1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Obat-obatan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2023)

Penyakit maag atau lambung bukanlah gangguan medis yang asing dan cenderung dekat dengan masyarakat Indonesia. Tidak heran apabila di pasaran tersedia berbagai merek obat maag yang bagus, antara lain Mylanta, Promag, atau Inpepsa. Jenisnya pun cukup bervariasi, seperti obat maag cair dan obat maag tablet.


Meskipun tersedia dalam beragam pilihan, tidak semua orang dapat menemukan obat maag yang dibutuhkan dengan mudah. Beberapa di antara Anda mungkin kebingungan saat memilihnya. Untuk itu, berikut ini kami akan memberikan rekomendasi obat maag paling ampuh beserta penjelasan singkat tentang cara memilihnya. Selamat menyimak!

Diperbaharui 08-09-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa itu sakit maag?

Apa itu sakit maag?

Mag adalah istilah untuk yang merujuk pada rasa sakit atau rasa tidak nyaman yang terjadi pada sistem pencernaan. Hal ini bisa meliputi kembung, rasa panas dan sesak di perut, sendawa berlebih, hingga mual. Penderita mag akan merasakan rasa tidak nyaman pada bagian perut atas. 


Mag biasa juga dikenal dengan sebutan radang lambung atau radang tukak lambung (gastritis). Namun, akhir-akhir ini mag sering kali disebut sebagai GERD. Meski begitu, mag dan GERD adalah dua kondisi yang berbeda. GERD merupakan rasa tidak nyaman yang diakibatkan oleh asam yang naik ke tenggorokan. Hal ini biasanya ditandai dengan rasa panas di dada (heartburn). 


Untuk meredakan rasa tidak nyaman akibat mag dan GERD tersebut, Anda bisa mencoba mengonsumsi air hangat. Air hangat dinilai dapat mengencerkan asam lambung dan membunuh bakteri serta virus di lambung. Selain itu, rutin mengonsumsi air hangat ternyata juga baik untuk mencegah mag dan GERD kambuh lagi. 

Cara memilih obat maag

Mengingat pemicunya yang cukup kompleks, pengobatan sakit mag menjadi sangat beragam. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih obat mag yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Di bawah ini kami telah merangkum poin-poin penting yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan obat mag

① Sesuaikan jenis obat dengan keluhan Anda

Sebelum memutuskan untuk membeli obat tertentu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab dari sakit mag yang dialami. Misalnya, sakit tersebut disebabkan oleh arus balik cairan usus dan produksi asam lambung berlebihan atau adanya infeksi.


Hal ini perlu diketahui sebab berbeda penyebab membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Jika ada penyerapan asam lambung berlebihan, dibutuhkan terapi yang menetralkan atau menghambat produksi asam lambung. Sementara itu, bila ada infeksi bakteri, dibutuhkan antibiotik sebagai penanganannya. Untuk itu, kenali jenis-jenis obat mag dan sesuaikan dengan keluhan Anda. 

Antasida, menetralkan asam lambung

Antasida, menetralkan asam lambung

Di antara obat mag yang ada di pasaran, antasida termasuk yang paling populer. Obat ini mengatasi sakit mag dengan menetralkan asam lambung. Beberapa bahan aktif tergolong ke dalam antasida, antara lain, adalah aluminium hydroxide, magnesium hydroxide, natrium bicarbonate, dan sucralfate


Secara spesifik, setiap bahan aktif tersebut bekerja dengan cara yang sedikit berbeda. Namun, tujuan akhirnya tetap menetralkan asam lambung agar gejala sakit mag mereda. 


Karena itu, antasida sesuai digunakan saat Anda merasakan gejala sakit mag atau diduga akan merasakan gejala sakit mag. Bagi kebanyakan orang, waktu yang tepat untuk mengonsumsi antasida adalah sebelum atau sesudah makan serta sebelum tidur. 

Antibiotik, atasi maag akibat infeksi bakteri

Antibiotik, atasi maag akibat infeksi bakteri

Terdapat bakteri yang dapat memasuki tubuh dan tinggal dalam saluran pencernaan yaitu Helicobacter pylori. Dalam waktu dan kondisi tertentu, bakteri ini dapat menginfeksi lambung dan memicu tukak lambung. Jadi, sakit mag dapat disebabkan juga oleh infeksi bakteri H. Pylori ini.


Jika kasusnya demikian, dibutuhkan antibiotik untuk mengatasinya. Namun, Anda hanya dapat menggunakan antibiotik di bawah pengawasan dokter. Oleh sebab itu, dalam artikel ini tidak akan ada rekomendasi antibiotik karena pembeliannya harus dengan resep dokter.

 

Berkonsultasilah dengan dokter bila obat mag yang tersedia di pasaran tidak kunjung memperbaiki kondisi Anda. Sakit mag yang Anda alami mungkin dipicu oleh infeksi bakteri sehingga membutuhkan antibiotik untuk mengatasinya. 

H2 blockers, cegah naiknya efek histamine dalam tubuh

H2 blockers, cegah naiknya efek histamine dalam tubuh

Tubuh manusia dapat mengenali lingkungan sekitarnya melalui perantara sistem sensoris. Sistem ini tersebar di seluruh tubuh dan bertugas mendeteksi dunia luar atau informasi internal dari organ tubuh. Pendeteksi tersebut disebut reseptor. Exteroreceptors untuk mendeteksi informasi dari luar dan interoreceptors untuk mendeteksi informasi internal tubuh. 


Nah, interoreceptors tersebut salah satunya berada di mukosa lambung yang disebut dengan histamine H2 receptor. Tugas histamine H2 receptor adalah menginformasikan kepada otak agar lambung memproduksi asam lambung. Apabila proses ini diinterupsi, produksi asam lambung akan terganggu. 


Jadi, obat mag kelompok H2 blockers akan menghambat proses tersebut sehingga produksi asam lambung juga terhambat. Cimetidine, ranitidine, dan famotidine merupakan beberapa obat yang termasuk ke dalam kelompok H2 blockers.

Proton-pump inhibitor, menghambat produksi asam lambung

Proton-pump inhibitor, menghambat produksi asam lambung

Secara sederhana, cara kerja proton-pump inhibitor hampir menyerupai H2 blockers. Perbedaannya terletak pada bagian yang dihambat saja. H2 blockers menghambat histamine H2 receptor, sedangkan proton-pump inhibitor menghambat pompa proton yang mengeluarkan asam lambung. 


Hasilnya, produksi asam lambung terhambat dan lambung memiliki kesempatan untuk memulihkan diri dari luka atau radang. Protont-pump inhibitor sebaiknya baru digunakan apabila H2 blockers tidak dapat mengatasi keluhan mag yang Anda derita. Anda dapat memilih omeprazole, esomeprazole, lansoprazole, atau pantoprazole.  

② Carilah bentuk obat maag yang mudah untuk Anda konsumsi

Di pasaran tersedia dua jenis obat mag yaitu obat cair dan obat tablet. Sebaiknya Anda mencari jenis obat yang sesuai dengan kebutuhan serta menimbang kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Jenis cair, lebih cepat diserap oleh tubuh

Jenis cair, lebih cepat diserap oleh tubuh

Beberapa dari Anda mungkin familier dengan obat mag jenis cair ini. Kelebihan obat jenis cair adalah lebih cepat diserap tubuh dibandingkan jenis tablet. Hal ini terjadi karena obat cair lebih mudah dicerna. Jadi, apabila Anda tengah mengalami gejala mag dan perlu pereda segera, pilihlah obat mag cair. 


Keuntungan lainnya adalah obat jenis ini juga mudah ditelan sehingga sesuai untuk pasien anak atau lansia. Namun, seperti yang telah diketahui, penggunaan obat mag cair kurang praktis. Obat jenis ini dikemas dalam botol dan butuh alat bantu seperti sendok atau gelas takar untuk meminumnya. 

Jenis tablet, penggunaannya lebih praktis

Jenis tablet, penggunaannya lebih praktis

Selain jenis cair, obat mag tersedia pula dalam jenis tablet. Jika dibanding dengan obat mag cair, obat jenis tablet memang lebih lambat diserap tubuh. Namun, obat mag tablet juga memiliki kelebihannya sendiri. 


Penggunaan obat mag tablet memiliki dosis yang lebih akurat karena kadar obat dalam setiap tablet seragam. Obat mag tablet juga lebih mudah digunakan, terutama jika Anda sedang di luar rumah atau dalam perjalanan. 

10 Rekomendasi obat maag

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh obat maag yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pembaca. 
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Kalbe Farma

Rantin

Kalbe Farma  Rantin  1枚目

Obat H2 blockers, hambat produksi asam langsung berlebih

2

Ferron Par Pharmaceutical

OMZ Kapsul

Ferron Par Pharmaceutical OMZ Kapsul  1枚目

Bekerja dengan cepat berkat teknologi delayed release

3

Fahrenheit

Inpepsa®

Fahrenheit Inpepsa® 1枚目

Memulihkan gangguan lambung dengan membentuk lapisan pelindung

4

Bintang Toedjoe

Bintang Toedjoe Obat Maag Waisan

Bintang Toedjoe Bintang Toedjoe Obat Maag Waisan 1枚目

Puyer andalan ketika maag menyerang

5

Nicholas Laboratories

Nicholas Laboratories   1枚目

Minim efek samping, lebih nyaman untuk dikonsumsi

6

Medifarma

Medifarma  1枚目

Atasi masalah asam lambung berlebih dengan baik

7

Pharos

Pharos  1枚目

Dosis tepat untuk anak-anak Anda

8

Kalbe Farma

Promag

Kalbe Farma  Promag 1枚目

Tablet kunyah yang cepat redakan maag

9

Johnson & Johnson Indonesia

Johnson & Johnson Indonesia  1枚目

Obat yang langsung bekerja di sumber gejala

10

Pharos

Polysilane Suspensi

Pharos  Polysilane Suspensi  1枚目

Mengatasi sakit maag yang disertai kembung

Perincian produk
Close
No.1

Obat H2 blockers, hambat produksi asam langsung berlebih

Kelebihan:

  • Langsung menghentikan proses produksi asam lambung berlebih


Kekurangan:

  • Perlu diberikan dengan pengawasan dokter, khususnya pada pasien dengan kondisi tertentu


Bila sakit mag Anda kerap kambuh setelah mengonsumsi daging, cobalah atasi dengan obat ini. Rantin merupakan kelompok H2 blockers yang akan menghambat produksi asam lambung. Apa kaitannya dengan daging?


Asam lambung diproduksi terutama untuk mencerna protein. Dengan demikian, masuknya daging ke dalam lambung tentu akan memicu produksi asam lambung. Bagi penderita mag, hal ini jelas kabar buruk sehingga pemakaian H2 blockers mungkin dibutuhkan. 

No.2

Ferron Par PharmaceuticalOMZ Kapsul

Mulai dari Rp75.000,00

Bekerja dengan cepat berkat teknologi delayed release

Kelebihan:

  • Lebih efektif dengan delayed release capsule

Kekurangan:

  • Harus sedia air untuk mengonsumsinya
  • Tidak semua orang bisa menelan kapsul

Memang benar bahwa obat mag jenis tablet atau kapsul bekerja lebih lambat dibandingkan jenis cair. Namun, hal tersebut tidak berlaku bila obat tersebut memakai teknologi delayed released seperti obat ini. Berbeda dengan obat lain, delayed release capsule tidak akan pecah menjadi partikel di lambung. 


Bahan aktif obat akan terlepas dari kapsul dan masuk ke saluran pencernaan saat mencapai usus. Dengan demikian, kerjanya lebih efektif dan efeknya dapat segera dirasakan. Jadi, untuk Anda yang membutuhkan penanganan sakit mag yang cepat dan praktis, kapsul ini dapat menjadi andalan. 

No.3

Memulihkan gangguan lambung dengan membentuk lapisan pelindung

Kelebihan:

  • Ampuh untuk mengurangi mual dan muntah

Kekurangan:

  • Bentuk cair, perlu menyiapkan sendok takar untuk mengonsumsinya

Bagi Anda yang merasakan mual dan muntah parah akibat sakit mag, pertimbangkan untuk mengonsumsi Inpepsa sebelum makan. Obat ini akan membentuk lapisan kompleks protein yang melapisi dinding lambung. 


Dengan demikian, asam lambung tidak dapat bersentuhan langsung dengan dinding lambung. Saat faktor pemicu iritasi lambung berkurang, gejala yang Anda rasakan seperti mual dan muntah pun mereda. 

No.4

Bintang ToedjoeBintang Toedjoe Obat Maag Waisan

Mulai dari Rp10.000,00

Puyer andalan ketika maag menyerang

Kelebihan:

  • Ada rasa apple mint, lebih mudah dikonsumsi
  • Dikemas dalam saset sekali konsumsi, tak perlu repot menakar dosis

Kekurangan:

  • Bentuk puyer, beberapa orang mungkin tidak nyaman saat mengonsumsinya

Bahan aktif di dalam obat ini sudah diketahui efektivitasnya. Namun, penelitian juga menunjukkan hydrotalcite adalah pilihan yang relatif lebih aman dibandingkan antasida lainnya. 


Berkaitan dengan itu, bagi Anda yang mengutamakan keamanan pengobatan, obat ini merupakan alternatif yang dapat Anda pilih. Jadi, Anda dapat menjalani pengobatan mag tanpa khawatir munculnya berbagai efek samping yang tidak diharapkan. 

No.5

Minim efek samping, lebih nyaman untuk dikonsumsi

Kelebihan:

  • Harganya ekonomis
  • Minim efek samping

Kekurangan:

  • Mungkin akan terasa rasa kapur

Bagi Anda yang memiliki masalah lambung atau rasa tidak nyaman yang ringan, Polycrol Forte ini bisa jadi pilihan. Harganya ramah di kantong dan minim efek samping. Namun, karena tidak ada perasa tambahan, tablet kunyah ini mungkin terasa seperti kapur. Jika Anda tidak terbiasa, sediakanlah air untuk dikonsumsi setelahnya. 

No.6

Atasi masalah asam lambung berlebih dengan baik

Kelebihan:

  • Harganya terjangkau

Kekurangan:

  • Ada kondisi tertentu yang memerlukan pengawasan dokter

Gastran merupakan salah satu obat mag yang cukup dicari di pasaran. Hal ini tentu tak lepas dari khasiatnya yang bagus dan harganya yang terjangkau. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi obat ini. Bagi orang dengan kondisi disfungsi ginjal atau yang menjalani diet rendah fosfat sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. 

No.7

Dosis tepat untuk anak-anak Anda

Kelebihan:

  • Bisa diberikan pada anak usia minimal 2 tahun

Kekurangan:

  • Produk berupa kapsul, beberapa anak mungkin kesulitan menelannya 

Tidak mudah menemukan obat yang pas untuk anak-anak. Banyak obat mag yang dijual di pasaran hanya boleh diberikan pada anak usia 6 tahun ke atas. Nah, menjawab persoalan tersebut, Pharos mengeluarkan Polysilane Junior. 


Produk ini merupakan obat mag khusus untuk anak-anak usia 2 hingga 12 tahun. Dosisnya pas dan Anda sebagai orang tua pun bisa lebih tenang. 

No.8

Tablet kunyah yang cepat redakan maag

Kelebihan:

  • Praktis, tinggal kunyah saja

Kekurangan:

  • Sebagian orang mungkin tidak nyaman dengan rasa obat ini saat dikunyah

Jika di tengah kesibukan Anda merasa tidak nyaman pada perut bagian atas, segera konsumsi obat ini. Promag tablet kunyah ini mudah dikonsumsi dan bekerja cepat redakan mag. Jika Anda enggan mengunyahnya langsung, Anda juga bisa menelannya menggunakan air. Jadi, silakan pilih cara konsumsi yang nyaman untuk Anda.

No.9

Johnson & Johnson Indonesia

Mulai dari Rp13.500,00

Obat yang langsung bekerja di sumber gejala

Kelebihan:

  • Quick action formula, mengatasi sakit dengan segera
  • Ada rasa mint yang segar

Kekurangan:

  • Perlu mempersiapkan sendok untuk mengonsumsinya

Mylanta hadir dengan quick action formula yang langsung bekerja di sumber gejala. Jadi, rasa sakit atau tidak nyaman pada lambung Anda akan segera teratasi. Anda pun dapat beraktivitas kembali. 


Kemasan Mylanta 50 ml ini juga travel-friendly sekali. Anda bisa masukannya di tas ataupun kantong pakaian. Jadi, kapan pun serangan mag datang, Anda sudah siap sedia. 

No.10

Mengatasi sakit maag yang disertai kembung

Kelebihan:

  • Bisa dikonsumsi anak-anak dan dewasa, bisa untuk persediaan obat di rumah
  • Ada rasa mint yang segar

Kekurangan:

  • Bentuknya cair, perlu menyediakan sendok untuk mengonsumsinya

Kami merekomendasikan obat ini bagi Anda yang mencari obat mag untuk penggunaan bersama keluarga. Selain untuk dewasa, obat mag ini juga dapat digunakan oleh anak-anak. Namun, pastikan Anda memperhatikan aturan pakainya, ya.


Di samping itu, obat ini juga kami rekomendasikan untuk penderita sakit mag yang disertai kembung. Kombinasi penetral asam lambung dengan antiflatulensi dalam obat ini efektif untuk mengatasi kembung dan gejala mag lainnya.

Baca juga rekomendasi obat untuk masalah kesehatan lainnya di sini

Selain mag, Anda mungkin mengalami masalah kesehatan lain dan kebingungan memilih obat yang tepat. Karena itu, kami memberikan rekomendasi obat lainnya untuk beberapa masalah kesehatan, seperti diare, flu, dan nyeri otot. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mempelajarinya lebih lanjut!

Kesimpulan

Semoga Anda dapat lebih mudah menemukan obat mag yang tepat setelah membaca artikel ini. Jangan lupa juga untuk mencari tahu penyebab sakit mag dan pilihlah jenis obat yang sesuai.


Namun, ingat, walaupun telah diupayakan agar sesuai dengan kebutuhan, tetap ada kemungkinan obat tidak efektif. Jadi, bila Anda tidak kunjung membaik, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer