1. TOP
  2. >
  3. Perawatan hewan
  4. >
  5. Perawatan kucing
  6. >
  7. 10 Catnip Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Catnip Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Catnip Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Catnip Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Catnip Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Catnip Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Catnip Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023)

Tidak hanya manusia, kucing pun memiliki "obat penenang" yang disebut catnip. Jika kucing agresif, Anda dapat mengandalkan catnip. Catnip juga diyakini mampu menjaga mood kucing agar merasa lebih bahagia. Bagi para cat lovers, catnip adalah barang yang harus ada di rumah!


Kali ini kami akan membagikan tips memilih catnip terbaik, baik catnip spray maupun catnip serbuk atau bubuk. Kami juga merekomendasikan merek catnip yang bagus dari segi kualitas dan harganya. Misalnya, terdapat catnip merek Pawsitive, Hahole, dan CindMill. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel. Yuk, dimulai!

Diperbaharui 12-15-2022
Pakar
Veterinarian
drh. Doel

drh. Muhammad Fadhlullah Mursalim yang lebih dikenal dengan drh. Doel adalah seorang dokter hewan alumni Universitas Airlangga. Setelah lulus, beliau bekerja di bidang perunggasan selama 2 tahun kemudian melanjutkan S2 Biomedik di Universitas Hasanuddin. Setelah S2, beliau melanjutkan bekerja sebagai dosen di Departemen Mikrobiologi Prodi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin sampai sekarang. Beliau juga sudah menyelesaikan studi S3 di Chulalongkorn University, Thailand. Beliau sering sharing mengenai keilmuan di Instagram-nya.

Profil drh. Doel
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa itu catnip dan apa manfaatnya?

Apa itu catnip dan apa manfaatnya?

Bagi para cat lovers, catnip adalah produk wajib yang harus dimiliki di rumah. Sebenarnya, apa itu catnip dan apa manfaatnya? Catnip atau dikenal juga sebagai catmint dan catswort berasal dari tanaman mint (Nepeta cataria). Selain berbentuk tanaman, sekarang ini banyak catnip yang sudah diolah dalam bentuk serbuk dan cair atau spray


Seluruh bagian catnip sangat disukai kucing dan dapat memberikan efek relaks. Kandungan catnip yang diketahui memiliki efek sedatif adalah Nepetalactones. Efeknya sama seperti manusia saat mengonsumsi LSD (lysergic acid diethylamide). 


Karena itu, banyak orang bergurau bahwa catnip adalah narkotikanya kucing. Jika demikian, apakah catnip aman untuk kucing? Jawabannya adalah catnip aman dan tidak membuat kucing kecanduan. Alasannya, efek catnip hanya bertahan selama 10 menit.


Namun, Anda tetap perlu mempertimbangkan frekuensi pemberian catnip. Jika sering diberikan, kucing akan kebal dan tidak menunjukkan efek apa pun. Pemberian catnip seminggu sekali sudah cukup bagi kucing untuk menikmati efeknya. Efek catnip pun berbeda-beda tergantung pada kucingnya. Ada kucing yang menjadi hiperaktif, ada juga kucing yang menjadi relaks sampai tidur pulas.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih catnip

Apakah Anda sudah siap untuk memilih catnip terbaik yang ada di online shop? Yuk, ikuti tips dan triknya dari kami berikut ini. Anda harus mengecek tipe, bentuk kemasan, cara penggunaan, sampai khasiat dari catnip

① Pilihlah berdasarkan tipenya

Catnip yang dijual di pasaran tersedia dalam dua tipe yaitu spray dan bubuk atau serbuk. Tipe bubuk banyak dipilih karena masih ada wujud aslinya sehingga terasa lebih autentik. Sementara itu, tipe spray menjadi primadona karena sangat mudah dipakai hanya dengan menyemprot saja. 

Tipe spray: Praktis dan tidak berceceran

Tipe spray: Praktis dan tidak berceceran

Apakah Anda mencari catnip yang praktis dan ekonomis saat digunakan? Solusinya adalah catnip tipe spray. Tipe ini berbentuk cair sehingga Anda dapat menggunakannya dengan menyemprotkannya ke mainan ataupun area bermain kucingKeuntungan lain dari tipe spray adalah isinya tidak mudah berceceran seperti halnya tipe bubuk. 


Catnip spray untuk kucing sangat mudah digunakan dan disimpan. Tipe spray sangat cocok untuk Anda yang supersibuk, tetapi tetap ingin memberi kebahagiaan untuk anabul kesayangan. Namun, perhatikan jarak saat Anda menyemprotkan catnip karena sebagian kucing terkadang kaget dengan bunyi semprotan.

