• 10 Rekomendasi Kacamata Anti Radiasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti Radiasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti Radiasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti Radiasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti Radiasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Kacamata Anti Radiasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Sinar radiasi berasal dari sinar ultraviolet yang terkandung dalam cahaya matahari dan blue light dari gadget. Sinar tersebut tidak baik bagi mata sehingga Anda membutuhkan perlindungan khusus berupa kacamata antiradiasi. Fungsi dari kacamata antiradiasi adalah untuk menghalau sinar radiasi supaya tidak merusak mata.


Untuk memudahkan Anda, kami akan mengulas tentang cara memilih kacamata antiradiasi yang Anda butuhkan. Selanjutnya, kami juga akan memberikan ulasan berbagai produk kacamata antiradiasi terbaik, seperti Urban State, Hamlin, dan Xiaomi. Ayo baca terus artikel ini guna mengetahui produk yang cocok untuk Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Anna Fardiana
Tina Latief
  • Pembaharuan terakhir: 26 April 2021
  • 9.997 Views
Daftar isi

Manfaat kacamata anti radiasi

Manfaat kacamata anti radiasi

Terlalu lama bekerja di depan komputer membuat Anda berpotensi terkena CVS (computer vision syndrom). CVS adalah kumpulan gejala yang berkaitan dengan penyakit mata yang disebabkan oleh penggunaan alat elektronik berbasis komputer. Gejala ini misalnya mata lelah atau kering, berair, sakit kepala, hingga demam akibat paparan sinar radiasi.


Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menghindari gejala ini adalah melindungi mata Anda dari paparan sinar biru gadget. Untuk itu, Anda perlu memakai kacamata antiradiasi dengan lensa yang dirancang khusus untuk menangkal sinar radiasi. Tak hanya radiasi gadget, kacamata ini juga mampu menghalau sinar radiasi dari matahari.


Lensa kacamata antiradiasi terbuat dari lapisan vakum ion canggih yang dapat menyerap gelombang mikro berfrekuensi rendah. Teknologi inilah yang akan melindungi mata dari paparan sinar berbahaya, seperti sinar biru dan sinar ultraviolet. Dengan memakai kacamata ini, mata Anda menjadi lebih nyaman dan bisa bekerja lebih lama menatap layar komputer.

Cara memilih kacamata anti radiasi

Ketika memilih kacamata antiradiasi, ada beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan agar tidak salah pilih. Agar lebih jelas, silakan cermati penjelasan kami berikut ini.

Sesuaikan bingkai kacamata dengan bentuk wajah Anda

Setiap orang memiliki struktur atau bentuk wajah yang berbeda-beda, seperti bentuk bulat, oval, persegi, dan lain-lain. Untuk bentuk-bentuk wajah tersebut, diperlukan bingkai kacamata yang sesuai agar memberikan kesan seimbang. Simak penjelasan kami berikut ini dan ketahui bingkai kacamata yang tepat untuk wajah Anda!

Wajah bulat: Pilih bingkai persegi untuk menyembunyikan pipi tembam

Wajah bulat: Pilih bingkai persegi untuk menyembunyikan pipi tembam

Orang dengan wajah bulat memiliki lebar dahi dan dagu yang seimbang dengan pipi penuh atau tembam. Jika Anda memiliki bentuk wajah ini, disarankan untuk memakai kacamata berbingkai kotak atau persegi. Bingkai ini akan memberikan kesan panjang pada wajah bulat Anda. Adapun hal yang perlu dihindari yaitu bingkai berbentuk bulat dan gagang yang tebal.

Wajah oval: Cocok menggunakan bingkai apapun

Wajah oval: Cocok menggunakan bingkai apapun

Jika Anda memiliki wajah berbentuk oval, Anda tidak perlu khawatir ketika memilih bingkai kacamata. Orang berwajah oval memiliki ukuran yang simetris antara panjang dagu dan dahi dengan lebar wajah. Oleh karena itu, orang berwajah oval cocok menggunakan kacamata dengan bentuk bingkai apapun.

Namun, jika Anda ingin memberikan ilusi yang berimbang, bingkai yang besar patut untuk dicoba. Harap dicatat bahwa bingkai besar tersebut tidak cocok jika wajah Anda berukuran kecil.

Wajah hati: Kacamata frameless atau bingkai atas yang tebal lebih disarankan

Wajah hati: Kacamata frameless atau bingkai atas yang tebal lebih disarankan

Wajah berbentuk hati memiliki ciri luas dahi yang lebar dengan dagu yang runcing dan menonjol. Jika Anda memiliki tipe wajah ini, pilihlah bingkai yang menonjolkan garis rahang dan menyamarkan dahi.

Kacamata yang cocok untuk bentuk wajah ini ialah tipe frameless atau yang bingkai bagian atasnya lebih tebal. Bingkai tebal tersebut berguna untuk menyamarkan dahi Anda. Selain itu, bingkai dua warna atau two tones juga bisa dijadikan pilihan.

Wajah persegi: Bingkai bulat memberikan kesan wajah lebih lengkung dan panjang

Wajah persegi: Bingkai bulat memberikan kesan wajah lebih lengkung dan panjang

Bentuk wajah persegi ditandai dengan struktur rahang yang kaku dan tegas. Karenanya, Anda harus memilih bingkai berbentuk bulat untuk menyamarkan garis wajah Anda. Bingkai bulat akan memberikan kesan lengkungan sehingga wajah Anda terlihat lebih panjang.

Bingkai yang lebarnya melebihi tulang pipi juga disarankan karena akan menyembunyikan garis rahang Anda. Adapun bingkai yang harus dihindari yaitu bentuk persegi karena akan makin menojolkan bentuk wajah Anda.

Wajah segitiga: Pilih kacamata half frame atau cat eye agar bentuk wajah terlihat proporsional

Wajah segitiga: Pilih kacamata half frame atau cat eye agar bentuk wajah terlihat proporsional

Wajah segitiga adalah kebalikan dari wajah berbentuk hati. Ciri wajah ini yaitu rahangnya lebih lebar dibandingkan dahi. Bentuk bingkai yang disarankan untuk orang berwajah ini ialah half frame glasses dan cat eye. Bentuk bingkai tersebut akan mempertegas dahi Anda sehingga terlihat lebih seimbang.

Cek kemampuan filtrasinya

Cek kemampuan filtrasinya

Terkadang, kacamata antiradiasi yang dijual di pasaran tidak benar-benar mampu melindungi mata dari sinar radiasi dengan baik. Pada dasarnya, lensa berbahan plastik atau kaca biasa hanya mampu memfilter sedikit sinar radiasi. Sementara itu, untuk menangkal sinar radiasi secara total dibutuhkan penambahan lapisan khusus pada lensa.


Adapun kacamata yang baik adalah yang menggunakan lensa anti-reflective (AR). Lensa ini efektif untuk mengurangi pantulan sinar radiasi. Selain itu, tint atau paint coating pada lensa antiradiasi berfungsi menyaring cahaya yang buruk bagi mata.


Untuk perlindungan maksimal, pilih kacamata yang mampu menangkal radiasi sekitar 90–100%. Biasanya, ada juga seller yang menuliskan kemampuan filtrasi maksimal dengan spesifikasi UV100 atau 400 nm (nanometer).

Pilih frame yang besar untuk perlindungan optimal

Pilih frame yang besar untuk perlindungan optimal

Frame atau bingkai lensa yang besar lebih disarankan daripada bingkai kecil. Hal ini karena bingkai yang besar mampu melindungi mata Anda secara maksimal dari berbagai sisi. Bingkai yang besar juga sangat berguna ketika Anda memakainya di luar ruangan untuk melindungi mata dari cahaya matahari.

Periksa bahan bingkai yang digunakan

Periksa bahan bingkai yang digunakan

Material atau bahan yang digunakan untuk membuat bingkai kacamata memengaruhi kenyamanan Anda saat memakainya. Bahan yang paling sering digunakan untuk membuat kacamata ialah plastik dan metal. Bahan tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bingkai plastik umumnya terbuat dari material zyl dan nylon. Harga bingkai ini relatif murah, ringan, dan memiliki pilihan warna yang beragam. Kekurangannya, bingkai yang terbuat dari plastik mudah patah dan kekuatannya akan berkurang jika terus terpapar panas matahari.

Di sisi lain, bingkai metal memiliki tampilan yang elegan, tetapi lebih mahal dan pilihan warnanya sedikit. Selain itu, bingkai metal juga berpotensi menimbulkan reaksi alergi pada orang dengan kulit sensitif. Material yang sering digunakan pada bingkai metal yaitu monel, titanium, beta-titanium, dan berilium. Kelebihan dari bahan ini yaitu antikarat dan tahan lama.

Pilih lensa kacamata yang terpolarisasi untuk penggunaan di luar ruangan

Pilih lensa kacamata yang terpolarisasi untuk penggunaan di luar ruangan

Lensa biasa umumnya bersifat menyerap semua cahaya baik vertikal maupun horizontal. Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, pilih kacamata antiradiasi yang terpolarisasi (polarized lens).

Lensa ini membantu mengurangi refleksi dan glare (silau) yang berasal dari pantulan cahaya matahari. Lensa yang terpolarisasi ini membuat penglihatan Anda lebih nyaman dan mencegah mata lelah.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

RockBros Sport Photochromic Polarized Sunglasses

Mulai dari Rp 380.000,00

10 Rekomendasi kacamata anti radiasi terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi kacamata antiradiasi untuk Anda. Kami juga menyertakan link situs e-commerce yang menjual produk tersebut agar Anda bisa langsung membelinya. Mari simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

10

Shadez EyewearKids Sunglasses Designers

Mulai dari Rp 329.000,00

Bahan bingkaiKaret TPEE
Kemampuan filtrasiSinar biru: 33%・UVA/UVB: 100%
Lensa terpolarisasiTidak disebutkan
Tinted lens
9
Bahan bingkaiAlloy (metal)
Kemampuan filtrasiUV400
Lensa terpolarisasi
Tinted lens
8
Bahan bingkaiPolycarbonat
Kemampuan filtrasiUV++ 420
Lensa terpolarisasiTidak disebutkan
Tinted lensX
7

Urban StatePolarized Browline Rectangular Sunglasses

Mulai dari Rp 498.000,00

Bahan bingkaiMetal
Kemampuan filtrasiUV400
Lensa terpolarisasi
Tinted lens
6

GREY JACKSports Style Polarized Sunglasses

8581

Mulai dari Rp 399.000,00

Bahan bingkaiPlastik
Kemampuan filtrasiUV 100%
Lensa terpolarisasi
Tinted lens
5

Urban StatePolarized Wide Aviator Sunglasses

Mulai dari Rp 498.000,00

Bahan bingkaiMetal
Kemampuan filtrasiUV400
Lensa terpolarisasi
Tinted lens
4

HamlinMackenzie Vintage Women and Man Sunglasses

Mulai dari Rp 454.000,00

Bahan bingkaiAlloy (metal)
Kemampuan filtrasiUV400
Lensa terpolarisasi
Tinted lens
3

HamlinElls Kacamata Anti Radiasi Komputer

Mulai dari Rp 465.000,00

Bahan bingkaiPC (plastik)
Kemampuan filtrasi400 nm
Lensa terpolarisasiTidak disebutkan
Tinted lens
2
Bahan bingkaiMetal
Kemampuan filtrasiUV400
Lensa terpolarisasi
Tinted lens
1

XiaomiTurok Steinhardt Nylon Polarized Sunglasses

SM005

Mulai dari Rp 447.000,00

Bahan bingkaiStainless steel
Kemampuan filtrasiUV 100%
Lensa terpolarisasi
Tinted lens

Tabel perbandingan produk kacamata anti radiasi terbaik

Gambar produk
1
Xiaomi Turok Steinhardt Nylon Polarized Sunglasses  1

Xiaomi

2
EIGER Windward Aviator 1

EIGER

3
Hamlin Ells Kacamata Anti Radiasi Komputer 1

Hamlin

4
Hamlin Mackenzie Vintage Women and Man Sunglasses 1

Hamlin

5
Urban State Polarized Wide Aviator Sunglasses 1

Urban State

6
GREY JACK Sports Style Polarized Sunglasses 1

GREY JACK

7
Urban State Polarized Browline Rectangular Sunglasses 1

Urban State

8
Kaito Keana UV++420 PC Technology 1

Kaito

9
Hamlin Adkins Sunglasses 1

Hamlin

10
Shadez Eyewear Kids Sunglasses Designers 1

Shadez Eyewear

Nama produk

Turok Steinhardt Nylon Polarized Sunglasses

Windward Aviator

Ells Kacamata Anti Radiasi Komputer

Mackenzie Vintage Women and Man Sunglasses

Polarized Wide Aviator Sunglasses

Sports Style Polarized Sunglasses

Polarized Browline Rectangular Sunglasses

Keana UV++420 PC Technology

Adkins Sunglasses

Kids Sunglasses Designers

Keunggulan

Kacamata kualitas astronot yang nyaman dipakai sepanjang hari

Berani tampil beda dengan kacamata bercorak leopard

Tampilannya membuat Anda terlihat smart

Tetap nyaman beraktivitas di siang hari dengan lensa antirefleksi

Kacamata yang tepat untuk melengkapi style vintage Anda

Dirancang khusus untuk Anda yang menyukai olahraga

Desain yang pas untuk mayoritas orang Indonesia

Lensanya bisa disesuaikan untuk mata minus dan silinder

Pilihan terbaik untuk dikenakan saat berjemur di pantai

Memiliki berbagai varian warna yang disukai anak-anak

Harga mulai dariRp 447.000,00Rp 259.000,00Rp 465.000,00Rp 454.000,00Rp 498.000,00Rp 399.000,00Rp 498.000,00Rp 348.000,00Rp 465.000,00Rp 329.000,00
Bahan bingkaiStainless steelMetalPC (plastik)Alloy (metal)MetalPlastikMetalPolycarbonatAlloy (metal)Karet TPEE
Kemampuan filtrasiUV 100%UV400400 nmUV400UV400UV 100%UV400UV++ 420UV400Sinar biru: 33%・UVA/UVB: 100%
Lensa terpolarisasiTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Tinted lensX
Tautan produk

Baca juga rekomendasi kacamata lainnya di sini

Selain kacamata antiradiasi, ada pula kacamata jenis lain yang memiliki fungsi berbeda mulai dari keperluan fashion hingga olahraga. Jika Anda penasaran dengan rekomendasi kacamata lainnya, silakan kunjungi tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Kacamata antiradiasi sangat penting untuk melindungi mata Anda dari efek buruk yang ditimbulkan oleh sinar radiasi. Anda juga bisa mencegah efek tersebut dengan mengurangi intensitas bermain gadget dan aktivitas outdoor di siang hari.

Dalam memilih kacamata antiradiasi, Anda harus memerhatikan fungsi atau kegunaannya agar mata Anda dapat terlindungi secara maksimal. Silakan jadikan rekomendasi ini sebagai panduan untuk membeli kacamata antiradiasi. Pastikan mata Anda terlindungi dari sinar radiasi yang berbahaya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan nama kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam, seperti ANKER, AUKEY, dan ENERGEA.Pada artikel ini, kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih dan membeli kabel data iPhone. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang dapat Anda pesan secara online. Simak artikelnya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
    129.951 Views
  • 10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat bermain PC games atau PS4, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor PC biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti ASUS, LG, Acer, dan BenQ, memiliki monitor dengan refresh rate dan response speed yang baik.Lalu, berapa ukuran monitor yang ideal dan apa bedanya dengan monitor biasa? Anda tentu bingung saat ingin memilihnya. Karena itu, kami akan merekomendasikan sepuluh gaming monitor terbaik dengan berbagai kelebihannya. Sebelumnya, kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
    99.790 Views
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ketika ingin mencetak foto atau dokumen di rumah, printer sangat diperlukan. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga semakin mudah, karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan ulasan untuk memilih printer berdasarkan fungsinya, mulai dari printer dengan fungsi tunggal hingga yang multifungsi. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan HP. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
    123.664 Views
  • 10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Wireless mouse menjadi perlengkapan komputer pilihan karena dikenal kepraktisannya. Terlebih jika Anda sering terganggu dengan mouse kabel, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan wireless mouse. Saat ini ada banyak jenis mouse dengan spesifikasi yang beragam, seperti sistem koneksi, sumber daya, hingga bentuknya. Hal ini mungkin akan membingungkan Anda.Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih wireless mouse. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan referensi dari Microsoft, Logitech, HP, dan lainnya. Bacalah dengan teliti dan pilih wireless mouse dengan spesifikasi yang Anda butuhkan.
    Aksesori komputer & laptop
    67.275 Views
  • 10 Rekomendasi Webcam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Webcam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, kebutuhan akan penggunaan webcam makin meningkat. Hal tersebut karena meningkatnya aktivitas pertemuan virtual, seperti kelas, meeting, dan konferensi online. Banyak produk webcam bagus yang dikeluarkan berbagai perusahaan elektronik yang kompatibel baik di laptop maupun PC.Kali ini, kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan saat hendak membeli webcam. Ada berbagai kriteria yang perlu Anda perhatikan, mulai dari resolusi, frame per second, dan lainnya. Selanjutnya, kami juga akan merekomendasi produk yang bisa menjadi pertimbangan Anda, seperti merk Logitech, Microsoft, dan lainnya. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
    57.620 Views
  • 10 Rekomendasi Kursi Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kursi Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bermain game bisa cepat terasa melelahkan bila tidak menggunakan kursi gaming. Produknya memang didesain untuk menjamin kenyamanan dan kesehatan Anda saat bermain game berlama-lama. Namun, kursi gaming atau gaming chair yang nyaman sangat bergantung pada postur Anda. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih kursi gaming terbaik. Rekomendasi produknya pun tersedia, lengkap dengan ulasannya. Ada berbagai produk dari merk kursi gaming yang bagus, seperti Rexus, STracing, Secretlab, dan lainnya. Tidak hanya hitam, produk yang warnanya pink juga tersedia, lho. Sudah tidak sabar? Yuk, dimulai saja!
    Aksesori komputer & laptop
    38.946 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori