mybest
Perlengkapan hewan lainnya

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan hewan
  3. Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  4. 10 Rekomendasi Mainan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Mainan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Mainan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Mainan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Mainan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Mainan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Mainan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Kurang lengkap rasanya bila memelihara hamster tanpa menempatkan mainan hamster lucu dalam kandangnya. Ada banyak mainan berdesain menarik, mulai dari mainan hamster kayu, mainan rumah-rumahan, dan sebagainya yang siap menghiasi kandang.


Dalam artikel ini, ada tips cara memilih plus rekomendasi mainan hamster terbaik. Dengan begitu, Anda pun akan makin mudah menentukan produk yang paling tepat dimiliki. Mainan hamster di Shopee, Lazada, atau situs lainnya akan Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca dan memilih produk!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih mainan hamster

Apakah sebenarnya hamster harus diberi mainan? Adanya mainan akan membuat hamster merasa lebih nyaman di kandang. Selain itu, Anda sebagai pemilik pun bisa melihat kegemasan hamster kesayangan saat memainkan mainnya. Oleh karena itu, membelikan mainan untuk hamster sangat disarankan. Berikut akan kami jelaskan cara memilihnya.

1

Pilih berdasarkan tipe mainan

Selain tiadanya luka, gigi ompong, atau sikap agresif, gembira bermain adalah tanda-tanda hamster yang sehat/senang. Ada beberapa tipe mainan tersedia untuk Anda beli di pasaran. Masing-masing memiliki karakteristik dan ciri khas tersendiri, pilihlah yang Anda rasa paling sesuai.

Wheel dan ball, bantu hamster rutin bergerak

Wheel dan ball, bantu hamster rutin bergerak

Anda akan menemukan mainan tipe wheel dan ball. Adapun perbedaan antara keduanya terletak pada bentuk saja. Cara penggunaan kedua tipe mainan ini sama, hamster masuk ke dalam dan berlari sesuka hati di dalamnya.


Lalu, mengapa hamster suka berlari? Pada dasarnya, hamster adalah hewan yang senang bergerak dan aktif. Jika hamster kurang banyak berlari, hamster Anda bisa merasa gelisah atau stres.


Nah, Anda bisa menganggap mainan tipe wheel dan ball seperti treadmill, tetapi untuk hamster. Dengan begitu, hamster pun dapat berlari tanpa perlu pergi ke luar kandang.

Tunnel dan climbing, puaskan hasrat menjelajah

Tunnel dan climbing, puaskan hasrat menjelajah

Hamster dikenal sebagai hewan yang senang menjelajah dan masuk ke lubang-lubang. Untuk memenuhi kebutuhan hamster akan hal tersebut, mainan terowongan (tunnel), dan panjat-panjatan (climbing) adalah pilihan tepat. Adanya mainan ini dapat mengurangi kemungkinan hamster memanjati kandang atau kabur untuk mencari celah sempit di sekitar kandang.

Digging, membersihkan sekaligus menjadi tempat hamster menggali

Digging, membersihkan sekaligus menjadi tempat hamster menggali

Seperti telah disebutkan sebelumnya, hamster senang memasuki lubang atau celah kecil. Kebiasaan tersebut membuat hamster secara insting senang menggali-gali. Untuk mewujudkan hal tersebut tanpa perlu membawa hamster keluar kandang, mainan tipe digging wajib dimiliki.


Usai diisi pasir, hamster akan masuk ke dalam mainan dan menggali pasir yang ada. Tidak hanya memuaskan keinginannya untuk menggali, pasir dalam mainan juga berfungsi untuk memandikan hamster. Dengan begitu, kesehatan hamster Anda pun akan lebih terjaga.

Housing, tempat istirahat si pengerat kecil

Housing, tempat istirahat si pengerat kecil

Di alam bebas, hamster tinggal di dalam lorong gelap, atau bahkan bawah tanah. Tempat-tempat seperti itulah yang dapat membuat hamster merasa tenang dan nyaman untuk beristirahat. Mempertimbangkan hal itu, mainan tipe housing atau rumah-rumah tidak boleh Anda lewatkan. 


Usai berlari dan menjelajah ke sana kemari, peliharaan kesayangan Anda tentu perlu beristirahat. Memang benar, hamster bisa tidur begitu saja di dalam kandang tanpa perlu Anda sediakan rumah-rumahan. Agar hamster merasa lebih nyaman dan bisa beristirahat optimal, mainan tipe ini  sebaiknya Anda belikan.

Chewing, untuk menjaga kesehatan gigi

Chewing, untuk menjaga kesehatan gigi

Dikenal sebagai hewan pengerat, hal yang wajar bila hamster senang menggigiti berbagai benda. Jeruji kandang adalah korban pertama yang biasa digigiti hamster begitu tiba dalam kandang. Meski begitu, kebiasaan tersebut bisa berakibat fatal bila hamster menggigit benda yang terlalu keras atau bahkan beracun. 


Sebagai solusinya, Anda bisa memilih produk tipe chewing. Produk seperti ini biasanya dibuat dari bahan-bahan yang aman bagi hamster, misalnya kayu alami. Selain itu, hamster memang membutuhkan benda untuk digigit demi menjaga kualitas giginya yang terus bertumbuh. Dengan adanya mainan tipe chewing, gigi hamster tetap sehat dan kuat, risiko menggigit benda berbahaya pun berkurang drastis. 

2

Ketahui dahulu ukurannya

Ketahui dahulu ukurannya

Sebelum membeli, mengecek ukuran mainan hamster adalah langkah yang cerdas. Hal tersebut penting agar kandang hamster tidak terasa sempit. Tidak hanya itu, bila ukuran mainannya terlalu besar, bisa-bisa Anda tidak dapat meletakkannya di dalam kandang.


Jika demikian, kemungkinan besar Anda perlu membeli kandang yang lebih besar, atau malah tidak jadi menggunakannya. Untuk mencegah hal tersebut, ketahui dahulu ukuran mainan hamster incaran Anda.

3

Periksa bahan yang digunakan

Periksa bahan yang digunakan

Ada banyak mainan hamster dibuat dari plastik. Hal ini tidak aneh mengingat plastik menawarkan ketahanan mumpuni plus desain variatif. Tidak hanya itu, kebanyakan mainan hamster plastik memiliki harga sangat ramah dompet. Untuk memperoleh mainan hamster yang awet dengan tampilan beragam tanpa keluar banyak dana, mainan plastik pilihannya


Sementara itu, mainan hamster berbahan kayu juga merupakan pilihan favorit banyak orang. Desain natural berpadu dengan karakteristiknya yang aman digigiti hamster adalah keunggulan utama mainan berbahan kayu. Anda yang mengutamakan keamanan penggunaan sangat tepat membeli mainan hamster berbahan kayu.

4

Agar makin menggemaskan, beli yang warna dan desainnya menarik

Agar makin menggemaskan, beli yang warna dan desainnya menarik

Melihat tingkah menggemaskan hamster plus berbagai mainan berdesain atraktif dalam kandang dapat memberikan kepuasan tersendiri. Untuk itu, memilih produk yang warna dan desainnya Anda sukai adalah langkah tepat.


Anda bisa memilih produk dengan warna-warna cerah, misalnya, pink, biru, dan sebagainya untuk membuat kandang terkesan makin segar. Untuk membuat nuansa kandang makin ceria dan dinamis, mainan colourful pun bisa Anda miliki.


Selain warna, desain keseluruhan produk juga patut dipertimbangkan. Ada produk yang desainnya imut, natural, dan sebagainya. Pilih saja yang paling cocok dengan selera dan preferensi Anda.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi mainan hamster terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mainan hamster terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Sweet

Hamster ExerciseX8

Sweet Hamster Exercise 1

Rp12.000

Agak Murah

Sehatkan hamster tanpa keluar banyak dana

2

Sweet

Hamster Curve Tunnel

Sweet Hamster Curve Tunnel 1

Rp12.000

Agak Murah

Empat arah berbeda bisa ditempuh hamster Anda

3

Sweet

Bathtub

Sweet Bathtub 1

Rp14.500

Agak Murah

Tempat main pasir yang desainnya sangat imut

4

Carno

Mainan HamsterRJ509 DB128

Carno Mainan Hamster 1

Rp25.000

Menengah

Satu produk dengan empat kegunaan

5

Natural Wooden Mini Hamster Cage

 Natural Wooden Mini Hamster Cage  1

Rp23.000

Menengah

Kuatkan nuansa natural dalam kandang

6

Sanko

Wild Athletic Wheel

Sanko Wild Athletic Wheel 1

Rp95.000

Agak Mahal

Athletic wheel dan terowongannya besar, bisa untuk banyak hamster!

7

Hamster Wooden Hanging Treats

 Hamster Wooden Hanging Treats 1

Rp40.000

Menengah

Gantung di sisi mana pun sesuka Anda

8

Paket Rumah Mainan Hamster

 Paket Rumah Mainan Hamster 1

Rp155.000

Agak Mahal

Hadirkan rumah plus arena bermain yang komplet

9

Hamster Sauna Bathtub Extra Large

 Hamster Sauna Bathtub Extra Large 1

Rp38.500

Menengah

Hamster besar pun nyaman menggali pasir

10

Wooden Bridge FortAM118

 Wooden Bridge Fort 1

Rp144.000

Agak Mahal

Asyik lintasi jembatan, bangunannya pun aman digigiti

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

SweetHamster ExerciseX8

Hamster Exercise 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp12.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp12.000
Agak Murah

Sehatkan hamster tanpa keluar banyak dana

Membuat hamster aktif bergerak tidak harus keluar banyak biaya, lho! Caranya adalah dengan memilih mainan hamster ini. Termasuk dalam jenis wheel, hamster Anda akan tertarik berlari di dalam mainan ini. Menariknya lagi, produk ini dibuat dari bahan plastik yang bebas racun dan tahan pecah, makin aman digunakan, deh!

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SweetHamster Curve Tunnel

Harga referensi
Rp12.000
Agak Murah

Empat arah berbeda bisa ditempuh hamster Anda

Berbentuk melengkung, produk ini mudah digabungkan dengan terowongan berbeda bentuk lainnya. Bila Anda mau, Anda bisa membeli beberapa unit produk ini dan mengombinasikannya dengan terowongan bentuk lain untuk membuat labirin hamster. Seru! 


Tenang saja, harga produk ini juga masih tergolong ramah kanton, kok! Jika Anda mencari terowongan hamster yang mudah dikombinasikan untuk membuat berbagai rute jalan hamster, Anda sebaiknya membeli produk ini.

No.3

SweetBathtub

Harga referensi
Rp14.500
Agak Murah

Tempat main pasir yang desainnya sangat imut

Bagi Anda yang ingin menghiasi kandang dengan mainan berdesain cute, produk ini tidak boleh dilewatkan. Berbentuk bathtub, produk ini terlihat unik dan cukup mencolok saat diletakkan di dalam kandang.


Tidak hanya itu, bathtub ini juga disertai tangga untuk dipanjati hamster. Dipadukan dengan hiasan shower di bagian samping, produk ini pun makin kuat nuansa imutnya. Terlebih ketika hamster kesayangan masuk dan bermain dalam pasir, pasti ia terlihat sangat menggemaskan!

No.4

CarnoMainan HamsterRJ509 DB128

Harga referensi
Rp25.000
Menengah

Satu produk dengan empat kegunaan

Mainan rumah-rumahan yang satu ini dapat dijadikan tempat tinggal bagi beberapa hamster sekaligus. Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi dengan tempat meletakkan minum hamster. Anda pun tidak perlu lagi memasang tempat minum di jeruji kandang. 


Pada bagian atas produk ini, terdapat pula tempat untuk meletakkan makanan hamster. Belum cukup sampai di situ, adanya tangga membuat hamster bisa bermain panjat-panjatan menggunakan produk ini. Mainan hamster ini adalah pilihan terbaik jika Anda mencari produk yang sangat multifungsi.

No.5

Natural Wooden Mini Hamster Cage

Harga referensi
Rp23.000
Menengah

Kuatkan nuansa natural dalam kandang

Dibuat dari kayu mahoni pilihan, produk ini memiliki ketahanan sangat baik. Mainan ini pun memiliki kesan natural yang menonjol karena berbentuk gelondongan kayu dengan kulit kayu yang terlihat jelas. Hal tersebut bisa membuat hamster merasa seolah-olah berada di habitat alaminya.


Hebatnya lagi, ada enam lubang pada produk ini. Lubang tersebut membuat hamster-hamster Anda makin bebas keluar masuk. Bagi Anda yang ingin menghadirkan suasana alami dalam kandang hamster, produk ini wajib dimiliki.

No.6

SankoWild Athletic Wheel

Harga referensi
Rp95.000
Agak Mahal

Athletic wheel dan terowongannya besar, bisa untuk banyak hamster!

Dalam satu set produk ini, terdapat athletic wheel yang sangat besar, diameternya mencapai 17 cm! Ukuran sebesar itu membuat athletic wheel-nya bisa diisi banyak hamster. Tentu akan sangat lucu melihat para hamster Anda lari beramai-ramai di dalamnya.


Selain itu, produk ini juga memberi Anda terowongan yang cukup panjang. Para peliharaan kesayangan Anda pun akan makin seru menjelajah dalam terowongan tersebut. Untuk menjaga kebugaran seluruh hamster Anda menggunakan athletic wheel jumbo dan terowongan, segera beli produk ini!

No.7

Hamster Wooden Hanging Treats

Harga referensi
Rp40.000
Menengah

Gantung di sisi mana pun sesuka Anda

Anda tak perlu khawatir hamster-hamster dalam kandang rebutan mengigiti mainan baru bila Anda membelikan mereka produk ini. Dalam satu unit mainan ini, ada lima kayu yang bisa digigiti hamster. Tidak hanya itu, produk ini juga bisa digantung di sisi kandang. Makin hemat tempat, deh! Jika Anda butuh mainan tipe gigit untuk hamster tercinta, pilih saja produk ini.

No.8

Paket Rumah Mainan Hamster

Harga referensi
Rp155.000
Agak Mahal

Hadirkan rumah plus arena bermain yang komplet

Anda ingin membelikan hamster kesayangan tempat tinggal sekaligus sarana bermain yang sangat lengkap dalam satu pembelian? Produk ini adalah pilihan yang sangat bijak. Dalam satu set produk ini, sudah terdapat dua bangunan rumah yang dapat dihuni hamster Anda.


Menariknya lagi, atap salah satu rumah dapat dijadikan arena memanjat hamster Anda. Belum lagi ada mainan jungkat-jungkit, tangga, serta wheel, tentu hewan peliharaan kesayangan akan makin asyik bermain. Ditambah dengan adanya tempat makan dan minum, area dalam kandang pun makin nyaman dihuni. Sangat komplet!

No.9

Hamster Sauna Bathtub Extra Large

Harga referensi
Rp38.500
Menengah

Hamster besar pun nyaman menggali pasir

Memiliki ukuran yang besar, Anda perlu memastikan dahulu ketersediaan space dalam kandang sebelum membeli produk ini. Meski begitu, ukuran besar tersebut membuat produk ini memiliki keunggulan tersendiri. 


Syrian hamster yang tergolong besar bisa keasyikan mandi dan menggali pasir dalam produk ini. Toh, lubang aksesnya berukuran 5–6 cm sehingga hamster besar pun bisa dengan mudah keluar masuk. Produk ini adalah jawaban tepat untuk menyediakan tempat menggali pasir bagi hamster jumbo.

No.10

Wooden Bridge FortAM118

Wooden Bridge Fort 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp144.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp144.000
Agak Mahal

Asyik lintasi jembatan, bangunannya pun aman digigiti

Mungkin Anda tengah mencari mainan model housing yang aman digigiti sekaligus menghadirkan bangunan unik dalam kandang. Nah, produk ini adalah opsi tepat untuk memenuhi hal tersebut. Dibuat dari kayu alami, mainan yang satu ini aman digigiti dan tidak membahayakan kesehatan hamster kesayangan Anda.


Selain rumah, produk ini juga menghadirkan jembatan. Ukuran jembatannya tidak terlalu besar, hamster-hamster Anda harus mengantre untuk melewatinya. Jika ada hamster yang tidak sabar dan berusaha menyerobot, hamsternya bisa-bisa terjatuh. Tentunya sangat menggemaskan melihat sekumpulan hamster berusaha menyeberang, kan?

Baca juga rekomendasi produk perawatan hamster lainnya di sini

Agar hamster makin nyaman dan sehat dalam kandang, ada beragam produk yang layak untuk Anda beli. Pasir, kandang, serta makanan hamster tentu wajib untuk dimiliki. Yuk, kenali lebih jauh seluruh produk tersebut di sini!

Kesimpulan

Melihat hamster yang keasyikan bermain dalam kandang dapat membuat perasaan lebih relaks dan gembira, bukan? Nah, mainan hamster adalah pilihan tepat agar Anda bisa merasakannya.


Sebelum membeli, pastikan Anda mengecek ukuran dan material dari mainannya. Tidak hanya itu, pilihlah juga mainan yang Anda rasa paling sesuai untuk hamster. Pilihlah produk yang desainnya paling Anda sukai dan nikmati gemasnya hamster Anda bermain dalam kandang menggunakan mainan pilihan Anda!

5 Rekomendasi Mainan Hamster terbaik

No. 1: SweetHamster ExerciseX8

No. 2: SweetHamster Curve Tunnel

No. 3: SweetBathtub

No. 4: CarnoMainan HamsterRJ509 DB128

No. 5: Natural Wooden Mini Hamster Cage

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan hewan
  3. Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  4. 10 Rekomendasi Mainan Hamster Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.