Tipe bubuk: Autentik dan tahan lama

Tipe bubuk: Autentik dan tahan lama

Meskipun catnip spray yang lebih modern beredar di pasaran, tipe bubuk tidak pernah kehilangan penggemar. Mengapa demikian? Tipe bubuk tentu terkesan lebih autentik karena masih ada wujud daunnya. Sementara itu, tipe spray sudah dicairkan. Dengan tipe bubuk, kucing dapat menikmati catnip dalam bentuk aslinya. 


Selain itu, tipe bubuk lebih tahan lama dan lebih terjangkau harganya dibandingkan tipe spray. Dengan demikian, tipe bubuk bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang ingin berhemat atau memiliki banyak kucing. Cara menggunakan catnip bubuk juga tidak sulit. Anda bisa menabur catnip di area bermain kucing, mengisikan ke dalam mainan, atau mencampurnya dengan makanan kucing.

Tipe stick: Bagus untuk membersihkan gigi kucing

Tipe stick: Bagus untuk membersihkan gigi kucing

Berbeda dengan dua tipe sebelumnya, tipe ini terbuat dari batang catnip yang dikeringkan. Anda dapat memberikan catnip stick secara langsung agar digigit-gigit oleh kucing. Karena teksturnya keras, catnip stick dapat sekaligus membersihkan gigi kucing dari plak. Namun, tipe ini kurang cocok untuk kucing yang memiliki permasalahan gigi dan mulut.


Dengan memberikan catnip stick, kucing bisa lebih relaks sekaligus membantunya membersihkan gigi. Akan tetapi, Anda tetap perlu membersihkan gigi kucing secara rutin dan memberikan vitamin untuk menjaga kesehatannya. Simak rekomendasi sikat gigi dan vitamin kucing yang telah kami bagikan untuk Anda. Kami juga memberikan ulasan dan informasi lainnya melalui tautan berikut ini. 

② Tentukan berdasarkan kemasannya

Catnip berbentuk bubuk atau serbuk dikemas dalam berbagai bentuk, seperti tabung, pouch atau saset, dan botol atau kaleng. Dengan banyaknya pilihan ini, Anda dapat menyesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Karena itu, baca dahulu poin-poin berikut ini.

Kemasan transparan, mudah dilihat isinya

Kemasan transparan, mudah dilihat isinya

Laiknya zat kimia di laboratorium, Anda dapat menemukan catnip yang dikemas di dalam tabung atau botol transparan. Dengan begitu, stok catnip dapat mudah dicek tanpa harus membukanya terlebih dahulu. Namun, pastikan tutupnya selalu dalam kondisi rapat agar isinya tidak berceceran, ya. Jika kemasannya berbahan kaca, Anda harus lebih berhati-hati saat menyimpannya karena rawan pecah. 

Kaleng aluminium atau botol plastik, tahan lama dan tutupnya rapat

Kaleng aluminium atau botol plastik, tahan lama dan tutupnya rapat

Jika Anda mencari yang mudah disimpan secara aman dan kukuh, kemasan tipe kaleng atau botol plastik dapat dipilih. Kini ada juga botol plastik transparan yang dapat menampung lebih banyak bubuk catnip


Sementara itu, tipe kaleng lebih terkesan klasik dan tutupnya jauh lebih rapat dan aman. Dengan begitu, masa simpan catnip pun bisa lebih lama karena tidak terkontaminasi dengan udara. 

Pouch atau saset, praktis dibawa ke mana saja

Pouch atau saset, praktis dibawa ke mana saja

Spesial untuk Anda yang sering bepergian bersama si kucing, tipe kemasan pouch atau saset bisa menjadi penyelamat. Tipe ini sangat praktis dibawa ke mana saja. Anda dapat menyimpannya di dalam saku atau tas tanpa menguras banyak tempat penyimpanan. Jika kucing bad mood saat bepergian, Anda bisa langsung memberikannya catnip setelah sampai di lokasi tujuan.

③ Cermati bahan baku produknya

Cermati bahan baku produknya

Sebisa mungkin, hindari memberikan atau memilih produk catnip secara sembarangan. Cek komposisinya apakah ada bahan lain yang ditambahkan. Agar lebih aman, silakan memilih produk yang 100% alami. Jika perlu, Anda juga bisa memilih produk organik yang jauh lebih sehat. Beberapa produk catnip organik dapat Anda temukan di marketplace.

④ Cari tahu khasiatnya untuk si kucing

Cari tahu khasiatnya untuk si kucing

Khasiat utama catnip adalah memberikan efek bahagia dan relaks pada kucing. Namun, tahukah Anda bahwa khasiat catnip sangatlah banyak? Catnip dapat membantu pengeluaran hairball, meningkatkan nafsu makan, meredakan demam dan flu, membersihkan gigi, dan lain-lain. Menilik banyaknya khasiat yang ditawarkan, Anda pun dapat mengecek detail khasiat setiap produk sebelum membelinya.

⑤ Perhatikan cara penggunaannya

Perhatikan cara penggunaannya

Merek catnip satu dengan yang lainnya memiliki cara penggunaan yang berbeda-beda. Karena itu, cek terlebih dahulu cara penggunaan tiap produk. Ada catnip yang dapat ditaburkan atau disemprot langsung ke mainan kucing, papan garukan, dan makanan atau minuman. Selain itu, ada juga catnip yang dapat diberikan langsung kepada si kucing.


Dengan mengetahui cara penggunaannya, Anda dapat memilih sesuai dengan tujuan penggunaan dan lifestyle si kucing kesayangan. Jadi, tidak ada lagi masalah salah pilih karena ketidaktahuan akan cara penggunaannya.


Perhatikan juga hal-hal yang perlu Anda lakukan ketika efeknya sudah terlihat pada kucing Anda. Jangan lupa untuk membersihkan sisa-sisa catnip agar kucing Anda tidak terus-menerus kontak dengan catnip.

⑥ Cek juga shelf life produk

Cek juga shelf life produk

Shelf life atau masa simpan catnip juga perlu diperhatikan, lho! Mengingat kucing cepat sekali kebal, Anda harus mencari produk yang tahan lama. Jika masa simpannya pendek, produk akan kedaluwarsa saat akan digunakan kembali. Karena itu, Anda juga perlu memeriksa shelf life produk yang akan dibeli.


Sesuaikanlah volume dengan jumlah kucing yang dimiliki. Jika Anda hanya memiliki satu kucing, silakan pilih yang volumenya kecil. Untuk kasus ini, shelf life pendek tentunya tidak menjadi persoalan. 


Berbeda kasus jika Anda memiliki banyak kucing. Jika demikian, pilihlah produk yang ukurannya besar dengan shelf life yang panjang, misalnya 24 bulan.

10 Rekomendasi catnip terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk catnip terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Doel.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Matabi

Catnip Stick

Matabi  Catnip Stick 1枚目

Membantu membersihkan gigi kucing dari plak

2

Pawsitive

Pure Cat Mint Powder

Pawsitive Pure Cat Mint Powder  1枚目

Dapat membantu mengobati scabies juga, lho!

3

Tamasindo Veterinary

Katnip Kiss

Tamasindo Veterinary Katnip Kiss 1枚目

Diformulasikan secara khusus oleh Otsuda Corp Japan

4

Exotic Goods

Catnip Powder

Exotic Goods Catnip Powder  1枚目

Kemasan mungil cocok untuk Anda yang baru pertama kali membeli catnip

5

HAHOLE

Catnip Natural Organik

HAHOLE  Catnip Natural Organik 1枚目

Pilihan tepat untuk pencinta produk organik

6

Good Pet

Catnip Spray

Good Pet Catnip Spray 1枚目

Tenangkan kucing galak dengan catnip spray

7

Cindmill

Catnip Powder Premium

Cindmill Catnip Powder Premium 1枚目

Cindmill dengan kemasan gemas, cocok dijadikan kado!

8

Pete & Pet

Catnip Spray

Pete & Pet  Catnip Spray 1枚目

Terbuat dari 100% catnip, aromanya lebih tahan lama

9

Bioline

Catnip Spray

Bioline  Catnip Spray 1枚目

Ini dia mood booster untuk kucing kesayangan Anda!

10

Poozpet

Premium Leaf Catnip

Poozpet Premium Leaf Catnip 1枚目

Kemasan transparan untuk mencegah catnip tiba-tiba habis tak terdeteksi

Perincian produk
Close
No.1

Membantu membersihkan gigi kucing dari plak

Kelebihan:

  • Dengan menggigit catnip stick, gigi kucing bisa bersih dari plak
  • Praktis dan tidak berceceran
  • Sebagian seller menjualnya satuan sehingga cocok untuk first timer

Kekurangan:

  • Teksturnya keras, kurang cocok untuk kucing yang memiliki masalah gigi

Untuk alternatif pilihan catnip lainnya, cobalah memberikan catnip stick kepada kucing Anda. Catnip jenis ini bisa Anda berikan langsung agar kucing menggigit-gigit batang catnip. Selain memberikan sensasi relaks, tenang, dan nyaman, catnip stick juga membantu membersihkan gigi kucing.


Dengan menggigit-gigit catnip stick, giginya akan bersih dari plak yang menempel. Jika Anda kesulitan membersihkan gigi kucing, memberikan catnip stick bisa menjadi pilihan yang mudah!

No.2

PawsitivePure Cat Mint Powder

Mulai dari Rp6.000,00

Dapat membantu mengobati scabies juga, lho!

Kelebihan:

  • Mengurangi rasa sakit dan membantu menyembuhkan scabies
  • Dapat diisikan pada mainan kucing
  • Kemasannya kecil, cocok untuk first timer

Kekurangan:

  • Tidak ada pilihan kemasan lain yang lebih besar sehingga cepat habis

Scabies merupakan penyakit kulit yang umum terjadi pada kucing. Jika Anda ingin memberikan catnip yang sekaligus dapat membantu menyembuhkan scabies, kami merekomendasikan Pere Cat Mint Powder. 


Produk ini tidak hanya membuat kucing Anda relaks, tetapi juga membantu mengurangi rasa sakit dan mengobati scabies. Anda cukup menghaluskan catnip ini, lalu oleskan pada bagian tubuh yang terkena scabies. Untuk Anda yang menyukai produk praktis dan multifungsi, Pure Cat Mint Powder bisa menjadi pilihan terbaik!

No.3

Tamasindo VeterinaryKatnip Kiss

Mulai dari Rp19.000,00

Diformulasikan secara khusus oleh Otsuda Corp Japan

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan organik
  • Berkualitas tinggi dengan formula dari Otsuda Corp Japan

Kekurangan:

  • Tidak tersedia pilihan kemasan lain

Meskipun dibuat di Indonesia, Katnip Kiss adalah produk yang diformulasikan secara khusus oleh Otsuda Corp Japan. Karena itu, produk ini sangat disarankan untuk Anda yang menyukai produk buatan Jepang yang berkualitas tinggi. Selain itu, aromanya dijamin sangat disukai kucing karena dapat membuatnya relaks. Baiknya lagi, catnip spray ini tidak menyebabkan ketergantungan. 

No.4

Exotic GoodsCatnip Powder

Mulai dari Rp15.000,00

Kemasan mungil cocok untuk Anda yang baru pertama kali membeli catnip

Kelebihan:

  • Serpihan daun catnip sangat kecil sehingga lebih mudah dicampurkan dalam makanan kucing
  • Kemasannya kecil, cocok untuk first timer

Kekurangan:

  • Tidak tersedia pilihan kemasan lain yang lebih besar

Memang tidak semua kucing akan bereaksi terhadap catnip. Karena itu, jika Anda ingin memberikan catnip pertama kali untuk kucing, sebaiknya pilih kemasan kecil. Produk ini berisi catnip seberat 5 gram sehingga cocok untuk Anda yang ingin mencoba memberikan catnip pertama kali. Jika kucing Anda suka, Anda bisa membeli lagi produk dari Exotic Goods ini dalam jumlah banyak. 

No.5

HAHOLE Catnip Natural Organik

Mulai dari Rp14.000,00

Pilihan tepat untuk pencinta produk organik

Kelebihan:

  • Produk organik sehingga bebas pestisida
  • Dikemas dalam botol transparan dengan tutup berulir

Kekurangan:

  • Tidak tersedia pilihan kemasan lain

Produk organik tidak hanya sehat untuk manusia, tetapi juga lebih baik untuk anabul, lho! Jika Anda ingin memberikan catnip organik untuk kucing kesayangan, kami merekomendasikan Catnip Natural Organik. Produk dari HAHOLE ini berbentuk serbuk yang diproses dari catnip organik. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir bila produk ini terjilat atau tertelan oleh si kucing.

No.6

Tenangkan kucing galak dengan catnip spray

Kelebihan:

  • Praktis dan tidak berceceran
  • Dapat disemprotkan ke berbagai permukaan, benda, atau makanan dan minuman yang disukai kucing

Kekurangan:

  • Tidak tersedia pilihan kemasan lain

Sebagai pencinta kucing, tentu Anda ingin kucing-kucing Anda bersikap manis dan tidak galak. Namun, adakalanya kucing bersikap agresif, misalnya saat stres atau merasa terancam. Untuk membuatnya rileks, Anda bisa menyemprotkan catnip pada makanan atau mainan kucing.


Saat kucing berada di lingkungan baru, Anda juga dapat mengurangi stres pada kucing dengan memberikan catnip. Untuk pilihan produk yang recommended, Anda bisa memilih Good Pet Catnip Spray.

No.7

CindmillCatnip Powder Premium

Mulai dari Rp42.500,00

Cindmill dengan kemasan gemas, cocok dijadikan kado!

Kelebihan:

  • Dikemas dalam kaleng kecil agar catnip lebih tahan lama
  • Bubuknya halus sehingga lebih mudah dicampur ke dalam makanan atau minuman kucing
  • Cocok dijadikan kado untuk cat lover


Kekurangan:

  • Tidak tersedia kemasan lain yang lebih besar sehingga cepat habis


Untuk Anda yang tengah galau mencari kado untuk teman pencinta kucing, silakan memilih Cindmill ini. Catnip ini dikemas dalam kaleng aluminium bebas karat berbentuk bulat. 


Ukurannya mini dengan karakter kucing yang supergemas di bagian tutupnya. Dengan desain kemasan yang cute ini, teman Anda pasti menyukainya. Selain itu, tekstur catnip-nya pun lembut dan mudah ditaburkan.

No.8

Pete & Pet Catnip Spray

Mulai dari Rp22.000,00

Terbuat dari 100% catnip, aromanya lebih tahan lama

Kelebihan:

  • Menggunakan 100% catnip sebagai bahan utama
  • Aromanya diklaim lebih tahan lama
  • Diklaim non-toxic sehingga makin meyakinkan digunakan 

Kekurangan:

  • Tidak tersedia pilihan kemasan lain

Apabila Anda menginginkan catnip dengan aroma yang lebih tahan lama, cobalah catnip spray dari Pete & Pet. Dengan bahan 100% catnip, produk ini memiliki aroma yang tahan lama. Selain itu, catnip spray ini juga diklaim non-toxic sehingga Anda tak akan meragukan produk ini. Semprotkan pada mainan kucing untuk menstimulasi anabul Anda agar aktif bermain.

No.9

Ini dia mood booster untuk kucing kesayangan Anda!

Kelebihan:

  • Membantu meningkatkan mood kucing
  • Hanya membutuhkan satu atau dua hirupan sebelum kucing mulai bereaksi

Kekurangan:

  • Tidak tersedia pilihan kemasan lain

Tidak hanya manusia yang dapat merasakan bad mood. Kucing pun juga mengalaminya. Bad mood pada kucing antara lain ditandai dengan perilaku malas yang berbeda dari biasanya. Kucing yang sedang bad mood terkadang juga lebih agresif atau mendadak menjadi picky eater.


Untuk mengembalikan mood-nya, Anda bisa menggunakan catnip spray yang praktis ini. Semprotkan catnip spray pada boneka atau mainan kucing, lalu tunggu hingga kucing Anda menghirup aroma catnip. Hanya butuh satu atau dua hirupan agar kucing bisa menikmati efek mood boosting-nya!

No.10

PoozpetPremium Leaf Catnip

Mulai dari Rp32.000,00

Kemasan transparan untuk mencegah catnip tiba-tiba habis tak terdeteksi

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan premium
  • Dikemas dalam botol transparan dengan tutup berulir

Kekurangan:

  • Tidak tersedia pilihan kemasan lain

Ada kalanya kemasan tertutup akan membuat Anda kesulitan untuk mengecek catnip yang tersisa. Jika kondisi ini menyulitkan Anda, silakan memilih produk dari Poozpet ini. Catnip ini dikemas di dalam tabung yang transparan sehingga Anda dapat mengetahui jumlah catnip yang tersisa tanpa harus membukanya.


Jika sudah akan habis, Anda dapat segera membelinya. Dengan begitu, Anda tidak perlu melewati drama panik akibat catnip tiba-tiba habis tidak terdeteksi!

Baca juga rekomendasi produk kebutuhan kucing lainnya di sini

Setelah produk catnip ada di tangan, produk kebutuhan kucing apa lagi yang bisa dibeli selanjutnya? Kami sudah mengumpulkan delapan rekomendasi produk perawatan kucing yang dapat dipilih. Anda dapat membeli vitamin kucing, wet food, dry food, sampai mainan kucing di e-commerce langganan. 

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, Anda tentu menyadari bahwa memilih produk catnip tidak bisa sembarangan. Meskipun sama-sama catnip, tiap-tiap merek ternyata memiliki cara penggunaan dan khasiat yang berbeda-beda. Karena itu, Anda harus lebih jeli dalam membaca detail produk agar tidak salah memilih. Selamat berbelanja! Semoga ada yang cocok untuk kebutuhan kucing Anda, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer