• 10 Rekomendasi Game Terbaik untuk Nintendo Switch (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Game Terbaik untuk Nintendo Switch (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Game Terbaik untuk Nintendo Switch (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Game Terbaik untuk Nintendo Switch (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Game Terbaik untuk Nintendo Switch (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Game Terbaik untuk Nintendo Switch (Terbaru Tahun 2021)

Bermain game bersama keluarga atau teman-teman adalah cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu luang. Namun, game yang tidak sesuai dengan pemainnya mungkin bisa membuat suasana bermain tidak nyaman. Selain karena tingkat kesulitannya, game bisa menampilkan unsur kekerasan yang tidak sesuai dimainkan anak-anak.


Nah, di sini kami akan menjelaskan cara memilih dan berbagai rekomendasi sepuluh game terbaik untuk Nintendo Switch. Selain game dari Nintendo, produk dari Supergiant Games dan ConcernedApe tidak bisa dilewatkan. Setiap game memiliki cara yang berbeda untuk dinikmati. Jadi, sesuaikan game yang akan dipilih dengan kebutuhan Anda!

  • Pembaharuan terakhir: 23 April 2021
  • 5.807 Views
Daftar isi

Nintendo Switch, konsol game ramah keluarga

Anda memang diberikan banyak pilihan konsol game. Akan tetapi, Nintendo Switch adalah pilihan terbaik untuk dimainkan bersama keluarga di rumah.


Sebagai produsen game, Nintendo merilis banyak game yang ramah keluarga secara eksklusif untuk konsol besutannya. Artinya, Anda tidak akan bisa memainkan deretan game tersebut pada konsol lainnya. Lalu, sebagian besar game Nintendo Switch menampilkan karakter-karakter lucu dan memiliki gameplay yang cepat dipelajari. 


Selain menjadi konsol game yang ramah keluarga, produk Nintendo ini juga seru saat dimainkan bersama teman-teman. Hal tersebut karena fleksibilitas Nintendo Switch yang bisa menjadi konsol game di rumah atau portabel.


Bahkan, tersedia Nintendo Switch Lite yang didedikasikan sebagai handheld. Jadi, Anda bisa memainkan game yang sederhana di rumah dan yang lebih menantang bersama teman-teman di kafe. Berbagai pengalaman bermain game bisa Anda dapatkan dengan Nintendo Switch.

Cara memilih game untuk Nintendo Switch

Anda pasti tidak ingin sebuah game yang baru dibeli tidak jadi dimainkan. Hal ini bisa terjadi karena game tidak sesuai dengan kategori pemain atau justru di luar preferensi Anda. Maka dari itu, kami akan memandu Anda untuk menemukan game Nintendo Switch yang sesuai kebutuhan. Simak baik-baik, ya. 

Pilihlah berdasarkan genrenya

Biasanya, genre akan menjadi penentu utama saat memilih game Nintendo Switch. Jadi, sebelum turun ke poin-poin berikutnya, tentukan dulu genre terbaik menurut Anda, ya.

Platformer: Mengasah keterampilan dan kecepatan

Platformer termasuk genre tertua di dunia video game. Salah satu game legendaris dengan genre ini adalah produk Nintendo, yaitu Super Mario Bros.. Anda akan ditantang untuk mencapai garis akhir pada suatu stage yang penuh halangan dan rintangan. 


Keterampilan dalam membaca situasi dibutuhkan untuk menentukan celah suatu rintangan. Selanjutnya, kecepatan akan menjadi penentu kesuksesan Anda melewati rintangan tersebut. Seiring waktu, genre ini berkembang dari grafis 2D ke 3D. Namun, grafis 2D belum ditinggalkan karena terus mendapatkan upgrade dari sisi visual.

Fighting: Mengadu kekuatan antarpemain

Fighting game telah lama menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu bersama teman. Selain seru, genre ini acap kali jadi ajang pembuktian soal siapa pemain yang paling handal. Siapa yang paling cepat menghabisi health bar lawan, dialah pemenangnya.


Awalnya, fighting game hanya bisa dinikmati dua pemain dalam satu waktu. Kini, sudah banyak judul game yang menawarkan mode battle royal. Anda bisa melawan hingga tujuh pemain lain di saat yang bersamaan. Namun, game dengan genre ini tidak melulu membutuhkan pemain lain. Anda bisa melawan AI (artificial intelligent) untuk terus mengasah kemampuan.

Racing: Berlomba menjadi yang tercepat

Seperti dalam perlombaan balap, pemenang dari racing game adalah siapa yang lebih dahulu mencapai garis finish. Gameplay dari genre ini bervariasi, misalnya yang murni ajang balap mobil atau motor di sirkuit. Kemudian, ada yang penuh halang rintang dan memungkinkan pemainnya untuk menghambat lawan dengan berbagai persenjataan.


Selain fighting game, genre ini juga menjadi lahan ajang pembuktian siapa yang terbaik. Namun, genre ini lebih bersahabat untuk anak-anak. Tidak ada unsur kematian atau kekerasan yang ditunjukkan dalam game. Bila Anda ingin berkompetisi bersama keluarga di rumah, racing game adalah pilihan yang lebih aman.

Adventure: Mengikuti cerita dan menyelesaikan teka-teki

Genre ini akan mengasah kemampuan memecahkan masalah dari pemainnya. Anda harus mengikuti sebuah alur cerita untuk menamatkan game. Bila Anda menyukai narasi yang kuat, adventure game sering kali menawarkan kelebihan ini. Namun, apabila Anda cenderung menikmati kebebasan menjelajah peta, Anda tidak akan banyak menemuinya di genre ini.


Untuk melanjutkan cerita, Anda perlu memecahkan teka-teki supaya membuka area baru yang bisa ditelusuri. Tidak jarang teka-teki yang ada kelewat susah dan membuat pemainnya terjebak. Maka dari itu, sebaiknya anak-anak dipandu saat bermain game jenis ini supaya tidak cepat bosan.

Simulation: Kehidupan sehari-hari di dalam game

Simulation berkembang menjadi salah satu genre yang paling diminati saat ini. Unsur kemiripannya dengan kegiatan sehari-hari justru menjadi daya pikat bagi gamer. Selain bisa menjalani kehidupan di dalam game, genre ini sudah memungkinkan para pemainnya untuk bersosialisasi.


Simulation masih memiliki banyak subgenre, di antaranya ada vehicle simulation yang membuat Anda seolah-olah menjadi supir truk, masinis, hingga pilot. Kemudian, life simulation yang merupakan imitasi kehidupan sehari-hari juga ada. Latar life simulation beragam, mulai dari pedesaan, perkotaan, hingga hutan belantara.

Role-playing game: Kemungkinan yang tidak terbatas

Sesuai namanya, role-playing game atau RPG adalah genre yang membuat Anda memainkan sebuah peran di dalam game. Alur ceritanya bisa bervariasi tergantung setiap pemain karena pengambilan keputusan yang berbeda. Situasi di dalam game bereaksi dari aksi yang Anda ambil terhadap suatu peristiwa. 


RPG adalah genre yang paling banyak beririsan dengan genre lainnya. Alhasil, genre lain seperti adventure atau simulation diberikan sistem yang membuat pemainnya memiliki kemungkinan tidak terbatas. Tidak hanya setiap alurnya yang menarik ditelusuri, kustomisasi karakter bahkan bisa membuat Anda terhanyut berjam-jam.

Perhatikan rating dari game

Tidak semua game dapat dimainkan oleh semua kalangan umur. Sebagai contoh, game dengan rating T atau Teen dikhususkan untuk pemain berumur 13 tahun ke atas. Game dengan rating tersebut bisa mengandung unsur kekerasan yang sedikit menampilkan darah.


Sementara itu, rating E atau Everyone berarti game tersebut dapat dimainkan semua kalangan umur. Anda juga akan menemui game dengan rating E 10+. Game seperti ini bisa jadi menampilkan kekerasan, tetapi masih dalam bentuk kartun.


Rating pada game menggunakan standar dari ESRB atau Entertainment Software Rating Board. Keterangan rating bisa Anda temui pada kemasan game atau memeriksa laman resminya lebih dahulu. Jadi, sesuaikan rating pada game dengan umur pemainnya, ya. Jangan sampai suasana bermain game bersama keluarga malah jadi antiklimaks karena rating yang tidak sesuai dengan pemainnya.

Ketahui jumlah pemainnya

Mode akan menentukan seberapa banyak pemain yang bisa bermain dalam waktu bersamaan,  misalnya mode single player yang hanya memungkinkan satu pemain. Kemudian, ada juga mode multiplayer yang memungkinkan lebih dari satu pemain bermain bersamaan. Batasan jumlah pemainnya berbeda-beda di setiap game dengan mode ini.


Namun, suatu game dapat memiliki lebih dari satu mode bermain. Game semacam ini memiliki mode single player dan multiplayer sekaligus. Game dengan kedua mode ini dapat dimainkan secara fleksibel, tidak bergantung pada jumlah pemain yang tersedia. Jadi, periksa lebih dahulu mode yang tersedia pada suatu game untuk menyesuaikan kebutuhan Anda.

Pertimbangkan game yang mendapat penghargaan

Tidak ada salahnya mempertimbangkan faktor penghargaan ketika Anda masih bingung saat memilih game baru. Memang tidak ada acara penghargaan tertinggi untuk game seperti Oscar untuk film dan Grammy untuk musik. Namun, game memiliki banyak acara penghargaan yang kualitasnya bersaing satu sama lain. 


Penghargaan untuk game sendiri digelar oleh pelaku industri video game atau media. Contohnya adalah The Game Awards, Golden Joystick Awards, Japan Game Awards, dan D.I.C.E Awards dari pihak industri. Kemudian, ada juga dari media seperti SXSW Gaming Awards dan Giant Bomb's Game of the Year Award. Jadi, Anda bisa mendapat gambaran kualitas sebuah game dari para pelaku industrinya atau dari kalangan gamer.

10 Rekomendasi game terbaik untuk Nintendo Switch

Setelah memahami cara memilih game Nintendo Switch, saatnya bagi Anda untuk membaca ulasan produk-produknya dari kami. Berikut ini, kami merekomendasikan sepuluh game terbaik untuk Nintendo Switch yang bisa Anda pertimbangkan.

10

NintendoSuper Mario 3D All-Stars

Mulai dari Rp 655.555,00

GenrePlatformer
RatingE
Jumlah pemainHingga dua pemain
Penghargaan-
9
GenreRacing
RatingE
Jumlah pemainHingga dua belas pemain
PenghargaanOld Game of the Year (Giant Bomb's 2017 Game of the Year Awards), Racing Game of the Year (21st Annual D.I.C.E. Awards), dan lain-lain
8
GenreAction, adventure
RatingE
Jumlah pemainHingga delapan pemain
PenghargaanBest Family Game (The Game Awards 2019), BAFTA Games Award for Animation
7

NintendoSuper Smash Bros. Ultimate

Mulai dari Rp 699.000,00

GenreAction, Fighting
RatingE 10+
Jumlah pemainhingga delapan pemain
PenghargaanNintendo Game of the Year (2019 Golden Joystick Awards), Fighting Game of the Year (22nd Annual D.I.C.E. Awards)
6
GenreAction Adventure, Platformer
RatingE 10+
Jumlah pemainSatu pemain
PenghargaanIndependent Game of the Year (2018 Australian Games Awards)
5

Supergiant GamesHades

Mulai dari Rp 250.000,00

GenreAction Adventure, RPG
RatingT
Jumlah pemainSatu pemain
PenghargaanCritic's Choice by Golden Joystick Awards 2020
4
GenreLife simulation, RPG
RatingE 10+
Jumlah pemainHingga empat pemain
PenghargaanBreakthrough Award (2016 Golden Joystick Awards)
3

GAME FREAK Inc.Pokémon Sword and Pokémon Shield Double Pack

Mulai dari Rp 1.702.000,00

GenreAdventure, RPG
RatingE
Jumlah pemainHingga empat pemain
PenghargaanTrending Game of the Year (SXSW Gaming Awards), Game of the Year (Famitsu Dengeki Game Awards 2019)
2

NintendoAnimal Crossing: New Horizons

Mulai dari Rp 698.000,00

GenreLife simulation, RPG
RatingE
Jumlah pemainHingga delapan pemain
PenghargaanGame of the Year 2020 (Japan Game Awards)
1

NintendoThe Legend of Zelda: Breath of the Wild

Mulai dari Rp 695.000,00

GenreAction Adventure, RPG
RatingE 10+
Jumlah pemainSatu pemain
PenghargaanUltimate Game of the Year (2017 Golden Joystick Awards), Game of the Year (The Game Awards 2017), Game of the Year (21st Annual D.I.C.E. Awards)

Tabel perbandingan produk game terbaik untuk Nintendo Switch

Gambar produk
1
Nintendo The Legend of Zelda: Breath of the Wild 1

Nintendo

2
Nintendo Animal Crossing: New Horizons 1

Nintendo

3
 GAME FREAK Inc. Pokémon Sword and Pokémon Shield Double Pack 1

GAME FREAK Inc.

4
ConcernedApe Stardew Valley 1

ConcernedApe

5
Supergiant Games Hades 1

Supergiant Games

6
Team Cherry Hollow Knight 1

Team Cherry

7
Nintendo Super Smash Bros. Ultimate 1

Nintendo

8
Nintendo Luigi’s Mansion 3 1

Nintendo

9
Nintendo Mario Kart 8 Deluxe 1

Nintendo

10
Nintendo Super Mario 3D All-Stars 1

Nintendo

Nama produk

The Legend of Zelda: Breath of the Wild

Animal Crossing: New Horizons

Pokémon Sword and Pokémon Shield Double Pack

Stardew Valley

Hades

Hollow Knight

Super Smash Bros. Ultimate

Luigi’s Mansion 3

Mario Kart 8 Deluxe

Super Mario 3D All-Stars

Keunggulan

Menjelajah Hyrule tanpa ada hambatan sepanjang jalan!

Bersosialisasi di dunia game, seperti menjalani kehidupan kedua

Menangkap dan melawan sekumpulan generasi baru Pokémon

Simulasi bertani dan beternak yang bisa mengalihkan dunia Anda

Game bertema mitologi Yunani yang membawa Anda ke neraka

Game platformer 2D dengan audio dan visual menghanyutkan

Bertarung dengan karakter-karakter ikonik dari dunia game

Membasmi hantu usil sendirian atau ramai-ramai bersama teman

Bisa berlomba menjadi yang tercepat atau bertarung menjadi yang terkuat

Melewati rintangan sambil bernostalgia bersama Super Mario!

Harga mulai dariRp 695.000,00Rp 698.000,00Rp 1.702.000,00Rp 499.000,00Rp 250.000,00Rp 485.000,00Rp 699.000,00Rp 660.000,00Rp 667.000,00Rp 655.555,00
GenreAction Adventure, RPGLife simulation, RPGAdventure, RPGLife simulation, RPGAction Adventure, RPGAction Adventure, PlatformerAction, FightingAction, adventureRacingPlatformer
RatingE 10+EEE 10+TE 10+E 10+EEE
Jumlah pemainSatu pemainHingga delapan pemainHingga empat pemainHingga empat pemainSatu pemainSatu pemainhingga delapan pemainHingga delapan pemainHingga dua belas pemainHingga dua pemain
PenghargaanUltimate Game of the Year (2017 Golden Joystick Awards), Game of the Year (The Game Awards 2017), Game of the Year (21st Annual D.I.C.E. Awards)Game of the Year 2020 (Japan Game Awards)Trending Game of the Year (SXSW Gaming Awards), Game of the Year (Famitsu Dengeki Game Awards 2019)Breakthrough Award (2016 Golden Joystick Awards)Critic's Choice by Golden Joystick Awards 2020Independent Game of the Year (2018 Australian Games Awards)Nintendo Game of the Year (2019 Golden Joystick Awards), Fighting Game of the Year (22nd Annual D.I.C.E. Awards)Best Family Game (The Game Awards 2019), BAFTA Games Award for AnimationOld Game of the Year (Giant Bomb's 2017 Game of the Year Awards), Racing Game of the Year (21st Annual D.I.C.E. Awards), dan lain-lain-
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk game lainnya di sini

Game Nintendo Switch menawarkan pengalaman bermain yang menyenangkan di rumah. Akan tetapi, Anda memiliki banyak pilihan untuk memiliki quality time bersama keluarga. Selain video game, permainan kartu dan board game tidak kalah serunya, lho. 


Kedua jenis permainan tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana bermain dan belajar karena mengasah otak. Langsung saja temukan rekomendasi permainan kartu terbaik dan board game terbaik di artikel-artikel berikut ini.

Kesimpulan

Kami sudah menjelaskan cara memilih game terbaik untuk Nintendo Switch dan berbagi rekomendasinya untuk Anda. Sudahkah Anda menemukan yang pas di hati? Selain gameplay dari game-nya sendiri, kesesuaian dengan kategori pemainnya juga akan meningkatkan pengalaman bermain. Mari buat suasana bermain di rumah makin menyenangkan dengan deretan game Nintendo Switch yang ramah keluarga!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Game PS4 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Game PS4 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    PlayStation 4 merupakan konsol game favorit dengan begitu banyak game menarik. Game action, racing, fighting, dan genre lainnya untuk PS4 menanti dimiliki oleh Anda. Tidak hanya untuk orang dewasa, game PlayStation 4 untuk anak-anak pun banyak beredar di pasaran.Cara memilih dan rekomendasi game terbaik untuk PS 4 ada dalam artikel ini. Game PS4 keren buatan Bethesda Game Studios, KOEI TECMO GAMES, Square Enix, Rockstar Games, dan sebagainya bisa Anda miliki. Selamat membaca dan bermain!
    CD game
    1.965 Views
  • 10 Rekomendasi Game Terbaik untuk Nintendo 3DS (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Game Terbaik untuk Nintendo 3DS (Terbaru Tahun 2021)
    Deretan game terbaik untuk Nintendo 3DS sudah menanti Anda. Game-nya kompatibel, baik untuk Nintendo 3DS XL maupun New Nintendo 3DS yang merupakan tipe terbaru. Judulnya bervariasi, dari yang bergenre RPG, simulasi, dan lainnya. Mencari game ringan? Tentu ada. Anda tak perlu khawatir karena game merk Nintendo dikenal bersahabat untuk anak-anak.Tetaplah di sini agar Anda mendapatkan game Nintendo 3DS yang bagus. Kami sudah menyiapkan panduan cara memilihnya untuk Anda. Setelahnya, Anda dapat menyimak rekomendasi produk terbaik beserta ulasannya. Tanpa berlama-lama lagi, yuk, segera telusuri artikel ini.
    CD game
    1.327 Views
  • 10 Rekomendasi Game Multiplayer Terbaik untuk PlayStation 4 (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Game Multiplayer Terbaik untuk PlayStation 4 (Terbaru Tahun 2021)
    PlayStation 4 menawarkan beragam game yang ciamik secara visual, gameplay, dan alur ceritanya. Menariknya lagi, segala keunggulan tersebut bisa Anda rasakan bersama dengan teman atau keluarga jika membeli game multiplayer.Game terkenal keluaran Activision, Capcom U.S.A., Konami, dan sebagainya menanti untuk Anda mainkan. Cara memilih dan rekomendasi game multiplayer terbaik untuk PS4 ada dalam artikel ini. Anda pun akan makin mudah menentukan game yang hendak dibeli. Selamat membaca dan pilih game yang bisa membuat waktu luang Anda makin seru!
    CD game
    2.320 Views
  • 10 Rekomendasi Game Open World Terbaik untuk PlayStation 4 (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Game Open World Terbaik untuk PlayStation 4 (Terbaru Tahun 2021)
    Game open world menawarkan kebebasan mengeksplorasi dunia yang sangat luas. Meski jalan ceritanya bisa saja linier, tetapi game open world memberi Anda fleksibilitas pemilihan misi. Terdapat misi utama atau misi sampingan, lakukan saja dahulu misi mana pun yang Anda inginkan. Ada begitu banyak game open world berkualitas untuk PlayStation 4. Game keren keluaran Bethesda Softworks, BANDAI NAMCO Entertaintment, atau Rockstar Games bisa Anda koleksi. Cara memilih dan rekomendasi game open world untuk PS4 ada dalam artikel ini, pilihlah game yang paling Anda suka!
    CD game
    1.775 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dengan menggunakan earphone gaming, Anda dapat menyelami dunia game lebih dalam. Tak hanya itu, saat bermain game TPS dan FPS, Anda dapat mendengarkan suara sekecil apa pun. Saat ini, ada banyak merk earphone gaming yang bagus dan terkadang membuat Anda bingung dalam memilih.Melalui artikel ini kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk-produk terkenal, seperti JBL, SoundPEATS, Razer, dan lainnya. Tak hanya itu, kami juga akan menyajikan tips memilih earphone yang cocok untuk menemani Anda bermain game. Temukan produk pilihan Anda di sini!
    Aksesori mobile gaming
    175.243 Views
  • 10 Rekomendasi Konsol Game Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Konsol Game Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki konsol game yang tepat akan memberi pengalaman gaming maksimal. Tak melulu soal audio jernih atau grafis tajam, konsol game jadul juga menawarkan kenikmatan tersendiri bagi beberapa orang. Bahkan, game Android dan iOS bisa Anda nikmati di layar televisi.Produk konsol game bervariasi, dari yang terpasang di rumah hingga yang portable. Kami akan memandu Anda memilih konsol game yang sesuai kebutuhan. Tak lupa, kami juga telah mengulas rekomendasi produknya untuk Anda. Ada konsol dari Nintendo, Sony, dan lainnya. Simak artikel ini untuk menemukannya.
    Game console
    1.558 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori