mybest
Komik

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Buku
  3. Komik
  4. 10 Rekomendasi Manga / Komik Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Manga / Komik Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Manga / Komik Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Manga / Komik Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Manga / Komik Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Manga / Komik Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Manga / Komik Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Manga atau komik Jepang sudah lama memiliki nama dan reputasi tersendiri di Indonesia. Kuatnya daya tarik manga membuat pembacanya setia mengikuti cerita yang terus berlanjut selama bertahun-tahun. Di pasaran, Anda dapat menemukan banyak manga berkualitas, seperti manga romantis, manga yandere, manga isekai, hingga manga shonen.


Apakah Anda adalah salah satu penggemar manga? Jika iya, Anda perlu membaca komik Jepang terbaik yang akan kami rekomendasikan dalam artikel ini. Ada sepuluh komik Jepang yang bagus dan mungkin cocok dengan selera Anda, seperti Jujutsu Kaisen dan Demon Slayer. Yuk, langsung simak ulasannya!

Diperbaharui 14/07/2023
Achmad Muchtar
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Achmad Muchtar

Achmad Muchtar, lahir di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Achmad merupakan lulusan Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada. Selama kuliah, Achmad sering menulis esai, cerpen, dan artikel yang tersebar di blog pribadi, buku antologi, jurnal, dan media massa. Setelah lulus dari UGM, Achmad bekerja di sebuah penerbit buku mayor di Sleman, Yogyakarta. Di sela-sela kesibukannya, Achmad yang hobi membaca buku dan menonton film ini produktif menulis review dan artikel. Pada 2018, Achmad berhasil memenangi lomba artikel yang diselenggarakan oleh Pusbangfilm Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Berbekal pengalamannya, pada 2021 Achmad mulai bergabung menjadi kreator di mybest Indonesia.

Profil Achmad Muchtar
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih manga / komik Jepang

Agar bisa menemukan manga yang paling cocok dengan selera, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Mari simak penjelasan selengkapnya sembari menentukan manga yang menarik untuk dibaca saat akhir pekan nanti.

1

Temukan manga romantis bila Anda ingin membaca kisah cinta yang manis dan hangat

Temukan manga romantis bila Anda ingin membaca kisah cinta yang manis dan hangat
Sumber: elexmedia.id

Manga romantis merupakan salah satu genre manga yang tak pernah sepi penggemar. Hal tersebut karena cinta merupakan bahasa universal yang tentu sangat relatable dengan kehidupan sehari-hari. Kisah cinta bisa terjadi pada setiap orang. Karena itu, genre ini dapat dinikmati siapa saja tanpa memedulikan latar belakang lingkungan dan usia.


Manga romantis biasanya memiliki cerita ringan seputar kisah cinta yang terjadi di sekolah, tempat kerja, hingga di kehidupan sehari-hari. Anda akan disuguhkan oleh kisah manis dan hangat melalui manga romantis. Pilihlah genre ini jika Anda menyukai kisah yang ringan dan dapat membuat Anda tersenyum-senyum sendiri saat membacanya.


Jika Anda tertarik dengan manga romantis, kami punya artikel yang membahas lengkap mengenai komik Jepang bergenre romance. Silakan klik tautan berikut ini dan dapatkan manga romatis terbaik sesuai kesukaan Anda!

2

Jika Anda suka cerita cinta yang lebih problematik, pilih manga harem atau manga yandere

Jika genre romantis yang manis kurang memuaskan Anda, sebaiknya Anda memilih cerita cinta yang lebih problematik. Anda bisa memilih manga harem atau manga yandere agar lebih tertantang membacanya. Apa itu manga yandere dan manga harem? Berikut ini kami jelaskan perbedaannya:


  • Manga harem, merupakan manga yang mengangkat cerita tokoh utama yang dikelilingi banyak tokoh lawan jenis. Para tokoh lawan jenis tersebut diceritakan menyukai orang yang sama sehingga cerita cinta jadi rumit dan problematik. Secara sederhana, banyak yang mengasosiasikan manga harem sebagai manga cinta segitiga.

  • Manga yandere, merupakan manga dengan karakter yang pada awalnya lemah lembut, pengertian, dan suka mengasihi, tiba-tiba berubah jadi destruktif. Sifat destruktif tersebut ditunjukkan melalui kekerasan atau kebrutalan akibat sifat posesif tokoh yandere terhadap seseorang yang dikasihinya.
3

Suka yang memacu adrenalin? Cari manga action, manga sport, manga horor, atau manga gore

Jika Anda mencari komik yang dapat memacu adrenalin, Anda bisa memilih manga action, sport, horor, atau gore. Setiap genre memiliki karakteristik yang unik khas manga Jepang. Mari telisik lebih dalam agar Anda mendapatkan manga yang sesuai dengan preferensi Anda! 

Manga action, menyuguhkan banyak adegan pertarungan

Manga action, menyuguhkan banyak adegan pertarungan
Sumber: elexmedia.id
Genre aksi termasuk genre yang populer dalam dunia manga. Pertempuran seru antartokoh dalam cerita menjadi daya tarik utama dari genre action. Alur yang disuguhkan biasanya tidak terlalu kompleks, tetapi segmen pertarungan digambarkan secara detail. Genre ini pas untuk dipilih apabila Anda ingin ikut merasakan keseruan pertempuran para tokoh manga.

Manga sport, untuk Anda yang bermental sportif

Manga sport, untuk Anda yang bermental sportif
Sumber: elexmedia.id

Genre manga sport juga merupakan salah satu yang banyak digemari oleh kaum muda. Salah satu alasan kepopulerannya adalah karena di Jepang, budaya berolahraga, khususnya olahraga tim sangatlah kental. Siswa dan siswi SMP dan SMA Jepang kerap mengambil ekstrakurikuler olahraga dan akan berlatih keras setiap harinya.


Biasanya, cerita mengenai persahabatan serta sportivitas dalam tim menjadi plot utama dalam manga sport. Cerita mengenai kerja keras tim saat berlatih atau saat bertemu dengan lawan yang kuat bisa menjadi sangat mendebarkan. Untuk itu, pilihlah manga sport jika Anda bermental sportif!


Jika Anda tertarik dengan manga bertema olahraga, kami memiliki artikel yang pas untuk Anda baca. Langsung saja klik tautan di bawah ini dan temukan sepuluh rekomendasi manga sport terbaik!

Manga horor, menyajikan kisah-kisah menyeramkan

Manga horor, menyajikan kisah-kisah menyeramkan
Sumber: elexmedia.id
Jika Anda ingin manga yang dapat membuat adrenalin memuncak, manga horor akan menjadi bacaan yang pas. Manga horor memiliki daya tarik sendiri sehingga bisa membuat pembaca ketagihan. Selain kisahnya yang menyeramkan, art work manga horor pun tak kalah menyeramkan.

Banyak pembaca suka genre ini karena dapat memberikan sensasi ketegangan yang luar biasa. Selain itu, manga horor juga memiliki alur cerita yang tak mudah ditebak sehingga dapat membuat pembaca penasaran. Dalam manga horor, ada beberapa subgenre yang bisa Anda pilih, seperti supranatural, dark fantasy, dan survival.

Saat ini, ada banyak manga horor yang beredar di pasaran. Agar Anda mendapatkan rekomendasi manga horor yang tepat, kami memiliki artikel khusus yang membahas manga horor. Langsung saja klik tautan berikut ini!

Manga gore, untuk Anda yang suka adegan berdarah-darah

Manga gore, untuk Anda yang suka adegan berdarah-darah
Sumber: elexmedia.id

Jika genre action, sport, atau horor belum cukup memacu adrenalin, Anda harus mencoba membaca manga gore. Manga gore memiliki penggemar yang spesifik karena tidak semua orang suka atau kuat melihat adegan berdarah-darah.


Dalam genre ini, Anda akan disuguhkan berbagai hal yang berbau kekerasan dan pembunuhan. Terkadang, adegan yang ditampilkan pun terlampau sadis dan terlalu vulgar. Karena itu, manga genre ini biasanya hanya dikhususkan untuk pembaca dewasa.

4

Pertimbangkan manga fantasi bila Anda suka kisah imajinatif yang seru

Pertimbangkan manga fantasi bila Anda suka kisah imajinatif yang seru
Sumber: elexmedia.id
Serial manga fantasi akan siap membawa Anda bertualang ke berbagai jenis dunia. Jenis manga inilah yang terasa paling seru karena ceritanya betul-betul tidak dibatasi oleh realitas. Fantasi memiliki range yang luas, mulai dari petualangan di dunia lain, karakter berkekuatan khusus, hingga pembasmi monster atau siluman. Genre ini pas untuk Anda yang suka berimajinasi tanpa batas.
5

Bacalah manga isekai untuk melihat tokoh utama bertualang di dunia baru yang asing

Jika Anda mencari manga yang dapat membawa Anda bertualang ke dunia yang baru dan asing, manga isekai adalah jawabannya. Manga isekai akan membawa Anda keluar dari cerita tentang kehidupan sehari-hari yang terjadi di dunia. Anda akan dibawa masuk ke dunia yang sama sekali berbeda dengan bumi.


Umumnya, tokoh protagonis manga isekai merupakan orang biasa yang ditarik ke portal yang berasal dari dunia lain. Biasanya, tokoh tersebut diberi kekuatan dan kemampuan luar biasa saat sudah berada di dunia yang baru dan asing tersebut.

6

Sesuaikan dengan pembaca: Shoujo dan shonen atau josei dan seinen

Sesuaikan dengan pembaca: Shoujo dan shonen atau josei dan seinen

Manga juga dapat dibedakan berdasarkan target pembacanya, lho. Target pembaca manga dikategorikan berdasarkan jenis kelamin dan usia pembacanya. Pastikan Anda membaca manga sesuai dengan target pembacanya, ya!


Secara umum, manga dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan usia pembacanya, yakni remaja dan dewasa. Untuk yang ditujukan untuk target pembaca remaja, manga dibedakan menjadi dua, yakni:

  • Manga shōjo, merupakan komik Jepang yang ditujukan untuk pembaca remaja perempuan. Biasanya, manga shōjo mengadopsi karakter utama perempuan sebagai tokoh utamanya dan berkisah tentang cinta masa remaja.

  • Manga shonen, merupakan komik Jepang yang dikhususkan untuk pembaca remaja laki-laki. Biasanya, manga shonen bercerita tentang petualangan, pertempuran, olahraga, robot, hingga dunia magis.

Sementara itu, manga yang ditujukan untuk target pembaca dewasa juga dibedakan menjadi dua, yakni:

  • Manga josei, adalah manga yang diperuntukkan untuk target pembaca perempuan dewasa. Biasanya, manga josei memiliki tema lebih kompleks dengan latar belakang yang lebih luas, seperti rumah tangga, kampus, hingga kantor.

  • Manga seinen, adalah manga yang dibuat khusus untuk target pembaca laki-laki dewasa. Biasanya, manga seinen memiliki alur cerita yang rumit dan berat dan disertai bumbu humor dewasa di sana-sini.

Jika ingin mengetahui lebih dalam mengenai shōjo manga dan manga Shonen Jump, kami memiliki artikel yang pas untuk Anda. Silakan klik link berikut ini!

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi manga / komik Jepang terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh manga / komik Jepang terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Penerbit
Negara asal
Jumlah halaman
Jumlah seri
Rating di Goodreads
Genre
Terjemahan
Bahasa
Rating usia pembaca
Status
Jenis
Cara membaca
1

Gege Akutami

Jujutsu Kaisen

Gege Akutami Jujutsu Kaisen 1

Rp40.000

Agak Mahal

Melahap roh kutukan terkuat demi menyelamatkan teman-teman

Elex Media Komputindo

Jepang

192 halaman

26 seri (belum tamat)

4,54 dari 5

Aksi, fantasi, horor, shonen

Bahasa Indonesia

15+

On going

Seri

Kanan ke kiri

2

Koyoharu Gotouge

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

Koyoharu Gotouge Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba 1

Rp40.000

Agak Mahal

Perjuangan kakak dan adik membasmi monster pemakan manusia

Elex Media Komputindo

Jepang

192 halaman

23 seri

4,52 dari 5

Fantasi, horor, shonen

Bahasa Indonesia

15+

Tamat

Seri

Kanan ke kiri

3

Endo Tatsuya

Spy x Family

Endo Tatsuya Spy x Family 1

Rp45.000

Agak Mahal

Cerita keluarga Forger yang penuh rahasia mengejutkan

Elex Media Komputindo

Jepang

220 halaman

12 (belum tamat)

4,51 dari 5

Komedi, aksi, romantis

Bahasa Indonesia

15+

On going

Seri

Kanan ke kiri

4

Eiichiro Oda

One Piece

Eiichiro Oda One Piece 1

Rp25.000

Agak Murah

Memecahkan rekor sebagai manga dengan penjualan terbaik di dunia!

Elex Media Komputindo

Jepang

207 halaman

107 seri (belum tamat)

4,47 dari 5

Fantasi, petualangan, shonen

Bahasa Indonesia

13+

On going

Seri

Kanan ke kiri

5

Hajime Isayama

Attack on Titan

Hajime Isayama Attack on Titan 1

Rp27.000

Agak Murah

Kisah manusia yang hidup dalam kungkungan tembok besar

Elex Media Komputindo

Jepang

193 halaman

34 seri

4,47 dari 5

Gore

Bahasa Indonesia

18+

Tamat

Seri

Kanan ke kiri

6

Sui Ishida

Tokyo Ghoul

Sui Ishida Tokyo Ghoul 1

Rp33.000

Menengah

Masuki dunia penuh ghoul, makhluk pemakan manusia

m&c!

Jepang

224 halaman

14 seri

4,42 dari 5

Horor, gore, fantasi, yandere, seinen

Bahasa Indonesia

21+

Tamat

Seri

Kanan ke kiri

7

HERO, Daisuke Hagiwara

Horimiya

HERO, Daisuke Hagiwara Horimiya 1

Rp32.000

Agak Murah

Sama-sama punya rahasia hingga akhirnya saling tertarik

Elex Media Komputindo

Jepang

200 halaman

16 volume

4,39 dari 5

Romance, slice of life

Bahasa Indonesia

Remaja

Tamat

Seri

Kanan ke kiri

8

Aoyama Gosho

Detective Conan

Aoyama Gosho Detective Conan 1

Rp25.000

Agak Murah

Apa jadinya jika detektif 17 tahun berubah menjadi anak SD?

Elex Media Komputindo

Jepang

192 halaman

101 seri (belum tamat)

4,38 dari 5

Misteri

Bahasa Indonesia

12+

On going

Seri

Kanan ke kiri

9

Muneyuki Kaneshiro, Yusuke Nomura

Blue Lock

Muneyuki Kaneshiro, Yusuke Nomura Blue Lock 1

Rp45.000

Agak Mahal

Persaingan para pemuda berbakat dalam training camp se-Jepang

Elex Media Komputindo

Jepang

208 halaman

24 seri (belum tamat)

4,29 dari 5

Sport, shonen

Bahasa Indonesia

15+

On going

Seri

Kanan ke kiri

10

Tappei Nagatsuki

AKASHA Re: Zero, Starting Life in Another World Chapter 2: A Week at the Mansion

Tappei Nagatsuki AKASHA Re: Zero, Starting Life in Another World Chapter 2: A Week at the Mansion 1

Rp45.000

Agak Mahal

Ikuti petualangan Subaru yang dipanggil ke dunia lain penuh fantasi

m&c!

Jepang

185 halaman

5 seri

4,19 dari 5

Fantasi, isekai, seinen

Bahasa Indonesia

21+

Tamat

Seri

Kanan ke kiri

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Gege AkutamiJujutsu Kaisen

Jujutsu Kaisen 1
Sumber: elexmedia.id
Jujutsu Kaisen 2
Sumber: elexmedia.id
Jujutsu Kaisen 3
Sumber: elexmedia.id
Jujutsu Kaisen 4
Sumber: elexmedia.id
Jujutsu Kaisen 5
Sumber: elexmedia.id
Harga referensi
Rp40.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp40.000
Agak Mahal

Melahap roh kutukan terkuat demi menyelamatkan teman-teman

Adakah yang bersedia menelan roh kutukan demi melindungi teman-teman? Yuji Itadori, karakter utama dari manga buatan Gege Akutami, mau melakukan hal itu! Manga ini mengisahkan seorang anak SMA biasa dengan kemampuan atletik luar biasa yang bernama Yuji. Agar bisa berkenalan dengan senior-senior, ia lebih memilih mengikuti Klub Penelitian Ilmu Gaib. Padahal, Yuji merupakan atlet Klub Lari di sekolahnya.


Di situlah Yuji menelan jimat kutukan dan menjadi wadah dari Sukuna untuk melindungi teman dan senior-seniornya. Menariknya lagi, Yuji masih bisa mengendalikan tubuhnya meski telah dirasuki roh terkuat. Manga shonen ini memang tidak boleh dilewatkan jika Anda menyukai genre action dark-fantasy!

PenerbitElex Media Komputindo
Negara asalJepang
Jumlah halaman192 halaman
Jumlah seri26 seri (belum tamat)
Rating di Goodreads4,54 dari 5
GenreAksi, fantasi, horor, shonen
Terjemahan
BahasaBahasa Indonesia
Rating usia pembaca15+
StatusOn going
JenisSeri
Cara membacaKanan ke kiri
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Koyoharu GotougeDemon Slayer: Kimetsu no Yaiba

Harga referensi
Rp40.000
Agak Mahal

Perjuangan kakak dan adik membasmi monster pemakan manusia

Bergenre fantasi, manga ini sangat populer di kalangan remaja laki-laki di Jepang. Manga ini berawal dari keluarga Tanjiro Kamado yang dibunuh oleh iblis pemakan manusia bernama Muzan. Peristiwa nahas ini juga mengubah adik Tanjiro, Nezuko, menjadi iblis.


Dengan pesan mengenai pertemanan dan kekeluargaan, manga ini diwarnai adegan action yang apik. Manga shonen ini juga telah diadaptasi dalam anime dan drama. Pastinya, Demon Slayer adalah manga yang tidak boleh Anda lewatkan!

PenerbitElex Media Komputindo
Negara asalJepang
Jumlah halaman192 halaman
Jumlah seri23 seri
Rating di Goodreads4,52 dari 5
GenreFantasi, horor, shonen
Terjemahan
BahasaBahasa Indonesia
Rating usia pembaca15+
StatusTamat
JenisSeri
Cara membacaKanan ke kiri
View all
No.3

Endo TatsuyaSpy x Family

Harga referensi
Rp45.000
Agak Mahal

Cerita keluarga Forger yang penuh rahasia mengejutkan

Bagaimana rasanya bila harus hidup seatap dengan agen rahasia terhebat dan pembunuh bertalenta? Hal tersebut menjadi keseharian Anya, gadis kecil berusia 6 tahun. Kedua orang tuanya saling menyimpan rahasia satu sama lain, tetapi ternyata sang anak memiliki kemampuan membaca pikiran.


Ketiganya merupakan keluarga palsu yang sengaja dibuat untuk menjalankan misi khusus. Di sisi lain, ada kehangatan yang mempererat keluarga tanpa hubungan darah tersebut. Cerita keluarga Forger yang penuh rahasia ini cocok untuk melepas stres. 

PenerbitElex Media Komputindo
Negara asalJepang
Jumlah halaman220 halaman
Jumlah seri12 (belum tamat)
Rating di Goodreads4,51 dari 5
GenreKomedi, aksi, romantis
Terjemahan
BahasaBahasa Indonesia
Rating usia pembaca15+
StatusOn going
JenisSeri
Cara membacaKanan ke kiri
View all
No.4

Eiichiro OdaOne Piece

Harga referensi
Rp25.000
Agak Murah

Memecahkan rekor sebagai manga dengan penjualan terbaik di dunia!

Keberadaan komik One Piece telah menjadi salah satu aset penting di dunia manga. Manga fantasi ini telah beredar di 43 negara di dunia dan membuatnya menjadi manga dengan penjualan terbaik sepanjang sejarah. Dengan cerita yang sangat panjang, mangaka One Piece akhirnya mengumumkan bahwa komik ini sebentar lagi akan memasuki arc terakhirnya.


Berkisah tentang kru topi jerami yang dipimpin Monkey D. Luffy, Anda akan terhanyut dalam cerita komik ini. Tak hanya humor yang mengundang tawa, Anda juga akan disuguhi cerita mengharukan yang mungkin membuat Anda terisak-isak. Manga shonen ini pas untuk Anda yang ingin merasakan debaran dari kisah-kisah petualangan bersama sahabat.

PenerbitElex Media Komputindo
Negara asalJepang
Jumlah halaman207 halaman
Jumlah seri107 seri (belum tamat)
Rating di Goodreads4,47 dari 5
GenreFantasi, petualangan, shonen
Terjemahan
BahasaBahasa Indonesia
Rating usia pembaca13+
StatusOn going
JenisSeri
Cara membacaKanan ke kiri
View all
No.5

Hajime IsayamaAttack on Titan

Harga referensi
Rp27.000
Agak Murah

Kisah manusia yang hidup dalam kungkungan tembok besar

Jika Anda mencari manga gore yang penuh kekerasan dan adegan berdarah-darah, manga yang satu ini bisa Anda pertimbangkan. Manga ini juga cocok bagi Anda penggemar plot yang rumit. Bertemakan dark-fantasy, komik ini menceritakan saat eksistensi manusia terancam oleh keberadaan Titan, raksasa pemakan manusia.


Manga ini mengisahkan dunia yang telah dikuasai Titan. Orang-orang yang menjadi mangsa Titan pun membangun tembok demi menghindari serangan para Titan. Namun, ternyata tembok-tembok yang dibangun manusia bisa mudah hancur oleh Titan besar. Bagaimana kisah selanjutnya? Temukan jawabannya di manga gore ini!

PenerbitElex Media Komputindo
Negara asalJepang
Jumlah halaman193 halaman
Jumlah seri34 seri
Rating di Goodreads4,47 dari 5
GenreGore
Terjemahan
BahasaBahasa Indonesia
Rating usia pembaca18+
StatusTamat
JenisSeri
Cara membacaKanan ke kiri
View all
No.6

Sui IshidaTokyo Ghoul

Harga referensi
Rp33.000
Menengah

Masuki dunia penuh ghoul, makhluk pemakan manusia

Apa jadinya bila sehari-hari Anda bersinggungan dengan makhluk berwujud manusia yang memangsa manusia? Dunia jadi sangat mencekam, Anda pun akan sulit percaya dengan orang sekitar. Bila salah langkah, bisa-bisa malah Anda yang dimakan! Hal inilah yang dialami Kaneki, protagonis dalam manga yendere yang sudah ada animenya ini.


Cerita berawal dari Kaneki yang berhadapan dengan situasi hidup dan mati akibat diincar untuk dimakan. Karena kejadian tertentu, ia pun berubah menjadi setengah ghoul. Anda akan bergidik melihat darah dan potongan daging manusia korban para ghoul. Manga seinen ini wajib dipilih bila Anda ingin memasuki dunia kelam yang menggabungkan horor dengan dark fantasy.

Penerbitm&c!
Negara asalJepang
Jumlah halaman224 halaman
Jumlah seri14 seri
Rating di Goodreads4,42 dari 5
GenreHoror, gore, fantasi, yandere, seinen
Terjemahan
BahasaBahasa Indonesia
Rating usia pembaca21+
StatusTamat
JenisSeri
Cara membacaKanan ke kiri
View all
No.7

HERO, Daisuke HagiwaraHorimiya

Harga referensi
Rp32.000
Agak Murah

Sama-sama punya rahasia hingga akhirnya saling tertarik

Hori adalah seorang gadis modis dan populer di sekolahnya, sedangkan Miyamura adalah siswa laki-laki yang terlihat culun di sekolah. Keduanya ternyata punya penampilan berbeda ketika di luar sekolah. Hori punya kesibukan mengurus rumah sehingga tampil apa adanya. Sementara itu, Miyamura terlihat keren dengan tindik dan tato di tubuhnya.


Suatu hari keduanya bertemu dan saling mengetahui rahasia masing-masing. Setelah itu, Hori dan Miyamura pun makin dekat hingga akhirnya berpacaran. Kisah romantis mereka dibalut dengan aksi humor yang membuat Anda betah membacanya. Bacalah komik ini dan kembalilah mengenang masa-masa sekolah.

PenerbitElex Media Komputindo
Negara asalJepang
Jumlah halaman200 halaman
Jumlah seri16 volume
Rating di Goodreads4,39 dari 5
GenreRomance, slice of life
Terjemahan
BahasaBahasa Indonesia
Rating usia pembacaRemaja
StatusTamat
JenisSeri
Cara membacaKanan ke kiri
View all
No.8

Aoyama GoshoDetective Conan

Harga referensi
Rp25.000
Agak Murah

Apa jadinya jika detektif 17 tahun berubah menjadi anak SD?

Jika Anda adalah pencinta komik detektif, komik ini pasti sudah tidak asing bagi Anda. Komik ini berawal dari berubahnya detektif ternama Shinichi Kudo menjadi anak SD bernama Conan Edogawa. Akhirnya, Conan tinggal di rumah keluarga Mouri sambil memecahkan kasus yang ada di sekitarnya. 


Komik ini adalah salah satu komik veteran di Jepang. Meskipun begitu, sepertinya belum ada keinginan dari sang mangaka untuk merampungkan komik ini. Namun, plot ceritanya selalu menarik untuk dibaca, bukan? Selain itu, ceritanya pun sudah memiliki manga spin off-nya tersendiri, lho.

PenerbitElex Media Komputindo
Negara asalJepang
Jumlah halaman192 halaman
Jumlah seri101 seri (belum tamat)
Rating di Goodreads4,38 dari 5
GenreMisteri
Terjemahan
BahasaBahasa Indonesia
Rating usia pembaca12+
StatusOn going
JenisSeri
Cara membacaKanan ke kiri
View all
No.9

Muneyuki Kaneshiro, Yusuke NomuraBlue Lock

Harga referensi
Rp45.000
Agak Mahal

Persaingan para pemuda berbakat dalam training camp se-Jepang

Pemenang penghargaan dari Kodansha Manga Award ke-45 dalam kategori shonen ini memiliki cerita yang terasa nyata. Timnas Jepang diceritakan mengalami kegagalan pada putaran per delapan final Piala Dunia di tahun 2018. Demi mewujudkan tim terbaik dan menang Piala Dunia, persatuan sepak bola Jepang menyelenggarakan sebuah training camp.


Pelatihan yang dinamakan Blue Lock ini mengumpulkan tiga ratus orang penyerang pelajar tingkat SMA. Sang pelatih, Jinpachi Ego, menegaskan bahwa Jepang membutuhkan striker yang penuh keegoisan. Manga shonen ini cocok bila Anda berminat dengan manga sport tentang sepak bola yang terasa realistis.

PenerbitElex Media Komputindo
Negara asalJepang
Jumlah halaman208 halaman
Jumlah seri24 seri (belum tamat)
Rating di Goodreads4,29 dari 5
GenreSport, shonen
Terjemahan
BahasaBahasa Indonesia
Rating usia pembaca15+
StatusOn going
JenisSeri
Cara membacaKanan ke kiri
View all
No.10

Tappei NagatsukiAKASHA Re: Zero, Starting Life in Another World Chapter 2: A Week at the Mansion

Harga referensi
Rp45.000
Agak Mahal

Ikuti petualangan Subaru yang dipanggil ke dunia lain penuh fantasi

Jika Anda sedang mencari manga isekai, komik Jepang yang satu ini adalah pilihan tepat. Manga ini bercerita tentang seorang siswi SMA bernama Subaru yang mendadak dipanggil ke dunia lain. Dunia yang didatangi Subaru merupakan dunia fantasi yang memiliki berbagai ras.


Di sana, Subaru diselamatkan oleh Emilia, gadis half-elf berambut perak. Bersama Emilia, Subaru memulai petualangan mencari sebuah benda milik Emilia yang dicuri. Berhasilkah Subaru dan Emilia? Temukan jawabannya dalam manga isekai yang akan membawa Anda ke dunia baru ini!

Penerbitm&c!
Negara asalJepang
Jumlah halaman185 halaman
Jumlah seri5 seri
Rating di Goodreads4,19 dari 5
GenreFantasi, isekai, seinen
Terjemahan
BahasaBahasa Indonesia
Rating usia pembaca21+
StatusTamat
JenisSeri
Cara membacaKanan ke kiri
View all

Baca juga rekomendasi manga dan komik lainnya di sini

Selain manga atau komik Jepang, kami juga sudah mengulas berbagai jenis manga dan komik lainnya, lho. Apabila Anda ingin menelusuri lebih lanjut, langsung saja klik tautan di bawah ini! 

Kesimpulan

Ada banyak sekali jumlah manga yang sedang beredar saat ini. Di artikel ini, kami telah merekomendasikan beberapa judul manga terbaik yang bisa Anda coba baca. Membaca manga saat ini bisa diakses melalui media lain selain buku fisik. 


Berkat hal tersebut, makin banyak pembaca yang membaca manga melalui internet. Meskipun begitu, pastikan bahwa Anda mengakses manga secara legal, ya. Semoga Anda menemukan manga atau komik Jepang terbaik dan sesuai kebutuhan Anda!

5 Rekomendasi Manga / Komik Jepang terbaik

No. 1: Gege AkutamiJujutsu Kaisen

No. 2: Koyoharu GotougeDemon Slayer: Kimetsu no Yaiba

No. 3: Endo TatsuyaSpy x Family

No. 4: Eiichiro OdaOne Piece

No. 5: Hajime IsayamaAttack on Titan

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Buku
  3. Komik
  4. 10 Rekomendasi Manga / Komik Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.