1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Makanan kecil & snack
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Camilan Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Camilan Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Camilan Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Camilan Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Camilan Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Camilan Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Camilan Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Snack jamur crispy selalu menggoda untuk dinikmati. Rasanya kita selalu ingin menstok keripik jamur, camilan jamur tiram, dan berbagai olahan jamur lainnya di meja makan. Terlebih lagi, jamur juga menawarkan berbagai kebaikan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.


Dalam kesempatan ini, kami akan membahas tuntas cara memilih serta merekomendasikan berbagai jajanan jamur terbaik. Camilan jamur enoki, jamur kancing, bahkan jamur kekinian ada dalam artikel ini. Semuanya lezat dan sangat membangkitkan selera. Silakan simak artikel ini hingga tuntas!

Diperbaharui 04-26-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Camilan jamur, lezat dan kaya nutrisi

Camilan jamur, lezat dan kaya nutrisi

Jamur tidak hanya menawarkan rasa yang sedap dan bikin ketagihan, tetapi nutrisinya pun melimpah, lho! Kaya akan makrofag, jamur tiram siap meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Sementara itu, jamur kancing adalah pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan usus sekaligus mengatur kadar gula darah. 


Di sisi lain, peningkatan performa otak dan konsentrasi bisa Anda rasa dengan mengonsumsi jamur shiitake. Selain itu, jamur kuping adalah pilihan cerdas untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan serat harian Anda. Untuk Anda yang jarang makan sayur, jamur kuping tentu bisa menjadi solusi cerdas.


Tidak cukup sampai di situ, jamur enoki dapat memperlancar pencernaan sekaligus membantu memenuhi asupan mineral. Menariknya lagi, jamur shimeji pun dapat menutrisi tubuh dengan kandungan vitamin B-nya.


Meski begitu, Anda sebaiknya tidak mengandalkan camilan jamur sebagai sumber nutrisi utama. Tergantung cara pengolahannya, bisa jadi manfaat kesehatan yang Anda rasakan tidak terlalu optimal. 


Selain itu, Anda juga sebaiknya memeriksa apakah produknya mengandung berbagai zat aditif, misalnya, pengawet, pewarna, atau perisa sintetis. Terlalu banyak mengonsumsi zat tersebut bisa-bisa malah menimbulkan dampak yang kurang baik terhadap kesehatan Anda.


Oleh karena itu, sangat bijak bila Anda mengonsumsi camilan jamur secukupnya. Selain itu, pastikan juga agar Anda tetap mengonsumsi makanan lain dengan nutrisi seimbang, misalnya buah dan sayur-sayuran.

Cara memilih camilan jamur

Menentukan camilan jamur yang paling tepat untuk disantap tidaklah sulit. Anda bisa menjadikan beberapa poin berikut sebagai acuan.

① Kenali jenis jamur yang digunakan

Kenali jenis jamur yang digunakan

Ada beragam jenis jamur yang diolah oleh para produsen untuk menghasilkan camilan jamur lezat. Tergantung tekstur dan jenis jamur yang digunakan, cita rasa tiap camilan jamur bisa sangat berbeda.


Jamur enoki berbentuk seperti serabut dan mudah dipisah-pisah. Saat digoreng, tekstur jamur tersebut terasa mirip dengan bihun, hanya saja sedikit lebih berserat. Jika digoreng cukup lama, jamur enoki bisa kering hingga ke dalam dan menjadi sangat renyah.


Sementara itu, ada juga jamur yang tebal, seperti jamur shiitake, kancing, dan shimeji. Jamur-jamur ini terasa kenyal dan padat saat Anda kunyah dalam mulut. Ada juga camilan yang dibuat dari jamur tiram dan jamur kuping. Keduanya memiliki bentuk tipis dan melebar. Bentuk tersebut membuat kedua jenis jamur ini crispy di luar, tetapi lembut dan kenyal di bagian dalam. Terbayang lezatnya, kan?

② Pilih yang rasanya Anda suka

Pilih yang rasanya Anda suka

Mengikuti selera pasar, produsen camilan jamur juga terus berinovasi dalam memberikan cita rasa camilan jamur yang sedap dan berkesan. Camilan jamur dengan rasa orisinal khas jamur tentu akan Anda temukan dan tetap bisa dinikmati. 


Meski begitu, Anda juga akan menemukan produk yang ditambahkan rasa-rasa baru. Sebagai contoh, produk dengan rasa barbeque, pizza, ayam bakar, keju, dan sebagainya akan Anda temukan. Bahkan, camilan jamur yang sangat pedas pun tersedia di pasaran untuk menggoyang lidah Anda.


Pastikan saja rasa yang Anda pilih memang Anda suka, atau setidaknya memang ingin Anda coba. Dengan begitu, Anda bisa dengan senang hati memakannya. Bila Anda malah membeli produk yang rasanya tidak terlalu disukai, camilan tersebut bisa-bisa malah tidak termakan, mubazir, bukan?

③ Periksa berat bersihnya

Periksa berat bersihnya

Berat bersih camilan jamur juga jangan sampai luput dari perhatian Anda. Produk dengan berat bersih besar akan memberi Anda camilan jamur lebih banyak, dan begitu pun sebaliknya.


Untuk dikonsumsi ramai-ramai, atau dimakan dalam waktu lama, produk yang isinya banyak adalah pilihan tepat. Sementara itu, produk yang berukuran kecil bisa dipilih bila Anda baru mencoba rasanya, atau ingin mengontrol jumlah konsumsi camilan.


Meski begitu, makin banyak camilan jamur yang ditawarkan, makin besar pula kemasannya. Jadi, pertimbangkan juga hal ini, ya!

④ Perhatikan kemasan yang digunakan

Perhatikan kemasan yang digunakan

Anda akan menemukan camilan jamur yang dikemas menggunakan kemasan pouch. Produk seperti ini adalah pilihan terbaik untuk Anda yang mengutamakan kemudahan membawa atau menyimpan camilan jamur.


Hal ini bukan tanpa alasan, kemasan pouch sangat ramping dan dapat dikempiskan. Anda pun bisa melipat bagian yang tidak berisi agar kemasannya menjadi makin kecil dan tidak makan tempat. Hal tersebut membuat camilan jamur makin mudah Anda simpan, misalnya dalam lemari, atau di tas.


Sementara itu, Anda yang mengutamakan estetika, terlebih ketika menyajikan camilan untuk tamu, sangat tepat memilih produk dengan kemasan stoples. Produk berstoples terlihat lebih sopan sehingga bisa langsung disuguhkan untuk tamu. Tidak hanya praktis dihidangkan, adanya stoples juga membuat Anda tidak perlu keluar dana untuk membeli wadah camilan.

⑤ Cek tanggal kedaluwarsanya

Cek tanggal kedaluwarsanya

Tidak semua camilan yang Anda beli langsung dimakan habis pada hari yang sama, bukan? Ada kalanya Anda ingin menyimpannya agar bisa dimakan di kemudian hari, misalnya saat bekerja atau istirahat.


Mempertimbangkan hal tersebut, sangat baik bila Anda mengecek dahulu tanggal kedaluwarsa camilan jamur sebelum membelinya. Anda bisa memastikan hal tersebut dengan cara menanyakannya langsung pada seller di toko online


Selain itu, dengan mengecek tanggal kedaluwarsa, Anda juga memperoleh kepastian bahwa camilan tersebut ada dalam kondisi terbaik. Tidak hanya terkait rasa, kesehatan Anda pun dapat terpengaruh bila mengonsumsi barang yang sudah lewat tanggal kedaluwarsanya.

10 Rekomendasi camilan jamur terbaik

Ada sepuluh camilan jamur terbaik dalam daftar rekomendasi di bawah ini. Semuanya nikmat dan siap membuat lidah Anda bergoyang!
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Cabrini

Healthy Snacks Shiitake

Cabrini Healthy Snacks Shiitake 1枚目

Berikan lezatnya jamur shiitake tanpa MSG

2

Crispy Salad

Mushroom

Crispy Salad Mushroom 1枚目

Nutrisi optimal berkat teknologi temperatur rendah

3

Evyna

Mushroom Crispy

Evyna Mushroom Crispy 1枚目

Dikemas dalam PET can, minim kolesterol pula!

4

Jamoru

Jamorchipsy Premium Original

Jamoru Jamorchipsy Premium Original 1枚目

Tahan hingga 9 bulan tanpa pengawet

5

Gyumbox

Kriux Bony Crisp

Gyumbox Kriux Bony Crisp 1枚目

Beri Anda sepuluh porsi enoki garing

6

Amura

Jamur Tiram Crispy

Amura Jamur Tiram Crispy 1枚目

Renyah dan enak tanpa minyak

7

Sangarrr Snack

JANGARRR (Jamur Sangarrr)

Sangarrr Snack JANGARRR (Jamur Sangarrr) 1枚目

Rasa pedasnya nikmat dan membakar lidah!

8

Agripina

Keripik Jamur Kancing Cendawan Mas

Agripina Keripik Jamur Kancing Cendawan Mas 1枚目

Hadirkan camilan jamur kancing lezat khas Dieng

9

Jejamuran

Wood Ear

Jejamuran Wood Ear 1枚目

Ekonomis dan isinya banyak!

10

Saptuari

Jalu Jamur Lunas

Saptuari Jalu Jamur Lunas 1枚目

Minyak gorengnya mengandung antioksidan, lho!

Perincian produk
Close
No.1

CabriniHealthy Snacks Shiitake

Mulai dari Rp70.000,00

Berikan lezatnya jamur shiitake tanpa MSG

Untuk menikmati cita rasa asli jamur shiitake sembari mengurangi konsumsi MSG, produk ini wajib Anda pilih. Dibuat dari baby shiitake mushroom, produk ini terasa begitu padat dan gurih saat Anda konsumsi.


Hanya diberikan tambahan rasa asin menggunakan garam, Anda pun bisa merasakan cita rasa orisinal jamur shiitake. Terlebih lagi, produk ini juga dibuat tanpa melibatkan MSG. Anda yang ingin menghindari vetsin pun bisa memakan camilan jamur ini tanpa rasa bersalah.

No.2

Nutrisi optimal berkat teknologi temperatur rendah

Dikenal sebagai salah satu sumber rasa umami alami, camilan jamur shimeji ini dapat membuat lidah berdecak. Selain itu, karena dibuat menggunakan garam pink Himalaya, kandungan mineral pada produk ini pun makin komplet.


Tidak cukup sampai di situ, jamur shimeji dalam produk ini diolah dengan teknologi temperatur rendah. Hasilnya, camilan jamur ini terasa begitu renyah tanpa mengorbankan nutrisinya. Produk ini adalah pilihan terbaik untuk memperoleh segala kebaikan jamur shimeji dengan cara yang menyenangkan!

No.3

Dikemas dalam PET can, minim kolesterol pula!

Untuk menyajikan camilan jamur tiram rendah kolesterol dengan cara yang praktis, produk ini patut diperhitungkan. Dikemas dalam PET can, Anda bisa langsung menyajikan produk ini tanpa perlu memindahkannya ke wadah lain.


Menariknya lagi, teknologi vacuum fried menjadikan produk ini sangat minim kolesterol. Hal tersebut membuatnya makin menarik dan aman dikonsumsi oleh orang dari segala kalangan, kapan pun dan di mana pun.

No.4

JamoruJamorchipsy Premium Original

Mulai dari Rp23.100,00

Tahan hingga 9 bulan tanpa pengawet

Dipanen dari jamur tiram pilihan, produk ini menawarkan Anda jamur segar dan renyah dalam setiap gigitan. Bebas pengawet, pewarna, dan perisa makanan, produk ini tentu aman disantap, baik oleh anak-anak, maupun orang tua.


Hebatnya lagi, produk ini diproses sedemikian rupa sehingga kadar minyaknya hilang sebanyak 70–95%. Hasilnya, camilan jamur ini memiliki ketahanan sangat baik, yaitu mencapai 9 bulan! Produk ini bisa dijadikan pilihan bila Anda mencari camilan jamur yang tahan lama, tetapi bebas zat aditif.

No.5

GyumboxKriux Bony Crisp

Mulai dari Rp99.000,00

Beri Anda sepuluh porsi enoki garing

Anda mencari camilan jamur porsi superbesar, atau ingin merasakan jamur tipis yang sangat garing? Jika ya, produk ini adalah jawaban terbaik. Dalam satu stoples produk ini, terdapat 250 gram jamur enoki crispy. Dengan berat bersih sebanyak itu, produk ini dapat dikonsumsi hingga sepuluh porsi.


Kelezatannya pun tidak perlu lagi Anda pertanyakan. Jamur enoki-nya dipotong tipis-tipis dan digoreng hingga menjadi benar-benar kering dan renyah. Hasilnya, camilan jamur ini terasa sangat crispy dan membuat ketagihan. Disimpan dalam kulkas pun tetap garing, produk ini siap Anda jadikan teman makan nasi atau camilan harian!

No.6

Renyah dan enak tanpa minyak

Memakan jamur bertekstur crispy dapat membuat Anda ketagihan untuk terus menyantapnya. Meski begitu, untuk memperoleh tekstur tersebut, sering kali produsen menggoreng jamur dengan banyak minyak. Hal tersebut bisa membuat tenggorokan dan bibir terasa berminyak usai memakan camilan jamur.


Nah, Anda bisa membeli produk ini untuk menghindari masalah tersebut. Produk ini diproses dengan oven sehingga tidak melibatkan minyak. Meski begitu, teksturnya sangat renyah sehingga akan menggoda Anda untuk terus mengunyahnya lagi dan lagi. Anda pun tidak perlu khawatir dengan sensasi oily usai memakan camilan jamur, deh!

No.7

Sangarrr SnackJANGARRR (Jamur Sangarrr)

Mulai dari Rp26.000,00

Rasa pedasnya nikmat dan membakar lidah!

Penggemar camilan pedas jangan sampai melewatkan produk ini, ya! Kali ini, Sangarrr Snack mengeluarkan varian jamur yang dibalur dengan bumbu pedas khasnya. Sensasi rasa panas dan pedas dari camilan jamur ini bisa menjadikan Anda kepedasan, tetapi tidak ingin berhenti mengunyah.


Terlebih lagi, camilan ini sengaja dibuat crispy agar Anda makin ketagihan memakannya. Menariknya lagi, produk ini memiliki harga terjangkau meski berat bersihnya cukup besar. Hal ini tentu makin menggoda Anda untuk membeli lebih dari satu pouch, bukan?

No.8

AgripinaKeripik Jamur Kancing Cendawan Mas

Mulai dari Rp23.500,00

Hadirkan camilan jamur kancing lezat khas Dieng

Berbahan jamur kancing pilihan, camilan ini terasa padat di mulut. Menariknya lagi, produk ini merupakan camilan khas daerah wisata Dieng dan Wonosobo. Adanya camilan ini membuat Anda tidak perlu lagi jauh-jauh ke sana demi memakannya. Untuk merasakannya nikmatnya jamur kancing dalam wujud camilan, atau Anda yang kangen camilan khas daerah tersebut, produk ini opsinya.

No.9

Ekonomis dan isinya banyak!

Dengan berat bersih sebesar 90 gram, Anda bisa memperoleh cukup banyak jamur kuping ketika membeli produk ini. Ia pun sudah dikemas dalam stoples, Anda pun tidak perlu lagi mengeluarkan dana untuk membeli wadah.


Rasanya juga tidak perlu diragukan. Jamur kuping yang lebar dipotong kecil-kecil sehingga menjadi makin nikmat dikunyah. Dengan segala keunggulannya, nyatanya produk ini memiliki harga sangat ekonomis. Produk ini adalah jawaban jika Anda mencari camilan jamur berwadah stoples yang melimpah, tetapi ramah di kantong.

No.10

SaptuariJalu Jamur Lunas

Mulai dari Rp15.000,00

Minyak gorengnya mengandung antioksidan, lho!

Ada kalanya Anda khawatir kesehatan menurun akibat memakan camilan yang dibuat dengan minyak goreng. Nah, produk ini adalah solusi terbaik atas permasalahan tersebut. Digoreng dengan minyak goreng yang mengandung antioksidan, produk ini pun makin aman dan sehat dikonsumsi.


Tidak hanya itu, produk ini juga diproses sedemikian rupa sehingga diklaim tidak membuat Anda batuk. Anda pun tidak perlu takut sakit tenggorokan, deh! Untuk menambah daya tariknya, produk ini juga menawarkan lima varian rasa dengan nama yang unik. Anda juga akan menemukan tips mengatasi hutang di sisi belakangnya. Out of the box!

Baca juga rekomendasi kaldu jamur dan camilan lainnya di sini

Kesimpulan

Menikmati jamur dalam wujud camilan sangat nikmat dan menyenangkan, bukan? Sebelum membeli camilan jamur, pastikan Anda telah mengetahui jenis jamur yang digunakan. Selain itu, cek juga berat bersih dan kemasan yang digunakan.


Terutama untuk Anda yang sering menyimpan camilan dalam waktu lama, tanggal kedaluwarsa tidak boleh luput dari perhatian Anda. Pilihlah camilan jamur yang rasanya paling Anda suka dan nikmati setiap waktu bersantai!

5 Rekomendasi Camilan Jamur terbaik

No. 1CabriniHealthy Snacks Shiitake

No. 2Crispy SaladMushroom

No. 3EvynaMushroom Crispy

No. 4JamoruJamorchipsy Premium Original

No. 5GyumboxKriux Bony Crisp

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer