• 10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)  1
  • 10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)  2
  • 10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)  3
  • 10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)  4
  • 10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)  5

10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)

Suara batuk buah hati sudah pasti tidak bisa Anda abaikan. Pada saat seperti itu, Anda tentu akan mencari obat untuk meredakan batuk anak dengan segera. Banyak varian obat batuk anak di pasaran, seperti keluaran merek Anakonidin, OBH Combi Anak, serta Actifed.


Anda pastinya tidak ingin si kecil mengalami efek samping yang tidak diinginkan dari obat yang diberikan. Kami akan memberikan tips memilih obat batuk untuk anak serta rekomendasi produknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba, agar Anda mudah menemukan obat yang sesuai. Selamat memilih!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Agustinus Purba
  • Pembaharuan terakhir: 29 Agustus 2021
  • 16.729 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis THT-KL, dr. Agustinus HW Purba, M.Ked. (ORL-HNS), Sp.THT-KL

Profil pakar: Dokter spesialis THT-KL, dr. Agustinus HW Purba, M.Ked. (ORL-HNS), Sp.THT-KL

dr. Agustinus adalah dokter spesialis telinga hidung tenggorok kepala leher lulusan Universitas Sumatera Utara tahun 2018. Beliau berpengalaman menangani sinusitis, rinitis alergi, polip hidung, tonsilitis, snoring, serumen prop, dan sebagainya.


Saat ini beliau berpraktik pribadi di THT BEATRIX Medan dan RS Siloam Dhirga Surya Medan. Beliau memiliki prestasi sebagai runner-up Photo Competition International Sound Hearing 2019 Bali. Beliau juga menjadi juara tiga di Video Tiktok Competition Kongres Nasional PERHATI-KL 2020.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih obat batuk untuk anak

Mengingat anak kecil sangat rentan mengalami batuk, wajar saja bila tersedia banyak pilihan obat batuk di pasaran. Demi keamanan buah hati, Anda perlu cermat dalam memilih obat batuk yang sangat beragam tersebut. Silakan cermati poin-poin di bawah ini agar Anda dapat menemukan obat batuk yang sesuai untuk anak Anda. 

Pilih obat sesuai jenis batuk yang diderita

Seperti yang terjadi pada orang dewasa, batuk yang dialami anak kecil juga bisa berdahak atau kering. Untuk itu, penting sekali memilih obat berdasarkan kandungan bahan aktif dan fungsinya. Yuk, kenali masing-masing bahan dan bedakan fungsinya dalam mengatasi batuk!

Berisi bahan ekspektoran untuk batuk berdahak

Berisi bahan ekspektoran untuk batuk berdahak

Batuk merupakan gerakan refleks untuk melindungi paru-paru atau saluran napas dari zat asing yang dianggap berbahaya. Ketika anak batuk, kadang ada dahak yang turut dikeluarkan. Inilah jenis batuk yang disebut batuk berdahak atau batuk produktif. 


Jenis batuk berdahak dapat terjadi sebagai gejala dari infeksi atau kondisi medis lainnya. Untuk meringankan kondisi batuk berdahak dibutuhkan obat batuk yang mengandung ekspektoran seperti guaiafenesin. Bahan ini bekerja dengan mengencerkan dahak, menghilangkan penyumbatan, serta melegakan saluran pernapasan anak. 

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Ekspektoran bekerja mengencerkan dahak dan lendir sehingga lebih encer dan lebih mudah dikeluarkan. Lendir tenggorokan yang lengket tentu menyebabkan rasa sangat tidak nyaman, terutama lendir pada leher dapat menyebabkan anak kesulitan bernafas.

Mengandung zat antitusif untuk batuk kering

Mengandung zat antitusif untuk batuk kering

Kebalikan dari batuk berdahak, ada jenis batuk kering atau batuk nonproduktif. Tidak ada dahak yang dikeluarkan pada jenis batuk kering. Penyebab batuk kering tidak diketahui secara pasti, bisa jadi karena alergi atau asam lambung yang naik ke tenggorokan. 


Umumnya, batuk kering terasa sangat mengganggu karena kondisinya memburuk pada malam hari sehingga anak sulit tidur. Cara mengatasi batuk kering adalah dengan memberikan obat batuk yang berisi antitusif seperti dextrometorphan HBr. Bahan antitusif akan menekan pusat batuk di otak dan mengganggu refleks batuk sehingga batuk dapat ditekan. 

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Bahan antitusif berfungsi menekan rasa ingin batuk. Ketika dalam kondisi tidak ada dahak, pemakaian zat ini aman. Namun, jika memberikan obat ini pada pasien ketika dahak cukup banyak, risikonya dahak akan menumpuk dan menutup jalan nafas. Risiko lainnya, pasien akan mengalami henti nafas.

Sesuaikan obat dengan usia anak

Sesuaikan obat dengan usia anak

Salah satu pertanyaan yang mungkin muncul dalam benak orang tua adalah boleh atau tidaknya obat batuk diberikan kepada anak. Food and Drug Administration (FDA) menyatakan bahwa penggunaan obat batuk diperbolehkan bagi anak di atas dua tahun. Namun, American Academy of Pediatrics berpendapat lain yaitu batas aman untuk konsumsi obat batuk adalah empat tahun.


Pemberian obat batuk untuk anak tentu perlu dilakukan dengan sangat cermat. Untuk itu, Anda perlu membaca petunjuk penggunaan pada kemasan dengan saksama. Pastikan obat yang Anda pilih memang diperbolehkan untuk usia si kecil, ya.

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Obat batuk anak disesuaikan bukan hanya dengan usia, tetapi juga disesuaikan dengan berat badan. Beberapa anak bisa mengalami obesitas, yaitu kondisi berat badan berlebih dibandingkan anak seusianya. Di samping itu, ada juga anak dengan kondisi berbadan lebih kurus dibandingkan teman-teman seusianya. Dosis yang tepat akan menghasilkan efek yang optimal.

Ketahui efek samping yang mungkin timbul

Ketahui efek samping yang mungkin timbul

Dalam pengobatan, dikenal istilah efek samping yaitu kondisi yang timbul di luar khasiat obat yang diharapkan. Efek samping yang timbul akibat pemakaian suatu obat dapat berbeda antara satu anak dengan anak lainnya. Sebagai contoh, guaiafenesin memiliki efek samping, antara lain mual, muntah, reaksi alergi, pusing, serta sulit bernapas. 


Beberapa anak mungkin mengalami mual, sedangkan sebagian lain merasakan pusing sebagai efek samping dari obat guaiafenesin. Di samping itu, masih ada sekelompok anak lain yang tidak mengalami efek samping sama sekali. Jadi, reaksi timbulnya efek samping bersifat sangat individual. 


Tugas Anda adalah mengetahui efek samping yang mungkin ditimbulkan. Anda dapat mengetahui adanya efek samping ini ketika anak menunjukkan reaksi tertentu setelah mengonsumsi obat batuk. Oleh sebab itu, selalu baca label informasi obat sebelum memberikan obat tersebut pada si kecil. 

dr. Agustinus Purba
Dokter spesialis THT-KL
dr. Agustinus Purba

Penggunaan obat batuk tanpa diawasi dokter berisiko salah dosis, penggunaan berlebihan, atau dosis terlalu rendah sehingga efek tidak optimal. Hampir semua obat berisiko menimbulkan efek terhadap lambung. Reaksi alergi obat bukan hanya dapat terjadi pada golongan antibiotik, tetapi juga dapat terjadi pada obat batuk.


Risiko alergi obat antara lain sesak nafas, kemerahan, dan gatal pada wajah, tangan, dan kulit, muntah muntah. Tidak semua orang mengalami reaksi alergi obat. Reaksi alergi obat hanya dapat diketahui setelah penggunaan obat.


Apabila reaksi alergi obat terjadi, hentikan pemakaian obat. Hubungi dokter yang memberikan obat. Segera ke IGD atau rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan, terutama bila reaksi sesak nafas atau sulit bernafas.

10 Rekomendasi obat batuk untuk anak

Selanjutnya, kami akan memperkenalkan beberapa pilihan obat batuk untuk anak. Supaya efektif dan lebih aman, pilihlah obat batuk yang paling sesuai untuk anak Anda. Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Agustinus Purba.

Procter & Gamble Vicks Formula 44 Anak-Anak

Mulai dari Rp 7.750,00

Jenis batuk Batuk berdahak dan batuk kering
Bahan aktif Dextrometorphan HBr, guaiafenesin
Usia 2–12 tahun
Efek sampingDepresi saluran pernapasan, mengantuk, mual, pusing
Jenis obatCair
Pilihan ukuran 27 ml, 54 ml
Jenis batuk Batuk berdahak dan batuk kering
Bahan aktif Dextromethrophan HBr, guaiafenesin, pseudoephedrine HCl, chlorpheniramine maleate
Usia 2–12 tahun
Efek sampingMengantuk, gangguan pencernaan, sakit kepala, insomnia, tremor, gangguan denyut jantung, mulut kering, susah buang air kecil
Jenis obatCair
Pilihan ukuran 30 ml, 60 ml
Jenis batuk Batuk berdahak
Bahan aktif Ammonium chloride, succus liquiritae, pseudoephedrine, dan lainnya
Usia 2–12 tahun
Efek sampingMengantuk
Jenis obatCair
Pilihan ukuran 60 ml

GlaxoSmithKline (GSK)Actifed Plus Cough Suppressant

Mulai dari Rp 53.000,00

Jenis batuk Batuk kering
Bahan aktif Dextrometorphan HBr, pseudoephedrine HCl, tripolidine HCl
Usia 6 tahun ke atas
Efek sampingMengantuk, gangguan tidur, susah buang air kecil, serta kekeringan pada mulut, hidung, dan tenggorokan
Jenis obatCair
Pilihan ukuran 60 ml
Jenis batuk Batuk berdahak
Bahan aktif Bromhexine HCl
Usia 2 tahun ke atas
Efek sampingGangguan pencernaan, sakit kepala, insomnia, alergi, gangguan denyut jantung, mulut kering
Jenis obatCair
Pilihan ukuran 60 ml, 125 ml
Jenis batuk Tidak disebutkan
Bahan aktif Gychirizae glabra radix, thymi, mint, daun cengkeh, madu, jahe, dan lainnya
Usia 2–12 tahun
Efek sampingReaksi alergi terhadap bahan kandungan obat
Jenis obatCair
Pilihan ukuran 1 dus isi 5 saset
Jenis batuk Batuk berdahak
Bahan aktif Bulbus fritillariae cirrhosae, folium eriobotryae, radix adenophorae, dan lainnya
Usia 3 tahun ke atas
Efek sampingTidak disebutkan
Jenis obatCair
Pilihan ukuran 75 ml, 150 ml, 300 ml
Jenis batuk Batuk kering
Bahan aktif Dextrometorphan HBr, chlorpheniramine maleate
Usia 6 tahun ke atas
Efek sampingMengantuk
Jenis obatCair
Pilihan ukuran 30 ml, 60 ml, 100 ml
Jenis batuk Batuk berdahak
Bahan aktif Guaiafenesin, bromhexine HCl
Usia 5 tahun ke atas
Efek sampingMual, diare, rasa penuh di perut, vertigo, berkeringat banyak, ruam kulit
Jenis obatCair
Pilihan ukuran 30 ml, 60 ml, 100 ml
Jenis batuk Tidak disebutkan
Bahan aktif Cinnamomum burmanii cortex, piper betle folium, syzygium aromaticum flos, dan lainnya
Usia Bayi dan anak
Efek sampingTidak disebutkan
Jenis obatCair
Pilihan ukuran 30 ml, 60 ml, 100 ml

Tabel perbandingan produk obat batuk untuk anak

Gambar produk
Mecosin Indonesia Laserin Madu  1

Mecosin Indonesia

Konimex SILADEX Mucolytic & Expectorant 1

Konimex

Konimex  SILADEX Antitussive 1

Konimex

Nin Jiom  Obat Batuk Cap Ibu dan Anak  1

Nin Jiom

Tempo Scan Pacific Bodrexin Herbal Batuk  1

Tempo Scan Pacific

Sanofi Bisolvon Kids 1

Sanofi

GlaxoSmithKline (GSK) Actifed Plus Cough Suppressant  1

GlaxoSmithKline (GSK)

Combiphar  OBH Combi Anak Batuk dan Flu 1

Combiphar

Konimex Anakonidin 1

Konimex

Procter & Gamble  Vicks Formula 44 Anak-Anak  1

Procter & Gamble

Nama produk

Laserin Madu

SILADEX Mucolytic & Expectorant

SILADEX Antitussive

Obat Batuk Cap Ibu dan Anak

Bodrexin Herbal Batuk

Bisolvon Kids

Actifed Plus Cough Suppressant

OBH Combi Anak Batuk dan Flu

Anakonidin

Vicks Formula 44 Anak-Anak

Keunggulan

Ringankan batuk pada bayi dan anak

Obat batuk berdahak yang aman untuk penderita diabetes

Meredakan batuk kering beserta reaksi alergi

Kebaikan dari alam untuk atasi batuk berdahak

Dalam kemasan saset, atasi batuk kapan saja dan di mana saja

Efektif mengencerkan dahak karena kandungan bromhexine di dalamnya

Solusi untuk batuk kering yang ditambah gejala flu

Meringankan batuk berdahak yang disertai flu

Berbagai gejala batuk dan pilek segera teratasi

Peran ganda, atasi batuk berdahak dan kering yang melanda si kecil

Harga mulai dariRp 12.000,00Rp 14.600,00Rp 11.500,00Rp 40.000,00Rp 15.000,00Rp 37.500,00Rp 53.000,00Rp 18.900,00Rp 12.000,00Rp 7.750,00
Jenis batuk Tidak disebutkan Batuk berdahak Batuk kering Batuk berdahak Tidak disebutkan Batuk berdahak Batuk kering Batuk berdahak Batuk berdahak dan batuk keringBatuk berdahak dan batuk kering
Bahan aktif Cinnamomum burmanii cortex, piper betle folium, syzygium aromaticum flos, dan lainnyaGuaiafenesin, bromhexine HClDextrometorphan HBr, chlorpheniramine maleateBulbus fritillariae cirrhosae, folium eriobotryae, radix adenophorae, dan lainnyaGychirizae glabra radix, thymi, mint, daun cengkeh, madu, jahe, dan lainnyaBromhexine HClDextrometorphan HBr, pseudoephedrine HCl, tripolidine HClAmmonium chloride, succus liquiritae, pseudoephedrine, dan lainnya Dextromethrophan HBr, guaiafenesin, pseudoephedrine HCl, chlorpheniramine maleateDextrometorphan HBr, guaiafenesin
Usia Bayi dan anak 5 tahun ke atas 6 tahun ke atas 3 tahun ke atas2–12 tahun 2 tahun ke atas 6 tahun ke atas 2–12 tahun 2–12 tahun2–12 tahun
Efek sampingTidak disebutkan Mual, diare, rasa penuh di perut, vertigo, berkeringat banyak, ruam kulitMengantuk Tidak disebutkan Reaksi alergi terhadap bahan kandungan obatGangguan pencernaan, sakit kepala, insomnia, alergi, gangguan denyut jantung, mulut keringMengantuk, gangguan tidur, susah buang air kecil, serta kekeringan pada mulut, hidung, dan tenggorokan Mengantuk Mengantuk, gangguan pencernaan, sakit kepala, insomnia, tremor, gangguan denyut jantung, mulut kering, susah buang air kecilDepresi saluran pernapasan, mengantuk, mual, pusing
Jenis obatCairCair CairCairCairCairCairCair Cair Cair
Pilihan ukuran 30 ml, 60 ml, 100 ml30 ml, 60 ml, 100 ml 30 ml, 60 ml, 100 ml75 ml, 150 ml, 300 ml 1 dus isi 5 saset60 ml, 125 ml60 ml 60 ml 30 ml, 60 ml27 ml, 54 ml
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba

Tips dari dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba

Hal penting dan mendasar adalah bahwa batuk bukanlah penyakit. Batuk merupakan mekanisme respons pertahanan tubuh untuk mencegah benda asing, virus, jamur, atau bakteri untuk masuk ke jalan nafas.


Batuk dapat disebabkan oleh

  • lendir dari pilek (sinusitis);
  • infeksi atau peradangan amandel;
  • efek makanan atau minuman yang tersedak;
  • efek asam lambung yang naik ke tenggorokan;
  • infeksi paru,
  • benda asing di tenggorokan;
  • alergi,
  • debu masuk ke tenggorokan; atau
  • mainan cincin/manik-manik/gelang yang masuk ke tenggorokan.

Dengan informasi ini, hal terpenting selain obat untuk batuk adalah mencari penyebab mengapa bisa terjadi batuk. Ingat untuk periksakan diri ke dokter. Bila perlu, dokter akan menyarankan pemeriksaan tambahan untuk mencari dengan tepat penyebab batuk agar pulih sempurna.


Pemeriksaan tambahan yang mungkin disarankan antara lain: endoskopi, foto thorax (rontgen paru-paru), CT scan atau scanning, spirometri, dan tes alergi. Kapan sebaiknya anak diperiksakan? Periksakan bila anak tampak lemas, sesak nafas, atau mengantuk sepanjang waktu. Hal-hal tersebut adalah tanda untuk segera membawa anak Anda ke rumah sakit karena dapat berisiko kematian.


Apabila tampak batuk ringan, anak masih dapat beraktivitas. Lakukan evaluasi dalam satu minggu. Bila batuk tidak tampak membaik, segera diperiksakan ke dokter.

Baca juga rekomendasi suplemen untuk anak di sini

Meski tersedia pilihan obat yang dapat dipercaya, orang tua tentu lebih memilih anak tetap sehat. Oleh karena itu, memberikan suplemen agar kesehatan anak terjaga juga merupakan hal penting. Nah, bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi suplemen untuk anak, silakan periksa tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Kami harap artikel ini dapat membantu Anda menemukan obat batuk yang sesuai untuk anak Anda. Pertimbangkan juga poin-poin cara memilih di atas sebelum Anda membeli produk obat batuk untuk anak.

Bila Anda telah menemukan obat batuk yang dibutuhkan, bacalah label informasi obat sebelum memberikannya kepada anak. Jadi, Anda dapat menggunakan obat batuk sesuai dengan anjuran pakainya. Jangan lupa, segera hubungi dokter jika sakit berlanjut atau muncul reaksi yang tidak diharapkan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Salep Luka Bakar (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Salep Luka Bakar (Terbaru Tahun 2021)
    Saat beraktivitas, Anda bisa saja mengalami kecelakaan, seperti terkena setrika, tersiram air atau minyak panas, dan terkena knalpot. Untuk itu, menyediakan salep luka bakar di kotak obat merupakan hal penting untuk dilakukan. Lantas, salep luka bakar seperti apakah yang sebaiknya Anda beli?Untuk mengetahui lebih banyak tentang salep luka bakar, bacalah artikel ini sampai habis. Anda akan mendapatkan tips memilih salep luka bakar serta rekomendasi produk pilihannya. Salep dari berbagai merk terkenal, seperti Bioplacenton, Burnazin, dan Mebo juga akan kami bahas. Temukan produk yang tepat untuk mengatasi luka bakar Anda!
    Obat-obatan
    49.571 Views
  • 10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    Anak-anak bisa lebih sering mengalami pilek. Pilek biasanya menjadi alasan utama anak berobat ke dokter atau tidak masuk sekolah. Sebagai orang tua, penting sekali bagi Anda mengenali pilihan obat pilek untuk anak.Di pasaran tersedia berbagai merek obat pilek, antara lain Rhinos Junior, Proris, serta Purekids. Supaya memudahkan Anda memilih obat pilek untuk anak, berikut ini kami berikan tips memilihnya. Simak sampai akhir karena kami juga akan memberikan rekomendasi obat pilek yang dapat Anda pilih. Selain itu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
    72.458 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot (Terbaru Tahun 2021)
    Nyeri otot dan sendi, pegal linu, serta otot kaku merupakan kondisi umum yang bisa menyerang seluruh bagian tubuh. Pada umumnya, kondisi ini bisa diobati dengan terapi atau dengan obat pegal linu di apotik. Namun, apakah Anda tahu cara memilih obat penghilang nyeri otot yang tepat?Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Counterpain, Panadol, dan Salonpas. Temukan juga tips tambahan dari dokter spesialis kedokteran dan olahraga, dr. Andhika Raspati. Baca juga cara memilih obat pereda nyeri otot yang sesuai dengan kondisi Anda. Silakan disimak!
    Obat-obatan
    261.807 Views
  • 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit merupakan pelindung tubuh dari lingkungan sekitar sehingga rentan mengalami luka. Bila Anda menjalani operasi, proses operasi juga biasanya meninggalkan luka di kulit. Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka. Langkah paling sederhana adalah dengan menggunakan salep penghilang bekas luka.Salep penghilang bekas luka memiliki berbagai bahan aktif untuk membuat kulit kembali mulus. Dalam artikel ini, kami akan mengulas tips memilih salep dengan bahan yang pas untuk Anda, serta memberi rekomendasi produk pilihan. Berbagai produk, seperti merk Dermatix, Mederma, dan Laderma, ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Obat-obatan
    95.759 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Sakit Perut (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Sakit Perut (Terbaru Tahun 2021)
    Obat sakit perut dikonsumsi untuk meredakan gangguan perut, seperti mules, nyeri, perut melilit, dan sebagainya. Untuk mengatasinya, banyak masyarakat yang memilih membeli obat herbal atau obat sakit perut di apotik. Tidak hanya orang dewasa saja, banyak juga anak-anak yang membutuhkan obat sakit perut khusus anak.Anda tentu saja tidak boleh sembarangan memilih obat sakit perut. Bersama dengan dokter umum, Annisa, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih obat sakit perut yang tepat. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk obat sakit perut yang bagus, seperti Mylanta, Tay Pin San, dan Polysilane.
    Obat-obatan
    186.573 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2021)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Produk-produk dari merk ternama, seperti Insto, Rohto, serta Visine pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
    154.621 Views
  • 10 Rekomendasi Salep Jerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Salep Jerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering muncul. Selain mengganggu penampilan, jerawat terkadang menimbulkan rasa sakit yang bisa membuat Anda merasa tidak nyaman. Salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah jerawat adalah menggunakan salep jerawat.Pada artikel kali ini, secara khusus kami akan membahas tentang salep jerawat, mulai dari tips memilih hingga rekomendasi produknya. Kami akan memilihkan sepuluh produk yang bisa Anda jadikan referensi dari berbagai produsen ternama, seperti Sebamed, Bioderma, dan COSRX. Kualitasnya pasti tidak akan mengecewakan! Baca artikel ini sampai habis, ya!
    Obat-obatan
    36.898 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori