• 10 Rekomendasi Buah Kaleng Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Buah Kaleng Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Buah Kaleng Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Buah Kaleng Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Buah Kaleng Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Buah Kaleng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Buah kalengan menawarkan kepraktisan untuk Anda yang ingin mengonsumsi beragam buah lezat. Buah peach kaleng, leci kaleng, kelengkeng atau longan kaleng, serta buah kaleng campur sudah dikemas dalam kaleng praktis. Anda juga bisa menggunakan buah kaleng untuk isian puding ataupun es campur. 


Dalam artikel ini, Anda akan menemukan tips memilih plus rekomendasi produk buah kaleng yang enak dan populer. Buah kaleng merek Del Monte, Naraya, Wilmond, Pronas, serta buah kaleng koktail Vinisi tentu sangat menggoda untuk dijadikan stok. Pilihlah buah kaleng sesuai selera dan nikmati kelezatannya kapan pun!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Dian WN
  • Pembaharuan terakhir: 22 September 2022
Daftar isi

Kelebihan dan kekurangan buah kaleng

Kelebihan dan kekurangan buah kaleng

Buah kaleng adalah buah yang diawetkan di dalam kemasan kaleng. Buah kalengan terdiri dari buah-buahan asli, air, gula, dan asam sitrat yang kemudian dikemas dan disterilkan di dalam kaleng tertutup. Tentu saja buah kaleng lebih tahan lama dibandingkan buah segar biasa dan praktis dinikmati kapan saja. 


Lalu, amankah mengonsumsi buah kalengan? Bagaimana dengan kandungan nutrisi dari buah kaleng? Kami akan menjelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan dari buah kaleng di bawah ini.


Kelebihan buah kaleng:

  • Nutrisi di dalam buah kaleng tetap terjaga. Buah kaleng yang terdiri dari buah-buahan asli tetap mengandung nutrisi yang hampir sama dengan buah segar. Meski begitu, beberapa kadar vitamin di dalam buah yang tidak tahan panas mungkin akan sedikit berkurang setelah proses pemanasan. Pastikan Anda memeriksa kandungan gizinya pada tabel nutrisi produk, ya.

  • Buah kaleng cocok untuk Anda yang ingin menikmati buah tanpa repot mengupas dan memotong. Buah kaleng adalah solusi praktis dan cepat mengonsumsi buah bergizi.

  • Buah kaleng dapat digunakan untuk banyak resep makanan dan minuman. Sop buah kian nikmat sekaligus karya warna dan rasa apabila diberikan buah kaleng. Makanan kekinian, misalnya cream cheese, cheese cake, dan lainnya pun akan makin lezat dengan ditambahkan buah kaleng.

  • Buah kaleng praktis dikonsumsi di mana saja, kapan saja, dan dapat disimpan dalam waktu lama. Buah kaleng umumnya dapat bertahan hingga 1–2 tahun selama kemasannya belum dibuka. Untuk mengetahui cara menyimpan buah kaleng, jangan lewatkan tips dari kami pada akhir artikel ini!

Kelemahan buah kaleng:

  • Beberapa buah kaleng mengandung gula dan garam yang tinggi. Hal ini perlu menjadi perhatian bagi penderita diabetes dan hipertensi. Sebagai solusinya, Anda dapat memilih buah kaleng yang diklaim lebih rendah gula dan natrium.

  • Beberapa buah kaleng atau makanan kaleng pada umumnya rentan mengandung BPA atau bisphenol A. Zat kimia ini banyak ditemukan pada kemasan plastik dan kaleng makanan. BPA tentu berbahaya bagi kesehatan karena dapat memicu berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan diabetes.

  • Beberapa buah kaleng mengandung bakteri apabila tidak diproses secara higienis. Hal ini bisa dicegah dengan cara membeli produk buah kaleng dari produsen dan merek tepercaya.

Cara memilih buah kaleng

Buah kaleng memang lazim disantap sebagai camilan ataupun untuk bahan makanan dan minuman. Lalu, apa saja yang perlu diketahui saat memilih buah kaleng? Berikut akan kami jelaskan untuk Anda.

Pilih isi buah kaleng dan jenis buah yang sesuai kebutuhan

Pilih isi buah kaleng dan jenis buah yang sesuai kebutuhan

Begitu kaleng dibuka, banyak orang langsung mengonsumsi buah di dalamnya begitu saja. Bukan hal aneh mengingat aroma manis berpadu dengan tampilan menarik membuat buah kaleng terlihat begitu menggoda untuk disantap. 


Namun, ada banyak jenis buah enak yang dikemas dalam bentuk kalengan. Sebelum membeli buah kaleng, ketahuilah terlebih dahulu isi produknya. Anda dapat memilih buah kaleng dengan jenis buah yang sesuai selera dan kebutuhan. Produk buah kaleng umumnya terdiri dari dua macam.


  • Buah kaleng isi satu jenis buah: Jika Anda membutuhkan jenis buah yang spesifik, pilihlah produk buah kaleng yang hanya terdiri dari satu jenis buah. Buah kaleng dengan isian satu jenis buah yang sering Anda temukan adalah buah leci, longan, jeruk, persik, nanas, rambutan, dan sebagainya.

  • Buah kaleng campur atau koktail: Buah kaleng campur mengandung beberapa jenis buah dalam satu kemasan. Anda dapat merasakan nikmatnya beragam buah dan bahan lainnya dalam satu kaleng yang sama. Buah kaleng campur atau koktail pastinya cocok untuk dibuat menjadi es campur, rujak, oat, es krim, kue, asinan, salad buah, hingga sop buah.

Perhatikan kandungan gulanya

Perhatikan kandungan gulanya

Agar buah kaleng makin lezat dan tahan lama, penggunaan gula adalah hal yang lazim. Namun, untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, Anda perlu memeriksa kandungan gula dalam buah kaleng. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menganjurkan agar gula yang dikonsumsi per hari tidak lebih dari 50 gram. Jumlah tersebut setara dengan empat sendok makan gula.


Dengan mempertimbangkan hal tersebut, Anda bisa mempertimbangkan produk buah kaleng yang kandungan gulanya kurang dari 20 gram per takaran saji. Jumlah tersebut kira-kira setara dengan 2/5 batasan gula harian. Meski begitu, produk buah kaleng di pasaran rata-rata memiliki lebih dari 20 gram gula per sajian. Berhati-hatilah agar tidak mengonsumsi buah kaleng secara berlebihan, ya.

Ketahui net weight (berat bersih) dan drained weight (berat tuntas)

Ketahui net weight (berat bersih) dan drained weight (berat tuntas)

Berikutnya, Anda perlu mengetahui net weight sekaligus drained weight. Net weight, atau disebut juga berat bersih, mengindikasikan bobot keseluruhan buah sekaligus kuah yang merendamnya. Dengan mengecek net weight, Anda akan lebih mudah mengetahui porsi penyajian per kalengnya.


Sementara itu, bisa jadi Anda tidak berencana menggunakan kuah manisnya, atau hendak membuat kuah sendiri. Jika demikian, drained weight atau berat tuntas adalah indikator penting yang perlu Anda lihat. 

10 Rekomendasi buah kaleng terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk buah kaleng terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

FrutaneiraEcoline Fruit Cocktail

Mulai dari Rp 35.000,00

Kandungan gula14 gram per 100 gram
Berat bersih820 gram
Berat tuntas548 gram
9
Kandungan gula23 gram per 200 gram
Berat bersih567 gram
Berat tuntas319 gram
8

Interfood Naraya Canned Food Rambutan In Heavy Syrup

Mulai dari Rp 42.900,00

Kandungan gulaTidak disebutkan
Berat bersih565 gram
Berat tuntas230 gram
7

Agro SevillaCoopoliva Black Olives Pitted

Mulai dari Rp 30.000,00

Kandungan gula0 gram
Berat bersih385 gram
Berat tuntas170 gram
6
Kandungan gula24 gram per 140 gram
Berat bersih852 gram
Berat tuntas492 gram
5
Kandungan gulaTidak disebutkan
Berat bersih430 gram, 840 gram
Berat tuntas215 gram, 420 gram
4
Kandungan gula15,4 gram per 100 gram
Berat bersih825 gram
Berat tuntas470 gram
3
Kandungan gula4 gram per 130 gram
Berat bersih567 gram
Berat tuntas285 gram
2
Kandungan gula14 gram per 122 gram
Berat bersih312 gram
Berat tuntas175 gram
1
Kandungan gulaTidak disebutkan
Berat bersih565 gram
Berat tuntas370 gram

Tabel perbandingan produk buah kaleng terbaik

Gambar produk
1
Harvest Delight  Canned Longans in Syrup 1

Harvest Delight

2
Wilmond Mandarin Orange in Syrup 1

Wilmond

3
Pronas Lychee Fruit in Can 1

Pronas

4
Del Monte  Fresh Cut Peach Halves 1

Del Monte

5
Vinisi Koktil Buah 1

Vinisi

6
S&W Orchard Fruit Cocktail 1

S&W

7
Agro Sevilla Coopoliva Black Olives Pitted 1

Agro Sevilla

8
Interfood  Naraya Canned Food Rambutan In Heavy Syrup 1

Interfood

9
Duta Sliced Pineapple in Syrup 1

Duta

10
Frutaneira Ecoline Fruit Cocktail 1

Frutaneira

Nama produk

Canned Longans in Syrup

Mandarin Orange in Syrup

Lychee Fruit in Can

Fresh Cut Peach Halves

Koktil Buah

Orchard Fruit Cocktail

Coopoliva Black Olives Pitted

Naraya Canned Food Rambutan In Heavy Syrup

Sliced Pineapple in Syrup

Ecoline Fruit Cocktail

Keunggulan

Salah satu merek longan kaleng best seller, rasa manisnya pas!

Jeruk mandarin kaleng yang cocok dengan selera orang Indonesia

Segarkan hari dengan asam manisnya leci kaleng, kandungan gulanya lebih rendah!

Nikmatnya potongan buah peach kaleng segar yang sedap disantap langsung

Buah kaleng koktail yang isinya beragam, harganya pun terjangkau

Buat salad buah yang enak dengan buah kaleng campur

Menutrisi tubuh dengan buah zaitun tanpa gula

Cara mudah nikmati rambutan tanpa biji

Kreasikan beragam makanan dengan irisan buah nanas kaleng

Sajikan air buah koktail dengan potongan buah tropis

Harga mulai dariRp 27.900,00Rp 15.950,00Rp 43.600,00Rp 60.500,00Rp 20.000,00Rp 50.500,00Rp 30.000,00Rp 42.900,00Rp 35.000,00Rp 35.000,00
Kandungan gulaTidak disebutkan14 gram per 122 gram4 gram per 130 gram15,4 gram per 100 gramTidak disebutkan24 gram per 140 gram0 gramTidak disebutkan23 gram per 200 gram14 gram per 100 gram
Berat bersih565 gram312 gram567 gram825 gram430 gram, 840 gram852 gram385 gram565 gram567 gram820 gram
Berat tuntas370 gram175 gram285 gram470 gram215 gram, 420 gram492 gram170 gram230 gram319 gram548 gram
Tautan produk

Tips menyimpan buah kaleng yang tepat

Tips menyimpan buah kaleng yang tepat

Jika Anda berencana menyetok banyak buah kaleng, Anda mungkin penasaran bagaimana cara tepat untuk menyimpannya. Di bawah ini akan kami berikan tipsnya!


  • Tips menyimpan buah kaleng yang belum dibuka 

Buah kaleng yang belum dibuka dapat disimpan di tempat sejuk ataupun tempat kering, seperti lemari dapur. Tergantung pada produsennya, buah kaleng umumnya dapat bertahan hingga 2–5 tahun.


  • Tips menyimpan buah kaleng yang sudah dibuka

Apabila kemasan kaleng sudah dibuka, pindahkan buah ke dalam kontainer plastik atau jar kaca. Pastikan kontainer tersebut tertutup rapat. Kemudian, simpan buah di dalam lemari es dan habiskan dalam jangka waktu 3–4 hari.


Untuk produk yang sudah ataupun belum dibuka, hindari menyimpan buah yang masih dalam kemasan kaleng di kulkas. Hal ini karena bahan logam dari kaleng dapat berkarat di tempat yang lembap. Namun, jika Anda harus menyimpannya di dalam kulkas, pastikan untuk menghabiskan buah kaleng tersebut dalam waktu dekat.

Baca juga rekomendasi alat pembuka kaleng dan makanan kaleng lainnya di sini

Ada banyak makanan kaleng lainnya yang sangat sedap dimakan. Selain buah kaleng, Anda mungkin ingin menyetok sayur kaleng ataupun makanan kaleng lainnya., Untuk membukanya, Anda bisa menggunakan alat pembuka kaleng. Yuk, cek artikel berikut untuk mendapatkan produknya.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan buah kaleng campur atau buah kaleng favorit Anda di artikel ini? Beragam buah kaleng yang siap disantap sudah tersedia di pasaran. Rasa manis buah kaleng memang membuat ketagihan. 


Namun, pastikan untuk mengecek kandungan gulanya agar kesehatan tetap terjaga. Tanggal kedaluwarsa pun jangan sampai luput dari perhatian Anda. Selamat bersantap buah kaleng kesukaan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Sarden Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Sarden Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sarden adalah salah satu makanan kaleng yang sangat membantu kebutuhan pangan keluarga. Dengan adanya sarden, Anda dapat menikmati sajian olahan ikan secara mudah, praktis, dan instan. Selain cara mengonsumsinya yang mudah, sarden juga memiliki banyak nutrisi sehingga baik untuk kesehatan tubuh.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih sarden yang bagus. Produk sarden terbaik dari merek Botan, AsaHi, dan ABC ada dalam rekomendasi kami. Simak artikel kami sampai habis, ya, agar Anda dapat menemukan sarden enak dan sesuai selera Anda!
    Makanan kaleng
  • 10 Snack Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Snack Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Seiring berkembangnya janin, ibu hamil akan mengalami peningkatan nafsu makan. Anda dapat menyiasatinya dengan mengonsumsi snack atau camilan sebelum jam makan tiba. Namun, pastikan Anda memilih camilan yang sehat, seperti biskuit, yoghurt, granola, kacang-kacangan, cokelat, dan keripik sehat.Kali ini kami akan mengulas tips memilih snack yang enak dan sehat untuk ibu hamil. Tidak ketinggalan, ada juga rekomendasi merek snack yang sehat untuk ibu hamil, seperti Soyjoy, Tropicana Slim, dan Heavenly Blush. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG. Selamat membaca!
    Makanan kaleng
  • 10 Kornet Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kornet Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kornet adalah daging giling kemasan yang dibumbui, dicincang, dan umumnya dikemas kalengan. Tak hanya digiling, beberapa produk bahkan dikemas sebagai kornet siap makan. Olahan daging kaleng ini lezat dinikmati begitu saja atau digunakan sebagai campuran masakan. Oleh karena itu, kornet begitu digemari di Indonesia.Banyaknya varian dasar dan rasa kornet mungkin membuat Anda galau saat hendak membelinya. Kali ini, kami akan membagikan cara memilih kornet yang enak. Tak lupa, kami menyiapkan beragam rekomendasi merek kornet terbaik, seperti Pronas, Bernardi, dan lainnya. Jadi, simak ulasan kami, ya!
    Makanan kaleng
  • 10 Rekomendasi Tuna Kaleng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tuna Kaleng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tuna kaleng kini mulai banyak digunakan sebagai bahan utama atau bahan pelengkap masakan di Indonesia. Tidak hanya memiliki variasi wujud dan cairan perendam, ikan tuna kaleng juga memiliki varian rasa yang menarik untuk dicoba. Anda tertarik untuk membeli tuna kaleng?  Nah, supaya tidak salah pilih, simaklah dahulu cara memilih tuna kaleng yang akan kami paparkan berikut ini. Anda juga akan menemukan berbagai merek tuna kaleng yang enak, seperti Ayam Brand, Vinisi, Deho, dan sebagainya. Jangan lewatkan juga rekomendasi tuna kaleng terbaik berikut ini. Selamat membaca dan temukanlah tuna kaleng terbaik.
    Makanan kaleng
  • 10 Rekomendasi Gudeg Kaleng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gudeg Kaleng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang digemari oleh banyak orang. Nangka muda yang merupakan bahan dasar gudeg, diolah menjadi sajian nikmat dengan cita rasa yang khas. Seiring perkembangannya, para penjual gudeg berinovasi dengan mengemasnya ke dalam kaleng agar tahan lama. Muncullah berbagai merk gudeg kaleng, seperti gudeg kaleng Yu Djum, gudeg kaleng Bu Tjitro, gudeg kaleng Bu Lies, dan lainnya.Karena banyaknya merk gudeg kalengan, kami akan menjelaskan cara memilih gudeg kaleng. Di artikel ini, kami juga akan merekomendasikan gudeg kaleng yang enak disertai penjelasan singkat. Silakan baca sampai selesai!  
    Makanan kaleng
  • 10 Rekomendasi Sayur Kaleng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sayur Kaleng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sayur kaleng menjadi andalan ketika terjadi bencana karena tidak mudah busuk dan bisa disimpan lama. Di masa menuju endemi COVID-19 ini pun sayur kaleng masih menjadi pilihan karena awet dan higienis. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa kini ada banyak variasi sayuran kaleng di pasaran?Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih sayur kaleng yang bagus dan juga rekomendasi produk terbaiknya. Ada sayur kaleng merek Red Boat Brand, Pronas, dan Ayam Brand yang dapat menjadi pilihan. Penasaran? Yuk, simak artikel ini sampai habis bila Anda tertarik untuk tahu lebih jauh!
    Makanan kaleng
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori