• 10 Rekomendasi Kacamata Anti Radiasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti Radiasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti Radiasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti Radiasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti Radiasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kacamata Anti Radiasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Sinar radiasi berasal dari sinar ultraviolet yang terkandung dalam cahaya matahari dan blue light dari gadget. Sinar tersebut tidak baik bagi mata sehingga Anda membutuhkan perlindungan khusus berupa kacamata antiradiasi. Fungsi dari kacamata antiradiasi atau kacamata anti blue light adalah menghalau sinar radiasi supaya tidak merusak mata.


Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan mengulas cara memilih kacamata antiradiasi yang bagus. Selain itu, kami akan memberikan ulasan produk kacamata antiradiasi terbaik dari merek Urban State, Hamlin, serta Shadez Eyewear. Ayo baca terus artikelnya guna mengetahui kacamata yang cocok untuk Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Manfaat kacamata anti radiasi

Manfaat kacamata anti radiasi

Terlalu lama bekerja di depan komputer membuat Anda berpotensi terkena computer vision syndrom (CVS). CVS adalah kumpulan gejala yang berkaitan dengan penyakit mata dan disebabkan oleh penggunaan alat elektronik berbasis komputer. Gejalanya adalah mata lelah atau kering, berair, sakit kepala, hingga demam akibat paparan sinar radiasi.


Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menghindari gejala tersebut adalah melindungi mata Anda dari paparan sinar biru gadget. Untuk itu, Anda perlu memakai kacamata antiradiasi dengan lensa yang dirancang khusus untuk menangkal sinar radiasi. Selain menangkal radiasi gadget, kacamata ini juga mampu menghalau sinar radiasi dari matahari.


Lensa kacamata antiradiasi terbuat dari lapisan vakum ion canggih yang dapat menyerap gelombang mikro berfrekuensi rendah. Teknologi inilah yang akan melindungi mata dari paparan sinar berbahaya, seperti sinar biru dan sinar ultraviolet. Dengan memakai kacamata ini, mata Anda menjadi lebih nyaman dan bisa bekerja lebih lama menatap layar komputer.

Cara memilih kacamata anti radiasi

Ketika memilih kacamata antiradiasi, ada beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan agar tidak salah pilih. Agar lebih jelas silakan cermati penjelasan kami berikut ini.

Sesuaikan bingkai kacamata dengan bentuk wajah Anda

Setiap orang memiliki struktur atau bentuk wajah yang berbeda, seperti bentuk persegi, oval, bulat, dan lainnya. Karena itu, Anda harus memilih bingkai kacamata yang sesuai agar memberikan kesan seimbang. Yuk, ketahui bingkai kacamata yang tepat untuk wajah Anda melalui penjelasan di bawah ini.

Wajah bulat: Bingkai bersudut lebih direkomendasikan

Wajah bulat: Bingkai bersudut lebih direkomendasikan

Orang berwajah bulat memiliki dahi dan rahang yang lebarnya seimbang dengan pipi. Anda yang memiliki bentuk wajah bulat sebaiknya memilih kacamata berbingkai kotak atau persegi. Bingkai ini akan memberikan kesan panjang pada wajah bulat Anda. Sementara itu, bingkai berbentuk bulat dan gagang yang tebal sebaiknya dihindari.

Wajah oval: Cocok menggunakan bingkai apapun

Wajah oval: Cocok menggunakan bingkai apapun

Anda tidak perlu khawatir ketika memilih bingkai kacamata jika memiliki bentuk wajah oval. Pasalnya orang berwajah oval memiliki ukuran yang simetris antara panjang dagu, dahi, serta lebar wajah. Karena itu, orang berwajah oval cocok menggunakan kacamata dengan bentuk bingkai apapun.


Jika Anda ingin memberikan ilusi yang berimbang, bingkai yang besar patut untuk dicoba. Namun, bingkai besar tersebut tidak cocok jika wajah Anda berukuran kecil.

Wajah hati: Coba kacamata frameless atau bingkai atasnya tebal

Wajah hati: Coba kacamata frameless atau bingkai atasnya tebal

Orang dengan wajah berbentuk hati memiliki dahi yang lebar dengan dagu yang runcing dan menonjol. Kalau Anda memiliki tipe wajah ini, pilihlah bingkai yang mampu menonjolkan garis rahang dan menyamarkan dahi. Kacamata yang cocok untuk bentuk wajah hati adalah kacamata yang bingkai bawahnya lebih kecil.


Kacamata tipe frameless atau yang bingkai bagian atasnya lebih tebal juga bisa dipilih. Bingkai tebal tersebut berguna untuk menyamarkan dahi Anda. Selain itu, bingkai dua warna atau two tones juga bisa dijadikan pilihan.

Wajah persegi: Bingkai tak bersudut cocok untuk Anda

Wajah persegi: Bingkai tak bersudut cocok untuk Anda

Bentuk wajah persegi ditandai dengan struktur rahang yang kaku dan tegas. Dalam hal ini, Anda bisa memilih bingkai berbentuk bulat untuk menyamarkan garis wajah Anda. Bingkai bulat akan memberikan kesan lengkungan sehingga wajah Anda terlihat lebih panjang.

Bingkai yang lebarnya melebihi tulang pipi juga disarankan karena akan menyembunyikan garis rahang Anda. Namun, bingkai bentuk persegi sebaiknya dihindari jika Anda ingin menyamarkan rahang tegas Anda.

Wajah segitiga: Kacamata cat eye layak dipertimbangkan

Wajah segitiga: Kacamata cat eye layak dipertimbangkan

Wajah segitiga adalah kebalikan dari wajah berbentuk hati. Ciri wajah ini adalah rahang yang lebih lebar dibandingkan dahi. Bingkai half frame dan cat eye disarankan untuk orang berwajah segitiga. Bentuk bingkai tersebut akan mempertegas dahi Anda sehingga terlihat lebih seimbang.

Cari tahu kemampuan filtrasinya

Cari tahu kemampuan filtrasinya

Terkadang kacamata antiradiasi yang dijual di pasaran tidak benar-benar mampu melindungi mata dari sinar radiasi dengan baik. Pada dasarnya, lensa berbahan plastik atau kaca biasa hanya mampu memfilter sedikit sinar radiasi. Sementara itu, untuk menangkal sinar radiasi secara total dibutuhkan penambahan lapisan khusus pada lensa.


Kacamata yang baik dilengkapi lensa anti-reflective (AR). Lensa ini efektif untuk mengurangi pantulan sinar radiasi. Sementara itu, tint atau paint coating pada lensa antiradiasi berfungsi menyaring cahaya yang buruk bagi mata.


Untuk mendapatkan perlindungan maksimal, Anda bisa memilih kacamata yang bisa menangkal radiasi sekitar 90–100%. Biasanya, ada juga seller yang menuliskan kemampuan filtrasi maksimal dengan spesifikasi UV100 atau 400 nm (nanometer).

Periksa bahan bingkai yang digunakan

Periksa bahan bingkai yang digunakan

Material atau bahan yang digunakan untuk membuat bingkai kacamata mempengaruhi kenyamanan Anda saat memakainya. Bahan yang paling sering digunakan untuk membuat kacamata adalah plastik dan metal. Bahan tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bingkai plastik umumnya terbuat dari material zyl dan nylon. Harga bingkai plastik relatif murah. Selain itu, bobotnya ringan dan juga memiliki pilihan warna yang beragam. Sayangnya bingkai plastik mudah patah dan kekuatannya akan berkurang jika terus terpapar panas matahari.

Di sisi lain, bingkai metal memiliki tampilan yang elegan, tetapi lebih mahal dan pilihan warnanya sedikit. Selain itu, bingkai metal juga berpotensi menimbulkan reaksi alergi pada orang dengan kulit sensitif. Material yang sering digunakan pada bingkai metal yaitu monel, titanium, beta-titanium, dan berilium. Kelebihan dari bahan ini adalah antikarat dan tahan lama.

Pertimbangkan kacamata yang terpolarisasi untuk pemakaian di luar ruangan

Pertimbangkan kacamata yang terpolarisasi untuk pemakaian di luar ruangan

Lensa biasa umumnya bersifat menyerap semua cahaya baik vertikal maupun horizontal. Kalau Anda sering beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, pilih kacamata antiradiasi yang terpolarisasi (polarized lens).

Lensa tersebut membantu mengurangi refleksi dan glare (silau) yang berasal dari pantulan cahaya matahari. Lensa yang terpolarisasi juga membuat penglihatan Anda lebih nyaman dan mencegah mata lelah.

Cek juga kacamata dengan teknologi photocromic

Cek juga kacamata dengan teknologi photocromic

Menggunakan kacamata berlensa transparan terkadang terasa menyilaukan ketika Anda beraktivitas di luar ruangan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa mencoba kacamata photochromic. Lensa kacamata ini mirip seperti kacamata baca biasa. Namun, lensanya akan berubah menjadi gelap (biasanya hitam) saat terkena sinar matahari.


Saat Anda masuk ke dalam ruangan, lensanya akan berubah seperti semula dalam hitungan detik. Ya, lensa photochromic memang didesain supaya bisa menangkal sinar UV dan beradaptasi dengan perubahan cahaya. Tambahan lagi, saat ini sudah banyak kacamata antiradiasi yang dilengkapi photochromic juga, lho!

Pilih frame yang besar untuk perlindungan optimal

Pilih frame yang besar untuk perlindungan optimal

Frame atau bingkai lensa yang besar lebih disarankan daripada bingkai kecil. Hal ini karena bingkai yang besar mampu melindungi mata Anda secara maksimal dari berbagai sisi. Bingkai yang besar juga sangat berguna ketika Anda memakainya di luar ruangan untuk melindungi mata dari cahaya matahari.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

RockBros Sport Photochromic Polarized Sunglasses

Mulai dari Rp 380.000,00

10 Rekomendasi kacamata anti radiasi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasi sepuluh produk kacamata antiradiasi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Urban StatePolarized Metal Monocle Round Sunglasses

Mulai dari Rp 498.000,00

Bahan bingkaiMetal
Kemampuan filtrasiUV400
Lensa terpolarisasiYa
Tinted lensYa
PhotochromicTidak disebutkan
9

Urban StatePolarized Plastic Night Square Sunglasses

Mulai dari Rp 498.000,00

Bahan bingkaiMetal
Kemampuan filtrasiUV400
Lensa terpolarisasiYa
Tinted lensYa
PhotochromicTidak disebutkan
8
Bahan bingkaiAlloy
Kemampuan filtrasiUV400
Lensa terpolarisasiYa
Tinted lensYa
PhotochromicTidak disebutkan
7

HamlinElls Kacamata Anti Radiasi

Mulai dari Rp 1.422.600,00

Bahan bingkaiCopper
Kemampuan filtrasiUV 100%
Lensa terpolarisasiTidak disebutkan
Tinted lensTidak disebutkan
PhotochromicTidak disebutkan
6

Shadez EyewearKids Sunglasses Designers

Mulai dari Rp 329.000,00

Bahan bingkaiTPEE
Kemampuan filtrasiSinar biru: 33%・UVA/UVB: 100%
Lensa terpolarisasiTidak disebutkan
Tinted lensYa
PhotochromicTidak disebutkan
5

GREY JACKPolarized Sport Out Door

8581

Mulai dari Rp 399.000,00

Bahan bingkaiAluminium magnesium
Kemampuan filtrasiUV 100%
Lensa terpolarisasiYa
Tinted lensYa
PhotochromicTidak disebutkan
4

Sun SafeKacamata Anti Sinar Biru

Mulai dari Rp 690.000,00

Bahan bingkaiTidak disebutkan
Kemampuan filtrasiUV 90%
Lensa terpolarisasiYa
Tinted lensTidak disebutkan
PhotochromicYa
3

Berry BartonKacamata Segi Enam Frame Anti Radiasi

T2053

Mulai dari Rp 158.000,00

Bahan bingkaiMetal
Kemampuan filtrasiUV 98%
Lensa terpolarisasiYa
Tinted lensTidak disebutkan
PhotochromicYa
2

MomamiKids Zuper Vision Anti-Blue Light Glasses

Mulai dari Rp 299.000,00

Bahan bingkaiAcetate, metal, dan rubber coated
Kemampuan filtrasiUV 100%
Lensa terpolarisasiTidak disebutkan
Tinted lensTidak disebutkan
PhotochromicTidak disebutkan
1

BitzenKacamata Anti Radiasi Photocromic

Mulai dari Rp 129.000,00

Bahan bingkaiMetal
Kemampuan filtrasiUV400
Lensa terpolarisasiYa
Tinted lensTidak disebutkan
PhotochromicYa

Tabel perbandingan produk kacamata anti radiasi terbaik

Gambar produk
1
Bitzen Kacamata Anti Radiasi Photocromic 1

Bitzen

2
Momami Kids Zuper Vision Anti-Blue Light Glasses 1

Momami

3
Berry Barton Kacamata Segi Enam Frame Anti Radiasi 1

Berry Barton

4
Sun Safe Kacamata Anti Sinar Biru 1

Sun Safe

5
GREY JACK Polarized Sport Out Door 1

GREY JACK

6
Shadez Eyewear Kids Sunglasses Designers 1

Shadez Eyewear

7
Hamlin Ells Kacamata Anti Radiasi 1

Hamlin

8
Hamlin Adkins Sunglasses 1

Hamlin

9
Urban State Polarized Plastic Night Square Sunglasses 1

Urban State

10
Urban State Polarized Metal Monocle Round Sunglasses 1

Urban State

Nama produk

Kacamata Anti Radiasi Photocromic

Kids Zuper Vision Anti-Blue Light Glasses

Kacamata Segi Enam Frame Anti Radiasi

Kacamata Anti Sinar Biru

Polarized Sport Out Door

Kids Sunglasses Designers

Ells Kacamata Anti Radiasi

Adkins Sunglasses

Polarized Plastic Night Square Sunglasses

Polarized Metal Monocle Round Sunglasses

Keunggulan

Berikan kesan smart look pada tampilan Anda

Lucu dan nyaman, si kecil pasti betah memakainya

Lensanya unik dan frame-nya banyak pilihan, cocok untuk kado

80% lebih pekat, mata tak akan silau karena cahaya

Dirancang khusus untuk Anda yang menyukai olahraga

Memiliki berbagai varian warna yang disukai anak-anak

Bahan frame-nya ringan dan tidak menimbulkan alergi

Pilihan terbaik untuk dikenakan saat berjemur di pantai

Timeless dan mudah dipadukan dengan beragam outfit

Nosepad-nya pas untuk mayoritas orang Indonesia

Harga mulai dariRp 129.000,00Rp 299.000,00Rp 158.000,00Rp 690.000,00Rp 399.000,00Rp 329.000,00Rp 1.422.600,00Rp 1.337.500,00Rp 498.000,00Rp 498.000,00
Bahan bingkaiMetalAcetate, metal, dan rubber coatedMetalTidak disebutkanAluminium magnesiumTPEECopperAlloyMetalMetal
Kemampuan filtrasiUV400UV 100%UV 98%UV 90%UV 100%Sinar biru: 33%・UVA/UVB: 100%UV 100%UV400UV400UV400
Lensa terpolarisasiYaTidak disebutkanYaYaYaTidak disebutkanTidak disebutkanYaYaYa
Tinted lensTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanYaYaTidak disebutkanYaYaYa
PhotochromicYaTidak disebutkanYaYaTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi kacamata lainnya di sini

Selain kacamata antiradiasi, ada pula kacamata jenis lain yang memiliki fungsi berbeda, seperti kacamata baca hingga olahraga. Apabila Anda penasaran dengan rekomendasi kacamata lainnya, silakan kunjungi tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Kacamata antiradiasi sangat penting untuk melindungi mata Anda dari efek buruk yang ditimbulkan oleh sinar radiasi. Anda juga bisa mencegah efek tersebut dengan mengurangi intensitas bermain gadget dan aktivitas outdoor di siang hari.

Dalam memilih kacamata antiradiasi, Anda harus memperhatikan fungsi atau kegunaannya agar mata Anda dapat terlindungi secara maksimal. Silakan jadikan rekomendasi ini sebagai panduan untuk membeli kacamata antiradiasi. Pastikan mata Anda terlindungi dari sinar radiasi yang berbahaya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain merek Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam. Beberapa di antaranya adalah Anker, Aukey, dan Energea.Kali ini kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih kabel data iPhone. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak ulasannya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sound card adalah perangkat terintegrasi yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi sinyal suara atau audio dan sebaliknya. Bila Anda suka menonton video, main games, atau menikmati musik, Anda mungkin tahu pentingnya sound card.  Sound card yang dimaksud termasuk sound card USB, sound card eksternal, sound card HP, dan sound card PC. Merek sound card seperti V8 dan Behringer mungkin terdengar familier bagi Anda. Nah, untuk mendapatkan produk yang bagus, mari simak rekomendasi sound card terbaik dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer sangat diperlukan ketika ingin mencetak dokumen atau foto di rumah. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga makin mudah karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih printer yang bagus, mulai dari mengulas berbagai jenis printer hingga berbagai fungsinya. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan Brother. Perhatikan juga review printer sebelum membeli agar Anda lebih memahami keunggulan setiap printer, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bermain game di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Xiaomi, LG, dan AOC, memiliki monitor monitor gaming terbaik.Faktor apa yang memengaruhi kualitas monitor? Kali ini kami akan merekomendasikan sepuluh produk gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Wireless Mouse Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Wireless Mouse Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Wireless mouse banyak dipilih karena praktis, gerak Anda tidak terbatasi lagi oleh kabel mouse. Nah, spesifikasi produknya sangat beragam dari segi koneksi, fitur, hingga desain sehingga Anda mungkin bingung memilih produk yang bagus.Karena itu, kami akan mengulas cara memilih wireless mouse terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk wireless mouse dari merek populer seperti Logitech dan ROBOT, baik untuk bekerja maupun gaming, Tak hanya itu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Sudah tidak sabar memilihnya? Yuk, dimulai saja pembahasannya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Tinta Printer Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tinta Printer Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Printer merupakan perangkat yang penting untuk mencetak dokumen atau gambar. Kualitas gambar maupun dokumen yang dihasilkan printer dipengaruhi oleh tintanya. Tinta yang bagus akan meningkatkan kualitas hasil cetakan, menjaga daya tahan, dan performa printer.Berbagai merek tinta printer, seperti tinta untuk printer Canon MP287, Epson L3110, dan Brother DCP-T310 banyak dijual di pasaran. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih tinta printer yang bagus dan merekomendasikan beberapa merek tinta terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Jadi, simak artikelnya dan temukan produk terbaik di artikel ini.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Trackball Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Trackball Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Trackball mouse adalah mouse yang menggunakan fitur bola untuk memindahkan kursor pada layar komputer. Logitech, Kensington dan Elecom membuat trackball mouse dengan berbagai fungsi dan desain. Mungkin awalnya belum terbiasa menggunakan trackball mouse, namun setelah terbiasa pasti akan lebih nyaman menggunakannya daripada mouse biasa.Banyak sekali trackball mouse yang beredar di pasaran dengan bentuk dan penggunaan yang bervariasi. Bagaimana sih cara memilih trackball mouse? Pasti Anda bertanya-tanya bukan? Artikel berikut ini akan memaparkan cara memilih trackball mouse yang bisa Anda pakai sehari-hari. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori