• 10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)  1
  • 10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)  2
  • 10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)  3
  • 10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)  4
  • 10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)  5

10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)

Anak-anak bisa lebih sering mengalami pilek. Pilek biasanya menjadi alasan utama anak berobat ke dokter atau tidak masuk sekolah. Sebagai orang tua, penting sekali bagi Anda mengenali pilihan obat pilek untuk anak.


Di pasaran tersedia berbagai merek obat pilek, antara lain Rhinos Junior, Proris, serta Purekids. Supaya memudahkan Anda memilih obat pilek untuk anak, berikut ini kami berikan tips memilihnya. Simak sampai akhir karena kami juga akan memberikan rekomendasi obat pilek yang dapat Anda pilih. Selain itu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Agustinus Purba
  • Pembaharuan terakhir: 29 Agustus 2021
  • 76.562 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis THT-KL, dr. Agustinus HW Purba, M.Ked. (ORL-HNS), Sp.THT-KL

Profil pakar: Dokter spesialis THT-KL, dr. Agustinus HW Purba, M.Ked. (ORL-HNS), Sp.THT-KL

dr. Agustinus adalah dokter spesialis telinga hidung tenggorok kepala leher lulusan Universitas Sumatera Utara tahun 2018. Beliau berpengalaman menangani sinusitis, rinitis alergi, polip hidung, tonsilitis, snoring, serumen prop, dan sebagainya.


Saat ini beliau berpraktik pribadi di THT BEATRIX Medan dan RS Siloam Dhirga Surya Medan. Beliau memiliki prestasi sebagai runner-up Photo Competition International Sound Hearing 2019 Bali. Beliau juga menjadi juara tiga di Video Tiktok Competition Kongres Nasional PERHATI-KL 2020.

Mengenali tanda-tanda pilek pada anak

Mengenali tanda-tanda pilek pada anak

Pilek merupakan kondisi yang sangat umum terjadi pada setiap orang, terlebih pada anak-anak. Selain itu, gejalanya sangat mirip dengan flu sehingga sulit sekali dibedakan. Lalu, sebenarnya apa saja tanda-tanda jika anak sedang mengalami pilek?


Jika dibandingkan dengan flu, gejala pilek biasanya cenderung lebih ringan. Saat pilek, anak umumnya mengalami hidung meler atau tersumbat, bersin-bersin, serta nyeri tenggorokan. Gejala tersebut juga kerap muncul pada flu, tetapi disertai demam, nyeri badan, sakit kepala, dan kelelahan. 


Meskipun demikian, demam dan sakit kepala juga dapat muncul pada kasus pilek walaupun kondisi ini terbilang jarang. Di samping itu, pilek lazimnya tidak berujung pada masalah kesehatan yang serius. Sebaliknya, flu dapat berakhir menjadi masalah medis yang serius, seperti infeksi bakteri, pneumonia, atau komplikasi lainnya.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Anak yang mengalami pilek akan tampak dari hal-hal berikut

  • sering menyentuh hidung;
  • berusaha menarik ingus pada hidung; atau
  • lendir yang keluar dari hidung berwarna putih bening, kuning, hingga hijau.

Pilek pada anak sering diikuti dengan batuk, bersin, hingga demam. Tidak semua tanda ini harus ada, bisa satu atau beberapa tanda muncul bersamaan. Keluhan yang terjadi tergantung banyak atau sedikitnya virus/bakteri, kuat atau lemahnya virus/bakteri, serta daya tahan tubuh anak.


Pada masa pandemi, pilek akibat virus Covid-19 dan pilek biasa hampir mirip dari segi keluhan yang dirasakan anak. Satu-satunya cara untuk membedakannya adalah dengan PCR swab orofaring dan nasofaring. Sensitivitasnya 97–100% jauh lebih baik dan sensitif dibandingkan swab antigen yang hanya 90% sensitifitasnya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih obat pilek untuk anak

Jika Anda melihat si kecil bersin-bersin atau mengalami hidung tersumbat, kemungkinan besar anak mengalami pilek. Saatnya Anda mencarikan obat pilek yang tepat untuk anak dengan mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini. 

Perhatikan usia anak sebelum memberikan obat pilek

Perhatikan usia anak sebelum memberikan obat pilek

Seperti halnya flu, pilek juga disebabkan oleh virus sehingga tidak dapat diatasi oleh antibiotik. Sistem pertahanan alami tubuh anak akan mengatasi virus penyebab pilek dalam waktu satu atau dua minggu. Lalu, bagaimana dengan gejala pilek?


Gejala pilek dapat diringankan oleh obat pilek. Namun, obat tersebut baru boleh diberikan kepada anak yang berusia minimal dua tahun. Hal ini berdasarkan rekomendasi dari Food and Drug Administration (FDA). 


Meskipun demikian, beberapa jenis obat juga baru bisa diberikan kepada anak di atas usia enam tahun. Jadi, Anda perlu membaca informasi obat dengan saksama agar tahu usia yang diperbolehkan untuk mengonsumsi obat tersebut.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Kandungan zat dalam obat pilek bisa berbeda-beda. Umumnya obat pilek anak mengandung zat-zat berikut

  • kombinasi antihistamine untuk mengurangi bersin dan rasa gatal;
  • paracetamol atau anti-inflamasi lain untuk demam dan peradangan ringan;
  • zat untuk batuk yang dapat mengeluarkan dahak ataupun menekan batuk; dan
  • pseudoefedrin untuk melapangkan hidung yang tersumbat.

Obat yang mengandung pseudoefedrin dan antihistamin sebaiknya tidak diberikan pada anak usia masih bayi. Namun, pada beberapa kondisi pilek dan pertimbangan dokter, obat ini dapat diberikan pada bayi dan diawasi oleh dokter.


Penting untuk memperhatikan kandungan obat serta usia pemberian. Dosis yang sesuai dengan usia dan berat badan juga penting agar penyembuhan dan pemulihannya cepat. Selain itu, risiko terjadinya efek samping akibat pemberian obat juga menurunkan.

Waspada efek samping yang mungkin timbul

Waspada efek samping yang mungkin timbul

Seperti yang telah diketahui, obat pilek tidak dapat menghilangkan penyebab penyakit, tetapi dapat meringankan gejalanya. Jadi, virus penyebab pilek tetap ada di dalam tubuh anak sampai sistem imun berhasil mengatasinya. Namun, gejala-gejala yang membuat anak tidak nyaman dapat diringankan oleh obat pilek. 


Karena itu, penting sekali untuk memastikan obat pilihan Anda tidak menimbulkan banyak efek samping. Anda tentu tidak ingin obat yang hanya meringankan gejala pilek malah memberikan dampak lain yang tidak diharapkan. Untuk itu, bacalah label informasi terkait efek sampingnya sehingga Anda bisa lebih waspada. 

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Obat pilek untuk anak mengandung kombinasi beberapa zat aktif. Kemungkinan efek samping yang dapat terjadi adalah anak akan mengantuk pagi dan siang hari, terutama pada obat yang mengandung antihistamine.


Pada obat yang mengandung paracetamol atau antiradang, pemberian dosis terlalu tinggi dapat menyebabkan hal-hal berikut

  • anak merasa badan dingin;
  • suhu tubuh terlalu rendah (hipotermia);
  • lemas, dan
  • efek samping terhadap lambung, yaitu mual muntah nyeri di hulu hati dan perut.

Sesuaikan kandungan obat dengan gejala yang muncul

Bahan aktif di dalam obat pilek ditujukan untuk mengatasi gejala pilek seperti hidung tersumbat atau bersin-bersin. Beberapa obat ada juga yang mengandung penurun panas untuk menangani pilek yang disertai demam. Mari kenali masing-masing bahan aktif tersebut dan pilih yang dapat meringankan gejala pilek anak Anda!

Dekongestan, meredakan hidung tersumbat

Dekongestan, meredakan hidung tersumbat

Hidung tersumbat terjadi karena lapisan hidung bagian dalam membengkak dan tersumbat oleh lendir. Kondisi tersebut dapat diredakan oleh dekongestan yaitu bahan aktif untuk mengecilkan jaringan yang membengkak.


Dengan kata lain, bila anak mengalami pilek dengan gejala hidung tersumbat, pilihlah obat pilek yang mengandung dekongestan. Contoh bahan aktif yang berperan sebagai dekongestan adalah pseudoephedrine HCl.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Obat yang mengandung pseudoephedrine berisiko menyebabkan jantung berdebar-debar. Pasien akan merasa gelisah akibat jantung yang berdebar tersebut. Di balik efek sampingnya, obat ini cepat bereaksi untuk meredakan rasa hidung tersumbat. Namun, dosis dan durasi pemakaiannya sebaiknya diawasi oleh dokter spesialis anak atau dokter spesialis THT.

Antipiretik, untuk pilek yang disertai demam

Antipiretik, untuk pilek yang disertai demam

Meski jarang terjadi, pilek dapat disertai juga dengan demam. Pada kasus demikian, Anda mungkin perlu memberikan obat pilek yang mengandung antipiretik atau pereda demam. Paracetamol dan ibuprofen merupakan bahan antipiretik yang umum dalam obat pilek. Namun, jika buah hati Anda menunjukkan gejala pilek yang disertai demam lebih dari tiga hari, sebaiknya Anda memanggil dokter untuk menanganinya. 

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Antipiretik adalah obat yang mengandung anti-inflamasi atau antiradang, misalnya paracetamol atau ibuprofen. Zat ini bekerja menurunkan suhu tubuh pada kasus anak demam. Zat ini juga bekerja sebagai antiradang ringan sehingga menyebabkan badan terasa lebih nyaman atau rasa pegal dan sakit berkurang.

Antihistamine, mengatasi meler dan bersin-bersin

Antihistamine, mengatasi meler dan bersin-bersin

Saat virus penyebab pilek menyerang sel-sel hidung, tubuh akan mengeluarkan mediator radang seperti histamine. Bila mediator radang dikeluarkan, pembuluh darah akan membesar dan kelenjar lendir memproduksi cairan. Kondisi ini memicu iritasi yang menyebabkan hidung meler dan bersin-bersin. 


Karena itu, pemberian obat pilek yang mengandung antihistamine dapat meringankan gejala hidung meler ataupun bersin-bersin. Antihistamine yang umum terdapat dalam obat pilek anak adalah diphenhydramine, cetirizine, serta chlorpheniramine maleate.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Obat antihistamine bekerja menangkap reseptor histamine yang ada di darah. Histamine adalah penyebab rasa gatal dan bersin-bersin. Pada kasus pilek akibat rinitis alergi, pemberian antihistamine akan sangat membantu mengurangi keluhan meler, bersin-bersin, dan hidung gatal. Pilek akibat rinitis alergi yaitu pilek yang muncul bila bertemu debu, dingin, asap, dan hujan.


Obat antihistamine sebaiknya tidak diberikan sembarangan mengingat efek sampingnya menyebabkan rasa kantuk yang sulit dilawan. Apabila digunakan saat jam sekolah, anak bisa tertidur saat jam pelajaran.

10 Rekomendasi obat pilek untuk anak

Kami telah menjelaskan beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam memilih obat pilek untuk anak. Berikutnya, kami akan memberikan rekomendasi obat pilek yang dapat Anda berikan kepada si kecil. Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Agustinus Purba.

Gratia Husada Farma Hufagripp Flu & Batuk

Mulai dari Rp 18.500,00

Usia2–12 tahun
Bahan aktif Paracetamol, pseudoephedrine HCl, chlorphenamine maleate, glyceryl guaiafenesin
FungsiMeringankan demam, sakit kepala, hidung tersumbat, bersin, serta batuk berdahak
Efek sampingMengantuk, gangguan pencernaan, gelisah, sulit tidur, tremor, denyut jantung tidak beraturan, jantung berdebar, mulut kering, susah buang air kecil
Jenis obatCair
Isi60 ml
Usia1–12 tahun
Bahan aktif Ibuprofen
FungsiMeredakan demam serta nyeri akibat peradangan
Efek sampingReaksi alergi
Jenis obatCair
Isi60 ml

GlaxoSmithKline (GSK)Triaminic Batuk & Pilek

Mulai dari Rp 65.000,00

Usia6 tahun ke atas
Bahan aktif Pseudoephedrine HCl, dextrometorphan HBr
FungsiMeredakan hidung tersumbat yang disertai batuk kering
Efek sampingPusing, gangguan pencernaan, mengantuk, mual, muntah, gangguan denyut jantung, susah buang air kecil, mulut kering, tremor
Jenis obatCair
Isi60 ml

Tempo Scan Pacific Bodrexin Pilek Alergi PE

Mulai dari Rp 9.500,00

Usia2–12 tahun
Bahan aktif Phenylephrine, chlorpheniramine maleate
FungsiMeringankan gejala alergi dan bersin-bersin, melegakan hidung tersumbat
Efek sampingGangguan pencernaan, mengantuk, mulut kering, gangguan irama jantung, jantung berdebar, gemetar, pusing, sakit kepala, susah buang air kecil
Jenis obatCair
Isi56 ml
Usia2 tahun ke atas
Bahan aktif Pseudoephedrine HCl, chlorpheniramine maleate
FungsiMengatasi bersin dan hidung tersumbat karena pilek
Efek sampingMulut, hidung, dan tenggorokan kering
Jenis obatCair
Isi60 ml
Usia2–5 tahun
Bahan aktif Pseudoephedrine HCl
FungsiMengatasi hidung tersumbat akibat pilek
Efek sampingInsomnia, sakit kepala, jantung berdebar, gangguan irama jantung, susah buang air kecil
Jenis obatCair
Isi10 ml
Usia2 tahun ke atas
Bahan aktif Pseudoephedrine HCl, chlorpheniramine maleate
FungsiMeringankan bersin-bersin dan hidung tersumbat karena pilek
Efek sampingMengantuk, gangguan denyut jantung, susah buang air kecil, mulut kering
Jenis obatCair
Isi60 ml

Herbal Indo Utama Madu Syifa Honey Fluba

Mulai dari Rp 30.000,00

Usia6 bulan ke atas
Bahan aktif Madu murni, zaitun, Nigella sativa, dan lainnya
FungsiMengencerkan dahak, meningkatkan sistem imun, mengatasi flu, batuk, pilek sakit kepala, dan demam
Efek sampingTidak ada
Jenis obatCair
Isi100 ml
Usia2 tahun ke atas
Bahan aktif Pseudoephedrine HCl, chlorpheniramine maleate
FungsiMeringankan bersin dan hidung tersumbat karena pilek
Efek sampingSakit kepala, tremor, jantung berdebar, denyut jantung terganggu, susah buang air kecil, gangguan pencernaan, mengantuk, mulut kering
Jenis obatCair
Isi60 ml

Novell Pharmaceutical LaboratoriesPurekids Inhalant Decongestant Oil

Mulai dari Rp 42.900,00

Usia3 bulan ke atas
Bahan aktif Eucalyptus oil, cajuput oil, clove oil, dan lainnya
FungsiMelegakan hidung tersumbat
Efek sampingTidak ada
Jenis obatCair
Isi10 ml

Tabel perbandingan produk obat pilek untuk anak

Gambar produk
Novell Pharmaceutical Laboratories Purekids Inhalant Decongestant Oil  1

Novell Pharmaceutical Laboratories

Dexa Medica Rhinos Junior  1

Dexa Medica

Herbal Indo Utama  Madu Syifa Honey Fluba 1

Herbal Indo Utama

Gratia Husada Farma  Hufagripp Pilek  1

Gratia Husada Farma

Dexa Medica Rhinos Neo  1

Dexa Medica

GlaxoSmithKline (GSK) Triaminic Pilek  1

GlaxoSmithKline (GSK)

Tempo Scan Pacific  Bodrexin Pilek Alergi PE  1

Tempo Scan Pacific

GlaxoSmithKline (GSK) Triaminic Batuk & Pilek  1

GlaxoSmithKline (GSK)

Pharos Indonesia  Proris Suspensi  1

Pharos Indonesia

Gratia Husada Farma  Hufagripp Flu & Batuk  1

Gratia Husada Farma

Nama produk

Purekids Inhalant Decongestant Oil

Rhinos Junior

Madu Syifa Honey Fluba

Hufagripp Pilek

Rhinos Neo

Triaminic Pilek

Bodrexin Pilek Alergi PE

Triaminic Batuk & Pilek

Proris Suspensi

Hufagripp Flu & Batuk

Keunggulan

Pilihan aman redakan hidung tersumbat untuk bayi

Efektif meredakan bersin dan hidung tersumbat akibat pilek

Pulihkan si kecil dari pilek berkat kebaikan bahan alami

Dengan rasa strawberry, minum obat menjadi lebih menyenangkan

Bebaskan si kecil dari hidung tersumbat

Obat pilek andalan seluruh keluarga

Buah hati tetap tidur nyenyak meskipun pilek menyerang

Ampuh meredakan hidung tersumbat sekaligus batuk kering

Kombinasi tambahan untuk demam dan sakit kepala yang menyertai pilek

Mengatasi pilek yang disertai dengan demam dan batuk

Harga mulai dariRp 42.900,00Rp 44.000,00Rp 30.000,00Rp 17.500,00Rp 58.600,00Rp 65.000,00Rp 9.500,00Rp 65.000,00Rp 27.900,00Rp 18.500,00
Usia3 bulan ke atas 2 tahun ke atas 6 bulan ke atas 2 tahun ke atas 2–5 tahun2 tahun ke atas 2–12 tahun 6 tahun ke atas 1–12 tahun 2–12 tahun
Bahan aktif Eucalyptus oil, cajuput oil, clove oil, dan lainnya Pseudoephedrine HCl, chlorpheniramine maleateMadu murni, zaitun, Nigella sativa, dan lainnya Pseudoephedrine HCl, chlorpheniramine maleatePseudoephedrine HClPseudoephedrine HCl, chlorpheniramine maleatePhenylephrine, chlorpheniramine maleatePseudoephedrine HCl, dextrometorphan HBrIbuprofen Paracetamol, pseudoephedrine HCl, chlorphenamine maleate, glyceryl guaiafenesin
FungsiMelegakan hidung tersumbatMeringankan bersin dan hidung tersumbat karena pilek Mengencerkan dahak, meningkatkan sistem imun, mengatasi flu, batuk, pilek sakit kepala, dan demamMeringankan bersin-bersin dan hidung tersumbat karena pilek Mengatasi hidung tersumbat akibat pilek Mengatasi bersin dan hidung tersumbat karena pilek Meringankan gejala alergi dan bersin-bersin, melegakan hidung tersumbatMeredakan hidung tersumbat yang disertai batuk keringMeredakan demam serta nyeri akibat peradangan Meringankan demam, sakit kepala, hidung tersumbat, bersin, serta batuk berdahak
Efek sampingTidak ada Sakit kepala, tremor, jantung berdebar, denyut jantung terganggu, susah buang air kecil, gangguan pencernaan, mengantuk, mulut keringTidak ada Mengantuk, gangguan denyut jantung, susah buang air kecil, mulut keringInsomnia, sakit kepala, jantung berdebar, gangguan irama jantung, susah buang air kecil Mulut, hidung, dan tenggorokan kering Gangguan pencernaan, mengantuk, mulut kering, gangguan irama jantung, jantung berdebar, gemetar, pusing, sakit kepala, susah buang air kecilPusing, gangguan pencernaan, mengantuk, mual, muntah, gangguan denyut jantung, susah buang air kecil, mulut kering, tremorReaksi alergiMengantuk, gangguan pencernaan, gelisah, sulit tidur, tremor, denyut jantung tidak beraturan, jantung berdebar, mulut kering, susah buang air kecil
Jenis obatCair Cair Cair Cair Cair Cair CairCairCairCair
Isi10 ml 60 ml100 ml 60 ml 10 ml 60 ml 56 ml60 ml 60 ml 60 ml
Tautan produk

Cara terbaik mencegah pilek pada anak

Cara terbaik mencegah pilek pada anak

Pemberian obat yang tepat memang penting, tetapi upaya preventif pun tidak kalah penting. Inilah saatnya untuk membicarakan upaya pencegahan pilek pada anak yang dapat Anda lakukan. 


Upaya pencegahan yang utama adalah menjaga kebersihan. Ajari anak Anda untuk mencuci tangan dengan benar dan sesering mungkin. Apabila tidak ada sabun dan air mengalir, pastikan anak Anda dibekali dengan hand sanitizer. Selain itu, mainan dan berbagai permukaan benda di rumah pun harus terjaga kebersihannya. 


Anak Anda dapat terinfeksi virus penyebab pilek karena menyentuh wajah atau mata dengan tangan yang terkontaminasi virus. Itulah sebabnya, Anda perlu mengajari si kecil untuk tidak menyentuh wajahnya sembarangan. Terakhir, ingatkan anak Anda supaya menjaga jarak dengan orang yang sedang terserang pilek. 

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Pilek adalah gejala akibat suatu penyakit. Pilek bisa disebabkan oleh

  • infeksi sinusitis akibat virus ataupun bakteri;
  • rinitis alergi atau hidung sensitif;
  • infeksi virus Covid-19;
  • udara berdebu atau berpolusi; atau
  • asam lambung yang naik ke saluran hidung.

Arah pengobatan pilek berbeda tergantung penyebabnya. Utamakan pemeriksaan oleh dokter untuk mencari penyebabnya agar pengobatan dapat maksimal, penyembuhan optimal, dan mencegah risiko kambuh di kemudian hari. Hidung memiliki pertahanan yang dapat dijaga dengan mencuci hidung (irigasi nasal) dengan larutan garam fisiologis, nasal saline, atau NaCl 0,9%.

Baca juga rekomendasi produk kesehatan lainnya untuk anak di sini

Anda mungkin membutuhkan berbagai produk, seperti suplemen, obat, hingga susu demi menjaga kesehatan si buah hati. Nah, Anda dapat memeriksa beberapa rekomendasi produk yang berperan dalam menjaga kesehatan anak pada tautan berikut ini. 

Kesimpulan

Dalam pemilihan obat pilek untuk anak, pastikan Anda memeriksa kesesuaian usia dan efek samping yang mungkin ditimbulkan. Tidak lupa, bahan aktif di dalam obat juga perlu disesuaikan dengan gejala yang dialami oleh anak.


Tips memilih dan rekomendasi produk di atas dapat Anda jadikan rujukan saat mencari obat pilek untuk anak. Semoga Anda terbantu dan lebih mudah menemukan obat pilek yang sesuai untuk buah hati kesayangan. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot (Terbaru Tahun 2021)
    Nyeri otot dan sendi, pegal linu, serta otot kaku merupakan kondisi umum yang bisa menyerang seluruh bagian tubuh. Pada umumnya, kondisi ini bisa diobati dengan terapi atau dengan obat pegal linu di apotik. Namun, apakah Anda tahu cara memilih obat penghilang nyeri otot yang tepat?Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Counterpain, Panadol, dan Salonpas. Temukan juga tips tambahan dari dokter spesialis kedokteran dan olahraga, dr. Andhika Raspati. Baca juga cara memilih obat pereda nyeri otot yang sesuai dengan kondisi Anda. Silakan disimak!
    Obat-obatan
    264.735 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2021)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Produk-produk dari merk ternama, seperti Insto, Rohto, serta Visine pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
    157.443 Views
  • 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit merupakan pelindung tubuh dari lingkungan sekitar sehingga rentan mengalami luka. Bila Anda menjalani operasi, proses operasi juga biasanya meninggalkan luka di kulit. Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka. Langkah paling sederhana adalah dengan menggunakan salep penghilang bekas luka.Salep penghilang bekas luka memiliki berbagai bahan aktif untuk membuat kulit kembali mulus. Dalam artikel ini, kami akan mengulas tips memilih salep dengan bahan yang pas untuk Anda, serta memberi rekomendasi produk pilihan. Berbagai produk, seperti merk Dermatix, Mederma, dan Laderma, ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Obat-obatan
    98.176 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Kering (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Kering (Terbaru Tahun 2021)
    Di zaman serba digital seperti sekarang, manusia sangat bergantung pada penggunaan gadget, misalnya smartphone dan laptop. Belum lagi penggunaan lensa kontak juga semakin populer. Ketergantungan pada gadget dan lensa kontak dapat memengaruhi kesehatan mata, salah satunya adalah mata kering.Cara mengatasi kondisi tersebut adalah Anda perlu menggunakan obat tetes mata. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih obat tetes mata untuk mengatasi mata kering. Beberapa produk terkenal dari berbagai merk, seperti Insto, Rohto, dan Cendo Lyteers akan kami rekomendasikan untuk Anda. Yuk, simak selengkapnya!
    Obat-obatan
    118.130 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Diare (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Diare (Terbaru Tahun 2021)
    Ada berbagai jenis gejala diare yang umum dialami orang, seperti mencret, mual, dan sakit perut. Obat diare biasanya ampuh mengatasi gejala-gejala tersebut. Untungnya, kini Anda bisa mendapatkan obat diare di warung ataupun di apotik. Agar tidak salah pilih, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih obat diare terbaik untuk dewasa dan anak.Produk-produk dari sejumlah merk terkenal, seperti Norit, Diatabs, Entrostop, dan Diapet juga akan kami rekomendasikan. Tidak lupa, temukan juga tips tambahan dari dokter umum, Annisa, di artikel ini. Pastikan Anda menyimaknya karena informasi ini akan berguna untuk Anda!
    Obat-obatan
    209.658 Views
  • 10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    Selain membuat tidak nyaman, kotoran telinga yang menumpuk juga berisiko memicu terjadinya infeksi. Karena itu, telinga perlu dibersihkan secara rutin, salah satunya memakai cairan pembersih telinga. Anda perlu memilih produk yang aman supaya tidak muncul komplikasi akibat pembersihan yang keliru.Di antara merek cairan pembersih telinga, seperti Forumen, Vital Ear Oil, serta Santadex, manakah yang sebaiknya dipilih? Untuk memudahkan Anda menemukan cairan pembersih telinga yang bagus, kami telah menyiapkan tips memilih dan rekomendasi produknya. Kami berkolaborasi dengan dokter spesialis THT-KL, dr. Agustinus Purba, dalam penulisan artikel ini.  Selamat menyimak!
    Obat-obatan
    8.950 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori