• 10 Rekomendasi Earmuffs (Pelindung Telinga Antibising) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Earmuffs (Pelindung Telinga Antibising) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Earmuffs (Pelindung Telinga Antibising) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Earmuffs (Pelindung Telinga Antibising) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Earmuffs (Pelindung Telinga Antibising) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Earmuffs (Pelindung Telinga Antibising) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Earmuffs sering dipakai di area konstruksi karena memiliki kemampuan yang baik untuk menciptakan suasana yang kedap suara. Karena kemampuannya tersebut, earmuffs makin banyak digunakan oleh para pekerja lapangan atau seseorang yang sensitif terhadap bunyi. Jika Anda adalah salah satunya, artikel tentang earmuffs ini sangat tepat untuk Anda. 


Sayangnya, tidak mudah memilih produk yang pas di tengah banyaknya pilihan produk yang ada di pasaran. Earmuffs sendiri tersedia dalam berbagai merek, seperti Krisbow, Uvex, 3M, atau merek lainnya. Untuk itu, izinkan kami membantu Anda memilih produk yang sesuai!

  • Pembaharuan terakhir: 25 April 2022
Daftar isi

Apa itu earmuffs (pelindung telinga antibising)?

Apa itu earmuffs (pelindung telinga antibising)?

Earmuffs merupakan perangkat kedap suara yang menutup seluruh bagian telinga. Perangkat ini telah lama digunakan oleh orang yang bekerja di area bising seperti konstruksi atau lapangan terbang. 


Namun, baru-baru ini WHO mengumumkan bahwa suara lebih dari 80 dB berpotensi menyebabkan kehilangannya fungsi pendengaran. Oleh sebab itu, earmuffs mulai digunakan secara luas sebagai alat pelindung pendengaran. Terkadang, penggunaannya dikhususkan untuk orang dengan hyperacusis atau untuk melindungi telinga dari kebisingan di tempat umum.


Selain itu, earmuffs berguna bukan hanya untuk melindungi pendengaran saja, melainkan juga meningkatkan konsentrasi. Perangkat ini dianggap ideal untuk menjaga fokus selama belajar atau bekerja.

Cara memilih earmuffs (pelindung telinga antibising)

Earmuffs merupakan benda untuk menginsulasi suara yang terlalu kencang atau untuk menghindari kebisingan. Cara penggunaannya menyerupai headphone. Nah, di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih earmuffs. 

Pilihlah berdasarkan volume dan frekuensi suara yang ingin dihindari

Penting bagi Anda untuk memilih earmuffs sesuai dengan volume suara yang ingin dihindari. Untuk lebih jelasnya, periksalah poin-poin di bawah ini dan pilih perangkat yang paling sesuai dengan situasi Anda. 

Produk dengan noise reduction rating (NRR) yang tinggi

Produk dengan noise reduction rating (NRR) yang tinggi

Dengan melihat angka NRR, Anda dapat mengetahui besarnya volume suara yang dapat diturunkan. Sebagai contoh, ada produk yang tertulis NRR 30 dB. Bila Anda memakainya di tengah kebisingan 100 dB, suara yang Anda dengar akan turun menjadi sekitar 70 dB. Dengan demikian, makin tinggi angka NRR ini, makin baik performa insulasi suaranya. Jadi, pilihlah produk dengan angka NRR yang tinggi. 


NRR merupakan standar yang umum digunakan di Amerika dan Jepang. Ada juga beberapa produk yang mengikuti standar Eropa dengan menggunakan single number rating (SNR). Namun, pada prinsipnya kedua standar tersebut sama, yaitu makin tinggi angkanya, daya insulasinya makin baik. Jika Anda ingin membandingkan produknya, periksalah tingkat SNR dan NRR ini. 

Produk yang mampu menginsulasi suara pada frekuensi tertentu

Produk yang mampu menginsulasi suara pada frekuensi tertentu

Nada suara digambarkan dengan frekuensi (Hz). Makin tinggi frekuensinya ini, makin tinggi juga suaranya. Beberapa earmuffs memiliki performa khusus untuk menginsulasi frekuensi suara tertentu. Jadi, pastikan Anda memilih produk yang dapat menginsulasi tingkat suara yang ingin dihindari. 


Pada gambar di atas, terlihat bahwa produk tersebut dapat menginsulasi suara sebanyak 21 dB pada 125 Hz. Sementara itu, pada 8000 Hz, tingkat suara yang dapat diinsulasi mencapai 43 db. Dari informasi tersebut, Anda dapat mengetahui bahwa produk ini ditujukan untuk menginsulasi tingkat suara yang tinggi. 


Berikut ini adalah beberapa suara yang biasa Anda dengar sehari-hari. Dengan merujuk pada frekuensi suara berikut ini, Anda dapat memilih produk sesuai dengan suara yang ingin diinsulasi.


  • Suara outdoor air conditioner 50 Hz
  • Sirene ambulans 770790 Hz
  • Suara kereta 2000 Hz
  • Suara jangkrik 4000 Hz

Perhatikan poin-poin yang berhubungan dengan penggunaannya

Sehubungan dengan pemakaian earmuffs yang menutupi telinga, kenyamanan selama pemakaiannya juga menjadi faktor penting. Oleh karena itu, pilihlah earmuffs yang sesuai dengan Anda, mulai dari ukuran, berat, sampai tekanannya terhadap daun telinga.

Produknya ringan dengan berat 230 gram sebagai acuan

Produknya ringan dengan berat 230 gram sebagai acuan

Meski terlihat serupa, berat earmuffs sangatlah bervariasi tergantung bahan yang digunakan dan ukuran produknya. Kebanyakan earmuffs memiliki berat sekitar 239 gram. Untuk itu, kami sarankan Anda memilih produk yang lebih ringan dari berat tersebut. 


Earmuffs yang berat tidak hanya akan membebani kepala, tetapi juga leher dan bahu. Itulah sebabnya Anda perlu memeriksa beratnya tersebut, terlebih bila Anda memakai earmuffs dalam jangka panjang. 

Sesuai dengan ukuran kepala

Sesuai dengan ukuran kepala

Saat menginsulasi suara dengan earmuffs, Anda tentu tidak akan nyaman bila tekanan pada kedua sisi telinga terlalu kencang. Oleh sebab itu, tersedia pula pilihan earmuffs yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tingkat tekanannya ini. Produk tersebut kami rekomendasikan untuk Anda yang merasa bermasalah dengan earmuffs yang tekanannya terlalu kencang. 

Carilah produk dengan metode insulasi yang sesuai kebutuhan Anda

Terdapat dua tipe earmuffs yaitu tipe pasif dan aktif. Earmuffs tipe pasif menginsulasi suara dengan cara menutupi telinga secara fisik. Sementara itu, earmuffs tipe aktif dapat menghalau suara secara elektronik. Selanjutnya, mari lihat kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tipe tersebut!

Earmuffs tipe pasif, cocok untuk menginsulasi semua suara

Earmuffs tipe pasif, cocok untuk menginsulasi semua suara

Earmuffs tipe pasif menginsulasi suara secara fisik dengan cup penutup telinga. Cup tersebut berisi bahan kedap suara seperti spons atau bantalan. Karena strukturnya yang sederhana, kebanyakan earmuffs tipe ini memiliki berat yang ringan. 


Di sisi lain, karena bekerja berdasarkan insulasi fisik, kesesuaian bentuk dan ukurannya sangat memengaruhi hasil insulasi suara. Produk ini sesuai untuk Anda yang ingin menginsulasi semua suara dan bukan hanya suara tertentu saja.

Earmuffs tipe aktif, diperlukan untuk berkomunikasi di tengah kebisingan

Earmuffs tipe aktif, diperlukan untuk berkomunikasi di tengah kebisingan

Berbeda dengan earmuffs tipe pasif, tipe aktif dilengkapi fungsi peredam bising yang menghambat suara secara elektronik. Oleh karena itu, earmuffs tipe ini memiliki daya insulasi yang tinggi. Selain itu, rentang frekuensi suara yang dapat dihambat juga luas. 


Terlepas dari performanya, kebanyakan earmuffs tipe ini membutuhkan baterai sehingga cenderung berat. Meskipun demikian, produk ini sesuai untuk penggunaan di kantor karena Anda tetap dapat berkomunikasi di tengah kebisingan.

Pilihlah model earmuffs sesuai dengan situasi pemakaiannya

Ada tiga macam model utama earmuffs. Sebaiknya Anda memahami karakteristik tiap-tiap model dan pilih yang paling sesuai kebutuhan Anda. 

Earmuffs model headband, mudah dipasang dan dilepas

Earmuffs model headband, mudah dipasang dan dilepas

Kami merekomendasikan earmuffs model headband untuk Anda yang sering memasang dan melepas earmuffs. Model ini merupakan model paling populer yang menggunakan kawat stainless elastis untuk menutup telinga dan meredam suara.


Karena memiliki cup telinga yang tetap, earmuffs ini dapat dipasang dan dilepas dengan mudah sesuai kebutuhan. Earmuffs model headband tersedia dalam tipe yang dapat dilipat sehingga cocok bagi Anda yang ingin membawanya ke mana-mana. 

Earmuffs model neckband, dapat digunakan bersama helm atau topi

Earmuffs model neckband, dapat digunakan bersama helm atau topi

Selanjutnya, terdapat pula earmuffs bermodel neckband. Earmuffs ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang sering memakai topi. Penggunaannya yang dilingkarkan pada leher membuat produk ini nyaman dipakai, bahkan saat memakai topi atau helm. 


Sayangnya, earmuffs ini lebih mudah bergeser ketika dipakai dibandingkan model headband. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena produk ini tidak akan mudah lepas apabila dipakai dengan strap band.

Earmuffs model multiposisi, posisinya dapat diubah-ubah

Earmuffs model multiposisi, posisinya dapat diubah-ubah

Bila Anda sering memakai earmuffs sambil berbaring, earmuffs model multiposisi ini merupakan pilihan tepat. Penutup telinga model ini dapat berotasi dan bagian headband-nya dapat diubah sesuai posisi Anda. Namun, layaknya bentuk neckband, model multiposisi ini juga mudah bergeser jika posisi band tidak di atas kepala. 

10 Rekomendasi earmuffs (pelindung telinga antibising) terbaik

Setelah mengetahui cara memilih earmuffs, kami akan merekomendasikan produk-produk terbaik yang dapat menjadi pilihan Anda. Yuk, disimak sampai selesai!

10

Baby BanzBANZ Baby Earmuffs - Solids

Mulai dari Rp 399.000,00

PerformaNRR 26,8 dB
ModelHeadband
Berat142 gram
Ukuran3 bulan–2 tahun
9
PerformaSNR 30 dB
ModelHelmet-mounted
BeratTidak disebutkan
UkuranDewasa
8

KrisbowEarmuff Foldable 30 dB

10054844

Mulai dari Rp 187.000,00

PerformaSNR 30 dB
ModelHeadband (foldable)
Berat250 gram
UkuranDewasa
7

Baby BanzBANZ Kids Earmuffs - Prints

Mulai dari Rp 399.000,00

PerformaNRR 31 dB
ModelHeadband
Berat190 gram
Ukuran2–12 tahun
6
PerformaNRR 29 dB
ModelNeckband
BeratTidak disebutkan
UkuranAnak–dewasa
5

KrisbowEarmuff Luxury Headband 35 dB

10054843

Mulai dari Rp 226.600,00

Performa SNR 35 dB
ModelHeadband
Berat320 gram
UkuranDewasa
4

Honeywell InternationalHoward Leight Leightning L3s Headband Earmuff

1010924

Mulai dari Rp 327.000,00

PerformaSNR 34 dB
ModelHeadband
Berat302 gram
UkuranDewasa
3

MPOWNoise Reduction Safety Ear Muffs

HP044B

Mulai dari Rp 179.500,00

PerformaNRR 29 dB
ModelHeadband
Berat238 gram
UkuranAnak–dewasa
2
PerformaNRR 33 dB
ModelHeadband
BeratTidak disebutkan
UkuranDewasa
1
PerformaNRR 27 dB
ModelHeadband
Berat234 gram
UkuranAnak–dewasa

Tabel perbandingan produk earmuffs (pelindung telinga antibising) terbaik

Gambar produk
1
3M  PELTOR X4 Earmuffs  1

3M

2
Uvex K3 Earmuffs 1

Uvex

3
MPOW Noise Reduction Safety Ear Muffs 1

MPOW

4
Honeywell International Howard Leight Leightning L3s Headband Earmuff 1

Honeywell International

5
Krisbow Earmuff Luxury Headband 35 dB 1

Krisbow

6
3M  PELTOR Optime 105 Earmuffs 1

3M

7
Baby Banz BANZ Kids Earmuffs - Prints 1

Baby Banz

8
Krisbow Earmuff Foldable 30 dB 1

Krisbow

9
Uvex Pheos K2H Helmet Earmuffs 1

Uvex

10
Baby Banz BANZ Baby Earmuffs - Solids 1

Baby Banz

Nama produk

PELTOR X4 Earmuffs

K3 Earmuffs

Noise Reduction Safety Ear Muffs

Howard Leight Leightning L3s Headband Earmuff

Earmuff Luxury Headband 35 dB

PELTOR Optime 105 Earmuffs

BANZ Kids Earmuffs - Prints

Earmuff Foldable 30 dB

Pheos K2H Helmet Earmuffs

BANZ Baby Earmuffs - Solids

Keunggulan

Desain trendi, nyaman digunakan, dan kedap suara!

Supernyaman dengan bobot ringan dan busa bantalan telinga yang empuk

Earmuffs dengan insulasi suara tinggi, nikmati lingkungan yang hening!

Menginsulasi suara dengan sangat baik, pilihan tepat untuk lingkungan industri

Earmuffs dengan insulasi suara yang sangat optimal

Mudah dipakai bersamaan dengan topi atau helm

Earmuffs untuk anak dengan insulasi suara optimal

Earmuffs yang mudah dibawa dan mudah digunakan

Jenis helmet-mounted, sesuai untuk dipakai di area konstruksi

Didesain khusus untuk melindungi pendengaran bayi dan balita

Harga mulai dariRp 995.000,00Rp 270.000,00Rp 179.500,00Rp 327.000,00Rp 226.600,00Rp 590.000,00Rp 399.000,00Rp 187.000,00Rp 462.000,00Rp 399.000,00
PerformaNRR 27 dBNRR 33 dBNRR 29 dBSNR 34 dB SNR 35 dBNRR 29 dBNRR 31 dBSNR 30 dBSNR 30 dBNRR 26,8 dB
ModelHeadbandHeadbandHeadbandHeadbandHeadbandNeckbandHeadbandHeadband (foldable)Helmet-mountedHeadband
Berat234 gramTidak disebutkan238 gram302 gram320 gramTidak disebutkan190 gram250 gramTidak disebutkan142 gram
UkuranAnak–dewasaDewasaAnak–dewasaDewasaDewasaAnak–dewasa2–12 tahunDewasaDewasa3 bulan–2 tahun
Tautan produk

Efek insulasi suara lebih optimal dengan earplug

Efek insulasi suara lebih optimal dengan earplug

Penggunaan earmuffs memang dapat menginsulasi suara. Namun, bila Anda ingin meningkatkan efek insulasinya, gunakanlah earplug. Penggunaan kedua perangkat tersebut secara bersamaan membuat suara benar-benar dapat dihambat secara optimal.


Meskipun demikian, menutup saluran telinga dengan earmuffs dan earplug mungkin akan membuat telinga Anda terasa sesak. Maka dari itu, kami sarankan tidak memakainya terlalu lama dan gunakan earplug sekali pakai. Anda disarankan juga untuk membersihkan earmuffs dengan alkohol setelah dipakai supaya bakteri tidak mudah tumbuh. 

Baca juga rekomendasi earplug di sini

Telah disebutkan sebelumnya, perlindungan terhadap telinga juga dapat didukung oleh earplug. Anda dapat mempelajari pilihan earplug terbaik pada tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan earmuffs yang sesuai kebutuhan? Jika Anda bekerja di tengah lingkungan yang bising atau memiliki pendengaran sensitif, earmuffs sangatlah bermanfaat. Selain melindungi pendengaran, earmuffs juga dapat membantu Anda tetap fokus saat belajar atau bekerja. 


Di antara jenis dan performa yang beragam, Anda perlu memilih earmuffs yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan optimal tanpa khawatir terkena gangguan pendengaran. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada pepatah mengatakan sedialah payung sebelum hujan. Namun, bagaimana jika Anda sedang mengendarai motor atau sepeda? Jas hujan tentu menjadi barang yang lebih Anda pilih dibandingkan payung. Baik mantel atau ponco maupun setelan, jas hujan dianggap lebih mampu menghalau air hujan dan mencegah pakaian Anda basah.Ada berbagai macam merek jas hujan yang bagus, seperti Yamaha, Respiro, Axio, Eiger, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk jas hujan terbaik yang dapat Anda gunakan untuk berbagai aktivitas. Sebelum itu, kami akan menjelaskan juga cara memilihnya. Jangan dilewatkan, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Pompa Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pompa angin adalah item yang digunakan untuk mengisi angin pada ban sepeda, kolam renang mini, pelampung, dan lain-lain. Pompa angin sendiri ada berbagai jenis, mulai dari yang portabel, manual, hingga memiliki beberapa katup berbeda. Apakah Anda sudah tahu bagaimana cara memilih pompa angin yang bagus?Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi pompa angin terbaik seperti merek United dan Wheel Up. Tidak lupa kami juga akan memberitahukan cara memilih pompa angin yang tepat untuk Anda. Jadi, pastikan Anda membaca artikel kami sampai selesai, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu cara melindungi mata saat beraktivitas di luar ruangan adalah dengan menggunakan kacamata anti UV. Namun, banyak orang kebingungan saat mencari kacamata yang efektif mengingat adanya berbagai standar dan perbedaan dalam spesifikasi lensa.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih kacamata anti UV agar Anda dapat menemukan produk yang bagus sesuai kebutuhan. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk dari berbagai merek, seperti RockBros, GREY JACK, dan Bitzen. Mari kenakan kacamata yang tepat dan lindungi mata Anda dari radiasi UV!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Tas Carrier Kapasitas Besar Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tas Carrier Kapasitas Besar Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Sekarang banyak merek outdoor gear memproduksi carrier yang bagus, seperti EIGER, Consina, dan Arei. Mereka juga memproduksi tas carrier wanita. Tidak hanya itu, harga tas carrier sangat bervariasi, ada yang murah, ada juga yang mahal.Sesuaikanlah kapasitas carrier dengan lama perjalanan Anda. Untuk perjalanan 1–2 hari, gunakanlah tas carrier 35 liter hingga 50 liter. Tas carrier 60 liter dan 70 liter untuk perjalanan 3–5 hari. Sementara itu, carrier 80 liter ke atas untuk perjalanan yang lebih lama. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Walkie Talkie Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Walkie Talkie Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Walkie-talkie adalah alat komunikasi yang dapat menghubungkan dua penerima atau lebih dalam waktu bersamaan melalui gelombang radio. Alat ini sangat berguna sebagai pengganti ponsel. Pada sejumlah kegiatan ketika sinyal ponsel tidak bisa menjangkau medan, walkie-talkie menjadi penyelamat.Walkie-talkie biasanya dipakai untuk berkoordinasi bersama tim saat melakukan pengawasan kerja lapangan, touring, berkemah, dan lain sebagainya. Beberapa merk ternama seperti Motorola dan Xiaomi juga membuat produk walkie-talkie terbaik versi mereka. Jika Anda penasaran mengenai tips memilih produk walkie-talkie yang bagus, silakan simak artikel berikut!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Senter Jarak Jauh Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Senter Jarak Jauh Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda tipe orang yang suka menjelajahi alam bebas? Jika ya, senter jarak jauh adalah alat yang perlu disertakan dengan perlengkapan Anda. Selain untuk bernavigasi di malam hari, senter juga berfungsi sebagai sinyal darurat dan pengusir hewan liar.Agar acara Anda berjalan dengan mulus, simak tips kami dalam memilih senter jarak jauh yang bagus. Kami juga akan memperkenalkan sepuluh produk dari merk terkenal, seperti Olight, Nitecore, Eiger, Maglite, dan lainnya. Simak artikel ini sampai akhir untuk mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan Anda.
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Kompas Penunjuk Arah Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kompas Penunjuk Arah Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Saat Anda sedang hiking atau pergi ke daerah yang belum banyak terjamah oleh manusia, terkadang Anda membutuhkan kompas. Anda bisa mengetahui arah mata angin dan membaca peta dengan baik menggunakan kompas. Ada juga orang yang memanfaatkan kompas untuk mencari tahu feng shui atau menentukan arah kiblat.Ada beberapa merek kompas yang bagus dan populer di pasaran, seperti Naturehike, Eiger, dan Suunto. Kali ini kami akan memberikan tips memilih kompas dan merekomendasikan sepuluh kompas terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Simak dengan baik, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori