• 10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Obat Maag (Terbaru Tahun 2022)

Penyakit maag atau lambung bukanlah gangguan medis yang asing dan cenderung dekat dengan masyarakat Indonesia. Tidak heran apabila di pasaran tersedia berbagai merek obat maag yang bagus, antara lain Mylanta, Promag, atau Inpepsa. Jenisnya pun cukup bervariasi, seperti obat maag cair dan obat maag tablet.


Meskipun tersedia dalam beragam pilihan, tidak semua orang dapat menemukan obat maag yang dibutuhkan dengan mudah. Beberapa di antara Anda mungkin kebingungan saat memilihnya. Untuk itu, berikut ini kami akan memberikan rekomendasi obat maag paling ampuh beserta penjelasan singkat tentang cara memilihnya. Selamat menyimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 09 Agustus 2022
Daftar isi

Apa itu sakit maag?

Apa itu sakit maag?

Mag adalah istilah untuk yang merujuk pada rasa sakit atau rasa tidak nyaman yang terjadi pada sistem pencernaan. Hal ini bisa meliputi kembung, rasa panas dan sesak di perut, sendawa berlebih, hingga mual. Penderita mag akan merasakan rasa tidak nyaman pada bagian perut atas. 


Mag biasa juga dikenal dengan sebutan radang lambung atau radang tukak lambung (gastritis). Namun, akhir-akhir ini mag sering kali disebut sebagai GERD. Meski begitu, mag dan GERD adalah dua kondisi yang berbeda. GERD merupakan rasa tidak nyaman yang diakibatkan oleh asam yang naik ke tenggorokan. Hal ini biasanya ditandai dengan rasa panas di dada (heartburn). 


Untuk meredakan rasa tidak nyaman akibat mag dan GERD tersebut, Anda bisa mencoba mengonsumsi air hangat. Air hangat dinilai dapat mengencerkan asam lambung dan membunuh bakteri serta virus di lambung. Selain itu, rutin mengonsumsi air hangat ternyata juga baik untuk mencegah mag dan GERD kambuh lagi. 

Cara memilih obat maag

Mengingat pemicunya yang cukup kompleks, pengobatan sakit mag menjadi sangat beragam. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih obat mag yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Di bawah ini kami telah merangkum poin-poin penting yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan obat mag

Sesuaikan jenis obat dengan keluhan Anda

Sebelum memutuskan untuk membeli obat tertentu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab dari sakit mag yang dialami. Misalnya, sakit tersebut disebabkan oleh arus balik cairan usus dan produksi asam lambung berlebihan atau adanya infeksi.


Hal ini perlu diketahui sebab berbeda penyebab membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Jika ada penyerapan asam lambung berlebihan, dibutuhkan terapi yang menetralkan atau menghambat produksi asam lambung. Sementara itu, bila ada infeksi bakteri, dibutuhkan antibiotik sebagai penanganannya. Untuk itu, kenali jenis-jenis obat mag dan sesuaikan dengan keluhan Anda. 

Antasida, menetralkan asam lambung

Antasida, menetralkan asam lambung

Di antara obat mag yang ada di pasaran, antasida termasuk yang paling populer. Obat ini mengatasi sakit mag dengan menetralkan asam lambung. Beberapa bahan aktif tergolong ke dalam antasida, antara lain, adalah aluminium hydroxide, magnesium hydroxide, natrium bicarbonate, dan sucralfate


Secara spesifik, setiap bahan aktif tersebut bekerja dengan cara yang sedikit berbeda. Namun, tujuan akhirnya tetap menetralkan asam lambung agar gejala sakit mag mereda. 


Karena itu, antasida sesuai digunakan saat Anda merasakan gejala sakit mag atau diduga akan merasakan gejala sakit mag. Bagi kebanyakan orang, waktu yang tepat untuk mengonsumsi antasida adalah sebelum atau sesudah makan serta sebelum tidur. 

Antibiotik, atasi maag akibat infeksi bakteri

Antibiotik, atasi maag akibat infeksi bakteri

Terdapat bakteri yang dapat memasuki tubuh dan tinggal dalam saluran pencernaan yaitu Helicobacter pylori. Dalam waktu dan kondisi tertentu, bakteri ini dapat menginfeksi lambung dan memicu tukak lambung. Jadi, sakit mag dapat disebabkan juga oleh infeksi bakteri H. Pylori ini.


Jika kasusnya demikian, dibutuhkan antibiotik untuk mengatasinya. Namun, Anda hanya dapat menggunakan antibiotik di bawah pengawasan dokter. Oleh sebab itu, dalam artikel ini tidak akan ada rekomendasi antibiotik karena pembeliannya harus dengan resep dokter.

 

Berkonsultasilah dengan dokter bila obat mag yang tersedia di pasaran tidak kunjung memperbaiki kondisi Anda. Sakit mag yang Anda alami mungkin dipicu oleh infeksi bakteri sehingga membutuhkan antibiotik untuk mengatasinya. 

H2 blockers, cegah naiknya efek histamine dalam tubuh

H2 blockers, cegah naiknya efek histamine dalam tubuh

Tubuh manusia dapat mengenali lingkungan sekitarnya melalui perantara sistem sensoris. Sistem ini tersebar di seluruh tubuh dan bertugas mendeteksi dunia luar atau informasi internal dari organ tubuh. Pendeteksi tersebut disebut reseptor. Exteroreceptors untuk mendeteksi informasi dari luar dan interoreceptors untuk mendeteksi informasi internal tubuh. 


Nah, interoreceptors tersebut salah satunya berada di mukosa lambung yang disebut dengan histamine H2 receptor. Tugas histamine H2 receptor adalah menginformasikan kepada otak agar lambung memproduksi asam lambung. Apabila proses ini diinterupsi, produksi asam lambung akan terganggu. 


Jadi, obat mag kelompok H2 blockers akan menghambat proses tersebut sehingga produksi asam lambung juga terhambat. Cimetidine, ranitidine, dan famotidine merupakan beberapa obat yang termasuk ke dalam kelompok H2 blockers.

Proton-pump inhibitor, menghambat produksi asam lambung

Proton-pump inhibitor, menghambat produksi asam lambung

Secara sederhana, cara kerja proton-pump inhibitor hampir menyerupai H2 blockers. Perbedaannya terletak pada bagian yang dihambat saja. H2 blockers menghambat histamine H2 receptor, sedangkan proton-pump inhibitor menghambat pompa proton yang mengeluarkan asam lambung. 


Hasilnya, produksi asam lambung terhambat dan lambung memiliki kesempatan untuk memulihkan diri dari luka atau radang. Protont-pump inhibitor sebaiknya baru digunakan apabila H2 blockers tidak dapat mengatasi keluhan mag yang Anda derita. Anda dapat memilih omeprazole, esomeprazole, lansoprazole, atau pantoprazole.  

Carilah bentuk obat maag yang mudah untuk Anda konsumsi

Di pasaran tersedia dua jenis obat mag yaitu obat cair dan obat tablet. Sebaiknya Anda mencari jenis obat yang sesuai dengan kebutuhan serta menimbang kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Jenis cair, lebih cepat diserap oleh tubuh

Jenis cair, lebih cepat diserap oleh tubuh

Beberapa dari Anda mungkin familier dengan obat mag jenis cair ini. Kelebihan obat jenis cair adalah lebih cepat diserap tubuh dibandingkan jenis tablet. Hal ini terjadi karena obat cair lebih mudah dicerna. Jadi, apabila Anda tengah mengalami gejala mag dan perlu pereda segera, pilihlah obat mag cair. 


Keuntungan lainnya adalah obat jenis ini juga mudah ditelan sehingga sesuai untuk pasien anak atau lansia. Namun, seperti yang telah diketahui, penggunaan obat mag cair kurang praktis. Obat jenis ini dikemas dalam botol dan butuh alat bantu seperti sendok atau gelas takar untuk meminumnya. 

Jenis tablet, penggunaannya lebih praktis

Jenis tablet, penggunaannya lebih praktis

Selain jenis cair, obat mag tersedia pula dalam jenis tablet. Jika dibanding dengan obat mag cair, obat jenis tablet memang lebih lambat diserap tubuh. Namun, obat mag tablet juga memiliki kelebihannya sendiri. 


Penggunaan obat mag tablet memiliki dosis yang lebih akurat karena kadar obat dalam setiap tablet seragam. Obat mag tablet juga lebih mudah digunakan, terutama jika Anda sedang di luar rumah atau dalam perjalanan. 

10 Rekomendasi obat maag

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh obat maag yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pembaca. 

Isi1 blister 10 tablet
Jenis obatH2 blockers
Bentuk obatTablet
Bahan aktif Ranitidine HCl 150 mg
FungsiMenghambat pengeluaran asam lambung, pengobatan jangka pendek tukak lambung dan tukak usus dua belas jari
KontraindikasiPenderita yang hipersensitif terhadap ranitidine
Efek samping Sakit kepala
Isi5 strips @6 kapsul
Jenis obatProton-pump inhibitor
Bentuk obatKapsul delayed release
Bahan aktif Omeprazole 20 mg
FungsiMengatasi nyeri lambung dengan kerja lebih cepat
KontraindikasiPenderita hipersensitif terhadap bahan kandungan dalam obat ini
Efek samping Sakit kepala, nyeri otot dan sendi, vertigo, gatal, rasa kantuk, atau sulit tidur
Isi100 ml
Jenis obatAntasida
Bentuk obatCair
Bahan aktif Sucralfate 500 mg/5 ml
FungsiMelapisi mukosa lambung sehingga tidak teritasi oleh asam lambung, menetralkan asam lambung dan cairan usus
KontraindikasiPasien dengan gagal ginjal kronis
Efek samping Sembelit, mulit kering, kulit kemerahan
Isi1 dus 12 sachet
Jenis obatAntasida
Bentuk obatPuyer
Bahan aktif Hydrocalcite 200 mg, MgOH2 150 mg, simethicone 50 mg
FungsiMengurangi gejala mag, seperti mual, nyeri lambung, nyeri ulu hati, kembung, dan perasaan penuh pada lambung
KontraindikasiPenderita hipersensitif terhadap bahan kandungan obat ini, anak di bawah usia 6 tahun
Efek samping Tidak disebutkan
Isi1 strip 10 tablet
Jenis obatAntasida
Bentuk obatTablet kunyah
Bahan aktif Activated methylpolysiloxane 125 mg, Mg(OH)2 100 mg, Al(OH)3-mg carbonate 275 mg
FungsiMengobati gangguan pada saluran pencernaan seperti gastritis, perut kembung, maag, dispepsia, hiatus hernia, tukak lambung dan usus duabelas jari
KontraindikasiOrang yang memiliki riwayat alergi terhdap salah satu komponen obat
Efek samping Mual
Isi1 strip 10 tablet
Jenis obatAntasida
Bentuk obatTablet kunyah
Bahan aktif Alumunium hydroxide 200 mg, magnesium hydroxide 200 mg, simethicone 80 mg
FungsiMengurangi gejala yang berhubungan dengan kelebihan asam lambung,
KontraindikasiHipersensitivitas
Efek samping Diare, konstipasi, obstruksi intestinal (dosis besar)
Isi60 kapsul
Jenis obatAntasida
Bentuk obatKapsul granul
Bahan aktif Simethicone 40 mg
FungsiMengurangi gelembung-gelembung gas dalam saluran cerna
KontraindikasiPenderita yang hipersensitif dengan obat ini
Efek samping x
Isi3 blister @10 tablet
Jenis obatAntasida
Bentuk obatTablet kunyah
Bahan aktif Hydrotalcite 200 mg, magnesium hydroxide 150 mg, simetichone 50 mg
FungsiMeredakan sakit mag dan menurunkan kadar asam lambung
KontraindikasiPenderita dengan riwayat alergi terhadap bahan kandungan obat ini
Efek samping Sembelit, diare, mual, muntah
Isi50 ml
Jenis obatAntasida
Bentuk obatCair
Bahan aktif Alumunium hidroksida kering 200 mg, magnesium hidroksida 200 mg, simetikon 20 mg
FungsiMengurangi gejala-gejala yang berhubungan dengan kelebihan asam lambung
KontraindikasiPenderita gangguan fungsi ginjal yang berat atau orang yang alergi dengan kandungan pada obat ini
Efek samping Sembelit, diare, mual, muntah, sensasi terbakar di mulut atau tenggorokan, dysgeusia atau persepsi rasa berubah, reaksi hipersensitifitas termasuk ruam, urtikaria, dan angioedema
Isi180 ml
Jenis obatAntasida
Bentuk obatCair
Bahan aktif Simethicone 80 mg, aluminium hydroxide 200 mg, magnesium hydroxide 200 mg
FungsiMengatasi sakit mag yang disebabkan oleh tingginya asam lambung
KontraindikasiPenderita gangguan fungsi ginjal yang berat
Efek samping Sembelit, diare, mual, muntah

Tabel perbandingan produk obat maag

Gambar produk
Fahrenheit Inpepsa 1

Fahrenheit

Kalbe Farma  Rantin  1

Kalbe Farma

Ferron Par Pharmaceutical OMZ Kapsul  1

Ferron Par Pharmaceutical

Bintang Toedjoe Obat Maag Waisan 1

Bintang Toedjoe

Kalbe Farma  Promag 1

Kalbe Farma

Pharos  Polysilane Suspensi  1

Pharos

Johnson & Johnson Indonesia Mylanta Cair 1

Johnson & Johnson Indonesia

Nicholas Laboratories  Polycrol Forte  1

Nicholas Laboratories

Medifarma Gastran Strip 1

Medifarma

Pharos Polysilane Junior 1

Pharos

Nama produk

Inpepsa

Rantin

OMZ Kapsul

Obat Maag Waisan

Promag

Polysilane Suspensi

Mylanta Cair

Polycrol Forte

Gastran Strip

Polysilane Junior

Keunggulan

Memulihkan gangguan lambung dengan membentuk lapisan pelindung

Obat H2 blockers, hambat produksi asam langsung berlebih

Bekerja dengan cepat berkat teknologi delayed release

Puyer andalan ketika maag menyerang

Tablet kunyah yang cepat redakan maag

Mengatasi sakit maag yang disertai kembung

Obat yang langsung bekerja di sumber gejala

Minim efek samping, lebih nyaman untuk dikonsumsi

Atasi masalah asam lambung berlebih dengan baik

Dosis tepat untuk anak-anak Anda

Harga mulai dariRp 75.000,00Rp 45.000,00Rp 75.000,00Rp 10.000,00Rp 25.000,00Rp 39.700,00Rp 13.500,00Rp 7.500,00Rp 7.465,00Rp 49.600,00
Isi100 ml1 blister 10 tablet5 strips @6 kapsul1 dus 12 sachet3 blister @10 tablet180 ml50 ml1 strip 10 tablet1 strip 10 tablet60 kapsul
Jenis obatAntasidaH2 blockersProton-pump inhibitorAntasidaAntasidaAntasidaAntasidaAntasidaAntasidaAntasida
Bentuk obatCairTablet Kapsul delayed releasePuyerTablet kunyahCairCairTablet kunyahTablet kunyahKapsul granul
Bahan aktif Sucralfate 500 mg/5 mlRanitidine HCl 150 mgOmeprazole 20 mg Hydrocalcite 200 mg, MgOH2 150 mg, simethicone 50 mgHydrotalcite 200 mg, magnesium hydroxide 150 mg, simetichone 50 mgSimethicone 80 mg, aluminium hydroxide 200 mg, magnesium hydroxide 200 mgAlumunium hidroksida kering 200 mg, magnesium hidroksida 200 mg, simetikon 20 mgActivated methylpolysiloxane 125 mg, Mg(OH)2 100 mg, Al(OH)3-mg carbonate 275 mgAlumunium hydroxide 200 mg, magnesium hydroxide 200 mg, simethicone 80 mgSimethicone 40 mg
FungsiMelapisi mukosa lambung sehingga tidak teritasi oleh asam lambung, menetralkan asam lambung dan cairan ususMenghambat pengeluaran asam lambung, pengobatan jangka pendek tukak lambung dan tukak usus dua belas jari Mengatasi nyeri lambung dengan kerja lebih cepatMengurangi gejala mag, seperti mual, nyeri lambung, nyeri ulu hati, kembung, dan perasaan penuh pada lambungMeredakan sakit mag dan menurunkan kadar asam lambung Mengatasi sakit mag yang disebabkan oleh tingginya asam lambungMengurangi gejala-gejala yang berhubungan dengan kelebihan asam lambungMengobati gangguan pada saluran pencernaan seperti gastritis, perut kembung, maag, dispepsia, hiatus hernia, tukak lambung dan usus duabelas jariMengurangi gejala yang berhubungan dengan kelebihan asam lambung,Mengurangi gelembung-gelembung gas dalam saluran cerna
KontraindikasiPasien dengan gagal ginjal kronisPenderita yang hipersensitif terhadap ranitidinePenderita hipersensitif terhadap bahan kandungan dalam obat ini Penderita hipersensitif terhadap bahan kandungan obat ini, anak di bawah usia 6 tahun Penderita dengan riwayat alergi terhadap bahan kandungan obat ini Penderita gangguan fungsi ginjal yang beratPenderita gangguan fungsi ginjal yang berat atau orang yang alergi dengan kandungan pada obat iniOrang yang memiliki riwayat alergi terhdap salah satu komponen obatHipersensitivitasPenderita yang hipersensitif dengan obat ini
Efek samping Sembelit, mulit kering, kulit kemerahan Sakit kepalaSakit kepala, nyeri otot dan sendi, vertigo, gatal, rasa kantuk, atau sulit tidurTidak disebutkan Sembelit, diare, mual, muntahSembelit, diare, mual, muntahSembelit, diare, mual, muntah, sensasi terbakar di mulut atau tenggorokan, dysgeusia atau persepsi rasa berubah, reaksi hipersensitifitas termasuk ruam, urtikaria, dan angioedemaMualDiare, konstipasi, obstruksi intestinal (dosis besar)x
Tautan produk

Baca juga rekomendasi obat untuk masalah kesehatan lainnya di sini

Selain mag, Anda mungkin mengalami masalah kesehatan lain dan kebingungan memilih obat yang tepat. Karena itu, kami memberikan rekomendasi obat lainnya untuk beberapa masalah kesehatan, seperti diare, flu, dan nyeri otot. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mempelajarinya lebih lanjut!

Kesimpulan

Semoga Anda dapat lebih mudah menemukan obat mag yang tepat setelah membaca artikel ini. Jangan lupa juga untuk mencari tahu penyebab sakit mag dan pilihlah jenis obat yang sesuai.


Namun, ingat, walaupun telah diupayakan agar sesuai dengan kebutuhan, tetap ada kemungkinan obat tidak efektif. Jadi, bila Anda tidak kunjung membaik, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Batuk untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Saat buah hati mengalami batuk, tentu Anda akan segera mencari obat batuk terbaik untuk meredakan batuknya. Di pasaran sendiri, banyak varian obat batuk anak yang dapat Anda temui, seperti merek Anakonidin, OBH Combi, serta Hufagripp BP.Saat memilih obat batuk, Anda pastinya tidak ingin si kecil mengalami efek samping. Untuk itu, kami akan memberikan rekomendasi merk obat batuk anak yang bagus dan dapat diberi secara online. Anda juga tak perlu khawatir karena artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba. 
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2022)
    Kondisi lingkungan saat musim kemarau menjadi kering dan berdebu sehingga dapat memicu mata gatal dan berair. Jika Anda mengalaminya, obat tetes mata untuk mata gatal bisa menjadi penyelamat. Selain kondisi lingkungan, ada bermacam-macam penyebab mata gatal. Oleh karena itu, produk obat tetes mata gatal juga beragam.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan informasi cara memilih obat tetes mata yang bagus. Beberapa rekomendasi merek obat tetes mata gatal juga akan kami berikan. Misalnya saja, ada obat tetes mata merek Insto, Rohto, dan Braito. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, silakan baca artikel ini.
    Obat-obatan
  • 10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Anak-anak bisa lebih sering mengalami pilek. Pilek biasanya menjadi alasan utama anak berobat ke dokter atau tidak masuk sekolah. Sebagai orang tua, penting sekali bagi Anda mengenali pilihan obat pilek untuk anak.Di pasaran tersedia berbagai merek obat pilek yang bagus, seperti Hufagripp dan Bodrexin. Supaya memudahkan Anda memilih obat pilek untuk anak, berikut ini kami berikan tips memilihnya. Simak sampai akhir karena kami juga akan memberikan rekomendasi obat pilek yang dapat Anda pilih. Selain itu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
  • 10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Obat sakit perut dikonsumsi untuk meredakan gangguan perut, seperti mules, nyeri, perut melilit, diare, dan sebagainya. Untuk mengatasinya, banyak masyarakat memilih membeli obat herbal atau obat sakit perut di apotek. Tidak hanya orang dewasa saja, banyak juga anak-anak yang membutuhkan obat sakit perut khusus anak.Anda tentu saja tidak boleh sembarangan memilih obat sakit perut. Bersama dengan dokter umum, Annisa, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih obat sakit perut yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek obat sakit perut yang bagus, seperti Mylanta, Tay Pin San, dan Polysilane.
    Obat-obatan
  • 10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sedang mengalami bersin-bersin, hidung tersumbat, atau meriang? Jika ya, mungkin Anda sedang terkena flu. Anda perlu segera mengonsumsi obat flu yang bagus. Anda bisa menemukan beragam obat flu di pasaran. Ada jenis obat flu biasa, obat flu dan batuk, hingga obat flu yang tidak menyebabkan kantuk.Kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli obat flu. Anda juga dapat menyimak rekomendasi obat flu, mulai dari produk dari merek Panadol, Bodrex, Procold, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah yang bagus sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Berbagai merek ternama, seperti Insto, Rohto, serta Cendo pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
  • 10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cairan Pembersih Telinga - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2022)
    Selain membuat tidak nyaman, kotoran telinga yang menumpuk juga berisiko memicu terjadinya infeksi. Karena itu, telinga perlu dibersihkan secara rutin, salah satunya memakai cairan pembersih telinga. Anda perlu memilih produk yang aman supaya tidak muncul komplikasi akibat pembersihan yang keliru.Di antara merek cairan pembersih telinga, seperti Forumen, Vital Ear Oil, serta Santadex, manakah yang sebaiknya dipilih? Untuk memudahkan Anda menemukan cairan pembersih telinga yang bagus, kami telah menyiapkan tips memilih dan rekomendasi produknya. Kami berkolaborasi dengan dokter spesialis THT-KL, dr. Agustinus Purba, dalam penulisan artikel ini.  Selamat menyimak!
    Obat-obatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori