mybest
Keyboard komputer

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Keyboard komputer
  4. 10 Keyboard Logitech Terbaik - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Keyboard Logitech Terbaik - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Keyboard Logitech Terbaik - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Keyboard Logitech Terbaik - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Keyboard Logitech Terbaik - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Keyboard Logitech Terbaik - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Keyboard Logitech Terbaik - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2024)

Keyboard merupakan salah satu elemen penting pada komputer atau laptop. Alat ini berfungsi untuk menginput data berupa huruf, angka, ataupun simbol ke dalam komputer Anda. Ada banyak produsen yang memproduksi dan menjualnya, salah satunya ialah produsen asal Swiss dengan merek Logitech.


Berbagai jenis keyboard, mulai dari yang klasik, wireless, hingga multi-device keyboard akan dibahas di dalam artikel ini. Sebelum itu, kami terlebih dahulu akan membahas tips cara memilih keyboard yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh keyboard enthusiast kami, Agi Tiara. Selamat membaca!

Diperbaharui 14/07/2023
Agi Tiara
Pakar
Lifestyle blogger & keyboard enthusiast
Agi Tiara

Agi Tiara adalah seorang lifestyle blogger yang memiliki passion terhadap keyboard. Passion-nya terhadap keyboard bermula dari hobi bermain game. Selain itu, pekerjaan yang mengharuskan dirinya untuk mengetik secara terus-menerus juga menjadikannya makin gemar terhadap keyboard. Saat ini, Agi Tiara memiliki beberapa keyboard dalam berbagai bentuk, jenis, dan fungsi sebagai koleksi.

Profil Agi Tiara
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Keunggulan keyboard dari Logitech

Keunggulan keyboard dari Logitech
Sumber: logitech.com

Keyboard Logitech memiliki desain yang stylish dan mengikuti perkembangan zaman. Merek ini menawarkan jaminan kualitas dan keandalan terbaik untuk penggunanya dengan harga yang relatif terjangkau. Keyboard Logitech juga dilengkapi garansi selama 1–3 tahun. Garansi tersebut berlaku apabila terjadi kerusakan yang disebabkan oleh eror pada produk.


Sebagian besar keyboard Logitech didesain dengan bentuk yang tipis dan ramping sehingga lebih nyaman ketika digunakan. Label pada tombol-tombolnya juga memiliki tampilan yang terang dan jelas, serta tidak mudah pudar. Simak terus artikel ini dan ketahui keunggulan-keunggulan lainnya dari keyboard Logitech!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih keyboard Logitech

Logitech memiliki banyak jenis keyboard, mulai dari wireless hingga wired keyboard. Keyboard-keyboard tersebut juga dilengkapi fitur dan kegunaannya masing-masing. Simak tips untuk memilih keyboard berikut ini agar Anda mendapatkan gambaran produk yang Anda butuhkan.

1

Periksa jenis koneksinya

Berdasarkan cara koneksinya, keyboard Logitech terbagi menjadi dua jenis, yaitu wireless dan wired keyboard. Untuk memudahkan Anda, kami akan membahas kekurangan dan kelebihan dari masing-masing keyboard tersebut. Silakan simak penjelasannya berikut ini.

Wireless keyboard, praktis dan portabel

Wireless keyboard, praktis dan portabel
Sumber: logitech.com

Wireless keyboard atau keyboard tanpa kabel populer karena praktis dan portabel. Bentuknya yang compact membuat keyboard ini banyak diminati oleh orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi. Alat ini dapat menyala menggunakan tenaga baterai sehingga ada kemungkinan keyboard kehabisan daya ketika sedang digunakan.


Untuk memakainya, Anda hanya perlu menyambungkan keyboard pada perangkat Anda menggunakan teknologi Bluetooth atau Wi-Fi. Sangat praktis, bukan? Kelebihan lainnya, wireless keyboard kompatibel hampir di semua perangkat, seperti komputer, laptop, tablet, bahkan smartphone.


Beberapa seri keyboard wireless terbaik dari Logitech memiliki teknologi hemat energi. Keyboard akan mati saat tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu sehingga menghemat baterai.

Wired keyboard, ekonomis dan tanpa baterai

Wired keyboard, ekonomis dan tanpa baterai
Sumber: logitech.com

Wired keyboard (dengan kabel) memang kurang praktis, tetapi harganya lebih ekonomis sehingga tidak menguras kantong Anda. Keyboard ini tidak membutuhkan baterai karena disambungkan dengan daya listrik dari laptop atau komputer. Hal ini juga membuat koneksi sinyal dari keyboard ke komputer atau laptop lebih stabil.


Kemungkinan terjadi delay input masih ada, tetapi sangatlah kecil. Ada beberapa yang menjadi penyebabnya, salah satunya adalah seri keyboard yang tidak mendapat dukungan. Selain itu, membrane keyboard yang membutuhkan waktu untuk bottoming menjadi salah satu penyebab juga. 


Waktu sambung (plug-in time) keyboard ini sangat cepat sehingga bisa langsung terdeteksi dalam beberapa detik. Karena kebanyakan wired keyboard berukuran besar, jenis ini ideal untuk penggunaan stasioner di rumah atau kantor saja.

2

Cek dimensi dan berat keyboard

Cek dimensi dan berat keyboard
Sumber: logitech.com

Dimensi dan berat keyboard perlu disesuaikan dengan pemakaian Anda. Untuk penggunaan stasioner, keyboard berukuran besar tentu lebih nyaman. Dengan dimensi yang besar, tombol-tombol pada keyboard tidak terlalu berdekatan sehingga Anda lebih leluasa saat mengetik. Hal ini dikarenakan makin kecil ukuran keyboard, maka tata letak tombolnya juga makin padat atau sesak.


Keyboard berukuran besar biasanya memiliki bobot yang agak berat sehingga kurang ideal untuk dibawa bepergian. Kebanyakan jenis keyboard ini memiliki kedalaman tombol-tombol yang baik sehingga nyaman dipakai mengetik. Hal ini juga membuat proses pengetikan lebih akurat dan meminimalkan kesalahan input.


Di sisi lain, untuk penggunaan mobile, keyboard berukuran kecil dan ringan lebih direkomendasikan. Hal ini karena keyboard akan praktis ketika dibawa dan tidak memenuhi tas Anda. Akan tetapi, keyboard dengan bobot ringan cenderung kurang tahan lama dan karetnya mudah aus.

3

Sesuaikan keyboard dengan sistem operasi yang digunakan oleh perangkat Anda

Sesuaikan keyboard dengan sistem operasi yang digunakan oleh perangkat Anda
Sumber: logitech.com

Sebelum memilih keyboard, pastikan Anda mengetahui sistem operasi yang digunakan oleh komputer atau laptop Anda. Sistem operasi yang umumnya dipakai oleh perangkat elektronik adalah Windows, Linux, iOS, macOS, Android, dan Chrome OS. Selanjutnya, pilih keyboard yang kompatibel dengan sistem operasi tersebut. Dengan begitu, keyboard yang Anda beli dapat digunakan dan berfungsi dengan baik.


Pada umumnya, kompatibilitas keyboard Logitech termasuk universal. Namun, memilih keyboard yang kompatibel dengan sistem operasi akan mempermudah saat menggunakan tombol control/command, alt, dan Windows.

4

Ketahui keberadaan fitur antiair atau spill-resistant


Keyboard sangat rentan rusak akibat cairan. Bahkan, hanya beberapa tetes air bisa membuat keyboard rusak atau eror. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena beberapa keyboard dari Logitech telah dilengkapi oleh fitur spill-resistant.


Fitur spill-resistant akan mencegah keyboard mengalami kerusakan saat terkena tumpahan cairan hingga 60 ml. Berkat fitur tersebut, Anda akan merasa lebih tenang dan aman ketika bekerja sambil meminum kopi favorit Anda.

5

Pilih paket kombo jika ingin lebih hemat

Pilih paket kombo jika ingin lebih hemat
Sumber: logitech.com

Bagi Anda yang bekerja mengolah data atau membuat desain tertentu, memakai keyboard saja tentu tidak cukup. Selain keyboard, Anda juga membutuhkan mouse agar lebih leluasa ketika bekerja. Karena itu, pilihlah set keyboard yang dilengkapi mouse.


Keyboard kombo dari Logitech telah dilengkapi dengan mouse yang kompatibel. Dengan membeli set ini, Anda dapat menghemat waktu serta biaya yang diperlukan untuk mendapatkan keduanya. Paket kombo ini juga umumnya mempermudah interkoneksi karena hanya membutuhkan satu koneksi untuk beberapa device.

6

Periksa fungsi atau fitur lainnya

Periksa fungsi atau fitur lainnya
Sumber: logitech.com

Salah satu kelebihan keyboard Logitech adalah telah dilengkapi berbagai varian fungsi dan fitur tambahan. Karena itu, pilihlah keyboard dengan fitur yang sesuai kebutuhan Anda. Misalnya, ada keyboard yang memiliki fitur tombol media sehingga Anda dapat mengontrol playlist dengan satu sentuhan.


Contoh lain, jika Anda sering bermain-main dengan angka, pilih keyboard yang dilengkapi dengan numeric pad. Selain yang telah disebutkan tadi, masih banyak fitur dan fungsi lain yang dimiliki keyboard Logitech. Keyboard dengan fitur multi-device, Easy-Switch, dan SilentTouch juga kami rekomendasikan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi keyboard Logitech terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk keyboard Logitech terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Agi Tiara.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Logitech

K120 Corded Keyboard920-002582

Logitech K120 Corded Keyboard 1

Rp169.000

Lebih Murah

Keyboard low-profile yang didesain tahan lama

2

Logitech

K380 Multi-Device Bluetooth Keyboard

Logitech K380 Multi-Device Bluetooth Keyboard 1

Rp599.000

Menengah

Hemat daya, baterainya bisa tahan sampai 2 tahun!

3

Logitech

MK240 Wireless Keyboard dan Mouse Combo

Logitech MK240 Wireless Keyboard dan Mouse Combo 1

Rp459.000

Menengah

Desainnya yang unik membuat keyboard Anda lain dari yang lain

4

Logitech

G213 RGB Gaming Keyboard 920-008096

Logitech G213 RGB Gaming Keyboard  1

Rp949.000

Agak Mahal

Bermain game makin seru dengan pencahayaan backlit yang dapat disesuaikan

5

Logitech

MK295 Silent Wireless Combo920-009814

Logitech MK295 Silent Wireless Combo 1

Rp569.000

Menengah

Kerja jadi lebih fokus tanpa gangguan suara berkat teknologi SilentTouch

6

Logitech

K375s Multi-Device920-008250

Logitech K375s Multi-Device 1

Rp509.000

Menengah

Beralih perangkat menjadi lebih mudah dengan tombol Easy-Switch

7

Logitech

K400 Plus Wireless Touch Keyboard

Logitech K400 Plus Wireless Touch Keyboard 1

Rp689.000

Menengah

Dilengkapi touchpad terintegrasi untuk mengontrol TV

8

Logitech

MK200 Media Corded Keyboard dan Mouse Combo920-002693

Logitech MK200 Media Corded Keyboard dan Mouse Combo 1

Rp319.000

Agak Murah

Kontrol musik sesuka hati menggunakan tombol media yang tersedia

9

Logitech

Pop Keys Keyboard Mechanical Wireless

Logitech Pop Keys Keyboard Mechanical Wireless 1

Rp2.029.000

Lebih Mahal

Rasakan sensasi mengetik ala mesin tik yang menyenangkan

10

Logitech

MK470 Slim Wireless Combo

Logitech MK470 Slim Wireless Combo 1

Rp1.999.999

Lebih Mahal

Keyboard combo yang ramping dan minimalis

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

LogitechK120 Corded Keyboard920-002582

K120 Corded Keyboard 1
Sumber: logitech.com
K120 Corded Keyboard 2
Sumber: logitech.com
K120 Corded Keyboard 3
Sumber: logitech.com
K120 Corded Keyboard 4
Sumber: logitech.com
Harga referensi
Rp169.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp169.000
Lebih Murah

Keyboard low-profile yang didesain tahan lama

K120 Corded Keyboard adalah keyboard full-size yang lengkap dengan function keys dan numeric pad. Keyboard ini memiliki desain yang low profile dengan kaki-kaki yang bisa disesuaikan untuk kenyamanan mengetik.


Tombol space bar-nya juga dibentuk melengkung sehingga memberikan Anda kenyamanan saat mengetik. Produk ini sangat disarankan bagi Anda yang menginginkan keyboard yang tahan lama. Tombol-tombol pada keyboard ini dapat ditekan hingga 10 juta kali dan lebih awet.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

LogitechK380 Multi-Device Bluetooth Keyboard

Harga referensi
Rp599.000
Menengah

Hemat daya, baterainya bisa tahan sampai 2 tahun!

Keyboard serbaguna ini memiliki tampilan minimalis dan modern yang banyak disukai generasi muda. Dengan desain yang tipis dan futuristik, keyboard ini cocok untuk mengetik di berbagai perangkat.


Untuk Anda yang sibuk, K380 Multi-Device Bluetooth Keyboard hadir dengan daya tahan baterai yang lebih awet. Hanya dengan dua buah baterai AAA, keyboard Anda dapat bertahan hingga 2 tahun. Dengan begitu, Anda tidak perlu rutin memeriksa status baterainya.

No.3

LogitechMK240 Wireless Keyboard dan Mouse Combo

Harga referensi
Rp459.000
Menengah

Desainnya yang unik membuat keyboard Anda lain dari yang lain

Jika Anda menginginkan keyboard yang desainnya berbeda dari produk lain, keyboard ini adalah pilihan tepat. Keyboard ini didesain minimalis, tetapi dengan aksen warna yang kontras sehingga membuatnya lebih menonjol.


MK240 Wireless Keyboard dan Mouse Combo terdiri dari dua warna senada, yaitu warna hitam dengan aksen kuning, dan warna putih dengan aksen merah. Yuk jadikan nuansa meja kerja Anda jadi lebih ceria dengan keyboard ini!

No.4

LogitechG213 RGB Gaming Keyboard 920-008096

Harga referensi
Rp949.000
Agak Mahal

Bermain game makin seru dengan pencahayaan backlit yang dapat disesuaikan

Apabila Anda sedang mencari keyboard gaming Logitech terbaik, produk ini bisa menjadi pilihan. Keyboard ini dilengkapi dengan teknologi Lightsync RGB yang memungkinkan Anda mensinkronisasi pencahayaan dan profil game dengan konten Anda. Level kecerahan juga dapat disesuaikan dengan keinginan.


G213 RGB Gaming Keyboard juga dilengkapi dengan tombol Logitech Mech-Dome yang senyap. Tombol ini memberikan respons tactile yang mirip dengan keyboard mechanical. Karena itu, keyboard ini dapat memberikan pengalaman bermain game yang menyenangkan.

No.5

LogitechMK295 Silent Wireless Combo920-009814

Harga referensi
Rp569.000
Menengah

Kerja jadi lebih fokus tanpa gangguan suara berkat teknologi SilentTouch

Apakah Anda pernah mendapatkan teguran karena berisik saat bekerja atau mengerjakan tugas di perpustakaan? Jika pernah, sepertinya Anda perlu mengganti keyboard lama Anda dengan keyboard ini.


Produk ini dilengkapi dengan teknologi SilentTouch inovatif yang diklaim dapat menyaring noise hingga 90%. Dengan teknologi ini, Anda bisa lebih fokus bekerja dan tidak mengganggu orang-orang di sekitar. Keyboard ini juga cocok digunakan saat Anda bekerja lembur sampai larut malam.

No.6

LogitechK375s Multi-Device920-008250

Harga referensi
Rp509.000
Menengah

Beralih perangkat menjadi lebih mudah dengan tombol Easy-Switch

Tak hanya untuk laptop atau komputer, Anda juga mungkin ingin memakai keyboard pada smartphone dan tablet. Namun, pengaturan koneksi pada tiap perangkat tersebut cukup merepotkan. Karena itu, K375s Multi-Device cocok untuk Anda yang menginginkan cara cepat untuk beralih koneksi ke berbagai perangkat.


Dengan fitur Easy-Switch, Anda bisa beralih koneksi dari komputer ke tablet Anda hanya dengan satu sentuhan. Produk ini menyediakan tiga tombol switch yang bisa diatur untuk tiga gadget Anda. Keyboard ini juga dilengkapi dudukan universal untuk menopang tablet atau smartphone.

No.7

LogitechK400 Plus Wireless Touch Keyboard

Harga referensi
Rp689.000
Menengah

Dilengkapi touchpad terintegrasi untuk mengontrol TV

Kelebihan:

  • Dilengkapi touchpad terintegrasi untuk menggerakkan pointer
  • Koneksi wireless dapat menjangkau hingga 10 meter

Kekurangan:

  • Belum dilengkapi dengan backlit keys

Bagi Anda yang mempunyai smart TV di rumah, produk ini cocok untuk dipilih. Berkat adanya fitur touchpad terintegrasi, Anda dapat mengontrol pointer komputer dan TV Anda dengan mudah. Anda juga bisa menjadikan produk ini sebagai opsi keyboard external laptop terbaik untuk laptop Anda. Koneksi wireless-nya dapat menjangkau sampai 10 meter sehingga bisa digunakan di ruang keluarga yang besar.

No.8

LogitechMK200 Media Corded Keyboard dan Mouse Combo920-002693

Harga referensi
Rp319.000
Agak Murah

Kontrol musik sesuka hati menggunakan tombol media yang tersedia

Jika Anda menginginkan keyboard yang memudahkan Anda untuk mengontrol musik, produk ini jawabannya. Bagian atas keyboard ini dilengkapi dengan tombol multimedia instan yang akan memudahkan Anda untuk mengakses musik. Anda juga bisa membuka e-mail melalui tombol yang berada di sebelah tombol home.


Tombol-tombol tersebut sangat ideal bagi Anda yang sering mendengarkan musik ketika bekerja. Dengan begitu, Anda dapat mengganti lagu, menjeda video, atau mematikan audio dengan mudah dan instan.

No.9

LogitechPop Keys Keyboard Mechanical Wireless

Harga referensi
Rp2.029.000
Lebih Mahal

Rasakan sensasi mengetik ala mesin tik yang menyenangkan

Pop Keys Keyboard Mechanical Wireless adalah keyboard yang dilengkapi dengan delapan tombol emoji. Uniknya, tombol emoji ini dapat dikustomisasi melalui software Logitech. Karena itu, produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang sering berselancar di media sosial.


Keyboard ini juga menawarkan cara mengetik pada tombol mechanical ala mesin tik. Jika Anda mengetik menggunakan produk ini, jemari Anda akan terasa memantul di atas tombol. Suara switch mechanical pada setiap ketikan menambah kesan klasik yang menyenangkan.

No.10

LogitechMK470 Slim Wireless Combo

Harga referensi
Rp1.999.999
Lebih Mahal

Keyboard combo yang ramping dan minimalis

Bila Anda sedang mencari keyboard combo yang tidak memenuhi meja kerja Anda, produk ini pas untuk Anda. MK470 Slim Wireless Combo memiliki desain yang minimalis, modern, dan slim. Karena itu, produk ini cocok ditempatkan di meja kerja yang sempit.


Meskipun desainnya minimalis, produk ini dilengkapi dengan numeric pad dan dua belas tombol function keys. Tentunya tombol-tombol tersebut akan memberikan kenyamanan untuk entri data yang efisien.

Bagaimana cara menggunakan keyboard dengan nyaman?

Agar penggunaan keyboard lebih nyaman, Anda bisa memilih keyboard yang ergonomis. Hal ini karena keyboard ergonomis memiliki sandaran di bagian tangan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan wrist rest pad atau alas pergelangan tangan agar mengetik terasa lebih nyaman.

Tips merawat keyboard dari keyboard enthusiast kami, Agi Tiara

Tips merawat keyboard dari keyboard enthusiast kami, Agi Tiara

Sesekali bersihkan keycaps dengan rubbing alcohol atau menggunakan gel pengangkat debu dan mini vacuum. Jangan makan sambil memegang keyboard karena rentan terkena cipratan minyak yang membuat label di keyboard cepat hilang.

Baca juga rekomendasi keyboard lainnya di sini

Keyboard tersedia dalam berbagai tipe dan fungsi. Selain keyboard merek Logitech, kami juga memiliki rekomendasi keyboard yang kegunaannya lebih spesifik. Silakan kunjungi tautan artikel di bawah ini dan temukan jenis keyboard lain yang Anda butuhkan.

Kesimpulan

Keyboard adalah komponen penting dalam sebuah perangkat elektronik. Namun, keyboard yang disediakan oleh suatu perangkat terkadang tidak sesuai dengan keinginan Anda. Jalan keluar untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membeli keyboard eksternal.

Di artikel ini kami telah membahas tentang cara memilih dan rekomendasi keyboard dari Logitech. Sudahkah Anda menemukan keyboard yang cocok? Pastikan fungsi yang paling dibutuhkan ada pada keyboard pilihan agar Anda dapat bekerja dengan lebih efektif!

5 Rekomendasi Keyboard Logitech terbaik

No. 1: LogitechK120 Corded Keyboard920-002582

No. 2: LogitechK380 Multi-Device Bluetooth Keyboard

No. 3: LogitechMK240 Wireless Keyboard dan Mouse Combo

No. 4: LogitechG213 RGB Gaming Keyboard 920-008096

No. 5: LogitechMK295 Silent Wireless Combo920-009814

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Keyboard komputer
  4. 10 Keyboard Logitech Terbaik - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.