mybest
Kertas & buku catatan lainnya

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan kantor & alat tulis
  3. Kertas & buku catatan
  4. 10 Rekomendasi Buku Journal Terbaik
  • 10 Rekomendasi Buku Journal Terbaik  1
  • 10 Rekomendasi Buku Journal Terbaik  2
  • 10 Rekomendasi Buku Journal Terbaik  3
  • 10 Rekomendasi Buku Journal Terbaik  4
  • 10 Rekomendasi Buku Journal Terbaik  5

10 Rekomendasi Buku Journal Terbaik

Menjaga kesehatan mental dapat membantu Anda untuk mencapai ketenangan dalam hidup. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental, salah satunya adalah dengan journalingJournaling atau menulis jurnal adalah kegiatan menuangkan isi pikiran serta perasaan ke dalam bentuk tulisan.


Untuk melakukan journaling, Anda membutuhkan buku journal. Ada banyak merek buku untuk journaling yang bagus, seperti Joyko, Bukuqu, Papermark, dan Paperie Lab. Di artikel kali ini kami akan membahas rekomendasi buku jurnal terbaik. Ada buku jurnal aesthetic, buku jurnal harian, dan lain-lain. Silakan langsung disimak, ya.

Diperbaharui 03/10/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa saja yang bisa dimuat di dalam buku journal?

Apa saja yang bisa dimuat di dalam buku journal?

Journaling adalah kegiatan menuangkan ide, pikiran, dan perasaan dalam bentuk tulisan ataupun gambar. Definisi tersebut dilansir pada salah satu artikel di website Kemenkeu RI. Hal tersebut dilakukan dengan harapan seseorang bisa memahami dirinya dengan lebih baik. 


Secara spesifik, ada beberapa manfaat dari journaling, yaitu:

  • Mengurangi stres dan rasa cemas, serta menyembuhkan trauma
  • Sebagai sarana untuk introspeksi diri sehingga mampu memperbaiki kualitas hidup
  • Mengembangkan daya ingat dan kreativitas
  • Mengasah keterampilan berkomunikasi, terutama lewat tulisan dan gambar

Agar aktivitas journaling bisa berjalan dengan baik, Anda membutuhkan buku journal. Namun, sebelum memilih buku jurnal yang tepat, Anda perlu mengetahui dahulu tujuan spesifik Anda dalam journaling


Berbeda dengan buku harian, buku untuk journaling tidak hanya dapat diisi dengan hal-hal yang bersifat rahasia. Anda bisa juga mengisinya dengan rencana, target, serta progress yang telah Anda raih dalam suatu bidang.


Berikut ini merupakan beberapa klasifikasi journaling berdasarkan tujuannya:

  • Bullet journal, untuk mencatat jadwal dan aktivitas harian
  • Dream journal, untuk menuliskan mimpi
  • Gratitude journal, untuk mengungkapkan rasa syukur
  • Travel journal, untuk menuliskan cerita perjalanan
  • Fitness journal, untuk mencatat perkembangan kesehatan badan
  • Personal junk journal, untuk melepas stres dan energi negatif
  • Pregnancy journal, untuk mencatat perkembangan kehamilan
  • Ideas journal, untuk menuangkan semua ide dan pemikiran Anda
  • Reflective journal, sebagai sarana untuk refleksi diri
  • Daily journal, untuk menuliskan kegiatan sehari-hari
  • Creativity journal, untuk menuangkan kreativitas

Cara memilih Buku Journal

Ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan saat memilih buku untuk journaling. Berikut ini merupakan pembahasan dari setiap aspek dalam pemilihan buku journal. Silakan disimak, ya!

1

Polos, garis, atau template? Sesuaikan model halamannya dengan preferensi Anda

Ada beberapa model halaman yang bisa dipilih saat membeli buku journal. Setiap model halaman memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Simak terlebih dahulu, ya. 

Polos, bisa dikreasikan sesuai selera

Polos, bisa dikreasikan sesuai selera

Sesuai namanya, halaman polos berarti tidak memiliki motif apa pun pada kertasnya. Jadi, Anda memiliki kebebasan penuh untuk membuat journal book sesuai dengan selera dan kreativitas Anda. Anda bisa menggambar, menulis, menempel foto, hingga membuat sketsa apa pun yang diinginkan tanpa ada batas.


Model halaman ini akan cocok untuk Anda yang suka menggambar atau ingin berkreasi lebih lanjut dalam journalingNamun, buku dengan halaman polos akan cukup menyulitkan jika Anda ingin menulis dengan rapi. Hal ini karena tidak adanya titik atau garis.

Garis, lebih rapi saat menulis

Garis, lebih rapi saat menulis

Jika Anda lebih banyak menulis saat melakukan journaling, buku dengan halaman garis-garis bisa menjadi pilihan terbaik. Garis-garis akan membantu untuk menjaga tulisan Anda tetap lurus dan rapi, membuatnya lebih mudah dibaca. Jadi, buku journal Anda akan tampak lebih rapi dan terstruktur.


Namun, Anda harus benar-benar memperhatikan ukuran dari tulisan saat sedang menulis. Supaya tetap rapi, tulisan Anda tidak boleh keluar dari garis. Oleh karena itu, jika ingin membeli buku dengan halaman bergaris, pilih yang garisnya cukup besar untuk tulisan Anda.

Template, lebih spesifik dan mudah diisi

Template, lebih spesifik dan mudah diisi

Saat ini banyak buku jurnal yang halamannya sudah memiliki template khusus. Halaman template cocok untuk kebutuhan yang lebih spesifik, seperti mencatat tugas harian, pelacakan kebiasaan, atau pencatatan finansial. Jadi, jika Anda ingin membeli buku jurnal dengan halaman template, pastikan Anda sudah benar-benar menentukan tujuan journaling.


Biasanya template yang tersedia tergantung pada jenis jurnalnya. Misalnya, template bullet journal, template kolom akuntansi, dan sebagainya. Untuk jenis ini, Anda tidak perlu repot memikirkan apa yang harus ditulis. Anda tinggal menuliskannya saja di tempat yang tersedia. 

2

Jika sering dibawa-bawa, utamakan buku journal berukuran ringkas

Jika sering dibawa-bawa, utamakan buku journal berukuran ringkas

Anda juga perlu memperhatikan ukuran buku journaling yang ingin dibeli. Ada beberapa pilihan ukuran buku yang tersedia di pasaran. Buku yang besar menyediakan banyak tempat menulis, tetapi yang ukurannya kecil lebih mudah dibawa bepergian. 


Jika Anda berencana untuk sering membawa buku journal saat bepergian, buku berukuran A5, B5, A6, atau A7 tepat dipilih. Tak hanya ukuran halaman, ketebalannya pun beragam, umumnya antara 100 halaman hingga 200 halaman.

3

Periksa jenis cover-nya, hard cover yang awet atau soft cover yang ringan

Jika Anda ingin membeli buku jurnal, jenis cover juga perlu diperhatikan. Secara garis besar, ada dua jenis cover buku jurnal yang dijual di pasaran yaitu hard dan soft

Hard cover: Lebih awet dan rapi

Hard cover: Lebih awet dan rapi

Mayoritas dari buku jurnal yang beredar di pasaran terbuat dari hard cover. Sesuai dengan namanya, buku ini memiliki cover keras untuk bagian depan dan belakangnya. Hard cover memberikan kesan yang rapi karena tidak mudah terlipat. Daya tahannya juga lebih bagus karena tidak mudah robek. 


Beberapa buku hard cover dilengkapi karet atau tali pengikat yang membuat buku tetap tertutup rapi saat dibawa-bawa. Namun, bobot dari buku jenis ini biasanya lebih berat. 

Soft cover: Lebih ringan dan terjangkau

Soft cover: Lebih ringan dan terjangkau

Berbeda dengan hard cover yang keras, tipe soft cover lebih fleksibel, bahkan bisa dilipat. Selain itu, bobotnya lebih ringan. Harga buku journal soft cover juga biasanya lebih terjangkau dibandingkan hard cover.


Akan tetapi, tampilan dari buku ini akan cepat berubah seiring dengan berjalannya waktu. Jika tidak dijaga dengan baik atau terkena tumpahan air, sampul jenis ini mudah robek. 

4

Pertimbangkan buku journal dengan jilid spiral yang mudah digunakan

Pertimbangkan buku journal dengan jilid spiral yang mudah digunakan

Penjilidan buku menentukan ketahanan rekatan setiap halaman dan kenyamanan menulis. Secara umum, ada dua jenis penjilidan buku yaitu spiral dan jahit. Berikut adalah penjelasan singkat tentang kedua jenis penjilidan tersebut.


  • Jilid spiral

Jika Anda ingin membeli buku journal yang mudah digunakan, tipe jilid spiral bisa menjadi pilihan bagus. Buku yang dijilid spiral bisa dilipat dan dibuka hingga rata. Dengan demikian, menulis di tempat yang sempit pun tidak masalah.


Namun, buku jurnal jilid spiral lebih rentan mengalami kerusakan, terutama pada spiralnya. Jika kualitas spiral yang digunakan tidak bagus, kertas-kertas yang ada di dalamnya akan lebih mudah lepas. Jadi, Anda perlu menjaga buku ini dengan baik agar kertasnya tidak mudah lepas. 


  • Jilid jahit
Jilid jahit membuat buku jurnal terlihat sleek dan rapi. Halaman-halaman yang ada di buku ini disatukan dengan benang atau tali tipis untuk menjadi sebuah buku. Buku journal jilid jahit cocok untuk Anda yang menyukai tampilan buku klasik.

Akan tetapi, jahitan benang membuat buku ini tidak dapat dibuka hingga rata. Oleh karena itu, jika Anda ingin membeli buku jenis ini, pastikan bahwa halamannya tetap terasa nyaman untuk ditulisi. Akan lebih baik jika Anda menemukan buku jurnal jilid jahit yang halamannya dapat dibuka 180 derajat.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Buku Journal Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Buku Journal terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 03 Oktober 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis produk
Tipe
Ukuran
Tipe garis
Isi
Bahan sampul
Jenis kertas
Berat
1

Joyko

NotebookNB-680

Joyko Notebook 1

Rp13.500

Agak Murah

Tingkatkan produktivitas dan gaya dalam satu notebook yang cantik

Buku memo, buku journal

Tidak diketahui

A5

Bergaris

60 lembar

Mika

70 gsm

Tidak ada keterangan

2

Joyko

Jurnal DiaryD-1115MM

Joyko Jurnal Diary 1

Rp6.700

Agak Murah

Sampul kartun yang menarik bagi anak-anak

Buku journal

Tidak diketahui

A6

Bergaris

54 lembar

Tidak ada keterangan

80 gsm

Tidak ada keterangan

3

Satu Keluarga

Aesthetic Journal A5 A32

Satu Keluarga Aesthetic Journal A5  1

Rp8.000

Agak Murah

Desain sampul aesthetic, cocok untuk Anda yang berjiwa seni

Buku journal

Tidak diketahui

A5

Bergaris

60 lembar

Tidak ada keterangan

Tidak ada keterangan

140 g

4

Bukuqu

Bullet Journal

Bukuqu  Bullet Journal 1

Rp32.000

Menengah

Buat bullet journal sesuai kreativitas Anda

Buku journal

Tidak diketahui

13 cm x 21 cm

Polos dan dotted version

48 lembar

Cardboard

90 gsm

Tidak ada keterangan

5

Paperie Lab

Gratitude Journal

Paperie Lab Gratitude Journal 1

Rp150.000

Agak Mahal

Lebih bahagia dengan mencatat pencapaian sehari-hari

Buku journal

Tidak diketahui

Tidak ada keterangan

Beragam desain

Tidak ada keterangan

Hard-covered

Tidak ada keterangan

Tidak ada keterangan

6

Bukuqu

Travel Journal

Bukuqu Travel Journal 1

Rp25.000

Menengah

Catat segala ide ketika travelling dengan jurnal yang tipis dan ramping

Buku journal

Tidak diketahui

11 cm x 21 cm

Grid

32 lembar

Kraft dan linen

70 gsm

Tidak ada keterangan

7

KKV

MIKIREI Animal Series Notebook

KKV  MIKIREI Animal Series Notebook 1

Rp69.900

Menengah

Tersedia dalam berbagai varian cover yang lucu dan menarik

Buku journal, buku tulis

Note binding

A5

Lurus mendatar

96 lembar

Hard cover

80 gsm

Tidak diketahui

8

KKUM

Peach Journal

KKUM Peach Journal 1

Rp39.000

Menengah

Didesain untuk Anda yang memiliki kepribadian feminin

Buku journal

Tidak diketahui

A5 dan A6

Polos

98 lembar dan 114 lembar

PU

Art paper

Tidak ada keterangan

9

Bukuqu

Classic Notebook Custom Maps

Bukuqu Classic Notebook Custom Maps 1

Rp169.000

Agak Mahal

Buku jurnal dengan desain peta klasik yang menarik

Buku journal

Tidak diketahui

A5

Bergaris

80 lembar

Art paper

100 gsm

Tidak ada keterangan

10

Papermark

A5 Gratitude Journal

Papermark  A5 Gratitude Journal 1

Rp170.000

Agak Mahal

Gratitude journal dengan desain minimalis dari Papermark

Buku journal

Tidak diketahui

A5

Bergaris

72 lembar

Hard cover

90 gsm

Tidak ada keterangan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

JoykoNotebookNB-680

Notebook 1
Sumber: joyko.co.id
Notebook 2
Sumber: joyko.co.id
Notebook 3
Sumber: joyko.co.id
Notebook 4
Sumber: joyko.co.id
Harga referensi
Rp13.500
Agak Murah
Harga referensi
Rp13.500
Agak Murah

Tingkatkan produktivitas dan gaya dalam satu notebook yang cantik

Notebook Joyko ini adalah buku catatan yang berdesain simpel dengan warna-warna pastel yang lembut. Terbuat dari bahan berkualitas tinggi, notebook ini menawarkan pengalaman menulis yang halus dan nyaman. Ukuran A5-nya ideal untuk dibawa ke mana saja sehingga cocok untuk mahasiswa atau Anda yang suka mencatat ide-ide kreatif.


Kertas dengan tebal 70 gsm membuatnya sesuai untuk berbagai jenis pulpen. Sempurna untuk catatan penting, ide-ide inspiratif, atau bahkan sketsa seni. Dengan Joyko Notebook NB-680, tampilan menarik dan fungsi yang maksimal bergabung menjadi satu.

Jenis produkBuku memo, buku journal
TipeTidak diketahui
UkuranA5
Tipe garisBergaris
Isi60 lembar
Bahan sampulMika
Jenis kertas70 gsm
BeratTidak ada keterangan
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

JoykoJurnal DiaryD-1115MM

Harga referensi
Rp6.700
Agak Murah

Sampul kartun yang menarik bagi anak-anak

Journaling bisa dilakukan oleh siapa pun, termasuk oleh anak-anak. Aktivitas ini bisa menjadikan anak menyadari berbagai perubahan yang terjadi pada dirinya sendiri. Selain itu, anak juga dapat memetakan perasaannya. Untuk mengajari anak journaling, Anda bisa menggunakan buku dari Joyko ini. Buku jurnal ini menggunakan sampul kartun yang menarik bagi anak. Ukurannya pun cukup kecil sehingga mudah digenggam dengan tangan anak.

Jenis produkBuku journal
TipeTidak diketahui
UkuranA6
Tipe garisBergaris
Isi54 lembar
Bahan sampulTidak ada keterangan
Jenis kertas80 gsm
BeratTidak ada keterangan
View all
No.3

Satu KeluargaAesthetic Journal A5 A32

Harga referensi
Rp8.000
Agak Murah

Desain sampul aesthetic, cocok untuk Anda yang berjiwa seni

Untuk Anda yang mengutamakan estetika, produk dari Satu Keluarga ini bisa menjadi pilihan menarik. Dengan ukuran A5, produk ini menggunakan sampul dengan gambar lukisan yang memukau. Ada delapan varian sampul yang bisa dipilih sesuai keinginan. Selain itu, perpaduan warnanya pun cukup soft sehingga cocok untuk para wanita yang memiliki kepribadian anggun. 

Jenis produkBuku journal
TipeTidak diketahui
UkuranA5
Tipe garisBergaris
Isi60 lembar
Bahan sampulTidak ada keterangan
Jenis kertasTidak ada keterangan
Berat140 g
View all
No.4

Bukuqu Bullet Journal

Harga referensi
Rp32.000
Menengah

Buat bullet journal sesuai kreativitas Anda

Anda mencari buku journal yang cocok digunakan sebagai bullter journal? Produk dari Bukuqu ini patut untuk dipertimbangkan. Buku ini tersedia dalam dua versi, yakni polos dan dotted version. Anda bisa berkreasi membuat gratitude journal, mood tracker, atau planner sesuai dengan kreativitas Anda. Buku ini pun dijahit dengan benang sehingga tidak mudah terlepas.

Jenis produkBuku journal
TipeTidak diketahui
Ukuran13 cm x 21 cm
Tipe garisPolos dan dotted version
Isi48 lembar
Bahan sampulCardboard
Jenis kertas90 gsm
BeratTidak ada keterangan
View all
No.5

Paperie LabGratitude Journal

Harga referensi
Rp150.000
Agak Mahal

Lebih bahagia dengan mencatat pencapaian sehari-hari

Gratitude journal merupakan jurnal yang digunakan untuk refleksi diri atas segala pencapaian yang dimiliki. Tidak harus mencatat hal-hal besar, Anda bisa menulis pencapaian-pencapaian kecil setiap hari. Hal ini dapat meningkatkan rasa syukur seseorang dan meningkatkan kebahagiaan. 


Apabila Anda membutuhkan jurnal semacam ini, produk dari Paperie Lab ini bisa dipertimbangkan. Buku ini pun sudah dilengkapi dengan desain yang menarik sehingga Anda pun tinggal mengisinya catatan secara berkala.

Jenis produkBuku journal
TipeTidak diketahui
UkuranTidak ada keterangan
Tipe garisBeragam desain
IsiTidak ada keterangan
Bahan sampulHard-covered
Jenis kertasTidak ada keterangan
BeratTidak ada keterangan
View all
No.6

BukuquTravel Journal

Travel Journal 1
Sumber: shopee.co.id
Travel Journal 2
Sumber: shopee.co.id
Travel Journal 3
Sumber: shopee.co.id
Travel Journal 4
Sumber: shopee.co.id
Travel Journal 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp25.000
Menengah
Harga referensi
Rp25.000
Menengah

Catat segala ide ketika travelling dengan jurnal yang tipis dan ramping

Travelling merupakan aktivitas yang cukup menyenangkan. Selain mengeksplorasi tempat baru, terkadang travelling bisa menjadi cara untuk mencari inspirasi dalam menulis. Jika Anda salah satunya, catat segala ide yang didapat ketika travelling dalam buku jurnal dari Bukuqu ini. Desainnya begitu tipis dan ramping sehingga tidak makan tempat ketika dimasukkan ke dalam tas. Selain itu, bagian pinggirnya pun dijahit sehingga kuat dan tidak mudah lepas.

Jenis produkBuku journal
TipeTidak diketahui
Ukuran11 cm x 21 cm
Tipe garisGrid
Isi32 lembar
Bahan sampulKraft dan linen
Jenis kertas70 gsm
BeratTidak ada keterangan
View all
No.7

KKV MIKIREI Animal Series Notebook

Harga referensi
Rp69.900
Menengah

Tersedia dalam berbagai varian cover yang lucu dan menarik

KKV MIKIREI Animal Series Notebook merupakan buku jurnal yang memiliki sifat multifungsi. Anda bisa menjadikan buku ini sebagai buku harian atau buku catatan. Di samping itu, buku ini tersedia dalam berbagai varian cover kartun binatang yang lucu dan menarik. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun akan suka dengan desain sampul di buku journal ini.

Jenis produkBuku journal, buku tulis
TipeNote binding
UkuranA5
Tipe garisLurus mendatar
Isi96 lembar
Bahan sampulHard cover
Jenis kertas80 gsm
BeratTidak diketahui
View all
No.8

KKUMPeach Journal

Harga referensi
Rp39.000
Menengah

Didesain untuk Anda yang memiliki kepribadian feminin

Bagi Anda yang memiliki kepribadian feminin, Peach Journal bisa menjadi pilihan yang tepat. Buku jurnal ini didesain dengan dominasi warna pink yang akan menonjolkan sisi feminin Anda. Selain itu, di bagian dalam juga terdapat watermark bergambar peach yang menjadikan buku ini semakin menarik. Buku jurnal ini pun tersedia dalam dua ukuran, yakni A5 dan A6.

Jenis produkBuku journal
TipeTidak diketahui
UkuranA5 dan A6
Tipe garisPolos
Isi98 lembar dan 114 lembar
Bahan sampulPU
Jenis kertasArt paper
BeratTidak ada keterangan
View all
No.9

BukuquClassic Notebook Custom Maps

Classic Notebook Custom Maps 1
Sumber: shopee.co.id
Classic Notebook Custom Maps 2
Sumber: shopee.co.id
Classic Notebook Custom Maps 3
Sumber: shopee.co.id
Classic Notebook Custom Maps 4
Sumber: shopee.co.id
Classic Notebook Custom Maps 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp169.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp169.000
Agak Mahal

Buku jurnal dengan desain peta klasik yang menarik

Anda membutuhkan buku journal untuk merencanakan perjalanan Anda? Bukuqu Classic Notebook Custom Maps bisa menjadi pilihan yang tepat. Buku jurnal ini memiliki sampul dengan desain peta klasik yang menarik. Dengan demikian, Anda dapat membayangkan menjadi penjelajah seperti Christopher Colombus atau Amerigo Vespucci. Kertas yang digunakan pun sudah tersertifikasi FSC sehingga ramah lingkungan.

Jenis produkBuku journal
TipeTidak diketahui
UkuranA5
Tipe garisBergaris
Isi80 lembar
Bahan sampulArt paper
Jenis kertas100 gsm
BeratTidak ada keterangan
View all
No.10

Papermark A5 Gratitude Journal

Harga referensi
Rp170.000
Agak Mahal

Gratitude journal dengan desain minimalis dari Papermark

Untuk Anda yang menyukai tampilan minimalis, gratitude journal dari Papermark ini bisa dipertimbangkan. Produk ini memiliki desain yang cukup minimalis, tetapi tetap terlihat elegan. Di dalamnya, sudah terdapat berbagai ilustrasi menarik untuk mencatat pencapaian-pencapaian Anda. Dengan buku ini, diharapkan Anda dapat lebih mensyukuri atas nikmat hidup yang didapat.

Jenis produkBuku journal
TipeTidak diketahui
UkuranA5
Tipe garisBergaris
Isi72 lembar
Bahan sampulHard cover
Jenis kertas90 gsm
BeratTidak ada keterangan
View all

5 Rekomendasi Buku Journal terbaik

No. 1: JoykoNotebookNB-680

No. 2: JoykoJurnal DiaryD-1115MM

No. 3: Satu KeluargaAesthetic Journal A5 A32

No. 4: Bukuqu Bullet Journal

No. 5: Paperie LabGratitude Journal

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan kantor & alat tulis
  3. Kertas & buku catatan
  4. 10 Rekomendasi Buku Journal Terbaik

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.