI 2.0
Dimensi273,8 mm x 131,6 mm x 53 mm266,7 mm x 111,25 mm x 50,8 mm304,7 mm x 130,4 mm x 54 mm290 mm x 134,31 mm x 59,9 mm144,8 mm x 68,9 mm229 mm x 118 mm x 40 mm297 mm x 58 mm x 140 mm158,5 mm x 115,2 mm x 35,3 mm254 mm x 135 mm x 46,5 mm204 mm x 128 mm x 42 mm
Tautan produk

Baca juga perlengkapan komputer lainnya di sini

Mungkin ada di antara Anda yang lebih nyaman merakit PC sendiri untuk kepentingan tertentu. Selain kartu grafis yang sesuai dengan kebutuhan, kami juga pernah membahas mengenai beberapa hardware PC lainnya. Silakan klik artikel rekomendasi hardware di bawah ini untuk menambah performa PC Anda.

Kesimpulan

Kami telah membahas beberapa tips memilih kartu grafis untuk Anda. Kami juga sudah memberikan produk rekomendasi yang sesuai untuk berbagai kebutuhan. Jadi, apakah Anda sudah menemukan VGA card yang dicari?


Anda dapat memilih kartu grafis berdasarkan kecepatan rendering, ukuran VRAM, serta sistem pendingin yang digunakan. Tidak lupa, Anda juga harus memastikan kompatibilitasnya dengan perangkat PC Anda secara keseluruhan. Selamat berburu VGA card!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi VR Head Mounted Display Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi VR Head Mounted Display Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda pernah mendengar kata VR? Istilah ini merupakan singkatan dari virtual reality, atau realitas virtual. Akhir-akhir ini, VR sering diangkat menjadi pembicaraan baik di Internet, TV, dan media lainnya. VR Head Mounted Display (HMD) dijual serentak di tahun 2016, tahun pertama VR. Game, olahraga, maupun pertunjukan musik live yang bisa dinikmati dalam VR dengan menggunakan HMD, tentunya akan memberikan pengalaman baru, yang belum pernah ada sebelumnya!. Kali ini kami akan memperkenalkan poin-poin yang perlu dipertimbangkan dalam memilih HMD serta merekomendasikan produk-produk HMD terbaru.
    Aksesori komputer & laptop
    16.905 Views
  • 10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Wireless mouse menjadi perlengkapan komputer pilihan karena dikenal kepraktisannya. Terlebih jika Anda sering terganggu dengan mouse kabel, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan wireless mouse. Saat ini ada banyak jenis mouse dengan spesifikasi yang beragam, seperti sistem koneksi, sumber daya, hingga bentuknya. Hal ini mungkin akan membingungkan Anda.Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih wireless mouse. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan referensi dari Microsoft, Logitech, HP, dan lainnya. Bacalah dengan teliti dan pilih wireless mouse dengan spesifikasi yang Anda butuhkan.
    Aksesori komputer & laptop
    55.176 Views
  • 10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan nama kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam, seperti ANKER, AUKEY, dan ENERGEA.Pada artikel ini, kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih dan membeli kabel data iPhone. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang dapat Anda pesan secara online. Simak artikelnya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
    99.182 Views
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ketika ingin mencetak foto atau dokumen di rumah, printer sangat diperlukan. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga semakin mudah, karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan ulasan untuk memilih printer berdasarkan fungsinya, mulai dari printer dengan fungsi tunggal hingga yang multifungsi. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan HP. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
    105.660 Views
  • 10 Rekomendasi Digital Voice Recorder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Digital Voice Recorder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Digital voice recorder biasa digunakan untuk merekam suara, seperti merekam rapat, seminar, belajar bahasa atau berlatih musik. Produsen ternama seperti Sony, Olympus dan Tascam mengeluarkan digital voice recorder yang digunakan untuk merekam berbagai kegiatan tersebut.Kini digital voice recorder telah berkembang untuk membantu Anda merekam suara. Kali ini kami akan mengulas cara memilih digital voice recorder dengan membandingkan beberapa fitur yang berbeda sesuai dengan kegunaan saat perekaman. Silakan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Aksesori komputer & laptop
    17.345 Views
  • 10 Rekomendasi Keyboard Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Keyboard Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2021)
    Keyboard menjadi perlengkapan penting untuk Anda yang bekerja menggunakan komputer atau PC. Saat ini, ada banyak jenis keyboard tersedia di pasaran, mulai dari keyboard wireless hingga keyboard untuk kebutuhan gaming. Maka dari itu, sebelum memilih keyboard, ada baiknya Anda mengetahui tujuan penggunaan Anda.Jika Anda masih bingung memilih jenis keyboard yang cocok, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum memilih. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi keyboard terbaik seperti Logitech, Razer, dan lainnya. Bacalah artikel berikut ini dan semoga Anda dapat menemukan keyboard yang cocok untuk Anda. 
    Aksesori komputer & laptop
    22.362 Views
  • 10 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gaming keyboard merupakan barang yang sangat diperlukan bila Anda seorang gamer. Terdapat banyak merek gaming keyboard terkenal seperti Logitech, Corsair, Digital Alliance, dan sebagainya, yang dijual di pasaran. Namun, terdapat banyak istilah-istilah dan fitur-fitur dalam gaming keyboard yang dapat membingungkan pemula, terutama saat memilih produk yang tepat.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan gaming keyboard terbaik. Pilih gaming keyboard yang sesuai dan tingkatkan skill bermain game Anda dengan gaming keyboard yang tepat!
    Aksesori komputer & laptop
    33.200 Views
  • 10 Rekomendasi MacBook Case Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi MacBook Case Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    MacBook hadir dengan desain sempurna untuk mendukung mobilitas Anda dalam bekerja. Untuk menjaga keamanan dan kebersihan MacBook kesayangan, tentunya Anda membutuhkan case yang spesial. Tidak hanya keren, case tersebut haruslah fungsional.Ada banyak jenis case untuk MacBook. Mulai dari sleeve berbentuk tas dan dan bersaku, hingga shell bercangkang keras yang mampu melindungi MacBook dari benturan. Merek Apple, Targus, hingga Urban Armor Gear yang paling tahan banting bisa Anda temukan di sini. Bagaimanakah cara memilih case yang tepat? Simak artikel ini sampai selesai!
    Aksesori komputer & laptop
    7.828 Views
  • 10 Rekomendasi SSD Terbaik Tipe Konektor M.2 (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi SSD Terbaik Tipe Konektor M.2 (Terbaru Tahun 2020)
    SSD tipe konektor M.2 telah hadir guna memberikan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan penggunaan HDD pada PC. Akan tetapi, SSD M.2 memiliki standar yang berbeda seperti PCI Express 3.0 x 4 atau SATA 3.0. Oleh sebab itu, Anda bisa menyimak artikel ini agar tidak bingung.Artikel berikut ini akan mengulas cara memilih SSD tipe konektor M.2 yang bisa Anda jadikan panduan. Kami juga akan merekomendasikan SSD M.2 terbaik dari berbagai brand terbaik, seperti SanDisk, Intel, XPG, Plextor, WD, dan Samsung. Selamat membaca!
    Komponen komputer & laptop
    34.890 Views
  • 10 Rekomendasi Kartu Grafis Merk NVIDIA Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kartu Grafis Merk NVIDIA Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kartu grafis atau yang dikenal dengan VGA merupakan salah satu faktor yang memengaruhi performa PC. Terutama jika Anda menggunakan PC dengan loading data berat, baik untuk gaming maupun profesional, pemilihan kartu grafis sangatlah penting. Salah satu perusahaan elektronik yang memproduksi kartu grafis adalah NVIDIA. Perusahaan ini membuat kartu grafis dengan fitur dan harga yang bervariasi. Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih kartu grafis NVIDIA terbaik. Kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi produk dari ASUS, MSI, dan lainnya yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Selamat membaca!
    Komponen komputer & laptop
    819 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi SSD Terbaik Tipe Konektor M.2 (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi SSD Terbaik Tipe Konektor M.2 (Terbaru Tahun 2020)
    SSD tipe konektor M.2 telah hadir guna memberikan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan penggunaan HDD pada PC. Akan tetapi, SSD M.2 memiliki standar yang berbeda seperti PCI Express 3.0 x 4 atau SATA 3.0. Oleh sebab itu, Anda bisa menyimak artikel ini agar tidak bingung.Artikel berikut ini akan mengulas cara memilih SSD tipe konektor M.2 yang bisa Anda jadikan panduan. Kami juga akan merekomendasikan SSD M.2 terbaik dari berbagai brand terbaik, seperti SanDisk, Intel, XPG, Plextor, WD, dan Samsung. Selamat membaca!
    Komponen komputer & laptop
    34.890 Views
  • 10 Rekomendasi Kartu Grafis Merk NVIDIA Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kartu Grafis Merk NVIDIA Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kartu grafis atau yang dikenal dengan VGA merupakan salah satu faktor yang memengaruhi performa PC. Terutama jika Anda menggunakan PC dengan loading data berat, baik untuk gaming maupun profesional, pemilihan kartu grafis sangatlah penting. Salah satu perusahaan elektronik yang memproduksi kartu grafis adalah NVIDIA. Perusahaan ini membuat kartu grafis dengan fitur dan harga yang bervariasi. Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih kartu grafis NVIDIA terbaik. Kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi produk dari ASUS, MSI, dan lainnya yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Selamat membaca!
    Komponen komputer & laptop
    819 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2021)
    Laptop telah menjadi perlengkapan yang dibutuhkan untuk berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan sekolah, bekerja, hingga hiburan. Ada banyak jenis laptop dengan spesifikasi dan harga yang beragam. Maka dari itu, penting untuk memilih laptop dengan spek yang tinggi. Dengan demikian, aktivitas Anda menggunakan laptop tidak terganggu.Laptop dengan spesifikasi tinggi tidak selalu memiliki harga yang mahal. Kali ini, kami akan mengulas laptop dengan harga 4 jutaan yang memiliki spek terbaik. Setelah itu, ada juga rekomendasi produk yang bisa jadi referensi Anda seperti Acer, ASUS, HP, dan lainnya. Selamat membaca!
    Laptop
    250.390 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak semua orang membutuhkan laptop dengan specs yang tinggi. Bisa jadi Anda hanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi standar seharga di bawah 5 juta saja. Tentunya, laptop dengan harga di bawah 5 juta ini sudah cukup untuk melakukan browsing, berbalas e-mail, mengetik, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Kali ini, kami akan merekomendasikan merek laptop populer di Indonesia, seperti HP, Lenovo, ASUS, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menunjukkan cara memilih laptop di bawah 5 juta. Mari cek artikel ini bersama-sama dan semoga Anda dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan!
    Laptop
    177.242 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, penggunaan 2-in-1 laptop dan tablet cukup populer karena dinilai lebih praktis dan fleksibel. Jenis gadget ini memiliki portabilitas yang tinggi seperti tablet sehingga Anda dapat membawanya ke mana pun. Di sisi lain, ada juga keyboard yang memudahkan Anda untuk mengetik.Ada berbagai jenis 2-in-1 laptop dan tablet dengan berbagai keunggulan dan spesifikasinya masing-masing. Kali ini, kami akan mengulas bagaimana cara memilih produk 2-in-1 laptop dan tablet. Setelah itu, kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik, seperti Acer, ASUS, HP, dan lainnya. Selamat membaca!
    Laptop
    146.003 Views
  • 10 Rekomendasi VR Head Mounted Display Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi VR Head Mounted Display Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda pernah mendengar kata VR? Istilah ini merupakan singkatan dari virtual reality, atau realitas virtual. Akhir-akhir ini, VR sering diangkat menjadi pembicaraan baik di Internet, TV, dan media lainnya. VR Head Mounted Display (HMD) dijual serentak di tahun 2016, tahun pertama VR. Game, olahraga, maupun pertunjukan musik live yang bisa dinikmati dalam VR dengan menggunakan HMD, tentunya akan memberikan pengalaman baru, yang belum pernah ada sebelumnya!. Kali ini kami akan memperkenalkan poin-poin yang perlu dipertimbangkan dalam memilih HMD serta merekomendasikan produk-produk HMD terbaru.
    Aksesori komputer & laptop
    16.905 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori